Curug Cipanas Nagrak, Destinasi Wisata Air Terjun di Lembang Bandung

Curug Cipanas Nagrak merupakan sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Jl. Nagrak Tengah, Desa. Sukajaya, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, JaBar 40391. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dan sejuk, serta air terjun yang cantik dan menyejukkan.

Wisata Curug Cipanas Nagrak Kancah Bandung

Ketika memasuki area Curug Cipanas Nagrak, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan segar. Dengan pepohonan yang rindang dan udara yang masih bersih, tempat ini cocok bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari kesibukan perkotaan. Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari gerbang masuk. Perjalanan ini tidak begitu sulit, namun ada beberapa area yang cukup menantang untuk dilewati, seperti jalur menurun yang licin dan bebatuan yang licin.

Sampai di lokasi air terjun, pengunjung akan disambut dengan pemandangan air terjun yang indah. Air yang jernih mengalir dengan lancar dari ketinggian 30 meter, dan terdengar suara gemericik air yang menenangkan. Pengunjung juga bisa bermain air di kolam yang ada di bawah air terjun, dan menikmati segarnya air terjun yang alami.

Selain menikmati keindahan alam, di Curug Cipanas Nagrak juga terdapat beberapa spot untuk berfoto. Pengunjung bisa berfoto di atas bebatuan besar yang ada di sekitar air terjun, atau di atas jembatan gantung yang menghubungkan dua sisi tebing. Jembatan gantung ini menambah keseruan pengunjung saat berada di Air Terjun.

Kesan keseluruhan Curug Cipanas Nagrak adalah tempat yang cocok bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup menantang untuk mencapai air terjun, pengunjung tidak akan kecewa dengan keindahan alam yang disajikan. Tidak hanya air terjunnya yang cantik, namun juga pepohonan yang rindang dan segar udara yang bisa dinikmati. Bagi mereka yang ingin mencari pengalaman yang berbeda, Air Terjun Nagrak bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik.

Lokasi dan Aksesibilitas

Curug Cipanas Nagrak terletak di Jl. Nagrak Tengah, Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Lokasi ini dapat dicapai dengan berbagai moda transportasi.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengikuti rute dari Bandung menuju Lembang. Dari Lembang, perjalanan dilanjutkan ke arah Nagrak dan di sepanjang jalan menuju Curug Cipanas Nagrak terdapat petunjuk jalan yang cukup jelas. Perjalanan menuju lokasi ini dapat memakan waktu sekitar 45-60 menit tergantung dari lalu lintas.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan transportasi umum. Dari Bandung, Anda dapat naik angkutan umum jurusan Lembang di Terminal Ledeng. Dari Lembang, dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau taksi online.

Meskipun jalan menuju Curug Cipanas Nagrak sudah cukup baik, namun jalanan di sekitar lokasi masih cukup terjal dan berbatu sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat untuk memudahkan perjalanan

Rute

Untuk mencapai Curug Cipanas Nagrak dari Bandung, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  1. Dari Bandung, arahkan kendaraan Anda ke arah utara menuju Jl. Ir. H. Juanda.
  2. Lanjutkan perjalanan melewati Lembang dan ikuti Jl. Raya Lembang hingga mencapai pertigaan Cikahuripan.
  3. Di pertigaan Cikahuripan, ambil jalur kanan menuju Jl. Nagrak Tengah.
  4. Ikuti Jl. Nagrak Tengah hingga mencapai lokasi Curug Cipanas Nagrak di sebelah kiri jalan.

Perjalanan dari Bandung menuju Curug Cipanas Nagrak dapat memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam tergantung pada kondisi lalu lintas. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi atau ojek online, namun Anda perlu menyiapkan waktu ekstra untuk menunggu kendaraan tersebut.

Fasilitas

Di sekitar area Curug Cipanas terdapat beberapa fasilitas yang dapat memudahkan pengunjung selama berada di sana. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  1. Kamar Mandi: Terdapat beberapa kamar mandi yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk membersihkan diri setelah bermain air di curug atau sekadar mencuci tangan.
  2. Warung Makan: Terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan dan minuman ringan di sekitar curug. Pengunjung dapat membeli makanan dan minuman di sana atau membawa bekal dari rumah.
  3. Tempat Parkir Kendaraan: Terdapat area parkir kendaraan yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung yang datang.
  4. Area Camping: Di sekitar terdapat area camping yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin berkemah. Area camping ini dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat tidur dan api unggun.

