Pulau Panjang Jepara: Destinasi Wisata Pantai Tersembunyi

Eksplorasi Pulau Panjang Jepara: Pesona Tersembunyi yang Mempesona, Jepara, sebuah kota yang selama ini seringkali diidentikan hanya sebagai tempat kelahiran Ibu Kartini, menawarkan lebih dari sekadar sejarah. Terletak di pesisir pantai, kota ini mempersembahkan keindahan alam yang tak terduga, salah satunya adalah Pulau Panjang Jepara.

Dengan lokasi yang strategis di lepas pantai Kartini, Pulau Panjang menawarkan pengalaman liburan yang memukau. Berjarak hanya 1,5 mil dari pantai utama, pulau seluas 19 hektar ini mempesona dengan pasir putihnya dan ombak yang memeluk dengan lembut.

Kecantikan bawah lautnya pun tak kalah memikat. Air laut yang jernih mengungkapkan keindahan terumbu karang dengan jelas. Bagi para penggemar pantai dan aktivitas di bawah air, Pulau Panjang Jepara menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan.

Namun, keindahan Pulau Panjang bukan hanya terletak pada pesona alamnya. Meskipun tidak berpenghuni, pulau ini menyediakan fasilitas dasar seperti warung makan dan tempat berkemah, menjadikannya tempat ideal untuk bersantai dan menikmati momen dengan keluarga atau teman-teman.

Lebih menariknya lagi, aksesibilitas Pulau Panjang sangatlah mudah. Dalam waktu sekitar 20 menit saja dari daratan Jepara, Anda sudah bisa merasakan ketenangan dan keindahan pulau ini.

Jadi, bagi siapa pun yang mengunjungi Jepara, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Pulau Panjang dan menyaksikan keajaiban alam yang memukau. Dengan keindahan alam yang menakjubkan dan fasilitas yang memadai, Pulau Panjang Jepara siap menyambut Anda untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Pulau Panjang Jepara

Harga tiket masuk ke Pulau Panjang Jepara sangat terjangkau, memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan pulau ini tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Berikut adalah informasi harga tiket masuk dan jam operasional Pulau Panjang Jepara:

Harga Tiket Masuk:

  • Tiket Masuk Anak: Rp5.000 pada hari biasa dan Rp10.000 pada libur panjang & hari besar.
  • Tiket Masuk Dewasa: Rp8.000 pada hari biasa dan Rp15.000 pada libur panjang & hari besar.
  • Tiket Penyebrangan Wisata Pulang Pergi: Rp25.000.
  • Tiket Penyebrangan Camping Pulang Pergi: Rp40.000.

Jam Operasional:

  • Pulau Panjang buka setiap hari selama 24 jam, memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan pulau kapan pun mereka mau.
  • Operator perahu hanya melayani penyeberangan dari pagi hingga sore hari, mulai pukul 07.00 hingga 16.00. Penyeberangan perahu juga memperhatikan kondisi cuaca dan ombak untuk keamanan pengunjung.

Penting untuk diperhatikan bahwa jika pengunjung menginap di pulau, tarif perahu akan menjadi dua kali lipat karena operator perahu harus bolak-balik untuk menjemput kembali pengunjung. Oleh karena itu, perencanaan perjalanan dengan memperhitungkan jam operasional perahu sangat disarankan.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau dan jam operasional yang fleksibel, Pulau Panjang Jepara siap menyambut pengunjung untuk menikmati pesonanya yang memikat setiap saat.

Daya Tarik

Pulau Panjang, selain menjadi tempat yang memesona dengan keindahan alamnya, juga menawarkan pengalaman spiritual yang memikat. Di pulau ini, terdapat makam Syekh Abu Bakar Bin Ba’alawi, seorang tokoh yang memiliki kontribusi besar dalam penyebaran agama Islam di kawasan pantai utara Jawa Tengah.

Setiap hari besar dalam kalender Islam atau menjelang bulan Muharram, Pulau Panjang menjadi tempat yang ramai dikunjungi oleh para peziarah yang ingin berziarah ke makam sang guru besar. Tradisi ini telah menjadi bagian dari kehidupan pulau, menambahkan dimensi spiritual yang kaya pada destinasi wisata ini.

Keberadaan makam ini menjadi salah satu daya tarik utama Pulau Panjang, terutama setelah Habib Lutfi dari Pekalongan mengadakan haul di sini pada tahun 2001. Sejak saat itu, popularitas objek wisata ini semakin meningkat di kalangan umat Islam.

Makam Syekh Abu Bakar sendiri terletak di dalam sebuah bangunan yang menyerupai masjid di tengah pulau. Menurut cerita dari juru kunci pertamanya, awalnya makam ini hanya berupa patok dan cungkup kecil pada tahun 1970-an.

Pada awal tahun 1990-an, penduduk sekitar mulai mengetahui keberadaan makam sang guru besar, yang juga dikenal dengan nama Mbah Panjang oleh masyarakat setempat. Dari situlah, makam ini kemudian diperbarui dan pulau ini diberi nama Pulau Panjang, sebagai penghormatan atas keberadaannya.

Pengalaman spiritual di Pulau Panjang memberikan tambahan makna bagi para pengunjung yang ingin menggali lebih dalam aspek budaya dan sejarah lokal. Sebagai bagian dari perjalanan ke pulau ini, ziarah ke makam Syekh Abu Bakar Bin Ba’alawi dapat menjadi pengalaman yang memuaskan secara spiritual dan intelektual.

Mengarungi Keindahan Pulau Panjang: Pesona Surga Tersembunyi di Tengah Laut

Perjalanan menuju Pulau Panjang, Jepara, mengundang pengunjung untuk merasakan pesona keindahan yang memikat. Sejak awal, deburan ombak yang lembut mengantar para pelancong ke destinasi ini, menciptakan suasana yang menenangkan dan membangkitkan rasa penasaran akan apa yang menanti di pulau kecil ini.

See also  Watu Gajah Park Taman Wisata Alam Favorit di Semarang

Semakin mendekati pantainya, air laut yang tampak semakin biru dan jernih menggoda mata para pengunjung. Keindahan panorama bawah laut dengan batuan karang yang megah serta keberagaman ikan berwarna-warni terlihat jelas bahkan hanya dari atas dermaga. Kehadiran alam yang begitu mempesona memberikan kesan pertama yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mengunjungi Pulau Panjang.

Saat melangkah ke daratan pulau, suasana ramai dan penuh kehidupan terasa, meskipun tidak terdapat perumahan penduduk di sini. Warung-warung kecil berjejer di kanan dan kiri jalanan, menyediakan aneka makanan, minuman, dan aksesoris untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Suasana yang riuh namun hangat tercipta ketika para penjual dengan antusias memperkenalkan dagangan mereka kepada wisatawan, menambah kesan hidup dan meriah.

Namun, keberadaan pulau ini tidak hanya terbatas pada kehidupan komersial semata. Keasrian alamnya terpancar dari pepohonan yang rimbun yang menyelimuti pulau, menciptakan atmosfer yang sejuk dan menenangkan. Dengan jalan setapak yang terbuat dari paving, pengunjung dapat menjelajahi setiap sudut pulau dengan nyaman tanpa khawatir tergelincir atau terhambat oleh medan yang sulit.

Tak hanya itu, fasilitas umum seperti bangunan toilet dan mushola yang rapi dan terawat memberikan kenyamanan ekstra bagi para wisatawan. Pulau kecil ini seolah memiliki segalanya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Dengan segala keindahan alam dan kehidupan kultural yang memikat, Pulau Panjang Jepara tidak hanya sekadar destinasi liburan biasa, melainkan sebuah tempat di mana pengunjung dapat menyelami keajaiban alam dan merasakan kehangatan serta keramahan dari masyarakat setempat. Pulau ini benar-benar merupakan surga tersembunyi di tengah laut yang patut untuk dieksplorasi lebih dalam.

Menyelami Keindahan Bawah Laut Pulau Panjang: Snorkeling yang Mengagumkan

Keindahan bawah laut Pulau Panjang memang patut diacungi jempol sebagai salah satu daya tarik utama dari objek wisata ini. Begitu tiba di pulau ini, wisatawan diajak untuk menjelajahi keajaiban alam bawah lautnya yang memukau. Perairan yang dangkal di sekitar pulau memudahkan pengunjung untuk menikmati keindahan tersebut tanpa harus memiliki keterampilan berenang yang tinggi, sehingga tak ada alasan untuk melewatkan pengalaman yang luar biasa ini.

Kondisi ombak yang tidak terlalu besar juga menjadikan sebagai tempat yang aman untuk snorkeling. Dengan menyelam di perairan dangkal di sepanjang tepi pantai, pengunjung dapat dengan mudah menyaksikan kehidupan laut yang beragam. Ikan-ikan kecil dengan warna-warni yang menawan berenang di antara terumbu karang yang indah, menciptakan pemandangan yang menakjubkan bagi para pengamat alam bawah laut.

Bagi mereka yang tidak membawa peralatan snorkeling sendiri, tidak perlu khawatir. Pulau Panjang menyediakan banyak tempat penyewaan perlengkapan snorkeling dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini memungkinkan setiap pengunjung, baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru pertama kali mencoba snorkeling, untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Panjang tanpa kendala.

Dengan demikian, pengalaman snorkeling bukan hanya menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menarik, tetapi juga terjangkau bagi semua kalangan. Momen yang penuh kegembiraan dan keajaiban alam bawah laut yang memukau akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang menjelajahi perairan Pulau Panjang.

Langkah Lembut di Pasir Putih Pulau Panjang: Nikmatnya Bermain di Tepi Pantai

Pulau Panjang bukan hanya menghadirkan keindahan bawah laut yang memukau, tetapi juga menyuguhkan pasir pantai putih yang luas dan mengundang. Bagi para pengunjung, menjelajahi area pasir ini memberikan pengalaman yang memuaskan. Lembutnya pasir pantai seakan-akan membelai telapak kaki saat melangkah, menambah kesan hangat dan menyenangkan dalam petualangan di pulau ini.

Lebih seru lagi ketika berkunjung bersama dengan teman atau keluarga. Bermain berkejaran di atas pasir pantai, mengejar-ngejar ombak yang sesekali menyapu permukaan pasir, menjadi momen yang menyenangkan dan penuh kegembiraan. Suasana ceria dan riang pun mengisi udara di sepanjang tepi pantai Pulau Panjang.

Namun, tentu saja, perlu diingat untuk tetap berhati-hati. Meskipun pasir pantai terlihat lembut dan menyenangkan, terkadang terdapat batuan karang yang tersembunyi di dalamnya. Pada saat yang tidak diharapkan, terinjaknya karang tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, menjaga kewaspadaan tetap menjadi hal yang penting saat menikmati keindahan pasir pantai Pulau Panjang.

Dengan begitu, berkunjung tidak hanya menawarkan keindahan alam yang mempesona, tetapi juga menyediakan kesempatan untuk bersenang-senang dan bermain di tepi pantai yang menawan. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang memilih untuk menikmati pesona Pulau Panjang.

Malam Romantis di Pulau Panjang: Berbintang di Bawah Cahaya Langit

Pulau Panjang tidak hanya menawarkan keindahan siang hari, tetapi juga menyuguhkan pengalaman magis di malam hari. Luasnya area pasir pantai memungkinkan pengunjung untuk mendirikan tenda dan menikmati malam. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk menghabiskan malam di sini, terpesona oleh keindahan langit yang begitu jelas terlihat saat matahari terbenam.

See also  42 Review Menarik Pantai Mengiat Objek wisata di Nusa Dua Bali

Saat malam tiba, bintang-bintang akan semakin jelas terlihat, menyelipkan diri di langit gelap seperti berlian yang berserakan. Pemandangan ini memberikan suasana yang begitu indah dan romantis bagi para pengunjung yang menghabiskan malam. Di bawah langit yang dipenuhi bintang, mereka dapat merasakan kedamaian dan keindahan alam yang mempesona.

Keesokan paginya, pengunjung dapat menikmati momen yang tak kalah memukau: matahari terbit. Kilau cahaya matahari yang memantul di permukaan perairan pantai menciptakan pemandangan yang memukau dan menyegarkan. Keindahan alam yang luar biasa ini menghadirkan kesempatan untuk menyambut pagi dengan penuh semangat dan kebahagiaan.

Bagi yang ingin menikmati pengalaman berkemah di Pulau Panjang, tidak perlu khawatir membawa tenda sendiri. Di sini, tersedia banyak tempat penyewaan tenda dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini memudahkan setiap pengunjung untuk merencanakan liburan yang menyenangkan tanpa harus repot membawa perlengkapan sendiri.

Dengan demikian, Pulau Panjang tidak hanya menjadi tempat liburan siang hari yang menyenangkan, tetapi juga destinasi yang ideal untuk menghabiskan malam yang romantis di bawah cahaya bintang. Pengalaman berkemah di sini akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang memilih untuk menikmati keindahan alam Pulau Panjang secara penuh.

Petualangan Seru: Menyusuri Keindahan Pulau Panjang

Meskipun Pulau Panjang bukanlah pulau yang besar, namun keindahan dan pesonanya tak terbatas. Pengunjung dapat mengeksplorasi setiap sudutnya dalam waktu sekitar satu jam, menjelajahi segala yang ditawarkan oleh pulau ini dengan nyaman dan tanpa terburu-buru. Pengelola telah memastikan kenyamanan para pengunjung dengan menyediakan jalan setapak yang terbuat dari paving, yang memungkinkan mereka untuk berkeliling dengan mudah dan aman.

Jalan setapak yang lebar, kurang lebih satu meter, memberikan ruang yang cukup untuk dua hingga tiga orang berjalan beriringan, sehingga pengunjung dapat menikmati momen bersama teman atau keluarga sambil mengeksplorasi keindahan Pulau Panjang. Untuk menjadikan petualangan lebih seru, pengunjung juga dapat menyewa sepeda dan menjelajahi setiap sudut pulau dengan lebih cepat dan menyenangkan.

Saat menyusuri jalan setapak ini, pengunjung akan disambut oleh pepohonan yang tumbuh dengan rimbun di kanan dan kiri, menciptakan suasana yang sejuk dan teduh. Meskipun matahari bersinar terik, namun tidak banyak sinar yang dapat menembus rimbunnya dedaunan di pohon-pohon ini, sehingga pengunjung tidak akan merasa panas dan tetap nyaman selama perjalanan.

Dengan demikian, menyusuri Pulau Panjang merupakan pengalaman yang tak hanya memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alamnya, tetapi juga untuk merasakan kenyamanan dan kehangatan suasana di sepanjang perjalanan. Sebuah petualangan yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang memilih untuk menjelajahi keajaiban Pulau Panjang.

Pulau Panjang: Surga Berkemah di Pulau Pribadi

Mendirikan tenda di Pulau Panjang memberikan pengalaman yang hampir sama dengan berkemah di pulau pribadi. Pulau ini terpencil dan sepi, menciptakan suasana yang sempurna untuk pengunjung yang ingin menikmati ketenangan alam dan kebersamaan dengan teman-teman atau keluarga. Lokasinya yang masih sangat asri menjadikannya tempat yang ideal untuk berkemah dan melupakan kesibukan kota.

Di hari-hari biasa, Pulau Panjang biasanya sepi, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bermalam sambil menikmati deburan ombak di malam hari. Suasana yang tenang dan damai akan menemani pengunjung selama menghabiskan waktu di pulau ini. Dan yang lebih baik lagi, para pengunjung tidak perlu repot membawa perlengkapan berkemah mereka sendiri.

Pulau Panjang menyediakan jasa sewa perlengkapan berkemah dengan harga yang terjangkau. Hal ini memudahkan pengunjung untuk menikmati pengalaman berkemah tanpa harus membawa peralatan sendiri. Bahkan, jika datang bersama rombongan, pengunjung dapat bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang lebih murah, membuat pengalaman berkemah di Pulau Panjang semakin menyenangkan dan terjangkau.

Dengan demikian, Pulau Panjang bukan hanya menjadi tempat liburan biasa, tetapi juga destinasi yang sempurna untuk pengunjung yang ingin merasakan kebebasan berkemah di pulau pribadi. Suasana yang tenang dan alam yang mempesona akan membuat setiap momen di Pulau Panjang menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Fasilitas

Pulau Panjang tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memikat, tetapi juga fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Berbagai fasilitas telah disediakan di pulau ini, mulai dari kebutuhan praktis hingga fasilitas yang memperkaya pengalaman wisata.

  1. Toilet dan Mushola: Pengunjung dapat menemukan toilet yang bersih dan terawat, sehingga mereka dapat melakukan kegiatan mereka dengan nyaman. Selain itu, adanya mushola juga memudahkan pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah di tengah perjalanan mereka.
  2. Warung Kuliner: Jajaran warung kuliner tersebar di sepanjang pulau, menawarkan berbagai macam hidangan lokal yang lezat. Dari hidangan laut segar hingga makanan tradisional Jepara, pengunjung dijamin tidak akan kelaparan berada di Pulau Panjang.
  3. Toko Souvenir: Bagi yang ingin membawa pulang kenang-kenangan dari perjalanan mereka, toko souvenir menyediakan beragam pilihan barang-barang unik dan menarik yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh.
  4. Penitipan Kendaraan: Pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi dapat menggunakan layanan penitipan kendaraan yang disediakan di pulau ini dengan aman dan nyaman.
  5. Dermaga: Dermaga yang tersedia memudahkan proses kedatangan dan keberangkatan pengunjung, serta memberikan akses mudah ke pulau ini.
  6. Sewa Alat Selam dan Camping: Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Panjang, tersedia layanan sewa alat selam. Selain itu, mereka yang ingin berkemah juga dapat menyewa peralatan camping dengan mudah.
  7. Penginapan: Untuk yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di pulau ini, tersedia berbagai pilihan penginapan yang nyaman dan bersahaja.
See also  Pantai Sambolo Anyer, Wisata Eksotis dengan Panorama Sunset

Dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap dan beragam ini, Pulau Panjang menjadi destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga pengalaman liburan yang menyenangkan dan memuaskan bagi setiap pengunjung.

Alamat Rute Lokasi

Lokasi dan Akses Pulau Panjang Jepara: Petunjuk Perjalanan yang Mudah

Pulau Panjang Jepara terletak di Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah dijangkau oleh para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pulau ini. Berikut adalah petunjuk perjalanan untuk menuju Pulau Panjang Jepara:

  1. Dari Pantai Kartini atau Pantai Bandengan: Pulau Panjang dapat dijangkau dengan menyeberang dari Pantai Kartini atau Pantai Bandengan. Perjalanan ini akan memberikan pengalaman unik bagi pengunjung, menikmati pemandangan laut selama perjalanan menuju pulau.
  2. Dari Pantai Kartini: Jika Anda memilih untuk berangkat dari Pantai Kartini, Anda dapat mengikuti petunjuk berikut:
    • Berkendara ke arah tenggara, masuk ke Jalan M.T Haryono.
    • Belok kanan masuk ke Jalan A.E Suryani.
    • Lurus terus, kemudian belok kiri saat sampai di Jalan Pelabuhan Kartini.
    • Belok kiri lagi, dan Anda akan sampai di dermaga.
    • Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal menuju Pulau Panjang Jepara.

Dengan akses yang mudah dan petunjuk perjalanan yang jelas, Pulau Panjang Jepara siap menyambut para pengunjung yang ingin menikmati pesonanya yang memikat. Sebuah destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi dan dieksplorasi.

Tips Berkunjung

  1. Perencanaan yang Matang: Sebelum berangkat, pastikan Anda telah merencanakan perjalanan dengan matang. Tentukan tanggal, waktu, dan durasi kunjungan Anda ke Pulau Panjang. Periksa juga cuaca dan kondisi laut untuk memastikan keamanan perjalanan.
  2. Bawa Perlengkapan yang Tepat: Persiapkan perlengkapan yang sesuai untuk liburan di pulau, seperti pakaian santai, perlengkapan mandi, tabir surya, topi, dan perlengkapan snorkeling jika Anda berencana untuk menjelajahi keindahan bawah laut.
  3. Patuhi Aturan dan Etika Lokal: Saat berkunjung ke Pulau Panjang, penting untuk menghormati aturan dan etika lokal. Jaga kebersihan pulau dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menghargai lingkungan sekitar.
  4. Pesan Akomodasi dan Transportasi Terlebih Dahulu: Jika Anda berencana menginap di pulau atau menggunakan layanan transportasi tertentu, pastikan untuk memesan akomodasi dan transportasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan tempat dan mendapatkan harga yang lebih baik.
  5. Siapkan Uang Tunai: Meskipun ada beberapa tempat yang menerima pembayaran dengan kartu, tetapi lebih baik membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk memudahkan transaksi di warung atau toko souvenir yang mungkin tidak menerima kartu.
  6. Pertimbangkan Kesehatan dan Keamanan: Selalu prioritaskan kesehatan dan keamanan Anda selama perjalanan. Jaga jarak fisik dengan orang lain, cuci tangan secara teratur, dan ikuti pedoman keselamatan selama beraktivitas di pulau.
  7. Nikmati Setiap Momen: Pulau Panjang Jepara menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Nikmati setiap momen petualangan Anda di pulau ini, dan jadikanlah kenangan indah yang akan selalu Anda ingat.

Pulau Panjang Jepara adalah destinasi wisata yang menakjubkan dengan beragam pesona alam dan fasilitas yang lengkap. Terletak di Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, pulau ini dapat dijangkau dengan mudah melalui Pantai Kartini atau Pantai Bandengan. Berkunjung ke Pulau Panjang membutuhkan perencanaan yang matang, mulai dari persiapan perlengkapan yang tepat hingga memesan akomodasi dan transportasi terlebih dahulu.

Selama berada di Pulau Panjang, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya, menjelajahi alam bawah laut yang memikat, dan berkemah di tengah suasana alam yang asri. Fasilitas lengkap seperti toilet, mushola, warung kuliner, toko souvenir, dan penyewaan perlengkapan berkemah dan snorkeling memastikan kenyamanan pengunjung selama berada di pulau ini.

Penting untuk selalu menghormati aturan dan etika lokal, menjaga kebersihan pulau, dan memperhatikan kesehatan serta keamanan diri selama berlibur. Dengan memperhatikan tips berkunjung yang telah disampaikan, pengunjung dapat menikmati setiap momen petualangan mereka di Pulau Panjang Jepara dan membawa pulang kenangan indah yang tak terlupakan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Pulau Panjang Jepara: Destinasi Wisata Pantai Tersembunyi.

Your email address will not be published. Required fields are marked *