Review Menarik Coban Sewu, Pesona Alam Air Terjun di Malang

Coban Sewu merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Alamat Coban Sewu berada di 4CMF+C8Q, Dadapan Wetan, Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65391. Dikenal sebagai air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter yang memiliki panorama alam yang indah. Untuk mencapai Coban Sewu, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Malang. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan saat tiba di Coban Sewu.

Saat mengunjungi, pengunjung dapat menikmati udara segar, pepohonan yang rimbun, dan air terjun yang mempesona. Selain itu, juga memiliki jalur pendakian yang menantang bagi para pecinta alam. Jalur pendakian ini akan membawa pengunjung ke puncak Gunung Kawi yang menawarkan pemandangan yang spektakuler.

Di sekitar terdapat beberapa penginapan dan warung makan yang dapat dijadikan tempat istirahat dan kuliner. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Malang di sekitar lokasi. Adalah destinasi wisata yang cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan menyegarkan pikiran dari hiruk-pikuk kota. Dengan pesona keindahan yang dimilikinya, Coban Sewu pantas menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Malang.

Sejarah

Saya tidak memiliki akses ke semua informasi tentang sejarah Coban Sewu yang mungkin tersedia. Namun, dari yang saya ketahui, Adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama “Coban Sewu” sendiri berarti “seribu air terjun” dalam bahasa Jawa, meskipun sebenarnya air terjunnya tidak mencapai seribu.

Sekitar tahun 2010, pemerintah setempat membangun fasilitas di sekitar Coban Sewu, termasuk area parkir, jembatan, dan jalur setapak yang mengarah ke air terjun. Sejak itu, menjadi semakin populer sebagai tujuan wisata di Malang. Namun, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah Coban Sewu, saya sarankan Anda mencari informasi lebih lanjut dari sumber-sumber yang terpercaya atau langsung bertanya kepada penduduk setempat atau orang yang lebih berpengalaman dalam bidang ini.

Mitos Legenda Misteri

Coban Sewu adalah air terjun yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tempat ini dipercaya memiliki beberapa mitos, legenda, dan misteri yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa mitos, legenda, dan misteri Coban Sewu:

  1. Asal Usul Nama Coban Sewu

Menurut legenda, awalnya bernama Coban Melu. Nama Coban Sewu sendiri muncul ketika seorang raja yang memerintah di Malang terpesona dengan keindahan air terjun dan mengatakan “Sewu” yang berarti “seribu” dalam bahasa Jawa, yang kemudian menjadi nama yang kita kenal sekarang.

  1. Tempat Bertapa para Pendeta Hindu

Dikatakan bahwa dulunya merupakan tempat bertapa bagi para pendeta Hindu. Beberapa artefak seperti candi yang terdapat di sekitar Coban Sewu juga menunjukkan keberadaan agama Hindu di daerah tersebut.

  1. Konon Terdapat Makam di Bawah Air Terjun

Beberapa orang percaya bahwa di bawah Coban Sewu terdapat makam seorang raja dari Kerajaan Singhasari yang bernama Anusapati. Konon, makam tersebut tersembunyi di dalam goa yang sulit dijangkau.

  1. Energi Positif dan Pengobatan Alami

Juga dikenal memiliki energi positif yang kuat dan dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Banyak orang yang datang ke Coban Sewu untuk merasakan manfaat dari air terjun yang mengalir di sana.

  1. Mitos tentang Putri dan Bidadari

Menurut legenda, adalah tempat tinggal seorang putri yang cantik dan baik hati. Dia juga dipercaya berteman dengan bidadari-bidadari yang tinggal di sekitar air terjun. Konon, putri itu masih sering terlihat berjalan-jalan di sekitar Coban Sewu pada malam hari.

Itulah beberapa mitos, legenda, dan misteri yang terkait dengan Coban Sewu. Meskipun mungkin tidak semuanya dapat dipercaya, cerita-cerita tersebut menambah daya tarik sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Larangan Dan Aturan

Sebagai tempat wisata alam, Memiliki beberapa larangan dan aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung agar kelestarian lingkungan dan keamanan pengunjung terjaga. Beberapa larangan dan aturan di Coban Sewu antara lain:

  1. Dilarang membuang sampah sembarangan, pengunjung harus membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
  2. Dilarang merusak atau mengambil tanaman, binatang, atau benda-benda alam lainnya.
  3. Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, kecuali air minum dalam botol plastik.
  4. Dilarang merokok di area wisata, kecuali di tempat yang telah disediakan.
  5. Dilarang berenang di area air terjun karena sangat berbahaya, pengunjung hanya bisa menikmati pemandangan air terjun dari pinggir.
  6. Pengunjung diharapkan tidak membuat kebisingan yang berlebihan atau mengganggu ketertiban umum.
  7. Harap berhati-hati saat berjalan di sekitar area air terjun dan tidak memanjat bebatuan yang terlalu curam atau licin.
  8. Jangan merusak fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet umum, dan tempat istirahat.
  9. Ikuti petunjuk dan arahan dari petugas wisata yang bertugas.
See also  Tukad Cepung Waterfall: Pesona Air Terjun Tersembunyi di Bali

Dengan mematuhi aturan dan larangan di Coban Sewu, maka pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan aman dan nyaman serta turut menjaga kelestarian alam untuk generasi berikutnya.

Alamat Akses

Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Untuk menuju ke Coban Sewu, ada beberapa opsi akses yang bisa dipilih:

  1. Dari Kota Malang, bisa ditempuh dengan mobil atau motor melalui jalur Tumpang. Setelah melewati pasar Tumpang, belok kanan menuju Desa Sidomulyo.
  2. Dari Kota Batu, bisa ditempuh dengan mobil atau motor melalui jalur Oro-oro Ombo. Setelah melewati Jatim Park 2, belok kanan menuju jalan raya Tumpang. Setelah melewati Pasar Tumpang, belok kanan menuju Desa Sidomulyo.
  3. Jika menggunakan transportasi umum, bisa naik angkutan kota (angkot) dari Terminal Arjosari Malang ke Terminal Tumpang. Setelah sampai di Terminal Tumpang, bisa naik ojek atau sewa mobil .

Saat berkunjung, disarankan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan, dan menghormati aturan yang ada di lokasi wisata.

Rute

Untuk menuju Coban Sewu, terdapat beberapa rute yang bisa ditempuh, yaitu:

  1. Dari Kota Malang:
  • Ambil jalur menuju Jalan Raya Tumpang – Sumber Pitu.
  • Lanjutkan perjalanan hingga tiba di pertigaan Sumber Pitu.
  • Ambil arah ke kanan menuju Desa Oro-Oro Ombo.
  • Ikuti jalan tersebut hingga tiba di pos security.
  1. Dari Kota Batu:
  • Ambil jalur menuju Jalan Raya Oro-Oro Ombo.
  • Lanjutkan perjalanan hingga tiba di perempatan Desa Oro-Oro Ombo.
  • Belok ke kanan menuju Desa Oro-Oro Ombo.
  • Ikuti jalan tersebut hingga tiba di pos security.
  1. Dari Kota Surabaya:
  • Ambil jalur menuju Jalan Tol Surabaya – Gempol.
  • Keluar dari tol di gerbang Malang.
  • Lanjutkan perjalanan hingga tiba di perempatan Sumber Pitu.
  • Belok ke kiri menuju Desa Oro-Oro Ombo.
  • Ikuti jalan tersebut hingga tiba di pos security.

Namun, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi peta atau navigasi untuk memudahkan dalam menentukan rute terbaik sesuai dengan lokasi awal Anda.

Aktivitas

Menawarkan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Menikmati pemandangan air terjun dan keindahan alam sekitarnya
  2. Berenang atau mandi di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun
  3. Trekking atau hiking menyusuri jalur pendakian dengan menyusuri hutan tropis yang rimbun
  4. Camping atau berkemah di area sekitar air terjun
  5. Bersepeda di sekitar area wisata
  6. Menikmati kuliner khas daerah

Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa aktivitas mungkin memerlukan persiapan dan peralatan tertentu, seperti trekking atau camping, sehingga disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan aktivitas tersebut. Selain itu, pastikan untuk mengikuti aturan dan petunjuk yang telah ditetapkan oleh pengelola Coban Sewu agar wisatawan dapat menikmati wisata dengan aman dan nyaman.