Meskipun fasilitas yang tersedia tergolong sederhana, namun sudah cukup memadai untuk mendukung aktivitas pengunjung selama berada di Curug Cipanas.

Harga Tiket Curug Cipanas Nagrak

Harga tiket masuk Curug Cipanas Nagrak Lembang Bandung Barat adalah Untuk Dewasa sebesar Rp. 25.000 per orang. Dan Untuk Anak -Anak 15.000. Selain itu, biaya parkir mobil adalah Rp. 10.000 dan biaya parkir motor adalah Rp. 5.000. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, maka pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung.

See also  30 Ulasan Menarik Punclut Bandung, Wisata Kuliner Puncak Ciumbuleuit

Aktivitas

Di Curug Cipanas Nagrak, terdapat berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung, di antaranya:

  1. Berenang dan berendam di kolam air panas dan kolam renang.
  2. Menikmati keindahan air terjun dan merasakan kesegarannya.
  3. Menikmati suasana alam dan udara yang segar di sekitar Air Terjun.
  4. Mencoba camping dan berkemah di kawasan yang telah disediakan.
  5. Menikmati kuliner khas di warung-warung yang ada di sekitar Air Terjun Nagrak.

Namun, penting untuk diingat bahwa pengunjung juga harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan aktivitas yang berbahaya seperti memanjat tebing atau melompat di kolam renang.

Sejarah

Curug Cipanas Nagrak merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Nagrak Tengah, Sukajaya, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug ini memiliki sejarah yang cukup unik karena dahulu kala tempat ini masih berupa hutan belantara dan belum ada akses jalan yang memudahkan untuk menuju ke curug tersebut.

Dulu, untuk bisa mencapai Curug Cipanas Nagrak, para pengunjung harus melakukan perjalanan panjang dan melewati jalur yang cukup sulit. Namun, pada tahun 2014, pemerintah setempat bersama dengan warga sekitar berhasil memperbaiki jalur menuju ke curug ini sehingga lebih mudah diakses.

Setelah jalur diperbaiki, Curug Cipanas Nagrak menjadi semakin populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Keindahan alamnya yang menawan dan udara sejuk di sekitar curug menarik perhatian banyak orang untuk datang dan mengunjunginya. Selain itu, curug ini juga dikelola dengan baik oleh pihak pengelola sehingga fasilitas di sekitar curug semakin lengkap dan nyaman untuk para pengunjung.

Larangan Dan Aturan

Saat berkunjung ke Curug Cipanas Nagrak, ada beberapa aturan dan larangan yang harus diikuti untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama. Beberapa aturan dan larangan tersebut antara lain:

  1. Dilarang memanjat tebing: Untuk menjaga keselamatan pengunjung, dilarang memanjat tebing di sekitar air terjun.
  2. Dilarang membawa makanan dan minuman ke area kolam: Dilarang membawa makanan dan minuman ke area kolam untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama.
  3. Dilarang menggunakan sabun di area kolam: Dilarang menggunakan sabun di area kolam untuk menjaga kebersihan air.
  4. Dilarang melompat di kolam: Dilarang melompat ke kolam karena dapat membahayakan keselamatan pengunjung lainnya.
  5. Dilarang membuang sampah di area kolam: Dilarang membuang sampah di area kolam untuk menjaga kebersihan air.
  6. Wajib mendampingi anak di area kolam: Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, wajib untuk selalu mendampingi anak di area kolam untuk menjaga keselamatan.
  7. Maksimal berendam 30 menit: Pengunjung diperbolehkan berendam di kolam pemandian air terjun selama maksimal 30 menit untuk menjaga kebersihan air.
  8. Dilarang berenang untuk pengunjung yang memiliki kondisi kesehatan tertentu: Dilarang berenang di kolam pemandian air terjun untuk pengunjung yang memiliki penyakit darah tinggi, kencing manis, jantung, epilepsi, dan ibu hamil.

Dengan mengikuti aturan dan larangan tersebut, kita dapat menjaga keamanan dan kenyamanan bersama serta dapat menikmati keindahan air terjun Curug Cipanas Nagrak dengan lebih baik.

Keunikan Daya Tarik

Memiliki keunikan daya tarik yang menarik perhatian para pengunjung. Berikut adalah beberapa keunikan daya tarik dari Curug Cipanas Nagrak:

  1. Air Terjun dengan Air Panas Alami: Menyajikan air terjun yang cantik dan indah dengan air yang panas alami. Hal ini menjadikan pengalaman berenang atau berendam di kolam menjadi lebih menyenangkan dan menyegarkan.
  2. Fasilitas yang Lengkap: Menyediakan beragam fasilitas yang lengkap dan memadai. Selain air terjun dan kolam pemandian air panas, wisatawan juga bisa menikmati beragam fasilitas lain seperti area parkir yang luas, toilet, mushola, gazebo, warung penjual makanan, dan minuman, serta bumi perkemahan.
  3. Lokasi yang Strategis: Berada di lokasi yang strategis dan mudah diakses. Terletak di Jl. Nagrak Tengah, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, dan hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari Kecamatan Lembang. juga bisa diakses oleh kendaraan roda dua, roda empat, hingga angkutan umum.
  4. Konsep Wisata Alam yang Lengkap: Menyajikan konsep utama wisata alam air terjun yang dilengkapi dengan beragam fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung. Dari mulai pemandian air panas, kolam renang, spot camping, semuanya dapat dinikmati dalam 1 kawasan yang sama.
  5. Spot Foto yang Menarik: Memiliki spot foto yang menarik dan instagramable. Dengan pemandangan alam yang indah dan air terjun yang cantik, para pengunjung bisa mengambil foto-foto yang keren dan mempostingnya di media sosial.

Meski demikian, perlu diingat pernah mengalami insiden kecelakaan yang menyebabkan penutupan sementara. Oleh karena itu, para pengunjung diharapkan untuk selalu berhati-hati dan mematuhi tata tertib yang berlaku saat berkunjung.

See also  Ice Skating PVJ: Tempat Seru Bermain Ice Skating di Bandung!

Mitos Legenda Misteri

Memiliki beberapa mitos dan legenda yang membuat tempat ini menjadi semakin menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa mitos, legenda, dan misteri yang terkait dengan Curug Cipanas Nagrak:

  1. Kediaman Dewi Sri

Masyarakat sekitar Air Terjun Nagrak percaya bahwa air terjun ini merupakan kediaman Dewi Sri, Dewi Padi yang dipuja sebagai pelindung pertanian. Konon, Dewi Sri akan memberikan berkah kepada mereka yang mengunjungi dan memohon dengan sungguh-sungguh.

  1. Kepala Purbakala

Legenda mengatakan bahwa di dasar Air Terjun Nagrak terdapat kepala purbakala yang belum diketahui asal-usulnya. Konon, kepala purbakala ini memiliki kekuatan mistis dan bisa memberikan keberuntungan bagi siapa saja yang menemukannya.

  1. Penghuni Gaib

Masyarakat sekitar Air Terjun Nagrak juga percaya bahwa tempat ini dihuni oleh makhluk gaib seperti pocong, kuntilanak, dan jin. Konon, beberapa pengunjung yang datang pada malam hari pernah merasakan keberadaan makhluk gaib tersebut.

  1. Mitos Peliharaan Curug

Konon, jika Anda membuang sampah sembarangan, maka peliharaan curug, yaitu ular besar, akan muncul dan menyerang Anda. Oleh karena itu, masyarakat sekitar selalu menjaga kebersihan di sekitar Air Terjun Nagrak.

Meskipun begitu, jangan terlalu percaya pada mitos dan legenda yang beredar. Sebaiknya tetap menjaga sikap yang baik dan menghargai alam saat berkunjung ke Curug Cipanas Nagrak.

Penginapan

Penginapan di sekitar Air Terjun dapat ditemukan dengan mudah karena wisata Curug Cipanas menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di daerah tersebut. Ada beberapa pilihan penginapan yang dapat dipilih, mulai dari homestay, guesthouse, hingga villa.

Beberapa penginapan di sekitar Air Terjun yang bisa menjadi pilihan antara lain:

  1. Villa Taman Bunga Puncak Cipanas
  2. Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel
  3. Griya Astuti Homestay
  4. Villa Azul Puncak
  5. Omah Kebon Guesthouse

Harga penginapan bervariasi, tergantung pada tipe penginapan yang dipilih dan juga fasilitas yang disediakan. Namun, umumnya harga mulai dari sekitar Rp 300.000 per malam untuk homestay atau guesthouse, dan bisa mencapai beberapa juta rupiah per malam untuk villa dengan fasilitas mewah.

Hotel Dekat

Beberapa hotel yang dekat dengan Curug Cipanas Nagrak antara lain:

  1. The Trans Luxury Hotel Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 289, Bandung Jarak sekitar 10 km
  2. Padma Hotel Bandung Alamat: Jl. Rancabentang No. 56-58, Ciumbuleuit, Bandung Jarak sekitar 5 km
  3. Grand Mercure Bandung Setiabudi Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.269-275, Isola, Sukasari, Bandung Jarak sekitar 5 km
  4. InterContinental Bandung Dago Pakar Alamat: Jl. Resor Dago Pakar Raya 2B, Resor Dago Pakar, Bandung Jarak sekitar 6 km
  5. Hilton Bandung Alamat: Jl. HOS Tjokroaminoto No. 41-43, Bandung Jarak sekitar 10 km

Harap dicatat bahwa jarak yang disebutkan di atas hanya perkiraan dan dapat berbeda tergantung pada kondisi lalu lintas dan rute yang dipilih.

Kuliner Tempat Makan

Curug Cipanas Nagrak memiliki beberapa warung makanan di sekitar area wisata. Berikut adalah beberapa kuliner yang bisa dicoba saat berkunjung ke sana:

  1. Nasi Timbel Nagrak: Warung makanan ini terkenal dengan nasi timbelnya yang lembut dan enak. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai jenis lauk seperti ayam goreng, ikan goreng, atau tahu dan tempe goreng.
  2. Sop Buntut Pak Dhe: Warung makanan ini menyajikan sop buntut yang lezat dengan kuah kental yang gurih. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai jenis makanan seperti sate, mie goreng, atau nasi goreng.
  3. Kedai Makan Puspa: Warung makanan ini menyajikan aneka hidangan khas Sunda seperti nasi liwet, gurame goreng, dan sambal terasi. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai jenis makanan seperti sate, mie goreng, atau nasi goreng.
  4. Warung Nasi Ampera: Warung makanan ini menyajikan aneka hidangan nasi seperti nasi uduk, nasi kuning, dan nasi rames. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai jenis makanan seperti ayam goreng, ikan goreng, atau tahu dan tempe goreng.
  5. Warung Mak Uneh: Warung makanan ini menyajikan berbagai jenis hidangan Sunda seperti pepes ikan, nasi timbel, dan sayur asem. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai jenis makanan seperti ayam goreng, ikan goreng, atau tahu dan tempe goreng.

Semua warung makanan di atas dapat ditemukan di sekitar area dan memiliki harga yang terjangkau dengan kisaran Rp 20.000- Rp 50.000 per porsi.

Pengunjung dapat memilih tempat makan yang sesuai dengan selera mereka serta memperhatikan budget yang dimiliki. Selain itu, sebaiknya juga melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan tempat makan pada saat pengunjung berkunjung.

Spot Foto

Curug Cipanas Nagrak memiliki banyak spot selfie yang menarik dan Instagrammable. Beberapa spot yang paling populer di antaranya adalah:

  1. Air Terjun Tentu saja, spot paling populer adalah air terjunnya yang indah. Dengan latar belakang air terjun yang menakjubkan, pengunjung dapat mengambil foto selfie yang indah dan memukau.
  2. Kolam Renang Kolam renang: Merupakan spot selfie yang populer. Dengan air yang jernih dan pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya, kolam renang ini adalah tempat yang sempurna untuk mengambil foto selfie yang menarik.
  3. Gazebo: Memiliki beberapa gazebo yang tersebar di sekitar area wisata. Gazebo-gazebo ini sangat cocok untuk mengambil foto selfie yang santai, dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.
  4. Spot Camping: Jika Anda tertarik untuk menginap, Anda dapat memilih untuk berkemah di area perkemahan yang disediakan. Area perkemahan ini juga memiliki spot selfie yang menarik, dengan pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya.
  5. Jembatan Gantung: Memiliki jembatan gantung yang menghubungkan area wisata dengan area perkemahan. Jembatan ini juga merupakan spot selfie yang populer, karena menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian.
  6. Air Terjun Mini Selain air terjun utama, juga memiliki air terjun mini yang terletak di sekitar area wisata. Air terjun mini ini juga merupakan spot selfie yang populer, dengan latar belakang air terjun yang kecil namun indah.
See also  Melrimba Garden: Tempat Wisata Terbaik di Puncak Bogor

Prewedding

Curug Cipanas Nagrak juga sering dijadikan sebagai lokasi prewedding karena keindahan alamnya yang memukau. Pasangan pengantin dapat memanfaatkan keindahan air terjun, tebing, dan pepohonan sebagai latar belakang foto prewedding yang romantis dan natural. Selain itu, suara gemericik air terjun yang menenangkan dapat menambah keharmonisan suasana prewedding.

Untuk memotret di area Curug Cipanas Nagrak, pengunjung diharapkan untuk memperoleh izin terlebih dahulu dari pihak pengelola. Selain itu, pengunjung juga diminta untuk tidak merusak atau merusak lingkungan dan fasilitas yang ada di lokasi.

Camping

Curug Cipanas Nagrak juga menyediakan fasilitas camping yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Area camping yang disediakan luas dan asri dengan pemandangan alam yang indah. Pengunjung dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang sudah disediakan di sana. Selain itu, tersedia juga tempat api unggun untuk menghangatkan tubuh di malam hari. Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman camping yang nyaman dan menyenangkan di tengah alam yang indah, Curug Cipanas Nagrak adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Namun, tetap diperlukan pengawasan dan perhatian ekstra terutama pada waktu malam hari.

Wisata Sekitar

Berikut beberapa tempat wisata menarik di sekitar Curug Cipanas:

  1. Farmhouse Lembang: Tempat wisata yang menawarkan suasana ala Eropa ini menawarkan berbagai macam atraksi seperti foto dengan kostum khas Eropa, kebun stroberi, dan masih banyak lagi.
  2. Floating Market Lembang: Tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik dengan konsep pasar apung ini menawarkan berbagai macam jenis makanan dari berbagai negara. Terdapat lebih dari 20 tenant yang menyajikan berbagai macam makanan seperti seafood, masakan Sunda, masakan Jawa, dan masih banyak lagi.
  3. The Lodge Maribaya: The Lodge Maribaya menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan suasana alam yang asri. Terdapat beberapa atraksi seperti sky tree, taman bunga, dan trekking.
  4. Kampung Gajah Wonderland: Tempat wisata yang menawarkan berbagai macam jenis atraksi seperti kolam renang, wahana permainan, taman bunga, dan masih banyak lagi.
  5. Tangkuban Perahu: Tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan ini menawarkan keindahan dari kawah vulkanik yang masih aktif.
  6. Dusun Bambu: Tempat wisata yang menawarkan suasana alam yang asri dengan keindahan pemandangan hutan bambu. Terdapat beberapa atraksi seperti kebun stroberi, taman bunga, dan masih banyak lagi.

Pengunjung bisa menjadwalkan kunjungan ke beberapa tempat wisata menarik di sekitar Curug Cipanas untuk mengisi waktu liburan mereka. Namun, perlu diingat untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dan mematuhi peraturan yang ada di tempat wisata tersebut.

Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan, Curug Cipanas Nagrak merupakan sebuah destinasi wisata air terjun yang terletak di Jl. Nagrak Tengah, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Destinasi ini dapat diakses dengan mudah melalui rute yang tersedia baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Curug Cipanas Nagrak juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti area parkir, toilet, warung makan, dan penginapan. Selain itu, destinasi ini juga cocok sebagai lokasi untuk prewedding atau foto-foto lainnya.

Terlepas dari keindahan alamnya, Curug Cipanas Nagrak juga memiliki cerita dan mitos yang menarik untuk dijelajahi. Namun, sebagai wisatawan sebaiknya tetap menghormati lingkungan sekitar dan tidak merusak keindahan alam serta kebersihan destinasi.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Curug Cipanas Nagrak, Destinasi Wisata Air Terjun di Lembang Bandung.

Your email address will not be published. Required fields are marked *