20 Review Menarik Bukit Alesano Bogor Tempat Camping Favorit

Bukit Alesano adalah sebuah destinasi alam berupa bukit yang terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Tempat ini sangat terkenal sebagai objek wisata terbaru dan juga menjadi tempat camping yang populer di kalangan anak muda. Fasilitasnya sangat lengkap, termasuk kafe dan penginapan di sekitar bukit. Dengan keindahannya dan fasilitas yang disediakan, tidak mengherankan jika banyak wisatawan dari luar Bogor tertarik untuk berkunjung. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Menikmati Indahnya Panorama Bogor dari Bukit Alesano
Menikmati Indahnya Panorama Bogor dari Bukit Alesano

Salah satu daya tarik utamanya adalah pemandangan yang memukau di kawasan perkemahan. Dari sini, Anda dapat melihat keagungan Gunung Gede Pangrango. Ketika membicarakan tempat wisata alam di Bogor, pilihannya tidak ada habisnya. Bogor, yang terkenal dengan udara sejuknya, memiliki beberapa tempat menarik untuk dieksplorasi. Selain terkenal dengan Puncak dan air terjunnya, Bogor juga memiliki bukit yang indah. Bukit Alesano adalah salah satu destinasi bukit paling populer di Bogor.

Bukit ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian yang dapat dinikmati dengan leluasa. Ada beberapa hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang Bukit Alesano. Sekali lagi, Bogor menawarkan banyak pilihan destinasi wisata alam yang indah. Kali ini, kami akan membahas Bukit Alesano untuk Anda. Tempat wisata di Bogor ini sangat keren dan sering menjadi tujuan utama para wisatawan, terutama anak muda. Hal ini karena ada banyak hal menarik yang dapat ditemukan di sini. Selain menyajikan pemandangan alam yang spektakuler, wisata bukit di Bogor juga menawarkan banyak spot foto menarik dan lokasi perkemahan yang strategis.

Alamat Lengkap Akses Rute

Berikut adalah alamat lengkap dan rute akses ke Bukit Alesano di Bogor:

Alamat: Bukit Alesano Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Lokasinya relatif dekat dengan pusat Kota Bogor, dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Akses transportasi menuju bukit ini cukup mudah dan nyaman, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Perjalanan dengan kendaraan pribadi akan lebih mudah dan fleksibel. Anda tidak perlu khawatir tentang ketersediaan kendaraan untuk pulang. Kondisi jalan menuju lokasi juga cukup baik. Bukit Alesano terletak dekat dengan Kampung Pasir dan Balai Embrio Ternak.

Meskipun kondisi jalan sudah cukup baik, masih ada beberapa jalan yang berbatu dan berpasir. Oleh karena itu, disarankan lebih baik menggunakan kendaraan roda dua saat menuju bukit ini. Jika Anda berangkat dari Bogor, Anda dapat mengikuti rute melalui Kawasan Empang, Cipaku, lalu Jalan Raya Cihideung menuju Cijeruk.

Anda dapat menggunakan Balai Penelitian Embrio Cijeruk sebagai patokan. Setelah menemukan patokan ini, perjalanan Anda akan memakan waktu sekitar 30 menit. Dari pusat kota, arahkan kendaraan Anda menuju Stasiun KA Batu Tulis. Lanjutkan perjalanan dan ambil arah kanan setelah melewati jembatan besar.

Anda akan melewati Agrowisata Warso Farm dan akan menemukan petunjuk jalan menuju Balai Ternak Embrio yang berada di sebelah kiri. Di sebuah gang, Anda akan menemukan plang besar dengan tulisan Balai Ternak Embrio.

Setelah menemukan plang tersebut, ambil arah kiri dan melewati portal jalan. Anda akan menemukan sebuah gapura dengan pintu masuk yang besar. Sebelum memasuki gapura tersebut, Anda akan menemukan jalan ke arah kiri yang akan membawa Anda menuju Bukit Alesano.

Petunjuk jalan menuju lokasi Bukit Alesano cukup mudah ditemukan. Anda tidak perlu khawatir tersesat atau kesulitan menemukan lokasinya. Jika masih ragu, Anda dapat mengandalkan GPS di smartphone Anda atau bertanya kepada penduduk sekitar yang sudah mengenal tempat tersebut dengan baik.

Dari pusat Kota Bogor:

Dari pusat Kota Bogor, berikut adalah rute akses yang harus Anda lewati untuk mencapai Bukit Alesano:

  1. Mulailah perjalanan dari Stasiun Kereta Api Batu Tulis, Kota Bogor.
  2. Dari stasiun, ikuti jalan ke arah utara menuju Agrowisata Warso Farm.
  3. Teruslah mengikuti jalan tersebut hingga Anda mencapai pertigaan.
  4. Di pertigaan, ambil jalur yang menuju Balai Penelitian Embrio Cijeruk.
  5. Lanjutkan perjalanan hingga Anda melewati Balai Ternak Embrio.
  6. Setelah melewati Balai Ternak Embrio, ambil jalur kiri dan teruslah mengikuti jalan tersebut.
  7. Ikuti jalan tersebut sampai Anda mencapai Bukit Alesano.

Pastikan selalu mengikuti tanda-tanda arah yang ada di sepanjang jalan untuk memastikan Anda berada pada jalur yang tepat.

Fasilitas

Bukit Alesano tidak hanya menawarkan wahana yang menarik, tetapi juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Anda akan menemukan toilet dan mushola yang dapat digunakan selama liburan di sini. Kehadiran fasilitas ini membuat pendaki sering singgah atau istirahat, karena fasilitasnya yang memadai.

Keadaan fasilitas ini cukup bersih dan nyaman untuk pengunjung. Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai kuliner di lokasi ini. Terdapat warung-warung yang menyediakan beragam camilan dan minuman. Beberapa warung juga menawarkan jasa pengisian daya untuk kamera atau smartphone Anda.

Fasilitas lain yang dapat Anda temukan adalah area perkemahan. Area perkemahan ini cukup luas dan dapat menampung puluhan tenda. Bagi yang tidak ingin membawa perlengkapan sendiri, Anda dapat menyewanya. Harga sewa perlengkapan bervariasi, tergantung jenis perlengkapan yang Anda butuhkan.

Menikmati pemandangan dari ketinggian memang menjadi obat yang efektif untuk melepas penat. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah merupakan kombinasi yang sempurna yang dapat Anda rasakan saat mengunjungi Bukit Alesano. Bukit indah di Bogor ini tidak akan mengecewakan Anda ketika Anda mengunjunginya.

Bukit Alesano telah menyediakan beberapa fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia:

  1. Toilet: Untuk memenuhi kebutuhan sanitasi, tersedia toilet di area. Ini memungkinkan pengunjung untuk buang air atau membersihkan diri dengan nyaman.
  2. Musala: Pengelola Bukit Alesano juga telah menyediakan musala untuk kegiatan ibadah bagi pengunjung Muslim. Musala ini memungkinkan pengunjung untuk melaksanakan ibadah rutin tanpa harus meninggalkan area wisata.
  3. Warung makan: Jika Anda tidak membawa bekal dari rumah atau ingin mencicipi makanan khas lokal, Memiliki beberapa warung makan. Warung ini menyediakan makanan ringan seperti pisang goreng dan minuman hangat seperti teh dan kopi. Anda dapat membeli makanan dan minuman di warung ini untuk memuaskan lapar dan haus selama berada di Bukit Alesano.
  4. Pengisian daya gadget: Jika Anda perlu mengisi daya gadget seperti ponsel atau kamera, Anda dapat melakukannya di warung atau base-camp yang tersedia. Namun, harap diingat bahwa ada kemungkinan harus mengantri jika ada pengunjung lain yang juga ingin mengisi daya gadget mereka.

Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan pengunjung dapat lebih nyaman dan terbantu selama berada di Bukit Alesano. Penting untuk menjaga kebersihan fasilitas yang disediakan dan mematuhi aturan yang berlaku di area wisata tersebut.

Tiket Masuk

Bukit Alesano merupakan objek wisata yang dikelola dengan baik, membuatnya semakin menakjubkan. Meskipun demikian, tarif masuknya tetap terjangkau dan tidak akan membuat kantong Anda kosong. Harga tiket masuk ke Bukit Alesano tergolong terjangkau dan cocok bagi Anda yang mencari destinasi wisata dengan anggaran terbatas. Berikut adalah harga tiket masuk dan retribusi terbaru yang perlu Anda perhatikan sebelum berkunjung:

  • Tiket Masuk: Rp10.000 per orang
  • Parkir Motor: Rp10.000 per unit
  • Parkir Mobil: Rp20.000 per unit

Perlu diingat bahwa harga tiket dan retribusi tersebut dapat berubah, terutama saat liburan akhir pekan atau puncak kunjungan wisata. Penting untuk memperhatikan informasi terbaru atau menghubungi pihak pengelola sebelum melakukan perjalanan agar Anda mendapatkan perkiraan harga yang akurat.

Harga tersebut sangat ramah bagi kantong Anda. Perlu diingat bahwa harga tiket belum termasuk biaya parkir kendaraan dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pengelola. Bukit Alesano buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, dan beroperasi 24 jam karena juga menyediakan fasilitas camping.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Alesano adalah saat musim kemarau. Dengan demikian, Anda dapat menikmati pemandangan tanpa khawatir hujan. Anda dapat datang pada sore atau pagi hari untuk menikmati matahari terbenam dan matahari terbit. Namun, jika kurang beruntung, pemandangan mungkin tertutup kabut karena Bukit Alesano sering diliputi kabut.

See also  Cirebon Waterland Ade Irma Suryani Destinasi Wisata Favorit

Larangan Dan Aturan

Di Bukit Alesano, terdapat beberapa larangan dan aturan yang perlu diikuti oleh pengunjung. Beberapa larangan dan aturan yang umumnya berlaku di tempat wisata seperti ini antara lain:

  1. Larangan merusak alam: Pengunjung dilarang merusak flora dan fauna yang ada di sekitar Bukit Alesano. Jangan memetik bunga atau merusak tanaman, serta jaga kebersihan area sekitar.
  2. Larangan membawa sampah: Penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Pengunjung diharapkan membawa pulang sampah mereka sendiri dan membuangnya pada tempat yang telah disediakan.
  3. Aturan berkemah: Jika ingin berkemah, patuhi aturan yang telah ditetapkan. Pastikan untuk mendirikan tenda di area yang diizinkan, dan mengikuti petunjuk dari pengelola tempat tersebut.
  4. Aturan kebersihan: Gunakan fasilitas toilet yang telah disediakan dan jangan buang sampah sembarangan. Pastikan untuk menjaga kebersihan sekitar tempat wisata dan menghormati lingkungan sekitar.
  5. Larangan membawa hewan peliharaan: Beberapa tempat wisata mungkin melarang pengunjung membawa hewan peliharaan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung lainnya. Pastikan untuk mematuhi aturan ini jika berlaku.
  6. Aturan keamanan: Patuhi petunjuk keamanan yang diberikan oleh pengelola tempat wisata. Misalnya, menghindari daerah yang berbahaya atau terlarang, dan mengikuti peraturan terkait kegiatan outdoor seperti pendakian atau trekking.

Penting untuk selalu menghormati aturan dan larangan yang berlaku. Dengan mematuhi peraturan ini, kita dapat menjaga kelestarian alam dan kenyamanan bersama selama berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Aktivitas

Bukit Alesano Tempat Camping Keren di Bogor Jawa Barat
Bukit Alesano Tempat Camping Keren di Bogor Jawa Barat

Aktivitas yang menarik adalah menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Pemandangan terbaik dapat dinikmati pada pagi hari atau malam hari.

Sunrise dan sunset memberikan pengalaman yang berbeda dan menakjubkan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen yang indah di sana, karena tempat ini menyediakan banyak spot foto Instagramable. Gardu pandang menjadi favorit para wisatawan untuk mengambil foto yang menakjubkan.

Selain itu, Bukit Alesano juga merupakan tempat yang cocok untuk berkemah. Menghabiskan waktu di sini bersama teman-teman atau keluarga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Bayangkan, kamu dapat menyaksikan matahari terbit ketika bangun tidur dan melihat langit penuh bintang sebelum tidur.

Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian

Bukit Alesano memiliki nama yang cukup unik dan terdengar eksotis. Nama tersebut memang tidak berasal dari Bahasa Indonesia atau Bahasa Sunda, namun hal ini justru menambah daya tarik dan keunikan tempat ini. Selain namanya yang unik, pemandangan yang ditawarkan juga sangat menarik.

Bukit ini memang menawarkan berbagai pemandangan indah mulai dari pagi hingga malam hari. Pada pagi hari yang cerah, wisatawan dapat menikmati keindahan hijau yang melingkupi area sekitar bukit. Pemandangan alam yang dapat disaksikan secara 360 derajat ini benar-benar menyegarkan dan memukau bagi siapa pun yang memandangnya.

Dari kejauhan, wisatawan dapat melihat Gunung Gede Pangrango yang menjulang gagah. Puncak gunung yang kokoh terkadang diliputi oleh awan-awan yang melingkupinya. Di bawahnya, terdapat pemandangan yang mempesona, seperti hijaunya persawahan dan pepohonan yang tumbuh rimbun.

Pada saat pagi hari, wisatawan akan menyaksikan matahari perlahan muncul dari balik gunung dengan sinarnya yang cerah dan memukau. Cahayanya yang terang membelah kegelapan, menciptakan pemandangan yang spektakuler. Di kejauhan, Kota Bogor mulai terlihat dengan aktivitas penduduknya. Gerakan kendaraan yang tampak seperti kerumunan semut kecil memberikan perspektif yang menarik dari atas bukit.

Saat mengunjungi Bukit Alesano, pengunjung pasti akan menikmati panorama alam yang spektakuler dari ketinggian. Pemandangan yang ditawarkan di tempat wisata populer ini memang menakjubkan. Anda dapat menikmati keindahan Bukit Alesano pada pagi, sore, bahkan malam hari.

Keindahan alam yang disuguhkan membuat pengunjung betah berlama-lama. Udara yang sejuk semakin menambah kenyamanan dan membuat Anda enggan meninggalkan tempat ini dengan cepat.

Spot Selfie

Berburu spot foto Instagramable merupakan kegiatan yang seru dan populer. Tempat ini memiliki berbagai spot yang menarik dan cocok untuk menghasilkan foto-foto yang kekinian. Salah satu spot favorit adalah gardu pandang yang terbuat dari besi. Dari sini, Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang pemandangan alam yang memukau.

Selain itu, terdapat juga plang dengan tulisan “Bukit Alesano” yang menjadi spot foto yang menarik. Anda dapat berpose di depannya dan mengabadikan momen Anda di tempat ini. Dengan suasana yang indah dan panorama alam yang mempesona, foto-foto Anda akan terlihat menarik dan dapat mempercantik feed Instagram Anda.

Bukit Alesano merupakan tempat yang sangat cocok untuk berfoto dengan latar belakang keindahan alamnya. Pemandangan gunung yang gagah, persawahan yang hijau, dan pemandangan perkotaan yang memukau akan menjadi latar yang sempurna untuk foto-foto Anda.

Pengelola Bukit Alesano telah menyediakan wahana khusus berupa gardu pandang yang terbuat dari besi. Desainnya yang kuat dan berwarna kuning menciptakan tampilan yang menarik dan indah. Di samping itu, terdapat plang bertuliskan “Bukit Alesano” yang memberikan identitas jelas sebagai bukit yang indah tersebut.

Gardu pandang ini memberikan kesempatan kepada para wisatawan untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang memukau. Baik itu pada pagi hari, saat matahari terbit, hingga sore hari saat matahari terbenam. Foto-foto yang diambil di sini akan tampak indah dan mengesankan.

Berkemah Camping

Bukit Alesano adalah tempat yang ideal untuk berkemah dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau pasangan. Dengan fasilitas lengkap yang tersedia, pengunjung dapat menikmati kenyamanan selama menginap di sana.

Berkemah di Bukit Alesano memberikan kesempatan untuk menciptakan momen yang tak terlupakan. Anda bisa menyusun aktivitas seru seperti bernyanyi, bermain permainan sederhana, atau menikmati makanan yang dipanggang seperti jagung bakar atau sosis. Semua ini akan menambah keseruan dan kehangatan suasana camping.

Pada malam hari, langit yang dihiasi dengan taburan bintang dan cahaya perkotaan di bawahnya akan menciptakan suasana yang memukau. Ini akan menambah romantisnya pengalaman berkemah, yang menjadi pilihan yang tepat untuk pasangan yang ingin berbulan madu atau menciptakan momen romantis.

Dengan suasana alam yang indah dan suasana malam yang mempesona, Bukit Alesano akan memberikan pengalaman berkemah yang tak terlupakan. Nikmati kebersamaan, keindahan alam, dan romantisme yang ada di tempat ini.

Keunikan Daya Tarik

Bukit Alesano di Bogor adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi yang menawarkan pengalaman yang unik dan memukau. Salah satu daya tarik utamanya adalah pemandangan alam yang menakjubkan. Dari puncak bukit, Anda dapat menikmati panorama 360 derajat yang menakjubkan.

Pemandangan Gunung Gede Pangrango, perbukitan hijau, dan rumah-rumah penduduk terlihat sangat menarik. Terutama saat pagi atau malam hari, suasana di sini sangat cocok untuk melepas penat dan bersantai.

Ketika malam tiba, Anda akan terpesona dengan keindahan lampu-lampu yang menerangi Kota Bogor. Apalagi jika cuaca cerah, Anda juga dapat menikmati pemandangan bintang yang memukau serta udara malam yang sejuk.

Selain itu, Bukit Alesano juga merupakan salah satu spot favorit untuk berkemah di Bogor. Anda dapat menyewa perlengkapan berkemah dan menyewa tenda di tempat ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati momen matahari terbit atau matahari terbenam yang spektakuler jika Anda berkemah di sini!

Sunrise Dan Sunset

Menyaksikan keindahan sunset dan sunrise merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Cahaya merah yang terpancar saat matahari terbit dan terbenam selalu menarik perhatian. Meskipun Anda dapat menikmati fenomena ini di berbagai tempat, pengalaman melihatnya dari puncak Bukit Alesano memiliki pesona yang berbeda.

Saat kabut menyelimuti Bukit Alesano, suasana terasa seperti berada di atas awan. Pemandangan ini begitu magis dan memukau. Tidak kalah menarik, saat matahari terbenam di bukit ini, warna oranye yang semakin memudar akan mempesona setiap penontonnya. Suasana ini semakin romantis jika Anda menghabiskannya bersama pasangan atau teman terdekat.

Menyaksikan indahnya sunset dan sunrise akan memberikan pengalaman yang memikat dan tak terlupakan.

Pemandangan Alam Hingga 360 Derajat

Bukit Alesano menyajikan pemandangan alam yang memukau dari segala sudut. Dari puncak bukit ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam 360 derajat yang begitu indah.

Gunung Gede Pangrango menjadi salah satu daya tarik utama yang terlihat megah. Anda dapat menyaksikan keindahan gunung tersebut dengan latar belakang langit yang cerah atau terbenamnya matahari di ufuk barat. Pemandangan ini akan membuat Anda terpukau dan merasakan kedamaian yang luar biasa.

Tak hanya itu, Anda juga akan disuguhi panorama hijau perbukitan dan hamparan sawah yang menyejukkan mata. Melihat pemandangan alam yang begitu luas dan hijau dari atas bukit akan memberikan perasaan yang menenangkan dan menyegarkan pikiran.

Selain itu, pemandangan Kota Bogor dengan rumah-rumah yang padat juga akan terlihat jelas. Anda dapat melihat kehidupan perkotaan dari ketinggian dan merasakan keindahan kontras antara alam dan perkotaan.

See also  Jembar Waterpark Majalengka, Wisata Air Modern Favorit Keluarga

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa ini dari atas Bukit Alesano. Rasakan keajaiban alam dan nikmati indahnya panorama 360 derajat yang disajikan oleh tempat ini.

Night View Kota Bogor Berhias Bintang

Pada malam hari, meskipun wisatawan tidak dapat melihat hijaunya persawahan atau keindahan Gunung Gede Pangrango, Bukit Alesano tetap menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan gemerlap lampu kota di tengah kegelapan malam serta langit yang bertaburan bintang menjadi daya tarik tersendiri.

Ketika memandang ke bawah, wisatawan akan melihat panorama gemerlap lampu perkotaan yang mengagumkan. Lampu-lampu kendaraan yang bergerak dan cahaya yang bersinar dari gedung-gedung tinggi menciptakan pemandangan yang memukau. Keindahannya benar-benar mempesona dan dapat menyilaukan mata.

Sementara itu, ketika melihat ke atas, wisatawan akan disuguhkan pemandangan langit malam yang menakjubkan. Di tengah gelapnya langit, bintang-bintang berkelap-kelip dengan jelas terlihat. Pemandangan ini sulit ditemukan di perkotaan yang banyak terpengaruh oleh cahaya buatan. Di Bukit Alesano, keindahan bintang-bintang ini begitu memikat dan memberikan kesan romantis yang mendalam bagi para penikmatnya.

Penginapan

Bukit Alesano memang dikenal sebagai kawasan camping ground di Bogor, namun menurut informasi yang saya miliki, ada fasilitas akomodasi berupa tenda yang dapat disewa di sana. Persewaan tenda ini dapat memberikan pengunjung pengalaman berkemah yang nyaman meskipun tanpa membawa peralatan sendiri.

Namun, penting untuk mengonfirmasi langsung dengan pihak pengelola Bukit Alesano atau melakukan pengecekan terbaru mengenai ketersediaan persewaan tenda. Karena informasi dapat berubah dari waktu ke waktu, lebih baik memastikan dengan sumber yang terpercaya sebelum melakukan perjalanan dan merencanakan menginap di Bukit Alesano.

Jika persewaan tenda tidak tersedia atau Anda lebih memilih untuk membawa perlengkapan camping sendiri, pastikan untuk mempersiapkan semua peralatan dan perlengkapan yang diperlukan agar dapat menghadapi pengalaman berkemah dengan nyaman dan aman.

Memiliki akses ke villa penjaga Bukit Alesano dapat menjadi solusi yang baik bagi pengunjung yang membutuhkan fasilitas tambahan seperti air bersih, listrik, atau toilet yang lebih memadai. Menumpang untuk mengecas handphone atau mendapatkan air bersih di villa tersebut bisa menjadi alternatif yang praktis.

Selain itu, ketersediaan warung atau toko kelontong di dekat Bukit Alesano juga memberikan kemudahan bagi pengunjung yang membutuhkan perlengkapan camping atau kebutuhan dasar lainnya. Dengan adanya opsi untuk membeli air mineral, minyak angin, dan barang lain di warung tersebut, pengunjung dapat melengkapi persediaan mereka jika ada yang terlupa atau dibutuhkan saat berada di Bukit Alesano.

Alternatif penginapan di sekitar Bukit Alesano. Villa Pendopo Arya Dhamar dan Herman Lantang Camp merupakan pilihan yang dapat dipertimbangkan bagi pengunjung yang mencari akomodasi lebih nyaman dan lengkap di dekat Bukit Alesano.

Villa Pendopo Arya Dhamar menawarkan tarif mulai dari Rp 700 ribuan per malam, sementara Herman Lantang Camp memiliki tarif sekitar Rp 550 ribuan per malam. Dengan memiliki jarak yang relatif dekat, kedua penginapan tersebut dapat memberikan alternatif yang lebih nyaman dan menyediakan fasilitas yang mungkin tidak tersedia di area camping ground Bukit Alesano.

Pengunjung yang memilih untuk menginap di salah satu villa tersebut dapat menikmati kenyamanan dan fasilitas yang disediakan, seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi pribadi, ruang tamu, dapur, dan lain sebagainya. Hal ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan lebih santai dan memiliki akses yang mudah ke Bukit Alesano.

Namun, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dan mengonfirmasi ketersediaan serta tarif yang terbaru sebelum memutuskan untuk menginap di salah satu penginapan tersebut.

Hotel Dekat

Berikut ini adalah ringkasan informasi mengenai penginapan-penginapan tersebut:

  1. The Village Resort Bogor By Waringin Hospitality: Tarif mulai dari IDR 221,000 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain sarapan (dengan biaya tambahan), Wi-Fi gratis, parkir gratis, kolam renang outdoor, bar, restoran, layanan kamar, dan layanan laundry.
  2. Saung Eling: Tarif mulai dari IDR 169,200 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain Wi-Fi gratis, parkir gratis, kolam renang outdoor, dan AC.
  3. RedDoorz Plus near Exit Toll Puncak 2: Harga diskon saat ini sekitar IDR 214,161 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain Wi-Fi gratis, parkir gratis, kolam renang outdoor, AC, dan restoran.
  4. The Village Bumi Kadamaian: Tarif mulai dari IDR 259,374 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain apartemen dengan 7 kamar tidur, kolam renang outdoor, dan lift.
  5. Padjadjaran Suite Resort & Convention Hotel: Harga diskon saat ini sekitar IDR 245,189 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain sarapan (dengan biaya tambahan), Wi-Fi gratis, parkir gratis, kolam renang outdoor, AC, pusat kebugaran, spa, dan bar.
  6. 5G Resort Cijeruk: Fasilitas yang disediakan antara lain sarapan gratis, Wi-Fi gratis, parkir gratis, kolam renang outdoor, restoran, layanan kamar, dan layanan laundry.
  7. Leuweung Geledegan Ecolodge: Fasilitas yang disediakan antara lain sarapan gratis, Wi-Fi gratis, parkir gratis, kolam renang outdoor, AC, dan restoran.
  8. Villa Sawah Hotel and Resort: Harga diskon saat ini sekitar IDR 448,415 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain sarapan, Wi-Fi, parkir gratis, kolam renang outdoor, AC, restoran, layanan kamar, dan layanan laundry.
  9. Apartemen Bogorienze Resort: Harga diskon saat ini sekitar IDR 174,922 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain Wi-Fi gratis, parkir gratis, dan kolam renang.
  10. Bumi Katulampa – Convention Resort: Tarif mulai dari IDR 291,425 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain sarapan gratis, Wi-Fi gratis, parkir gratis, kolam renang outdoor, AC, restoran, layanan kamar, layanan laundry, dan ramah anak-anak.
  11. Urbanview Hotel Sagara Bogor: Harga diskon saat ini sekitar IDR 194,760 per malam. Kamar-kamar sederhana dengan 2 kolam renang outdoor, area makan, dan tempat parkir.
  12. Salak Sunrise Homestead: Tarif mulai dari IDR 702,003 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain rumah dengan 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, 7 tempat tidur, balkon, ramah anak-anak, tempat tidur bayi, dan setrika.
  13. Kampoeng Bamboe: Fasilitas yang disediakan antara lain sarapan gratis, parkir (dengan biaya tambahan), kolam renang outdoor, Wi-Fi, restoran, layanan kamar, dapur di beberapa kamar, dan layanan laundry.

Semua penginapan ini memiliki jarak yang berbeda dari Bukit Alesano, dan harga dapat berubah tergantung pada waktu dan ketersediaan. Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, disarankan untuk menghubungi masing-masing penginapan secara langsung.

Kuliner Tempat Makan

Berikut beberapa tempat dan usaha kuliner di sekitar Bukit Alesano:

  1. Warung Pak Iya Posko Sepeda: Sebuah warung kopi yang terletak di posko sepeda Bukit Alesano. Menyajikan nasi goreng dan minuman lemon tea yang lezat.
  2. Bukit Alesano Campground: Sebuah kawasan camping yang mendapat rating 4.1. Namun, sayangnya tidak terdapat tempat teduh jika hujan.
  3. Rumah Jawa Antik: Restoran Indonesia yang memiliki suasana Jawa antik. Terletak di Cijeruk Desa Gegerbitung, Cihideung.
  4. Gerbang Embrio KM 0 Alesano: Tempat pendakian yang mendapat rating 4.4. Terletak di Jalan tidak bernama, 16740.
  5. Taman Fathan Alesano: Sebuah taman yang mendapat rating 4.4. Terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  6. Bakso Syukron: Restoran bakso dengan rating 3.0. Terletak di 8Q4V+W7G.
  7. Warung Nasi Sederhana “IRGI”: Restoran nasi dengan rating 4.0. Terletak di RT.01/10 No. 24.
  8. Kedai Kopi Abdi: Warung kopi dengan rating 4.0. Terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  9. RM. Mualaf Barakah: Restoran Padang yang sementara ditutup. Terletak di 8Q8Q+HMH, Jalan Raya Cihideung.
  10. Famiky Camp Alesano: Tempat camping yang sementara ditutup. Terletak di Bukit Alesano Campground, Desa.
  11. Hunkey Punkey: Restoran yang sementara ditutup. Terletak di Bogor City, Jawa Barat.

Mohon diperhatikan bahwa beberapa tempat mungkin sementara ditutup atau mengalami perubahan dalam jam operasionalnya. Disarankan untuk memeriksa ketersediaan dan informasi terbaru sebelum mengunjungi tempat tersebut.

Wisata Sekitar

Berikut adalah beberapa tempat wisata di sekitar Bukit Alesano:

  1. Taman Fathan Alesano: Sebuah taman dengan rating 4.4. Tempat ini menawarkan pemandangan perbukitan yang indah.
  2. Curug Putri Pelangi: Tempat wisata air terjun dengan rating 4.4. Terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  3. Curug Cibadak – Taman Nasional Gunung Halimun Salak – Bogor: Tempat wisata air terjun dengan rating 4.3. Terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  4. Balakosa Mountain Adventure: Tempat wisata dengan rating 4.7. Terletak di jalan tidak bernama.
  5. Panorama Pinus Hjp Land (Wisata Pasiran Tengah): Tempat wisata dengan rating 4.6. Terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  6. Embrio Hill: Tempat wisata dengan rating 4.5. Terletak di 16740.
  7. THE RED SHOOTS: Tempat wisata dengan rating 5.0. Terletak di 8QGF+4C.
  8. Kampoeng Salaka: Tempat wisata dengan rating 4.3. Terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Menyajikan pemandangan indah dan berbagai jenis bunga.
  9. Kebun Durian Warso Farm: Tempat wisata dengan rating 4.3. Terletak di Jalan K.H. Halimi. Tempat ini cocok untuk berkunjung bersama keluarga.
  10. Tempat Gathering di Bogor: Tempat wisata yang cocok untuk kegiatan gathering. Terletak di Kp. Lengis, RT.001/RW.005.
  11. Rumah Merah Salak: Tempat wisata dengan rating 5.0. Terletak di Kp, Jalan Pasir Pogor, RT.2/RW.7.
See also  36 Ulasan Makam Sunan Gunung Jati Wisata Religi Bersejarah Di Cirebon

Mohon diperhatikan bahwa beberapa tempat mungkin memiliki jam buka yang berbeda atau sementara ditutup. Disarankan untuk memeriksa ketersediaan dan informasi terkini sebelum mengunjungi tempat tersebut.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan saat berkunjung dan camping di Bukit Alesano untuk memastikan liburan Anda lebih nyaman dan aman:

  1. Persiapkan Peralatan Camping: Jika Anda berencana untuk berkemah, pastikan Anda membawa atau menyewa peralatan camping yang diperlukan. Jika Anda ingin menyewa tenda, pastikan Anda tiba di lokasi dengan waktu yang cukup agar dapat memilih tempat yang nyaman dan meminta bantuan untuk memasang tenda.
  2. Kartu Identitas: Jangan lupa membawa kartu identitas, seperti KTP, karena pengelola tidak mengizinkan laki-laki dan perempuan yang belum menikah untuk berkemah. Kartu identitas akan diminta saat Anda akan melakukan proses camping.
  3. Ajak Teman atau Keluarga: Lebih seru dan aman jika Anda pergi bersama teman, sahabat, atau keluarga. Membuat suasana camping menjadi lebih ramai dan menyenangkan.
  4. Waktu Camping: Perhatikan waktu camping yang dibatasi hingga jam 11 siang pada hari berikutnya. Pastikan Anda merencanakan waktu dengan baik agar dapat menikmati seluruh pengalaman berkemah.
  5. Bawa Pakaian Hangat: Suhu di bukit ini cenderung dingin, terutama saat malam hari. Pastikan Anda membawa pakaian hangat agar tetap nyaman selama berkemah.
  6. Siapkan persediaan air yang cukup: Karena sulit untuk mendapatkan air bersih di bukit ini, disarankan untuk membawa air secukupnya untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berada di sana.
  7. Siapkan fisik dan kendaraan dengan baik: Persiapkan diri Anda secara fisik agar dapat menikmati aktivitas hiking dan camping dengan nyaman. Jika membawa kendaraan, pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Harap diingat bahwa area parkir hanya tersedia untuk sepeda motor, sehingga disarankan untuk tidak membawa kendaraan roda empat.
  8. Hindari kunjungan di akhir pekan: Jika Anda menginginkan suasana yang lebih tenang, sebaiknya hindari berkunjung saat akhir pekan. Karena pada setiap akhir pekan, bukit ini cenderung menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun, jika Anda hanya bisa berkunjung pada akhir pekan, disarankan untuk datang lebih awal sebelum jam tiga sore. Pada jam-jam tersebut, biasanya masih relatif sepi sehingga Anda dapat memilih tempat yang sesuai untuk berkemah.
  9. Patuhi peraturan dan jaga kebersihan: Selalu patuhi peraturan yang berlaku, termasuk peraturan terkait pembakaran, sampah, dan penggunaan fasilitas. Selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membawa kembali sampah Anda dan tidak merusak alam sekitar.
  10. Nikmati pemandangan dan alam sekitar: Manfaatkan waktu Anda untuk menikmati pemandangan yang indah dan suasana alam di Bukit Alesano. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga selama perjalanan Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Anda dapat memiliki pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan saat berkunjung dan camping.

Kekurangan

Berdasarkan informasi dari kompasiana, terdapat beberapa kekurangan yang dapat ditemui di Bukit Alesano:

  1. Kurangnya fasilitas akomodasi: Saat ini, belum ada fasilitas penginapan atau resort di kawasan Bukit Alesano. Pengunjung yang ingin menginap harus membawa perlengkapan camping sendiri, termasuk tenda dan peralatan memasak. Tidak ada persewaan tenda, sehingga pengunjung harus mempersiapkan sendiri perlengkapan camping.
  2. Keterbatasan fasilitas sanitasi: Karena kurangnya fasilitas penginapan, aksesibilitas air bersih dan fasilitas sanitasi mungkin terbatas. Pengunjung perlu membawa air minum dan peralatan mandi secara mandiri. Terdapat toilet darurat di sana, namun dengan biaya penggunaan.
  3. Pungutan liar (pungli): Beberapa pengunjung melaporkan adanya pungutan liar yang dilakukan oleh penduduk setempat. Selain membayar biaya sewa lahan untuk camping, pengunjung mungkin juga akan dikenakan biaya kebersihan atau retribusi lainnya. Disarankan untuk menyiapkan uang pecahan kecil sebagai persiapan.
  4. Terbatasnya fasilitas: Fasilitas tergolong terbatas. Terdapat warung sederhana yang menjual makanan instan dan minuman, tetapi tidak ada restoran atau fasilitas makan yang lengkap. Juga, terdapat warung atau toko kelontong yang menjual beberapa perlengkapan camping dasar.
  5. Parkir terbatas: Jalan menuju Bukit Alesano cukup sempit, dan lahan parkir terbatas hanya untuk sepeda motor. Jika Anda membawa mobil, mungkin harus mencari tempat parkir di sekitar warung atau toko kelontong yang tersedia.

Jika Anda mencari akomodasi yang lebih nyaman, beberapa pilihan alternatif penginapan terdekat adalah Lido Lake Resort by MNC Hotel, Villa Pendopo Arya Dhamar, atau Herman Lantang Camp. Namun, perlu dicatat bahwa jaraknya cukup jauh dari Bukit Alesano, sehingga perlu perjalanan tambahan untuk mencapai kawasan camping tersebut.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) tentang Bukit Alesano:

  1. Apa lokasi Bukit Alesano? Terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.
  2. Bagaimana cara menuju Bukit Alesano dari Kota Bogor? Dari Kota Bogor, Anda bisa berkendara menuju Stasiun Batu Tulis, lalu lanjutkan perjalanan ke arah Agrowisata Warso Farm. Lurus saja sampai menemukan pertigaan, nanti di sana ada papan petunjuk yang mengarahkan ke Balai Embrio Ternak. Setelah itu, ambil arah ke kanan dan lurus saja sampai menemukan pertigaan lagi, lalu belok kiri. Jika sudah sampai di pintu gerbang Balai Embrio Ternak, belok kiri. Beberapa ratus meter lagi Anda akan menemukan lokasi Bukit Alesano.
  3. Apa harga tiket masuk? Harga tiket masuk ke Bukit Alesano sekitar Rp 15.000 per orang. Untuk parkir sepeda motor, dikenakan biaya sekitar Rp 10.000.
  4. Apa daya tarik utama? Daya tarik utama Bukit Alesano adalah pemandangan malamnya yang menampilkan city view dengan hamparan lampu kota yang indah. Pemandangan ini sering dijadikan objek foto yang menarik dan instagramable.
  5. Apakah ada fasilitas akomodasi? Sayangnya, tidak ada fasilitas akomodasi atau penginapan di Bukit Alesano. Pengunjung yang ingin menginap atau bermalam di sana harus membawa perlengkapan camping sendiri, termasuk tenda dan peralatan memasak.
  6. Apakah ada persewaan tenda? Kabarnya, saat ini tidak ada lagi persewaan tenda di Bukit Alesano. Oleh karena itu, pengunjung harus membawa tenda sendiri jika ingin berkemah di sana.
  7. Apakah Bukit Alesano aman untuk camping? Terdapat beberapa pro-kontra mengenai keamanan. Beberapa isu yang beredar menyebutkan kekhawatiran terkait keamanan dan aktivitas tidak pantas di kawasan tersebut. Namun, informasi terakhir menyebutkan bahwa Bukit Alesano telah kembali dibuka untuk camping dengan lokasi sekitar 100 meter sebelum bukit, meskipun tidak ada pengelola yang bertanggung jawab.
  8. Apakah tersedia fasilitas toilet? Terdapat toilet darurat yang tersedia dengan biaya sekitar Rp 2.000 setiap kali digunakan.
  9. Apakah ada warung atau toko kelontong? Ya, di Bukit Alesano terdapat beberapa warung atau toko kelontong yang menjual beberapa perlengkapan kebutuhan untuk camping, seperti air mineral kemasan botol besar, mi instan, dan kopi.
  10. Apakah ada penginapan terdekat dari Bukit Alesano? Jika Anda tidak ingin berkemah atau tidak dapat menemukan tempat, terdapat beberapa penginapan terdekat seperti Lido Lake Resort by MNC Hotel yang berjarak sekitar 5,31 km dari bukit, Villa Pendopo Arya Dhamar dengan jarak sekitar 6,04 km, dan Herman Lantang Camp dengan tarif mulai dari Rp 550.000 per malam dan jarak sekitar 6,89 km.
  11. Apakah ada aktivitas lain yang dapat dilakukan? Di sekitar Bukit Alesano, Anda dapat menikmati keindahan alam, trekking, dan berjalan-jalan menikmati pemandangan. Selain itu, terdapat pula tempat-tempat wisata lain di sekitar Kabupaten Bogor yang bisa dikunjungi, seperti Air Terjun Curug Nangka, Kebun Raya Bogor, atau Taman Safari Indonesia.

Harap diperhatikan bahwa informasi ini dapat berubah seiring waktu. Sebaiknya periksa sumber informasi terbaru atau hubungi pihak terkait sebelum mengunjungi Bukit Alesano untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terkini.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 20 Review Menarik Bukit Alesano Bogor Tempat Camping Favorit.

Your email address will not be published. Required fields are marked *