31 Review Menarik Telaga Saat Wisata Alam Natural Eksotis Bogor

Telaga Saat sering disebut sebagai keajaiban tersembunyi di daerah Puncak, Bogor. Telaga wisata ini masih belum begitu populer di kalangan para pelancong. Sebagian besar orang lebih mengenal Telaga Warna sebagai tujuan utama untuk bersantai dan menikmati danau di kawasan Puncak.

Telaga Saat Puncak: Wisata Alam yang Menawan di Bogor
Telaga Saat Puncak: Wisata Alam yang Menawan di Bogor

Namun, sebenarnya, danau seluas 1,5 hektar ini adalah titik awal Sungai Ciliwung. Sumber air sungai berasal dari sini. Terletak di kaki Gunung Kencana yang sejuk dan asri, Telaga Saat dikelilingi oleh perkebunan teh yang menambah pesona alami danau tersebut.

Telaga Saat adalah salah satu anugerah alam yang menawarkan destinasi wisata baru di Bogor yang cocok untuk penyembuhan dan relaksasi pikiran dan jiwa yang lelah. Kota Bogor memiliki berbagai macam tempat menarik untuk melengkapi liburan para wisatawan ketika mereka menghabiskan waktu luang. Salah satu tempat wisata yang sedang naik daun dengan keindahan alam dan spot menarik di Bogor adalah Telaga Saat.

Meskipun belum begitu terkenal, keindahan Telaga Saat dapat memikat siapa pun yang mengunjunginya. Tempat wisata yang terjangkau ini dapat menjadi pilihan tempat piknik yang direkomendasikan untuk mengisi liburan akhir pekan. Rasakan kesegaran tubuh dan pikiran dengan menjelajahi berbagai tempat menarik di Kabupaten Bogor, Jawa Barat bersama orang-orang terkasih.

Jika Anda berencana mengunjungi obyek wisata alam Telaga Saat di Puncak Bogor dan membutuhkan informasi lengkap, bacalah artikel wisata Waduk Saat Bogor di bawah ini agar perjalanan liburan Anda semakin menyenangkan. Rasakan pengalaman liburan berkualitas di Bogor, Jawa Barat dengan mengeksplorasi keindahan alam dan tempat-tempat yang tidak biasa.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Alamat lengkap dan rute akses ke Telaga Saat adalah sebagai berikut:

Alamat: Telaga Saat, Cibulao, RT.02/RW.06, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750.

Rute Akses:

  1. Jika Anda berangkat dari Jakarta, mulailah perjalanan dari titik awal di Jakarta menuju Tol Jagorawi.
  2. Dari Tol Jagorawi, lanjutkan perjalanan ke arah Puncak melalui Jalan Raya Puncak.
  3. Setelah tiba di kawasan Puncak, teruslah melaju ke arah Kecamatan Cisarua.
  4. Ikuti petunjuk arah menuju Telaga Saat. Anda dapat menggunakan aplikasi peta atau bertanya kepada penduduk setempat untuk memastikan rute yang tepat.
  5. Sesampainya di daerah Tugu Utara, perhatikan tanda-tanda penunjuk jalan yang mengarah ke Telaga Saat.
  6. Ikuti jalan setapak atau jalan setapak kecil yang membawa Anda menuju Telaga Saat.
  7. Patuhi petunjuk arah dan jaga keselamatan saat berkendara di daerah pegunungan.
  8. Anda akan sampai di Telaga Saat, Cibulao, Kabupaten Bogor.

Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi lalu lintas dan mengikuti petunjuk arah yang tersedia. Jika memungkinkan, menggunakan aplikasi navigasi atau peta online dapat membantu Anda dalam menavigasi rute dengan lebih mudah.

Tiket Masuk Telaga Saat

Telaga Saat, yang terletak di kawasan Kebun Teh Puncak, merupakan destinasi yang sangat cantik dan direkomendasikan untuk meremajakan diri setelah rutinitas yang melelahkan.

Ketika berlibur di Bogor, ada banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi untuk menikmati liburan akhir pekan yang berkualitas.

Jelajahi keindahan Telaga Saat di Puncak Bogor, dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harga tiket masuknya sangat terjangkau.

Untuk dapat masuk ke kawasan, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk perkebunan teh. Harga tiketnya masih terjangkau dan tidak termasuk biaya parkir kendaraan. Terdapat tarif yang berbeda untuk menikmati wahana rakit dan fasilitas area berkemah.

Berikut adalah rincian harga tiket masuk Telaga Saat Puncak, berdasarkan informasi yang diberikan oleh Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta akun Instagram resmi Telaga Saat Puncak:

Harga Tiket Masuk (HTM) total saat weekday: Rp 31.000 HTM total saat weekend: Rp 35.000

Rincian harga sebagai berikut:

  1. Tiket Masuk Telaga Saat Puncak: Rp 10.000
  2. Tiket Masuk Telaga Warna: Rp 10.000
  3. Tiket Masuk Perkebunan: Rp 15.000 (berlaku saat weekend)
  4. Biaya Parkir Motor/Mobil: Rp 5.000
  5. Kombinasi Telaga Saat dan Kebun Teh: Rp35.000
  6. Ojek Offroad: Rp 250.000 (1 mobil dengan kapasitas maksimal 5 orang)
  7. Fun Offroad: Rp 100.000
  8. Fun Bike Downhill: Rp 100.000
  9. Sewa Perahu Telaga: Rp 150.000 (maksimal 6 orang)
  10. Pertunjukan Rampak Kendang: Rp 3.000.000
  11. Foto Pre-Wedding: Rp 700.000-1.000.000
  12. Home Stay Pondok Rawa: Rp 100.000
  13. Kuliner Kopi: mulai dari Rp 25.000
  14. Kuliner Nasi Liwet: Rp 300.000

(Harga tiket masuk destinasi wisata alam Telaga Saat dapat berubah setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya).

Nikmati liburan yang menyenangkan di Bogor dengan menjelajahi spot-spot instagenik dan menikmati suasana damai.

Destinasi ini yang murah dan terbaru di Bogor dapat dikunjungi bersama teman, sahabat, atau keluarga tercinta.

Keindahan akan memanjakan siapa pun yang datang berkunjung, memberikan pengalaman penyembuhan yang berkualitas.

Telaga Saat buka setiap hari mulai pagi hingga sore. Meskipun cuaca panas, udara tetap sejuk sepanjang hari.

Jam Operasional: Setiap Hari: 07.30 – 18.00 WIB

Fasilitas

Telaga Saat, Wisata Air di Titik 0 Sungai Ciliwung
Telaga Saat, Wisata Air di Titik 0 Sungai Ciliwung

Liburan selalu menjadi pengalaman yang mengasyikkan ketika traveler berkunjung ke destinasi wisata terbaik di Bogor, Jawa Barat.

Telaga Saat Puncak menawarkan berbagai aktivitas yang memanjakan traveler saat menghabiskan liburan akhir pekan di sana, lengkap dengan fasilitas menarik yang tersedia.

Nikmati perjalanan liburan yang memenuhi impian Anda di Bogor dengan mengeksplorasi beragam tempat wisata baru, yang tidak hanya terjangkau tetapi juga populer di kalangan wisatawan bersama orang-orang terkasih.

Ketika Anda mengunjungi Telaga Saat Puncak, Anda akan menemukan fasilitas pendukung berikut:

  1. Area parkir yang luas untuk kendaraan wisatawan.
  2. Warung wisata yang menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman.
  3. Spot foto yang menawan untuk mengabadikan momen indah.
  4. Pilihan penginapan dan fasilitas glamping untuk menginap dengan kenyamanan.
  5. Wahana permainan yang menarik untuk memberikan hiburan tambahan.
  6. Camping ground untuk pengalaman berkemah yang menyenangkan.
  7. Mushola yang disediakan untuk kebutuhan ibadah.
  8. Toilet yang tersedia untuk kenyamanan pengunjung.
  9. Gazebo sebagai tempat istirahat dan menikmati pemandangan sekitar.
  10. Tempat duduk wisata yang nyaman untuk bersantai.
  11. Area outbond yang menyediakan aktivitas rekreasi dan kegiatan kelompok.

Dengan menjelajahi keindahan alam dan mengeksplorasi spot-spot instagenic yang ditawarkan oleh Telaga Saat, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang seru di Bogor.

Sejarah

Telaga Saat memiliki sejarah yang terkait dengan Kerajaan Pajajaran, salah satu kerajaan Hindu-Buddha yang pernah berdiri di wilayah Jawa Barat pada abad ke-14. Meskipun tidak terdokumentasi dengan jelas, cerita rakyat dan kepercayaan masyarakat mengaitkan dengan peristiwa sejarah yang melibatkan musuh-musuh Kerajaan Pajajaran.

Menurut cerita yang beredar, Telaga Saat dianggap sebagai tempat yang digunakan untuk menjebak musuh-musuh kerajaan yang ingin menyerang. Musuh-musuh tersebut yang datang dengan menunggang kuda terjebak di dalam telaga, sehingga membantu melindungi kerajaan dari ancaman mereka.

Namun, perlu diperhatikan bahwa cerita ini termasuk dalam tradisi lisan dan mitologi lokal, sehingga tidak ada catatan sejarah yang mengkonfirmasi kebenaran secara akurat. Sejarah resmi Kerajaan Pajajaran sendiri telah tercatat dalam prasasti dan sumber-sumber sejarah lainnya.

Telaga Saat sendiri menjadi objek wisata yang terkenal dan menarik banyak pengunjung karena keindahannya yang alami dan suasana yang tenang. Meskipun misteri dan legenda terkait dengan sejarahnya masih menjadi bagian dari daya tarik tempat ini, tetapi penting untuk memahami bahwa cerita-cerita tersebut lebih bersifat folklor dan mitos daripada sejarah yang terverifikasi.

Mitos Legenda Misteri

Telaga Saat memiliki berbagai mitos, legenda, dan misteri yang mengelilinginya. Meskipun tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, cerita-cerita ini menjadi bagian dari kepercayaan dan warisan budaya yang melekat pada tempat tersebut. Berikut adalah beberapa mitos, legenda, dan misteri yang terkait:

  1. Telaga Penjebak Musuh: Salah satu mitos yang terkenal adalah tentang Telaga Saat yang digunakan untuk menjebak musuh-musuh Kerajaan Pajajaran. Konon, musuh-musuh yang datang menyerang dengan menunggang kuda terperangkap di dalam telaga ini. Kepercayaan ini mungkin berasal dari cerita rakyat dan kepercayaan masyarakat setempat.
  2. Aroma Air Telaga: Legenda yang beredar menyatakan bahwa air memiliki aroma seperti air seni kuda. Meskipun tidak ada penjelasan ilmiah yang mendukungnya, kepercayaan ini masih menjadi bagian dari cerita lokal dan misteri yang terkait dengan telaga tersebut.
  3. Energi Mistis: Beberapa orang meyakini bahwa memiliki energi mistis yang memberikan efek penyembuhan dan keharmonisan. Beberapa pengunjung mengklaim merasakan suasana yang tenang dan menyegarkan ketika berada di sekitar telaga ini.
  4. Keberadaan Makhluk Gaib: Ada juga cerita-cerita tentang keberadaan makhluk gaib seperti jin atau hantu. Konon, beberapa orang mengaku telah mengalami pengalaman supranatural atau melihat fenomena aneh di sekitar tempat ini.
  5. Ritual dan Kepercayaan Spiritual: Telaga Saat juga sering dikaitkan dengan pelaksanaan ritual atau kegiatan spiritual tertentu. Beberapa orang meyakini bahwa melakukan ritual atau berdoa di sekitar telaga ini dapat membawa keberuntungan atau kebahagiaan.

Penting untuk diingat bahwa mitos, legenda, dan misteri ini harus dipandang sebagai bagian dari warisan budaya dan kepercayaan masyarakat setempat. Meskipun tidak ada bukti yang mendukung secara ilmiah, cerita-cerita ini tetap menjadi bagian dari identitas dan daya tarik.

Larangan Dan Aturan

Ketika mengunjungi Telaga Saat, ada beberapa larangan dan aturan yang perlu diikuti untuk menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan. Berikut adalah beberapa larangan dan aturan yang umumnya berlaku:

  1. Larangan Merusak Lingkungan: Pengunjung dilarang merusak lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan dan hindari merusak flora dan fauna di sekitar telaga.
  2. Larangan Merokok: Biasanya ada larangan merokok di area untuk menjaga kebersihan dan menghindari risiko kebakaran.
  3. Larangan Membawa Hewan Peliharaan: Beberapa tempat wisata mungkin melarang pengunjung membawa hewan peliharaan. Pastikan untuk mematuhi aturan ini jika berkunjung.
  4. Aturan Pakaian Tertentu: Beberapa tempat wisata memiliki aturan mengenai pakaian yang diperbolehkan. Pastikan untuk mematuhi aturan berpakaian yang ada, terutama jika ada tempat suci atau ritual tertentu.
  5. Menghormati Kepercayaan Lokal: Jika ada kegiatan keagamaan atau ritual yang sedang berlangsung, penting untuk menghormati kepercayaan dan tradisi lokal. Hindari mengganggu atau mengganggu kegiatan tersebut.
  6. Mengikuti Petunjuk dan Peraturan: Ikuti petunjuk dan peraturan yang terpampang, termasuk penggunaan fasilitas, parkir, dan aktivitas lainnya.
  7. Keamanan Pribadi: Tetap berhati-hati dan menjaga keamanan pribadi saat berada di area. Jangan meninggalkan barang berharga tanpa pengawasan dan hindari berperilaku yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Selalu penting untuk mematuhi larangan dan aturan yang berlaku ketika mengunjungi Telaga Saat atau tempat wisata lainnya. Dengan menjaga disiplin dan rasa tanggung jawab, kita dapat memastikan pengalaman wisata yang aman dan menyenangkan bagi semua pengunjung dan kelestarian lingkungan sekitar.

Aktivitas

Pesona Telaga Saat Puncak Surga Alam Tersembunyi
Pesona Telaga Saat Puncak Surga Alam Tersembunyi

Saat menghabiskan hari libur di objek wisata Telaga Saat Bogor, Anda akan disambut dengan udara sejuk dan pemandangan yang indah. Ada banyak aktivitas seru yang dapat Anda eksplorasi saat menikmati hari libur di Bendungan Saat Bogor.

Selain menikmati keindahan alam dan udara segar, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati secangkir kopi yang menemani momen bersantai. Jangan lupa untuk berpartisipasi dalam hunting fotografi dengan menjelajahi spot-spot instagenic dan sudut-sudut menarik.

Tak hanya itu, masih banyak kegiatan seru lainnya yang dapat Anda nikmati saat menjelajahi destinasi Telaga Saat Puncak. Anda bisa mencoba camping, glamping, atau outbond untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan saat menjelajahi Bogor. Selain itu, terdapat berbagai wahana menarik yang bisa Anda nikmati saat berlibur, seperti perahu wisata, cano, ATV, berkuda, dan lainnya.

Piknik

Para wisatawan diperbolehkan untuk melakukan piknik di sekitar kawasan Telaga Saat dengan catatan tetap menjaga kenyamanan wisatawan lain dan menjaga kebersihan area tersebut. Jadi, jika kamu tidak membawa tikar, tidak perlu kecewa karena tersedia layanan penyewaan tikar dengan harga Rp 10.000 untuk seharian.

Selama piknik, pastikan kamu membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan area sekitar. Ini akan membantu menjaga keindahan dan kebersihan Telaga Saat agar tetap terjaga untuk dinikmati oleh pengunjung lainnya.

Nikmati momen piknik yang menyenangkan dengan keluarga dan teman-teman, sambil menikmati pemandangan yang indah dan udara segar yang ditawarkan oleh kawasan ini.

Naik perahu

Kamu harus mencoba naik kano bersama si kecil ketika berkunjung ke Telaga Saat. Namun, selalu ingat untuk memberikan pengawasan ekstra pada si kecil. Biarkan mereka merasakan kegembiraan mendayung perahu di tengah air danau yang jernih. Mereka juga akan menikmati pemandangan indah gunung dan perkebunan teh yang terlihat dari tengah telaga.

Pastikan untuk selalu mematuhi aturan keamanan dan petunjuk dari operator perahu. Gunakan pelampung keselamatan yang disediakan dan ikuti instruksi dengan seksama. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keberadaan si kecil dan menjaga mereka agar tetap aman selama berada di perahu.

Nikmati pengalaman yang menyenangkan dan seru ini bersama si kecil, sambil mengeksplorasi keindahan Telaga Saat dari tengah air. Ini akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi mereka dan memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Spot Foto

Menikmati Keindahan Telaga Saat di Puncak Bogor
Menikmati Keindahan Telaga Saat di Puncak Bogor

Ketika berada di sekitar Telaga Saat, ada banyak momen yang indah yang bisa kamu abadikan dalam foto. Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam dari sekitar danau, mengunjungi kebun teh untuk mendapatkan latar belakang yang menarik, dan berjalan di tengah jembatan gantung untuk mendapatkan foto yang keren.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen tersebut dengan kamera atau smartphonemu. Terdapat juga gazebo di sekitar Telaga Saat yang bisa kamu gunakan untuk berteduh sambil menikmati panorama yang tak akan bisa kamu lupakan. Pastikan untuk memotret dengan sudut yang menarik dan menjaga keindahan alam sekitar.

Dengan mengabadikan momen-momen tersebut, kamu dapat memiliki kenangan yang indah dari kunjunganmu dan dapat membaginya dengan teman dan keluarga.

Tempat ini menawarkan berbagai spot foto eksotis yang sangat mudah ditemukan. Setiap sudutnya memiliki keindahan tersendiri yang menakjubkan. Ketika Anda pertama kali datang, ada dua reaksi yang mungkin muncul: sibuk memilih spot terbaik karena semuanya bagus, atau terus bernarsis ria tanpa henti.

Anda bahkan tidak perlu melakukan pose yang aneh-aneh karena pemandangannya sudah cukup untuk menghasilkan potret instagenik. Cukup berdiri dengan santai atau berpose sederhana, dan hasilnya akan menarik asalkan Anda memiliki kemampuan fotografi yang memadai dan menggunakan kamera yang baik.

Baik saat cuaca cerah maupun mendung, Anda akan selalu memiliki ide untuk berpose di antara banyaknya alternatif yang tersedia. Ada dermaga kayu yang sedikit menjorok ke dalam telaga, rerumputan hijau yang subur, deretan pohon, bahkan air telaga itu sendiri. Anda tinggal memilih sesuai keinginan karena panorama di sini dapat memanjakan mata.

Ketika hujan turun, Anda dapat memanfaatkan payung sederhana yang justru akan menambah keindahan foto Anda. Anda bisa menampilkan suasana melankolis seolah sedang mengalami kehilangan. Hanya dengan membayangkannya, perasaan antusias sudah terpicu. Lebih lanjut, tempat ini sangat cocok sebagai lokasi foto prewedding yang memukau.

Prewedding

Telaga Saat menawarkan pemandangan eksotis yang sangat cocok untuk sesi foto pre-wedding yang romantis. Dengan latar belakang yang indah, Telaga Saat memberikan sentuhan alam yang memukau untuk mengabadikan momen spesial bersama pasangan.

Dalam sesi foto pre-wedding, kamu dapat memanfaatkan keindahan alam sekitar Telaga Saat sebagai latar belakang yang menakjubkan. Pemandangan danau yang jernih, perbukitan yang menghijau, serta kebun teh yang melingkupi akan memberikan sentuhan keindahan yang tak terlupakan dalam foto-foto kalian.

Pastikan untuk bekerja sama dengan fotografer profesional untuk menghasilkan foto-foto yang menawan dan menggambarkan kisah cinta kalian dengan sempurna. Jadikan Telaga Saat sebagai latar yang memukau untuk menciptakan foto pre-wedding yang indah dan romantis.

Dengan memilih Telaga Saat sebagai lokasi sesi foto pre-wedding, kamu dan pasangan akan memiliki kenangan yang tak terlupakan dan foto-foto yang mempesona sebagai pengingat perjalanan menuju pernikahan kalian.

Camping

Di sekitar Telaga Saat, terdapat fasilitas gazebo yang disediakan untuk istirahat. Wisatawan dapat menikmati panorama danau dengan berlama-lama di sini. Pemandangan matahari terbenam juga merupakan momen yang sayang untuk dilewatkan.

Namun, sayangnya, tidak ada penginapan di dekat area, dan kegiatan berkemah tidak diizinkan di sana. Namun, jangan khawatir, Anda masih bisa bermalam di dekat danau.

Di sisi selatan, terdapat campground bernama Wisata Javana Sehat. Area ini dilengkapi dengan fasilitas toilet yang bersih untuk mendukung kegiatan berkemah. Tempat ini memiliki suasana yang sejuk dan nyaman. Pengunjung hanya perlu membawa perlengkapan berkemah sendiri dari rumah untuk menginap di sana.

Jika kamu tertarik untuk berkemah, terdapat beberapa spot kemah yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah Camp Javana yang berjarak sekitar 100 meter dari Telaga. Selain itu, ada juga Camp Gunung Luhur yang dapat menjadi pilihan.

Namun, ketika kamu memutuskan untuk berkemah, pastikan untuk membawa perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Karena udara di malam hari di daerah tersebut cenderung cukup dingin, penting untuk mempersiapkan perlengkapan yang dapat menjaga kehangatan, seperti sleeping bag, jaket, dan peralatan lainnya.

Selalu pastikan untuk memperhatikan keselamatan saat berkemah, termasuk mematikan api unggun dengan benar, membuang sampah pada tempatnya, dan mengikuti aturan yang berlaku di area kemah tersebut.

Dengan persiapan yang matang dan menjaga keselamatan, kamu dapat menikmati pengalaman berkemah yang menyenangkan.

Melukis

Bagi Anda yang memiliki bakat di bidang seni lukis, Telaga Saat adalah tempat yang sempurna untuk menguji kemampuan Anda. Dengan adanya berbagai spot menarik di sekitar telaga, Anda tidak akan kesulitan menemukan objek yang cocok sebagai subjek lukisan. Jika memungkinkan, menggunakan tablet sebagai alat lukis bisa menjadi pilihan yang lebih praktis sehingga Anda tidak perlu repot membawa peralatan lukis seperti kanvas dan cat. Dengan melukis, Anda dapat menggambarkan keindahan alamnya dengan sentuhan seni Anda sendiri.

Olahraga

Di kawasan Telaga Saat, para pengunjung diperbolehkan untuk melakukan aktivitas lari sebagai bentuk olahraga. Dengan pemandangan alam yang indah dan udara segar, berlari dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Namun, perlu diingat bahwa kegiatan olahraga lain seperti bersepeda tidak diperbolehkan di kawasan ini. Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor keamanan dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Jadi, jika kamu ingin melakukan aktivitas olahraga, pastikan untuk fokus pada kegiatan lari dan tetap mengikuti aturan yang berlaku. Selalu perhatikan keselamatan diri dan hindari merusak lingkungan sekitar.

Spot Mancing

Merupakan salah satu tempat yang populer bagi para penggemar mancing. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar dan sekaligus menikmati aktivitas mancing yang menyenangkan. Beberapa spot mancing yang bisa dijajal di Telaga Saat Puncak antara lain:

  1. Spot mancing di tepi telaga: Pengunjung dapat memilih spot mancing di tepi telaga yang terdapat di sekitar area camping atau sepanjang jalur jogging. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dan menunggu ikan yang menggigit umpan.
  2. Spot mancing dari perahu: Menyediakan perahu karet atau perahu rakit yang bisa digunakan untuk mancing di tengah telaga. Pengunjung dapat menikmati sensasi mancing yang berbeda sambil menikmati pemandangan alam sekitar.
  3. Dermaga: Terdapat dermaga atau pelabuhan kecil yang menjadi tempat favorit para pemancing. Anda dapat memilih tempat di dermaga untuk melemparkan umpan dan menunggu ikan yang tertarik.

Beberapa jenis ikan yang bisa didapatkan antara lain ikan nila, ikan mujair, dan ikan mas. Namun, sebelum memulai aktivitas mancing, pastikan untuk mematuhi peraturan yang berlaku dan memperoleh izin dari pihak pengelola. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Keunikan Daya Tarik

Eksplorasi Alam dan Kesenangan di Telaga Saat
Eksplorasi Alam dan Kesenangan di Telaga Saat

Sebagai permata tersembunyi di daerah Puncak, Telaga Saat merupakan sebuah danau alami yang indah, dikelilingi oleh perkebunan teh. Kawasan wisata ini terkenal karena keindahan alamnya yang mempesona, udara sejuk, dan suasana teduh yang jarang ditemukan di daerah perkotaan.

Bayangkan keindahan tempat wisata ini yang terletak di daerah perbukitan dan perkebunan teh, dengan pohon-pohon yang rindang dan suasana yang diselimuti oleh kabut.

Ketika kamu tiba di gerbang Telaga Saat, kamu dapat memarkir mobil dan kemudian melanjutkan perjalanan sejauh 1,4 km dengan berjalan kaki untuk menikmati udara segar. Namun, perlu diakui bahwa jalanan menuju Telaga Saat mungkin tidak dalam kondisi yang baik.

Melalui laman Instagram resmi @telagasaatpuncak, dijelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh fakta bahwa jalanan yang dekat dengan perkebunan teh tidak dapat diaspal, karena salah satu persyaratan perkebunan teh adalah menjaga kesterilan dari jalan beraspal.

Oleh karena itu, untuk keamanan dan kenyamananmu, mungkin kamu perlu menggunakan kendaraan yang cukup kuat dan tinggi untuk melewati jalanan yang mungkin licin, berlumpur, atau berbatu. Namun, jangan khawatir, terdapat kendaraan jeep khusus yang dapat disewa dan siap mengantarmu dalam petualangan menjelajahi jalanan menuju Telaga Saat.

Di kawasan, terdapat berbagai aktivitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Salah satunya adalah trekking keliling danau, yang memungkinkan wisatawan untuk menjelajahi sekitar danau dengan berjalan kaki. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan kawasan ini sebagai tempat untuk berlari atau bersepeda santai.

Piknik juga menjadi kegiatan rekreasi populer. Wisatawan diperbolehkan membawa perlengkapan piknik mereka sendiri dari rumah. Jika kurang makanan, tersedia juga warung makan dengan menu sederhana seperti mi instan hangat dan gorengan.

Telaga Saat juga menawarkan wahana rakit. Rakit ini dapat menampung hingga enam orang penumpang. Wisatawan dapat naik rakit dan menjelajahi setiap sudut danau.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaik dengan foto di tulisan ‘0 Kilometer Ciliwung’. Jika tidak ingin repot, tersedia jasa fotografi dengan tarif terjangkau bagi mereka yang ingin mendapatkan hasil foto yang lebih baik. Bahkan, Telaga Saat sering digunakan sebagai lokasi pengambilan foto pre-wedding yang romantis.

Diselimuti Kabut Tipis

Pemandangan yang paling menarik adalah saat kabut tipis menyelimuti area tersebut. Kabut ini menjadi daya tarik yang dicari oleh banyak wisatawan karena memberikan kesan misterius dan menawan pada saat yang sama. Bayangkan berpose di tengah hutan dengan kabut tipis yang mengelilingi Anda. Telaga Saat Bogor menawarkan beragam tema fotografi yang menarik.

Kabut tersebut sebenarnya tidak berbahaya karena muncul akibat suhu udara yang rendah. Mengingat lokasi telaga yang berada di antara kebun teh dan hutan lindung, kehadiran kabut ini menjadi hal yang wajar. Namun, Anda disarankan untuk membawa jaket atau pakaian hangat lainnya untuk menghangatkan tubuh Anda.

Keindahan Alam

Telaga Saat Puncak Destinasi Wisata Alam Terfavorit
Telaga Saat Puncak Destinasi Wisata Alam Terfavorit

Telaga Saat merupakan destinasi wisata danau alami yang terletak di kawasan Puncak, tepatnya di Desa Tugu Utara, Cisarua. Tempat ini masih jarang diketahui oleh banyak orang, namun menawarkan pengalaman yang berbeda dan menarik.

Memiliki keindahan panorama yang memukau. Terletak di tengah perkebunan teh, danau ini memberikan suasana yang alami dan menenangkan. Pemandangan di sekitarnya juga dikelilingi oleh perbukitan yang menawarkan pemandangan yang menyegarkan mata.

Berwisata di Telaga Saat adalah pilihan yang tepat untuk mereka yang mencari ketenangan dan kedamaian alam. Anda dapat menikmati suasana danau yang alami sambil menikmati keindahan perkebunan teh yang melingkupinya.

Tempat ini adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menjauh sejenak dari kehidupan perkotaan dan merasakan kedamaian alam yang menenangkan.

Telaga Saat adalah sebuah danau alami yang memiliki luas setidaknya 1,5 hektar. Danau ini memiliki kedalaman dangkal dan merupakan titik awal atau titik 0 kilometer dari Sungai Ciliwung. Air dari danau ini mengalir ke berbagai anak sungai yang pada akhirnya bertemu menjadi satu sungai yang mengalir hingga ke Jakarta.

Sebagai sumber utama sungai, kondisi Telaga Saat tentu sangat berbeda dengan bagian hilir sungai. Jika Sungai Ciliwung terkenal dengan masalah sampah yang melimpah, Telaga Saat justru sebaliknya. Airnya sangat jernih, dingin, dan bersih. Pemandangan di sekitarnya begitu menyegarkan mata dan pikiran.

Kejernihan permukaan danau ini bahkan memantulkan bayangan pepohonan yang ada di sekitarnya. Pemandangan yang indah ini disertai dengan udara segar dari dataran tinggi yang bersih dan sejuk. Siapapun pasti akan betah untuk menatap keindahannya dalam waktu yang lama.

Perkebunan Teh

Perkebunan Teh Telaga Saat adalah area perkebunan teh yang terletak di sekitar danau, menambah keasrian suasana di sekitarnya. Lokasinya sebenarnya tidak terlalu tersembunyi, tetapi tempat wisata ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2018. Meskipun demikian, situasinya masih relatif sepi dibandingkan dengan tetangganya yang lebih terkenal, yaitu Telaga Warna. Namun, pemandangan di sini tak kalah indahnya.

Terletak di tengah area perkebunan teh yang dimiliki oleh Perhutani. Untuk mencapai Telaga Saat, pengunjung harus melewati jalan makadam yang berbatu di antara kebun teh. Ketika memasuki area danau, terdapat jalan beraspal yang baru.

Perjalanan menuju Telaga Saat melalui jalan yang berbatu memberikan pengalaman petualangan tersendiri sebelum akhirnya sampai di area perkebunan teh yang menawan. Keberadaan perkebunan teh ini semakin menambah keindahan alam dan suasana alami.

Jembatan Gantung

Salah satu atraksi menarik lainnya di tempat wisata ini adalah jembatan gantung. Saat Anda melewati jembatan gantung ini, Anda akan merasakan sensasi yang mendebarkan karena di bawah jembatan terdapat telaga yang airnya mengalir.

Jika Anda ingin mendapatkan foto-foto berkualitas, Anda dapat meminta bantuan dari fotografer yang tersedia di sana. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan jasa fotografer ini biasanya membutuhkan biaya dengan tarif tertentu.

Jika Anda ingin menghemat biaya, Anda dapat mengambil foto-foto dengan menggunakan smartphone atau kamera pribadi Anda sendiri.

Balon Udara

Anda bisa merasakan pengalaman seru lainnya dengan mengunjungi salah satu spot wisata favorit di tempat ini, yaitu wahana balon udara. Anda dapat menaiki balon udara ini untuk mendapatkan foto-foto yang menarik.

Tidak sulit untuk naik ke wahana ini karena sudah disediakan anak tangga yang memudahkan wisatawan untuk naik ke dalam kabin balon udara.

Dengan berada di wahana ini, hasil foto Anda akan menjadi lebih estetik karena menampilkan visual balon udara yang besar dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Ayunan

Tersedia juga wahana ayunan yang tidak biasa di tempat ini, yang memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan dengan ayunan biasa.

Saat Anda berayun dengan wahana ini, Anda akan dapat menikmati pemandangan indah dari bukit dan melihat keindahan seluruh area di sekitarnya dari ketinggian wahana ayunan ini.

Sunrise Dan Sunset

Menawarkan pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) yang memukau. Dua momen indah ini sangat sayang untuk dilewatkan saat mengunjungi Telaga Saat. Berikut adalah informasi mengenai sunrise dan sunset:

Sunrise: Untuk menikmati sunrise, disarankan untuk datang lebih pagi, sekitar 5:30-6:00 pagi. Saat matahari terbit, langit akan dipenuhi dengan warna-warna indah yang menciptakan pemandangan yang memukau di sekitar telaga. Anda dapat memilih spot yang strategis di sekitar telaga atau di dermaga untuk menyaksikan matahari terbit.

Sunset: Untuk menikmati sunset, disarankan untuk datang sekitar 5:30-6:00 sore, tergantung pada waktu matahari terbenam. Saat matahari mulai terbenam, langit akan dihiasi dengan warna-warna yang indah dan menciptakan suasana romantis. Spot-spot di tepi telaga atau di dermaga dapat menjadi tempat yang bagus untuk menikmati pemandangan sunset yang spektakuler.

Pastikan Anda membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah saat matahari terbit atau terbenam. Selalu perhatikan kondisi cuaca dan waktu terbit/terbenam matahari agar Anda tidak melewatkan momen ini yang akan meninggalkan kesan tak terlupakan.

Kuliner Tempat Makan

Di sekitar kawasan Telaga Saat, terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk pengunjung. Warung-warung ini biasanya menawarkan hidangan lokal yang lezat dan minuman segar. Anda dapat mencicipi hidangan seperti mi instan, nasi goreng, bakso, dan makanan ringan lainnya.

Warung-warung ini juga biasanya menyediakan tempat duduk atau meja di sekitar area, sehingga Anda dapat menikmati hidangan Anda sambil menikmati pemandangan dan suasana sekitar.

Pastikan untuk mencoba beberapa hidangan lokal khas Bogor yang tersedia di warung-warung ini untuk merasakan cita rasa autentik daerah tersebut. Jangan lupa untuk mencicipi minuman segar seperti es teh atau es jeruk untuk menyegarkan diri setelah beraktivitas.

Selalu perhatikan kebersihan dan keamanan saat makan di warung-warung tersebut. Pastikan makanan yang Anda pilih segar dan diolah dengan baik.

Penginapan

Di kawasan Telaga Saat, terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat kamu pertimbangkan untuk menghabiskan waktu liburan yang lebih lama. Berikut beberapa jenis penginapan yang tersedia:

  1. Villa atau Rumah Sewa: Terdapat beberapa villa atau rumah sewa yang dapat disewa untuk menginap bersama keluarga atau teman-teman. Biasanya villa ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan taman.
  2. Home Stay: Ada juga opsi home stay yang bisa kamu pilih. Home stay biasanya menawarkan pengalaman menginap di rumah penduduk setempat. Kamu bisa merasakan kehidupan sehari-hari dan budaya lokal.
  3. Resort atau Hotel: Terdapat beberapa resort atau hotel yang berlokasi di dekat Telaga Saat. Kamu dapat memilih penginapan yang sesuai dengan preferensi dan anggaranmu. Resort atau hotel ini biasanya menyediakan fasilitas lengkap seperti kamar tidur, restoran, kolam renang, dan spa.

Pastikan untuk melakukan reservasi penginapan terlebih dahulu sebelum datang, terutama saat musim liburan atau akhir pekan. Periksa juga ulasan dan fasilitas yang disediakan oleh penginapan yang kamu pilih agar sesuai dengan kebutuhanmu selama menginap.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang terletak dekat dengan Telaga Saat di kawasan Puncak Bogor:

  1. The Highland Park Resort Hotel: Hotel ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan fasilitas lengkap seperti kolam renang, spa, restoran, dan ruang pertemuan. Jaraknya sekitar 2,5 km.
  2. Royal Safari Garden Resort & Convention: Resort ini memiliki taman safari mini, kolam renang, dan berbagai kegiatan keluarga. Jaraknya sekitar 3 km.
  3. Pesona Alam Resort & Spa: Resort ini menawarkan akomodasi yang nyaman dengan pemandangan pegunungan yang indah. Fasilitas yang disediakan antara lain kolam renang, restoran, dan spa. Jaraknya sekitar 4 km.
  4. Pesona Alam The Jungle Adventure: Hotel ini terletak di kawasan hutan dengan suasana yang alami dan tenang. Fasilitas yang tersedia meliputi kolam renang, restoran, dan kegiatan petualangan. Jaraknya sekitar 4,5 km.

Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dan memeriksa ketersediaan kamar di hotel yang kamu pilih. Selalu perhatikan ulasan dan fasilitas yang ditawarkan untuk memastikan pengalaman menginap yang menyenangkan.

Wisata Sekitar

Selain Telaga Saat, terdapat beberapa tempat wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi di sekitar kawasan Puncak Bogor. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Taman Safari Indonesia: Taman safari ini menyajikan pengalaman melihat berbagai hewan liar dari dalam kendaraan. Kamu bisa berinteraksi dengan berbagai satwa, menonton pertunjukan, dan menikmati wahana air. Jaraknya sekitar 6 km.
  2. Kebun Raya Cibodas: Tempat ini merupakan kebun botani yang luas dengan berbagai jenis tanaman langka dan endemik. Kamu dapat menjelajahi kebun raya sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam yang indah. Jaraknya sekitar 7 km.
  3. Taman Wisata Matahari: Tempat ini adalah taman hiburan dengan berbagai atraksi dan wahana seru seperti roller coaster, water park, dan taman bermain anak-anak. Jaraknya sekitar 8 km
  4. Gunung Gede Pangrango National Park: Taman nasional ini menawarkan trekking dan hiking yang menantang dengan pemandangan alam yang spektakuler. Kamu dapat menjelajahi keindahan alam, air terjun, dan puncak Gunung Gede. Jaraknya sekitar 20 km.

Pastikan untuk memeriksa jam operasional, harga tiket, dan persyaratan lainnya sebelum mengunjungi tempat-tempat tersebut. Selamat menikmati liburan di Puncak Bogor!

Tips

Wisata Telaga Saat Puncak merupakan sebuah danau alami yang sering kali diselimuti kabut indah di kawasan Puncak Bogor. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuatnya awalnya hanya dikenal oleh sedikit orang.

Telaga ini terletak di balik rangkaian perbukitan hijau dan perkebunan teh yang luas. Nama Telaga Saat mulai populer sekitar tahun 2018, tepatnya pada tanggal 28 Oktober ketika objek wisata alam ini resmi dibuka.

Salah satu keistimewaan Telaga Saat Puncak adalah panorama alamnya yang lengkap, dengan pemandangan gunung, bukit, perkebunan teh, dan petak-petak sawah yang dimiliki oleh penduduk setempat.

Suasana di sekitar telaga sangat sejuk, dan pemandangannya begitu asri dan alami. Hal ini menjadi pemandangan yang jarang ditemui oleh wisatawan kota.

Karena alasan tersebut, banyak orang yang rela menggunakan paket wisata Bogor dengan harga terjangkau khusus untuk mengunjungi tempat ini.

Pemandangan alam juga semakin menarik saat kabut mulai turun di sekitar telaga. Permukaan air telaga yang samar-samar akan bergelombang lembut saat terkena angin gunung. Momen ini jarang dialami oleh wisatawan kecuali mereka yang hadir di sini sejak pagi buta.

Agar perjalanan liburan ke Kebun Teh Telaga Saat menjadi lebih berkualitas dan menyenangkan, ada beberapa tips wisata yang dapat Anda pertimbangkan sebagai referensi:

  1. Pilih waktu terbaik untuk menghabiskan hari libur, yaitu di pagi hari. Datanglah saat cuaca cerah agar aktivitas liburan menjadi lebih menyenangkan dan berkualitas saat menjelajahi wisata Bogor ini.
  2. Persiapkan uang lebih saat berwisata dan pastikan Anda membawa kamera untuk berburu foto-foto di spot terbaik.
  3. Ajak teman, sahabat, atau keluarga untuk perjalanan liburan agar pengalaman menjadi lebih menyenangkan dan bisa berbagi kenangan bersama.
  4. Jaga keindahan alam Telaga Saat Puncak Bogor dengan tidak merusak atau membuang sampah sembarangan. Tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan saat menjelajah destinasi ini.
  5. Manfaatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman liburan yang seru di Bogor dengan menjelajahi berbagai tempat wisata murah dan terbaru yang ditawarkan.
  6. Jangan lupa untuk mengunjungi Bendungan Saat, salah satu wisata baru yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat berlibur ke Bogor.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, diharapkan perjalanan liburan Anda ke Kebun Teh Telaga Saat akan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

Kekurangan

Seperti halnya destinasi wisata lainnya, Telaga Saat Puncak juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa hal yang dapat dianggap sebagai kekurangan:

  1. Infrastruktur Jalan: Akses jalan masih tergolong kurang baik, terutama bagi kendaraan non-offroad. Jalanan yang berbatu, berlumpur, atau curam dapat menjadi tantangan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini.
  2. Fasilitas Umum: Meskipun terdapat beberapa fasilitas seperti toilet, gazebo, dan warung makan, namun fasilitas umum mungkin tidak sebanyak atau se lengkap di tempat wisata lain. Wisatawan perlu mempersiapkan diri dengan membawa perlengkapan pribadi yang cukup.
  3. Kepadatan Pengunjung: Pada hari-hari libur atau akhir pekan, Telaga Saat Puncak dapat menjadi sangat ramai dengan kunjungan wisatawan. Kepadatan pengunjung dapat mempengaruhi pengalaman wisata dan membuat beberapa spot menjadi lebih sulit untuk dinikmati dengan tenang.
  4. Kurangnya Penginapan: Meskipun terdapat beberapa penginapan, namun jumlahnya mungkin terbatas. Jika kamu berencana untuk menginap, sebaiknya memesan penginapan dengan waktu yang cukup di muka.
  5. Perubahan Harga Tiket: Harga tiket masuk dan tarif fasilitas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pastikan untuk memperbarui informasi terkini sebelum mengunjungi tempat ini.

Meskipun memiliki kekurangan-kekurangan tersebut, Telaga Saat Puncak tetap menawarkan keindahan alam yang menarik dan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi para pengunjungnya. Dengan perencanaan yang baik dan pemahaman mengenai kondisi di tempat tersebut, kamu dapat menikmati liburan yang berkesan.

FAQ

Q: Apa yang membuat Telaga Saat Puncak Bogor menjadi tempat wisata yang menarik? A: Menawarkan pesona alam yang indah, dengan telaga alami yang dikelilingi oleh perkebunan teh dan perbukitan hijau. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang menjadikan tempat ini cocok untuk refreshing dari kepenatan kehidupan sehari-hari.

Q: Apa saja fasilitas yang tersedia di Telaga Saat Puncak Bogor? A: Menyediakan fasilitas seperti area parkir kendaraan, warung makan, spot foto instagenic, penginapan, wahana permainan, camping ground, mushola, toilet, gazebo, dan tempat duduk wisata.

Q: Berapa harga tiket masuk Telaga Saat Puncak Bogor? A: Harga tiket masuk adalah Rp10.000 per orang. Selain itu, terdapat juga tiket masuk kombinasi dengan obyek wisata lain seperti Kebun Teh dengan harga Rp15.000 dan Telaga Warna dengan harga Rp10.000.

Q: Apa jam operasional Telaga Saat Puncak Bogor? A: Buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 18.00 WIB.

Q: Apakah ada penginapan di sekitar Telaga Saat Puncak Bogor? A: Ya, terdapat beberapa penginapan. Kamu dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai penginapan tersebut melalui situs perjalanan online atau langsung menghubungi pengelola wisata.

Q: Apakah ada larangan atau aturan tertentu yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Telaga Saat Puncak Bogor? A: Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan, tidak merusak lingkungan, dan mematuhi aturan yang berlaku. Selain itu, beberapa aktivitas seperti bermain sepeda tidak diperbolehkan, dan olahraga yang diizinkan hanya lari.

Q: Apa yang dapat dilakukan di sekitar Telaga Saat Puncak Bogor? A: Di sekitar, kamu dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan, berfoto di spot eksotis, mencoba aktivitas perahu atau kano, berpiknik, atau sekadar menikmati udara sejuk dan pemandangan yang menenangkan.

Q: Bagaimana cara menuju Telaga Saat Puncak Bogor dari Jakarta? A: Dari Jakarta, kamu dapat menggunakan rute melalui Tol Jagorawi – Jalan Labuan-Cianjur – Jalan Raya Ciawi-Cianjur – Jalan Raya Puncak-Gadog – Cisarua – Telaga Saat Puncak Bogor. Jarak tempuhnya sekitar 79 Km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam tergantung dari kondisi lalu lintas.

Q: Apakah Telaga Saat Puncak Bogor ramai dikunjungi? A: Dapat menjadi ramai dikunjungi terutama pada hari-hari libur atau akhir pekan. Untuk menghindari kepadatan pengunjung, disarankan untuk mengunjungi tempat ini di hari biasa atau dalam jam-jam yang tidak terlalu ramai.

Q: Apakah harga tiket masuk Telaga Saat Puncak Bogor dapat berubah? A: Ya, harga tiket masuk dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pastikan untuk memperbarui informasi terkini sebelum mengunjungi tempat ini.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News