Pantai Wediombo Surga Tersembunyi di Gunung Kidul Primadona Baru Wisata Jogja

Pantai Wediombo memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombaknya yang tenang, cocok untuk berenang dan snorkeling. Selain itu, Pantai Wediombo juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan cocok untuk berfoto.

Pantai Wediombo, Lokasi Surfing Dan Sunset Terbaik
@chusnul.ko

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Wediombo cukup beragam. Selain berenang dan snorkeling, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan atau bersepeda di sepanjang pantai. Untuk yang ingin merasakan sensasi petualangan, Anda bisa mencoba bermain selancar angin atau menyewa perahu nelayan untuk menikmati pemandangan laut dari tengah-tengah lautan.

Pantai Wediombo juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti tempat parkir yang luas, warung makan, dan penginapan. Di warung makan, Anda bisa mencicipi berbagai hidangan seafood segar dan makanan khas daerah setempat. Penginapan yang tersedia di sekitar Pantai Wediombo juga cukup lengkap, mulai dari penginapan murah hingga penginapan yang mewah.

Pantai Wediombo juga memiliki beberapa spot foto yang instagramable, seperti batu karang besar yang terdapat di sepanjang pantai, pohon kelapa yang berderet di pinggir pantai, dan tebing-tebing kapur yang berada di sisi pantai.

Jika Anda ingin menjelajahi wisata-wisata di sekitar Pantai Wediombo, Anda bisa berkunjung ke objek wisata seperti Goa Jomblang, Air Terjun Sri Gethuk, Candi Prambanan, dan Pantai Baron. Semua objek wisata tersebut berada di dekat Pantai Wediombo dan bisa menjadi pilihan tempat liburan yang menarik.

Sejarah

Pantai Wediombo memiliki sejarah yang cukup menarik. Konon, nama “Wediombo” berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu “wedi” yang berarti batu dan “ombo” yang berarti kecil. Nama ini dipilih karena terdapat batu-batu karang kecil yang tersebar di sepanjang pantai.

Selain itu, ada juga cerita rakyat yang berkembang di sekitar Pantai Wediombo. Konon, pada zaman dahulu, terdapat seorang putri cantik yang selalu mandi di Pantai Wediombo. Suatu ketika, putri tersebut hilang dan tak pernah ditemukan lagi. Masyarakat setempat percaya bahwa putri tersebut telah diambil oleh sosok gaib yang menghuni pantai tersebut. Karena itu, Pantai Wediombo dianggap sebagai tempat keramat dan dihormati oleh masyarakat sekitar.

Meskipun memiliki cerita dan legenda yang menarik, Pantai Wediombo belum begitu dikenal sebagai objek wisata pada masa lalu. Namun sejak adanya pengembangan pariwisata di Gunungkidul, semakin dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Saat ini, Pantai Wediombo menjadi salah satu destinasi wisata populer di Gunungkidul dan Yogyakarta.

Mitos

Pantai Wediombo memiliki beberapa mitos dan legenda yang masih dipercayai oleh sebagian masyarakat sekitar. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Mitos Siluman Ular: Konon, pantai ini dihuni oleh siluman ular yang berbentuk manusia dan suka mengganggu pengunjung yang berkunjung di malam hari. Meskipun belum ada bukti yang mendukung kebenaran mitos ini, banyak masyarakat setempat yang masih percaya dan menghindari berkunjung ke pantai pada malam hari.
  2. Legenda Putri Wediombo: Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada legenda tentang putri cantik yang selalu mandi di Pantai Wediombo dan hilang tanpa jejak. Konon, putri tersebut telah diambil oleh makhluk gaib yang menghuni pantai tersebut. Oleh karena itu, masyarakat setempat menganggap pantai ini sebagai tempat yang keramat dan harus dihormati.
  3. Mitos Ombak Besar: Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa ombak di Pantai Wediombo dapat menjadi sangat besar dan berbahaya pada saat tertentu. Mitos ini kemungkinan berasal dari kejadian nyata di masa lalu, di mana beberapa wisatawan pernah tenggelam karena terkena ombak yang besar dan kuat. Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk selalu memperhatikan kondisi ombak sebelum berenang atau bermain di pantai.
  4. Mitos Gaib di Gua: Selain pantai, Pantai Wediombo juga terkenal dengan adanya gua yang terletak di tebing pantai. Konon, gua tersebut dihuni oleh makhluk gaib yang suka mengganggu pengunjung yang melewati atau menginap di sekitar gua. Beberapa orang bahkan mengaku pernah merasakan kehadiran makhluk gaib tersebut atau melihat penampakan yang tidak wajar di sekitar gua.
  5. Mitos Batu Suci: Terdapat sebuah batu besar di sebelah timur pantai yang dipercayai memiliki kekuatan gaib dan dapat memberikan keberuntungan bagi siapa saja yang memanjatkannya. Mitos ini membuat banyak pengunjung yang tertarik untuk mencoba memanjat batu tersebut dalam harapan mendapatkan keberuntungan atau keberhasilan dalam hidup.

Meskipun mitos dan legenda yang ada di Pantai Wediombo belum tentu benar, namun hal ini menambah kesan mistis dan menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut. Namun demikian, sebagai wisatawan yang bijak, kita tetap harus menghormati kepercayaan dan budaya setempat serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar.

Aktivitas

Pantai Wediombo menyajikan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung yang datang, diantaranya:

  1. Berenang: Pengunjung dapat menikmati keindahan dengan berenang di lautnya yang biru dan jernih.
  2. Bermain pasir: Aktivitas ini cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati waktu santai sambil bermain pasir atau membuat bangunan pasir.
  3. Berkeliling Pantai: Pengunjung dapat berjalan-jalan untuk menikmati keindahan alamnya yang indah.
  4. Menikmati Sunset: menawarkan pemandangan sunset yang sangat indah dan menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam di atas laut yang menyejukkan.
  5. Snorkeling: Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang kaya akan keanekaragaman hayati.
  6. Surfing: merupakan tempat yang cocok untuk pengunjung yang ingin mencoba olahraga surfing karena ombaknya yang cukup besar dan kuat.
  7. Memancing: merupakan tempat yang cocok untuk pengunjung yang hobi memancing, karena di sini terdapat banyak spot memancing yang menjanjikan.
  8. Menikmati Kuliner: menyajikan berbagai kuliner yang lezat seperti ikan bakar, kepiting saus padang, dan lain sebagainya.
See also  31 Ulasan Menarik Pantai Sebalang Spot Sunset Favorit di Lampung

Semua aktivitas di atas dapat dilakukan oleh pengunjung dengan catatan untuk memperhatikan keselamatan dan mematuhi aturan yang berlaku di pantai.

Daya Tarik

Pantai Wediombo memiliki beberapa daya tarik yang menarik bagi para pengunjung, di antaranya:

  1. Keindahan alam: menawarkan keindahan alam yang sangat memukau, dengan pasir putih dan laut biru yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki tebing karang yang menjulang tinggi dan ditumbuhi vegetasi yang rindang.
  2. Suasana Tenang: memiliki suasana yang tenang dan sepi, sehingga cocok untuk pengunjung yang ingin merasakan ketenangan dan keindahan alam yang alami.
  3. Pemandangan Sunset: menawarkan pemandangan sunset yang sangat indah dan menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam di atas laut yang menyejukkan.
  4. Aktivitas Wisata: menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik seperti berenang, surfing, snorkeling, memancing, dan lain-lain.
  5. Spot Foto: memiliki banyak spot foto yang menarik dan instagramable, seperti tebing karang yang menjulang tinggi, pemandangan laut yang biru, dan lain sebagainya.
  6. Budaya Lokal: memiliki budaya lokal yang khas, seperti tarian Jathilan atau Reog yang dapat dijumpai di sekitar pantai.

Semua daya tarik di atas menjadikan Pantai Wediombo sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi.

Alamat

Alamat Pantai Wediombo adalah Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. terletak sekitar 65 kilometer sebelah timur Kota Yogyakarta dan dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus atau travel. Dari pusat kota Yogyakarta, pengunjung dapat menuju ke arah selatan melalui jalan Imogiri Timur, kemudian menuju ke arah pantai yang sudah terlihat dari jalan raya. Meskipun jalan ke pantai masih terbilang cukup terjal dan berkelok-kelok, namun pemandangan yang ditawarkan di sepanjang perjalanan sangatlah indah dan mempesona.

Rute

Untuk menuju ke Pantai Wediombo, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus atau travel. Berikut adalah rute yang dapat ditempuh untuk menuju ke Pantai Wediombo:

  1. Dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan dilanjutkan ke arah selatan melalui jalan Imogiri Timur.
  2. Setelah melewati pasar Wonosari, teruskan perjalanan ke arah timur menuju Pantai Baron.
  3. Setelah melewati Pantai Baron, perjalanan dilanjutkan ke arah timur menuju Pantai Kukup.
  4. Dari Pantai Kukup, teruskan perjalanan ke arah timur hingga mencapai Pantai Wediombo.
  5. Perjalanan menuju Pantai Wediombo memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung dari kondisi lalu lintas dan lokasi awal keberangkatan.

Pengunjung juga dapat menggunakan layanan transportasi umum seperti bus atau travel dari kota Yogyakarta ke daerah Gunungkidul dan turun di halte terdekat dari Pantai Wediombo. Setelah turun di halte, pengunjung dapat menggunakan transportasi lain seperti ojek atau angkot untuk menuju ke pantai.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Wediombo, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000,- per kendaraan dan biaya retribusi pantai sebesar Rp 10.000,- per orang. Jadi total biaya masuk untuk satu mobil dan tiga orang dewasa adalah Rp 35.000,-. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, maka disarankan untuk memastikan harga tiket masuk terbaru sebelum berkunjung. Pantai Wediombo buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga 18.00 sore.

Fasilitas

Pantai Wediombo menyediakan beberapa fasilitas bagi pengunjung yang ingin berkunjung, seperti:

  1. Area Parkir: Terdapat area parkir yang luas dan cukup untuk menampung kendaraan pengunjung.
  2. Kamar Mandi dan MCK: Terdapat beberapa fasilitas kamar mandi dan MCK yang tersedia di sekitar pantai. Meskipun tidak terlalu besar dan mewah, fasilitas ini cukup bersih dan terjaga dengan baik.
  3. Area Istirahat: Terdapat beberapa tempat duduk dan meja yang tersedia di sekitar pantai, sehingga pengunjung dapat bersantai atau makan siang dengan nyaman.
  4. Warung Makan: Terdapat beberapa warung makan yang menyediakan makanan dan minuman ringan di sekitar pantai. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan rasanya enak.
  5. Penginapan: Bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar pantai, terdapat beberapa penginapan yang tersedia dengan harga yang bervariasi. Beberapa penginapan bahkan menawarkan kamar dengan pemandangan pantai yang indah.
  6. Pemandu Wisata: Jika pengunjung ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik dan memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang pantai dan sekitarnya, pengunjung dapat menyewa jasa pemandu wisata yang tersedia di sekitar pantai.
  7. Sewa Alat Snorkeling: Bagi pengunjung yang ingin menyelam atau snorkeling di pantai, tersedia jasa sewa peralatan snorkeling dengan harga yang cukup terjangkau.

Itulah beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Wediombo. Meskipun tidak terlalu lengkap dan mewah seperti di tempat wisata yang lain, namun fasilitas yang ada sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang ke pantai ini.

Sunset

Merupakan salah satu tempat yang populer untuk menikmati sunset di Gunungkidul, Yogyakarta. Beberapa spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset di Pantai Wediombo antara lain:

  1. Bukit Jurang Tembelan: spot ini terletak di bukit yang berjarak sekitar 1 km. Dari sini, pengunjung dapat menikmati panorama laut dan matahari terbenam di ufuk barat.
  2. Pantai Wediombo: memiliki pemandangan sunset yang sangat indah, dengan warna-warna langit yang berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Beberapa pengunjung bahkan memilih untuk berjemur atau bermain air di tepi pantai sambil menunggu matahari terbenam.
  3. Bukit Mojo: Bukit Mojo terletak sekitar 3 km. Dari sini, pengunjung dapat menikmati panorama laut, tebing karst, dan hamparan sawah yang hijau. Pemandangan sunset yang indah juga dapat dinikmati dari atas bukit ini.
  4. Puncak Genthong: Puncak Genthong terletak sekitar 5 km. Spot ini menawarkan pemandangan laut dan tebing karst yang sangat indah, dengan matahari terbenam sebagai puncaknya.
  5. Tebing Watu Tumpang: Tebing Watu Tumpang terletak sekitar 7 km. Spot ini menawarkan pemandangan laut yang indah dengan hamparan karang dan tebing batu kapur yang terjal. Pengunjung dapat menikmati keindahan sunset dari atas tebing ini.
See also  31 Pesona Pantai Kelingking Bali, Salah Satu Pantai Terbaik Di Dunia

Namun perlu diingat bahwa cuaca dan kondisi alam dapat berubah-ubah, sehingga pengunjung sebaiknya memperhatikan faktor keselamatan dan kondisi sekitar sebelum menikmati keindahan sunset di Pantai Wediombo.

Camping

Pantai Wediombo juga menyediakan area camping bagi para pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di pantai. Di sekitar pantai terdapat beberapa tempat yang disediakan untuk beristirahat dan menikmati alam, seperti area perapian, toilet, dan kamar mandi.

Para pengunjung dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda dari tempat sewa alat camping yang ada di sekitar pantai. Selain itu, pengunjung juga dapat memasak makanan di area perapian yang disediakan atau membeli makanan dari warung-warung kecil yang ada di sekitar pantai.

Saat berkemah di Pantai Wediombo, pengunjung dapat menikmati keindahan alam pantai pada malam hari, seperti pemandangan bintang dan suara ombak yang menghantarkan tidur yang nyenyak. Namun, para pengunjung perlu memperhatikan kebersihan lingkungan dan tetap menjaga keamanan selama berkemah di pantai.

Bagi para pengunjung yang ingin berkemah di Pantai Wediombo, disarankan untuk membawa peralatan camping yang lengkap, seperti tenda, sleeping bag, peralatan memasak, lampu senter, dan lain sebagainya.

Penginapan

Di sekitar Pantai Wediombo, terdapat beberapa penginapan yang dapat dipilih oleh para pengunjung, di antaranya:

  1. Kampoeng Joglo Abadi: Kampoeng Joglo Abadi menyediakan akomodasi berupa villa bergaya Jawa dengan kolam renang yang nyaman. Villa-villa ini dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV, kamar mandi, dapur, dan balkon dengan pemandangan yang indah. Harganya bervariasi tergantung pada tipe kamar yang dipilih.
  2. Puri Sabina: Puri Sabina adalah sebuah homestay yang menawarkan penginapan dengan nuansa tradisional Jawa. Homestay ini terdiri dari beberapa kamar tidur yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam, AC, dan balkon yang menghadap ke taman. Selain itu, Puri Sabina juga dilengkapi dengan kolam renang, taman, dan area parkir. Harganya bervariasi tergantung pada tipe kamar dan musim wisata.
  3. Tamansari Puri Wisata: Tamansari Puri Wisata adalah penginapan yang menawarkan berbagai macam jenis akomodasi, mulai dari kamar standar hingga vila bergaya Jawa. Penginapan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, taman, area bermain anak-anak, dan restoran. Harganya bervariasi tergantung pada tipe kamar dan fasilitas yang diinginkan.
  4. Rumah Kebun: Rumah Kebun adalah homestay yang menawarkan penginapan dengan suasana alam yang sejuk dan tenang. Homestay ini terdiri dari beberapa kamar tidur yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam, AC, dan balkon yang menghadap ke taman. Harganya bervariasi tergantung pada tipe kamar dan musim wisata.

Selain penginapan di atas, terdapat juga beberapa penginapan lainnya seperti villa-villa pribadi yang dapat disewa, guest house, dan lain-lain. Harganya bervariasi tergantung pada tipe kamar, fasilitas, dan musim wisata.

Hotel Dekat

Beberapa hotel yang dapat ditemukan dekat dengan Pantai Wediombo, antara lain:

  1. Villa Padi Yogyakarta (sekitar 3,6 km): hotel berbintang 3 yang menawarkan kenyamanan dan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang outdoor, restoran, bar, taman, dan fasilitas pertemuan.
  2. Kampoeng Joglo Abadi (sekitar 4 km): penginapan bergaya Jawa yang menawarkan akomodasi villa yang dilengkapi dengan AC, TV, balkon, dan kolam renang pribadi.
  3. Omah Sabar (sekitar 4,5 km): homestay yang menyediakan kamar-kamar yang bersih, nyaman, dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti AC, kamar mandi dalam, dan akses Wi-Fi gratis.
  4. Tamansari Puri Wisata (sekitar 5 km): penginapan yang menawarkan berbagai jenis kamar, termasuk villa dan bungalow, dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, restoran, taman, dan akses Wi-Fi gratis.
  5. Orlinds Pantai Wediombo (sekitar 7 km): hotel yang menawarkan kenyamanan dan fasilitas yang lengkap, termasuk kolam renang outdoor, restoran, bar, taman, dan akses Wi-Fi gratis.

Selain hotel-hotel di atas, masih banyak hotel lainnya yang dapat ditemukan di sekitar Pantai Wediombo. Harganya bervariasi tergantung pada tipe kamar, fasilitas, dan musim wisata.

Tempat Makan

Ada beberapa tempat makan di sekitar Pantai Wediombo yang bisa dicoba oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Warung Bambu Wediombo: warung yang menyajikan hidangan seafood dan masakan khas daerah, seperti gurame bakar, udang saus padang, dan pecel lele. Warung ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang luas dan terletak cukup dekat dengan pantai.
  2. Rumah Makan Ayu: rumah makan yang menyajikan berbagai hidangan masakan Indonesia, seperti nasi goreng, mie goreng, dan sate ayam. Rumah makan ini juga memiliki tempat duduk yang nyaman dan area parkir yang cukup luas.
  3. Warung Makan Pemuda: warung yang menyajikan berbagai hidangan sederhana, seperti nasi goreng, mie goreng, dan ayam goreng. Warung ini memiliki suasana yang ramah dan terletak dekat dengan Pantai Wediombo.
  4. Cafe Wediombo: tempat yang cocok untuk menikmati minuman segar dan cemilan ringan di dekat pantai. Cafe ini menyajikan berbagai minuman kopi, jus, dan teh, serta makanan ringan seperti roti bakar dan pisang goreng.
See also  Ulasan Menarik Pantai Pancur, Pesona Taman Nasional Alas Purwo

Namun perlu diingat bahwa beberapa tempat makan di sekitar Pantai Wediombo mungkin memiliki jam operasional yang terbatas, terutama di malam hari. Pengunjung sebaiknya memperhatikan waktu dan membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup jika berencana untuk menghabiskan waktu di pantai hingga malam hari.

Spot Foto

Pantai Wediombo memiliki banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Bukit Wediombo: dari atas bukit, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan laut yang indah. Spot ini sangat cocok untuk foto panorama.
  2. Batu Karang Wediombo: batu karang yang berada di sebelah timur pantai juga bisa menjadi latar belakang yang menarik untuk foto.
  3. Perahu Nelayan: di sepanjang pantai, terdapat beberapa perahu nelayan yang bisa menjadi objek foto yang menarik.
  4. Sunrise dan Sunset: pantai ini memiliki pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah. Kedua momen ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengambil foto yang menawan.
  5. Air Terjun Sedudo: tidak jauh dari Pantai Wediombo, terdapat air terjun yang sangat cantik dan bisa dijadikan spot foto yang menarik.
  6. Batu Goyang: batu besar yang terletak di ujung pantai ini juga menjadi objek foto yang populer di Pantai Wediombo.

Namun perlu diingat, pengunjung sebaiknya menghormati dan menjaga kebersihan lingkungan saat berfoto dan menghindari mengganggu kehidupan masyarakat setempat.

Wisata Sekitar

Pantai Wediombo terletak di Gunungkidul, Yogyakarta dan memiliki beberapa tempat wisata yang menarik di sekitarnya, di antaranya:

  1. Pantai Ngobaran: pantai yang memiliki air jernih dan karang yang indah ini berjarak sekitar 10 km.
  2. Pantai Jogan: pantai yang memiliki air terjun yang langsung jatuh ke laut ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai Jogan berjarak sekitar 30 km.
  3. Air Terjun Sri Gethuk: air terjun ini terletak di Dusun Bleberan, Desa Playen, Gunungkidul, sekitar 30 km. Air terjun ini memiliki panorama yang indah dan air yang sangat jernih.
  4. Pantai Siung: pantai ini memiliki tebing karang yang tinggi dan cocok untuk para pendaki dan penggemar olahraga ekstrem seperti panjat tebing. Pantai Siung berjarak sekitar 35 km.
  5. Goa Jomblang: goa ini terkenal dengan sinar matahari yang masuk melalui liang goa yang menciptakan pemandangan yang sangat indah. Goa Jomblang berjarak sekitar 40 km.
  6. Pantai Krakal: pantai yang memiliki pasir putih dan air jernih ini berjarak sekitar 45 km. Pantai Krakal juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk menikmati sunset.
  7. Pantai Drini: pantai ini memiliki pesona yang indah dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang bersih. Pantai Drini berjarak sekitar 50 km.
  8. Bukit Bintang: bukit ini memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan sawah dan bukit-bukit hijau yang sangat memukau. Bukit Bintang berjarak sekitar 15 km.
  9. Pantai Kukup: pantai ini memiliki panorama yang indah dengan air laut yang jernih dan ombak yang tenang. Pantai Kukup berjarak sekitar 20 km.
  10. Pantai Pok Tunggal: pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai Pok Tunggal berjarak sekitar 40 km.
  11. Hutan Pinus Mangunan: hutan ini memiliki pemandangan yang indah dengan pepohonan pinus yang rindang dan udara yang sejuk. Hutan Pinus Mangunan berjarak sekitar 20 km.
  12. Bukit Panguk Kediwung: bukit yang memiliki pemandangan yang sangat indah ini cocok untuk menikmati sunrise atau sunset. Bukit Panguk Kediwung berjarak sekitar 30 km.
  13. Goa Jomblang: goa ini terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya yang menakjubkan. Goa Jomblang berjarak sekitar 30 km.
  14. Air Terjun Sri Gethuk: air terjun yang mempesona ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dan terletak di tebing karst yang indah. Air Terjun Sri Gethuk berjarak sekitar 25 kmo.
  15. Pantai Siung: pantai yang memiliki ombak yang cukup besar ini terkenal sebagai surga bagi para peselancar. Pantai Siung berjarak sekitar 35 km.
  16. Candi Prambanan: merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 45 km. Candi Prambanan memiliki arsitektur yang sangat indah dan dipercaya dibangun pada abad ke-9 Masehi.
  17. Gunung Merapi: gunung yang terkenal dengan keindahan panorama alamnya ini terletak sekitar 55 km. Gunung Merapi juga terkenal sebagai gunung berapi yang masih aktif di Indonesia.
  18. Pantai Ngobaran: pantai yang terletak sekitar 15 km ini memiliki pemandangan yang indah dengan batu karang yang menakjubkan dan air laut yang jernih.

Semua tempat wisata di sekitar Pantai Wediombo ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan jasa wisata lokal. Selain itu, terdapat juga penginapan dan restoran yang tersedia di sekitar pantai dan tempat wisata tersebut.

Review Pantai Wediombo Surga Tersembunyi di Gunung Kidul Primadona Baru Wisata Jogja.

Your email address will not be published. Required fields are marked *