Taman Prawatasari: Kombinasi Eksotis Alam dan Wahana Modern

Taman Prawatasari, yang terletak di Cianjur, Jawa Barat, telah menjelma menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian para pengunjung dari berbagai kalangan. Tempat ini menawarkan pengalaman wisata yang memadukan keindahan alam, kegiatan edukatif, kuliner lezat, dan hiburan seru, membuatnya sesuai untuk segala usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Pertama-tama, Taman Prawatasari menonjolkan konsep wisata alam yang edukatif. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil menggali pengetahuan tentang flora dan fauna. Area ini dirancang dengan baik, menyajikan pemandangan yang memukau dan memberikan suasana yang menenangkan. Berbagai tanaman hias dan tata ruang yang terorganisir dengan baik menambah pesona alami tempat ini.

Namun, daya tarik Taman Prawatasari tidak hanya terletak pada keindahan alamnya. Tempat ini juga merupakan destinasi wisata keluarga yang sempurna. Wahana permainan yang tersedia di taman rekreasi ini menghadirkan keseruan bagi anak-anak dan keluarga. Dari ayunan hingga taman bermain yang kreatif, Taman Prawatasari memastikan bahwa setiap anggota keluarga dapat menemukan hiburan yang sesuai dengan selera mereka.

Selain itu, Taman Prawatasari Joglo Cianjur memiliki posisi yang sangat strategis, berada dekat dengan jantung kota Cianjur. Keberadaannya sebagai taman kota dan ruang terbuka hijau menjadikannya pilihan utama bagi warga lokal maupun wisatawan yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kota. Aksesibilitas yang baik membuatnya menjadi destinasi yang mudah dijangkau dan diakses oleh pengunjung.

Namun, seperti yang dinyatakan dalam beberapa ulasan, penting bagi pengunjung untuk selalu memperbarui status level zonasi di masa PPKM sebelum mengunjungi Taman Prawatasari. Kondisi ini dapat berubah dengan cepat dan berdampak pada ketersediaan tempat wisata. Informasi terkini tentang protokol kesehatan dan ketersediaan tempat wisata dapat diakses melalui sumber-sumber online atau platform resmi Taman Prawatasari.

Sejarah Taman Prawatasari yang sempat mengalami masa-masa kurang terawat menjadi satu elemen menarik. Transformasi positif tempat ini, dengan penambahan wahana permainan dan perbaikan fasilitas, menjadi bukti bahwa komitmen dalam perawatan dan pengembangan destinasi wisata dapat mengangkat citra dan daya tariknya.

Sebagai rekomendasi untuk wisatawan, sebaiknya melakukan pengecekan secara berkala terkait status zonasi dan informasi terkini sebelum merencanakan kunjungan. Demikian pula, memastikan bahwa protokol kesehatan diikuti dengan ketat dapat membantu melindungi diri dan orang lain saat menikmati segala keindahan yang ditawarkan Taman Prawatasari.

Taman Prawatasari di Cianjur adalah destinasi wisata yang memadukan keindahan alam, keseruan keluarga, dan kenyamanan kota. Dengan perubahan positif yang terjadi, tempat ini semakin menegaskan dirinya sebagai destinasi unggulan di Jawa Barat yang patut dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Taman Prawatasari

Untuk menikmati serunya Taman Prawatasari, pengunjung dapat memperhatikan informasi harga tiket masuk dan jam buka sebagai panduan merencanakan kunjungan mereka.

Harga Tiket:

  • Tiket Masuk: Rp8.000
  • Wahana: Kereta Mini, Gajah Terbang, Mobil Antik: Rp7.000
  • Wahana: Boom Boom Car, Monorail, Istana Balon, Mobil Remote: Rp15.000
  • Wahana Air: Rp25.000

Catatan: Harga tiket yang disebutkan di atas tidak termasuk tiket untuk naik wahana permainan. Pengunjung perlu memperhatikan jenis wahana yang ingin mereka nikmati dan membeli tiket tambahan sesuai dengan pilihan tersebut.

