29 Review Menarik Curug Ciherang, Wisata Air Terjun Di Bogor

Curug Ciherang adalah salah satu tujuan favorit wisatawan yang mencari keindahan air terjun. Terletak di Sirnajaya, Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830, Curug Ciherang menawarkan pemandangan yang memukau dengan tiga tingkatan air terjun yang mempesona. Selain keindahan air terjunnya, kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas wisata modern, termasuk kolam renang dengan desain unik dan berbagai wahana menarik.

Kota Bogor memang terkenal dengan berbagai objek wisata alam yang populer. Selain keberadaan bukit-bukit yang indah dan pemandangan hijau yang memukau, kota ini juga memiliki sejumlah air terjun yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu air terjun yang terkenal adalah Curug Ciherang. Merupakan salah satu tujuan wisata air terjun yang populer di Bogor. Keberadaannya menambah pesona alam kota ini dan menarik minat banyak pengunjung. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dengan air yang jatuh dari ketinggian dan mengalir melalui tiga tingkatan yang berbeda. Pemandangan yang dihadirkan oleh Curug Ciherang sangat memikat dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Selain keindahan air terjunnya, Juga dikelilingi oleh panorama alam yang indah. Hutan yang rindang dan batuan-batuan yang menonjol menjadi latar belakang yang sempurna untuk air terjun ini. Suasana alam yang tenang dan segar di sekitar Curug Ciherang memberikan pengunjung kesempatan untuk bersantai, menikmati keindahan alam, dan menghilangkan kepenatan. Bagi penggemar petualangan dan kegiatan rekreasi, Juga menyediakan berbagai wahana dan fasilitas wisata. Kolam renang dengan desain yang unik dan wahana menarik lainnya dapat dinikmati oleh pengunjung. Hal ini membuat pengalaman wisata semakin lengkap dan menyenangkan.

Tak heran jika Curug Ciherang menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat diminati di Bogor. Keindahannya yang memukau dan beragamnya fasilitas yang ditawarkan menjadikannya tempat yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga, teman, atau bahkan untuk menikmati momen sendiri. Jika Anda berada di Bogor, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Ciherang dan merasakan pesona air terjun yang menakjubkan ini. Ketika berwisata ke Bogor, Jawa Barat, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke Curug Ciherang, tempat wisata air terjun yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan menenangkan mata. Mengajak keluarga dan kerabat Anda ke air terjun ini adalah pilihan yang tepat untuk melepaskan kepenatan. Ingin tahu keindahan Curug Ciherang lebih lanjut? Berikut ulasannya.

Alamat Akses

Alamat akses menuju Curug Ciherang yang terletak di Sirnajaya, Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, Anda dapat mengikuti rute menuju arah Puncak atau Bogor, kemudian melewati daerah Sentul City. Setelah melewati Sentul City, terdapat pertigaan dan belok kanan ke arah Sukamakmur. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga tiba di lokasi.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum dari Jakarta, Anda dapat naik bis atau kereta menuju Stasiun Bogor. Setelah itu, naik angkutan umum seperti ojek atau mikrolet menuju Sukamakmur. Dari Sukamakmur, Anda dapat menggunakan ojek atau jalan kaki.

Namun, perlu diingat bahwa akses menuju Curug Ciherang melalui jalan yang cukup terjal dan berkelok. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan yang dalam kondisi baik dan hati-hati saat berkendara.

Rute

Berikut adalah rute yang dapat ditempuh untuk menuju Curug Ciherang dari Jakarta:

  1. Rute Pertama (via Tol Jagorawi):
  • Keluar dari Jakarta menuju arah Tol Jagorawi
  • Keluar dari Tol Jagorawi di gerbang Tol Ciawi dan belok ke kiri menuju Jalan Raya Ciawi-Sukabumi
  • Ikuti jalan tersebut sekitar 4,5 km hingga menemukan pertigaan dan belok kanan menuju Jalan Raya Sukabumi-Cianjur
  • Ikuti jalan tersebut sekitar 15 km hingga menemukan simpang tiga dengan plang petunjuk
  • Belok kiri ke jalan desa dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di area parkir
  1. Rute Kedua (via Jalan Raya Bogor-Sukabumi):
  • Keluar dari Jakarta menuju arah Jalan Raya Bogor-Sukabumi
  • Ikuti jalan tersebut sekitar 50 km hingga menemukan simpang tiga dengan plang petunjuk
  • Belok kanan ke jalan desa dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di area parkir

Perlu diperhatikan bahwa rute-rute di atas hanya merupakan referensi, dan kemungkinan terdapat jalur lain yang dapat ditempuh. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk jalan yang ada dan berkendara dengan aman.

Aktivitas

Kawasan Curug Ciherang menawarkan pesona tempat wisata alam yang cocok untuk kegiatan olahraga dan rekreasi, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga sambil mencari ketenangan. Tempat wisata ini terletak di Jalur Puncak II dan mencakup luas lahan sebesar 73 hektar.

Bagi para wisatawan yang gemar berfoto-foto, Curug Ciherang dirancang secara khusus agar memiliki spot-spot yang instagramable. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk mendokumentasikan momen mereka dengan latar belakang yang indah dan menarik. Dengan begitu, para pengunjung dapat mengabadikan kenangan mereka di tempat wisata ini dan membagikannya melalui media sosial.

Menjadi tempat yang menarik bagi berbagai kegiatan rekreasi, seperti berjalan-jalan santai, piknik, atau bahkan berenang di kolam renang yang tersedia. Selain itu, keindahan alam sekitar yang ditawarkan juga memberikan suasana yang tenang dan menyegarkan bagi para pengunjung.

Dengan kombinasi antara keindahan alam, fasilitas rekreasi, dan spot-spot foto yang menarik, Curug Ciherang menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, beraktivitas di alam terbuka, dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Terdapat banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah menikmati panorama air terjun dan bermain air di sekitarnya. Namun, perlu diingat untuk berhati-hati karena bebatuan di sekitar air terjun bisa menjadi licin.

Selain itu, ada juga kolam renang yang dekat dengan air terjun. Kolam renang ini cocok untuk anak-anak dan memungkinkan kamu untuk berenang sambil menikmati pemandangan indah.

Bagi pecinta fotografi, Curug Ciherang memiliki beberapa spot selfie menarik seperti rumah kastil, sangkar burung, perahu di atas kolam renang, ayunan, dan lainnya. Kamu bisa menikmati semua spot foto ini secara gratis, kecuali jika kamu ingin berfoto dengan menyewa hanbok. Jika kamu ingin pengalaman yang lebih seru, Menyediakan kegiatan outbond dengan jembatan gantung panjang. Kamu juga bisa memilih untuk berkemah dan menikmati alam .

Setelah lelah beraktivitas, jangan lupa untuk mencari tempat makan di sekitar Curug Ciherang. Tempat makan di sana menyajikan menu-menu khas rumahan dengan harga terjangkau. Selain itu, kamu juga dapat membeli suvenir dan ikan cupang di sana. Fasilitas cukup lengkap, termasuk kamar bilas, toilet, musala, dan warung makan. Jadi, jika kamu tidak sempat menyiapkan bekal, kamu tetap bisa membeli makanan di tempat tersebut.

Curug Ciherang adalah sebuah air terjun yang menjadi tujuan wisata alam di Jawa Barat. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sana antara lain:

  1. Menikmati Air Terjun: Nikmati keindahan Curug Ciherang dengan memandangi air terjun yang mengalir deras. Rasakan segarnya percikan air dan ambil momen indah di sekitar air terjun.
  2. Berenang: Terdapat kolam renang yang cocok untuk berenang. Nikmati kesegaran air kolam renang sambil menikmati pemandangan alam di sekitarnya.
  3. Bermain Air: Manjakan diri dengan bermain air di aliran sungai atau kolam-kolam kecil. Tetap berhati-hati karena bebatuan dapat menjadi licin.
  4. Berfoto di Spot Menarik: Memiliki beberapa spot foto yang menarik, seperti rumah kastil, sangkar burung, perahu di atas kolam renang, ayunan, dan lainnya. Abadikan momen liburanmu dengan latar belakang yang indah.
  5. Bermain Outbond: Jika kamu mencari pengalaman yang lebih seru, coba bermain outbond. Ada fasilitas jembatan gantung panjang yang bisa kamu jelajahi.
  6. Berkemah: Jika kamu suka petualangan alam, kamu dapat memilih untuk berkemah di area yang telah disediakan. Rasakan kehangatan api unggun di malam hari dan terbangun dengan pemandangan yang menakjubkan.
  7. Menikmati Kuliner Lokal: Jangan lupa mencicipi makanan khas yang ditawarkan oleh tempat makan. Nikmati hidangan rumahan dengan harga terjangkau.
See also  Danau Quarry Jayamix Rumpin, Objek Wisata Alam Bekas Tambang

Pastikan untuk selalu mematuhi aturan dan petunjuk keselamatan yang diberikan oleh pihak pengelola Curug Ciherang. Selamat menikmati berbagai aktivitas seru!

Daya Tarik

Curug Ciherang terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, menawarkan udara yang sejuk dari pegunungan. Saat mengunjungi tempat ini, wisatawan akan menikmati pemandangan alam yang indah, termasuk hutan dan pegunungan hijau yang menyegarkan mata.

Objek utama dari tempat wisata ini adalah air terjun atau curug yang memiliki tinggi sekitar 30 meter. Debit air yang mengalir cukup deras, menjadikannya sebagai air terjun yang menarik. Di bawah curug, pengunjung dapat bermain air atau berenang bersama teman atau keluarga. Kebersihan curug ini dijaga dengan baik dan alami.

Untuk mencapai keindahan air terjun, pengunjung harus melewati jalan setapak selama sekitar 15 menit sejak memasuki Gerbang Curug Ciherang. Meskipun perjalanan bisa melelahkan, pemandangan hijau dengan pepohonan yang menjulang di tengah hutan akan membalas kelelahan tersebut.

Air terjun ini memiliki beberapa undakan batuan yang terbentuk secara alami, bukan hasil pembuatan manusia. Debit air yang deras akan membuat Anda basah terkena cipratan air curug dengan jarak yang cukup dekat.

Bermain air adalah cara yang paling menyenangkan untuk menikmati keindahan Curug Ciherang di Bogor. Namun, perlu berhati-hati karena batu-batu di sekitar air terjun cenderung licin dan berlumut. Ukuran batu di kawasan ini bervariasi, mulai dari batu besar hingga batu kecil.

Ada cerita unik yang terkait dengan objek wisata alam ini. Konon, jika Anda membasuh wajah menggunakan air dari air terjun kembar Curug Cipamingkis, yang terletak di dekatnya, dikatakan Anda akan segera menemukan jodoh. Mitos ini sudah cukup terkenal di kalangan penduduk sekitar kota Bogor. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pemuda yang mengunjungi Curug Ciherang dengan harapan mempercayai mitos tersebut.

Memiliki daya tarik yang menarik bagi pengunjung karena keindahan alamnya yang masih asri dan alami. Beberapa daya tarik utama dari Curug Ciherang adalah:

Rumah Pohon

Curug Ciherang, Pesona Air Terjun Menawan di Bogor
Curug Ciherang, Pesona Air Terjun Menawan di Bogor

Salah satu kegiatan yang dapat dinikmati adalah naik ke rumah pohon yang indah. Anda dapat berfoto bersama keluarga atau teman dekat yang ikut menikmati liburan di kawasan wisata air terjun Ciherang.

Rumah pohon ini memiliki keunikan karena tidak hanya dibangun di atas pohon berukuran besar, tetapi juga berada di tebing jurang yang sangat dalam. Untuk mencapai rumah pohon, terdapat jalur perjalanan yang aman dan tidak berbahaya bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan rumah pohon tersebut.

Dengan berada di rumah pohon, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian. Rumah pohon ini terbuat dari kayu dan memiliki warna merah yang cantik. Saat kabut tipis turun, suasana eksotis akan semakin terasa.

Pemandangan yang ditawarkan sangat cocok bagi pecinta fotografi. Tempat ini memberikan kesan yang sangat instagramable, sehingga Anda dapat mengambil foto-foto indah sebagai kenang-kenangan. Berfoto berdua dengan pasangan juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengabadikan momen berdua dengan suasana yang romantis di rumah pohon tersebut.

Jembatan Gantung

Jika Anda tidak mengalami phobia ketinggian, Anda pasti harus mencoba naik jembatan gantung yang indah ini. Banyak wisatawan yang menggunakan jembatan gantung ini sebagai tempat untuk berfoto dan membagikannya di media sosial, sehingga menarik minat orang lain untuk mengunjungi tempat wisata air terjun yang cantik ini.

Pada akhir pekan atau musim liburan, seringkali pengunjung harus mengantri sebelum dapat menikmati jembatan gantung dan mengambil foto di sana. Namun, dengan membayar biaya masuk yang sangat terjangkau, yaitu 2 ribu rupiah per orang, Anda dapat menikmati pengalaman tersebut.

Sewa Kostum Ala Korea Selatan

Bagi para penggemar drama Korea, tren ini pasti sudah tidak asing lagi. Kostum ala Korea Selatan, seperti baju Hanbok, telah menjadi populer. Hanbok adalah pakaian tradisional Korea Selatan yang memiliki desain yang unik dan indah. Kostum ini sangat cocok digunakan oleh wanita dari segala usia. Jika Anda mengunjungi Curug Ciherang, Anda dapat menyewa kostum Hanbok ini untuk berfoto-foto.

Pakaian tradisional Korea ini memiliki ciri khasnya sendiri dan saat ini banyak diminati oleh generasi muda. Tidak heran jika banyak wisatawan yang menggunakan kostum ini bersama teman-teman mereka untuk mengambil foto yang unik. Hanbok dapat menambahkan elemen estetika pada hasil foto yang menarik, terutama ketika diambil di latar belakang pemandangan indah area persawahan.

Kolam Renang

Selain menjadi wisata air, Curug Ciherang di Bogor juga menawarkan kolam renang yang memiliki desain yang menarik dengan adanya spot kapal. Berenang di kolam renang ini memberikan kesenangan tersendiri, terutama karena Anda dapat menikmati pemandangan indah sekitar yang meliputi perbukitan dan gunung-gunung hijau.

Untuk dapat berenang sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, Anda dapat memilih paket masuk kolam renang. Dengan biaya sekitar 35 ribu rupiah, paket ini mencakup tiket masuk ke Curug Ciherang yang indah dan tiket masuk untuk berenang di kolam renang yang menakjubkan ini.

Fasilitas

Curug Ciherang di Bogor menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Anda tidak perlu khawatir karena tersedia kamar bilas dan kamar ganti bagi mereka yang ingin membersihkan diri setelah bermain air.

Selain itu, tersedia juga toilet umum yang bersih dan area parkir yang luas. Untuk kegiatan ibadah, tersedia mushola yang bersih dan nyaman. Jika Anda ingin duduk santai sambil menikmati pemandangan, terdapat juga gazebo yang telah disediakan.

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal, tidak perlu khawatir karena ada banyak pedagang makanan dan minuman di sekitar tempat wisata. Disarankan untuk membawa uang tunai lebih sebagai persiapan jika Anda ingin membeli makanan ringan sebagai camilan bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

Berikut adalah fasilitas yang tersedia di Curug Ciherang:

  1. Area parkir yang luas.
  2. Area gazebo dan rest area yang nyaman.
  3. Kamar mandi dan toilet yang bersih.
  4. Warung makanan yang menyediakan makanan dan minuman.
  5. Area camping ground dan tenda.
  6. Tempat bermain air dan kolam renang alami.
  7. Area hiking dan trekking untuk melihat pemandangan alam.
  8. Tempat berfoto yang menarik dan Instagramable.

Namun perlu diingat bahwa fasilitas-fasilitas tersebut bisa berbeda tergantung dari tempat di mana pengunjung memasuki kawasan Curug Ciherang. Oleh karena itu, pastikan untuk menanyakan fasilitas yang tersedia terlebih dahulu kepada petugas atau pihak yang bertanggung jawab sebelum memasuki kawasan tersebut.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Curug Ciherang Bogor adalah Rp. 40.000,- per orang. Harga tersebut sudah termasuk akses wahana di dalamnya, namun belum termasuk biaya parkir kendaraan. Harga tiket tetap sama di hari kerja maupun hari libur. Jam operasional destinasi ini dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Selain itu, jika Anda ingin mengunjungi Curug, pastikan untuk memperhatikan jam buka dan tutupnya, serta mematuhi peraturan yang ada di tempat tersebut, seperti tidak merusak lingkungan dan menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang cukup dan memakai pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berjalan di area air terjun.

See also  25 Review Menarik Situ Ciburuy Wisata Alam Eksotis Padalarang

Bukit Batu

Bukit Batu Curug Ciherang adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di sekitar Curug, Bogor. Bukit Batu ini menawarkan pemandangan alam yang indah, terutama pemandangan curug dan hamparan pepohonan hijau yang asri.

Untuk mencapai Bukit Batu, Anda harus melakukan pendakian dengan jalur yang cukup menantang. Jalur pendakian ini sebagian besar terdiri dari tanah liat dan batu-batuan yang licin, sehingga sebaiknya memakai alas kaki yang nyaman dan anti selip. Juga pastikan untuk membawa air minum dan makanan yang cukup, serta mengenakan pakaian dan perlengkapan pendakian yang sesuai.

Setelah melakukan pendakian sekitar 1 jam, Anda akan tiba di Bukit Batu. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler, seperti curug dengan air yang jernih dan dingin, serta hamparan pepohonan hijau yang sangat memukau. Tidak hanya itu, di Bukit Batu Anda juga dapat menikmati kegiatan-kegiatan outdoor lainnya, seperti bersepeda, berkemah, atau trekking.

Namun, perlu diingat bahwa Bukit Batu masih merupakan area alam yang cukup terisolasi, sehingga pastikan untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan selama menjelajahinya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan tidak meninggalkan sampah di sekitar tempat tersebut.

Biaya Camping di Curug Ciherang

Menyediakan area camping untuk para pengunjung yang ingin bermalam di sana. Biaya camping di Curug Ciherang sekitar Rp. 50.000,- per tenda. Pengunjung juga bisa menyewa tenda di sana dengan harga sekitar Rp. 200.000,- per tenda.

Namun, perlu diketahui bahwa fasilitas camping masih terbatas. Sebaiknya, bawa peralatan camping sendiri seperti sleeping bag, matras, dan perlengkapan lain yang diperlukan. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik karena cuaca di kawasan bisa sangat dingin terutama di malam hari. Selain itu, pastikan juga untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan area camping.

Penginapan

Jika Anda merasa perjalanan ke Curug Ciherang cukup jauh dan melelahkan jika menggunakan kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir karena tersedia beberapa pilihan penginapan yang dekat dengan area air terjun.

Anda dapat memilih antara homestay, villa, hotel, atau bungalow yang sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda. Biaya penginapan bervariasi tergantung pada fasilitas dan pemandangan yang disediakan, dengan harga mulai dari 100 ribu hingga 1 juta per malam.

Selain itu, beberapa wisatawan juga memilih untuk membawa tenda dan berkemah di kawasan tersebut. Terdapat area yang luas yang dapat digunakan untuk membangun tenda. Bagi para petualang, menginap di tenda terbuka adalah pilihan menarik yang dapat Anda coba.

Pilihan penginapan yang tersedia di sekitar Curug cukup beragam, mulai dari villa yang mewah hingga camping ground yang sederhana. Villa-villa tersebut biasanya memiliki fasilitas yang lengkap, seperti dapur, kamar mandi, dan tempat tidur yang nyaman. Biaya sewa villa di sekitar Curug bervariasi tergantung pada fasilitas yang ditawarkan dan waktu menginap, namun rata-rata berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 1.500.000 per malam.

Selain itu, terdapat juga bungalow dan camping ground yang dapat disewa dengan biaya yang lebih terjangkau. Biaya camping di Curug Ciherang hanya sekitar Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per orang per malam. Selain itu, terdapat juga kayu gantung dan jembatan di sekitar Curug yang menyajikan pengalaman yang menyenangkan bagi para wisatawan yang gemar berpetualang.

Sewa Villa di Curug Ciherang

Bagi pengunjung yang ingin menginap di villa dekat Curug , beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah Villa Bukit Pinus, Villa Damar, dan Villa Istana Bunga. Villa-villa tersebut memiliki fasilitas yang lengkap dan lokasi yang strategis, sehingga dapat memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi para tamu.

Harga sewa villa di sini bervariasi tergantung pada tipe villa yang dipilih, namun harga mulai dari Rp 1.500.000 per malam.

Villa merupakan pilihan penginapan yang paling banyak dicari oleh pengunjung yang ingin menginap. Selain Villa Ciherang, pengunjung juga dapat memilih villa lain yang tersedia di sana dengan harga sewa yang bervariasi tergantung pada tipe villa yang dipilih.

Villa Dekat Curug Ciherang

Selain Villa Ciherang, terdapat juga beberapa villa lain, di antaranya adalah Villa Puncak Resort, Villa Amara, dan Villa Istana Bunga. Beberapa villa yang terletak dekat dengan Curug Ciherang di Bogor antara lain:

Villa Tenda

Villa Tenda yang disediakan di Curug Ciherang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Tipe: Los tanpa kamar
  • Kapasitas: 7 orang
  • Fasilitas: 3 bed single dan 1 kamar mandi

Harga sewa Villa Tenda ini adalah Rp 500.000,- per malam, yang sebelumnya adalah Rp 700.000,- per malam. Harga tersebut berlaku untuk kapasitas maksimum 7 orang.

Pastikan untuk menghubungi pihak pengelola Curug Ciherang atau penyedia sewa Villa Tenda untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, ketersediaan, dan prosedur pemesanan. Harga sewa dan fasilitas dapat berubah sesuai dengan kebijakan penyedia sewa.

Villa Teletabis

Villa Teletabis yang tersedia di Curug Ciherang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Tipe: Los tanpa kamar
  • Kapasitas: 15 orang
  • Fasilitas: 4 bed single dan 1 kamar mandi

Harga sewa Villa Teletabis ini adalah Rp 750.000,- per malam, yang sebelumnya adalah Rp 900.000,- per malam. Harga tersebut berlaku untuk kapasitas maksimum 15 orang.

Villa Duren

Villa Duren yang tersedia di Curug Ciherang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Tipe: Los tanpa kamar
  • Kapasitas: 6 orang
  • Fasilitas: 2 ranjang dan 1 kamar mandi

Harga sewa Villa Duren ini adalah Rp 750.000,- per malam, yang sebelumnya adalah Rp 900.000,- per malam. Harga tersebut berlaku untuk kapasitas maksimum 6 orang.

Villa Naga Jonggol

Villa Naga Jonggol adalah sebuah penginapan yang terletak di Kampung Jonggol Resort, Suka Damai, Suka Makmur, Bogor. Memulai operasinya sejak bulan September 2011, villa ini menempati lahan seluas 25 meter persegi dan terus berkembang dengan rencana perluasan di masa depan. Lokasinya yang dekat dengan Curug Ciherang menjadikannya pilihan yang ideal untuk bersantai dan menikmati liburan.

Villa Naga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat pengalaman menginap Anda semakin nyaman. Setiap unit villa dilengkapi dengan AC, restoran yang menyajikan beragam hidangan, kolam renang untuk berenang, serta aneka permainan seperti waterboom, motocross, dan paintball yang menyenangkan. Selain itu, tersedia juga musala, aula untuk acara, dan area perkemahan.

Berikut ini adalah tarif penginapan di Villa Naga Jonggol:

  1. Tipe Penginapan: Kamaran
    • Superior Lantai 3: Rp150.000 – Rp200.000 per malam
    • Superior Lantai 2: Rp250.000 – Rp300.000 per malam
    • Superior Lantai 1: Rp300.000 – Rp350.000 per malam
  2. Tipe Penginapan: Villa
    • Hari Biasa (Minggu-Kamis): Rp1.300.000 per malam
    • Jumat: Rp1.500.000 per malam
    • Sabtu, Hari Libur, Hari Raya: Rp1.800.000 per malam

Dalam perbandingan dengan penawaran sebelumnya, harga sewa di Villa Naga Jonggol saat ini menawarkan harga yang lebih terjangkau. Misalnya, tarif kamaran yang sebelumnya mencapai Rp350 ribu, kini dapat disewa mulai dari Rp150 ribu per malam. Sementara itu, harga sewa villa yang sebelumnya Rp1,5 juta turun menjadi Rp1,3 juta per malam untuk hari biasa.

Namun, penting untuk dicatat bahwa informasi ini mungkin tidak terkini. Sebaiknya Anda menghubungi langsung pihak pengelola Villa Naga Jonggol atau memperoleh informasi terbaru melalui situs web resmi, media sosial, atau sumber informasi terpercaya lainnya. Mereka akan memberikan informasi terkini tentang status operasional, fasilitas yang tersedia, dan tarif yang berlaku.

Bumi Ciherang Hotel & Villa

Bumi Ciherang Hotel & Villa terletak di Jalan Raya Ciherang KM 78 Pacet, Puncak, Bogor. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi pilihan populer bagi wisatawan yang ingin menjelajahi area sekitar, seperti Istana Kepresidenan Bogor, pasar tradisional Cipanas, Taman Bunga Nusantara, dan Taman Safari.

Sebagai penginapan, Bumi Ciherang Hotel & Villa menawarkan fasilitas kelas wahid dengan tarif yang terjangkau. Fasilitas yang tersedia meliputi layanan meja depan 24 jam untuk melayani kebutuhan tamu, kolam renang luar ruangan untuk bersantai dan berenang, restoran yang menyajikan makanan lezat, akses Wi-Fi untuk tetap terhubung dengan dunia luar, layanan laundry, serta taman dan playground untuk hiburan tambahan. Terdapat 19 kamar yang tersedia, dan setiap kamar dilengkapi dengan AC, TV, kamar mandi pribadi dengan perlengkapan mandi gratis, serta lemari es di beberapa tipe kamar.

See also  35 Review Menarik Kampung Korea Bandung Wisata Unik Favorit

Berikut ini adalah tarif penginapan di Bumi Ciherang Hotel & Villa:

  1. Tipe Kamar: Superior
    • Tarif per Malam: Rp227.700
  2. Tipe Kamar: Deluxe
    • Tarif per Malam: Rp392.901

Informasi mengenai harga sewa di Bumi Ciherang Hotel & Villa dapat berubah seiring waktu. Namun, hingga saat ini, tarif sewa kamar deluxe relatif stabil. Sementara itu, tarif sewa kamar superior mengalami penurunan dari sebelumnya Rp291 ribu menjadi Rp227 ribu per malam.

Pastikan untuk mengonfirmasi ketersediaan kamar dan mendapatkan informasi tarif yang terkini dengan menghubungi langsung pihak pengelola Bumi Ciherang Hotel & Villa melalui kontak yang tersedia atau mengunjungi situs web resmi mereka.

Camping di area Curug Ciherang

Curug Ciherang di Bogor memang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dijelajahi. Namun, untuk melakukan camping di area Curug, perlu diperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Pertama, pastikan untuk mendapatkan izin dari pihak pengelola atau instansi yang bertanggung jawab atas kawasan tersebut. Selain itu, pastikan juga untuk mematuhi aturan-aturan yang berlaku di tempat tersebut, seperti tidak merusak lingkungan dan menjaga kebersihan.

Kedua, pastikan untuk membawa perlengkapan camping yang memadai, seperti tenda, sleeping bag, alat memasak, serta alat penerangan. Sebaiknya bawa juga peralatan pendukung lainnya, seperti pisau lipat, obor, dan lain-lain.

Ketiga, perlu diingat bahwa Curug Ciherang masih merupakan kawasan alam yang belum sepenuhnya dikelola untuk kegiatan camping. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa persediaan air dan makanan yang cukup, serta memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan selama camping.

Keempat, pastikan untuk tidak meninggalkan sampah di sekitar tempat camping. Pastikan untuk membawa pulang semua sampah yang dihasilkan agar tidak merusak keindahan lingkungan di sekitar Curug.

Terakhir, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca dan keadaan lingkungan sekitar. Jika cuaca buruk atau terjadi perubahan kondisi alam yang tidak aman, sebaiknya segera menghentikan kegiatan camping dan segera meninggalkan kawasan tersebut.

Tempat Makan

Di sekitar Curug Ciherang, terdapat beberapa tempat makan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Saung Kita Resto & Cafe: Restoran dengan saung-saung tradisional yang menawarkan menu makanan Indonesia. Terdapat pula sajian kopi dan teh yang dapat dinikmati oleh pengunjung.
  2. Pemandangan Indah Cafe: Cafe dengan pemandangan indah ke arah hutan dan sungai. Menawarkan menu makanan Indonesia dan juga makanan barat.
  3. Warung Kopi Pak Bari: Tempat makan dengan menu andalan berupa nasi goreng dan kopi. Terdapat pula menu makanan lainnya seperti mie goreng dan sate.
  4. Warung Nasi Ampera: Warung makan dengan menu makanan khas Jawa Barat seperti nasi liwet dan sate. Harganya terjangkau dan cocok bagi yang ingin mencicipi kuliner lokal.
  5. Gudang Kopi Sukamakmur: Cafe dengan nuansa vintage yang menyajikan kopi dan makanan ringan. Tersedia pula ruangan VIP yang dapat digunakan untuk rapat atau acara kecil.

Pastikan untuk memperhatikan protokol kesehatan saat berkunjung ke tempat makan tersebut.

Spot Foto

Di Curug Ciherang terdapat beberapa spot foto menarik yang bisa dijadikan latar belakang untuk berfoto, di antaranya:

  1. Air Terjun Curug Ciherang: air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan menjadi latar belakang foto yang cantik.
  2. Rumah Pohon: spot foto yang satu ini juga populer, dengan pemandangan hutan yang luas dan rumah pohon yang unik.
  3. Bukit Batu: di sini kamu bisa menikmati pemandangan lembah yang hijau dan indah.
  4. Area Camping: spot foto dengan latar belakang tenda-tenda di area camping juga bisa menjadi pilihan menarik untuk mengabadikan momen.

Pastikan untuk selalu memperhatikan keselamatan dan menghormati lingkungan sekitar saat berfoto ya!

Wisata Sekitar

Curug Ciherang Bogor memiliki beberapa tempat wisata di sekitarnya yang bisa dikunjungi, di antaranya:

  1. Taman Wisata Matahari – Berjarak sekitar 10 km, taman ini menawarkan berbagai wahana air dan taman bermain yang cocok untuk anak-anak.
  2. Taman Wisata Alam Gunung Pancar – Berjarak sekitar 11 km, taman ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan wahana permainan untuk keluarga.
  3. Kebun Raya Bogor – Berjarak sekitar 22 km, kebun raya ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Bogor. Wisatawan dapat menjelajahi kebun raya dan melihat berbagai jenis flora dan fauna yang unik.
  4. Puncak Bogor – Berjarak sekitar 30 km, puncak Bogor menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan indah dari atas bukit dan menikmati udara segar di pegunungan.
  5. Taman Safari Indonesia – Berjarak sekitar 50 km, taman safari ini menawarkan pengalaman melihat berbagai hewan liar seperti harimau, singa, dan gajah. Taman ini juga memiliki wahana permainan dan restoran untuk wisatawan.

Tips

Berikut ringkasan tips-tips untuk liburan di Curug Ciherang:

  1. Periksa perkiraan cuaca sebelum pergi dan pilih hari dengan cuaca cerah.
  2. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena tidak ada transportasi umum di sekitar Curug Ciherang.
  3. Bawalah pakaian ganti untuk bermain air atau jika diperlukan.
  4. Selalu bawa uang tunai, karena mungkin tidak ada fasilitas pembayaran elektronik di sekitar tempat tersebut.
  5. Jaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.
  6. Bagi yang Muslim, disarankan membawa perlengkapan salat pribadi.
  7. Patuhi protokol kesehatan selama liburan, termasuk penggunaan masker dan menjaga jarak sosial.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) tentang Curug Ciherang di Bogor:

  1. Di mana lokasi Curug Ciherang? Terletak di Bogor, Jawa Barat, Indonesia.
  2. Bagaimana cara menuju Curug Ciherang? Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Tidak ada transportasi umum yang tersedia.
  3. Berapa biaya tiket masuk? Harga tiket masuk ke Curug Ciherang sekitar 20 ribu per orang.
  4. Apa jam operasional Curug Ciherang? Biasanya buka pada pukul 7 pagi dan ditutup pada pukul 6 sore. Namun, disarankan untuk memeriksa informasi terbaru mengenai jam operasional sebelum pergi.
  5. Apa saja fasilitas yang tersedia? Di Curug Ciherang, terdapat fasilitas seperti kamar bilas, toilet, musala, warung makan, dan area parkir.
  6. Apa aktivitas yang bisa dilakukan? Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan antara lain menikmati panorama air terjun, bermain air, berenang di kolam renang, berfoto di spot-spot menarik, bermain outbond, dan berkemah.
  7. Apakah ada penginapan di sekitar Curug Ciherang? Ya, terdapat beberapa penginapan seperti homestay, villa, hotel, dan bungalow yang dapat dipilih untuk menginap.
  8. Apakah ada restoran atau tempat makan? Ya, di Curug Ciherang terdapat tempat makan yang menyediakan menu khas rumahan dengan harga terjangkau.
  9. Apakah ada fasilitas untuk ibadah di Curug Ciherang? Ya, terdapat mushola yang bersih dan nyaman untuk digunakan bagi pengunjung yang ingin melakukan ibadah.
  10. Bagaimana dengan protokol kesehatan? Selama liburan di Curug Ciherang, penting untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan secara teratur.

Harap dicatat bahwa informasi ini mungkin dapat berubah. Disarankan untuk memeriksa informasi terbaru atau menghubungi pihak pengelola Curug Ciherang sebelum melakukan perjalanan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 29 Review Menarik Curug Ciherang, Wisata Air Terjun Di Bogor.

Your email address will not be published. Required fields are marked *