Review Menarik Museum Satwa, Koleksi Satwa Lintas Jaman di Jatim Park 2

Museum Satwa Batu Malang, adalah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman yang berbeda dengan menampilkan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil purba dari berbagai negara di seluruh benua, termasuk Asia, Afrika, Eropa, Amerika, Australia, Artik, dan Antartika. Museum ini merupakan bagian dari Jatim Park 2 dan didirikan dengan tujuan sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, sehingga satwa awetan yang ada diperoleh dari satwa yang telah mati, bukan hasil pemburuan.

Selain satwa, museum ini juga menampilkan replika hewan purbakala, seperti Stegosaurus, Apatosaurus, dan Mammoth. Museum Satwa Batu Malang buka setiap hari dari pukul 09.30 sampai 17.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp30.000 per orang. Tidak hanya sebagai tujuan wisata, museum ini juga dapat meningkatkan pengetahuan para pengunjung tentang satwa dan fosil purba.

Sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Jawa Timur, Museum Satwa Batu juga menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk para pengunjungnya. Di antaranya adalah toko suvenir, kantin, area parkir yang luas, dan toilet yang bersih dan terawat dengan baik. Tak hanya itu, juga memiliki beberapa spot terbaik yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Beberapa di antaranya adalah area replika satwa purba yang sangat menarik dan juga outdoor park yang asri dan hijau.

Namun, sebelum berkunjung ke Museum Satwa Batu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk mempersiapkan kondisi fisik yang cukup sebelum datang ke museum. Kedua, bawalah perlengkapan yang diperlukan seperti topi, kacamata hitam, dan sunblock karena area museum cukup terbuka dan terik.

Ketiga, sebaiknya datang pada hari biasa karena pada hari libur atau akhir pekan biasanya museum akan lebih ramai dan antrean tiket masuk akan lebih panjang. Terakhir, selalu ikuti aturan dan petunjuk yang telah ditentukan oleh pihak museum untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera planing perjalanan wisata anda dan jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Museum Satwa Batu yang menarik ini. Selain dapat menambah pengetahuan tentang satwa dan fosil purba, Anda juga dapat menikmati momen liburan yang menyenangkan bersama keluarga dan teman-teman tercinta.

Alamat Lengkap Akses Rute

Museum Satwa terletak di Jalan Raya Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314.

Untuk mencapai Museum Satwa, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi. Dari pusat Kota Malang, Anda dapat menggunakan angkutan kota (angkot) yang menuju ke arah Batu dan turun di depan gerbang Jatim Park 2. Setelah itu, Anda dapat berjalan kaki ke Museum yang berada di dalam kompleks Jatim Park 2.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari pusat Kota Malang, arahkan kendaraan ke arah Jalan Raya Ir. Soekarno yang menuju ke arah Batu. Setelah sampai di gerbang Jatim Park 2, ikuti petunjuk arah yang berada di dalam kompleks tersebut. Parkir kendaraan tersedia di area Jatim Park 2 dengan biaya retribusi yang terpisah.

Fasilitas


Menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di Museum Satwa antara lain:

  1. Area Parkir: Memiliki area parkir kendaraan yang luas dan aman.
  2. Toilet: Menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan nyaman bagi pengunjung.
  3. Kafe dan Restoran: Di dalam terdapat kafe dan restoran yang menyajikan berbagai makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
  4. Kios Souvenir: Di dalam terdapat kios souvenir yang menjual berbagai jenis suvenir dan oleh-oleh khas Batu Malang.
  5. Ruang Pertemuan: uga menyediakan ruang pertemuan yang dapat digunakan untuk acara rapat atau seminar.
  6. Area Bermain Anak: Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang membawa anak-anak, juga menyediakan area bermain anak yang aman dan menyenangkan.

Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadai, pengunjung dapat merasa nyaman dan puas saat berkunjung.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Museum Satwa adalah Rp 30.000 untuk hari biasa dan hari libur. Selain itu, terdapat juga paket tiket terusan ke Jawa Timur Park 2 dengan tarif sebesar Rp 120.000. Pengunjung disarankan untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada petugas sebelum melakukan pembelian tiket. Museum Satwa buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore, dari hari Senin sampai Minggu. Pada hari libur, museum ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri. Menjadi salah satu pilihan liburan yang menarik bersama keluarga.

Sejarah

Museum Satwa di Batu, Jawa Timur awalnya didirikan sebagai bagian dari Taman Miniatur Dunia Jawa Timur pada tahun 2002. Kemudian, pada tahun 2010, museum ini menjadi bagian dari Jatim Park 2. Tujuan didirikannya Museum Satwa adalah sebagai lembaga konservasi ex-situ satwa liar yang bertujuan untuk melestarikan satwa-satwa yang terancam punah dan mengedukasi masyarakat tentang keanekaragaman hayati dan pentingnya menjaga keberlangsungan hidup satwa liar.

Koleksi Museum Satwa didatangkan dari berbagai negara di seluruh dunia, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika. Selain satwa-satwa yang diawetkan, museum ini juga menyajikan fosil-fosil purba dan replika hewan purbakala yang sangat menarik.

Dalam perkembangannya, Museum Satwa terus melakukan pembenahan dan penambahan koleksi satwa-satwa baru, serta penambahan fasilitas yang lebih lengkap untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman berkunjung bagi para pengunjung. Saat ini, Museum Satwa telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Batu, Jawa Timur.

Larangan Dan Aturan

Museum Satwa atau Museum Zoologi adalah tempat yang memamerkan koleksi hewan, baik itu hewan hidup maupun hewan mati yang telah diawetkan. Untuk menjaga keberlangsungan dan kualitas dari koleksi hewan tersebut, biasanya terdapat beberapa larangan dan aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung museum. Berikut ini adalah beberapa contoh larangan dan aturan yang mungkin berlaku di Museum Satwa:

  1. Larangan merusak atau mengganggu hewan: Pengunjung dilarang untuk merusak atau mengganggu hewan yang dipamerkan di museum, baik itu hewan hidup maupun yang telah diawetkan.
  2. Larangan memberi makan hewan: Pengunjung juga dilarang memberi makan hewan yang dipamerkan di museum, kecuali dengan izin khusus dari petugas museum.
  3. Aturan penggunaan kamera: Pengunjung biasanya diizinkan untuk mengambil foto atau video di dalam museum, namun harus memperhatikan aturan yang berlaku. Misalnya, penggunaan flash atau tripod mungkin dilarang, dan pengunjung harus menghindari penggunaan kamera yang mengganggu hewan atau pengunjung lain.
  4. Aturan menjaga kebersihan: Pengunjung juga diharapkan untuk menjaga kebersihan di dalam museum, termasuk dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merokok di dalam ruangan museum.
  5. Aturan keselamatan: Museum Satwa biasanya memiliki aturan keselamatan yang harus dipatuhi oleh pengunjung, seperti tidak boleh berlari atau memanjat di sekitar area pameran.
  6. Aturan jam buka dan harga tiket: Terakhir, pengunjung juga perlu memperhatikan aturan jam buka dan harga tiket yang berlaku di Museum Satwa, untuk menghindari kekecewaan atau kesalahan saat berkunjung.

Aktivitas

Merupakan tempat yang cocok untuk melakukan berbagai aktivitas menarik. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sini antara lain:

  1. Melihat satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang berasal dari berbagai negara di seluruh benua.
  2. Melihat replika hewan purbakala seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, dan Mammoth.
  3. Menambah wawasan tentang satwa liar, konservasi satwa, serta tentang satwa purba yang pernah hidup di bumi.
  4. Mengikuti pertunjukan satwa, seperti pertunjukan burung dan reptil.
  5. Bermain dan belajar di wahana interaktif yang tersedia di Museum Satwa Batu, seperti wahana foto bersama satwa dan wahana simulasi naik gajah purba.
  6. Berfoto dengan berbagai satwa dan fosil purba sebagai background, sehingga menghasilkan foto yang unik dan menarik.

Jadi, Museum Satwa Batu sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman, karena selain dapat bermain dan belajar, juga dapat menambah pengetahuan sekaligus menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan.

Keunikan Daya Tarik

Memiliki daya tarik yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu keunikan dari tempat wisata ini adalah koleksi satwa purba dan fosil yang berasal dari seluruh benua di dunia, seperti Asia, Afrika, Amerika, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika.

Selain itu, museum ini juga memiliki replika hewan purbakala yang cukup lengkap, seperti Stegosaurus, Apatosaurus, Mammoth, Tyrannosaurus-Rex, dan banyak lagi. Keunikan lainnya dari Museum Satwa ini adalah konsep modern yang digunakan untuk menyajikan koleksi satwanya.

Tidak hanya itu, museum ini juga menyajikan satwa-satwa yang diawetkan dan tidak diperoleh dengan cara diburu, melainkan diawetkan dari satwa yang telah mati terlebih dahulu. Sehingga, seluruh satwa yang ada di Museum Satwa diperoleh dengan cara yang ramah lingkungan dan tidak merusak keanekaragaman hayati.

Selain menawarkan hiburan dan keseruan, Museum Satwa juga memberikan edukasi kepada pengunjungnya tentang pentingnya pelestarian satwa liar dan lingkungan hidup. Museum ini juga mengadakan berbagai kegiatan dan pertunjukan yang menarik, sehingga para pengunjung dapat belajar sambil bersenang-senang.

Dengan semua keunikan yang dimilikinya, tidak heran jika Museum Satwa di Batu, Jawa Timur menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Jawa Timur.

Museum Satwa di Malang, Jawa Timur merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan banyak spot edukatif untuk pengunjung. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Mini Zoo Pengunjung dapat melihat berbagai jenis hewan dari berbagai belahan dunia seperti kanguru, kuda nil, kijang, dan masih banyak lagi. Di sini pengunjung bisa belajar tentang habitat dan perilaku hewan tersebut.
  2. Konservasi Kupu-Kupu Museum Satwa juga memiliki konservasi kupu-kupu di mana pengunjung bisa belajar tentang siklus hidup kupu-kupu dan melihat langsung kupu-kupu dari berbagai jenis.
  3. Konservasi Reptil Di konservasi reptil ini, pengunjung dapat melihat reptil seperti ular, kadal, dan buaya. Di sini juga dilakukan penangkaran beberapa jenis reptil untuk tujuan konservasi.
  4. Labirin Rumah Hantu Selain spot edukatif tentang hewan, Museum Satwa juga memiliki Labirin Rumah Hantu yang dapat mengedukasi pengunjung tentang cerita-cerita legenda Jawa Timur dan menguji ketangkasan pengunjung dalam menyelesaikan tantangan di dalam labirin.
  5. Taman Dinosaurus Taman Dinosaurus di Museum Satwa menyajikan replika-replika dinosaurus yang hidup jutaan tahun yang lalu. Di sini pengunjung bisa belajar tentang sejarah dinosaurus dan evolusi makhluk hidup.

Spot Selfie

Menyediakan banyak spot selfie yang menarik dan unik untuk para pengunjungnya. Beberapa spot selfie populer di Museum Satwa antara lain:

  1. Background Dinosaurus: Terdapat beberapa replika dinosaurus yang dapat menjadi latar belakang yang sempurna untuk foto selfie Anda.
  2. Taman Burung: Taman Burung memiliki berbagai jenis burung yang indah dan menggemaskan. Anda dapat berfoto dengan latar belakang burung-burung yang lucu dan menarik.
  3. Ruang Fosil: Di ruang ini, terdapat fosil-fosil purba yang sangat menarik dan Instagramable. Jadikan latar belakang foto selfie Anda dan dapatkan foto yang unik dan berkesan.
  4. Background Satwa Liar: Anda dapat berfoto dengan latar belakang satwa-satwa liar yang diawetkan seperti harimau, singa, atau beruang. Spot ini sangat cocok bagi para pengunjung yang menyukai fotografi alam.
  5. Area Atraksi Satwa: Memiliki beberapa atraksi satwa yang menarik, seperti pertunjukan burung dan aksi kucing besar. Anda dapat berfoto dengan latar belakang atraksi satwa ini dan membuat foto yang mengesankan.

Pastikan untuk mengabadikan momen Anda di Museum Satwa Batu dengan foto selfie yang kreatif dan berkesan!

Koleksi Ada Apa Saja

Memiliki koleksi satwa yang sangat beragam, mulai dari satwa purba hingga satwa yang masih hidup saat ini. Beberapa koleksi satwa yang dapat ditemukan di Museum Satwa antara lain:

  1. Fosil Mammoth Memiliki koleksi fosil mammoth yang berasal dari Siberia. Fosil ini merupakan salah satu yang terbesar yang pernah ditemukan di dunia.
  2. Fosil Dinosaurus Memiliki koleksi fosil dinosaurus seperti Stegosaurus, Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex dan lainnya.
  3. Koleksi Burung Memiliki koleksi burung dari berbagai jenis dan ukuran, mulai dari burung kecil hingga burung besar seperti burung bangkai.
  4. Koleksi Reptil Memiliki koleksi reptil seperti ular, biawak, dan kadal.
  5. Koleksi Hewan Mamalia Selain mammoth, Memiliki koleksi hewan mamalia seperti harimau, singa, jerapah, beruang, zebra, kuda nil, dan masih banyak lagi.
  6. Koleksi Hewan Air Memiliki koleksi hewan air seperti hiu, ikan paus, lumba-lumba, dan berbagai jenis ikan lainnya.
  7. Koleksi Serangga Memiliki koleksi serangga seperti kupu-kupu, kumbang, dan belalang.

Selain koleksi satwa di atas, Memiliki koleksi replika satwa purba dan satwa yang masih hidup. Semua koleksi satwa di Museum Satwa Batu diawetkan dengan cara yang aman dan sesuai dengan aturan konservasi satwa.

Penginapan Hotel Dekat

Ada beberapa pilihan penginapan di sekitar Museum Satwa Batu, Jawa Timur yang dapat Anda pilih, antara lain:

  1. Jatim Park 2 Hotel and Resort Alamat: Jl. Oro-oro Ombo No. 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315 Jarak: sekitar 150 meter Fasilitas: kolam renang, taman bermain, restoran, parkir gratis, akses ke Jatim Park 2
  2. Pohon Inn Hotel Alamat: Jl. Oro-oro Ombo No. 7, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314 Jarak: sekitar 200 meter Fasilitas: kolam renang, taman bermain, restoran, parkir gratis, akses ke Jatim Park 2
  3. The Singhasari Resort Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.120, Desa Tawangsari, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153 Jarak: sekitar 8 km Fasilitas: kolam renang, taman bermain, restoran, spa, akses ke Jatim Park 2
  4. Bumi Makmur Indah Hotel Alamat: Jl. Raya Selecta No.53, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315 Jarak: sekitar 4 km Fasilitas: kolam renang, taman bermain, restoran, parkir gratis
  5. Hotel Tampak Siring Alamat: Jl. Panglima Sudirman No.15, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316 Jarak: sekitar 2 km Fasilitas: kolam renang, taman bermain, restoran, parkir gratis

Pastikan Anda memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selamat mencari penginapan yang nyaman di sekitar Museum Satwa Batu!

Kuliner Tempat Makan

Di Museum Satwa Batu, terdapat beberapa tempat makan yang bisa kamu coba, di antaranya:

  1. Waroeng Ombo, yang menyajikan masakan tradisional Indonesia seperti nasi liwet, rawon, dan soto ayam. Lokasinya berada di dekat area parkir museum.
  2. Kedai Kopi Batavia, yang menyajikan berbagai jenis kopi dan makanan ringan seperti kue cubit dan pisang goreng. Lokasinya berada di dalam area museum.
  3. Café Burung, yang menyajikan makanan dan minuman dengan suasana yang cozy di tengah-tengah area taman burung. Lokasinya berada di dalam area museum.
  4. Bakso President, yang menyajikan bakso dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Lokasinya berada di dekat pintu masuk museum.

Wisata Sekitar

Berikut beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi di sekitar Museum Satwa di Batu, Jawa Timur:

  1. Jatim Park 2 – taman hiburan dengan berbagai wahana yang menarik dan edukatif
  2. Batu Night Spectacular (BNS) – taman rekreasi dengan berbagai wahana dan pertunjukan yang menarik
  3. Eco Green Park – taman wisata edukatif yang mengajarkan tentang lingkungan dan keanekaragaman hayati
  4. Selecta Recreational Park – taman wisata dengan pemandangan indah dan berbagai fasilitas rekreasi seperti kolam renang dan permainan anak-anak
  5. Museum Angkut – museum transportasi yang menampilkan koleksi kendaraan-kendaraan kuno dan modern dari seluruh dunia.

Selain itu, terdapat juga wisata alam seperti Coban Rais Waterfall dan Coban Talun Waterfall yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Tips

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kunjungan Anda ke Museum Satwa:

  1. Pilih hari yang tepat: Museum Satwa buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB. Agar Anda dapat menikmati kunjungan Anda dengan nyaman, pilihlah hari kunjungan di hari yang tidak terlalu padat seperti hari kerja.
  2. Persiapkan diri fisik dan mental: Memiliki area yang luas dan memerlukan waktu berjalan yang cukup. Pastikan Anda berada dalam kondisi fisik dan mental yang prima untuk menghindari lelah dan lemah.
  3. Kenakan pakaian yang nyaman: Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Museum Satwa berada di daerah pegunungan, jadi pastikan Anda membawa jaket atau kain penutup lain jika diperlukan.
  4. Bawa air minum: Selama perjalanan di dalam museum, pastikan Anda membawa air minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi.
  5. Ikuti peraturan yang ada: Pastikan Anda mengikuti peraturan yang ada di museum, seperti tidak merokok, tidak makan atau minum di dalam area museum, dan tidak merusak atau mengambil barang dari museum.
  6. Perhatikan jam tutup museum: Pastikan Anda meninggalkan museum sebelum jam tutup museum.
  7. Ajak teman atau keluarga: Museum Satwa adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga. Jangan ragu untuk mengajak mereka untuk mengisi waktu bersama.

Museum Satwa di Kabupaten Batu, Jawa Timur adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan koleksi fosil hewan dari zaman pra sejarah hingga yang masih hidup sekarang dengan konsep bangunan yang modern dan luas. Museum ini dibuka untuk umum pada tahun 2009 dengan tujuan untuk melindungi fosil-fosil hewan purba. Koleksi yang ada di dalamnya meliputi Insectarium, Fosil Tiruan, Diorama Hewan, dan Replika Hewan Arktik.

Pengunjung dapat melakukan beberapa kegiatan menarik seperti mengabadikan momen, mempelajari sejarah, berjalan santai, dan melihat fosil hewan. Di dekat Museum Satwa terdapat beberapa objek wisata seperti Jawa Timur Park 2, Jawa Timur Park 1, Alun-Alun Kota Batu, dan Batu Flower Garden yang juga bisa dikunjungi.

Merupakan salah satu museum yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki koleksi yang unik dan mempertahankan fosil-fosil hewan purba. Museum ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan pengelola yang selalu menjaga dan merawatnya dengan baik. Harga tiket masuk Museum Satwa tergolong cukup terjangkau sehingga bisa menjadi pilihan liburan keluarga atau teman-teman.

Museum Satwa buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore, termasuk hari Senin sampai Minggu. Namun, pastikan untuk tetap memperhatikan informasi terkini dari pihak Museum Satwa karena jam buka dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada situasi dan kondisi terkini.