Jam Buka:

  • Senin-Kamis & Sabtu: 08.00 – 16.00 WIB
  • Jumat: LIBUR
  • Minggu: 07.30 – 15.30 WIB

Dengan jam buka yang luas, Taman Prawatasari memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk memilih waktu kunjungan yang sesuai dengan preferensi mereka. Hari Jumat yang dijadikan libur dapat menjadi informasi penting untuk dipertimbangkan dalam merencanakan kunjungan.

Penting untuk selalu memantau informasi terkini terkait harga tiket dan jam buka, karena bisa terjadi perubahan yang tidak terduga. Pengunjung juga disarankan untuk mencari informasi lebih lanjut terkait ketentuan dan aturan yang berlaku di Taman Prawatasari untuk memastikan pengalaman wisata yang optimal.

Alamat Rute Lokasi

Taman Prawatasari, sebagai destinasi rekreasi yang menarik di Kabupaten Cianjur, memiliki lokasi yang sangat strategis, memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya dengan berbagai jenis kendaraan. Berlokasi di Jalan Surya Kencana No.1, Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, taman rekreasi ini memberikan kemudahan aksesibilitas bagi wisatawan lokal maupun wisatawan yang datang dari luar kota.

Jarak yang relatif dekat dari Alun-Alun Cianjur, sekitar 3 kilometer, membuat perjalanan menuju Taman Prawatasari menjadi sangat singkat dan nyaman. Dengan menggunakan mobil, waktu tempuh yang hanya sekitar 10 menit memberikan fleksibilitas bagi pengunjung yang ingin merencanakan kunjungan mereka dengan efisien.

Kelebihan utama dari lokasi Taman Prawatasari adalah kemampuannya untuk diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, dan tersedianya area parkir utama. Ini memberikan kenyamanan tambahan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Dengan tersedianya fasilitas parkir, pengunjung tidak perlu khawatir mencari tempat parkir yang aman dan nyaman.

See also  18 Ulasan Menarik Caringin Tilu Wisata Alam Romantis Bandung

Selain itu, letak yang strategis juga memberikan manfaat bagi wisatawan yang ingin menjelajahi sekitar Cianjur. Dengan Taman Prawatasari sebagai destinasi yang mudah diakses, pengunjung dapat memasukkan kunjungan ke taman ini ke dalam rencana perjalanan mereka di Kabupaten Cianjur.

Penting untuk selalu memperhatikan kondisi lalu lintas dan informasi terkini sebelum berangkat. Dengan lokasi yang nyaman dan mudah dijangkau, Taman Prawatasari menawarkan pengalaman rekreasi yang memuaskan bagi pengunjung dari berbagai kalangan.

Daya Tarik

Taman Prawatasari di Kabupaten Cianjur bukan hanya sekadar ruang terbuka hijau. Lebih dari itu, tempat ini diinisiasi sebagai paru-paru kota, menyediakan oasis hijau yang kaya dengan pepohonan dan berbagai macam tanaman. Fungsinya tidak hanya sebatas menciptakan keindahan alam di tengah kota, tetapi juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem air dan memberikan karakter arsitektur yang menarik bagi kota tersebut.

Keberadaan Taman Prawatasari bukan sekadar sebagai tempat bermain dan berkumpul, melainkan juga berfungsi sebagai paru-paru kota. Pepohonan yang tumbuh subur dan aneka tanaman yang ditanam di area ini menciptakan lingkungan yang bersih dan sejuk. Sebagai paru-paru kota, taman ini berpotensi menjaga keseimbangan ekosistem di tengah-tengah kemajuan perkotaan yang seringkali mengabaikan aspek lingkungan.

Tidak hanya itu, Taman Prawatasari juga menjadi elemen pengikat antar gedung-gedung dalam kota. Penataan arsitektur yang indah memberikan ciri khas tersendiri bagi kota Cianjur. Dengan menghadirkan ruang hijau yang terencana dengan baik, taman ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga menambah daya tarik estetika kota secara keseluruhan.

Meskipun demikian, seperti halnya banyak tempat wisata lainnya, Taman Prawatasari tidak luput dari tantangan perawatan. Pada masa lalu, tampaknya tempat ini kurang mendapat perhatian yang cukup, sehingga terlihat kurang terawat. Namun, yang menarik adalah upaya perbaikan dan transformasi yang sedang dilakukan saat ini.

Taman Prawatasari tidak lagi hanya menjadi taman biasa. Dengan berbenah dan memperbaiki diri, tempat ini telah beralih fungsi menjadi pusat rekreasi bagi keluarga. Transformasi ini membawa angin segar bagi pengunjung, yang kini dapat menikmati tidak hanya keindahan alam, tetapi juga beragam wahana rekreasi yang menarik.

Perubahan ini mungkin mencerminkan perhatian yang lebih besar terhadap potensi pariwisata dan kebutuhan hiburan di Kabupaten Cianjur. Dengan memanfaatkan Taman Prawatasari sebagai pusat rekreasi keluarga, dapat diharapkan bahwa tempat ini akan semakin menarik perhatian wisatawan dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal.

Sebagai wisatawan yang berencana berkunjung ke Taman Prawatasari, penting untuk selalu mengikuti informasi terkini terkait fasilitas, aturan, dan kondisi tempat tersebut. Pembaruan ini mungkin menjadi kunci untuk menikmati potensi penuh Taman Prawatasari yang telah mengalami transformasi positif menjadi pusat rekreasi keluarga yang menarik di Kabupaten Cianjur.

Beragam Wahana

Taman Prawatasari, yang juga dikenal sebagai Lapang Joglo, telah mengalami transformasi signifikan menjadi tujuan wisata yang menarik di daerah Joglo, Cianjur. Salah satu keunggulan yang membuatnya begitu populer adalah penambahan berbagai wahana permainan anak-anak, menjadikannya sering disebut sebagai “Dufan-nya Cianjur”.

Meskipun mungkin tidak sebesar Dufan, Taman Prawatasari menawarkan beragam wahana permainan yang cukup lengkap dan menyenangkan untuk anak-anak. Wahana-wahana seperti bom-bom car, gajah terbang, kereta monorail, dan gocar hadir untuk memberikan pengalaman bermain yang tak terlupakan bagi para pengunjung cilik. Wahana air seperti istana balon, balon air, dan wahana kreativitas anak juga menjadi daya tarik tersendiri.

Yang menarik, Taman Prawatasari tidak hanya memikirkan kebutuhan anak-anak, tetapi juga menyediakan wahana untuk remaja dan dewasa. Mulai dari bianglala, komidi putar, hingga kora-kora, pengunjung dapat menemukan berbagai pilihan wahana yang cocok untuk berbagai rentang usia. Namun, perlu diingat bahwa untuk menaiki wahana-wahana tertentu, pengunjung akan dikenakan biaya tiket wahana.

Pemberian julukan “Dufan-nya Cianjur” mungkin tidak lepas dari atmosfer menyenangkan dan beragamnya wahana yang ditawarkan oleh Taman Prawatasari. Para pengunjung dapat merasakan kegembiraan dan keceriaan layaknya di Dunia Fantasi, namun dengan nuansa lokal yang unik.

Penting untuk dicatat bahwa ketika merencanakan kunjungan ke Taman Prawatasari, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kota, sebaiknya memperhatikan informasi terkait biaya tiket wahana, jam buka, dan aturan-aturan lain yang berlaku. Hal ini akan membantu pengunjung agar dapat menikmati seluruh fasilitas dengan nyaman tanpa adanya kejutan tak terduga.

Dengan penambahan wahana permainan yang beragam, Taman Prawatasari berhasil menciptakan suasana rekreasi yang menghibur dan menyenangkan bagi seluruh keluarga. Sebagai destinasi wisata yang semakin berkembang, Taman Prawatasari membuktikan bahwa keberagaman wahana dan pengalaman yang ditawarkan dapat membuatnya menjadi pusat perhatian di dunia pariwisata Cianjur.

See also  Review Ayana Gedong songo, Wisata Alam Dengan Spot Foto Kekinian

Pusat Olahraga

Taman Prawatasari: Ruang Olahraga dan Sentra Kegiatan Komunal di Hari Spesial, Tidak hanya sebagai taman rekreasi dengan berbagai wahana permainan yang menarik, Taman Prawatasari juga telah menjadi panggung bagi berbagai kegiatan olahraga dan acara komunal di Kabupaten Cianjur. Tempat ini tidak hanya menjadi destinasi untuk hiburan semata, tetapi juga menjadi pusat kegiatan bagi masyarakat, terutama pada hari-hari penting seperti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Salah satu momen yang mencolok adalah saat peringatan Hari Kemerdekaan. Taman Prawatasari menjadi saksi dari semangat patriotik masyarakat Cianjur yang memilih tempat ini sebagai arena pelaksanaan berbagai acara olahraga. Event-event ini dapat melibatkan beragam kegiatan seperti lomba lari, senam massal, atau pertandingan olahraga lainnya yang menggugah semangat kebersamaan dan nasionalisme.

Selain momen khusus tersebut, hari Minggu menjadi waktu yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat yang ingin berolahraga. Taman Prawatasari ramai digunakan sebagai tempat untuk menjalankan aktivitas fisik, seperti jogging, bersepeda, atau sekadar berjalan santai. Keberadaan taman sebagai ruang terbuka hijau yang luas memberikan kesempatan bagi warga Cianjur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran mereka dalam suasana yang nyaman dan alami.

Penggunaan Taman Prawatasari sebagai tempat olahraga tidak hanya membantu meningkatkan gaya hidup sehat di kalangan masyarakat, tetapi juga menciptakan ikatan sosial di antara mereka. Komunitas olahraga yang berkumpul di taman ini menciptakan atmosfer positif yang mempromosikan semangat kebersamaan dan kebugaran fisik.

Kehadiran Taman Prawatasari sebagai tempat olahraga pada hari-hari spesial dan rutin mencerminkan peran yang lebih luas dalam membangun komunitas dan memfasilitasi kegiatan bersama. Ruang terbuka hijau ini bukan hanya destinasi wisata yang menyenangkan, tetapi juga menjadi bagian integral dari gaya hidup aktif dan kebersamaan masyarakat Cianjur. Dengan demikian, Taman Prawatasari tidak hanya menjadi tempat bermain dan rekreasi, melainkan juga ruang berdaya bagi kesehatan dan kebugaran komunitas setempat.

Langka dan Edukasi Alam

Fungsi Taman Prawatasari sebagai paru-paru kota di Kabupaten Cianjur tidak hanya tercermin melalui keberadaan ruang terbuka hijau, tetapi juga melalui inisiatif menanam tanaman langka yang memberikan keunikan dan keberagaman bagi ekosistemnya.

Dengan penanaman sedikitnya 78 jenis tanaman langka, Taman Prawatasari muncul sebagai wujud nyata dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati. Tanaman-tanaman seperti berenuk, sosis bima, dan kurma menambah daya tarik taman ini dan memberikan nuansa eksotis yang berbeda. Keberagaman ini tidak hanya berkontribusi pada estetika, tetapi juga pada fungsi ekologis taman sebagai paru-paru kota.

Tanaman langka yang ditanam di Taman Prawatasari menciptakan lingkungan yang semakin hijau dan asri. Keberadaan tanaman-tanaman ini tidak hanya menarik perhatian pengunjung, tetapi juga meningkatkan kualitas udara di sekitar area tersebut. Fungsi paru-paru kota semakin diperkuat dengan adanya inisiatif penanaman tanaman langka yang berperan dalam menyaring polusi udara dan menciptakan lingkungan yang sehat.

Lebih jauh lagi, Taman Prawatasari tidak hanya menjadi tempat hiburan semata, tetapi juga taman edukasi bagi anak-anak. Pengenalan terhadap berbagai jenis tanaman langka di dalamnya menjadi peluang bagi generasi muda untuk mengembangkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Program pendidikan dan tur edukatif dapat memberikan wawasan yang berharga tentang pentingnya menjaga keanekaragaman hayati dan merawat tanaman-tanaman langka.

Anak-anak yang mengunjungi Taman Prawatasari dapat belajar secara langsung tentang flora yang jarang ditemui di kehidupan sehari-hari. Ini bukan hanya pembelajaran teoritis, tetapi pengalaman praktis yang dapat membentuk kesadaran lingkungan sejak dini. Edukasi ini diharapkan akan menciptakan generasi yang lebih peduli terhadap keberlanjutan alam dan pelestarian tanaman langka.

Dengan demikian, Taman Prawatasari tidak hanya menjadi destinasi rekreasi atau paru-paru kota, tetapi juga menjadi wadah pendidikan alam yang berkontribusi pada peningkatan kesadaran lingkungan dan keberlanjutan. Melalui kombinasi ini, taman ini menunjukkan peran pentingnya dalam mendukung keseimbangan ekosistem dan mendidik masyarakat mengenai kekayaan alam yang perlu dilestarikan.

Oase Area Hijau

Taman Prawatasari, dengan keberadaan area hijau yang terawat dengan baik, tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi atau paru-paru kota, tetapi juga sebagai oase ketenangan yang dapat menghilangkan jenuh dan kepenatan dari aktivitas harian. Pengunjung dapat merasakan kesejukan alam, menghirup udara segar, dan menikmati keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh taman ini.

Salah satu keunggulan utama Taman Prawatasari adalah kemampuannya sebagai tempat untuk berjalan-jalan santai di sekitar taman. Pengunjung dapat menikmati suasana tenang, meresapi indahnya tanaman hijau, dan melepaskan penat setelah beraktivitas seharian. Taman ini menyediakan tempat yang nyaman bagi mereka yang mencari ketenangan dan ingin berdiam diri sejenak dari kegaduhan kota.

Duduk sambil mengamati pemandangan juga menjadi kegiatan yang populer di Taman Prawatasari. Bangku-bangku yang tersedia di sekitar taman memungkinkan pengunjung untuk duduk santai, bersantai, dan menikmati keindahan alam sekitar. Pemandangan yang terawat dengan baik, bersama dengan pepohonan dan tanaman yang hijau, menciptakan atmosfer yang menenangkan dan memanjakan mata.

See also  27 Review Menarik Kebun Durian Warso Farm Agrowisata Unik Di Bogor

Kebersihan dan keterjagaan taman juga menjadi nilai tambah yang signifikan. Adanya tempat sampah yang tersebar di seluruh area menunjukkan komitmen pengelola dan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Pengunjung diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan taman, sejalan dengan upaya pelestarian dan keberlanjutan.

Kesadaran akan kebersihan tidak hanya menjadi tanggung jawab pengelola, tetapi juga tanggung jawab bersama pengunjung. Dengan memberikan fasilitas tempat sampah yang memadai, Taman Prawatasari mengajak pengunjung untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan tempat rekreasi ini. Hal ini menciptakan lingkungan yang nyaman dan bersih, yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung.

Taman Prawatasari bukan hanya sekadar destinasi wisata yang menawarkan hiburan dan keindahan alam, tetapi juga menjadi tempat yang membantu mengembalikan ketenangan dan mengurangi stres dari kesibukan keseharian. Keberadaan taman yang terawat dengan baik, didukung oleh kesadaran pengelolaan dan pengunjung, menjadikan Taman Prawatasari sebagai salah satu pilihan terbaik untuk beristirahat dan bersantai di Kabupaten Cianjur.

Fasilitas

Taman Prawatasari menyediakan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan pengunjung selama berwisata. Berikut adalah fasilitas yang tersedia di Taman Prawatasari:

  1. Area Parkir: Fasilitas parkir yang luas memudahkan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi untuk parkir dengan aman dan nyaman.
  2. Toilet: Ketersediaan toilet menjadi hal penting untuk memenuhi kebutuhan pengunjung selama berada di taman. Fasilitas ini menambah kenyamanan selama kunjungan.
  3. Mushola: Adanya mushola di Taman Prawatasari memenuhi kebutuhan pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah selama kunjungan mereka.
  4. Wahana Permainan Anak: Wahana permainan khusus untuk anak-anak memberikan hiburan dan kegembiraan bagi keluarga yang berkunjung bersama anak-anak.
  5. Wahana Air: Keberadaan wahana air menambah variasi dan keseruan pengalaman bermain di taman, terutama saat cuaca panas.
  6. Taman Indah: Area taman yang dirawat dengan baik memberikan suasana alam yang asri dan menyejukkan bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan santai.
  7. Trek Jogging: Bagi yang ingin menjaga kebugaran atau sekadar berolahraga, trek jogging menjadi fasilitas yang sangat diapresiasi.
  8. Gerobak Makanan: Keberadaan gerobak makanan memudahkan pengunjung untuk menikmati berbagai hidangan atau camilan selama berada di Taman Prawatasari.

Fasilitas-fasilitas ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai kelompok pengunjung, dari keluarga yang mencari hiburan hingga mereka yang ingin menikmati keindahan alam sambil berolahraga. Dengan menyediakan beragam fasilitas, Taman Prawatasari memberikan pengalaman wisata yang lengkap dan menyenangkan bagi semua pengunjung.

Tips Berkunjung

Meskipun Taman Prawatasari menawarkan beragam wahana permainan yang menarik, beberapa aspek pengelolaan masih bersifat manual, membuat pengunjung perlu memperhatikan beberapa tips agar dapat menikmati pengalaman berwisata dengan lebih nyaman.

  1. Perencanaan Waktu Kunjungan: Menghindari waktu padat, seperti hari libur, dapat membantu mengurangi antrean di counter pembelian tiket. Memilih hari dan jam kunjungan yang kurang ramai dapat meningkatkan pengalaman wisata.
  2. Kesiapan Fisik dan Mental: Antisipasi adanya antrean panjang dengan bersiap secara fisik dan mental. Pastikan untuk membawa perlengkapan pribadi yang cukup, seperti topi, kacamata, dan air minum, untuk menghadapi situasi tersebut.
  3. Pembelian Tiket Secara Online: Jika memungkinkan, coba pertimbangkan untuk membeli tiket secara online sebelum kunjungan. Hal ini dapat menghemat waktu antrean dan memastikan mendapatkan tiket pada saat kedatangan.
  4. Bekal Makanan dan Minuman: Mengingat belum adanya fasilitas kantin di dalam taman, membawa bekal makanan dan minuman dari rumah adalah langkah bijak. Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memastikan ketersediaan pilihan makanan sesuai selera.
  5. Pantau Informasi Terkini: Sebelum berangkat, pastikan untuk memantau informasi terkini terkait fasilitas dan aturan di Taman Prawatasari. Pembaruan mengenai pembelian tiket, jam operasional, dan fasilitas lainnya dapat membantu perencanaan kunjungan.
  6. Ajak Keluarga atau Teman: Menikmati wahana dengan keluarga atau teman dapat membuat pengalaman berwisata menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, dapat saling membantu dalam mengurangi potensi kebosanan saat menunggu antrean.
  7. Bersiap untuk Cuaca: Perhatikan kondisi cuaca sebelum berangkat dan sesuaikan pakaian serta perlengkapan yang dibawa. Jika cuaca tidak mendukung, pastikan untuk membawa payung atau jas hujan.

Dengan memperhatikan tips di atas, pengunjung dapat mengoptimalkan pengalaman berwisata di Taman Prawatasari meskipun terdapat beberapa kendala dalam pengelolaan. Kesadaran akan kondisi taman dan perencanaan yang matang akan membantu menciptakan kunjungan yang menyenangkan dan memuaskan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Taman Prawatasari: Kombinasi Eksotis Alam dan Wahana Modern.

Your email address will not be published. Required fields are marked *