Pantai Sundak, Destinasi Pantai Eksotis di Yogyakarta

Pantai Sundak merupakan salah satu pantai yang terkenal di Yogyakarta, terletak di daerah Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat menawan dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pemandangan tebing batu kapur yang menjulang tinggi di sepanjang pantai menjadi daya tarik utama.

Pantai Sundak, Pantai Pasir Putih yang Memukau
@masslacha

Pantai Sundak juga menawarkan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti berenang, snorkeling, diving, berjemur, dan juga menyusuri pantai dengan perahu nelayan tradisional. Selain itu, ada juga warung makan dan tempat penjualan oleh-oleh yang menyajikan makanan dan souvenir khas daerah Gunung Kidul.

Untuk menuju ke Pantai Sundak, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 70 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Namun, perlu diingat bahwa akses jalan menuju pantai masih terbilang sulit dengan banyak tikungan dan medan yang terjal, sehingga pengunjung disarankan untuk mengendarai kendaraan dengan hati-hati dan perlahan.

Pantai Sundak adalah destinasi wisata yang sangat menarik dan patut dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam pantai serta aktivitas yang menyenangkan di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sejarah

Pantai Sundak memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik. Menurut cerita rakyat setempat, dahulu merupakan tempat bertemunya para dewa dan raja-raja kerajaan laut. Konon, pada zaman dahulu, terdapat sebuah kerajaan laut yang sangat kuat dan kaya raya yang dipimpin oleh seorang raja bernama Prabu Sabdopalon. Raja Sabdopalon sangat memuja kekuatan dan kebesaran laut, sehingga ia seringkali mengadakan upacara untuk memuji dan memohon restu kepada para dewa laut.

Saat upacara tersebut dilakukan di Pantai Sundak, tiba-tiba muncul sebuah kapal laut yang berlayar menuju pantai. Kapal tersebut di atasnya terdapat seorang pria yang tampan dan gagah yang bernama Raden Panji Asmarabangun. Raden Panji Asmarabangun datang untuk memohon restu kepada Raja Sabdopalon dan para dewa laut agar ia bisa memperoleh kekuatan untuk membantu rakyatnya yang sedang terjajah oleh sebuah kerajaan jahat.

Raja Sabdopalon merasa terkesan dengan keberanian dan kejujuran Raden Panji Asmarabangun, sehingga ia memberikan restu dan mengirimkan pasukan laut untuk membantu Raden Panji Asmarabangun mengalahkan musuhnya. Setelah berhasil memenangkan pertempuran, Raden Panji Asmarabangun kembali ke Pantai Sundak untuk mengucapkan terima kasih dan memohon doa restu kepada Raja Sabdopalon dan para dewa laut.

Sejak itu, Pantai Sundak menjadi tempat ziarah dan dianggap sebagai tempat yang suci oleh masyarakat setempat. Legenda tersebut juga menjadi inspirasi untuk mengadakan acara budaya dan tradisi setiap tahunnya. Saat ini, menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan cerita sejarah yang unik.

Alamat Lokasi

Pantai Sundak Terletak di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Secara geografis, berada di bagian selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 70 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam jika menggunakan kendaraan bermotor.

Akses dapat ditempuh melalui jalur utama dari Kota Yogyakarta menuju Gunung Kidul dengan melewati beberapa objek wisata populer seperti Candi Prambanan, Taman Sari, dan Pantai Parangtritis. Untuk mencapai Pantai Sundak, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa, atau transportasi umum seperti bus atau travel.

Rute

Berikut adalah rute atau jalur yang dapat diikuti untuk mencapai Pantai Sundak dari Kota Yogyakarta:

  1. Dari pusat kota Yogyakarta, menuju ke arah selatan melewati Jalan Parangtritis
  2. Setelah melewati Pantai Parangtritis, teruskan perjalanan ke arah selatan melalui Jalan Pantai Selatan
  3. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di pertigaan Ponjong
  4. Di pertigaan Ponjong, belok kanan ke arah Kecamatan Tepus
  5. Setelah melewati pasar Tepus, teruskan perjalanan hingga sampai di pertigaan Jepitu
  6. Di pertigaan Jepitu, belok kiri dan ikuti jalan hingga sampai.

Akses jalan tergolong cukup menantang dengan medan yang terjal dan berkelok-kelok. Oleh karena itu, disarankan bagi pengunjung yang ingin berkunjung untuk menggunakan kendaraan yang terawat dengan baik dan berkendara secara hati-hati. Selain itu, juga sebaiknya melakukan perjalanan pada siang hari untuk menghindari jalan yang gelap dan minim penerangan.

Aktivitas

Pantai Sundak menyediakan berbagai macam aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Berenang dan Berjemur di Pantai: Salah satu kegiatan yang paling populer adalah berenang dan berjemur di pantai. menawarkan pemandangan yang indah dan air laut yang jernih, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati suasana pantai.
  2. Menikmati Kuliner Khas: Di sekitar, terdapat berbagai jenis makanan dan minuman khas daerah, seperti ikan bakar, mie udang, dan kelapa muda. Makanan tersebut dapat dinikmati di warung-warung makan atau pedagang kaki lima yang berada di sekitar pantai.
  3. Menjelajahi Goa: Di sekitar, terdapat beberapa goa yang dapat dijelajahi, seperti Goa Payung dan Goa Gong. Goa-goa tersebut menawarkan pemandangan alam yang indah dan menarik untuk dijelajahi.
  4. Berkeliling dengan Perahu: Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan dari laut dengan berkeliling menggunakan perahu. Terdapat beberapa nelayan yang menyediakan jasa sewa perahu untuk menjelajahi sekitar pantai.
  5. Bermain Air: Selain berenang, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas bermain air lainnya seperti banana boat, jetski, dan parasailing. Beberapa penyedia jasa menyediakan perlengkapan dan fasilitas untuk bermain air tersebut.
  6. Bersepeda: Bagi pengunjung yang menyukai olahraga, juga menyediakan jalur sepeda yang dapat dinikmati untuk berolahraga sekaligus menikmati pemandangan alam sekitar.
  7. Menikmati Sunset: menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam sambil bersantai di pantai atau menaiki bukit di sekitar pantai.

Itulah beberapa aktivitas yang dapat dinikmati. Pastikan untuk menyesuaikan aktivitas yang dipilih dengan kemampuan dan kondisi fisik masing-masing, serta mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku di kawasan wisata tersebut.

Daya Tarik

Pantai Sundak memiliki berbagai daya tarik yang menarik bagi pengunjung, di antaranya:

  1. Pemandangan Alam yang Indah: Memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan memukau. Di sana terdapat pantai yang terbentang luas dengan pasir putih, batu-batu karang yang menambah pesona pantai, serta pepohonan yang rindang di sekitar pantai.
  2. Aktivitas Wisata yang Beragam: Menyediakan berbagai jenis aktivitas wisata, seperti berenang, berjemur, menjelajahi goa, bermain air, bersepeda, dan menikmati kuliner khas daerah. Pengunjung dapat memilih aktivitas yang sesuai dengan minat dan keinginan mereka.
  3. Keindahan Matahari Terbenam: Menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dan romantis. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam sambil bersantai di pantai atau menaiki bukit di sekitar pantai.
  4. Suasana yang Tenang dan Damai: Terletak di kawasan yang masih alami dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan, sehingga menciptakan suasana yang tenang dan damai. Hal ini membuat pengunjung dapat bersantai dan menikmati liburan mereka dengan lebih santai dan rileks.
  5. Lokasi yang Mudah Dijangkau: Berada di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta, yang dapat dijangkau dengan mudah dari kota Yogyakarta. Oleh karena itu, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer dan mudah diakses oleh pengunjung.

Itulah beberapa daya tarik dari Pantai Sundak. Pantai ini menawarkan pengalaman wisata yang menarik dan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan Anda di Yogyakarta.

Fasilitas

Pantai Sundak menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Area Parkir: Terdapat area parkir yang luas dan aman bagi kendaraan pengunjung yang datang.
  2. Toilet dan Kamar Mandi: Fasilitas toilet dan kamar mandi tersedia di sekitar pantai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
  3. Area Makan: Terdapat beberapa warung makan dan pedagang kaki lima yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman khas daerah di sekitar pantai.
  4. Area Istirahat: Terdapat beberapa tempat istirahat dan bangku yang tersedia di sekitar pantai untuk pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan pantai.
  5. Area Permainan: Terdapat beberapa area permainan anak dan remaja seperti ayunan, perosotan, dan trampolin.
  6. Kios Souvenir: Terdapat beberapa kios souvenir yang menjual berbagai jenis souvenir khas daerah yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman.
  7. Jasa Sewa Perahu dan Peralatan Olahraga Air: Terdapat beberapa nelayan yang menyediakan jasa sewa perahu untuk menjelajahi sekitar pantai dan penyedia jasa sewa peralatan olahraga air seperti banana boat, jetski, dan parasailing.
  8. Pusat Informasi Wisata: Terdapat pusat informasi wisata yang menyediakan informasi tentang tempat wisata di sekitar pantai dan wilayah Yogyakarta.

Itulah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung di Pantai Sundak. Pastikan untuk memanfaatkan fasilitas yang ada dengan bijak dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar pantai.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Sundak pada umumnya berkisar antara Rp 10.000 – Rp 20.000 per orang tergantung pada musim dan hari libur. Namun, harga tiket masuk tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Sunset

Menawarkan pemandangan matahari terbenam atau sunset yang sangat indah. Matahari terbenam di Pantai Sundak biasanya terjadi antara pukul 17.00 hingga 18.00 WIB. Saat matahari terbenam, langit berubah menjadi kemerahan dan memberikan kesan yang sangat romantis dan mempesona. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam di pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai, menikmati makanan dan minuman di warung atau kafe yang ada di sekitar pantai, atau hanya sekadar duduk-duduk menikmati pemandangan. Pastikan juga untuk membawa kamera atau smartphone untuk mengambil foto keindahan matahari terbenam.

Camping

Pantai Sundak menyediakan area camping bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berlibur di tepi pantai dengan suasana yang lebih dekat dengan alam. Area camping yang disediakan terletak di sekitar pantai dengan pemandangan yang sangat indah. Area camping dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti tempat api unggun, toilet dan kamar mandi, dan tempat parkir.

Untuk mendapatkan tempat camping di Pantai Sundak, pengunjung dapat menghubungi pihak pengelola pantai atau mengajukan izin ke pihak berwenang terlebih dahulu. Selain itu, pengunjung juga diharapkan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar pantai selama melakukan aktivitas camping. Jangan lupa untuk membawa peralatan camping seperti tenda, sleeping bag, matras, dan perlengkapan lainnya agar lebih nyaman selama berada di area camping.

Sewa Tenda

Pengunjung yang ingin melakukan camping di Pantai Sundak dapat menyewa tenda dari beberapa penyedia jasa sewa tenda yang ada di sekitar pantai. Biaya sewa tenda bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis tenda yang ingin disewa.

Biasanya, tarif sewa tenda berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per malam, tergantung pada ukuran dan jenis tenda yang dipilih. Namun, biaya sewa tenda tersebut tidak termasuk peralatan camping seperti sleeping bag, matras, dan perlengkapan lainnya.

Pengunjung juga dapat membawa tenda sendiri untuk melakukan camping. Namun, pengunjung harus memperhatikan aturan dan tata tertib yang berlaku di pantai ini, seperti tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan pantai, dan tidak merusak lingkungan sekitar pantai. Selain itu, pengunjung juga diharapkan untuk tidak merusak pantai dan area sekitar saat memasang tenda.

Spot Mancing

Memiliki beberapa spot mancing yang populer di kalangan para pemancing lokal maupun turis. Beberapa jenis ikan yang dapat ditangkap di sekitar Pantai Sundak antara lain ikan baronang, ikan kakap, ikan kerapu, dan ikan tongkol.

