Bukit Cinta Rawa Pening, Wisata Favorit Di Semarang

Bukit Cinta Rawa Pening adalah sebuah kawasan wisata perbukitan yang terletak di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Bukit Cinta terletak di pinggir Danau Rawapening dan menawarkan pemandangan indah dan keteduhan pepohonan. Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menggunakan sarana transportasi yang mudah dan murah. Dari Kota Ambarawa, Anda hanya perlu melewati Banyubiru dan tempat ini berjarak sekitar 5 km. Dari Salatiga, tempat ini dapat dicapai dengan jarak sekitar 10 km. Wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas seperti memancing, ski air, atau berkeliling danau Rawapening dengan menyewa perahu motor. Oleh-oleh khas dari tempat ini adalah kerajinan dari enceng gondok.

Bukit Cinta Rawa Pening, Wisata Keren Di Semarang
@aga_krniaa.aviation

Bukit Cinta berjarak sekitar 1 jam dari pusat Kota Semarang dan menawarkan pemandangan rawa pening dan gugusan pegunungan yang eksotis. Tempat ini cukup populer di kalangan pecinta fotografi yang biasa menghabiskan waktu saat matahari terbit di pagi hari atau matahari terbenam di sore hari untuk mendapatkan foto yang diinginkan.

Ada juga legenda mitos yang beredar di kawasan wisata ini, salah satunya adalah cerita tentang seekor ular naga yang menjadi penunggu area rawa. Ular raksasa tersebut menanti sang ibu untuk diakui sebagai anak, hingga badan ular melingkari sebuah bukit. Selain itu, ada juga mitos bahwa dilarang datang bersama pasangan karena menurut masyarakat setempat, hubungan tidak akan langgeng jika belum menikah. Namun, mitos ini tidak menghalangi pasangan muda-mudi untuk berkunjung dan tempat ini menjadi lokasi favorit untuk berkencan.

Daya tarik utama Bukit Cinta Rawa Pening terletak pada kawasan rawa yang begitu menarik hati. Rawa Pening dikelilingi oleh perbukitan hijau yang tampak segar dan menyejukkan, serta jajaran Gunung Merbabu, Telomoto, dan Gajah Mungkur yang terlihat indah dari kejauhan. Di pintu masuk, Anda akan menemukan taman cukup luas yang dikelilingi oleh pepohonan dan dilengkapi dengan area bermain anak, tempat duduk, dan warung makanan.

Bukit Cinta Rawa Pening memiliki berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti taman bermain anak, tempat berkemah, hingga kolam renang yang luas. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati wahana air seperti jet ski, banana boat, dan lain sebagainya.

Untuk mencapai Bukit Cinta Rawa Pening, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus atau taksi. Jarak dari pusat kota Semarang sekitar 30 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, tersedia juga beberapa penginapan seperti villa atau rumah sewa yang bisa disewa dengan harga yang bervariasi tergantung dari tipe dan fasilitas yang disediakan.

Dengan pemandangan alam yang indah dan berbagai fasilitas yang tersedia, Bukit Cinta Rawa Pening menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Alamat Akses Rute

Alamat akses ke Bukit Cinta Rawa Pening tergantung dari arah mana Anda datang. Berikut adalah beberapa rute yang bisa Anda gunakan:

  1. Dari Kota Semarang
  • Ikuti jalan Tol Semarang-Solo hingga Exit Banyumanik
  • Setelah keluar tol, ikuti jalan Banyumanik-Pening-Karanganyar
  • Setelah melewati Jembatan Rawa Pening, ikuti jalan terus hingga Anda melihat pertigaan
  • Ambil arah kanan dan terus ikuti jalan hingga tiba
  1. Dari Kota Salatiga
  • Ikuti jalan raya Salatiga-Ambarawa hingga tiba di jembatan Rawa Pening
  • Setelah melewati Jembatan Rawa Pening, ikuti jalan terus hingga Anda melihat pertigaan
  • Ambil arah kanan dan terus ikuti jalan hingga tiba
  1. Dari Kota Ambarawa
  • Ikuti jalan raya Ambarawa-Salatiga hingga tiba di jembatan Rawa Pening
  • Setelah melewati Jembatan Rawa Pening, ikuti jalan terus hingga Anda melihat pertigaan
  • Ambil arah kanan dan terus ikuti jalan hingga tiba

Untuk memudahkan Anda dalam menemukan lokasi, Anda bisa menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps atau Waze.

See also  Review Menarik Taman Menteng Oase di Pusat Kota Jakarta

Aktivitas

Bukit Cinta Rawa Pening adalah sebuah objek wisata yang menawarkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjungnya, di antaranya:

  1. Menikmati pemandangan: Menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas bukit, dan melihat pemandangan Danau Rawa Pening yang terbentang luas.
  2. Berwisata kuliner: Terdapat banyak warung makanan dan kedai kopi yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Jawa Tengah.
  3. Bersepeda: Pengunjung dapat menyewa sepeda dan berkeliling, atau menuruni bukit dengan sepeda. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan sekitar.
  4. Berfoto: Menawarkan banyak spot foto yang menarik, baik untuk selfie maupun untuk bersama keluarga atau teman-teman.
  5. Camping: Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di tengah alam, juga menyediakan area camping yang nyaman dan aman.
  6. Naik perahu: Pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling Danau Rawa Pening dan menikmati pemandangan indah sekitar danau.
  7. Aktivitas air: Di Danau Rawa Pening, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas air seperti berenang, memancing, atau bahkan menikmati sunset di atas perahu.
  8. Berjalan-jalan: Pengunjung dapat berjalan-jalan dan menikmati alam yang indah. Ada banyak rute berjalan yang bisa dipilih, mulai dari rute pendek hingga rute yang lebih menantang.

Daya Tarik

Bukit Cinta Rawa Pening memiliki beberapa daya tarik yang menarik perhatian wisatawan, di antaranya:

  1. Pemandangan Alam yang Indah: Menawarkan pemandangan alam yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Dari atas bukit, Anda dapat melihat panorama Danau Rawa Pening yang memukau dengan latar belakang perbukitan dan perkebunan.
  2. Spot Foto yang Instagramable: Menjadi tempat favorit untuk berfoto karena pemandangannya yang menakjubkan. Di sini terdapat banyak spot foto yang instagramable, seperti spot foto berbentuk hati, ayunan, dan berbagai spot foto lainnya.
  3. Aktivitas Olahraga: Selain menikmati keindahan alam, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas olahraga seperti bersepeda, trekking, atau hiking.
  4. Wisata Keluarga: Bukit Cinta Rawa Pening cocok untuk wisata keluarga karena terdapat wahana permainan untuk anak-anak dan juga tempat piknik yang nyaman.
  5. Kuliner: Terdapat banyak warung makanan yang menyediakan makanan lezat dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menikmati masakan khas Jawa Tengah, seperti sate ayam, nasi liwet, dan soto ayam.

Fasilitas

Bukit Cinta Rawa Pening dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung aktivitas dan kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya:

  1. Area parkir yang luas dan aman
  2. Toilet umum yang bersih
  3. Area istirahat dengan bangku dan gazebo
  4. Warung makanan dan minuman
  5. Tempat penyewaan perahu dan alat pancing
  6. Area camping dan homestay
  7. Pusat informasi dan pengelolaan kawasan

Dengan adanya fasilitas tersebut, pengunjung dapat lebih nyaman dan leluasa dalam menikmati keindahan alam serta melakukan berbagai aktivitas seperti berburu sunrise, memancing, berperahu, camping, atau sekadar beristirahat menikmati pemandangan yang indah.

Tiket Masuk

Tiket masuk Bukit Cinta Rawa Pening memiliki harga yang cukup terjangkau. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 pada hari Senin hingga Jumat, dan Rp 15.000 pada akhir pekan atau hari libur. Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 100 cm dapat masuk secara gratis, sedangkan anak-anak dengan tinggi badan di atas 100 cm akan dikenakan tarif yang sama dengan dewasa. Selain itu, terdapat juga tarif khusus untuk rombongan atau grup yang ingin berkunjung. Tarif tersebut dapat disesuaikan dengan jumlah orang dalam rombongan dan dapat dicapai dengan menghubungi pihak pengelola.

Penginapan

Untuk penginapan di sekitar Bukit Cinta Rawa Pening, ada beberapa pilihan yang bisa dipilih seperti:

  1. Hotel Raffles Hills: terletak sekitar 1,8 km, hotel ini menawarkan kamar dengan pemandangan yang indah, kolam renang, dan fasilitas lainnya yang lengkap.
  2. Hotel Bukit Randu: hotel ini terletak sekitar 3,6 km dan menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan pemandangan yang indah, kolam renang, dan fasilitas lainnya yang lengkap.
  3. Villa Bukit Cinta: villa ini terletak di dekat Bukit Cinta Rawa Pening dan menawarkan penginapan yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, dapur lengkap, dan area barbekyu.
  4. Wisma Paksi: wisma ini terletak sekitar 3,3 km dan menawarkan penginapan yang sederhana dengan harga yang terjangkau.
  5. Vila Omah Lawas: villa ini terletak sekitar 1,5 km dan menawarkan penginapan yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, dapur lengkap, dan area barbekyu.
See also  Rainbow Alamanda Bekasi, Taman Wisata Warna Warni

Namun, karena Bukit Cinta Rawa Pening terletak di kawasan yang tidak terlalu padat, pilihan penginapan bisa terbatas dan sebaiknya memesan penginapan jauh-jauh hari sebelum kunjungan.

Hotel Dekat

Berikut beberapa hotel yang dapat menjadi pilihan Anda jika ingin menginap di dekat Bukit Cinta Rawa Pening:

  1. Bukit Cinta Guest House Alamat: Jalan Bukit Cinta No. 19, Sumurpanggang, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah Jarak: 0,5 km Tarif: Mulai dari Rp300.000/malam
  2. Puri Maerokoco Hotel Alamat: Jalan Raya Dieng No.3, Wonosobo Jarak: 13,8 km Tarif: Mulai dari Rp400.000/malam
  3. Villa Bukit Tidar Alamat: Jalan Bukit Tidar No.33, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah Jarak: 2,9 km Tarif: Mulai dari Rp450.000/malam
  4. Java Heritage Hotel Purwokerto Alamat: Jalan Gatot Subroto No. 64, Purwokerto Timur, Purwokerto Jarak: 16,7 km Tarif: Mulai dari Rp500.000/malam
  5. Grand Artos Hotel & Convention Alamat: Jalan Ahmad Yani No. 66, Purwokerto Selatan, Purwokerto Jarak: 17,7 km Tarif: Mulai dari Rp700.000/malam

Pastikan Anda memeriksa ketersediaan kamar dan melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang.

Kuliner

Berada di area yang kaya akan kuliner khas Jawa Tengah. Beberapa makanan khas yang dapat dicicipi di sekitar Bukit Cinta Rawa Pening antara lain:

  1. Mie Ayam Pak Kasan: Restoran yang terletak di Jalan Raya Bawen-Salatiga menawarkan menu mie ayam yang lezat dengan kuah kental dan ayam yang empuk.
  2. Nasi Grombyang Pak Jenggot: Terletak di sebelah barat, warung makan ini menyajikan nasi grombyang dengan berbagai pilihan lauk pauk yang lezat.
  3. Sate Klopo Ondomohen: Sate khas Semarang yang terbuat dari daging sapi dan kelapa parut ini bisa ditemukan di Jalan Raya Bawen-Salatiga.
  4. Es Degan Dedy Jaya: Terletak di desa Rawa Pening, tempat ini menyajikan minuman segar dari air kelapa muda yang diolah dengan aneka rasa.
  5. Gudeg Bu Tjitro: Restoran ini terkenal dengan gudegnya yang enak dan lezat. Berlokasi di Jalan Pemuda No. 72, Kota Semarang.
  6. Soto Ayam Lamongan Cak Har: Soto ayam khas Lamongan yang lezat dan gurih bisa dinikmati di tempat ini yang berlokasi di Jalan Raya Bawen-Salatiga.
  7. Pecel Madiun Bu Tinah: Warung makan ini menyajikan pecel dengan bumbu kacang yang khas dan lezat. Berlokasi di Jalan Raya Bawen-Salatiga.
  8. Warung Makan Golo Golo: Warung makan yang terletak di sebelah timur ini menyajikan menu makanan khas Jawa Tengah yang lezat dan murah.
  9. Warung Makan Mbok Wah: Terletak di desa Rawa Pening, warung makan ini menyajikan menu makanan khas Jawa Tengah dengan harga yang terjangkau.
  10. Warung Makan Taman Asri: Warung makan ini terletak di sebelah barat dan menyajikan aneka menu makanan khas Jawa Tengah dengan harga yang terjangkau.

Tempat Makan

Ada beberapa pilihan tempat makan di sekitar Bukit Cinta Rawa Pening, di antaranya:

  1. Warung Makan Bebek Goreng Pak Ndut: menyajikan menu bebek goreng khas Jogja dan juga menu lain seperti ayam goreng, nasi goreng, dan mie ayam.
  2. RM Telaga Indah: memiliki pemandangan indah dan menyajikan menu nasi goreng, mie goreng, ikan bakar, dan ayam goreng.
  3. Sate Kambing Tambak Segaran: menyajikan sate kambing yang lezat dengan pilihan saus kacang atau kecap.
  4. Warung Makan Sari Agung: menyajikan menu masakan Indonesia seperti nasi campur, gado-gado, dan sate ayam.
  5. Ayam Goreng Mbok Ndoro: menyajikan ayam goreng dengan rasa yang enak dan disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan.
  6. Taman Makan Legok Kondang: memiliki pemandangan yang indah dan menyajikan menu masakan Indonesia seperti nasi liwet, soto ayam, dan ikan bakar.
  7. RM Pagi Sore: menyajikan menu masakan Indonesia dan juga Chinese food seperti nasi goreng, mie goreng, capcay, dan kwetiau goreng.
See also  30 Ulasan Menarik WaterBoom Lippo Cikarang, Back to Nature

Pastikan untuk mencicipi kuliner yang ada di sekitar Bukit Cinta Rawa Pening ketika berkunjung ke sana!

Spot Foto

Bukit Cinta Rawa Pening memiliki banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan. Beberapa spot foto yang bisa dijadikan pilihan antara lain:

  1. Puncak dengan latar belakang danau dan perbukitan di sekitarnya.
  2. Jembatan Gantung yang menghubungkan antara dua perbukitan.
  3. Gardu Pandang yang memberikan pemandangan yang indah dari ketinggian.
  4. Taman yang menyuguhkan berbagai bunga dan tanaman hijau yang menawan.

Pastikan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merusak keindahan alam saat berfoto di Bukit Cinta Rawa Pening.

Wisata Sekitar

Terletak di kawasan wisata yang cukup populer di Jawa Tengah, sehingga terdapat banyak destinasi wisata menarik lainnya di sekitarnya. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Pantai Telaga Remis Terletak sekitar 10 km, pantai Telaga Remis menawarkan keindahan pantai yang masih alami dan sepi. Pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan yang menambah keindahan panorama pantai.
  2. Candi Gedong Songo Berlokasi di Kabupaten Semarang, Candi Gedong Songo adalah kompleks candi Hindu yang terdiri dari sembilan candi yang tersebar di lereng gunung. Keindahan alam yang disuguhkan selama perjalanan ke candi juga sangat menawan.
  3. Air Terjun Curug Benowo Terletak di Kabupaten Semarang, air terjun Curug Benowo menawarkan panorama yang indah dan sejuk. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung akan melewati jalan setapak dan melewati hutan pinus yang menyejukkan.
  4. Kampung Batik Kauman Jika Anda ingin berbelanja atau belajar tentang batik, Anda dapat mengunjungi Kampung Batik Kauman yang terletak di Kota Semarang. Di sini, Anda dapat melihat para pengrajin batik bekerja dan membeli berbagai macam batik berkualitas.
  5. Wisata Kuliner Semarang Semarang juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat, seperti lumpia, tahu gimbal, sate klopo, nasi goreng babat, dan masih banyak lagi. Anda dapat mencicipi kuliner-kuliner ini di berbagai tempat di Semarang seperti Pasar Johar, Jalan Pandanaran, atau Gang Lombok.
  6. Museum Ronggowarsito Museum Ronggowarsito terletak di kawasan Kota Semarang dan menampilkan koleksi benda-benda bersejarah dan budaya Jawa Tengah. Museum ini merupakan tempat yang tepat bagi para pecinta sejarah dan budaya.
  7. Goa Kreo Goa Kreo merupakan sebuah goa yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Goa ini menawarkan keindahan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan serta panorama alam yang indah.

Asal Usul

Bukit Cinta Rawa Pening adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Nama Bukit Cinta Rawa Pening diambil dari kata “cinta” yang berarti kasih sayang, dan “rawa pening” yang merupakan nama danau yang terletak di sekitar bukit tersebut.

Awalnya merupakan lahan kosong yang dikelola oleh masyarakat setempat untuk kegiatan pertanian. Kemudian pada tahun 2007, sebuah komunitas bernama “Komunitas Kolektor Akar” mulai mengelola lahan tersebut menjadi tempat wisata. Komunitas ini fokus pada kegiatan penanaman pohon-pohonan, penghijauan, dan menjaga kelestarian alam.

Seiring berjalannya waktu, semakin dikenal sebagai tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang indah dan menenangkan. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan sawah, danau, dan pegunungan yang mengelilingi Bukit Cinta Rawa Pening. Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, dan memancing di danau Rawa Pening.

Review Bukit Cinta Rawa Pening, Wisata Favorit Di Semarang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *