Ulasan Menarik Goa Pinus, Wisata Alam Dengan Spot Instagramable

Pernahkah mendengar tentang Goa Pinus di Kota Batu? Mungkin namanya agak mirip dengan Goa Pinus Jogja. Namun, sekarang kita akan membahas destinasi wisata Kota Batu yang sedang populer di media sosial. Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya Rp 5.000. Sayangnya, informasi kontak belum tersedia. Anda bisa melihat koleksi foto di akun Instagram @ngetripkemanagoapinus. Goa Pinus Batu terletak di Kota Batu dan dikenal dengan nama Goa Pinus Bumiaji Batu. Wisata ini menawarkan berbagai spot foto yang menarik, sehingga menarik perhatian para netizen untuk mengunjungi lokasi ini. Mari simak beberapa informasi mengenai tempat wisata ini.

Goa Pinus Pujon, Spot Foto Keren dengan View Alam yang Memukau di Batu
Goa Pinus Pujon, Spot Foto Keren dengan View Alam yang Memukau di Batu

Goa Pinus Batu dulunya digunakan sebagai area penambangan pasir. Namun, sekarang telah diubah menjadi tempat wisata yang sangat kreatif dan mampu menarik kedatangan para wisatawan, terutama mereka yang hobi hunting foto. Goa Pinus ini penggabungan antara goa dan hutan pinus. Berbeda dengan kebanyakan goa yang memiliki stalaktit atau stalakmit, tempat wisata ini menawarkan hutan pinus yang mengelilingi lahan bekas galian pasir yang luas. Banyak yang menyebutnya sebagai AC raksasa di tengah lautan berwarna hijau.

Keunikan lain dari Goa Pinus ini adalah tingginya yang hanya satu meter. Jadi, pengunjung yang penasaran dan ingin masuk ke dalam harus menunduk. Bahkan, tak sedikit yang harus merangkak. Goa Pinus memiliki banyak aktivitas dan fasilitas menarik. Aktivitas pertama yang direkomendasikan adalah berfoto di antara pepohonan pinus yang rimbun. Dengan banyaknya spot foto yang ditawarkan, tak heran jika tempat wisata ini menjadi favorit kalangan muda.

Beberapa spot foto yang instagramable adalah pintu masuk unik yang terbuat dari ranting pohon kering, sejumlah rumah Joglo, dan sebuah replika perahu. Semua spot ini menjadi favorit para wisatawan untuk berfoto karena desain dan bentuknya yang unik dan terbuat dari bahan kayu. Di sisi lain, di bagian depan mulut goa terdapat ornamen yang memberi kesan cukup menyeramkan. Meski tidak begitu menakutkan, ornamen tersebut hanya digunakan sebagai hiasan dan tidak memiliki makna atau arti apapun. Tak hanya itu, masih ada banyak spot wisata lain yang terletak di sekitar Goa Pinus, seperti Rumah Papua dan spot memanah.

Alamat Lengkap Akses Rute

Goa Pinus terletak di Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65391. Untuk mencapai lokasi wisata ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari kota Malang, Anda dapat mengikuti jalur menuju arah Kota Batu. Setelah sampai di Kota Batu, Anda bisa menuju ke arah Kecamatan Bumiaji. Setelah melewati pasar Bumiaji, Anda akan melihat jalan kecil yang bercabang di kiri jalan. Ikuti jalan tersebut dan lurus terus hingga sampai di lokasi wisata.

Sedangkan jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik angkutan kota (angkot) dari Terminal Arjosari Malang dengan rute ke Terminal Landungsari Batu. Setelah itu, naik angkot lagi dengan rute ke arah Kecamatan Bumiaji dan turun di depan lapangan sepak bola Bumiaji. Dari situ, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik ojek menuju lokasi wisata.

Fasilitas


Goa Pinus kini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang semakin lengkap. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya adalah:

  1. Area parkir yang cukup luas dan terawat.
  2. Spot foto yang instagramable di sekitar goa dan hutan pinus.
  3. Rumah Joglo yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat dan berfoto.
  4. Replika perahu yang dijadikan spot favorit untuk para wisatawan berfoto.
  5. Fasilitas hammock yang bisa disewa untuk menikmati udara segar dan sensasi bergelantungan di antara pohon pinus yang tinggi dan rindang.
  6. Area untuk bermain panahan (spot memanah) dan Rumah Papua yang dapat dijadikan tempat berfoto.
  7. Toilet dan tempat cuci tangan yang bersih dan terawat.
  8. Spot untuk bermain dan bersantai bersama keluarga atau teman-teman.
  9. Jajanan dan minuman yang dapat dibeli di sekitar lokasi wisata.

Dengan fasilitas yang semakin lengkap, diharapkan para pengunjung dapat menikmati liburan yang lebih nyaman dan menyenangkan di Goa Pinus.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke area wisata cukup murah, yaitu Rp5.000,00 per orang, namun ada tambahan biaya untuk memasuki area lain seperti Rumah Papua dan Taman Kelinci. Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp3.000,00, mobil Rp5.000,00, dan untuk bus harganya Rp10.000,00. Jam buka wisata ini adalah Senin sampai Minggu mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.30. Jika ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang sampai ke wilayah ini.

See also  Kalitalang: Destinasi Unggulan untuk Menikmati Merapi

Sejarah

Sejarah Goa Pinus Pujon bermula dari bekas galian bangsa Jepang pada zaman dahulu ketika berada di Indonesia. Goa yang terletak di dataran tinggi Kota Batu ini relatif sempit dan kecil, dan pada awalnya digunakan sebagai bunker pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Selama proses penambangan pasir yang berkelanjutan, lokasi di sekitar goa menjadi rusak.

Setelah itu, lokasi yang sudah rusak tersebut dimanfaatkan dan diubah menjadi tempat wisata yang indah seperti sekarang. Untuk mempermudah wisatawan yang datang, pihak pengelola juga membuat jalan setapak yang indah untuk menuju lokasi wisata. Meskipun ukurannya kecil dan dari luar terlihat gelap dengan dinding tanah tanpa ada lapisan material lain, banyak pengunjung yang tertarik untuk mencoba masuk ke dalam goa karena merupakan peninggalan sejarah.

Goa Pinus Batu merupakan gabungan antara sebuah goa dan hutan pinus yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Meski disebut sebagai goa, tempat wisata ini tidak memiliki stalaktit atau stalakmit di dalamnya.

Keunikan lain dari Goa Pinus Batu adalah tingginya yang hanya sekitar satu meter. Oleh karena itu, pengunjung yang ingin masuk harus menunduk atau bahkan merangkak. Meski terlihat kecil, Goa Pinus Batu menawarkan berbagai spot foto menarik dan aktivitas menarik lainnya yang dapat dinikmati para wisatawan.

Larangan Dan Aturan

Goa Pinus adalah sebuah objek wisata yang memiliki aturan dan larangan tertentu yang harus diikuti oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa aturan dan larangan di Goa Pinus:

  1. Dilarang membawa dan mengonsumsi minuman keras, narkotika, dan obat-obatan terlarang di dalam area.
  2. Dilarang merusak atau mencoret-coret dinding atau fasilitas di dalam area.
  3. Dilarang merokok di dalam area karena dapat membahayakan kelestarian alam dan keselamatan pengunjung.
  4. Pengunjung diwajibkan menjaga kebersihan di dalam area dengan membuang sampah pada tempatnya.
  5. Pengunjung diwajibkan mengikuti jalur yang telah ditentukan dan tidak diperkenankan untuk memasuki area yang berbahaya atau terlarang.
  6. Dilarang memancing, berenang, atau melakukan kegiatan lain yang dapat membahayakan keselamatan pengunjung di dalam area.
  7. Dilarang memasuki area pada malam hari kecuali ada acara khusus yang diadakan oleh pengelola objek wisata.
  8. Pengunjung diwajibkan mengikuti instruksi dan peraturan yang diberikan oleh petugas pengelola objek wisata demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Pengunjung yang melanggar aturan dan larangan di atas dapat dikenakan sanksi atau dilarang masuk ke dalam area. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengunjung untuk mematuhi aturan dan larangan yang ada demi menjaga kelestarian alam dan keselamatan pengunjung.

Aktivitas

Goa Pinus menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan, di antaranya:

  1. Berfoto diantara pepohonan pinus yang rimbun. Memiliki banyak spot foto yang instagramable, sehingga menjadi tempat favorit bagi kalangan muda yang hobi hunting foto.
  2. Mengunjungi sejumlah rumah Joglo yang terletak di sepanjang jalan di sekitar goa. Di spot ini, pengunjung bisa luangkan waktu untuk sekedar beristirahat atau berfoto, karena rumah Joglo memiliki desain dan bentuk yang unik.
  3. Menikmati udara segar dan sensasi bergelantungan di hammock di antara pohon pinus yang tinggi dan rindang. Tersedia fasilitas hammock yang bisa disewa di sini.
  4. Mengunjungi spot wisata lain yang juga masih dalam satu kawasan dengan Goa Pinus, seperti Rumah Papua dan spot memanah.
  5. Menikmati keindahan pemandangan tebing-tebing serta indahnya pemandangan di area depan goa. Para pengunjung juga bisa hanya sekedar duduk memanjakan mata sambil menikmati pemandangan.
  6. Berjalan-jalan di hutan pinus yang menyejukkan. Hutan pinus yang mengelilingi lahan bekas galian pasir memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

Selain itu, di Goa Pinus juga terdapat replika perahu yang letaknya agak menjorok keluar area tebing hutan pinus, dan menjadi spot favorit untuk para wisatawan berfoto. Selain itu, di bagian depan mulut goa, terdapat ornamen yang memberi kesan cukup menyeramkan, meskipun tidak begitu menakutkan. Namun, ornamen tersebut hanya digunakan sebagai hiasan dan tidak memiliki maksud atau arti apapun.

Keunikan Daya Tarik

Goa Pinus Bumiaji Batu memiliki beberapa keunikan daya tarik yang menarik perhatian wisatawan, di antaranya:

  1. Kombinasi antara hutan pinus dan sebuah goa yang membuat suasana terasa sejuk dan asri.
  2. Berbagai spot foto menarik dengan latar belakang pohon pinus yang rimbun dan indah, membuat para pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini.
  3. Tingginya goa yang hanya satu meter menjadikan pengunjung harus menunduk atau bahkan merangkak saat memasukinya, memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari wisata lainnya.
  4. Terdapat berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan, seperti berfoto diantara pepohonan pinus yang rimbun, beristirahat di rumah Joglo, menikmati pemandangan dan udara segar, serta bermain di fasilitas memanah.
  5. Terdapat berbagai spot wisata menarik yang juga masih dalam satu kawasan dengan Goa Pinus, seperti Rumah Papua, memanah, dan lain-lain.
  6. Lokasi yang cukup tersembunyi dan belum banyak diketahui orang, menjadikan tempat ini cocok bagi mereka yang ingin mencari suasana yang tenang dan jauh dari keramaian.
  7. Harga tiket yang cukup terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp 5.000,- per orang, menjadikan tempat ini ramah di kantong wisatawan dengan budget terbatas.
See also  Review Menarik Pantai Pulau Merah Wisata Alam Eksotis di Banyuwangi

Spot Selfie Prewedding

Tempat wisata yang unik ini dulunya digunakan sebagai area penambangan pasir, namun kini telah berubah menjadi tempat wisata yang sangat kreatif. Goa Pinus Bumiaji Batu merupakan gabungan antara sebuah goa dan hutan pinus yang menawarkan hutan pinus yang menakjubkan yang mengepung lahan bekas galian pasir yang luas.

Namun, perlu diingat bahwa pengunjung harus menunduk atau bahkan merangkak saat berada di dalam goa karena tingginya hanya satu meter. Selain berfoto diantara pepohonan pinus yang rimbun, terdapat juga sejumlah rumah Joglo di sepanjang jalan di area sekitar goa yang bisa digunakan sebagai tempat berfoto.

Tidak jauh dari lokasi goa, terdapat replika perahu yang menjadi spot favorit untuk para wisatawan berfoto. Meskipun ada ornamen yang cukup menyeramkan di depan mulut goa, tetapi itu hanya digunakan sebagai hiasan dan tidak memiliki arti apapun.

Selain berfoto, pengunjung juga dapat menikmati udara segar dan sensasi bergelantungan di hammock di antara pohon pinus yang tinggi dan rindang. Fasilitas hammock juga tersedia di sini.

Tak hanya itu, masih ada banyak spot wisata yang dapat ditemukan dalam satu kawasan dengan Goa Pinus, seperti Rumah Papua dan spot memanah. Dengan fasilitas yang semakin lengkap dari sebelumnya, lokasi ini menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sunrise Dan Sunset

Goa Pinus juga merupakan tempat yang sangat ideal untuk menikmati sunrise dan sunset yang indah. Pemandangan matahari terbit dan terbenam di antara hutan pinus yang rindang memberikan pengalaman yang sangat memukau.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan sunrise, disarankan untuk datang sekitar pukul 05.30 pagi. Sedangkan untuk menikmati sunset, pengunjung dapat datang pada sore hari sekitar pukul 17.00 – 17.30 WIB.

Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone anda untuk mengabadikan momen indah tersebut. Tapi, pastikan untuk tidak meninggalkan sampah di sekitar area wisata agar keindahan alam tetap terjaga.

Penginapan Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa pilihan penginapan hotel yang dekat dengan lokasi yang Anda sebutkan, yaitu Goa Pinus di Kota Batu, Jawa Timur:

  1. Singhasari Resort Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.120, Beji, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314 Jarak dari lokasi: sekitar 3,6 km
  2. Aston Inn Batu Alamat: Jl. Raya Oro Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316 Jarak dari lokasi: sekitar 4,7 km
  3. Grand City Batu Hotel Alamat: Jl. A. Yani No.16, Oro Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314 Jarak dari lokasi: sekitar 5,2 km
  4. Pohon Inn Hotel Alamat: Jl. Abdul Gani Atas No.2, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314 Jarak dari lokasi: sekitar 5,2 km
  5. The Batu Hotel & Villas Alamat: Jl. Raya Selecta No.1, Pandanrejo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314 Jarak dari lokasi: sekitar 5,7 km

Pastikan untuk memeriksa ketersediaan dan harga dari masing-masing hotel yang dipilih terlebih dahulu sebelum melakukan reservasi. Semoga membantu!

Kuliner Tempat Makan

Ada beberapa pilihan kuliner dan tempat makan yang bisa kamu kunjungi di sekitar Goa Pinus, antara lain:

  1. The Peak Resto: Restoran dengan nuansa alam yang menawarkan makanan Indonesia dan internasional, serta pemandangan kota Batu yang indah. Alamat: Jl. Trunojoyo No.7, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
  2. Warung Goliath: Warung makan yang menyajikan aneka masakan khas Jawa Timur dengan harga terjangkau. Alamat: Jl. Raya Oro-oro Ombo No.49, Oro-oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  3. Sate Sapi Pak Gino: Tempat makan yang terkenal dengan sate sapi-nya yang enak dan lezat. Alamat: Jl. Raya Oro-oro Ombo No.30, Oro-oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  4. Rumah Makan Bebek Goreng H. Slamet: Menyajikan menu bebek goreng dan ayam goreng dengan sambal yang pedas dan gurih. Alamat: Jl. Raya Oro-oro Ombo No.71, Oro-oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  5. Depot Lautan Mas: Restoran seafood yang menyajikan makanan laut segar dengan harga terjangkau. Alamat: Jl. Raya Oro-oro Ombo No.63, Oro-oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
See also  Review Museum Pendidikan Surabaya Hadirkan Konsep Tematik

Semoga bisa membantu, selamat menikmati kuliner di sekitar Goa Pinus!

Wisata Sekitar

Ada beberapa tempat wisata menarik di sekitar Goa Pinus, di antaranya:

  1. Museum Angkut – museum transportasi yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa ke masa, termasuk kereta kuda, mobil klasik, dan pesawat terbang. Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
  2. Jatim Park 1 – taman hiburan yang menawarkan berbagai wahana seru dan edukatif, seperti roller coaster, taman binatang mini, dan planetarium. Alamat: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
  3. Eco Green Park – taman hiburan yang mengedukasi tentang lingkungan hidup dan menawarkan berbagai atraksi menarik, seperti taman binatang mini, taman air, dan wahana permainan. Alamat: Jl. Kartika No.1, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
  4. Batu Night Spectacular – tempat wisata malam yang menawarkan berbagai wahana dan pertunjukan menarik, seperti lampu sorot taman, kereta mini, dan pertunjukan musik. Alamat: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  5. Selecta Recreational Park – taman rekreasi yang menawarkan suasana alam yang asri, pemandangan yang indah, serta berbagai wahana seru, seperti kolam renang, taman bermain, dan flying fox. Alamat: Jl. Selecta No.1, Selecta, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65311

Tips

Berikut adalah beberapa tips perjalanan ke Goa Pinus di alamat 5F2V+QJJ, Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65391:

  1. Siapkan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk trekking, karena untuk mencapai Goa Pinus, Anda perlu melakukan perjalanan melalui jalan setapak dan medan yang cukup menantang.
  2. Pastikan Anda membawa air minum yang cukup dan camilan untuk mengisi energi selama perjalanan.
  3. Pastikan Anda membawa perlengkapan seperti kamera dan power bank untuk menangkap momen indah dan mengisi daya perangkat elektronik Anda selama perjalanan.
  4. Pastikan Anda melakukan perjalanan dengan rombongan yang cukup dan informasikan rencana perjalanan Anda ke orang yang terpercaya.
  5. Selalu ikuti petunjuk arah dan peraturan yang berlaku di lokasi, dan jangan meninggalkan sampah di sekitar lokasi agar tetap terjaga keindahan alamnya.
  6. Pastikan Anda berangkat cukup pagi agar dapat menikmati waktu yang cukup untuk mengeksplorasi lokasi dan kembali sebelum gelap.
  7. Pastikan juga untuk memeriksa kondisi cuaca sebelum berangkat, dan jangan lupa untuk membawa payung atau jas hujan jika cuaca tidak mendukung.

Goa Pinus Batu di Kota Batu, Jawa Timur, merupakan sebuah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini memiliki pemandangan alam yang indah dan beragam spot menarik untuk berfoto, seperti Papan Selamat Datang, Rumah Papua, Hammock, Spot Memanah, Perahu, Sarang Burung, dan Bangunan tempat istirahat.

Goa Pinus memiliki suasana yang sejuk dan sepi sehingga cocok untuk tempat beristirahat dan bersantai. Selain itu, pemandangan alam yang disajikan juga sangat indah dengan nuansa hijau dan alami. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah sambil berjalan-jalan di dalam goa yang dihiasi dengan lampu-lampu cantik yang membuat suasana semakin mempesona. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas foto-foto untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau teman-teman.

Selain itu, tempat ini juga cocok untuk tempat camping dan berbagai aktivitas outdoor seperti panjat tebing dan hiking. Bagi yang ingin mencoba sensasi berbeda, pengunjung dapat mencoba flying fox yang tersedia di tempat ini. Secara keseluruhan, Goa Pinus adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kota Batu, Jawa Timur. Dengan suasana yang sejuk, pemandangan yang indah, dan berbagai aktivitas yang menarik, tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Review Ulasan Menarik Goa Pinus, Wisata Alam Dengan Spot Instagramable.

Your email address will not be published. Required fields are marked *