Spot mancing yang populer adalah di sekitar dermaga yang berada di sebelah barat pantai. Di sini, pengunjung dapat menyewa peralatan mancing dan perahu nelayan untuk menangkap ikan. Biaya sewa peralatan mancing dan perahu nelayan bervariasi tergantung pada jenis dan lamanya penyewaan.

Selain di dermaga, pengunjung juga dapat memancing di sekitar karang dan tebing di sebelah timur pantai. Namun, pengunjung harus berhati-hati karena terdapat batu karang yang tajam di sekitar area tersebut. Selain itu, pengunjung juga diharapkan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar pantai selama melakukan aktivitas mancing.

Penginapan

Terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat dipilih oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa jenis penginapan yang tersedia di sekitar Pantai Sundak:

  1. Penginapan Wisma: Terdapat beberapa wisma atau guest house yang menyediakan kamar-kamar dengan harga yang terjangkau. Wisma-wisma tersebut biasanya menyediakan kamar dengan fasilitas yang sederhana, seperti kipas angin, tempat tidur, dan kamar mandi.
  2. Hotel: Terdapat beberapa hotel yang terletak di sekitar Pantai Sundak yang menyediakan fasilitas yang lebih lengkap dan mewah. Hotel-hotel tersebut biasanya dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV kabel, kolam renang, restoran, dan ruang pertemuan.
  3. Villa: Terdapat juga beberapa villa yang dapat disewa. Villa-villa tersebut biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti AC, TV kabel, dapur, kolam renang pribadi, dan taman.
  4. Pondok Wisata Alam: Penginapan ini terletak di sekitar pantai dengan pemandangan yang sangat indah. Pondok Wisata Alam menawarkan beberapa jenis kamar, seperti kamar ber-AC, kamar non-AC, dan kamar keluarga. Selain itu, penginapan ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti restoran, kolam renang, dan lapangan tenis.
  5. Homestay: Terdapat beberapa homestay yang dapat dipilih. Homestay biasanya menawarkan fasilitas sederhana, seperti kamar tidur, kamar mandi, dan area parkir. Beberapa homestay di sekitar pantai juga menyediakan akses ke pantai dengan jarak yang cukup dekat.
  6. Losmen: Terdapat beberapa losmen yang dapat dipilih. Losmen biasanya menawarkan kamar sederhana dengan fasilitas seperti kamar mandi, tempat tidur, dan area parkir. Beberapa losmen juga menawarkan akses yang cukup dekat ke pantai.

Pengunjung dapat memilih jenis penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Untuk memesan penginapan di sekitar Pantai Sundak, pengunjung dapat melakukan reservasi secara online melalui situs-situs pemesanan penginapan atau menghubungi pihak pengelola penginapan langsung.

Homestay

Terdapat beberapa homestay yang bisa dipilih untuk tempat menginap selama berlibur. Berikut adalah beberapa rekomendasi homestay di sekitar Pantai Sundak:

  1. Javava Homestay: Homestay ini berada di Desa Girikarto, Tepus, sekitar 10 menit berkendara. Homestay ini menawarkan fasilitas lengkap, seperti kamar yang nyaman, dapur, ruang tamu, dan kolam renang. Tarif menginap di sini berkisar antara Rp400.000 – Rp600.000 per malam.
  2. Pemandian Alam Sidomulyo Homestay: Homestay ini berada di Desa Sidomulyo, Tepus, sekitar 15 menit berkendara. Homestay ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan fasilitas seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Tarif menginap di sini berkisar antara Rp150.000 – Rp300.000 per malam.
  3. Homestay Bukit Gedong: Homestay ini berada di Desa Girikerto, Tepus, sekitar 15 menit berkendara. Homestay ini menawarkan pemandangan pegunungan yang indah dan fasilitas seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Tarif menginap di sini berkisar antara Rp300.000 – Rp500.000 per malam.
  4. Huta Timbul Homestay: Homestay ini berada di Desa Girikerto, Tepus, sekitar 15 menit berkendara. Homestay ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan fasilitas seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Tarif menginap di sini berkisar antara Rp250.000 – Rp400.000 per malam.

