Ulasan Menarik Coban Lanang, Destinasi Wisata di Kota Batu

Di Kota Batu, Jawa Timur, terdapat sebuah air terjun bernama Coban Lanang yang unik. Biasanya, air terjun tersembunyi di tengah hutan, tetapi Coban Lanang berada di tengah kota. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan dialiri oleh Sungai Brantas Kali Lanang. Dibuka pada tahun 2017 dan masih dalam tahap penyempurnaan, menarik minat wisatawan dari berbagai daerah. Meskipun berada di tengah kota, keindahan alamnya tak kalah menarik dengan coban-coban lainnya.

Wisata Coban Lanang Batu, Kesejukan Alami yang Masih Terjaga
Wisata Coban Lanang Batu, Kesejukan Alami yang Masih Terjaga

Lokasi Coban Lanang berada di Jl. Bromo, Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Jika Anda bertolak dari Surabaya, berjarak sekitar 90 kilometer melalui Pandaan, Lawang, Singosari, dan belok kanan menuju Jl. Karanglo, lalu mengikuti jalan menuju Alun-Alun Kota Batu. Dari Alun-Alun Kota Batu, Anda bisa berkendara selama 11 menit melalui Jl. Diponegoro, Sisir.

Setelah sampai di loket tiket masuk, Anda membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi air terjun dengan berjalan kaki. Meskipun harus berjalan kaki, Anda akan menikmati keindahan alam dan pepohonan rindang di sekitar Coban Lanang. Selain pepohonan hijau, banyak tebing batu yang menambah keasrian coban seluas 1 hektar ini. Pengunjung cukup membayar tiket mulai dari Rp10 ribu per orang untuk bisa masuk ke Coban Lanang.

Menjadi salah satu destinasi wisata yang potensial dan sukses menjadi magnet pelancong dari berbagai daerah. Selain bermain air, berenang, atau berfoto, pengunjung dapat melakukan beberapa kegiatan seru seperti outbond, fun trekking, paralayang, paintball, dan offroad menggunakan motor trail. Ada pula paket rafting yang ditawarkan oleh Kaliwatu Rafting yang berlokasi tak jauh. Selain itu, pihak pengelola Coban Lanang telah menyediakan berbagai fasilitas seperti spot foto, taman bermain, kolam renang, kafe, warung makan, dan gazebo untuk bersantai.

Kaliwatu Rafting juga telah menyediakan lokasi penginapan yang nyaman bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam Coban Lanang. Kota Batu sendiri memiliki banyak pilihan wisata yang dapat dikunjungi, baik wisata alam maupun buatan. Namun, Coban Lanang yang berlokasi strategis di tengah kota ini patut menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Alamat Lengkap Akses Rute

Coban Lanang berlokasi di Jl. Bromo, Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65332.

Untuk mencapai Coban Lanang, jika Anda berasal dari Surabaya, Anda dapat melalui rute Pandaan-Lawang-Singosari dan belok kanan menuju Jl. Karanglo. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga mencapai Alun-Alun Kota Batu. Dari Alun-Alun Kota Batu, Anda dapat berkendara selama 11 menit melalui Jl. Diponegoro, Sisir untuk mencapai Coban Lanang.

Setelah sampai di loket tiket masuk, Anda perlu berjalan selama sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi air terjun. Selama perjalanan, Anda dapat menikmati pemandangan alam dan pepohonan rindang yang indah di sekitar Coban Lanang. Meskipun harus berjalan kaki, Anda akan merasa puas karena keindahan alam di sekitar sangat menawan.

Untuk memasuki Coban Lanang, pengunjung hanya perlu membayar tiket mulai dari Rp10 ribu per orang. Harga tersebut sudah termasuk akses ke berbagai fasilitas, seperti spot foto, taman bermain, kolam renang, kafe, dan warung makan yang menyajikan menu khas Kota Batu.

Fasilitas

Memiliki berbagai fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya:

  1. Area Parkir: Coban Lanang menyediakan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.
  2. Loket Tiket: Terdapat loket tiket masuk yang berada di depan gerbang. Pengunjung dapat membeli tiket masuk di sana dengan harga terjangkau.
  3. Tempat Istirahat: Terdapat beberapa gazebo dan bangku di sekitar area yang dapat digunakan untuk bersantai dan istirahat.
  4. Toilet: Terdapat beberapa toilet yang bersih dan terawat di sekitar area.
  5. Spot Foto: Terdapat beberapa spot foto yang menarik dan instagramable di sekitar area.
  6. Taman Bermain: Terdapat beberapa permainan anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan lainnya.
  7. Kolam Renang: Terdapat kolam renang dengan air yang jernih dan segar di dekat Coban Lanang.
  8. Kafe dan Warung Makan: Terdapat beberapa kafe dan warung makan yang menyajikan menu makanan dan minuman khas Kota Batu.
  9. Outbound: Terdapat fasilitas outbound yang dapat digunakan untuk kegiatan rombongan atau perusahaan.
  10. Motor Trail: Terdapat fasilitas motor trail yang dapat digunakan untuk menjelajahi area dan sekitarnya.
  11. Rafting: Terdapat fasilitas rafting yang tersedia di Kaliwatu, yang berjarak tidak jauh dari Coban Lanang.
  12. Penginapan: Terdapat beberapa penginapan di sekitar area yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di sana.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Coban Lanang, pengunjung perlu membayar tiket masuk dengan harga Rp10.000 per orang. Namun, anak-anak di bawah usia 4,5 tahun bisa masuk tanpa membayar tiket alias gratis. Harga tiket masuk yang terjangkau ini menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata ini. Selain itu, Coban Lanang juga menyediakan fasilitas parkir dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Sejarah

Air terjun Coban Lanang, yang terletak di Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, memiliki sejarah yang masih cukup baru. Air terjun ini dibuka pada tahun 2017 dan masih dalam tahap penyempurnaan hingga saat ini. Meskipun terletak di tengah kota, Memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik dengan air terjun lainnya yang tersembunyi di tengah hutan. Dinamakan Coban Lanang karena air terjun ini dialiri oleh Sungai Brantas Kali Lanang.

Sejak dibuka, Telah menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kota Batu, dan menjadi magnet bagi pelancong dari berbagai daerah. Hal ini tak lepas dari keindahan alamnya yang memukau serta fasilitas dan aktivitas seru yang tersedia di sana.

Mitos Legenda Misteri

Coban Lanang, air terjun yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur, juga memiliki kisah misteri yang menarik. Ada beberapa mitos dan legenda yang berkembang di sekitar air terjun ini. Salah satu mitos yang populer adalah cerita tentang sosok wanita cantik bernama Dewi Cemara. Konon, Dewi Cemara tinggal di sekitar air terjun Coban Lanang dan sering kali muncul saat malam hari. Dia diyakini sebagai penunggu air terjun yang mempertahankan kelestarian lingkungan sekitar.

Selain Dewi Cemara, ada juga mitos tentang sosok kakek tua yang menghuni sekitar Coban Lanang. Konon, kakek tua ini sangat terkenal dan dihormati oleh masyarakat setempat karena keahliannya dalam pengobatan tradisional. Beberapa orang bahkan mengklaim telah disembuhkan dari penyakit berkat bantuan kakek tua tersebut.

Namun, ada juga cerita mengerikan yang berkembang di sekitar Coban Lanang. Konon, ada beberapa orang yang hilang secara misterius setelah mengunjungi air terjun ini. Beberapa orang bahkan mengaku melihat sosok-sosok gaib yang berkeliaran di sekitar air terjun pada malam hari. Meskipun ada beberapa mitos dan legenda yang berkembang di sekitar, tak dapat dipungkiri bahwa keindahan alamnya tetap menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Larangan Dan Aturan

Berikut adalah beberapa larangan dan aturan yang perlu diperhatikan di Coban Lanang, Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur:

  1. Dilarang merusak atau mengambil tanaman, hewan, atau benda di sekitar area wisata.
  2. Dilarang merokok di area wisata, termasuk di kafe dan restoran di sekitar area tersebut.
  3. Dilarang membawa minuman keras dan obat-obatan terlarang ke dalam area wisata.
  4. Dilarang memancing di area wisata.
  5. Aturan keselamatan harus dipatuhi, termasuk tidak berenang di kolam yang tidak diperbolehkan, dan tidak memanjat tebing atau bebatuan yang berbahaya.
  6. Dilarang melakukan kegiatan yang merusak lingkungan seperti membuang sampah sembarangan, merusak pohon atau tanaman di sekitar area wisata.
  7. Pengunjung diharapkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan di area wisata.
  8. Aturan lalu lintas harus dipatuhi di area parkir, termasuk parkir kendaraan di tempat yang telah ditentukan.
  9. Pengunjung diharapkan menghormati tempat ibadah yang ada di sekitar area wisata.
  10. Dilarang membawa hewan peliharaan ke dalam area wisata, kecuali hewan peliharaan yang disediakan khusus untuk kegiatan wisata.

Aktivitas

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Coban Lanang, berikut beberapa di antaranya:

  1. Berenang dan bermain air: Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras dengan kejernihannya yang membius para pengunjung untuk segera bermain air di sana.
  2. Fun trekking: Anda bisa melakukan trekking di sekitar area dan menikmati keindahan alam sekitarnya.
  3. Paintball: juga menyediakan fasilitas untuk permainan paintball yang seru bersama teman-teman atau keluarga.
  4. Outbond bersama rombongan: menyediakan fasilitas untuk kegiatan outbond bersama rombongan.
  5. Paralayang: Jika Anda suka tantangan yang lebih ekstrem, juga menyediakan fasilitas untuk paralayang.
  6. Offroad dengan motor trail: Anda bisa mencoba kegiatan offroad menggunakan motor trail yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Dengan motor trail tersebut, Anda akan dibawa mengelilingi area hingga menyusuri gunung.
  7. Rafting di Kaliwatu: Tak jauh dari Coban Lanang, terdapat Kaliwatu yang merupakan tempat pusat pelatihan berbasis wisata adventure dan siap dengan paket raftingnya. Anda bisa menyesuaikan paket dengan budget.
  8. Bersantai di gazebo: Terdapat pula gazebo untuk duduk bersantai sebelum melakukan trekking atau setelah dari Coban Lanang. Di gazebo tersebut, Anda bisa berswafoto dengan latar keindahan alam Kota Batu.

Dengan banyaknya pilihan aktivitas seru yang bisa dilakukan di Coban Lanang, tidak mengherankan jika tempat wisata ini menjadi magnet pelancong dari berbagai daerah.

Keunikan Daya Tarik

Memiliki beberapa keunikan daya tarik yang membuatnya menarik untuk dikunjungi, di antaranya:

  1. Berada di tengah kota: Keunikan pertama adalah lokasinya yang berada di tengah kota Batu, Jawa Timur. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang tersembunyi di tengah hutan, Coban Lanang bisa diakses dengan mudah karena berada di tengah kota.
  2. Keindahan alam yang memukau: Meski berada di tengah kota, keindahan alam di Coban Lanang tak kalah menarik dengan coban-coban lainnya. Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan air terjun yang deras dan indah, ditambah pepohonan hijau dan tebing batu yang menambah keasrian coban.
  3. Fasilitas lengkap: Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas seperti spot foto, taman bermain, kolam renang, kafe, dan warung makan yang menawarkan menu khas Kota Batu. Selain itu, terdapat juga gazebo untuk bersantai sebelum atau setelah melakukan trekking.
  4. Aktivitas seru: Coban Lanang tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tetapi juga berbagai aktivitas seru seperti outbond, fun trekking, paralayang, paintball, dan offroad menggunakan motor trail. Ada juga kegiatan rafting yang bisa diikuti di Kaliwatu yang tidak jauh dari Coban Lanang.

Dengan keunikan-keunikan tersebut, menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di kota Batu dan sukses menarik wisatawan dari berbagai daerah.

Spot Selfie Prewedding

Di Coban Lanang, ada beberapa spot yang cocok untuk selfie, di antaranya:

  1. Area dekat air terjun: Ada beberapa tempat di sekitar air terjun yang bagus untuk selfie, seperti di atas batu besar yang dekat dengan air terjun atau di area yang air terjunnya terlihat jelas di belakang Anda.
  2. Jembatan Gantung: Jembatan gantung di Coban Lanang adalah tempat yang populer untuk berfoto selfie. Anda dapat berjalan di atas jembatan dan berdiri di tepinya sambil menikmati pemandangan di bawah.
  3. Area Taman: Di sekitar area parkir, terdapat taman yang bagus untuk selfie, dengan bunga dan tanaman yang indah sebagai latar belakang.

Namun, perlu diingat bahwa di Coban Lanang, pengunjung harus mengikuti aturan dan tidak diperbolehkan untuk merusak atau mengganggu lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak merusak alam saat melakukan selfie dan mengikuti semua aturan yang berlaku di sana.

Camping

Jika Anda mencari pengalaman berkemah yang menyenangkan di Kota Batu, Coban Lanang bisa menjadi pilihan yang tepat. Air terjun yang menakjubkan ini menyediakan area camping yang nyaman bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu semalam di tengah-tengah keindahan alam.

Area camping di Coban Lanang terletak di dekat air terjun, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan yang indah sepanjang waktu. Selain itu, suara gemericik air terjun dan alam yang tenang akan membuat Anda merasa tenang dan rileks.

Fasilitas yang disediakan untuk camping juga sangat baik dan memadai. Anda bisa menyewa tenda atau membawa tenda sendiri. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa perlengkapan camping, karena pihak pengelola menyediakan peralatan camping yang lengkap.

Selain itu, terdapat juga tempat api unggun, toilet, dan tempat memasak yang bisa digunakan. Anda juga bisa membeli makanan dan minuman di warung yang ada di sekitar area camping.

Tidak hanya itu, selama Anda berkemah di Coban Lanang, Anda juga bisa menikmati berbagai aktivitas yang menarik seperti hiking, berenang di air terjun, dan memancing di Sungai Brantas. Suasana malam di Coban Lanang juga sangat menenangkan dan cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Untuk harga, tarif camping cukup terjangkau, mulai dari Rp 75.000 per orang per malam. Namun, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena area camping cukup populer dan sering penuh pada akhir pekan atau saat musim liburan.

Jadi, jika Anda mencari tempat camping yang indah dan menyenangkan di Kota Batu, Coban Lanang bisa menjadi pilihan yang sempurna. Siapkan tenda Anda dan nikmati liburan yang menyenangkan di tengah alam yang indah!

Penginapan

Ada beberapa pilihan penginapan di sekitar Coban Lanang yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Villa Bukit Pinus – terletak sekitar 1 km, dengan fasilitas villa lengkap dan pemandangan pegunungan yang indah.
  2. Coban Rais Homestay – terletak sekitar 2 km, dengan konsep rumah tradisional Jawa dan pemandangan yang asri.
  3. Villa Agrowisata Coban Talun – terletak sekitar 3 km, dengan fasilitas villa yang lengkap dan pemandangan kebun teh yang hijau.
  4. Pesona Coban Rondo Resort – terletak sekitar 10 km, dengan fasilitas resort lengkap dan pemandangan air terjun yang indah.

Pastikan kamu memeriksa tarif dan fasilitas dari masing-masing penginapan sebelum memutuskan untuk memesan.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa pilihan hotel yang berlokasi dekat dengan Coban Lanang, alamat Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65332:

  1. Pohon Inn Hotel Alamat: Jl. Abdul Gani Atas No.2, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315 Jarak: sekitar 1,8 km
  2. The Singhasari Resort Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.120, Desa Tawangrejo, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153 Jarak: sekitar 5,5 km
  3. Golden Tulip Holland Resort Batu Alamat: Jl. Abdul Gani Atas No. 3, Oro-oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315 Jarak: sekitar 2,6 km
  4. Villa Kencana Alam Batu Alamat: Jl. Oro Oro Ombo No.32, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315 Jarak: sekitar 1,6 km
  5. Klub Bunga Butik Resort Alamat: Jl. Abdul Gani Atas, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315 Jarak: sekitar 2,7 km

Harap diketahui bahwa jarak yang disebutkan di atas hanya perkiraan dan dapat berubah tergantung pada kondisi lalu lintas dan rute yang dipilih.

Kuliner

Di sekitar Coban Lanang, terdapat beberapa kuliner yang bisa kamu coba, di antaranya:

  1. Sate Klopo Ondomohen: Sate yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dilumuri kelapa parut dan bumbu khas Jawa Timur.
  2. Bakso Malang Cak Man: Bakso Malang dengan kuah bening dan tambahan mie kuning, pangsit, tahu, dan sayuran.
  3. Ayam Goreng Pak Soleh: Ayam goreng krispi dengan bumbu khas dan nasi uduk.
  4. Sego Sambel Mak Yeye: Nasi dengan sambal khas yang pedas dan gurih, disajikan dengan lauk ayam atau ikan goreng.
  5. Rawon Setan Mbah Karto: Rawon dengan kuah hitam khas Jawa Timur yang gurih dan pedas, disajikan dengan daging sapi empuk dan tambahan telur asin dan kerupuk.
  6. Es Campur Doyan Es: Es campur dengan berbagai jenis buah dan sirup, disajikan dengan es serut dan susu kental manis.
  7. Pisang Goreng Kipas: Pisang goreng yang dibentuk seperti kipas dengan tekstur yang krispi di luar dan lembut di dalam.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner di sekitar Coban Lanang yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana.

Tempat Makan

Berikut beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Coban Lanang:

  1. Warung Cobek Permai – Jl. Raya Selecta KM.2 No. 21, Bumiaji, Kota Batu. Menu andalan di sini adalah nasi liwet dan sate ayam, tempat makan ini juga menawarkan pemandangan indah.
  2. Depot Bu Rudy – Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Batu. Warung makan ini terkenal dengan nasi pecelnya yang lezat dan harganya terjangkau.
  3. Bebek Pak Soleh – Jl. Abdul Gani Atas No.17, Ngaglik, Kota Batu. Menyajikan menu bebek panggang dan bebek goreng yang disajikan dengan nasi dan sambal khas Jawa Timur.
  4. Bakso President – Jl. Raya Puncak KM.2, Bumiaji, Kota Batu. Tempat makan yang terkenal dengan bakso yang besar dan kenyal. Harganya terjangkau dan cocok untuk makan siang atau malam.
  5. Batu Kitchen & Coffee – Jl. Dewi Sartika No.2, Bumiaji, Kota Batu. Menawarkan menu western dan asian food yang bisa dinikmati di suasana yang nyaman dan cozy.

Wisata Sekitar

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Coban Lanang, Batu, Jawa Timur:

  1. Jatim Park 1: Taman rekreasi yang menawarkan berbagai macam atraksi, termasuk wahana permainan, taman bunga, dan miniatur bangunan terkenal di dunia.
  2. Museum Angkut: Museum transportasi yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari zaman dahulu hingga masa kini.
  3. Batu Night Spectacular: Taman hiburan malam yang menawarkan berbagai atraksi dan wahana permainan di malam hari.
  4. Eco Green Park: Taman rekreasi yang menampilkan berbagai wahana permainan yang bertema alam dan lingkungan.
  5. Selecta Recreational Park: Taman rekreasi yang menawarkan berbagai macam atraksi dan keindahan alam, termasuk kolam renang, taman bunga, dan wahana permainan.
  6. Coban Rondo Waterfall: Air terjun yang terletak sekitar 2 km dari Coban Rais dan menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang segar.
  7. Jatim Park 2: Taman rekreasi yang menampilkan berbagai macam atraksi bertema lingkungan, termasuk kebun binatang mini, aquaria, dan museum satwa.
  8. Omah Kayu: Taman rekreasi yang menawarkan berbagai macam wahana permainan bertema petualangan dan pendidikan.
  9. Paralayang Gunung Banyak: Tempat yang cocok untuk olahraga paralayang dan menawarkan pemandangan indah dari ketinggian.
  10. Taman Wisata Coban Rais: Taman rekreasi yang menawarkan pemandangan indah dari Coban Rais dan juga menawarkan berbagai macam wahana permainan dan kegiatan outdoor.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk berwisata ke Coban Lanang:

  1. Kenakan sepatu yang nyaman:Memiliki medan yang cukup terjal dan berbatu, sehingga sangat penting untuk memakai sepatu yang nyaman dan aman untuk di gunakan saat berjalan-jalan di sekitar area wisata.
  2. Bawa pakaian ganti: Jika Anda berencana untuk bermain air, pastikan untuk membawa pakaian ganti dan handuk.
  3. Bawa bekal makanan: Coban Lanang tidak memiliki banyak warung makanan di sekitarnya, jadi pastikan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk menghindari kelaparan.
  4. Bawa perlengkapan kamera: Memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan, jadi pastikan untuk membawa kamera atau ponsel yang memadai untuk mengambil foto dan mengabadikan momen indah Anda.
  5. Patuhi aturan: Selalu patuhi aturan dan petunjuk di Coban Lanang, seperti larangan merokok dan membuang sampah sembarangan.
  6. Hindari berkunjung saat hari libur: Coban Lanang biasanya ramai saat hari libur dan akhir pekan, jadi sebaiknya hindari berkunjung pada hari tersebut untuk menghindari kerumunan yang berlebihan.
  7. Periksa kondisi cuaca: Terletak di pegunungan, jadi pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca sebelum pergi untuk menghindari cuaca buruk dan potensi bahaya.
  8. Bawa uang tunai yang cukup: Beberapa fasilitas mungkin tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit, jadi pastikan untuk membawa uang tunai yang cukup untuk membayar tiket masuk dan membeli barang-barang di sekitar area wisata.

Kota Batu, Jawa Timur terdapat sebuah air terjun yang bernama Coban Lanang. Terletak di tengah kota dan dibuka pada tahun 2017. Meskipun lokasinya berada di tengah kota, keindahan alam tidak kalah menarik dengan coban-coban lainnya yang tersembunyi di tengah hutan. Untuk menuju Coban Lanang, pengunjung bisa mengikuti rute melalui Jl. Bromo, Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Memiliki aliran air yang cukup deras dengan tinggi sekitar 20 meter dan memiliki luas sekitar 1 hektar.

Coban Lanang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti spot foto, taman bermain, kolam renang, kafe, warung makan, dan gazebo. Selain bermain air, berenang, atau berfoto, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru seperti outbond, fun trekking, paralayang, paintball, offroad, dan rafting. Ada pula lokasi penginapan yang nyaman bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam. Coban Lanang adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Kota Batu, Jawa Timur. Selain itu, juga memiliki berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti spot foto, taman bermain, kolam renang, kafe, dan warung makan.

Selain bermain air di air terjun yang membius tersebut, pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru seperti outbond, fun trekking, paralayang, paintball, dan offroad menggunakan motor trail. Bagi pengunjung yang ingin menginap, Kaliwatu Rafting juga menyediakan lokasi penginapan yang nyaman. Memiliki banyak pilihan wisata lainnya baik wisata alam maupun buatan. Oleh karena itu, Coban Lanang adalah salah satu destinasi wisata yang dapat dipertimbangkan saat berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur.