Menikmati Kesejukan New Selo: Destinasi Wisata Favorit di Boyolali

Destinasi wisata New Selo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, memancarkan pesona alam yang memikat dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Terletak di kaki Gunung Merapi, tempat ini menjadi tempat yang populer dengan kombinasi indahnya pemandangan alam dan kesejukan udara.

New Selo dikelilingi oleh dua gunung berapi megah, yakni Merapi dan Merbabu, menciptakan lanskap yang tak terlupakan. Keindahan alam ini tidak hanya menciptakan panorama yang menakjubkan, tetapi juga memberikan kesejukan udara yang menyegarkan. Tidak mengherankan jika tempat ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Meskipun merupakan sebuah kota kecil, Boyolali berhasil menarik perhatian para pengunjung dengan menyajikan New Selo sebagai primadona wisata. Tempat ini telah menjadi sorotan di Provinsi Jawa Tengah dan bahkan mendapat apresiasi dari seantero Nusantara.

Salah satu daya tarik utama New Selo adalah pendakian Gunung Merapi. Bagi para petualang, pengalaman mendaki gunung ini dari New Selo akan memberikan tantangan yang memuaskan. Selain itu, fasilitas dan infrastruktur pendukung wisata di sekitar New Selo turut menambah kenyamanan pengunjung yang berkunjung.

New Selo tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menciptakan pengalaman wisata yang lengkap. Adanya objek wisata ini menjadi bukti bahwa pesona alam dan keanekaragaman destinasi wisata di Indonesia terus menjadi daya tarik yang tak ternilai.

Bagi mereka yang mencari ketenangan, petualangan, dan keindahan alam yang memesona, New Selo di Kabupaten Boyolali adalah destinasi yang patut dipertimbangkan. Sebuah tempat di mana keelokan alam dan kehangatan lokalitas bersatu, menciptakan pengalaman wisata yang tak terlupakan di tengah keindahan Jawa Tengah.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional New Selo, Boyolali

Harga Tiket Masuk:

  • Tiket Masuk: Rp3.000

Catatan:

  • Harga tiket masuk sangat terjangkau, memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alam New Selo dengan biaya yang minim.

Fasilitas Tambahan:

  • Pick up tersedia untuk disewa, tetapi tidak termasuk dalam harga tiket masuk.
  • Penggunaan pick up bersifat opsional, dan biaya penggunaannya harus dibayar secara terpisah.

Jam Operasional:

  • Objek wisata New Selo buka sepanjang hari.
  • Pengunjung umumnya datang pada pagi hingga sore hari untuk menikmati pemandangan hijaunya gunung, yang tampak indah terutama pada kondisi cuaca cerah.

Catatan:

  • Meskipun buka 24 jam, waktu kunjungan yang disarankan adalah pada pagi hingga sore untuk menikmati keindahan alam dengan optimal.

Dengan harga tiket yang terjangkau dan jam operasional yang fleksibel, New Selo di Boyolali menawarkan pengalaman wisata yang ramah pengunjung. Disertai dengan pemandangan alam yang memukau, tempat ini menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari petualangan dan ketenangan di tengah keindahan Jawa Tengah.

Alamat Rute Lokasi

Akses Menuju New Selo Baru: Lokasi Strategis di Antara Perbukitan Boyolali

Selo Baru, destinasi pariwisata yang terletak di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, memanjakan pengunjung dengan keindahan perbukitan dan kenyamanan akses. Berikut adalah informasi mengenai cara mencapai Selo Baru:

  1. Lokasi:
    • Selo Baru terletak di Dusun III, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kawasan ini menawarkan pemandangan perbukitan yang memukau dan udara segar.
  2. Jarak dari Kota Boyolali:
    • Tempat ini berjarak kurang lebih 23 kilometer dari Alun-alun Kota Boyolali. Dengan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mencapai Selo Baru dalam waktu sekitar 30 menit.
  3. Akses Kendaraan:
    • Selo Baru dapat dijangkau melalui kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Rute perjalanan cukup mudah, memberikan fleksibilitas kepada pengunjung untuk memilih cara terbaik sesuai kebutuhan mereka.
  4. Rute Perjalanan:
    • Jika Anda berasal dari luar Kota Boyolali, arahkan perjalanan menuju Kabupaten Boyolali dan kemudian ke Kecamatan Selo. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Desa Selo untuk mencapai destinasi wisata Selo Baru.

Dengan lokasi yang strategis dan rute perjalanan yang mudah diakses, New Selo Baru menjadi pilihan ideal bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam perbukitan di Boyolali, Jawa Tengah.

Daya Tarik

Selo, sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Merapi bagian Utara dan Gunung Merbabu bagian Selatan, menawarkan pesona alam yang memikat di tengah keindahan pegunungan. Meskipun secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali, Selo menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang mencari pengalaman unik di lereng dua gunung berapi terkenal.

Desa ini sering dijadikan jalur alternatif menuju puncak Gunung Merapi, terutama ketika gunung tersebut dalam keadaan tidak aktif. Namun, kehidupan desa ini tidak hanya terbatas pada fungsi sebagai jalur pendakian. Selo menyajikan berbagai objek wisata menarik, menjadikannya destinasi yang menarik untuk dieksplorasi.

Salah satu objek wisata yang menonjol di Selo adalah New Selo Baru, sebuah pos pengamatan Gunung Merapi. Dari sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan spektakuler gunung berapi yang menakjubkan. Meskipun beberapa objek wisata di desa ini mengalami kerusakan akibat erupsi Merapi pada tahun 2010, Pemerintah Daerah setempat telah memulai pembangunan kembali dengan merujuk pada masterplan wisata SSB (Solo-Selo-Borobudur).

Tahap pertama pembangunan fokus pada perbaikan bangunan wisata yang paling parah terdampak. Merapi Theater, Joglo, dan jembatan gantung adalah beberapa contoh yang mendapat perhatian khusus dalam upaya pemulihan. Setelah selesai, Selo mengalami transformasi signifikan, memperoleh wajah baru yang lebih menarik.

Yang lebih menarik, destinasi wisata di desa ini semakin bertambah. Adanya spot foto di beberapa titik lokasi menambah daya tarik wisata Selo. Pengunjung dapat merasakan keindahan alam sekaligus mengabadikan momen berharga mereka di tempat ini.

See also  Argowisata Bale Tani Jombang, Wisata Edukasi dan Rekreasi Keluarga

Dengan upaya pembangunan pasca bencana alam, Selo tidak hanya menjadi destinasi wisata yang indah tetapi juga merupakan contoh nyata ketangguhan dan ketahanan masyarakat setempat. Keberlanjutan pembangunan dan pengembangan objek wisata di Selo diharapkan akan terus memikat hati para pengunjung dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pariwisata di wilayah ini.

Pemandangan 7 Tujuh Gunung

Berfoto dengan latar belakang gunung di New Selo tidak hanya menjadi pengalaman menyenangkan tetapi juga mempersembahkan pemandangan alam yang spektakuler. Desa ini dikelilingi oleh tujuh gunung yang menambah daya tarik wisatawan yang mencari keindahan alam dan kesegaran udara.

Keberadaan Gunung Merapi dan Merbabu sebagai latar belakang utama memberikan pengunjung pilihan yang luar biasa. Kedua gunung ini tidak hanya besar tetapi juga jelas terlihat, menjadi daya tarik utama bagi mereka yang ingin mengabadikan momen indah mereka di New Selo. Kedekatan lokasi New Selo dengan Gunung Merapi dan Merbabu memungkinkan pengunjung mendapatkan pandangan yang relatif dekat dan menawan.

Selain itu, keunikan New Selo terletak pada fakta bahwa desa ini dikelilingi oleh tujuh gunung sekaligus, menciptakan lanskap yang mempesona. Gunung-gurun seperti Lawu di Karanganyar, Sindoro dan Sumbing, Telomoyo, serta Gunung Slamet menambah keragaman pilihan latar belakang untuk foto yang sempurna.

Pemandangan semakin memukau saat awan tipis atau kabut menutupi area gunung. Puncak Gunung Merapi mungkin kadang-kadang tersembunyi di balik awan putih yang tebal, tetapi ini justru memberikan sentuhan artistik pada hasil foto. Bagian bawah gunung tetap memancarkan keindahan dengan hijaunya hutan dan struktur batuan yang terlihat. Awan dan kabut tipis ini menciptakan nuansa magis, memberikan dimensi ekstra pada pengalaman fotografi di New Selo.

Dengan keindahan alam yang melimpah dan variasi gunung sebagai latar belakang, New Selo tidak hanya memenuhi hasrat fotografi pengunjung tetapi juga memberikan kenangan tak terlupakan dari pesona alam Jawa Tengah yang memukau.

Gardu Pandang

Gardu pandang Oemah Bamboo Merapi di New Selo tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri berkat desainnya yang unik dan ramah lingkungan. Sebagai bangunan yang terbuat dari 3.000-4.000 batang bambu, Oemah Bamboo Merapi menggabungkan keindahan alam dengan estetika arsitektur yang memukau.

Proses pembuatan Oemah Bamboo Merapi melibatkan kerja keras dan perhatian terhadap detail. Batang-batang bambu, yang didatangkan langsung dari wilayah Mekoro, Ampel, menjadi bahan utama yang disusun dengan presisi untuk membentuk struktur bangunan yang kokoh dan menarik. Sebelum dipasang, bambu-bambu ini diobati secara khusus untuk menjaga kekuatan dan daya tahan mereka. Proses penyuntikan obat tidak hanya memperkuat bambu tetapi juga melindunginya dari serangan rayap, memastikan usia bangunan yang lebih tahan lama.

Penggunaan tali ijuk yang kuat menjadi perekat antara satu bambu dengan bambu lainnya, menciptakan jalinan yang indah dan ramah lingkungan. Beberapa bagian bahkan direkatkan dengan paku untuk memastikan kestabilan. Penyangga dari bambu yang dipilih dengan cermat menjamin keamanan dan daya tampung Oemah Bamboo Merapi. Dengan kapasitas untuk menampung 80-100 orang sekaligus, gardu pandang ini menjadi tempat ideal bagi para pengunjung untuk menikmati keindahan alam sekitar.

Selain sebagai destinasi yang unik, Oemah Bamboo Merapi juga menjadi tempat yang “instagramable”, mengundang pengunjung untuk berbagi momen tak terlupakan mereka. Dengan perpaduan antara keindahan alam New Selo dan keunikan arsitektur Oemah Bamboo Merapi, tempat ini menjadi simbol harmoni antara keindahan alam dan kreasi manusia.

Spot Foto

Gardu pandang Oemah Bamboo Merapi menonjolkan keunikan melalui berbagai bentuk yang menarik, menciptakan pengalaman yang berbeda bagi setiap pengunjung. Dengan tiga bangunan utama yang memiliki karakteristik berbeda, Oemah Bamboo Merapi menawarkan variasi pilihan untuk menikmati pemandangan alam sekitar.

  1. Bangunan Lingkaran:
    • Dua bangunan lingkaran menjadi pilihan menarik bagi para pengunjung. Salah satu memiliki atap, memberikan peneduh pada saat-saat terik matahari, sementara yang lainnya tanpa atap, memberikan keleluasaan bagi pengunjung untuk berfoto tanpa halangan. Kebebasan berfoto di bagian yang tidak beratap menciptakan pengalaman yang lebih terbuka dan mendalam dengan pemandangan sekitar.
  2. Bangunan Memanjang:
    • Bangunan yang memanjang menawarkan atap sebagai peneduh, memberikan kenyamanan saat pengunjung ingin beristirahat sejenak. Desain tingkat dari bangunan ini menambah dimensi pada pengalaman pengunjung. Bagian paling atas menjadi titik tertinggi, memberikan pandangan luas dan memukau atas keindahan alam di sekitar.
  3. Jembatan Tembok Besar:
    • Jembatan yang menghubungkan antar gardu pandang menciptakan elemen artistik yang unik. Dengan desain yang memanjang dan terbuat dari bambu, jembatan ini memberikan kesan seperti Tembok Besar China, menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan bagi pengunjung.

Ketiganya bersatu membentuk kompleks gardu pandang yang menarik dan fungsional. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam sekitar, tetapi juga merasakan sentuhan kreatifitas dan keunikan arsitektur bambu yang ramah lingkungan. Oemah Bamboo Merapi tidak hanya menjadi tempat untuk berfoto, tetapi juga destinasi yang mengundang pengunjung untuk meresapi keindahan alam dengan cara yang berbeda dan menyenangkan.

Beragam Aktivitas Outdoor

Jika Anda menggemari tantangan permainan outdoor yang mendebarkan, New Selo Baru di New Selo adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Tempat ini menawarkan serangkaian permainan outdoor yang tidak hanya seru tetapi juga membangun kolaborasi dalam tim.

  1. Flying Fox:
    • Merupakan salah satu permainan yang paling mendebarkan di alam terbuka. Terbang di atas ketinggian dengan kecepatan tinggi, flying fox di Selo Baru memberikan pengalaman yang memacu adrenalin dan pemandangan spektakuler dari ketinggian.
  2. Fun Game:
    • Fun game di Selo Baru menjanjikan keseruan dan tantangan yang menghibur. Permainan ini mungkin melibatkan berbagai tantangan fisik dan mental yang dirancang untuk meningkatkan kerjasama tim.
  3. Outbound:
    • Aktivitas outbound di alam terbuka memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan tim, kepercayaan diri, dan kerja sama. Selo Baru menyediakan berbagai rintangan dan tantangan yang menantang untuk ditempuh bersama-sama.
  4. Outdoor Games Berbasis Teamwork:
    • Selo Baru menawarkan berbagai permainan outdoor berbasis teamwork yang dirancang untuk memperkuat kolaborasi dan komunikasi dalam tim. Ini termasuk tantangan yang mengharuskan tim bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
See also  Petualangan Seru di Wego Lamongan: Wisata Bermain Sambil Belajar

Menghadirkan kombinasi antara kegembiraan dan pembelajaran, permainan outdoor di Selo Baru memberikan pengalaman tak terlupakan bagi individu dan tim. Bagi mereka yang mencari tantangan, petualangan, dan kebersamaan, Selo Baru menjadi destinasi yang cocok untuk mengeksplorasi sisi luar ruangan yang seru dan mendebarkan.

Pertunjukan Kesenian Tradisional

Salah satu keistimewaan yang membedakan New Selo Baru dari tempat wisata lainnya adalah kesempatan bagi wisatawan untuk mendalami dan menikmati kekayaan budaya melalui pementasan-pementasan kesenian tradisional. Di atas panggung, para seniman lokal mempersembahkan beragam pertunjukan yang memikat hati dan menggugah rasa ingin tahu akan kebudayaan tradisional Jawa. Berikut adalah beberapa kesenian tradisional yang dapat dinikmati di desa wisata ini:

  1. Reog Ponorogo:
    • Pertunjukan Reog Ponorogo memukau dengan tarian dan kostum yang megah. Mengandalkan hewan mitologis sebagai elemen pusatnya, Reog Ponorogo adalah salah satu seni tradisional yang penuh warna dan dramatis.
  2. Jatilan:
    • Jatilan merupakan kesenian tradisional yang melibatkan tarian dan pertunjukan kuda lumping. Dengan gerakan lincah dan bersemangat, Jatilan membawa suasana kegembiraan dan keceriaan.
  3. Ketoprak:
    • Pertunjukan Ketoprak adalah gabungan seni drama, tari, dan musik. Cerita yang diangkat seringkali berasal dari cerita rakyat atau epik-epik klasik, menciptakan pengalaman teater yang kaya makna.
  4. Turonggo Seto:
    • Turonggo Seto adalah seni tari tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Dengan gerakan yang anggun dan kostum yang mencolok, Turonggo Seto menyajikan keindahan tarian klasik Jawa.
  5. Tari Prajuritan:
    • Tarian ini mencerminkan keperkasaan dan keberanian, sering kali diinspirasi oleh tema-tema kepahlawanan. Gerakan yang kuat dan dinamis menjadi ciri khas Tari Prajuritan.
  6. Topeng Ireng:
    • Topeng Ireng adalah seni tradisional yang melibatkan pertunjukan topeng. Para penari menggunakan topeng hitam sebagai simbol karakter atau perwatakan dalam setiap pertunjukan.
  7. Upacara Sedekah Bumi:
    • Upacara Sedekah Bumi adalah ritual keagamaan yang melibatkan persembahan dan doa kepada Sang Pencipta. Ini mencerminkan hubungan erat antara manusia dan alam.

Dengan pementasan-pementasan ini, New Selo Baru tidak hanya menjadi destinasi wisata alam tetapi juga menjadi tempat di mana warisan budaya dan seni tradisional hidup dan terus berkembang. Wisatawan dapat merasakan keindahan dan kekuatan nilai-nilai tradisional Indonesia melalui pertunjukan-pertunjukan yang kaya di Desa Wisata Selo Baru.

Agrowisata

New Selo Baru tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga mengajak wisatawan untuk merasakan kekayaan hasil bumi di area pegunungan. Lokasi agrowisata ini didesain khusus untuk keperluan pariwisata, memungkinkan pengunjung untuk mengeksplorasi kebun-kebun yang subur dan beragam jenis sayuran.

Beberapa keunikan dan daya tarik agrowisata di Selo Baru meliputi:

  1. Jenis Sayuran Khas Pegunungan:
    • Agrowisata ini memperkenalkan aneka jenis sayuran khas pegunungan yang tumbuh dengan subur di tanah yang subur. Para wisatawan dapat melihat sendiri proses pertumbuhan dan panen sayuran-sayuran tersebut.
  2. Kebun Milik Warga Lokal:
    • Kebun-kebun yang menjadi bagian dari agrowisata ini adalah milik warga setempat, menciptakan ikatan yang erat antara pariwisata dan komunitas lokal. Ini memberikan pengalaman yang autentik dan mendalam tentang kehidupan sehari-hari masyarakat.
  3. Komoditi yang Laris:
    • Hasil perkebunan ini tidak hanya menjadi daya tarik visual tetapi juga menjadi komoditi yang laris di kalangan para wisatawan. Sayuran segar dari kebun-kebun ini seringkali dibeli sebagai oleh-oleh, menggantikan oleh-oleh khas Solo atau Magelang yang sudah umum.
  4. Buah Tangan dari Alam Pedesaan:
    • Berbelanja sayuran segar sebagai buah tangan bukan hanya memberikan kenikmatan alami tetapi juga mendukung perekonomian lokal. Inilah cara yang baik untuk membawa pulang sejumput keberagaman dari alam pedesaan.

Melalui agrowisata sayur di New Selo Baru, wisatawan dapat terlibat secara langsung dengan kehidupan pedesaan dan mengapresiasi keindahan serta keberagaman hasil bumi yang ditawarkan oleh alam. Pengalaman ini tidak hanya memberikan wawasan tentang pertanian lokal tetapi juga menciptakan ikatan emosional antara wisatawan dan komunitas setempat.

Tuk Babon

Situs Tuk Babon bukan hanya sekadar sumber air bersih bagi masyarakat di sekitar, tetapi juga merupakan destinasi yang memukau dengan keindahan alamnya. Mata air alami ini tidak hanya memberikan manfaat praktis sebagai sumber kehidupan, tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang menarik bagi pengunjung yang mencari keindahan alam yang autentik. Beberapa poin menarik terkait Situs Tuk Babon adalah:

  1. Sumber Air Bersih:
    • Sebagai mata air alami, Situs Tuk Babon menjadi sumber air bersih vital bagi warga Kecamatan Cepogo dan Kecamatan Selo. Peran ini menegaskan pentingnya mata air ini dalam menjaga keberlanjutan kehidupan di sekitarnya.
  2. Spot Foto yang Menawan:
    • Pesona alam sekitar Situs Tuk Babon menciptakan latar belakang yang menawan, menjadikannya spot foto yang populer di kalangan pengunjung. Kombinasi antara air yang jernih, vegetasi hijau, dan elemen alam lainnya menciptakan suasana yang indah untuk diabadikan.
  3. Daya Tarik Pemandangan Alam:
    • Pemandangan alam di sekitar Situs Tuk Babon menciptakan suasana yang damai dan menenangkan. Keberadaan mata air alami ini memberikan elemen alami yang autentik, menarik wisatawan yang mencari pengalaman bersentuhan langsung dengan keindahan alam.
  4. Nilai Ekologis dan Sosial:
    • Selain sebagai destinasi wisata, Situs Tuk Babon memiliki nilai ekologis dan sosial yang tinggi. Ketergantungan masyarakat setempat pada mata air ini memperkuat hubungan harmonis antara manusia dan alam.
See also  Pendakian Gunung Ungaran: Tips dan Info Harga Tiket Terkini

Situs Tuk Babon, dengan keberagamannya sebagai sumber air bersih dan tempat wisata, mencerminkan keindahan alam yang memberikan kontribusi positif bagi kehidupan sehari-hari dan pariwisata di wilayah tersebut. Bagi pengunjung, kunjungan ke Situs Tuk Babon bukan hanya menyegarkan tubuh tetapi juga memberikan kesempatan untuk terhubung dengan kekayaan alam dan kehidupan lokal.

Fasilitas

New Selo Baru memastikan kenyamanan para pengunjung dengan menyediakan fasilitas-fasilitas lengkap dan terawat. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan di tempat ini mencakup:

  1. Mushola:
    • Ketersediaan mushola menjadi fasilitas penting bagi wisatawan yang ingin melakukan ibadah selama kunjungan mereka. Keberadaan mushola menunjukkan perhatian terhadap kebutuhan spiritual para pengunjung.
  2. Kamar Mandi dan Toilet:
    • Fasilitas kamar mandi dan toilet yang bersih dan terawat memberikan kenyamanan ekstra bagi para wisatawan. Hal ini mendukung pengalaman wisata yang menyenangkan dan bebas khawatir.
  3. Area Parkir:
    • Ketersediaan area parkir membuat pengunjung dapat dengan nyaman mengakses dan meninggalkan tempat wisata. Keamanan dan keteraturan area parkir juga merupakan bagian dari pengalaman kunjungan yang baik.
  4. Penjaja Makanan dan Minuman:
    • Kehadiran penjaja makanan dan minuman ringan di hampir semua spot wisata memudahkan wisatawan untuk menemukan camilan atau minuman segar saat mereka menjelajahi area tersebut. Hal ini memberikan fleksibilitas dan kenyamanan bagi para pengunjung.

Fasilitas-fasilitas ini menciptakan lingkungan yang ramah pengunjung dan mendukung kebutuhan sehari-hari. Dengan menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, Selo Baru berkomitmen untuk memberikan pengalaman wisata yang memuaskan dan tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Wisata Kuliner

New Selo Baru bukan hanya menawarkan keindahan alam dan aktivitas wisata yang seru, tetapi juga memanjakan pengunjung dengan berbagai kuliner khas yang lezat. Beberapa kuliner yang patut dicoba di Selo Baru, termasuk:

  1. Jadah Bakar:
    • Jadah Bakar adalah kuliner khas yang dapat Anda temui di beberapa tempat di Selo Baru. Makanan ini terdiri dari ketan yang dibakar dengan cita rasa yang unik dan menggugah selera. Jadah Bakar sering menjadi pilihan favorit wisatawan yang mencari pengalaman kuliner autentik.
  2. Tahu dan Tempe Bacem:
    • Tahu dan Tempe Bacem adalah hidangan khas yang diolah dengan cara bacem, yaitu dimasak dengan kuah gula kelapa, kecap manis, dan rempah-rempah. Kelezatan cita rasa manis dan gurih membuatnya menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang.
  3. Buntil:
    • Buntil adalah hidangan daun singkong yang diisi dengan campuran kelapa parut, ikan teri, dan bumbu khas. Hidangan ini memberikan pengalaman rasa yang unik dan segar.
  4. Jenang:
    • Jenang adalah bubur khas Jawa yang terbuat dari beras ketan dan kelapa parut. Tersedia dalam berbagai varian, Jenang menjadi sajian lezat yang cocok dinikmati di suasana pedesaan.
  5. Makanan Khas Solo dan Boyolali:
    • Warung-warung wisata di dekat pusat agrowisata juga menyajikan makanan khas dari daerah sekitarnya, termasuk Solo dan Boyolali. Ini termasuk beragam hidangan yang menggoda lidah dan mencerminkan kekayaan kuliner lokal.

Menikmati kuliner khas New Selo Baru bukan hanya mencicipi rasa yang lezat tetapi juga merasakan keanekaragaman budaya dan kuliner dari daerah tersebut. Dengan variasi hidangan yang ditawarkan, Selo Baru memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang menjelajahi keindahan alam dan budaya di wilayah tersebut.

Tips Berkunjung

  1. Perhatikan Cuaca:
    • Sebelum berangkat, periksa perkiraan cuaca di daerah New Selo Baru. Ini akan membantu Anda menyiapkan pakaian dan perlengkapan yang sesuai dengan kondisi cuaca saat itu.
  2. Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman:
    • Karena Selo Baru berada di daerah perbukitan, pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang sesuai untuk perjalanan di alam terbuka.
  3. Bawa Air Minum dan Camilan:
    • Selalu bawa air minum untuk menjaga kehidratan, terutama jika Anda berencana untuk menjelajahi area sekitar. Bawa juga camilan atau makanan ringan untuk mengatasi lapar di perjalanan.
  4. Kamera atau Smartphone:
    • Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah di Selo Baru. Pemandangan perbukitan dan objek wisata lainnya patut untuk diabadikan.
  5. Patuhi Aturan dan Etika Lokal:
    • Hormati aturan dan etika lokal. Jangan merusak alam, jangan meninggalkan sampah, dan patuhi petunjuk atau pembatasan yang ada di tempat wisata.
  6. Berinteraksi dengan Penduduk Lokal:
    • Jika ada kesempatan, berinteraksilah dengan penduduk lokal. Mereka dapat memberikan informasi tambahan mengenai tempat wisata dan budaya lokal.
  7. Rencanakan Waktu Kunjungan:
    • Rencanakan waktu kunjungan Anda dengan baik, terutama jika ada objek wisata atau aktivitas tertentu yang ingin Anda nikmati. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk mengeksplorasi dan menikmati keindahan sekitar.
  8. Patuhi Jam Operasional:
    • Pastikan untuk mengetahui jam operasional tempat wisata dan fasilitas lainnya. Ini akan membantu Anda mengatur agenda kunjungan Anda dengan lebih baik.
  9. Bawa Uang Tunai:
    • Beberapa tempat mungkin tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit atau e-money. Pastikan untuk membawa uang tunai secukupnya untuk keperluan pembayaran.
  10. Selalu Utamakan Keselamatan:
    • Keselamatan adalah prioritas utama. Ikuti petunjuk keselamatan, hindari area berbahaya, dan berhati-hatilah selama perjalanan.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat membuat perjalanan ke New Selo Baru menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Selamat menikmati keindahan alam dan pengalaman wisata di Boyolali, Jawa Tengah!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Menikmati Kesejukan New Selo: Destinasi Wisata Favorit di Boyolali.

Your email address will not be published. Required fields are marked *