Itulah beberapa rekomendasi homestay yang bisa dipilih untuk menginap selama berlibur di Pantai Sundak. Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada musim dan ketersediaan kamar.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa pilihan hotel yang terletak di dekat Pantai Sundak, Gunung Kidul, Yogyakarta:

  1. OYO 2384 Pondok Cemara Alamat: Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta Jarak 1,5 km
  2. Kampoeng Pulesari Cottage Alamat: Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta Jarak 1,5 km
  3. Ririn Inn Alamat: Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta Jarak 1,5 km
  4. Pantai Hill Resort Alamat: Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta Jarak 2 km
  5. Puri Kalong Resort Alamat: Jl. Pantai Sel. Baron, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta Jarak 4 km

Pengunjung dapat memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Untuk memesan kamar di hotel-hotel tersebut, pengunjung dapat melakukan reservasi secara online melalui situs-situs pemesanan penginapan atau menghubungi pihak hotel langsung.

Tempat Makan

Terdapat beberapa tempat makan yang menyediakan kuliner khas Gunung Kidul dan Jogja. Berikut adalah beberapa pilihan tempat makan di sekitar Pantai Sundak:

  1. Warung Mas Handoyo: Tempat makan yang terkenal dengan menu ikan bakar, cumi bakar, dan sate kelinci. Warung Mas Handoyo berlokasi di Jl. Pantai, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.
  2. Ikan Bakar Cianjur: Tempat makan yang menyediakan aneka menu ikan bakar dan nasi goreng. Ikan Bakar Cianjur berlokasi di Jl. Pantai, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.
  3. Warung Sego Kucing: Tempat makan yang terkenal dengan menu sego kucing, yaitu nasi kecil dengan lauk-pauk yang bervariasi. Warung Sego Kucing berlokasi di Jl. Wonosari – Baron, Km. 32,5, Giripurwo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.
  4. Warung Apung Selero: Tempat makan yang menyediakan aneka menu seafood dan ikan bakar dengan konsep apung di atas kolam. Warung Apung Selero berlokasi di Jl. Pantai Sel. Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.
  5. Sate Klathak Pak Pong: Tempat makan yang terkenal dengan menu sate klathak, yaitu sate yang dibuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan bumbu kacang. Sate Klathak Pak Pong berlokasi di Jl. Wonosari – Baron, Desa Jepitu, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pengunjung dapat mencoba kuliner khas Gunung Kidul dan Jogja di tempat makan di sekitar Pantai Sundak tersebut. Harga dari masing-masing tempat makan bervariasi tergantung dari menu yang dipilih.

Spot Foto

Memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Berikut adalah beberapa spot foto yang direkomendasikan di Pantai Sundak:

  1. Bukit Batu Bolong: Bukit Batu Bolong merupakan bukit yang berada di sisi timur. Di puncak bukit terdapat batu besar yang memiliki lubang, sehingga memberikan pemandangan yang indah ke arah laut. Di tempat ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai dan batu-batu besar.
  2. Tebing Pantai: Tebing merupakan tebing yang berada di sisi selatan . Dari atas tebing, pengunjung dapat melihat panorama pantai dan ombak yang besar. Di tempat ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai dan tebing yang eksotis.
  3. Batu Karang: Batu Karang merupakan batu besar yang terletak di tepi Pantai. Di tempat ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang batu karang dan pemandangan laut yang indah.
  4. Pasir Putih: Memiliki pasir putih yang halus dan bersih. Di tempat ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan pasir putih dan laut yang tenang.
  5. Perahu Nelayan: Di tepi Pantai terdapat perahu nelayan yang merupakan simbol kehidupan nelayan setempat. Di tempat ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang perahu nelayan dan pemandangan pantai yang indah.

Pengunjung dapat mengabadikan momen indah di Pantai Sundak dengan berfoto di spot-spot yang direkomendasikan tersebut.

Pantai Dekat

Berikut adalah beberapa pantai dekat dengan Pantai Sundak:

  1. Pantai Krakal: Pantai Krakal terletak sekitar 6 km. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk berselancar. Pantai Krakal juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami.
  2. Pantai Siung: Pantai Siung terletak sekitar 10 km. Pantai ini dikelilingi oleh tebing batu kapur yang tinggi dan memiliki ombak yang besar, sehingga sangat cocok untuk olahraga air seperti panjat tebing dan berselancar. Di sekitar Pantai Siung juga terdapat Goa Siung yang dapat dijadikan sebagai tempat berpetualang.
  3. Pantai Jogan: Pantai Jogan terletak sekitar 17 km. Pantai ini memiliki air terjun yang langsung mengalir ke laut, sehingga memberikan pemandangan yang unik dan indah. Pantai Jogan juga memiliki tebing batu kapur yang tinggi, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.
  4. Pantai Ngrenehan: Pantai Ngrenehan terletak sekitar 18 km. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan laut yang tenang, sehingga cocok untuk bersantai dan berenang. Di sekitar Pantai Ngrenehan juga terdapat batu karang yang indah dan dapat dijadikan sebagai spot foto.

Pantai-pantai tersebut dapat dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif selain Pantai Sundak. Setiap pantai memiliki keunikan dan daya tariknya masing-masing sehingga dapat memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung.

Wisata Sekitar

Berikut adalah beberapa wisata sekitar Pantai Sundak yang dapat dikunjungi:

  1. Air Terjun Sri Gethuk: Air Terjun Sri Gethuk terletak sekitar 30 km. Air terjun ini terletak di sungai Oyo yang mengalir di antara tebing batu kapur yang indah. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menaiki perahu karet dan menikmati keindahan alam sekitar sungai.
  2. Goa Pindul: Goa Pindul terletak sekitar 30 km. Goa ini terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya yang masih alami. Pengunjung dapat menaiki ban dalam gua untuk menelusuri goa yang cukup panjang.
  3. Pantai Indrayanti: Pantai Indrayanti terletak sekitar 20 km. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan ombak yang cukup tenang, sehingga cocok untuk bersantai dan berenang. Pantai Indrayanti juga memiliki banyak warung makan dan tempat parkir yang luas.
  4. Pantai Pok Tunggal: Pantai Pok Tunggal terletak sekitar 25 km. Pantai ini memiliki keindahan alam yang masih alami dan pasir putih yang bersih. Selain berenang dan bersantai, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas olahraga air seperti berselancar dan snorkeling.
  5. Bukit Bintang: Bukit Bintang terletak sekitar 25 km. Bukit ini terkenal dengan pemandangan matahari terbit dan terbenamnya yang indah. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari atas bukit.

Itulah beberapa destinasi wisata menarik di sekitar Pantai Sundak. Setiap destinasi memiliki keunikan dan daya tariknya masing-masing sehingga dapat memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung.

Oleh Oleh

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh dari Pantai Sundak, ada beberapa pilihan yang bisa dipilih:

  1. Kerajinan Tangan: Terdapat beberapa jenis kerajinan tangan yang dapat dijadikan oleh-oleh, seperti patung batu andesit, gantungan kunci dari cangkang kerang, dan anyaman bambu. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh atau pedagang yang berada di sekitar Pantai.
  2. Gula Aren: Gula aren merupakan oleh-oleh khas dari Yogyakarta dan daerah sekitarnya. Gula aren diproduksi dari nira kelapa yang dimasak hingga mengental dan berwarna cokelat. Gula aren ini bisa dibeli di pasar tradisional atau toko oleh-oleh.
  3. Oleh-oleh Makanan: Beberapa makanan khas Yogyakarta, seperti bakpia pathok dan jadah tempe, bisa dijadikan oleh-oleh. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh atau pedagang.
  4. Baju Batik: Batik adalah kain tradisional Indonesia yang terkenal dengan motif dan coraknya yang indah. Di daerah Yogyakarta, batik yang terkenal adalah batik Jogja. Anda bisa membeli baju batik atau kain batik di toko oleh-oleh.

Itulah beberapa pilihan oleh-oleh yang bisa dibeli di Pantai Sundak dan sekitarnya. Selain itu, Anda juga bisa mencari oleh-oleh yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda di pasar tradisional atau toko oleh-oleh yang ada di daerah sekitar.