Keunikan Daya Tarik

Coban Sewu memiliki banyak keunikan dan daya tarik bagi pengunjung, di antaranya:

  1. Air Terjun yang Indah: Merupakan air terjun yang sangat indah dengan ketinggian sekitar 120 meter. Air terjun ini memiliki 7 tingkat yang membuatnya menjadi unik dan menarik untuk dikunjungi.
  2. Lingkungan yang Asri: Dikelilingi oleh hutan pinus yang asri dan segar. Udara di sekitar air terjun sangat sejuk dan bersih, sehingga pengunjung dapat menikmati udara segar dan lingkungan yang hijau.
  3. Taman Wisata yang Menarik: Selain air terjun, Memiliki taman wisata yang menarik. Taman ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti area parkir, area piknik, area bermain, dan area kemping.
  4. Menyajikan Sensasi Petualangan: Menawarkan sensasi petualangan bagi pengunjung yang menyukai aktivitas ekstrem, seperti flying fox dan rafting.
  5. Cocok untuk Rekreasi Keluarga: Karena memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, Sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga, seperti bermain, piknik, atau berkemah.
  6. Cocok untuk Fotografi: Juga cocok untuk pengunjung yang suka fotografi. Air terjun yang indah, lingkungan yang asri, dan pemandangan yang menakjubkan akan memberikan hasil foto yang cantik dan menawan.

Fasilitas

Coban Sewu memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Area parkir: Tersedia area parkir yang luas untuk pengunjung yang membawa kendaraan.
  2. Mushola: Terdapat mushola untuk pengunjung yang ingin beribadah.
  3. Kamar mandi: Terdapat beberapa kamar mandi umum yang tersedia di sekitar area wisata.
  4. Warung makan: Terdapat beberapa warung makan dan kios yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman untuk pengunjung.
  5. Area bermain: Terdapat area bermain untuk anak-anak yang dilengkapi dengan beberapa permainan seperti ayunan, perosotan, dan sebagainya.
  6. Spot foto: Terdapat beberapa spot foto menarik yang dapat digunakan untuk berfoto.
  7. Penginapan: Terdapat beberapa penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menginap di sekitar area wisata.
  8. Toko oleh-oleh: Terdapat beberapa toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam souvenir dan cenderamata.
See also  Pantai Batu, Destinasi Wisata Alam Eksotis di Banyuwangi

Spot Selfie

Memiliki beberapa spot yang cocok untuk berfoto selfie, di antaranya:

  1. Air Terjun Coban Sewu: Spot ini merupakan tempat yang paling populer untuk berfoto selfie. Anda dapat berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah dan menarik.
  2. Jembatan Gantung: Jembatan gantung juga menjadi spot yang menarik untuk berfoto selfie. Dari sini, Anda dapat menikmati pemandangan air terjun dan lembah yang indah.
  3. Pohon Beringin: Terdapat pohon beringin yang cukup besar. Spot ini juga cocok untuk berfoto selfie.
  4. Batu-batu besar: Di sekitar area air terjun, terdapat beberapa batu-batu besar yang unik. Spot ini dapat menjadi pilihan untuk berfoto selfie dengan latar belakang batu-batu besar yang menarik.

Namun, perlu diingat bahwa saat berfoto selfie, tetap perhatikan keselamatan dan jangan sampai mengganggu pengunjung lain atau merusak lingkungan sekitar.

Prewedding

Coban Sewu dapat menjadi lokasi prewedding yang sangat menarik dengan pemandangan alamnya yang indah. Para calon pengantin dapat mengabadikan momen bahagia mereka di dekat air terjun atau di beberapa spot selfie yang disediakan. Namun, perlu diingat bahwa pengunjung harus mematuhi aturan dan tidak merusak lingkungan sekitar. Selain itu, jika ingin melakukan pemotretan prewedding, perlu memperhatikan jam operasional dan izin dari pihak pengelola.

Tiket Masuk

Tiket masuk wisata Coban Sewu sebesar Rp. 10.000 per orang. Tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan pribadi kisaran antara Rp. 2.000 untuk motor, sedangkan mobil sebesar Rp. 5.000.

Camping

Coban Sewu juga menawarkan fasilitas camping bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di tengah alam. Ada beberapa area camping yang bisa dipilih, seperti area camping di sekitar sungai atau area camping yang lebih tinggi dengan pemandangan lembah yang indah.

Untuk biaya camping, harganya sekitar Rp. 50.000 – Rp. 100.000 per tenda, tergantung ukuran tenda dan fasilitas yang disediakan. Pengunjung yang ingin camping harus membawa peralatan sendiri, seperti tenda, sleeping bag, alat masak, dan lain-lain. Pihak Coban Sewu juga menyediakan beberapa fasilitas untuk camping, seperti area api unggun, toilet dan kamar mandi umum, dan fasilitas parkir. Namun, pengunjung harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama berkemah.

Hotel Dekat

Terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda pilih sebagai tempat menginap selama liburan di sana, di antaranya:

  1. Pondok Alam Citra: Penginapan yang berada di lereng Gunung Arjuno ini menyediakan berbagai jenis kamar, mulai dari kamar standar hingga kamar keluarga dengan tarif mulai dari Rp 300.000 per malam.
  2. Pagar Alam Cottage: Penginapan yang berlokasi di Kalipare, Malang, Jawa Timur ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan fasilitas yang lengkap, mulai dari kolam renang hingga arena outbound. Tarif penginapan di sini mulai dari Rp 250.000 per malam.
  3. Kusuma Agrowisata Hotel & Resort: Hotel dan resort yang terletak di kawasan Wisata Agro PTPN XII Lawang ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan fasilitas yang lengkap, mulai dari kolam renang, taman bermain hingga area outbound. Tarif penginapan di sini mulai dari Rp 500.000 per malam.
  4. Tirta Ayu Hotel & Restaurant: Penginapan yang berada Dusun Ngadisari, Desa Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini menyediakan pemandangan yang indah dan fasilitas yang lengkap, mulai dari kolam renang, restoran hingga taman bermain. Tarif penginapan di sini mulai dari Rp 400.000 per malam.
  5. Kana Citra Elok Resort: Penginapan yang terletak di Kalipare, Malang, Jawa Timur ini memiliki pemandangan alam yang indah dan fasilitas yang lengkap, mulai dari kolam renang, restoran hingga taman bermain. Tarif penginapan di sini mulai dari Rp 500.000 per malam.

Pastikan Anda melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang ke penginapan pilihan Anda untuk menghindari kehabisan kamar.

Tempat Makan

Terdapat beberapa tempat makan yang bisa menjadi pilihan untuk wisatawan yang ingin mencicipi kuliner lokal. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Warung Mak Ijah – menyajikan menu khas Jawa Timur seperti sate ayam, nasi goreng, dan bakso. Harganya juga terjangkau.
  2. Warkop Pak Soleh – tempat makan dengan suasana khas pedesaan, menyajikan aneka jenis kopi dan makanan ringan.
  3. Bakso Pak Broto – tempat makan yang terkenal dengan bakso uratnya yang lezat dan daging yang empuk.
  4. RM Sentosa – menyajikan aneka menu masakan Indonesia dengan harga terjangkau.
  5. Soto Ayam Pak Walik – tempat makan yang terkenal dengan soto ayamnya yang gurih dan lezat.

Namun, karena Coban Sewu berada di area yang terpencil, wisatawan disarankan untuk membawa bekal sendiri untuk memastikan tidak kelaparan saat di perjalanan menuju atau meninggalkan lokasi wisata.

See also  Ulasan Menarik Kampung Warna Warni Jodipan Malang

Wisata Sekitar

Beberapa wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Coban Sewu antara lain:

  1. Gunung Bromo Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Jawa Timur yang terletak sekitar 4 jam perjalanan. Gunung Bromo memiliki pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbit.
  2. Taman Nasional Baluran Taman Nasional Baluran terletak sekitar 5 jam perjalanan. Taman ini memiliki padang savana yang luas dengan latar belakang Gunung Baluran yang mempesona.
  3. Pantai Malang Selatan Pantai Malang Selatan seperti Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, dan Pantai Sendiki. Semua pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan ombak yang bagus untuk berselancar.
  4. Kota Batu Kota Batu adalah kota kecil yang terletak sekitar 2 jam perjalanan. Di sini terdapat beberapa tempat wisata seperti Jawa Timur Park 1, Jawa Timur Park 2, Museum Angkut, dan Eco Green Park.
  5. Coban Rondo Coban Rondo adalah air terjun lain yang terletak sekitar 1 jam perjalanan. Air terjun ini juga sangat indah dan menyediakan fasilitas wisata yang lengkap.
  6. Coban Talun Coban Talun adalah air terjun yang terletak di desa Sumber Brantas, sekitar 30 menit perjalanan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan terletak di tengah hutan yang hijau.

Pantai Dekat

Ada beberapa pantai yang dekat dengan Coban Sewu, di antaranya:

  1. Pantai Sendang Biru: Pantai yang terkenal dengan keindahan sunset dan panorama perbukitan di sekitarnya ini terletak sekitar 40 km. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan menikmati kuliner seafood.
  2. Pantai Ngliyep: Pantai ini terletak sekitar 50 km dan menawarkan pemandangan yang indah dengan deburan ombak yang cukup besar. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, berselancar, dan menikmati kuliner seafood di sepanjang pantai.
  3. Pantai Balekambang: Pantai yang terkenal dengan pemandangan pura dan jembatan yang ikonik ini terletak sekitar 60 km. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati panorama yang indah dengan air laut yang jernih serta menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, berselancar, dan menikmati kuliner seafood.
  4. Pantai Kondang Merak: Pantai yang terletak sekitar 35 km ini menawarkan pemandangan yang indah dengan air laut yang jernih dan pasir pantai yang putih. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan menikmati kuliner seafood di sekitar pantai.

Pemandian

Di sekitar Coban Sewu terdapat beberapa tempat pemandian yang bisa dikunjungi, di antaranya:

  1. Pemandian Air Panas Cangar Pemandian air panas ini berada sekitar 20 km. Di sini, pengunjung dapat menikmati air panas yang bersumber dari mata air pegunungan dengan suhu antara 30-40 derajat Celsius.
  2. Tirta Nirwana Songgoriti Tirta Nirwana Songgoriti merupakan salah satu pemandian yang cukup populer di kawasan Malang. Selain kolam renang air panas, tempat ini juga memiliki fasilitas sauna, ruang pijat, dan area bermain anak.
  3. Pemandian Air Panas Guci Pemandian air panas ini berada di Kabupaten Tegel, Jawa Tengah. Meski terletak cukup jauh, tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan suasana yang tenang.
  4. Pemandian Tirta Alam Indah Pemandian Tirta Alam Indah berada di Kota Batu, sekitar 20 km. Selain kolam renang, tempat ini juga memiliki taman bermain, kafe, dan area parkir yang luas.
  5. Pemandian Candi Jawi Pemandian Candi Jawi terletak di Kecamatan Ngantang, sekitar 30 km. Tempat ini menawarkan suasana yang alami dan tenang dengan sumber air yang berasal dari perbukitan sekitarnya.

Coban Sewu adalah salah satu air terjun yang terkenal di daerah Malang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki daya tarik yang unik dan mempesona dengan ketinggian sekitar 120 meter dan memiliki banyak spot selfie yang menarik. Selain itu, juga cocok untuk melakukan aktivitas seperti trekking, camping, dan prewedding. Untuk bisa masuk ke wisata Coban Sewu, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Selain itu, disarankan untuk datang dengan kendaraan pribadi dan membawa bekal karena tidak banyak tersedia pedagang kuliner di sekitar lokasi wisata.

Jika ingin menginap di sekitar, terdapat beberapa penginapan dan tempat makan yang tersedia. Selain itu, terdapat juga tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi seperti pantai dan pemandian. Sebelum berkunjung ke Coban Sewu, pastikan untuk mengikuti aturan dan larangan yang berlaku serta mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar liburan menjadi lebih menyenangkan.

Review Review Menarik Coban Sewu, Pesona Alam Air Terjun di Malang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *