Review Menarik Taman Wisata Tirtoyoso Park Di Kediri

Taman Wisata Tirtoyoso Park adalah sebuah tempat wisata di Kediri, Jawa Timur. Alamatnya terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.123, Banjaran, Kecamatan. Kota, Kab. Kediri, Jawa Timur 64129. Memiliki berbagai fasilitas wisata, termasuk kolam renang yang merupakan salah satu bagian dari taman wisata tersebut. Lokasi wisata ini terletak di jalan utama Kota Kediri, tepat di depan objek wisata Pagora. Meskipun awalnya tidak ada niatan untuk mengunjungi kolam renang, penulis dan rombongan akhirnya memilih untuk mengunjungi tempat wisata ini setelah berjalan-jalan di Kampung Indian Kediri. Harga tiket masuk ke kolam renang Tirtoyoso adalah Rp20.000 per orang.

Tirtoyoso Park, Taman Wisata Air di Kota Kediri
Tirtoyoso Park, Taman Wisata Air di Kota Kediri

Meski harga tiket cukup mahal, fasilitas yang diberikan oleh pengelola sangat memuaskan dan sebanding dengan harganya. Kolam renang disediakan dengan air yang bersih dan kamar mandi yang juga bersih. Objek wisata ini juga menerapkan manajemen pengelolaan tempat wisata yang baik. Memiliki lobby yang ramah anak dengan berbagai fasilitas seperti tempat mewarnai gratis dan alat musik Jawa yang tersedia untuk dimainkan. Objek wisata ini juga menyediakan tempat parkir yang memadai dan fasilitas sanitasi yang terjaga dengan baik.

Ketika saya dan rombongan masuk ke area kolam renang, langsung terlihat pemandangan yang indah dan menarik. Kolam renang yang besar dengan air yang jernih dan segar serta berbagai wahana permainan air yang menggiurkan, membuat hati kami semakin bersemangat untuk bermain air. Di sisi kolam renang, terdapat juga beberapa tempat duduk dan meja untuk meletakkan barang-barang. Ada pula kios-kios makanan dan minuman yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman yang lezat. Kami memutuskan untuk membeli es krim dan minuman segar untuk menyegarkan diri setelah bermain air.

Selain bermain air, kami juga memutuskan untuk mencoba wahana permainan lainnya seperti flying fox dan ATV. Wahana permainan ini terletak di bagian belakang taman wisata dan memerlukan biaya tambahan untuk memainkannya. Selama berada di Tirtoyoso, kami juga sempat mengunjungi spot foto yang menarik seperti jembatan gantung dan air terjun buatan yang indah. Spot-spot foto tersebut sangat instagramable dan cocok untuk dijadikan latar belakang foto liburan yang cantik.

Kunjungan kami ke Taman Wisata Tirtoyoso Park sangat menyenangkan dan memuaskan. Harga tiket masuk yang mahal ternyata sebanding dengan fasilitas dan layanan yang diberikan oleh pengelola tempat wisata ini. Jika Anda berada di daerah Kediri, jangan lupa untuk mengunjungi Taman Wisata Tirtoyoso dan mencoba berbagai wahana permainan air yang seru dan menantang!

Alamat Lengkap Akses Rute

Alamat lengkap Taman Wisata Tirtoyoso Park adalah Jalan Jenderal Ahmad Yani No.123, Banjaran, Kec. Kota, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64129, Indonesia.

Akses ke Taman Wisata Tirtoyoso Park cukup mudah. Tempat wisata ini terletak di jalan utama Kota Kediri, tepat di depan objek wisata Pagora. Jika Anda belum pernah ke tempat wisata Tirtayasa, Anda bisa mencari lokasi tempat wisata Pagora terlebih dahulu. Lokasi wisata Pagora Kediri sudah terkenal sejak puluhan tahun yang lalu sebagai tempat liburan yang menyenangkan untuk anak-anak.

Lokasi wisata Pagora dan objek wisata kolam renang Tirtoyoso berseberangan jalan, sehingga mudah untuk ditemukan. Akses transportasi umum juga tersedia, baik menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum, atau taksi online. Jarak dari pusat kota Kediri ke Taman Wisata Tirtoyoso Park sekitar 10 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit tergantung kondisi lalu lintas.

Fasilitas

Fasilitas Tirtoyoso Park mencakup toilet, kamar mandi, tempat parkir, warung makan, gazebo, kursi dan meja piknik. Di sekitar kolam renang dan wahana air terdapat kursi dan gazebo untuk bersantai setelah bermain air. Terdapat juga area kursi di sekitar kolam anak untuk orang tua yang ingin mengawasi anak-anaknya. Selain itu, Tirtoyoso Park juga menyediakan lapangan yang sering digunakan untuk event atau kegiatan komunitas. Fasilitas ini membuat pengunjung dapat merasa nyaman selama berada di Tirtoyoso Park.

Menawarkan berbagai fasilitas bagi pengunjung yang ingin berlibur dan bersantai di sana. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya adalah:

  1. Kolam Renang: Salah satu atraksi utama adalah kolam renang yang memiliki berbagai macam jenis dan ukuran. Ada kolam renang anak-anak dan kolam renang dewasa dengan air bersih yang jernih.
  2. Area Permainan: Memiliki area permainan yang cukup lengkap dan menarik untuk anak-anak, seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, dan trampolin.
  3. Mushola: Bagi pengunjung yang ingin beribadah, Menyediakan mushola yang cukup luas dan bersih.
  4. Area Parkir: Pengunjung dapat dengan mudah memarkir kendaraannya di area parkir yang luas dan terawat.
  5. Area Makanan: Pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan dan minuman yang tersedia di beberapa kios makanan dan restoran yang ada di sana.
  6. Area Duduk Santai: Menyediakan banyak tempat duduk yang nyaman dan asri di mana pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah di sekitarnya.
  7. Fasilitas Kesehatan: Bagi pengunjung yang membutuhkan fasilitas kesehatan, Memiliki layanan Puskesmas yang siap melayani pengunjung.
  8. Fasilitas Keamanan: Pengelola Memperhatikan keamanan dan keselamatan pengunjung dengan menyediakan petugas keamanan yang cukup, CCTV, dan peralatan keselamatan yang memadai.
See also  Ulasan Lengkap Coban Pelangi: Wisata Air Terjun Dekat Bromo

Wahana

Berikut adalah beberapa wahana yang tersedia di Wisata Tirtoyoso Park:

  1. Kolam Renang: Terdapat empat kolam renang di Wisata Tirtoyoso Park, yaitu satu untuk kolam balita, dua untuk kolam anak-anak, dan satu untuk kolam dewasa.
  2. Wahana Permainan Anak: Di area kolam renang anak-anak, terdapat berbagai macam wahana permainan seperti ember tumpah, perosotan, air pancur, gerbang dengan pancuran air, dan payung yang mengeluarkan air seperti hujan.
  3. Sepeda Air: Terdapat sebuah kolam berbentuk kanal yang menjadi jalur untuk bermain sepeda air. Wahana ini aman bagi anak-anak, sepeda airnya berbentuk lucu menyerupai hewan.
  4. Flying Fox: Wahana ini merupakan tali yang terbentang dari satu pohon ke pohon lain, dan pengunjung akan terbang dari satu ujung ke ujung yang lain.
  5. Arung Jeram: Pengunjung dapat menikmati arung jeram di aliran sungai buatan dengan menggunakan ban.
  6. ATV: Terdapat wahana ATV yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menjelajahi area taman.
  7. Rumah Pohon: Terdapat rumah pohon yang dibangun di tengah taman dengan pemandangan yang indah.
  8. Taman Bermain: Terdapat taman bermain yang lengkap dengan ayunan, perosotan, dan jungle gym.
  9. Outbound: Terdapat fasilitas outbound di dalam taman dengan rintangan dan tantangan yang menarik.
  10. Lapangan: Di dalam taman terdapat lapangan yang sering digunakan untuk event atau kegiatan komunitas.

Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Taman Wisata Tirtoyoso, harga yang berlaku cukup terjangkau dan bervariasi. Untuk pengunjung dewasa, harga tiket masuk hanya sekitar Rp10.000 dan untuk anak-anak Rp5.000. Namun, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung pada kebijakan pihak pengelola.

Taman Wisata Tirtoyoso juga menyediakan sewa tempat bermain seperti sepeda air, becak air, dan lain-lain. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa gazebo atau berbentuk rumah tradisional Jawa dengan harga mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000 tergantung ukuran dan lokasi.

Sejarah

Tirtoyoso Park merupakan salah satu taman wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Taman wisata ini telah ada sejak tahun 1985 dan sejak itu terus mengalami perkembangan dan perluasan area yang lebih luas serta peningkatan fasilitas untuk pengunjung.

Awalnya, Hanya berupa kolam renang dan taman yang sederhana. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Taman Wisata Tirtoyoso Kediri semakin berkembang dan menjadi tempat wisata yang menawarkan beragam fasilitas seperti waterpark, outbound, arena permainan anak-anak, tempat makan, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, Taman Wisata Tirtoyoso Kediri telah berhasil menarik perhatian para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini setiap tahunnya. Selain itu, Taman Wisata Tirtoyoso Kediri juga sering dijadikan sebagai lokasi acara kegiatan keluarga, sekolah, dan perusahaan.

Dalam upaya memperluas area taman wisata dan menambah fasilitas baru yang lebih menarik, pengelola Tirtoyoso Park terus melakukan perbaikan dan renovasi setiap tahunnya. Diharapkan dengan adanya upaya ini, akan semakin memikat hati para pengunjung untuk berkunjung dan menikmati berbagai fasilitas yang tersedia.

Larangan Dan Aturan

Sebagai taman wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, Taman Wisata Tirtoyoso Park memiliki beberapa larangan dan aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjungnya. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Dilarang merokok di area taman wisata.
  2. Dilarang membawa senjata tajam atau benda berbahaya lainnya ke dalam area taman wisata.
  3. Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar ke dalam area taman wisata.
  4. Dilarang membuang sampah sembarangan di area taman wisata.
  5. Dilarang memetik bunga atau merusak tanaman di dalam taman wisata.
  6. Dilarang merusak fasilitas umum dan peralatan yang ada di dalam taman wisata.
  7. Dilarang memasuki area taman wisata dengan membawa hewan peliharaan.
  8. Aturan mengenai pemakaian wahana dan permainan di taman wisata harus dipatuhi, seperti aturan berat badan, tinggi badan, dan usia.
  9. Pengunjung harus mengikuti peraturan keselamatan yang ada di taman wisata, seperti menggunakan alat pelindung diri yang disediakan, seperti helm dan sabuk pengaman.
  10. Tidak diperkenankan merokok di area publik termasuk di dalam wahana dan area permainan.
  11. Tidak diperkenankan melakukan tindakan yang merugikan orang lain dan mengganggu ketertiban umum di dalam taman wisata.
See also  Review Menarik Candi Badut Destinasi Wisata Sejarah di Malang

Semua larangan dan aturan di atas bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh pengunjung di dalam taman wisata. Oleh karena itu, diharapkan setiap pengunjung mematuhi aturan dan tidak melakukan tindakan yang dapat merusak atau mengganggu ketertiban di dalam taman wisata.

Aktivitas

Taman Wisata Tirtoyoso Park adalah sebuah taman wisata yang terletak di Jalan Tirtoyoso, Desa Tirtoyoso, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Bermain air di waterpark yang memiliki kolam renang dengan berbagai macam wahana, seperti kolam ombak, kolam anak-anak, dan lain sebagainya.
  2. Menikmati pemandangan dari atas dengan menaiki Ferris Wheel, sebuah wahana roda besar dengan kabin-kabin yang bisa diputar dan menawarkan pemandangan indah dari atas.
  3. Menjajal adrenalin dengan mencoba berbagai permainan wahana, seperti boom car, dragon coaster, flying fox, dan lain-lain.
  4. Mengunjungi tempat wisata miniatur, yaitu Miniature Indonesia, yang menampilkan miniatur berbagai bangunan ikonik dari berbagai daerah di Indonesia.
  5. Menikmati wisata kuliner dengan mencoba berbagai makanan dan minuman yang tersedia, seperti sate kelinci, jagung bakar, es krim, dan lain-lain.
  6. Menikmati suasana alam dan udara segar dengan berjalan-jalan atau berfoto di area taman Tirtoyoso yang indah.
  7. Menikmati pertunjukan live music di panggung yang disediakan di area.

Keunikan Daya Tarik

Taman Wisata Tirtoyoso Park memiliki beberapa keunikan daya tarik, di antaranya:

  1. Spot Foto yang Menarik: Taman ini menyediakan banyak spot foto yang menarik, seperti jembatan kayu, rumah pohon, dan taman bunga. Hal ini menjadikan sebagai destinasi wisata yang populer untuk kegiatan selfie dan foto prewedding.
  2. Pemandangan Alam yang Indah: Taman ini terletak di kaki Gunung Merbabu, sehingga menyajikan pemandangan alam yang indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di taman.
  3. Air Terjun Tirtoyoso: Salah satu daya tarik utama taman ini adalah Air Terjun yang terletak di dalam kompleks taman. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan merupakan tempat yang cocok untuk berenang dan bersantai.
  4. Fasilitas Rekreasi: Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi, seperti kolam renang, arena bermain anak, flying fox, dan paintball. Hal ini membuat Taman Wisata cocok untuk dikunjungi oleh keluarga dengan anak-anak.
  5. Restoran dengan Menu Makanan yang Variatif: Di dalam taman terdapat restoran yang menyajikan menu makanan yang variatif, mulai dari masakan Indonesia hingga makanan barat. Restoran ini juga menyajikan pemandangan yang indah karena terletak di tepi danau.

Itulah beberapa keunikan daya tarik dari Taman Wisata Tirtoyoso Park.

Spot Selfie

Taman Wisata Tirtoyoso Park memiliki beberapa spot yang cocok untuk berfoto selfie, antara lain:

  1. Patung Dino: Terdapat patung dinosaurus raksasa yang dapat dijadikan latar belakang foto selfie yang unik.
  2. Garden of Love: Taman bunga dengan ornamen love yang sangat instagrammable.
  3. Sky Bridge: Jembatan gantung dengan pemandangan kota Batu yang menakjubkan.
  4. Lake View: Pemandangan danau yang menyejukkan dengan pepohonan yang rindang di sekelilingnya.
  5. Flower Tunnel: Terowongan bunga yang indah dan instagrammable.

Pastikan untuk tetap mengikuti aturan dan etika saat berfoto selfie di tempat umum.

Penginapan Hotel Dekat

Menyediakan beberapa pilihan akomodasi yang bisa dipilih pengunjung, di antaranya:

  1. Villa Tirtoyoso Park: villa yang dilengkapi dengan 3 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan taman yang luas.
  2. Tirtoyoso Cottage: cottage yang berada di tepi sungai dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti 2 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan taman.
  3. Taman Wisata Tirtoyoso Park Camping Ground: tempat perkemahan yang bisa dipilih oleh pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam terbuka.

Selain itu, di sekitar Taman Wisata Tirtoyoso Park juga terdapat beberapa hotel dan penginapan lain yang bisa menjadi alternatif pilihan pengunjung. Beberapa di antaranya adalah Hotel D’Kandang, Gading Guest House, dan Gading Resort.

Kuliner Tempat Makan

Memiliki beberapa tempat makan yang dapat dikunjungi, di antaranya:

  1. Restoran Tirtoyoso: Restoran ini menyediakan berbagai macam menu makanan, mulai dari masakan Jawa, Indonesia, hingga Western. Lokasinya berada di dekat area permainan air dan wahana permainan lainnya.
  2. Warung Makan Rakyat: Warung ini menyediakan menu makanan khas Indonesia dengan harga terjangkau. Terletak di dekat area wahana permainan.
  3. Kedai Koffie Tirta: Menyediakan berbagai minuman kopi dan teh yang segar dan nikmat, serta aneka kudapan ringan. Terletak di area parkir.
  4. Food Court: Terdapat beberapa gerai makanan yang menyediakan berbagai jenis menu, mulai dari masakan Indonesia hingga fast food. Terletak di dekat area permainan anak-anak.
  5. Kedai Bakso Tahu Murni: Kedai ini menyediakan bakso tahu yang terkenal di kota Batu. Terletak di luar area taman wisata, namun tetap dapat dijangkau dengan mudah.
  6. Kedai Sate Kambing Tirta: Menyediakan sate kambing yang nikmat dengan harga yang terjangkau. Terletak di luar area taman wisata.
  7. Kedai Nasi Goreng Jawa Tirta: Menyediakan nasi goreng Jawa yang enak dan lezat dengan harga yang terjangkau. Terletak di dekat area parkir.
See also  Coban Siuk: Air Terjun Indah dengan Keasrian Alam yang Terjaga

Namun, terdapat juga beberapa tempat makan di sekitar kawasan Taman Wisata Tirtoyoso Park, seperti restoran, kedai kopi, warung makan, dan masih banyak lagi.

Wisata Sekitar

Terdapat beberapa wisata menarik di sekitar Taman Wisata Tirtoyoso Park yang bisa dikunjungi, antara lain:

  1. Candi Cetho dan Candi Sukuh: Merupakan situs candi Hindu di Lereng Gunung Lawu dengan arsitektur yang unik dan pemandangan alam yang menakjubkan.
  2. Taman Nasional Gunung Merbabu: Salah satu taman nasional yang terletak di sekitar pegunungan Merbabu dan Merapi dengan keindahan alam yang luar biasa.
  3. Grojogan Sewu Tawangmangu: Air terjun setinggi 81 meter yang berada di kaki Gunung Lawu, dengan suasana alam yang sejuk dan hijau.
  4. Kebun Teh Kemuning: Salah satu kebun teh di Jawa Tengah yang menyajikan keindahan alam pegunungan serta pengalaman merasakan teh langsung dari sumbernya.
  5. Pasar Klewer: Pasar tradisional yang terkenal di Kota Solo, tempat yang tepat untuk berbelanja oleh-oleh khas Jawa Tengah.
  6. Museum Radya Pustaka: Museum yang menampilkan koleksi bersejarah dan kebudayaan Jawa Tengah.
  7. Candi Prambanan: Situs candi Hindu terbesar di Indonesia dan salah satu warisan dunia UNESCO. Terletak sekitar 1 jam perjalanan.
  8. Keraton Kasunanan Surakarta: Keraton yang menjadi simbol kebudayaan Jawa di Kota Solo, terletak sekitar 30 menit perjalanan.

Semua tempat tersebut dapat menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi selama berada di sekitar Taman Wisata Tirtoyoso Park.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk liburan di Taman Wisata Tirtoyoso Park:

  1. Pilih waktu kunjungan yang tepat: hindari waktu-waktu ramai seperti akhir pekan atau libur nasional untuk menghindari antrian panjang.
  2. Persiapkan diri dengan baik: bawa pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk berjalan-jalan, serta membawa perlengkapan seperti payung, kacamata hitam, dan tabir surya.
  3. Pilih penginapan yang dekat dengan taman wisata: jika Anda berencana menginap, pilih penginapan yang berada dekat dengan taman wisata agar mudah dalam aksesnya.
  4. Bawa uang tunai secukupnya: sebagian besar toko dan warung menerima pembayaran tunai, jadi pastikan Anda membawa uang secukupnya.
  5. Patuhi aturan dan kebijakan di taman wisata: untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama, patuhi aturan dan kebijakan yang berlaku, seperti jangan merusak tanaman atau mengambil barang milik taman wisata.
  6. Jangan lupa untuk menikmati setiap momen: liburan di Taman Wisata Tirtoyoso Park adalah kesempatan untuk bersantai dan menikmati suasana yang berbeda dari kehidupan sehari-hari, jadi jangan lupa untuk menikmati setiap momen yang ada.

Taman Wisata Tirtoyoso adalah destinasi wisata air yang terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani No.123, Banjaran, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tempat ini menyediakan 4 kolam yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa, serta wahana permainan air yang mengasyikkan. Di antara wahana yang tersedia adalah area kanal yang menjadi tempat wahana becak air, wahana permainan anak-anak, kolam renang dewasa, dan wahana sepeda air.

Taman Wisata Tirtoyoso juga menyediakan fasilitas pendukung seperti area parkir, toilet, kamar bilas, loker penyimpanan barang, food-court yang menyediakan aneka jenis makanan dengan harga terjangkau, musala yang cukup bersih dan memadai, serta akses wifi gratis. Selain itu, terdapat Panggung Hiburan di area taman samping kolam yang baru “hidup” pada pukul 7 malam setelah area kolam ditutup, menjadi cafe dan angkringan dengan hiburan live music yang cocok untuk melepas penat usai bekerja.

Taman Wisata Tirtoyoso adalah tempat wisata air yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Meskipun tidak sebesar water park lainnya, tempat ini memiliki fasilitas yang memadai dan cukup lengkap. Harga tiket masuk dan sewa wahana yang terjangkau juga menjadi nilai tambah. Dengan adanya panggung hiburan dan food-court yang tersedia, pengunjung bisa menikmati waktu berlama-lama di taman wisata ini. Namun, tetap perlu diingat untuk menjaga kebersihan dan kerapihan tempat selama berada di sana.

Review Review Menarik Taman Wisata Tirtoyoso Park Di Kediri.

Your email address will not be published. Required fields are marked *