Bukit Paralayang Watugupit Wisata Alam dengan Pemandangan Spektakuler

Bukit Paralayang Watugupit di Yogyakarta menawarkan pengalaman luar biasa bagi para wisatawan yang mencari kegiatan alternatif di lingkungan pantai. Terletak di sebuah lokasi yang menakjubkan, bukit ini tidak hanya menjadi starting point bagi para profesional paralayang, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Para pengunjung dapat merasakan sensasi paralayang dengan bimbingan instruktur profesional yang ahli dalam olahraga ekstrem ini. Meskipun terkenal sebagai tempat latihan bagi para atlet paralayang, bukit ini terbuka untuk wisatawan publik yang ingin mencoba pengalaman baru ini. Pendekatan ini memungkinkan akses yang lebih luas dan memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk mengeksplorasi keindahan pantai Yogyakarta dari perspektif yang unik.

Dengan pemandangan memukau yang terbentang di bawah, Bukit Paralayang Watugupit juga menjadi lokasi ideal bagi para pemerhati olahraga paralayang yang ingin mengasah keterampilan mereka. Instruktur profesional yang hadir di sini tidak hanya memberikan panduan yang diperlukan untuk melibatkan pengunjung dengan aman tetapi juga membantu dalam meningkatkan keterampilan bagi mereka yang ingin mendalami olahraga paralayang.

Dengan demikian, selain kegiatan air tradisional, menjadikan Bukit Paralayang Watugupit sebagai bagian dari rencana liburan di Yogyakarta dapat memberikan pengalaman yang mendalam dan tak terlupakan. Kombinasi antara keindahan alam, tantangan ekstrem, dan pendampingan profesional menjadikan bukit ini sebagai destinasi yang menarik bagi pencinta petualangan dan keindahan alam gleaming.

Harga Tiket Masuk Bukit Paralayang Watugupit Yogyakarta

Berikut adalah rincian harga tiket masuk untuk Bukit Paralayang Watugupit Yogyakarta:

  1. Tiket Masuk Pantai Parangtritis: Rp10.000
  2. Tiket Masuk Bukit Paralayang: Rp5.000

Pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saat masuk ke area Bukit Paralayang. Selain itu, ada tarif parkir yang dikenakan tersendiri.

Kegiatan paralayang di Bukit Paralayang Watugupit berlangsung mulai bulan Desember hingga awal April, sesuai dengan informasi yang diperoleh dari pihak Watu Gupit.

Objek wisata ini buka setiap hari dari jam 8.00 hingga 20.00. Disarankan untuk melakukan olahraga paralayang terutama di siang hari untuk menikmati pengalaman yang lebih optimal.

Alamat Rute Lokasi

Bukit Paralayang Watugupit berlokasi di Area Hutan, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Bukit Paralayang Watugupit yang terletak pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut menawarkan pengalaman wisata yang menuntut usaha ekstra namun sebanding dengan keindahan alam yang luar biasa di puncaknya. Meskipun perjalanan ke atas bukit memerlukan upaya, setiap langkah terbayar dengan pemandangan yang memukau.

Rute menuju lokasi paralayang sudah diaspal dengan baik, meskipun memiliki kontur yang miring dan menanjak. Pengunjung dapat mengikuti jalan tersebut hingga mencapai hotel melati, lalu melanjutkan perjalanan menuju lokasi paralayang. Setelah mencapai tujuan, pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan menuju puncak bukit.

Perjalanan ke puncak bukit melibatkan jalur dengan kemiringan hampir mencapai 90 derajat, yang dilalui melalui anak tangga. Meskipun jalur tersebut mungkin menantang bagi sebagian pengunjung, namun pemandangan yang disuguhkan dapat membantu mengalihkan ketakutan. Keberadaan beberapa pohon di sepanjang anak tangga juga memberikan teduh yang menyenangkan selama perjalanan.

Momen saat melewati anak tangga ini tidak hanya merupakan bagian dari perjalanan fisik, tetapi juga kesempatan untuk menikmati keindahan sekitar. Pengalaman ini menambah nilai petualangan dan keunikan destinasi ini. Dengan setiap langkah, pengunjung semakin mendekati puncak, di mana keindahan panorama alam yang menakjubkan menanti untuk dinikmati.

Fasilitas

Bukit Paralayang Watugupit tidak hanya menawarkan pengalaman paralayang yang menarik, tetapi juga menyediakan fasilitas umum yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah fasilitas yang telah disediakan:

  1. Toilet: Fasilitas toilet tersedia untuk pengunjung, memastikan kenyamanan selama berada di lokasi.
  2. Mushola: Adanya mushola memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin melakukan ibadah.
  3. Area Parkir: Fasilitas parkir yang memadai mempermudah pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
  4. Warung dengan Lampu Cantik: Warung atau tempat makan yang dihias dengan lampu cantik menambah nuansa nyaman dan romantis bagi pengunjung yang ingin bersantai atau menikmati hidangan ringan.
  5. Akomodasi Penginapan: Bagi pengunjung yang ingin menikmati lebih banyak waktu di Bukit Paralayang Watugupit, tersedia hotel dan losmen murah di sekitar bukit. Ini memberikan opsi bagi mereka yang ingin menginap dan menikmati suasana sekitar bukit lebih lama.

Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, Bukit Paralayang Watugupit memberikan pengalaman wisata yang lengkap dan memastikan kebutuhan pengunjung terpenuhi. Kombinasi antara aktivitas paralayang yang menegangkan dan fasilitas yang nyaman menjadikan destinasi ini ramah pengunjung dari berbagai kalangan.

Daya Tarik

Bukit Paralayang Watugupit di Yogyakarta, sebuah destinasi wisata yang menggabungkan keindahan alam dengan beragam daya tarik menarik, menjadi pilihan yang tak boleh dilewatkan bagi para pengunjung. Terletak di Dusun Watugupit, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, kawasan ini menawarkan pengalaman luar biasa yang melibatkan olahraga ekstrem paralayang, panorama senja yang memukau, dan kesempatan untuk bersantai di atas bukit dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Bukit Paralayang Watugupit bukan hanya destinasi untuk para pecinta olahraga ekstrem. Selain menyajikan kesempatan bagi pengunjung untuk mencoba paralayang dengan dukungan instruktur profesional, tempat ini juga menawarkan pengalaman bersantai yang tak terlupakan. Bukit ini merupakan bagian dari kawasan perbukitan yang memanjang di sisi Timur Parangtritis, dengan batas langsung ke Kecamatan Kretek.

Keberagaman daya tarik tempat ini mencakup sensasi paralayang yang menarik bagi para petualang, panorama senja yang indah yang menjadi daya pikat tersendiri, serta area khusus yang disediakan untuk mereka yang datang khusus untuk menikmati keindahan senja. Tempat ini tidak hanya mengundang para pencinta petualangan, tetapi juga menarik perhatian mereka yang mencari momen romantis dan damai.

Olahraga Ekstrem, Paralayang

Bukit Paralayang menjadi destinasi unggulan bagi para pencinta olahraga ekstrem, terutama paralayang, dengan keunikan yang tak terlupakan. Keindahan pantai dan angin laut di siang hari menciptakan kondisi ideal untuk menjalani olahraga ini. Landasan pacu yang melandai menjadi nilai tambah, memberikan pengalaman terbang paralayang yang memuaskan.

Biaya sebesar Rp 350.000 memberikan akses kepada pengunjung untuk menikmati olahraga paralayang, termasuk penyediaan perlengkapan keamanan yang lengkap. Instruktur berpengalaman turut mendampingi pengunjung, baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru pertama kali mencoba. Pemandangan indah pantai dan laut lepas dari ketinggian paralayang menjadi daya tarik utama, menciptakan momen tak terlupakan.

Olahraga paralayang dapat dinikmati oleh siapa saja, baik yang berpengalaman maupun yang baru mencoba. Pengalaman terbang di atas hamparan pantai dan laut, terutama di siang hari, memberikan sensasi yang luar biasa. Namun, bagi mereka yang memiliki phobia terhadap ketinggian, disarankan untuk menghindari olahraga ini.

Keamanan pengunjung menjadi prioritas utama, dengan perlengkapan paralayang yang memenuhi standar kelayakan dan didampingi oleh instruktur profesional sejak take-off hingga mendarat. Pengalaman terbang bebas ini dijamin seru dan berkesan, terutama dengan panorama alam yang memukau di sekitar.

Pemandangan laut lepas dengan gulungan ombak yang terkesan lembut dan kilauan mentari yang memantulkan permukaan air menjadi pemandangan yang eksklusif di Bukit Paralayang Watugupit. Penggunaan kacamata hitam disarankan untuk menghindari silauan mata dan memungkinkan pengunjung menikmati keindahan panorama laut dengan bebas.

Bukit Paralayang ini menjadi destinasi yang unik, tidak hanya karena aktivitas paralayangnya tetapi juga karena keindahan alam yang eksklusif. Momen tak terlupakan ini tidak dapat disamakan dengan destinasi paralayang lainnya, menjadikannya sebagai pengalaman yang sangat berbeda, jauh dari bukit paralayang lainnya seperti di Bogor.

Sunset

Bukit Paralayang Watugupit semakin menancapkan namanya di benak para wisatawan bukan hanya karena olahraga paralayangnya yang ekstrem, melainkan juga karena keindahan yang memukau, terutama saat matahari hendak tenggelam di ufuk barat. Saat senja tiba, bukit ini berubah menjadi destinasi yang dicari-cari untuk menikmati pemandangan yang luar biasa.

Para pengunjung dapat merasakan ketenangan di atas landasan paralayang, menikmati momen indah ketika cahaya senja menyapa Pantai Parangtritis. Pemandangan pantai dan laut lepas yang mempesona terbentang di bawah, menciptakan suasana yang begitu menenangkan. Landasan bukit yang telah diberi alas paving menambah kenyamanan bagi pengunjung yang duduk santai, menunggu matahari tenggelam dengan penuh keindahan.

Ketika jam menunjukkan pukul 4 sore, pengunjung mulai memadati bukit, bersiap-siap menyaksikan penampilan matahari yang akan turun perlahan. Momen ini menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta senja dan fotografi. Persiapan segala perlengkapan untuk menangkap kecantikan terbenamnya matahari menjadi ritual yang tidak terpisahkan.

Pukul 5 sore adalah saat-saat yang paling dinanti, ketika matahari bulat sempurna berubah menjadi nuansa oranye yang hangat. Perlahan-lahan, matahari turun ke peraduan, memberikan cahayanya yang megah dan memperlihatkan panorama yang memukau ke segala penjuru. Suasana magis ini menjadikan Bukit Paralayang Watugupit sebagai destinasi yang memikat hati bagi mereka yang mencari keindahan alam dan momen senja yang tak terlupakan.

Pemandangan Menawan

Bukit Paralayang Watugupit tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati keindahan senja, tetapi juga menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat dan bersantai. Banyak pengunjung yang memilih duduk santai di atas bukit, menikmati minuman atau makanan ringan sambil menikmati suasana yang tenang. Momen ini seringkali diisi dengan cengkrama bersama pasangan, keluarga, atau teman, menciptakan pengalaman yang penuh kehangatan.

Meskipun awalnya dirancang sebagai landasan pacu paralayang, tepian tebing bukit tidak dipagari. Oleh karena itu, pengunjung perlu berhati-hati dan waspada terhadap keberadaan tepi tebing. Keterbatasan pengamanan tersebut menambah kesan alami dan bebas, tetapi juga mengharuskan pengunjung untuk berjalan dengan hati-hati dan tidak terlalu mendekati tepiannya yang berbahaya.

Bentuk turunan yang curam dari lokasi bukit menambah keunikan dan keeksotisan tempat ini. Meskipun menawarkan pemandangan yang memukau, pengunjung diingatkan untuk tetap memperhatikan keselamatan pribadi mereka. Keindahan alam yang dipadukan dengan keselamatan yang dijaga dengan cermat menjadikan Bukit Paralayang Watugupit sebagai destinasi yang menawarkan pengalaman santai, bersantai, dan menikmati keindahan alam dengan hati yang tenang.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung ke Bukit Paralayang Watugupit:

  1. Pakaian dan Perlengkapan:
    • Kenakan pakaian yang nyaman, terutama jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas fisik seperti paralayang.
    • Bawa perlengkapan seperti kacamata hitam, topi, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  2. Jam Kunjungan:
    • Jika tujuan utama Anda adalah menikmati pemandangan matahari terbenam, datanglah menjelang sore sekitar pukul 4-5 sore.
    • Jika Anda berencana untuk melakukan paralayang, pastikan untuk datang selama jam operasional dan musim paralayang yang berlangsung, sekitar bulan Desember hingga awal April.
  3. Fasilitas dan Akomodasi:
    • Pastikan untuk menggunakan fasilitas umum yang sudah tersedia, seperti toilet, mushola, dan area parkir.
    • Jika Anda berencana menginap, periksa ketersediaan hotel atau losmen di sekitar bukit dan lakukan reservasi jika diperlukan.
  4. Keamanan:
    • Patuhi aturan keamanan dan petunjuk dari instruktur jika Anda mencoba paralayang.
    • Hindari mendekati tepi bukit yang tidak terlindungi untuk mengurangi risiko kecelakaan.
  5. Peralatan Fotografi:
    • Bawa kamera atau smartphone untuk menangkap momen-momen indah di Bukit Paralayang Watugupit, terutama saat matahari terbenam.
  6. Berhati-hati di Tangga:
    • Jika Anda melibatkan diri dalam perjalanan ke puncak bukit melalui anak tangga, berjalanlah dengan hati-hati, terutama karena kemiringan hampir 90 derajat.
  7. Pengetahuan Lokal:
    • Tanyakan kepada penduduk setempat atau petugas wisata mengenai informasi terkini, seperti kondisi jalan atau cuaca.

Dengan memperhatikan tips ini, Anda dapat lebih menikmati kunjungan Anda ke Bukit Paralayang Watugupit dengan aman dan menyenangkan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News