Review Coban Bidadari, Wisata Air Terjun Eksotis Di Malang

Coban Bidadari adalah destinasi wisata yang terletak di Jl. Raya Gubugklakah, Gubukklakah, Gubugklakah, Kec. Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65157. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang segar sehingga cocok untuk dikunjungi oleh semua kalangan. Saat pertama kali datang ke Coban Bidadari, pengunjung akan disambut oleh hamparan ladang teh yang hijau dan rimbun. Setelah itu, pengunjung akan menemukan sungai kecil yang mengalir di sebelah kanan jalan. Suasana yang sejuk dan tenang akan memanjakan setiap pengunjung yang datang.

Setelah sampai di area parkir, pengunjung bisa memilih untuk berjalan kaki menuju lokasi air terjun atau menggunakan shuttle bus yang disediakan oleh pengelola. Setelah sampai di lokasi air terjun, pengunjung akan melihat keindahan alam yang memukau. Air terjun memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan air yang jatuh membentuk kolam yang cukup besar. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun dari atas atau turun ke kolam untuk merasakan air yang segar.

Terdapat juga beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola, seperti area parkir yang luas, kamar mandi, warung makan, dan area bermain anak. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas outbond atau camping di sekitar area air terjun. Secara keseluruhan, Coban Bidadari adalah destinasi wisata yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga atau teman. Suasana yang tenang dan keindahan alam yang memukau membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

Sejarah

Coban Bidadari adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Malang. Air terjun ini terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan dengan ketinggian sekitar 30 meter dan air yang jernih yang mengalir dari atas tebing batu. Sejarah Coban Bidadari sendiri tidak dapat dipastikan secara pasti, namun masyarakat setempat percaya bahwa air terjun ini memiliki kisah legenda yang menarik. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, dihuni oleh seorang putri surga yang turun ke bumi untuk menikahi seorang raja dari Kerajaan Singhasari.

Namun, pernikahan tersebut ditentang oleh Dewa Indra yang merasa kesal karena putrinya meninggalkan surga. Akhirnya, Dewa Indra mengirimkan petir yang menimpa sang putri dan mengubahnya menjadi air terjun yang indah. Seiring dengan waktu, semakin dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu tempat wisata yang menarik di Malang. Pengelolaan wisata juga semakin ditingkatkan dengan dibangunnya akses jalan dan fasilitas pendukung lainnya untuk kenyamanan para pengunjung. juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk kegiatan pendakian, camping, dan berbagai kegiatan outdoor lainnya.

Mitos Legenda Misteri

Salah satu mitos yang paling terkenal adalah tentang seorang bidadari yang turun dari surga untuk menikmati keindahan alam di Coban Bidadari. Konon, bidadari tersebut menampakkan dirinya kepada seorang pengunjung yang sedang beristirahat di bawah pohon besar di dekat air terjun. Pengunjung itu sangat terpesona dengan kecantikan bidadari tersebut dan ingin menikahinya. Namun, bidadari tersebut menolak lamaran tersebut karena ia harus kembali ke surga.

Dikisahkan seorang petani yang kebetulan melihat seorang wanita cantik di bawah air terjun. Penasaran dan kagum dengan keindahannya, petani itu pun bergegas menuju air terjun tersebut. Namun, setelah pergi ke lokasi air terjun, ternyata seorang wanita yang sangat cantik telah menghilang. Wanita itu dipercaya sebagai bidadari. Kisah bidadari juga merupakan mitos Coban Bidadari. Selanjutnya, asal mula nama Coban Bidadari adalah kisah bidadari.

Mitos lainnya adalah tentang kekuatan mistis air terjun ini. Konon, air terjun ini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit dan membuka aura manusia. Oleh karena itu, sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan meditasi atau melakukan ritual spiritual oleh orang-orang tertentu.

Namun, ada juga legenda yang lebih menyeramkan tentang Coban Bidadari. Konon, tempat ini menjadi tempat pertempuran antara pasukan kerajaan dan pasukan musuh pada masa lalu. Darah yang mengalir di tempat ini membuat tempat ini menjadi angker dan dihuni oleh arwah-arwah penasaran. Beberapa pengunjung sering melihat penampakan-penampakan yang tidak dapat dijelaskan, seperti suara-suara aneh, bayangan-bayangan misterius, dan pengalaman-pengalaman gaib lainnya.

Meskipun ada mitos dan legenda yang menghantui Coban Bidadari, tetapi tempat ini masih menjadi destinasi wisata yang populer dan menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan.

Larangan Dan Aturan

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, Coban Bidadari memiliki beberapa larangan dan aturan yang harus dipatuhi, antara lain:

  1. Dilarang merusak atau merusak fasilitas di sekitar area
  2. Dilarang membawa senjata tajam atau benda-benda berbahaya lainnya ke dalam area.
  3. Dilarang membawa hewan peliharaan ke dalam area.
  4. Dilarang merokok di area, termasuk di dalam bangunan dan area terbuka.
  5. Dilarang berlari atau berteriak-teriak di sekitar area untuk menghindari gangguan terhadap pengunjung lainnya.
  6. Aturan tentang membuang sampah juga harus diikuti. Sampah harus dibuang di tempat sampah yang telah disediakan di seluruh area
  7. Aturan tentang berfoto juga harus diperhatikan. Pengunjung dilarang untuk merusak lingkungan sekitar ketika berfoto dan harus mematuhi instruksi dari petugas keamanan.
See also  33 Ulasan Menarik Kampung Coklat, Wisata Edukasi Populer di Blitar

Dengan mematuhi aturan-aturan ini, pengunjung dapat menikmati liburan mereka di Coban Bidadari dengan aman dan nyaman.

Alamat Lengkap Akses

Alamat lengkap dan akses menuju Coban Bidadari adalah sebagai berikut:

Alamat: Jl. Raya Gubugklakah, Gubukklakah, Gubugklakah, Kec. Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65157

Akses: Coban Bidadari dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Malang, dapat diakses melalui jalan raya Tlogomas – Karanglo – Gubukklakah. Setelah sampai di Gubukklakah, ikuti jalan raya menuju ke air terjun. Berjarak sekitar 20 km dari Kota Malang dan dapat ditempuh selama sekitar 1 jam.

Jika menggunakan kendaraan umum dari Kota Malang, dapat menggunakan angkutan umum seperti angkot atau bus menuju terminal Arjosari. Dari terminal Arjosari, naik angkutan umum seperti angkot atau mikrolet menuju ke Gubukklakah. Setelah sampai di Gubukklakah, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan sewa atau ojek.

Rute

Untuk mencapai Coban Bidadari, ada beberapa rute yang dapat ditempuh tergantung dari titik awal perjalanan. Berikut adalah beberapa rute yang umum dilalui:

  1. Rute dari Kota Malang:
  • Dari Kota Malang, menuju ke arah Utara melalui Jl. Raya Tlogomas.
  • Setelah melewati Tlogomas, teruskan perjalanan ke arah Kecamatan Wagir hingga bertemu pertigaan Gubuk Klakah.
  • Pilih jalan ke kiri dan terus mengikuti jalan tersebut hingga sampai di pintu masuk air terjun.
  1. Rute dari Kota Batu:
  • Dari Kota Batu, menuju ke arah Selatan melalui Jl. Oro-Oro Ombo.
  • Setelah melewati Jl. Oro-Oro Ombo, belok ke kanan menuju arah Kecamatan Poncokusumo.
  • Ikuti jalan tersebut hingga bertemu pertigaan Gubuk Klakah.
  • Pilih jalan ke kanan dan terus mengikuti jalan tersebut hingga sampai di pintu masuk air terjun.
  1. Rute dari Kota Surabaya:
  • Dari Kota Surabaya, menuju ke arah Selatan melalui Jl. Tol Surabaya-Gempol.
  • Setelah keluar dari tol Surabaya-Gempol, belok ke arah Malang hingga sampai di Kecamatan Gondanglegi.
  • Dari Gondanglegi, lanjutkan perjalanan ke arah Kecamatan Wagir hingga bertemu pertigaan Gubuk Klakah.
  • Pilih jalan ke kiri dan terus mengikuti jalan tersebut hingga sampai di pintu masukair terjun.

Perlu diperhatikan bahwa akses ke Coban Bidadari tergolong cukup sulit karena harus melewati jalan yang sempit dan menanjak. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan yang kuat dan hati-hati saat berkendara.

Aktivitas

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Coban Bidadari antara lain:

  1. Menikmati Keindahan Air Terjun: Air terjun yang terletak di tengah hutan ini menawarkan pemandangan yang indah dan segar. Anda dapat berenang atau bermain air di kolam air terjun.
  2. Berjalan-jalan di Hutan: dikelilingi oleh hutan hijau yang asri dan segar. Anda dapat berjalan-jalan atau trekking di sekitar hutan untuk menikmati keindahan alam yang ada.
  3. Bermain Air dan Bersepeda: Di sekitar air terjun terdapat kolam dan sungai yang mengalir. Anda dapat bermain air atau bersepeda di sekitar area air terjun.
  4. Camping: menyediakan tempat untuk berkemah. Anda dapat membawa tenda dan peralatan berkemah untuk menginap di sekitar air terjun.
  5. Berfoto: memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan. Anda dapat berfoto-foto di sekitar air terjun untuk mengabadikan momen indah bersama keluarga atau teman-teman.

Keunikan Daya Tarik

Coban Bidadari memiliki daya tarik yang unik karena memiliki air terjun dengan ketinggian sekitar 70 meter yang jatuh ke kolam yang memiliki warna hijau kebiruan yang indah. Selain itu, keindahan alam sekitarnya yang masih asri dan terjaga membuat pengunjung merasa terkesan. juga memiliki spot-spot foto yang menarik seperti jembatan kayu, gardu pandang, dan trek pendakian yang menantang.

Selain itu, juga menawarkan keunikan dalam bentuk aktivitas seperti flying fox yang melintasi air terjun, tubing yang mengajak pengunjung berkeliling sungai, dan pendakian ke puncak gunung yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Semua aktivitas ini memberikan pengalaman yang berbeda dan dapat meningkatkan adrenalin pengunjung.

Fasilitas

Coban Bidadari menyediakan berbagai fasilitas untuk para pengunjung yang datang, di antaranya:

  1. Area parkir luas
  2. Musholla
  3. Toilet
  4. Area piknik dengan meja dan kursi
  5. Warung makan dan minuman
  6. Area permainan anak
  7. Area camping
  8. Spot foto
  9. Pemandangan alam yang indah
See also  Review Menarik Pantai Papuma, Wisata Alam Eksotis di Jember

Fasilitas-fasilitas tersebut dapat memudahkan para pengunjung untuk menikmati suasana alam dan melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Spot Selfie

Memiliki banyak spot selfie menarik yang dapat menjadi pilihan bagi pengunjung untuk mengabadikan momen mereka. Beberapa spot selfie yang populer di Coban Bidadari antara lain:

  1. Area air terjun: spot ini sangat cocok untuk mengambil foto dengan latar belakang air terjun yang indah dan segarnya air terjun.
  2. Jembatan gantung: memiliki jembatan gantung yang sangat panjang dengan latar belakang lembah yang menakjubkan. Spot ini menjadi salah satu yang paling populer di antara pengunjung.
  3. Taman bunga: terdapat taman bunga yang indah dan berwarna-warni yang dapat dijadikan latar belakang foto.
  4. Spot tebing: Memiliki tebing yang menakjubkan dengan pemandangan lembah dan air terjun yang indah, cocok untuk dijadikan spot selfie.
  5. Sky tree house: spot ini adalah bangunan berbentuk rumah pohon yang terletak di atas pohon dengan pemandangan yang menakjubkan. Spot ini sangat populer untuk selfie karena memberikan sensasi berbeda.
  6. Infinity pool: kolam renang infinity yang berada di Coban Bidadari dapat menjadi latar belakang yang menakjubkan untuk foto selfie.

Tiket Masuk

Berikut adalah harga tiket masuk dan fasilitas yang disediakan di Coban Bidadari:

  • Tiket Masuk: Rp. 10.000 per orang
  • Parkir Motor: 5.000
  • Parkir Mobil: 5.000
  • Flying Fox: Rp. 50.000 per orang
  • Tiket Camping: Rp. 25.000 per orang

Untuk penginapan, desa wisata Gubukrakar memiliki sejumlah penginapan dengan harga mulai dari Rp. 250.000 hingga Rp. 500.000 per malam.

Namun, perlu diingat bahwa jika ingin berkemah, wisatawan perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Dan Coban Bidadari hanya buka dari pukul 08:00 hingga 17:00.

Camping

Di Coban Bidadari Malang, ada area camping yang tersedia bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di tengah keindahan alam. Saat berkemah di sini, pengunjung akan merasakan suhu yang sangat dingin pada malam hari, sehingga sebaiknya membawa jaket tebal untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati momen ketika matahari terbit dan menyinari tubuh saat pagi hari, serta menikmati suasana yang sejuk dan tenang di kawasan air terjun. Namun, perlu diingat bahwa pengunjung harus memperhatikan aturan dan menjaga kebersihan lingkungan saat berkemah di sini.

Area camping di Coban Bidadari juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, dan warung makan. Tiket masuk untuk camping sama dengan tiket masuk untuk wisatawan biasa, yaitu sebesar Rp. 10.000 per orang.

Penginapan

Di sekitar Coban Bidadari terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat dipilih, antara lain:

  1. Villa Anjing – Jl. Abdul Gani Atas, RT. 1 / RW. 11, Sumberbrantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65326
  2. OYO 4227 Dewarna Hotels Sutoyo Batu – Jl. Ir. Sutami No.22, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  3. Aston Inn Batu – Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  4. The Batu Hotel & Villas – Jl. Raya Selecta No.1, Karangrejo, Batu City, East Java 65314
  5. Swiss-Belresort Watu Jimbar – Jl. Raya Puncak Indah Lontong No.9, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

Beberapa penginapan tersebut dapat dicapai dengan berkendara dalam waktu sekitar 15-30 menit. Namun, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang terletak dekat dengan Coban Bidadari, Malang:

  1. The Shalimar Boutique Hotel Alamat: Jl. Abdul Gani Atas No.6, Kota Malang, Jawa Timur 65118 Jarak sekitar 8 km atau sekitar 20 menit berkendara
  2. The Singhasari Resort Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.120, Desa Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144 Jarak sekitar 11 km atau sekitar 25 menit berkendara
  3. Villa Sumber Arum Alamat: Jl. Raya Tumpang – Kepanjen, Dusun Kepuharjo, Desa Tumpang, Kec. Tumpang, Malang, Jawa Timur 65156 Jarak sekitar 6 km atau sekitar 15 menit berkendara
  4. Vino House Malang Alamat: Jl. Oro Oro Ombo No. 1, Kota Malang, Jawa Timur 65119 Jarak sekitar 9 km atau sekitar 20 menit berkendara
  5. Kampung Lumbung Boutique Hotel Alamat: Jl. Abdul Gani Atas No.88, Oro-Oro Dowo, Kota Malang, Jawa Timur 65119 Jarak sekitar 8 km atau sekitar 20 menit berkendara

Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum menginap di hotel yang Anda pilih.

Kuliner Tempat Makan

Terdapat beberapa tempat makan yang bisa dikunjungi untuk menikmati kuliner khas daerah Malang. Beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Coban Bidadari antara lain:

  1. Warung Legok Lele: menyajikan menu lele goreng yang gurih dan renyah dengan harga yang terjangkau.
  2. Mie Setan Mbak Endang: menyajikan mie pedas dengan variasi rasa yang berbeda-beda, seperti mie pedas keju, mie pedas telur, dan lain-lain.
  3. Warung Mbah Basir: menyajikan berbagai jenis makanan khas Jawa Timur, seperti rawon, tahu campur, dan nasi pecel.
  4. Bakso Pak Man: menyajikan bakso dengan rasa yang enak dan harga yang terjangkau.
  5. Restoran Pak Broto: menyajikan menu makanan laut yang segar, seperti kepiting saus padang, cumi goreng tepung, dan lain-lain.
  6. Pecel Kawi: menyajikan pecel dengan bumbu kacang yang khas dan nasi yang lezat.
  7. Soto Pak Sholeh: menyajikan soto dengan kuah yang kental dan daging yang empuk.
See also  Pantai Pangi Blitar: Destinasi Liburan Idaman di Jawa Timur

Selain itu, di sekitar Coban Bidadari juga terdapat beberapa warung makan dan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman seperti bakso, sate, es kelapa muda, dan lain-lain.

Wisata Sekitar

Terdapat beberapa wisata menarik yang dapat dikunjungi di sekitar Coban Bidadari, antara lain:

  1. Coban Rais Coban Rais merupakan air terjun yang berada sekitar 2 kilometer. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan diapit oleh dua tebing yang curam. Suasananya yang asri dan sejuk cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam.
  2. Gunung Panderman Gunung Panderman terletak sekitar 8 kilometer. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.045 meter di atas permukaan laut dan dikenal sebagai salah satu gunung favorit para pendaki di Jawa Timur. Dari puncaknya, pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Malang dan sekitarnya.
  3. Kampung Warna Warni Jodipan Kampung Warna Warni Jodipan terletak sekitar 20 kilometer. Tempat wisata ini menjadi terkenal karena rumah-rumahnya yang dihias dengan warna-warni cerah yang menarik. Pengunjung dapat berfoto dan menikmati suasana unik dan berwarna-warni.
  4. Batu Night Spectacular (BNS) Batu Night Spectacular (BNS) terletak sekitar 15 kilometer. Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana dan atraksi yang menarik, seperti roller coaster, taman bunga, air mancur menari, dan pertunjukan musik. Di sini juga terdapat berbagai toko suvenir dan makanan.
  5. Jatim Park 2 Jatim Park 2 terletak sekitar 20 kilometer. Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana dan atraksi yang menyenangkan, seperti permainan air, roller coaster, dan taman binatang. Terdapat juga museum satwa, pameran dinosaurus, dan pertunjukan musik.

Coban Bidadari Malang adalah sebuah tempat wisata alam yang sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia. Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tempat ini menawarkan pesona air terjun yang diapit oleh pepohonan rindang dan suara air terjun yang menenangkan hati.

Namun, sebagai pengunjung, kita harus tetap mematuhi aturan dan larangan yang berlaku demi menjaga kelestarian alam dan kenyamanan bersama. Selain itu, kita juga bisa menikmati kuliner khas dan mencari penginapan di sekitar area wisata. Terdapat juga beberapa objek wisata lain yang dapat dikunjungi di sekitar Coban Bidadari, seperti air terjun Madakaripura dan Goa Tetes.

Coban Bidadari sendiri merupakan nama dari air terjun tersebut, yang dalam bahasa Jawa Timur artinya adalah air terjun. Tempat wisata ini menawarkan konsep kolaborasi antara keindahan pesona alam dan nilai kreativitas seni yang tinggi, menjadikannya sebagai destinasi wisata alam modern dan Instagrammable.

Daya tarik utama dari Coban Bidadari adalah udara sejuk yang dihasilkan dari air terjun, pemandangan alam yang indah, dan spot foto yang instagrammable. Dalam hal ini, tempat ini menjadi surganya para pecinta fotografi. Spot foto yang tersedia sangatlah banyak, seperti Sayap Bidadari, Rumah Pohon, Ayunan, Rumah Hobbit, dan Gardu Pandang, yang semuanya menawarkan latar belakang yang menarik, unik, dan indah.

Selain itu, juga menawarkan tempat untuk camping bagi para pengunjung yang ingin merasakan suasana alam yang lebih dekat. Suasana sangat dingin pada malam hari, sehingga sangat disarankan untuk membawa jaket. Harga tiket masuk Coban Bidadari cukup terjangkau, yaitu Rp. 10.000 per orang. Selain itu, ada juga biaya parkir motor sebesar Rp. 5.000.

Dengan semua daya tarik yang dimilikinya, Coban Bidadari Malang layak menjadi destinasi wisata alam yang diincar oleh para wisatawan Indonesia maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia dan mencari pengalaman yang tak terlupakan.

Review Review Coban Bidadari, Wisata Air Terjun Eksotis Di Malang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *