Review Menarik Coban Kethak, Destinasi Wisata Air Terjun Eksotik di Malang

Coban Kethak adalah sebuah destinasi wisata air terjun yang terletak di Malang Desa, Pait Utara, Pait, Kec. Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Destinasi wisata ini menjadi populer di kalangan wisatawan karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Saat mengunjungi Coban Kethak, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan air yang mengalir jernih dan segar. Selain itu, ada juga kolam renang alami yang dapat digunakan untuk berenang atau sekadar bermain air.

Untuk mencapai Coban Kethak, pengunjung harus melewati jalan yang cukup menantang. Namun, setelah tiba di lokasi, keindahan alam yang tersaji akan membuat perjalanan tersebut terbayar dengan baik. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melakukan beberapa aktivitas, seperti berjalan-jalan di sekitar area wisata, memancing, atau bersantai di bawah pohon sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Di sekitar air terjun, terdapat banyak bebatuan yang mirip dengan wajah singa dan memberikan kesan mistis pada objek wisata ini. Meski begitu, tempat ini tetap menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan. Di sekitar coban Kethak Kasembon juga terdapat pohon durian yang tumbuh subur, sehingga desa Pait dikenal dengan buah duriannya yang lezat.

Dalam perjalanan ke titik pusat air terjun, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Di tempat ini juga sangat cocok untuk berswafoto karena pemandangannya yang menakjubkan. Pengelola objek wisata ini juga terus memperbaiki fasilitas agar pengunjung merasa lebih nyaman. Oleh karena itu, coban Kethak Kasembon adalah salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi jika Anda berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Coban Kethak Kasembon Malang adalah destinasi wisata air terjun yang menarik dan cocok untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga. Selain keindahan air terjunnya yang menakjubkan, tempat ini juga memiliki pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Harga tiket masuknya terjangkau dan akses jalan yang bagus membuat wisatawan tidak kesulitan untuk mengunjungi tempat ini. Namun, tetap perhatikan keselamatan dan jangan lupa untuk mengambil foto-foto yang indah. Bagi pecinta durian, musim durian bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi desa Pait dan menikmati pesta buah durian yang murah meriah.

Coban Kethak adalah destinasi wisata yang sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang diperlukan seperti alas kaki yang nyaman dan kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di sana.

Sejarah

Sejarah Coban Kethak dimulai pada masa Hindia Belanda, di mana tempat ini digunakan sebagai area pertanian. Pada saat itu, penduduk sekitar mengandalkan pertanian sebagai sumber penghasilan utama mereka. Kemudian pada tahun 1970-an, tempat ini mulai dikembangkan menjadi tempat wisata oleh seorang warga setempat.

Seiring dengan perkembangan pariwisata di Malang, Coban Kethak semakin dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa perbaikan dan pengembangan dilakukan untuk memperbaiki fasilitas dan menambah kenyamanan bagi pengunjung, seperti penambahan jalur hiking dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Coban Kethak sendiri terletak di wilayah Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam pegunungan dan air terjun yang menakjubkan. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, memancing, bersepeda, dan camping.

Dalam beberapa tahun terakhir, Semakin populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Malang.

Mitos Legenda Misteri

Coban Kethak adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Tempat ini memiliki banyak mitos, legenda, dan misteri yang terkait dengan keindahan dan keunikan alamnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mitos Air Terjun yang Tak Pernah Kering

Salah satu mitos yang beredar adalah bahwa air terjun ini tak pernah kering, bahkan di musim kemarau sekalipun. Konon, air terjun ini merupakan sumber air yang dijaga oleh para dewa dan roh nenek moyang. Oleh karena itu, meskipun cuaca sangat panas dan musim kemarau berkepanjangan, air terjun ini tetap mengalir dengan deras dan mempesona.

  1. Legenda Asal-usul Nama Coban Kethak

Menurut legenda yang beredar, nama tempat ini berasal dari kata “Kethak” yang artinya “patah” atau “retak”. Konon, pada zaman dahulu kala, ada seorang putri cantik bernama Dewi Supraba yang jatuh cinta pada seorang pria miskin bernama Raden Patah. Namun, keluarga Dewi Supraba tidak menyetujui hubungan tersebut dan memaksanya untuk menikah dengan seorang pangeran kaya. Tak ingin menyakiti hati Raden Patah, Dewi Supraba memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat dari atas tebing dan jatuh ke air terjun. Sejak saat itu, air terjun tersebut dijuluki dengan nama Coban Kethak yang berasal dari nama Raden Patah.

  1. Misteri Makhluk Halus
See also  Alun-Alun Gresik Destinasi Wisata Kota Konsep Multifungsi dan Multikultur

Ada beberapa cerita misteri tentang makhluk halus yang tinggal di sekitar Coban Kethak. Beberapa pengunjung sering merasakan adanya kehadiran yang tidak terlihat dan suara-suara aneh di sekitar air terjun. Konon, makhluk halus tersebut adalah penunggu alam yang menjaga kelestarian dan kesakralan tempat tersebut. Namun, beberapa orang juga mengaku merasa terganggu dan ketakutan oleh kehadiran makhluk halus.

  1. Mitos Khasiat Air Terjun

Selain keindahan alamnya yang mempesona, juga dipercaya memiliki khasiat mistis yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa orang bahkan mengaku sembuh dari penyakit kronis setelah mandi atau minum air dari Coban Kethak. Konon, khasiat ini berasal dari energi positif yang terpancar dari air terjun dan sumber air yang bersih dan sehat.

Itulah beberapa mitos, legenda, dan misteri yang terkait. Meskipun mungkin tidak semuanya benar, namun cerita-cerita tersebut menambah daya tarik dan keunikan dari tempat ini sebagai destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Larangan Dan Aturan

Coban Kethak memiliki beberapa aturan dan larangan yang harus dipatuhi oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Tidak boleh merusak alam sekitar, termasuk membuang sampah sembarangan atau merusak tanaman di sekitar air terjun.
  2. Tidak boleh melakukan aktivitas yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain, seperti berenang di kolam air terjun yang dalam atau menyeberangi aliran sungai yang deras.
  3. Tidak boleh memasuki area terlarang yang telah ditandai dengan tanda peringatan atau pembatas.
  4. Tidak boleh membawa serta hewan peliharaan ke dalam area air terjun.
  5. Tidak boleh memetik bunga atau tanaman di sekitar air terjun.
  6. Tidak boleh membuat api unggun di area sekitar air terjun.
  7. Dilarang memancing di sekitar air terjun.
  8. Tidak boleh merokok di area air terjun.
  9. Tidak boleh menggunakan speaker atau alat musik yang mengganggu ketenangan pengunjung lainnya.
  10. Dianjurkan untuk tidak mengambil foto atau video dengan menggunakan drone karena dapat mengganggu keindahan alam dan kenyamanan pengunjung lainnya.

Aturan dan larangan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam sekitar dan kenyamanan pengunjung yang datang. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengunjung untuk mematuhi aturan dan larangan yang telah ditetapkan.

Alamat Lengkap Akses

Berikut adalah alamat lengkap dan akses menuju Coban Kethak:

Alamat: Desa Pait Utara, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65393, Indonesia

Akses: Untuk menuju ke Coban Kethak, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Dari Kota Malang, perjalanan sekitar 25 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Rute perjalanan dapat dilalui melalui Jalan Raya Tumpang – Sumberpitu – Desa Sumberbrantas – Desa Pait Utara. Sesampainya di Desa Pait Utara, pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 1 km ke arah lereng gunung dan menyeberangi sungai kecil untuk sampai ke lokasi air terjun.

Jika menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkutan umum (bemo) dari Terminal Arjosari Malang ke Tumpang dengan tarif sekitar Rp 5.000, kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek ke lokasi air terjun dengan tarif sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000, tergantung pada musim dan negosiasi dengan pengemudi ojek.

Rute

Untuk menuju Coban Kethak, berikut adalah beberapa rute yang dapat diambil:

  1. Dari Kota Malang:
  • Ambil jalur menuju Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang
  • Setelah sampai di Pasar Kasembon, belok kanan menuju Desa Pait Utara
  • Ikuti jalan menuju lokasi
  1. Dari Kota Batu:
  • Ambil jalur menuju Jl. Raya Selecta
  • Ikuti jalan menuju Desa Pait Utara, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang
  • Ikuti jalan menuju lokasi
  1. Dari Kota Surabaya:
  • Ambil jalur menuju Malang
  • Setelah melewati Kecamatan Kepanjen, belok kanan menuju Desa Pait Utara
  • Ikuti jalan menuju lokasi

Untuk mempermudah navigasi, dapat menggunakan aplikasi maps atau GPS untuk mencari rute menuju Coban Kethak.

Aktivitas

Coban Kethak menawarkan banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Menikmati keindahan alam: Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dan hamparan hijau pegunungan.
  2. Berenang: Pengunjung dapat berenang di kolam yang ada di bawah air terjun. Namun, pastikan untuk berhati-hati dan tidak mandi terlalu dekat dengan air terjun.
  3. Tracking: Pengunjung dapat melakukan trekking. Ada beberapa jalur trekking yang tersedia dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
  4. Camping:Menawarkan area camping bagi pengunjung yang ingin menginap di sana. Area camping dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti toilet dan tempat api unggun.
  5. Fotografi: adalah tempat yang populer untuk fotografi alam, terutama bagi penggemar fotografi landscape.
  6. Outbound: Ada beberapa provider outbound yang menawarkan paket kegiatan seperti flying fox dan rafting.
  7. Memancing: Pengunjung juga dapat memancing di kolam yang tersedia. Namun, pastikan untuk mematuhi peraturan yang berlaku.
  8. Bersepeda:Menawarkan jalur sepeda yang menantang dengan pemandangan yang indah di sekitar.
  9. Menikmati kuliner: Ada beberapa warung makan yang menjual makanan dan minuman. Nikmati hidangan khas Jawa Timur yang lezat setelah beraktivitas di sana.
See also  Review Menarik Air Terjun Seweru, Pesona Eksotis Wisata Alam di Madiun

Keunikan Daya Tarik

Memiliki banyak keunikan dan daya tarik yang membuatnya menjadi tempat wisata yang populer. Beberapa keunikan dan daya tarik yang dimiliki Coban Kethak antara lain:

  1. Air Terjun yang Indah: Memiliki air terjun yang sangat indah dengan ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun ini terlihat sangat eksotis karena berada di antara tebing-tebing karst yang hijau.
  2. Keindahan Alam: Selain air terjunnya, Memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Anda bisa menikmati hamparan pepohonan dan perbukitan hijau yang sangat mempesona.
  3. Keheningan: Berada di daerah pedesaan, jauh dari keramaian kota. Hal ini membuat suasana sangat tenang dan damai.
  4. Aktivitas Petualangan: Menawarkan banyak aktivitas petualangan yang seru, seperti trekking, flying fox, dan river tubing. Anda bisa merasakan sensasi yang berbeda dan menantang.
  5. Budaya Lokal:Memiliki keunikan budaya lokal yang menarik untuk dipelajari. Anda bisa belajar tentang adat istiadat dan tradisi masyarakat setempat yang masih dijaga dengan baik.
  6. Kuliner: Di sekitar terdapat banyak warung makanan yang menyajikan makanan khas daerah. Anda bisa mencicipi berbagai jenis makanan lezat yang pasti akan memanjakan lidah Anda.
  7. Spot Foto yang Instagramable: Memiliki spot-spot foto yang sangat instagramable. Anda bisa mengabadikan momen indah Anda dan membagikannya di media sosial.

Fasilitas

Coban Kethak menawarkan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Area Parkir: Terdapat area parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pengunjung.
  2. Area Istirahat: Terdapat area istirahat yang nyaman dengan berbagai pilihan tempat duduk yang bisa digunakan oleh pengunjung.
  3. Toilet: Terdapat fasilitas toilet yang bersih dan nyaman.
  4. Warung Makan: Terdapat beberapa warung makan yang menjual berbagai makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
  5. Area Camping: Terdapat area camping yang dapat digunakan untuk berkemah bersama keluarga atau teman-teman.
  6. Area Outbound: Terdapat area outbound yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti flying fox, paintball, dan lainnya.
  7. Penginapan: Terdapat penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menginap.
  8. Area Parkir Bus: Terdapat area parkir khusus untuk bus yang membawa rombongan pengunjung.
  9. Area Bermain Anak: Terdapat area bermain anak yang dilengkapi dengan berbagai mainan untuk anak-anak.
  10. Area Olahraga: Terdapat area olahraga yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti futsal, basket, dan voli.
  11. Area BBQ: Terdapat area BBQ yang dapat digunakan untuk membuat barbeque bersama keluarga atau teman-teman.
  12. Area Berfoto: Terdapat area berfoto yang menarik dengan latar belakang air terjun yang indah dan alami.

Spot Selfie

Coban Kethak memiliki banyak spot selfie yang menarik dan instagramable, di antaranya:

  1. Taman Bunga: Di sini pengunjung bisa menemukan berbagai jenis bunga yang indah dan fotogenik. Spot ini sangat cocok untuk berfoto selfie atau bersama keluarga dan teman-teman.
  2. Jembatan Kayu: Jembatan kayu yang melintasi aliran sungai membuat pengunjung merasa seperti berada di alam yang alami. Dengan latar belakang pepohonan hijau dan air terjun, spot ini sangat cantik untuk berfoto.
  3. Air Terjun: Tentu saja air terjun menjadi spot yang paling populer. Ada beberapa air terjun yang bisa dijadikan spot selfie, seperti Air Terjun dan Air Terjun Kedung Pedut.
  4. Gazebo: Gazebo yang berada di pinggir sungai juga menjadi spot yang populer untuk berfoto selfie. Dengan latar belakang air terjun dan pemandangan hijau, gazebo ini menjadi spot yang sangat instagramable.
  5. Pintu Gerbang: Pintu gerbang yang megah dan indah juga menjadi spot yang sangat populer untuk berfoto selfie. Pintu gerbang ini terbuat dari kayu dan terlihat sangat natural di tengah-tengah alam yang hijau.

Tiket Masuk

Berikut informasi tiket masuk ke Coban Kethak di Malang, Jawa Timur:

  • Tiket masuk Coban Kethak: Rp 15.000 per orang (harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu)
  • Biaya parkir: Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil

Harga tiket tersebut bisa berbeda tergantung pada waktu berkunjung dan acara khusus yang diadakan di tempat wisata tersebut. Pastikan untuk mengecek informasi harga tiket yang terbaru sebelum berkunjung.

Penginapan Hotel Dekat

Penginapan adalah tempat yang disediakan untuk orang beristirahat atau menginap dalam jangka waktu tertentu, biasanya dalam rangka liburan atau perjalanan bisnis. Penginapan dapat berupa hotel, vila, guesthouse, hostel, homestay, atau jenis akomodasi lainnya.

Jika Anda ingin mencari penginapan di daerah Coban Kethak, Malang, berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Villa Wonotoro: penginapan yang terletak di Jalan Wonotoro 3, Malang, dengan fasilitas seperti kolam renang, taman, dan kamar yang nyaman.
  2. Lembah Coban Kethak Resort: penginapan yang berada di kawasan dengan pemandangan alam yang indah, dilengkapi dengan kolam renang, restoran, dan area bermain anak.
  3. Padma Hotel Malang: hotel bintang 5 yang berlokasi di Jalan Padma No. 2-4, Malang, dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, pusat kebugaran, spa, dan restoran.
  4. Jambuluwuk Batu Resort: hotel yang terletak di kawasan Batu, Malang, dengan pemandangan pegunungan yang indah, dilengkapi dengan kolam renang, restoran, dan area bermain anak.
  5. Hotel Tugu Malang: hotel bintang 5 yang terletak di Jalan Tugu No. 3, Malang, dengan nuansa arsitektur khas Jawa dan fasilitas seperti kolam renang, spa, dan restoran.
See also  Review Menarik Candi Badut Destinasi Wisata Sejarah di Malang

Tempat Makan

Di sekitar area wisata ini, terdapat beberapa pilihan tempat makan yang dapat dikunjungi untuk menikmati makanan yang lezat dan pemandangan yang indah. Beberapa tempat makan yang direkomendasikan di sekitar Coban Kethak antara lain:

  1. Warung Lesehan Surya Kethak Warung lesehan ini menyediakan makanan tradisional Jawa dan Sunda yang lezat. Salah satu menu andalannya adalah nasi liwet dengan lauk ayam goreng kremes dan sate kikil. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati aneka jajanan pasar dan minuman segar yang menyegarkan.
  2. Restoran Pusat Oleh-Oleh Malang Restoran ini menyajikan aneka masakan Indonesia yang lezat, seperti soto ayam, rawon, nasi goreng, dan mie goreng. Selain itu, restoran ini juga menyediakan berbagai jenis oleh-oleh khas Malang yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.
  3. Warung Makan Coban Rais Warung makan ini terletak di kawasan Coban Rais. Warung ini menyediakan menu makanan khas Jawa Timur, seperti nasi pecel, sate kambing, dan soto ayam. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati minuman segar dan buah-buahan segar yang disajikan di sini.
  4. Kedai Kopi Rakyat Malang Jika Anda ingin menikmati kopi yang lezat dan pemandangan yang indah, Kedai Kopi Rakyat Malang bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedai ini terletak di dekat Coban Kethak dan menyajikan kopi dari biji kopi lokal yang berkualitas. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati makanan ringan dan jajanan pasar yang disajikan di sini.

Itulah beberapa tempat makan yang dapat dikunjungi. Pastikan untuk mencicipi makanan dan minuman yang disajikan di sini saat berkunjung ke tempat ini.

Wisata Sekitar

Terletak di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan memiliki beberapa wisata sekitar yang bisa Anda kunjungi. Berikut adalah beberapa pilihan tempat wisata di sekitar Coban Kethak:

  1. Coban Rais: Terletak sekitar 4 km, Coban Rais adalah air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 40 meter. Di sekitar air terjun, terdapat area piknik yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan.
  2. Taman Langit Gunung Banyak: Terletak sekitar 10 km, taman ini menawarkan pemandangan yang indah dari ketinggian. Di sini, Anda bisa menikmati panorama pegunungan Malang yang menakjubkan.
  3. Museum Angkut: Terletak sekitar 35 km, Museum Angkut adalah tempat wisata yang cocok untuk penggemar transportasi. Di sini, Anda bisa melihat koleksi kendaraan dari zaman dulu hingga modern, termasuk mobil klasik, sepeda motor antik, dan pesawat terbang.
  4. Jatim Park 3: Terletak sekitar 40 km, Jatim Park 3 adalah taman bermain dengan berbagai wahana dan atraksi. Taman ini memiliki tema edukasi tentang dunia hewan dan tumbuhan, serta menyajikan atraksi teknologi terkini.
  5. Batu Night Spectacular: Terletak sekitar 40 km, Batu Night Spectacular adalah taman bermain dengan tema malam hari. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai atraksi yang menarik, seperti pertunjukan lampu dan air mancur, wahana permainan, serta kuliner khas Batu.

Berdasarkan informasi yang telah disajikan, dapat disimpulkan bahwa Coban Kethak merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Pait Utara, Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya air terjun setinggi 30 meter dan tebing curam yang mengelilinginya. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan seperti hiking, camping, dan berfoto di spot-spot instagramable yang tersedia di sekitar lokasi.

Terdapat juga beberapa tempat makan dan penginapan yang dapat dijadikan pilihan bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar Coban Kethak. Selain itu, terdapat juga beberapa objek wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi di sekitar area tersebut, seperti Coban Rondo dan Taman Labirin.

Meskipun belum diketahui secara pasti mengenai asal usul nama Coban Kethak, namun legenda yang berkembang di masyarakat setempat menjadikan air terjun ini sebagai tempat yang keramat dan dianggap sebagai peninggalan para leluhur. Namun, berkat perbaikan dan pengembangan dari pemerintah setempat, Coban Kethak kini dapat dinikmati sebagai objek wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Review Review Menarik Coban Kethak, Destinasi Wisata Air Terjun Eksotik di Malang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *