Curug Cikuluwung: Keajaiban Air Terjun di Bogor

Curug Cikuluwung di Bogor adalah salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih alami. Dengan air berwarna biru yang mempesona, tebing batu indah yang mengelilingi sungai, serta pemandangan alam yang subur dan hijau, Curug Cikuluwung menawarkan pesona alam yang memukau.

Salah satu hal yang membuat Curug Cikuluwung begitu istimewa adalah keberadaan air berwarna biru yang jarang ditemui di air terjun lainnya. Warna biru yang jernih dan memesona ini menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan alam yang unik. Ketika matahari bersinar terang, warna biru air terjun ini semakin terpancar dengan indahnya, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan.

Tidak hanya itu, tebing-tebing batu yang menjulang tinggi di sepanjang aliran sungai juga menambah pesona Curug Cikuluwung. Batuan-batuan yang terbentuk secara alami memberikan nuansa keanggunan dan keindahan tersendiri bagi tempat ini. Bebatuan tersebut juga menjadi area favorit bagi para pengunjung yang ingin berpose atau sekadar menikmati pemandangan sekitar.

Selain keindahan alamnya, Curug Cikuluwung juga menawarkan suasana yang tenang dan damai. Jauh dari keramaian kota, pengunjung dapat menikmati udara segar dan bersih serta mendengarkan gemericik air yang mengalir dengan lembut. Hal ini membuat tempat ini cocok sebagai tempat untuk bersantai, merenung, atau sekadar menikmati keheningan alam yang masih alami.

Tidak hanya itu, Curug Cikuluwung juga cocok untuk aktivitas rekreasi dan petualangan alam. Pengunjung dapat melakukan trekking atau hiking di sekitar area curug untuk menjelajahi keindahan alam sekitar yang masih asri dan memukau. Selain itu, kolam alami di tengah tebing batu juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk berenang atau sekadar bermain air bersama keluarga dan teman-teman.

Bagi pecinta fotografi, Curug Cikuluwung juga merupakan surga yang menyajikan beragam spot foto yang menarik. Dari tebing batu yang menghadap ke air terjun hingga pemandangan alam yang luas, setiap sudut Curug Cikuluwung menawarkan keindahan yang bisa diabadikan dalam kamera.

Curug Cikuluwung adalah destinasi wisata alam yang sangat menarik bagi para pengunjung yang menginginkan ketenangan, keindahan alam yang alami, dan pengalaman petualangan yang berkesan. Dengan kombinasi air berwarna biru yang indah, tebing batu yang mempesona, serta suasana alam yang damai, Curug Cikuluwung layak untuk dikunjungi dan dinikmati oleh siapa pun yang menghargai kecantikan alam Indonesia.

Harga Tiket Masuk, Fasilitas, dan Jam Operasional Curug Cikuluwung Bogor

Curug Cikuluwung Bogor adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang memukau dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Berikut adalah informasi lengkap mengenai harga tiket masuk, fasilitas yang disediakan, dan jam operasional Curug Cikuluwung Bogor:

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Curug Cikuluwung 1: Rp35.000 per orang.
  • Tiket Masuk Curug Cikuluwung 2: Rp25.000 per orang.

Fasilitas Tambahan

  • Parkir Sepeda Motor: Rp5.000 per unit.
  • Parkir Mobil: Rp10.000 per unit.
  • Sewa Pelampung: Tersedia untuk bermain air di kolam dan sungai.
  • Arena Swafoto: Fasilitas ini disediakan dengan tiket masuk untuk pengalaman berfoto yang menyenangkan.

Catatan Penting: Tarif di atas merupakan tarif normal yang berlaku untuk kunjungan di hari biasa (Senin-Jumat). Untuk kunjungan wisata di hari libur akhir pekan dan libur nasional, kemungkinan tarif akan mengalami kenaikan.

Jam Operasional

  • Jam Buka: Objek wisata Curug Cikuluwung buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore.
  • Jam Operasional: Pukul 08:00 – 16:00 WIB setiap hari.

Curug Cikuluwung Bogor menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan biaya terjangkau. Dengan harga tiket masuk yang ramah di kantong, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan, termasuk sewa pelampung untuk bermain air dan arena swafoto untuk berfoto bersama teman dan keluarga.

Sebagai tambahan, tarif parkir yang terjangkau juga menjadi nilai plus bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Dengan jam operasional yang cukup fleksibel, pengunjung dapat mengatur waktu kunjungan mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Dengan demikian, Curug Cikuluwung Bogor memberikan pengalaman wisata alam yang menyenangkan dan memuaskan bagi semua kalangan, dari wisatawan lokal hingga mancanegara, yang mencari keindahan alam yang autentik dan biaya terjangkau.

Daya Tarik

Curug Cikuluwung telah menjadi ikon kejernihan airnya dan pemandangan dua tebing batu yang memikat, mirip dengan keagungan The Grand Canyon. Pesona alam ini menjadi daya tarik utama yang mengundang banyak wisatawan dari berbagai penjuru untuk menyaksikan keindahannya secara langsung.

Kehebatan Curug Cikuluwung juga memukau masyarakat Medan, yang begitu takjub dengan keindahan Air Terjun Sikulikap. Pemandangan ini semakin mengesankan bila dilihat dari angle yang tepat, menampilkan eksotisme yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

See also  23 Ulasan Menarik Ampera Waterpark Kolam Renang Unik Favorit Keluarga

Selain kejernihan airnya, tatanan tebing batu yang teratur juga menambah daya tarik tersendiri. Bentuk kolam di bawah air terjun, jika dilihat dari ketinggian, memberikan kesan seperti bekas telapak kaki, menambah nuansa misteri dan keunikan dari Curug Cikuluwung.

Tak kalah menariknya adalah air terjun kedua. Meskipun memiliki keindahan yang serupa dengan yang pertama, air terjun ini memiliki karakteristik tersendiri. Dikelilingi oleh lebih banyak pohon yang membuatnya terasa lebih rindang, dan kolam yang lebih luas daripada yang pertama, memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung.

Salah satu kejutan yang ditawarkan oleh air terjun kedua adalah adanya gua di sekitarnya. Gua ini menawarkan pemandangan sungai dengan air yang sangat jernih, menambah daya tarik dan keunikan dari Curug Cikuluwung secara keseluruhan.

Dengan segala keindahannya, Curug Cikuluwung menjadi magnet bagi para pencinta alam dan petualang yang ingin menikmati keajaiban alam yang masih asli dan eksotis. Dari kejernihan airnya hingga tatanan tebing batu yang mirip Grand Canyon, setiap sudut Curug Cikuluwung menawarkan keindahan yang tak terlupakan.

Pesona Alam Curug Cikuluwung: Keindahan Air Terjun dan Kolam Alami yang Memikat

Curug Cikuluwung adalah salah satu destinasi wisata alam yang memikat di kawasan Bogor, khususnya di Kampung Suka Asih. Dikenal dengan keindahan dua air terjunnya, Curug Cikuluwung menawarkan pesona alam yang memukau bagi para pengunjung yang mengunjungi situs ini.

Salah satu hal yang mencolok dari Curug Cikuluwung adalah warna airnya yang berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air terjun ini memiliki nuansa biru toska yang sangat menarik dan mempesona. Ketika air terjun mengalir deras dan memantul sinar matahari, warna biru toska ini semakin terlihat indah dan menakjubkan. Kombinasi warna air yang memesona dengan lanskap bebatuan besar dan pepohonan hijau di sekitar curug menciptakan pemandangan yang sangat serasi dan menenangkan.

Selain keindahan air terjun dan warna airnya yang unik, Curug Cikuluwung juga memiliki kolam alami yang luas di bawahnya. Namun, pengunjung perlu berhati-hati karena kedalaman kolam yang tepat di bawah air terjun belum terukur dan terdapat pusaran air di dalamnya. Oleh karena itu, lebih aman untuk berenang di kolam kedua atau ketiga yang memiliki kedalaman yang wajar, yaitu sekitar 1.2 hingga 1.5 meter tanpa adanya pusaran air.

Keunikan Curug Cikuluwung juga tercermin dari julukan yang diberikan padanya, yaitu “Green Canyon mini”. Julukan ini mengacu pada kemiripan Curug Cikuluwung dengan Grand Canyon asli, terutama pada dua tebing batu yang mengelilingi kolam alami di tengahnya. Pemandangan yang mengingatkan pada Grand Canyon memberikan pengalaman yang unik bagi pengunjung, membuat mereka merasa seolah-olah berada di lokasi yang jauh dari Indonesia.

Selain Curug Cikuluwung, kemiripan dengan Grand Canyon juga bisa ditemui di tempat lain seperti Tebing Koja di Tangerang, Banten. Tebing Koja juga dikenal sebagai Grand Canyon mini karena memiliki pemandangan yang serupa dengan Grand Canyon, meskipun dalam skala yang lebih kecil. Kedua lokasi ini menawarkan pengalaman petualangan alam yang menarik dan menghadirkan keindahan alam yang mempesona bagi para pengunjungnya.

Dengan semua keindahannya, Curug Cikuluwung tidak hanya menjadi destinasi wisata alam yang menarik untuk dinikmati oleh para pengunjung lokal, tetapi juga menarik minat wisatawan dari luar kota dan mancanegara yang ingin menyaksikan keindahan alam yang unik dan menakjubkan di Indonesia.

Eksklusivitas Estetik Curug Cikuluwung: Keindahan Air Terjun yang Memikat Mata

Air terjun memang menjadi salah satu pesona alam yang memukau dengan derasnya aliran air dari ujung atas ke kolam bawahnya. Namun, Curug Cikuluwung memiliki daya tarik yang lebih dari sekadar aliran air yang indah. Yang paling memikat dari air terjun ini adalah komposisi batuan di kanan dan kiri sungai yang seolah-olah membentuk tirai alami, menambah kesan eksklusif dan estetik yang sangat menarik sebagai objek untuk berfoto.

Sebelum memasuki ke kawasan air terjun untuk bermain air, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu terlebih dahulu untuk mengabadikan momen di spot-spot menarik sekitar Curug Cikuluwung. Dengan batuan yang menutupi area air terjun dan warna air yang jernih bahkan cenderung biru, menjadikan pengalaman fotografi di sini sangat memuaskan.

Saat masuk ke kawasan air terjun, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam yang luar biasa. Dari kejauhan, air terjun setinggi sekitar 10 meter terlihat mengalir deras bak tirai alami. Di bawah air terjun, terdapat kolam dengan air yang sangat jernih, bahkan terkesan berwarna biru yang menambah pesona alaminya. Kolam ini mengalir di cekungan yang membentuk sungai, mengalir hingga ke kejauhan memberikan nuansa alami yang menenangkan.

Sementara itu, di sekitar kolam dan sungai, terdapat batuan dengan permukaan halus berwarna coklat muda. Kontras warna coklat muda dari batuan dengan biru dan jernihnya air yang mengalir menciptakan harmoni alami yang memukau mata. Keberadaan tebing di kanan dan kiri, memberikan kesan pribadi pada kawasan air terjun ini, seolah-olah dilingkupi oleh alam yang eksklusif dan terjaga.

Tidak hanya itu, adanya semak yang menyembul dari balik batuan juga menambah kesan estetik dan natural pada kawasan air terjun. Meskipun tidak lebat, semak-semak ini memberikan sentuhan hijau yang menyegarkan, menambahkan keindahan alami yang lebih dalam pada Curug Cikuluwung.

See also  Wisata Pantai Sedari: Menikmati Keajaiban Alam di Ujung Jawa Barat

Dengan begitu, Curug Cikuluwung bukan hanya menawarkan keindahan aliran air terjun yang mempesona, tetapi juga menyajikan harmoni alami antara batuan, air, dan vegetasi di sekitarnya. Inilah yang membuat Curug Cikuluwung menjadi destinasi yang sangat disukai bagi para pencinta alam dan fotografi yang ingin merasakan keindahan alam Indonesia yang luar biasa.

Berenang di Kolam Biru Curug Cikuluwung: Sensasi Alam yang Memikat

Ketika mengunjungi Curug Cikuluwung, salah satu agenda utama yang pasti menggiurkan adalah berenang di kolam yang berwarna biru memikat. Kolam ini memang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin merasakan kejernihan air alami di tengah pesona alam Bogor. Dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam, kolam ini memberikan rasa aman bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dalam mode berenang.

Saran yang diberikan untuk pengunjung adalah datanglah saat musim kemarau, karena pada saat tersebut debit air tidak terlalu tinggi sehingga memberikan pengalaman berenang yang lebih nyaman. Bayangkan betapa menggoda dan menariknya berenang di kolam berair biru yang jernih, memberikan kesegaran dan ketenangan tersendiri.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi unik dengan mendekati air terjun dan bahkan masuk ke belakang air terjun. Meskipun aliran air terjun terlihat deras, namun di belakang air terjun terdapat ruang yang dapat dimasuki. Tempat ini berupa tebing batu yang memiliki ruang yang cukup untuk diduduki, memberikan pengalaman estetik yang luar biasa untuk berfoto.

Bagi pengunjung yang ingin mengarungi sungai dengan lebih santai, tersedia juga sewa pelampung. Pelampung ini dapat digunakan untuk mengarungi sungai tanpa khawatir tenggelam, memberikan sensasi seru tanpa harus menghadapi arus yang terlalu deras seperti pada arung jeram. Mengarungi sungai dengan pelampung akan membawa pengunjung melewati tebing batu yang indah di kanan dan kiri sungai, menambah kesan petualangan yang tak terlupakan.

Dengan demikian, berenang di kolam biru Curug Cikuluwung bukan hanya sekadar kegiatan menyegarkan diri, tetapi juga memberikan pengalaman alam yang memikat dan sensasi petualangan yang unik di tengah keindahan alam Bogor yang menawan.

Spot Estetik untuk Berfoto di Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung tidak hanya memukau dari segi panorama alamnya, tetapi juga menawarkan sejumlah spot estetik yang begitu menarik untuk berfoto. Dengan berbagai latar belakang yang memukau, pengunjung dapat mengabadikan momen-momen tak terlupakan di tengah keindahan alam Bogor. Berikut adalah beberapa spot foto estetik yang dapat ditemukan di Curug Cikuluwung:

  1. Latar Belakang Air Terjun: Salah satu spot paling menarik adalah di bagian air terjun, di mana pengunjung dapat berpose dengan latar belakang air terjun yang indah. Foto dengan air terjun sebagai latar belakang akan memberikan kesan dramatis dan alami pada hasil foto.
  2. Tirai Air Terjun: Bagian dalam air terjun juga menjadi spot yang unik, di mana air terjun terlihat bagaikan tirai air yang menakjubkan. Dengan memilih sudut yang tepat, pengunjung dapat menampilkan keseluruhan area batuan dan memberikan kesan artistik pada foto.
  3. Batu dengan Cekungan: Sekelompok batuan besar yang memenuhi pinggiran kolam menawarkan spot foto yang menarik. Terdapat satu batu yang unik dengan cekungan di bawahnya, mirip seperti mulut gua. Hal ini menciptakan efek visual yang menarik dan membuat foto terlihat lebih dramatis.
  4. Perairan Biru dari Atas: Pemandangan perairan biru juga dapat menjadi spot foto yang instagenik, terutama jika diambil dari atas. Foto ini akan menampilkan keindahan warna biru dan kesan menakjubkan dari pemandangan di bawah.

Penting untuk diingat bahwa pengunjung sebaiknya tidak datang sendirian ke Curug Cikuluwung. Dengan memiliki teman atau pendamping, pengunjung dapat saling membantu untuk mengambil foto dari sudut yang pas dan menghasilkan foto-foto yang memukau.

Dengan berbagai spot estetik yang ditawarkan, Curug Cikuluwung menjadi destinasi yang sangat cocok bagi para pecinta fotografi yang ingin mengabadikan keindahan alam dan momen-momen berkesan di tengah pesona alam Bogor yang memikat.

Fasilitas Lengkap dan Unik di Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung tidak hanya mempesona dari segi alamnya, tetapi juga menawarkan sejumlah fasilitas lengkap yang memudahkan para pengunjung untuk menikmati pengalaman wisata yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di objek wisata Curug Cikuluwung:

  1. Area Parkir yang Memadai: Meskipun lokasinya cukup jauh dari curug, area parkir di Curug Cikuluwung disediakan dengan cukup memadai untuk menampung kendaraan pengunjung. Pengunjung dapat dengan nyaman meninggalkan kendaraan mereka dan melanjutkan perjalanan ke curug dengan berjalan kaki.
  2. Toilet, Mushola, dan Ruang Ganti: Di sekitar area parkir, terdapat fasilitas toilet yang bersih dan nyaman, mushola untuk keperluan ibadah, serta ruang ganti yang memadai bagi pengunjung yang ingin berubah pakaian setelah beraktivitas di curug.
  3. Warung Makan: Salah satu daya tarik utama Curug Cikuluwung adalah keberadaan beberapa warung makan yang menyajikan beragam menu makanan khas daerah Bogor dan Nusantara lainnya. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan alam yang indah.
  4. Gazebo dan Spot Selfie: Untuk pengunjung yang ingin istirahat sejenak atau mengabadikan momen indah, tersedia beberapa gazebo yang nyaman di beberapa titik strategis di sekitar curug. Selain itu, spot selfie yang instagenic juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yang gemar berfoto.
  5. Fasilitas WiFi: Yang paling mengejutkan adalah adanya fasilitas WiFi di sekitar area wisata Curug Cikuluwung. Hal ini merupakan fasilitas yang cukup unik dan jarang ditemukan di tempat wisata alam sekelas Curug Cikuluwung. Fasilitas WiFi ini memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk tetap terhubung dengan dunia digital saat menikmati keindahan alam di curug ini.
See also  Review Kampung Batu Malakasari, Tempat Wisata Keluarga Di Bandung

Dengan fasilitas yang lengkap dan unik seperti ini, Curug Cikuluwung tidak hanya menjadi destinasi wisata alam yang memukau tetapi juga memberikan pengalaman wisata yang nyaman dan menyenangkan bagi para pengunjungnya.

Bersantai dan Menikmati Kuliner di Kawasan Wisata Curug Cikuluwung

Setelah puas menikmati keindahan alam dan aktivitas petualangan di Curug Cikuluwung, pengunjung dapat bersantai dan menikmati kuliner lezat di kawasan wisata ini. Salah satu daya tariknya adalah adanya warung makan yang berbentuk bale-bale yang nyaman dan menyediakan suasana yang begitu menenangkan. Dengan udara sekitar yang masih sangat sejuk, menghabiskan waktu di warung makan ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan.

Suasana Nyaman dan Sejuk

  • Warung makan berbentuk bale-bale di kawasan Curug Cikuluwung memberikan suasana yang nyaman dan tenang bagi pengunjung.
  • Udara sekitar yang masih sangat sejuk menambah kenikmatan saat bersantai di warung makan ini.

Menikmati Kuliner Nikmat

  • Pengunjung dapat menikmati berbagai macam kuliner lezat yang disajikan di warung makan Curug Cikuluwung.
  • Nikmatnya kuliner yang disajikan akan menjadi pelengkap yang sempurna setelah beraktivitas di alam.

Minuman Hangat dan Segar

  • Selain kuliner, warung makan ini juga menyediakan minuman hangat seperti teh atau kopi, cocok untuk menambah kenyamanan saat menikmati udara sejuk di sekitar kawasan.

Bersantai di warung makan sambil menikmati kuliner dan minuman hangat akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung Curug Cikuluwung. Setelah melewati serangkaian aktivitas yang menyenangkan, momen santai ini akan menjadi kesempatan yang sempurna untuk beristirahat, menikmati makanan, dan merasakan kedamaian alam Bogor yang masih terasa di sekitar kawasan wisata ini.

Alamat Rute Lokasi

Lokasi Curug Cikuluwung Bogor terletak di Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan wisata air terjun ini memiliki akses yang cukup mudah dari berbagai kota besar di sekitarnya, termasuk Ibukota Jakarta dan Kota Bogor.

Akses Dari Ibukota Jakarta

  • Jarak: Kurang lebih 80 kilometer.
  • Waktu Tempuh: Dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam berkendara, tergantung dari kondisi lalu lintas dan rute yang dipilih.

Akses Dari Kota Bogor

  • Jarak: Hanya berjarak sekitar 30 kilometer.
  • Waktu Tempuh: Dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam berkendara, tergantung dari kondisi lalu lintas dan rute yang dipilih.

Dengan akses yang mudah dari kedua kota tersebut, Curug Cikuluwung menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam air terjun yang eksotis di tengah pesona alam Bogor.

Tips Berkunjung

Kunjungan ke Curug Cikuluwung Bogor dapat menjadi pengalaman yang luar biasa, tetapi untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar dan menyenangkan, berikut adalah beberapa tips profesional yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Pilih Waktu Kunjungan yang Tepat

  • Pilihlah hari biasa untuk menghindari keramaian, kecuali Anda mencari suasana ramai. Selain itu, musim kemarau biasanya lebih cocok karena debit air tidak terlalu tinggi, membuat aktivitas di sekitar air terjun lebih aman.

2. Kenakan Pakaian dan Perlengkapan yang Sesuai

  • Gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas di alam terbuka. Pastikan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai seperti sepatu hiking atau sandal yang kokoh. Jangan lupa bawa payung atau topi serta kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari.

3. Siapkan Perlengkapan Penting

  • Selalu bawa air minum yang cukup, terutama jika Anda berencana untuk beraktivitas fisik. Bawa juga perlengkapan fotografi untuk mengabadikan momen indah Anda di Curug Cikuluwung.

4. Patuhi Aturan dan Etika Lokal

  • Hormati peraturan yang berlaku di kawasan wisata, termasuk larangan merokok di area tertentu dan menjaga kebersihan lingkungan. Hormati penduduk lokal dan budaya setempat dengan bersikap sopan selama berkunjung.

5. Manfaatkan Fasilitas dengan Bijak

  • Gunakan fasilitas yang disediakan seperti area parkir, toilet umum, dan tempat istirahat dengan bijak. Jaga kebersihan dan keamanan di sekitar Anda untuk kenyamanan bersama.

6. Nikmati Keindahan Alam dan Hargai Lingkungan

  • Jangan lupa untuk menikmati keindahan alam sekitar Curug Cikuluwung dan hargai keberadaan flora dan fauna di sekitarnya. Hindari merusak atau mengganggu lingkungan demi menjaga kelestarian alam.

Dengan mengikuti tips profesional ini, Anda dapat memastikan kunjungan Anda ke Curug Cikuluwung Bogor berjalan lancar, menyenangkan, dan memberikan pengalaman yang berkesan tanpa meninggalkan dampak negatif pada lingkungan dan masyarakat sekitar. Selamat menikmati petualangan alam Anda!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Curug Cikuluwung: Keajaiban Air Terjun di Bogor.

Your email address will not be published. Required fields are marked *