35 Info Curug Leuwi Hejo Wisata Air Terjun Natural Sentul

Jika kita ingin menikmati keindahan alam yang luar biasa, salah satu destinasi yang dapat memanjakan mata dan pikiran adalah Curug Leuwi Hejo. Curug ini merupakan air terjun mini yang menawan, mirip dengan Green Canyon namun dalam skala yang lebih kecil. Berlokasi di Kampung Wangun Cilengsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Curug Leuwi Hejo juga dikenal oleh warga setempat dengan sebutan Curug Bengkok.

Wisata Alam Curug Leuwi Hejo Sentul: Tiket Masuk, Rute, Fasilitas
Wisata Alam Curug Leuwi Hejo Sentul: Tiket Masuk, Rute, Fasilitas

Keunikan Curug Leuwi Hejo terletak pada kolam kecilnya yang berwarna hijau dengan air yang sangat jernih. Air terjun ini dipancarkan oleh sungai Cileungsi, yang awalnya bermula dari sini. Cahaya matahari yang menyinari air terjun memberikan efek hijau yang indah, sehingga diberi nama “Leuwi Hejo,” yang berarti “Kolam Hijau.”

Di sekitar curug terdapat tebing yang ditumbuhi pepohonan, menciptakan suasana yang sangat asri dan mempesona. Keindahan alam yang masih terjaga membuat pemandangan di lokasi ini begitu indah. Selain menikmati kolam alami yang menawan, pengunjung juga bisa menyaksikan pelangi yang terbentuk dari percikan air terjun di berbagai sudutnya.

Curug Leuwi Hejo terletak pada ketinggian sekitar 500-1000 meter di atas permukaan laut, membuat suhu udara di sekitar area wisata ini cenderung sejuk dan menyegarkan, menambah kesan alami dan nyaman bagi pengunjung.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Alamat lengkap dan akses lokasi rute menuju Curug Leuwi Hejo adalah sebagai berikut:

Alamat: Curug Leuwi Hejo, Jalan Raya, Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830, Indonesia.

Akses Lokasi Rute:

  1. Dari Jakarta (arah timur):
    • Ikuti jalan tol Jakarta-Cikampek (Tol Jagorawi).
    • Ambil exit Sentul City.
    • Lanjutkan perjalanan ke arah Sentul City.
    • Setelah melewati Sentul City, ikuti tanda arah ke Kampung Wangun Cilengsi.
    • Setelah sampai di Kampung Wangun Cilengsi, ikuti petunjuk menuju Curug Leuwi Hejo.
  2. Dari Bandung (arah barat):
    • Ikuti jalan tol Jakarta-Cikampek (Tol Cipularang).
    • Ambil exit Sentul City.
    • Lanjutkan perjalanan ke arah Sentul City.
    • Setelah melewati Sentul City, ikuti tanda arah ke Kampung Wangun Cilengsi.
    • Setelah sampai di Kampung Wangun Cilengsi, ikuti petunjuk menuju Curug Leuwi Hejo.
  3. Dari Bogor:
    • Ikuti jalan menuju Sentul City.
    • Setelah melewati Sentul City, ikuti tanda arah ke Kampung Wangun Cilengsi.
    • Setelah sampai di Kampung Wangun Cilengsi, ikuti petunjuk menuju Curug Leuwi Hejo.

Perjalanan menuju Curug Leuwi Hejo dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti taksi atau angkutan kota yang menuju ke lokasi tersebut. Penting untuk selalu memastikan kondisi jalan dan cuaca sebelum berangkat agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.

Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan air terjun Leuwi Hejo di Sentul, rutenya cukup mudah. Jika Anda menggunakan kendaraan mobil pribadi, berikut adalah petunjuknya:

  1. Masuklah ke tol arah Bogor.
  2. Keluarlah di tol Sentul Selatan.
  3. Setelah keluar dari tol Sentul Selatan, arahkan kendaraan ke kompleks Sentul Nirwana.
  4. Ketika Anda menemukan sebuah bundaran, putarlah kendaraan dan beloklah ke kiri. Tempat ini tidak jauh dari wahana Jungle Land.
  5. Selanjutnya, perjalanan Anda akan memasuki wilayah pedesaan, dan Anda hanya perlu mengikuti jalan untuk mencapai air terjun.

Selama perjalanan, Anda mungkin akan menghadapi beberapa kendala. Area kontur jalan di sekitar air terjun mungkin sempit, curam, dan bergelombang. Namun, perjalanan ini akan memberikan pengalaman menarik dengan pemandangan penduduk desa yang ramah dan udara pegunungan yang sejuk.

Perjalanan menuju Curug Leuwi Hejo membutuhkan waktu beberapa jam, dan akhirnya, Anda akan menemukan petunjuk menuju air terjun tersebut. Setelah memarkir kendaraan, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dari tempat parkir menuju air terjun. Selama menuju ke air terjun, perhatikan kontur jalanan yang mungkin curam dan licin, sehingga disarankan untuk berhati-hati.

Dengan melewati beberapa tantangan ini, Anda akan diberi kesempatan untuk menikmati keindahan air terjun Leuwi Hejo yang spektakuler. Pastikan untuk membawa peralatan yang sesuai dan berpakaian yang nyaman serta mengutamakan keselamatan selama perjalanan menuju air terjun ini.

Cara Ke Curug Leuwi Hejo

Memang benar bahwa akses ke Curug Leuwi Hejo tidak selalu mudah karena beberapa faktor. Infrastruktur jalan yang masih kurang bagus dan minimnya angkutan umum yang sampai ke lokasi menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung.

Untuk mencapai Curug Leuwi Hejo, biasanya wisatawan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Jika menggunakan mobil, perjalanan dimulai dengan melewati Tol Jagorawi dan keluar di Sentul City/Selatan. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke arah perkampungan Karang Tengah, dengan berpatokan pada petunjuk menuju Curug Leuwi Hejo.

Kendaraan Pribadi

Jika pengunjung menggunakan mobil pribadi dari Jakarta, rute melalui Tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Citeureup (Cibinong) adalah pilihan yang nyaman dan lebih cepat. Dari pintu tol tersebut, pengunjung akan menuju ke arah Sukamakmur dan menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Rute ini melewati jalan yang lebih besar dan dapat dilalui oleh mobil, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendara.

Bagi pengunjung yang memilih menggunakan motor, perjalanan dapat dilakukan dengan mengarah ke Jungleland Sentul terlebih dahulu. Selanjutnya, dari Jungleland ambil jalur Jl Raya Babakan menuju Curug Leuwi Hejo. Jaraknya sekitar 9 km dari kawasan sentul, dan rutenya juga menawarkan pemandangan alam yang menarik selama perjalanan.

Dengan beberapa pilihan rute tersebut, para pengunjung dapat memilih cara terbaik untuk mencapai Curug Leuwi Hejo sesuai dengan kendaraan yang mereka gunakan dan preferensi pribadi.

Naik Kereta Ke Bogor

Bagi para wisatawan yang ingin menggunakan kereta, opsi pertama adalah turun di Stasiun Cilebut dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum no 7 menuju Jalan Soleh Iskandar (atau Jalan Baru). Dari sana, bisa menunggu Bus APTB yang menuju ke Jakarta dan turun di Belanova Sentul dengan perjalanan sekitar 15 menit. Setelah itu, wisatawan dapat menggunakan layanan angkutan seperti Grab atau Gojek untuk mencapai Curug Leuwi Hejo.

Alternatif ini dapat menjadi pilihan yang lebih efisien daripada turun di Stasiun Bogor, karena belum ada angkutan umum yang langsung menuju ke lokasi curug dari sana. Dengan menggunakan jalur transportasi tersebut, wisatawan dapat mencapai Curug Leuwi Hejo dengan lebih mudah dan nyaman.

Semoga informasi ini membantu para wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka ke Curug Leuwi Hejo menggunakan kereta dan angkutan umum.

Naik Bus APTB

Bagi para wisatawan yang ingin menggunakan bus dari Jakarta, opsi tersebut adalah naik APTB jurusan Jakarta Blok M – Jungleland. Turun di Jungleland Sentul dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan layanan Grab atau Gojek dengan perjalanan sekitar 9 km menuju Curug Leuwi Hejo.

Benar, memang angkutan umum ke Curug Leuwi Hejo masih sangat minim, sehingga opsi paling praktis adalah menggunakan layanan Grab atau Gojek setelah turun di Jungleland Sentul. Dengan menggunakan transportasi tersebut, para wisatawan dapat mencapai Curug Leuwi Hejo dengan lebih mudah dan cepat.

Semoga informasi ini membantu para wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka ke Curug Leuwi Hejo menggunakan Bus APTB dan layanan Grab atau Gojek.

Tiket Masuk

Curug Leuwi Hejo adalah air terjun yang terletak di wilayah Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nama “Leuwi Hejo” berasal dari bahasa Sunda yang berarti “Kolam Hijau,” mengacu pada warna hijau pancaran airnya saat terkena sinar matahari. Tempat wisata ini menawarkan suasana alam yang unik, tantangan medan yang menarik, dan keindahan airnya yang jernih berwarna hijau.

Sejak awal tahun 2015, pesona Curug Leuwi Hejo semakin memikat hati para wisatawan yang mencari petualangan dan keindahan alam. Air terjun yang menakjubkan ini berlokasi di dalam Kawasan Hutan RPH Babakan Madang BKPH Bogor, Jawa Barat. Pengelolaan Curug Leuwi Hejo dipercayakan kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Sejahtera, yang berada di Desa Karang Tengah.

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Leuwi Hejo, para wisatawan perlu membayar tiket masuk yang harganya cukup terjangkau. Harga tiket berlaku sama baik pada hari biasa maupun akhir pekan. Namun, beberapa pengunjung pernah memberi catatan agar berhati-hati terhadap pungutan liar yang ada di sekitar area curug.

Berikut adalah rincian harga tiket masuk Curug Leuwi Hejo:

  1. Beli Trekking Trip: Rp178.000
  2. Tiket Masuk Pos Pertama: Rp15.000
  3. Tiket Masuk Curug: Rp25.000

Pastikan untuk menikmati wisata di Curug Leuwi Hejo dengan tetap mengikuti peraturan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Semoga Anda dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan di tempat ini dengan aman dan nyaman.

Jam Buka

Mengenai jam buka Curug Leuwi Hejo, air terjun ini memang buka setiap hari dan memiliki jam operasional 24 jam. Pengunjung dapat mengakses Curug Leuwi Hejo kapan saja, baik di hari biasa maupun akhir pekan.

Waktu terbaik untuk datang adalah pagi atau menjelang sore, karena pada saat itu suasana sekitar air terjun sudah mulai teduh dan udara lebih sejuk. Dengan datang pada jam-jam tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan lebih nyaman dan tenang.

Jadi, bagi para pelancong yang ingin menikmati pesona Curug Leuwi Hejo, jangan ragu untuk merencanakan kunjungan Anda pada jam-jam yang disarankan dan nikmati pengalaman tak terlupakan di surga tersembunyi ini.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di Curug Leuwi Hejo memastikan kenyamanan dan keamanan para pengunjung selama berlibur di tempat tersebut. Terdapat pos pemantau dekat lokasi air terjun yang bertujuan untuk memantau dan menjaga keamanan pengunjung.

Jasa penyewaan alat pelampung merupakan fasilitas yang penting, terutama bagi pengunjung yang ingin bermain air dan berenang dengan aman. Alat pelampung dapat membantu pengunjung yang tidak begitu pandai berenang untuk menikmati keindahan air terjun dengan lebih nyaman.

Adanya tali tambang sebagai pegangan di aliran sungai juga menambah keamanan bagi para pengunjung yang ingin mencoba aktivitas body jumping atau melakukan petualangan lain di sekitar air terjun.

Fasilitas seperti toilet, loker, dan tempat ganti menjadi penting agar para pengunjung dapat merasa lebih nyaman dan terjamin selama berada di tempat wisata. Penggunaan toilet dan loker tentu saja membantu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Tidak perlu khawatir untuk mencari makanan dan minuman, karena di sekitar aliran sungai tersedia kedai-kedai penjaja makanan dan minuman. Fasilitas ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati hidangan lezat tanpa harus pergi jauh-jauh mencari tempat makan.

Dengan fasilitas yang memadai, para pengunjung dapat menikmati liburan dengan nyaman dan menyenangkan di Curug Leuwi Hejo, tanpa perlu khawatir tentang keamanan dan kenyamanan selama berada di tempat tersebut.

Curug Leuwi Hejo memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Area Parkir Yang Luas: Pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat parkir untuk kendaraan mereka.
  2. Tempat Penitipan Barang: Terdapat fasilitas penitipan barang di lokasi curug untuk menyimpan barang-barang berharga dengan aman.
  3. Saung: Saung-saung kecil tersedia di sekitar curug sebagai tempat beristirahat dan berteduh.
  4. Warung Penjual Makanan: Terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan bekal.
  5. Toilet: Fasilitas toilet tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
  6. Tempat Ibadah: Terdapat mushola sebagai tempat beribadah bagi pengunjung yang membutuhkannya.
  7. Kamar Bilas: Terdapat fasilitas kamar bilas untuk membersihkan diri setelah bermain air.
  8. Tim SAR: Adanya tim Search and Rescue (SAR) di lokasi curug untuk memberikan pertolongan jika terjadi keadaan darurat.
  9. Penginapan: Selain area camping, terdapat beberapa hotel dan villa di sekitar kawasan Sentul yang dapat disewa oleh pengunjung.

Dengan fasilitas yang lengkap, pengunjung dapat menikmati wisata di Curug Leuwi Hejo dengan nyaman dan aman. Semua fasilitas ini juga membantu memastikan pengalaman wisata yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi para pengunjung.

Sejarah Asal Usul Tentang Curug Leuwi Hejo

Asal mula nama Curug Leuwi Hejo bermula dari kejernihan airnya yang sudah terkenal sejak lama. Namun, seiring dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang untuk mandi di aliran airnya, kondisi air curug menjadi tercemar dan tidak lagi begitu jernih.

Pengunjung yang datang seringkali membuang sampah sembarangan, mengakibatkan penurunan kualitas air di Leuwi. Melihat kondisi ini, sebuah lembaga bernama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) berdiri sebagai bentuk prihatin terhadap masalah tersebut.

Setelah mendapatkan izin dari berbagai pihak, LMDH diberi kesempatan untuk mengelola Curug Leuwi Hejo. Hal ini membuka peluang untuk mengatur dan mengawasi kunjungan wisatawan. Sejak tahun 2014, curug ini kemudian dibuka untuk umum dan dikomersilkan untuk menjadi objek wisata.

Nama awal curug ini adalah Curug Bengkok, yang merujuk pada aliran airnya yang berbelok-belok. Namun, setelah ditangani oleh LMDH dan dibuka untuk umum, nama Leuwi Hejo dipilih sebagai nama resmi curug ini. Nama tersebut berasal dari bahasa Sunda dan memiliki arti “air terjun tempat mandi yang berwarna hijau.”

Hingga saat ini, Curug Leuwi Hejo tetap dikenal dengan nama tersebut dan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik perhatian banyak pengunjung.

Mitos Legenda Misteri

Curug Leuwi Hejo, selain memiliki pesona alam yang indah, juga dikaitkan dengan beberapa mitos yang menambah nuansa misteri di tempat tersebut.

See also  Pesona Curug Malela Wisata Air Terjun Eksotis di Bandung

Salah satu mitos yang beredar adalah bahwa siapa pun yang mandi di Curug Leuwi Hejo dan kemudian membuang sampah sembarangan serta berbicara buruk, akan ditimpa bala atau bencana. Mitos ini mengingatkan para pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan bersikap baik saat berada di tempat tersebut.

Legenda yang beredar menyebutkan bahwa Curug Leuwi Hejo dijaga oleh dua sesepuh, yaitu Mbah Barong dan Aki Jawa. Ada juga kisah yang menghubungkan tempat ini dengan tokoh legendaris seperti Nyi Blorong dan Mbah Uyud Marsinah. Walaupun hubungan mereka belum dijelaskan secara detil, terdapat petilasan Mbah Uyud Marsinah di sekitar Curug Leuwi Hejo, yang menambah aura misterius tempat ini.

Namun, ketika berada di Curug Leuwi Hejo, keangkeran mitos tersebut tidak terasa dan para pengunjung bisa menikmati keindahan alamnya dengan tenang. Meskipun demikian, para wisatawan diingatkan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menghormati norma yang berlaku di tempat mana pun mereka berada.

Selain mitos mengenai keangkeran dan keberuntungan, Curug Leuwi Hejo juga dikaitkan dengan mitos khasiat penyembuhan. Beberapa orang percaya bahwa air dari curug ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit gatal dan kelumpuhan anggota gerak tubuh.

Dalam masyarakat tradisional, terkadang terdapat kepercayaan terhadap sifat-sifat penyembuhan alami yang diyakini terdapat di berbagai alam, termasuk air terjun. Mitos mengenai khasiat penyembuhan air terjun bisa berkembang karena pengaruh alam sekitar, keunikan air, atau kepercayaan turun-temurun dari generasi sebelumnya.

Namun, perlu diingat bahwa mitos-mitos semacam ini belum memiliki dasar ilmiah yang kuat dan tidak dapat diandalkan sebagai pengganti pengobatan medis yang telah terbukti efektif. Jika seseorang mengalami masalah kesehatan, sangat penting untuk mencari bantuan dari tenaga medis profesional untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Mitos-mitos mengenai khasiat penyembuhan alam bisa menjadi bagian dari budaya dan tradisi masyarakat setempat, serta menambahkan nilai keunikan dan keajaiban dari suatu tempat wisata seperti Curug Leuwi Hejo. Namun, sebagai wisatawan, bijaksanalah dalam menyikapi mitos-mitos tersebut dan selalu prioritaskan kesehatan dan keamanan Anda.

Larangan Dan Aturan

Di tempat-tempat wisata seperti Curug Leuwi Hejo, umumnya terdapat beberapa larangan dan aturan yang harus diikuti oleh pengunjung. Tujuan dari larangan dan aturan ini adalah untuk menjaga keamanan, kebersihan, serta kelestarian alam dari kerusakan dan dampak negatif.

Berikut beberapa contoh larangan dan aturan yang umum ditemukan di destinasi wisata seperti Curug Leuwi Hejo:

  1. Larangan membuang sampah sembarangan: Pengunjung diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Pastikan untuk menggunakan tempat sampah yang disediakan.
  2. Larangan merusak alam: Jangan merusak tanaman, flora, fauna, atau lingkungan sekitar. Lindungi keindahan alam untuk generasi berikutnya.
  3. Larangan membawa bahan berbahaya: Dilarang membawa bahan-bahan berbahaya atau benda yang dapat menyebabkan kerusakan.
  4. Aturan berenang dengan hati-hati: Jika diizinkan untuk berenang, pastikan untuk berenang dengan hati-hati, terutama di area yang dalam atau berbatu.
  5. Aturan menjaga ketertiban: Patuhi peraturan lalu lintas dan petunjuk yang diberikan oleh petugas pengelola wisata.
  6. Aturan tentang foto dan video: Tanyakan terlebih dahulu izin jika ingin mengambil foto atau video, terutama jika melibatkan orang lain.
  7. Aturan tentang membawa binatang peliharaan: Pastikan untuk menanyakan aturan tentang membawa binatang peliharaan ke tempat wisata. Beberapa tempat mungkin melarang adanya hewan peliharaan.
  8. Aturan tentang makanan dan minuman: Patuhi aturan mengenai membawa makanan dan minuman ke tempat wisata. Beberapa tempat mungkin memiliki area khusus untuk makan dan minum.
  9. Aturan tentang petunjuk keselamatan: Patuhi petunjuk keselamatan yang ada, seperti penggunaan alat pelindung diri jika diperlukan.

Penting untuk selalu menghormati dan mematuhi larangan dan aturan yang berlaku di tempat wisata. Dengan menjaga disiplin dan tanggung jawab saat berwisata, kita dapat membantu melestarikan keindahan alam serta menjaga tempat-tempat wisata tetap ramah dan menyenangkan bagi semua pengunjung.

Aktivitas

Curug Leuwi Hejo adalah tempat yang menawarkan beragam kegiatan menarik bagi para pengunjung. Di sini, Anda dapat berenang, menikmati air terjun, bermain air, dan mengabadikan momen indah dengan berfoto-foto. Selain itu, para pengunjung juga bisa menantang diri dengan menaiki dinding-dinding batu yang ada di sekitar area wisata ini. Jika berani, cobalah melompat dari dinding tersebut dan terjunlah ke kolam alami yang berada di bawahnya. Pengalaman ini akan memberikan sensasi yang luar biasa dan tak terlupakan.

Curug Leuwi Hejo telah menjadi destinasi populer, sehingga wajar jika tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun, jangan biarkan kepopulerannya mengurangi kesenangan Anda dalam menikmati keindahan alamnya. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan selama berada di lokasi ini agar keindahan alamnya dapat dinikmati oleh banyak orang untuk waktu yang lama.

Ingat pula untuk selalu memperhatikan keselamatan diri dan mengikuti petunjuk dari pemandu wisata atau penjaga lokasi jika ada aktivitas tertentu yang berisiko. Dengan begitu, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan aman di Curug Leuwi Hejo.

Trekking

Trekking menuju Curug Leuwi Hejo menawarkan pengalaman yang menarik dan mempesona. Perjalanan dimulai dengan melewati perkampungan rumah warga, yang kemudian berubah menjadi jalur setapak di tengah pemandangan indah dari gunung dan pepohonan hijau.

Waktu tempuh trekking ini biasanya memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit, tergantung pada kecepatan berjalan kaki. Disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan aman, agar perjalanan terasa lebih menyenangkan.

Selama perjalanan, Anda juga akan menemui deretan warung makanan, yang bisa menjadi tempat istirahat dan mengisi perut sebelum melanjutkan perjalanan. Jangan lupa untuk selalu membawa air minum yang cukup untuk menjaga hidrasi selama trekking.

Saat mendekati Curug Leuwi Hejo, Anda akan menemukan sebuah pos dengan tulisan “Curug Leuwi Hejo”, yang menandakan bahwa Anda sudah dekat dengan air terjun tersebut. Setelah melalui perjalanan trekking yang menarik, akhirnya Anda akan tiba di Curug Leuwi Hejo dan dapat menikmati keindahan alam serta kejernihan air yang memukau. Pastikan untuk menikmati setiap momen dan mengabadikan kenangan indah selama perjalanan ini.

Hiking

Hiking ringan ke Curug Leuwi Hejo merupakan pilihan aktivitas yang menyenangkan dan sehat bagi para pengunjung. Perjalanan trekking menuju air terjun ini menawarkan pengalaman berjalan di tengah keindahan pegunungan hijau dan mendengarkan gemuruh air sungai yang mengalir.

Perjalanan trekking dimulai dari lokasi parkir, dan wisatawan akan menempuh jalur setidaknya selama 20-30 menit untuk mencapai Curug Leuwi Hejo. Medan perjalanan berupa jalan setapak dari tanah dan tangga bebatuan, yang cukup landai dengan tanjakan-tanjakan ringan yang relatif aman. Hal ini membuat jalur trekking ini cocok untuk semua kalangan, bahkan anak-anak pun dapat ikut serta.

Saat melakukan hiking, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah pegunungan hijau serta mendengarkan suara gemuruh air dari aliran sungai sepanjang perjalanan. Kadang-kadang, beruntunglah mereka yang dapat melihat gerombolan kera bermain di pepohonan di sekitar perbukitan, menambah pengalaman yang menarik.

Setelah mendekati air terjun, wisatawan akan menyeberangi jembatan bambu sederhana yang dibuat oleh warga sekitar. Penting untuk selalu memperhatikan faktor cuaca saat berkunjung dan membawa barang-barang yang cukup untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan.

Hiking ringan ke Curug Leuwi Hejo adalah cara yang tepat untuk menikmati alam sekitar dan menyatu dengan keindahannya. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk dan aturan yang berlaku selama perjalanan, serta menghormati lingkungan dan kebersihan tempat wisata.

Bermain Air Dan Berenang

Setelah melewati perjalanan trekking yang menarik, keindahan air terjun Curug Leuwi Hejo benar-benar menjadi hadiah yang memuaskan. Airnya yang hijau bening dan jernih, terutama di bagian yang dangkal, memberikan pemandangan yang memukau dan sungguh khas dari alam pegunungan.

Sensasi dingin dan sejuknya air terjun tersebut memberikan kesegaran alami yang sangat menyenangkan. Pantulan air yang indah menambah daya tarik, membuat wisatawan merasa terpanggil untuk segera berenang dan bermain air dengan gembira. Bagi yang mahir berenang, menyelam ke kedalaman ‘leuwi’ akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Selain itu, keberadaan mitos tentang khasiat penyembuhan air Leuwi Hejo menambah aura magis dan keunikan tempat ini. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut, namun keyakinan masyarakat setempat terhadap khasiat penyembuhan air ini turut menambah daya tarik wisatawan untuk mencoba “terapi alami” ini.

Saat menikmati air terjun Curug Leuwi Hejo, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar. Tetap hargai mitos dan kepercayaan masyarakat setempat, sambil tetap menghargai keindahan dan keunikan alam pegunungan yang menakjubkan.

Bermain air dan berenang tentunya merupakan pengalaman yang menyenangkan dan menyegarkan. Namun, perlu diingat beberapa hal penting untuk menjaga keselamatan selama bermain di air terjun ini:

  1. Perhatikan Kedalaman Air: Memiliki kedalaman yang beragam, dan beberapa bagian bisa mencapai 2 hingga 3 meter. Pastikan untuk berhati-hati dan mengecek kedalaman sebelum menceburkan diri ke dalam air, terutama jika Anda tidak pandai berenang.
  2. Pantau Arus Air: Meskipun air terjun ini tidak terlalu tinggi, aliran airnya cukup deras dan perlu diwaspadai. Selalu pantau arus air sebelum berenang atau bermain di kolam, dan hindari berenang di daerah yang berbahaya.
  3. Gunakan Alas Kaki yang Aman: Jika bermain di bebatuan di sekitar kolam, pastikan Anda menggunakan alas kaki yang aman dan nyaman untuk mencegah tergelincir atau terpeleset.
  4. Jangan Membuang Sampah: Selalu jaga kebersihan dan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bawalah kantong plastik untuk membuang sampah Anda dengan benar.
  5. Patuhi Peraturan Lokal: Ikuti aturan dan petunjuk yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata, termasuk peraturan tentang berenang dan bermain air.

Dengan mematuhi aturan dan berhati-hati, Anda dapat menikmati waktu yang menyenangkan dan aman saat bermain air dan berenang.

Body Jumping

Keindahan dan keunikan Curug Leuwi Hejo memang membuatnya sangat menarik bagi para wisatawan, dan julukan sebagai versi mininya Green Canyon sepenuhnya pantas diberikan. Air terjun dengan aliran air berwarna hijau kebiruan yang terapit oleh tebing batu pegunungan menciptakan suasana yang memikat.

Selain berenang, aktivitas loncat dari atas tebing batu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang mencari tantangan dan sensasi adrenalin. Dengan tersedianya seutas tali tambang sebagai pegangan, pengunjung dapat mendaki batu dan melakukan lompatan dengan relatif aman. Kedalaman kolam di bawah air terjun sekitar 3 meter, yang membuat kegiatan ini dapat dilakukan dengan aman.

Melakukan lompatan dari ketinggian dan merasakan sensasi kesegaran ketika mencapai permukaan dan masuk ke kedalaman kolam, tentu memberikan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan. Tantangan ini menambah keseruan dan keberanian bagi para pengunjung yang menyukai aktivitas petualangan.

Namun, perlu diingat bahwa keamanan selalu menjadi hal utama. Pastikan untuk mengikuti aturan dan petunjuk dari pemandu wisata atau pengelola tempat tersebut, serta memperhatikan kondisi fisik dan kemampuan pribadi sebelum mencoba aktivitas seperti ini.

Body jumping atau terjun dari tebing di sekitar Curug Leuwi Hejo tentu bisa menambah keseruan dan tantangan dalam petualangan Anda. Namun, perlu diingat bahwa kegiatan ini termasuk dalam aktivitas berisiko tinggi dan harus dilakukan dengan sangat berhati-hati.

Berikut beberapa tips penting untuk melakukan body jumping dengan aman:

  1. Pastikan Anda Mahir Berenang: Sebelum mencoba body jumping, pastikan Anda memiliki kemampuan berenang yang memadai untuk menghadapi arus air dan mencari jalur yang aman setelah terjun.
  2. Cari Tempat yang Aman: Pilihlah tempat terjun yang telah diidentifikasi sebagai tempat yang aman oleh pengelola wisata atau pemandu lokal. Hindari terjun dari tebing yang tidak diketahui kondisinya.
  3. Perhatikan Ketinggian dan Kedalaman Air: Pastikan Anda mengetahui ketinggian dan kedalaman air sebelum melompat. Hindari terjun dari tebing yang terlalu tinggi atau di area dengan kedalaman air yang tidak mencukupi.
  4. Ikuti Petunjuk Pemandu: Jika Anda berada dalam kelompok dengan pemandu wisata, ikuti petunjuk dan arahan mereka dengan seksama.
  5. Gunakan Peralatan Pelindung: Jika memungkinkan, gunakan peralatan pelindung seperti helm dan pelampung untuk meminimalkan risiko cedera.
  6. Hindari Terjun Sendirian: Selalu ada potensi bahaya jika terjun sendirian. Lebih baik lakukan body jumping bersama teman-teman atau pemandu yang berpengalaman.
  7. Cek Kondisi Fisik: Pastikan kondisi fisik Anda dalam keadaan prima sebelum mencoba body jumping. Hindari melakukannya jika Anda merasa lelah atau tidak fit.
  8. Jangan Terpengaruh Tekanan Teman: Jika Anda merasa tidak nyaman atau ragu, jangan terpengaruh oleh tekanan teman atau orang lain untuk melakukan body jumping.

Ingatlah bahwa keamanan adalah yang utama dalam melakukan aktivitas seperti body jumping. Selalu berhati-hati dan pertimbangkan risiko sebelum mencoba hal ini. Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman yang cukup, lebih baik menikmati keindahan Curug Leuwi Hejo dari tepian dan menikmati kegiatan lain yang lebih sesuai dengan kemampuan Anda.

Menikmati Alam

Menikmati alam di sekitar Curug Leuwi Hejo adalah pengalaman yang menenangkan dan menyegarkan. Keindahan alam yang masih terjaga, pepohonan yang rindang, dan suara air yang mengalir membuat suasana menjadi begitu damai dan menyejukkan.

Tempat ini adalah pilihan yang sempurna untuk melarikan diri sejenak dari kesibukan dan rutinitas kota. Meskipun tidak begitu jauh dari Ibukota, Curug Leuwi Hejo mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan seperti di tempat yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Duduk-duduk di bawah pepohonan dan menyaksikan keindahan alam yang tersaji adalah cara yang menyenangkan untuk merenung, beristirahat, atau menghilangkan stres. Suara air yang mengalir pun menambah suasana yang tenang dan membawa kedamaian dalam hati.

Berada di tengah alam semacam ini juga memberikan kesempatan untuk menghargai keajaiban alam dan menghubungkan diri dengan lingkungan sekitar. Selain itu, bisa menjadi momen yang berharga untuk menikmati momen bersama keluarga atau teman-teman dalam suasana yang santai dan alami.

Curug Leuwi Hejo adalah tempat yang mengajak kita untuk melupakan sejenak hiruk-pikuk dunia modern dan menyatu dengan keindahan alam. Nikmati momen ini dengan sepenuh hati, dan pastikan untuk meninggalkan tempat tersebut dengan kebersihan dan tetap menghormati kelestarian alamnya.

See also  19 Review Pantai Santolo, Destinasi Wisata Favorit Di Garut

Keunikan kolam berundak yang terbentuk dari susunan batu di Curug Leuwi Hejo memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Airnya yang sangat jernih membuat bagian dasar kolam terlihat dengan jelas, dan semakin menakjubkan saat pengunjung naik ke bagian atas untuk melihat pemandangan air terjun dari ketinggian.

Bagi wisatawan yang tidak ingin bermain air, duduk di bebatuan di sepanjang aliran Curug Leuwi Hejo juga menawarkan pengalaman yang menyenangkan. Pepohonan rimbun di tepian aliran menambah suasana yang teduh dan menenangkan. Suara gemericik air terjun yang mengalir semakin menambah kesegaran dan kedamaian di tempat tersebut.

Keindahan alam yang mempesona tidak hanya terlihat di sekitar air terjun, tetapi juga sepanjang perjalanan menuju lokasi. Pagi hari menawarkan momen yang luar biasa ketika pengunjung dapat menikmati keindahan sunrise di balik perbukitan, memberikan pengalaman yang indah dan mengesankan.

Dengan segala keunikan dan keindahannya, Curug Leuwi Hejo menawarkan pengalaman wisata yang lengkap, baik bagi mereka yang ingin bermain air, menikmati aliran air terjun, maupun hanya duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Selalu nikmati momen-momen indah tersebut sambil tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

Spot Foto

Berpose bersama orang-orang terdekat di Curug Leuwi Hejo adalah momen yang tak terlupakan dan sering menjadi bagian dari kenangan indah selama berlibur di tempat tersebut. Aliran deras air terjun yang turun menjadi objek foto yang menarik, dan swafoto di sekitar air terjun akan mengabadikan momen kebahagiaan bersama orang-orang terdekat.

Selain di sekitar air terjun, perjalanan menuju lokasi wisata juga menawarkan pemandangan indah yang tak kalah menarik untuk diabadikan dalam foto. Latar persawahan dan perbukitan hijau yang memesona menciptakan suasana yang Instagrammable dan sangat cocok sebagai background foto yang menawan.

Tentu saja, beberapa titik di sepanjang perjalanan telah menjadi spot foto cantik yang dibuat oleh warga sekitar. Spot-spot tersebut memungkinkan para pengunjung untuk mengambil foto-foto yang menarik dengan latar belakang alam yang menakjubkan.

Berfoto di Curug Leuwi Hejo adalah cara yang bagus untuk mengabadikan kenangan indah dan berbagi momen kebahagiaan dengan orang-orang terdekat. Pastikan untuk menghormati lingkungan sekitar dan tetap menjaga kebersihan saat berfoto di tempat wisata alam ini.

Hunting foto-foto cantik di Curug Leuwi Hejo adalah bagian penting dari pengalaman wisata yang menyenangkan. Keindahan alamnya memberikan latar yang sempurna untuk mengabadikan momen-momen indah selama berada di tempat tersebut.

Berfoto dengan latar belakang aliran air curug yang mempesona adalah cara yang bagus untuk mengabadikan keindahan alam yang disajikan. Air terjun yang jernih dan bebatuan di sekitarnya akan menambah pesona pada setiap foto.

Tidak kalah menariknya, berfoto ketika sedang berenang di kolam curug yang berwarna hijau toska juga akan menghasilkan gambar yang menakjubkan. Air yang segar dan lingkungan yang alami akan menciptakan momen foto yang menyegarkan dan berkesan.

Sebagai tips, pastikan untuk membawa kamera atau smartphone dengan baterai yang cukup serta memori kosong untuk menangkap momen-momen indah selama berada di Curug Leuwi Hejo. Jangan ragu untuk berkreasi dan mencoba berbagai angle agar foto-foto Anda menjadi semakin menarik dan memukau.

Selalu ingat, saat berfoto, tetap menjaga keselamatan dan tidak mengganggu pengunjung lain atau merusak lingkungan sekitar. Nikmati setiap momen dan kesempatan untuk menciptakan kenangan indah selama berada di Curug Leuwi Hejo.

Camping Ground

Camping di lokasi Curug Leuwi Ciung merupakan pengalaman yang sangat menarik dan romantis bagi para pengunjung yang ingin lebih dekat dengan alam. Dengan biaya retribusi sebesar Rp40.000 per orang, wisatawan dapat bermalam di area lapang yang luas, menikmati suasana alami, dan mendengarkan gemericik air terjun yang menenangkan.

Malam hari di area camping ini dapat menjadi momen berharga bagi pasangan yang ingin merasakan ketenangan dan kedekatan bersama di bawah bintang-bintang. Suasana alam yang sejuk dan cahaya bulan yang menyinari sekitar akan menciptakan atmosfer yang romantis dan menyenangkan.

Namun, dalam melakukan aktivitas camping, perlu diingat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan etika alam. Pastikan untuk membawa barang-barang sesuai kebutuhan, dan jika membawa makanan, pastikan tidak meninggalkan sampah di sekitar area camping. Jaga kebersihan lingkungan agar tempat ini tetap indah dan dapat dinikmati oleh pengunjung lainnya di masa mendatang.

Camping di Curug Leuwi Ciung akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung yang menyukai petualangan alam dan mencari kedamaian di tengah keindahan alam yang alami dan memesona.

Keunikan Daya Tarik

Curug Leuwi Hejo Bogor, Pilihan Tepat Buat Liburan Singkat
Curug Leuwi Hejo Bogor, Pilihan Tepat Buat Liburan Singkat

Bogor memang terkenal sebagai kota hujan, namun di balik itu, kota ini memiliki banyak destinasi wisata menarik, salah satunya adalah Curug. Ada lebih dari 30 curug di daerah ini, tetapi yang paling banyak dicari oleh generasi milenial adalah Curug Leuwi Hajo.

Curug Leuwi Hajo menawarkan suasana alam yang begitu indah dan sempurna. Air yang mengalir begitu jernih, dan terdapat banyak kolam kecil yang cocok untuk berenang. Udara yang sejuk, air yang jernih, dan segar membuat para wisatawan betah menikmati pemandangan curug ini.

Meskipun pengelola memperbolehkan aktivitas berenang, tetap harus berhati-hati. Beberapa lokasi di curug cukup dalam, mencapai 6 meter, dan banyak bebatuan licin yang bisa membuat pengunjung tergelincir.

Karena keindahan alamnya dan segala keeksotisannya, hampir setiap pengunjung memberikan ulasan positif dengan memberikan bintang 5. Namun, ada beberapa yang merasa kurang puas, terutama karena biaya retribusi yang dianggap cukup mahal.

Tempat ini sangat ramai saat akhir pekan tiba, jadi bagi yang ingin menikmati keindahan yang benar-benar indah dan lebih tenang, disarankan untuk datang pada hari kerja.

Curug Leuwi Hajo adalah surga bagi para pecinta alam dan penggemar petualangan. Namun, penting untuk selalu mengutamakan keselamatan dan menjaga kebersihan serta kelestarian alam saat mengunjungi tempat ini agar destinasi wisata ini tetap terjaga keindahannya untuk generasi mendatang.

Terdapat 5 Curug

Ternyata Curug Leuwi Hejo memiliki lima curug lainnya yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Berikut adalah daftar curug yang ada di sekitar Curug Leuwi Hejo:

  1. Curug Leuwi Liek
  2. Curug Leuwi Ciung
  3. Curug Leuwi Cepet
  4. Curug Baliung

Lokasi antara curug yang satu dengan yang lainnya tidak terlalu jauh, dan hanya memerlukan waktu sekitar 5-15 menit perjalanan trekking untuk mencapainya. Ini adalah kesempatan yang menarik bagi para pengunjung untuk menjelajahi dan menikmati keindahan beberapa curug yang berbeda dalam satu kawasan.

Semoga informasi ini menjadi referensi bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi lebih banyak curug di sekitar Curug Leuwi Hejo dan menikmati keindahan alam yang tersaji di tempat-tempat tersebut.

Green Canyon Bogor

Curug Leuwi Hejo memang sering disebut sebagai Green Canyon Bogor karena keindahannya yang memikat dan airnya yang berwarna kehijauan. Kemiripan pemandangan dengan Green Canyon yang terkenal di daerah lain membuat curug ini mendapat julukan tersebut.

Selain keindahan pemandangannya, kedalaman air Curug Leuwi Hejo yang bervariasi dari 2 hingga 10 meter membuatnya menarik bagi para pengunjung yang suka berenang dan melakukan aktivitas lain di dalam air. Warna hijau kebiruan airnya memberikan sentuhan eksotis dan menambah daya tarik wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam Curug Leuwi Hejo.

Semoga keindahan alam Curug Leuwi Hejo akan terus dilestarikan dan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan pesona air terjun di Bogor.

Kuliner Tempat Makan

Di Curug Leuwi Hejo, Anda dapat menemukan warung-warung yang menyediakan berbagai menu kuliner khas Jawa Barat. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat setelah beraktivitas dan bermain air di air terjun. Beberapa makanan khas Jawa Barat yang biasanya ditawarkan di warung-warung tersebut antara lain:

  1. Nasi Timbel: Nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan bakar, atau sambal.
  2. Sate: Sate ayam, sate kambing, atau sate kelinci yang disajikan dengan bumbu kacang yang lezat.
  3. Pepes: Makanan yang terbuat dari ikan, ayam, atau tahu yang dibungkus daun pisang dan dibumbui dengan rempah-rempah khas.
  4. Soto: Sup khas Indonesia dengan daging ayam, daging sapi, atau daging kambing dengan kuah bening dan rempah-rempah yang khas.
  5. Lotek: Sayuran segar dengan bumbu kacang yang lezat, disajikan dengan kerupuk dan tahu goreng.
  6. Gado-gado: Campuran sayuran segar dengan bumbu kacang yang khas, juga disajikan dengan kerupuk dan tahu goreng.
  7. Karedok: Sayuran mentah dengan bumbu kacang yang disajikan dengan tahu goreng dan kerupuk.
  8. Batagor: Pangsit goreng yang diisi dengan ikan atau udang, disajikan dengan saus kacang.
  9. Cireng: Singkatan dari “aci digoreng”, adalah bola-bola tepung tapioka yang digoreng garing.
  10. Es Campur: Minuman es dengan campuran berbagai potongan buah, jeli, dan kacang-kacangan, disiram dengan sirup manis dan santan.

Menu-menu khas Jawa Barat ini akan menambah pengalaman kuliner yang menyenangkan bagi para pengunjung Curug Leuwi Hejo. Dengan pemandangan alam yang indah dan kuliner yang lezat, wisatawan dapat merasakan kenikmatan yang tak terlupakan selama berlibur di curug tersebut.

Penginapan Hotel Dekat

Saat ini belum ada penginapan yang berlokasi tepat di dekat air terjun Curug Leuwi Hejo. Jika pengunjung ingin menginap, ada beberapa pilihan penginapan yang dapat dipesan di sekitar kawasan Sentul.

Para wisatawan dapat mencari hotel, villa, resort, atau homestay di sekitar Sentul yang menawarkan beragam fasilitas dan kenyamanan. Harga penginapan bervariasi tergantung pada jenis penginapan dan fasilitas yang disediakan. Harga penginapan biasanya mulai dari sekitar Rp200.000 per malam hingga Rp1.500.000 per malam.

Meskipun tidak ada penginapan yang berdekatan dengan Curug Leuwi Hejo, tinggal di sekitar Sentul memberikan akses yang cukup dekat untuk menuju ke lokasi air terjun, sekitar setengah jam perjalanan tergantung lokasi penginapan.

Rumah Sawah Sentul

Rumah Sawah Sentul merupakan sebuah penginapan yang terletak di Jalan Cibadak, Desa Sukamakmur, Sentul, Bogor. Lokasinya cukup strategis, karena hanya berjarak sekitar 960 meter dari Curug Leuwi Hejo. JPenginapan (Si Mas)ika menginap di Rumah Sawah Sentul, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sejauh sekitar 1 kilometer untuk mencapai Air Terjun Cakrawardana. Sementara itu, jarak ke Air Terjun Ciburial dan Agung Garunggang Cave juga cukup dekat, yakni sekitar 2 km.

Rumah Sawah Sentul menyediakan akomodasi rumahan yang cocok untuk keluarga atau rombongan kecil. Kapasitasnya dapat menampung hingga empat orang tamu. Tarif menginap di sini sebesar Rp1 jutaan per malam dan belum mengalami perubahan harga. Fasilitas yang dapat dinikmati oleh para tamu meliputi AC, teras, dapur lengkap dengan peralatan masak, area parkir, fasilitas BBQ, taman, dan ranjang tipe queen.

Bagi yang tertarik untuk menginap di Rumah Sawah Sentul, reservasi dapat dilakukan melalui situs Traveloka.com. Dengan lokasi yang dekat dengan beberapa objek wisata alam di sekitar Sentul, penginapan ini menjadi pilihan yang menarik untuk menikmati liburan di daerah Bogor.

Penginapan (Si Mas)

Penginapan (Si Mas) adalah akomodasi yang terletak di Jalan Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Tempat ini menyediakan fasilitas penginapan dan bermalam bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alam sekitar, termasuk Curug Hordeng, Curug Kembar, Curug Ciburial, dan Leuwi Hejo.

Penginapan (Si Mas) menawarkan suasana yang asri dan natural, serta dianggap cocok untuk keluarga. Para pengunjung mengapresiasi keramahan pengelola dan pemandangan alam yang indah di sekitarnya. Meskipun berada di tengah alam, fasilitas di penginapan ini dianggap memadai, termasuk kamar yang nyaman, teras, ruang keluarga, dan fasilitas camping.

Sayangnya, informasi tentang tarif per malam di Penginapan (Si Mas) belum cukup jelas, sehingga disarankan untuk menghubungi langsung penginapan ini untuk memperoleh informasi lebih detail. Dalam ulasan, juga disebutkan tentang Penginapan Haji Eddy Maulana Alamsyah yang menyediakan paket wisata 2 hari 1 malam dengan biaya mulai dari Rp80 ribu per orang.

Paradiso Hut

Paradiso Hut adalah alternatif tempat singgah dan bermalam bagi wisatawan yang mengunjungi Curug Leuwi Hejo dan sekitarnya. Penginapan ini beralamat di Jalan Air Terjun Bidadari, Kampung Curug, Bojong Koneng, Sentul, Bogor. Jaraknya sekitar 5 km.

Paradiso Hut menawarkan villa dengan satu kamar tidur (1 bedroom) dengan tarif sekitar Rp450 ribuan per malam, dan tarif ini tidak mengalami perubahan pada tahun 2020. Villa ini dilengkapi dengan ranjang double bed, meja, televisi, kamar mandi dengan fasilitas shower, area parkir kendaraan, taman, serta kolam renang luar ruangan. Untuk melakukan pemesanan villa, wisatawan dapat menghubungi beberapa situs booking online.

Dengan fasilitas dan lokasi yang strategis, Paradiso Hut menjadi pilihan yang baik bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan di sekitar Curug Leuwi Hejo dan wilayah Sentul, Bogor.

Berikut beberapa hotel yang dekat dengan Curug Leuwi Hejo di daerah Bogor:

  1. Royal Safari Garden Resorts and Convention Lokasi: Puncak, Bogor Harga: Mulai dari IDR 792.490 per kamar per malam
  2. Gumilang Hotel Lokasi: Megamendung, Bogor Harga: Mulai dari IDR 216.797 per kamar per malam
  3. THE FOREST @ CISARUA Lokasi: Cisarua, Bogor Rating: 3.5 (Okay)
  4. ASTON Sentul lake Resort & Conference Center Lokasi: Sentul, Bogor Harga: Mulai dari IDR 101.529 per kamar per malam
  5. Parama Hotel Puncak Lokasi: Cisarua, Bogor Harga: Mulai dari IDR 365.085 per kamar per malam
  6. Azana Green Peak Resort & Convention Lokasi: Cisarua, Bogor Harga: Mulai dari IDR 624.780 per kamar per malam

Perlu diingat bahwa harga dan ketersediaan kamar dapat berubah sewaktu-waktu, jadi sebaiknya melakukan reservasi atau konfirmasi lebih lanjut sebelum melakukan perjalanan. Semoga informasi ini membantu Anda dalam mencari akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan selama berlibur di Curug Leuwi Hejo.

Wisata Sekitar

Bogor adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia, terutama bagi mereka yang mencari keindahan alam dan suasana yang romantis. Kota Bogor memiliki pesona alam yang memikat dengan beragam curug, air terjun, dan pegunungan yang menawarkan pemandangan yang indah dan menyegarkan.

See also  Situ Patenggang: Destinasi Wisata Alam yang Menakjubkan di Ciwidey

Selain itu, Bogor juga memiliki banyak taman hiburan, kebun binatang, dan tempat-tempat rekreasi lainnya yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, pasangan, atau sahabat. Salah satu daya tariknya adalah Kebun Raya Bogor yang menjadi salah satu kebun raya terbesar di dunia, menawarkan keanekaragaman flora dan fauna yang menarik.

Kuliner Bogor juga tidak kalah menarik, dengan berbagai makanan khas yang lezat dan nikmat. Wisatawan dapat mencicipi makanan khas seperti soto, mie kocok, nasi timbel, dan banyak lagi.

Selain itu, kota Bogor memiliki iklim yang sejuk dan nyaman, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk berlibur dan melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari. Tidak heran jika wisatawan terus kembali ke kota ini untuk menikmati keindahannya dan menikmati momen-momen romantis bersama orang-orang tercinta.

Bagi para wisatawan, Bogor memang menjadi destinasi yang lengkap dengan berbagai macam pilihan wisata alam, hiburan, kuliner, dan pengalaman menyenangkan lainnya. Semoga pesona dan keindahan Bogor akan terus dijaga dan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung dari berbagai penjuru.

Curug Cakrawardana

Curug Cakrawardana memang merupakan salah satu wisata alam yang menarik di Kota Bogor. Keindahan alamnya yang belum terlalu banyak diekspos di media sosial membuatnya menjadi destinasi yang menarik bagi para pengunjung yang mencari suasana alam yang sejuk dan alami.

Fasilitas yang lengkap seperti lahan parkir yang luas, kamar ganti dan bilas, gazebo, penginapan, dan rumah makan tentu saja menjadi nilai tambah bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Curug Cakrawardana. Dengan adanya fasilitas tersebut, wisatawan dapat lebih nyaman dan puas menikmati momen berlibur di curug ini.

Tarif masuk yang terjangkau, baik pada weekday maupun weekend, membuat Curug Cakrawardana menjadi destinasi yang ramah di kantong dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan pengunjung. Dengan biaya yang terjangkau, wisatawan dapat menikmati pesona alam curug ini dan menjadikan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Curug Cakrawardana merupakan salah satu contoh dari keindahan alam yang dimiliki oleh Kota Bogor. Dengan banyaknya curug dan wisata alam lainnya, Kota Bogor menjadi surga bagi para pencinta alam dan para wisatawan yang mencari kesegaran dan keindahan alam yang alami. Semoga Curug Cakrawardana dan wisata alam lainnya di Kota Bogor terus dijaga dan menjadi destinasi yang menarik bagi para pengunjung.

Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk merupakan salah satu objek wisata yang semakin terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Keindahan air terjun ini, yang sering dibandingkan dengan Green Canyon di Pangandaran, memikat banyak pengunjung yang menyukai tantangan dan petualangan.

Perjalanan menuju Curug Leuwi Lieuk memang menantang dengan melewati gunung dan lembah, terutama saat musim hujan yang membuat jalur menjadi basah dan berlumpur. Namun, semua perjuangan ini terbayar lunas ketika wisatawan tiba di lokasi dan menikmati pesona alam yang luar biasa.

Air terjun ini memiliki air yang berwarna hijau kebiruan yang menambah daya tariknya. Dengan kedalaman hingga 4 meter, wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti cliff jumping atau berenang di kolamnya.

Curug Leuwi Lieuk memiliki jam buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Disarankan untuk mengunjungi curug ini pada bulan April sampai Oktober saat musim kemarau agar perjalanan lebih lancar dan aman. Harga tiket masuk yang terjangkau, yaitu Rp 10.000, membuat Curug Leuwi Lieuk menjadi destinasi wisata yang ramah di kantong.

Fasilitas standar seperti tempat parkir, toilet, ruang bilas, dan mushola telah disediakan untuk kenyamanan para pengunjung. Terdapat juga banyak warung dan kios yang menjual makanan di sekitar curug ini. Sebagai wisatawan yang bertanggung jawab, penting untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak meninggalkan sampah di lokasi wisata ini.

Curug Leuwi Lieuk adalah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan dan keseruan petualangan. Semoga dengan terjaganya kelestarian dan kebersihan curug ini, wisatawan dapat terus menikmati keajaiban alamnya dalam waktu yang lama.

Luewi Cepet

Leuwi Cepet adalah salah satu destinasi wisata alam di daerah Bogor yang menawarkan tantangan dan keindahan alam yang menarik. Perjalanan menuju Leuwi Cepet memang membutuhkan tenaga yang kuat dan tubuh yang fit karena jalur trekkingnya berupa tanah liat yang licin dan menanjak. Namun, setiap tantangan tersebut akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang luar biasa di lokasi ini.

Leuwi Cepet memiliki karakteristik unik, seperti arus air yang cepat, batu-batu besar, dan air yang jernih. Wisatawan dapat merasakan sensasi menantang saat mengunjungi tempat ini. Kedalaman kolam Leuwi Cepet bervariasi, mulai dari setinggi pinggang orang dewasa hingga 2 meter, menambah keseruan dan tantangan bagi para pengunjung.

Leuwi Cepet berdekatan dengan dua destinasi wisata lainnya, yaitu Leuwi Hejo dan Curug Barong. Pengunjung dapat menikmati ketiga tempat ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 di pintu gerbang utama. Selain itu, ada biaya tambahan sebesar Rp 5.000 per orang untuk menuju Leuwi Lieuk dan Leuwi Cepet.

Destinasi wisata alam di Bogor, seperti Leuwi Cepet, Leuwi Hejo, dan Curug Barong, menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dan menarik bagi para wisatawan. Semoga dengan adanya dukungan dan kepedulian dari wisatawan untuk menjaga kelestarian alam dan kebersihan lokasi wisata, keindahan alam ini dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Curug Cibaliung

Curug Cibaliung merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menarik di area Bogor. Keunikan curug ini terletak pada kedalaman yang mencolok, menjadikannya salah satu curug terdalam di kawasan tersebut. Lokasinya yang sepi dan masih terjaga kebersihannya membuat wisatawan merasa puas dan tenang saat bermain air di sini. Bagi mereka yang ingin melarikan diri dari kebisingan kota, Curug Cibaliung menjadi pilihan yang sangat cocok.

Sebagai curug yang memiliki kedalaman yang mencolok, wisatawan disarankan untuk berhati-hati dan bermain air dengan bijaksana. Pihak pengelola atau masyarakat setempat mungkin telah menyediakan fasilitas keamanan seperti tali tambang atau pegangan untuk membantu pengunjung saat bermain air di curug ini.

Namun, perlu diingat bahwa kunjungan ke Curug Cibaliung sebaiknya dihindari pada musim hujan. Pada musim hujan, curug dan jalur menuju curug mungkin menjadi berbahaya karena potensi banjir dan jalan yang licin. Untuk keselamatan dan kenyamanan wisatawan, lebih baik berkunjung pada musim kemarau atau saat kondisi cuaca yang lebih stabil.

Curug Cibaliung merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan dan ketenangan bagi para pengunjung. Dengan tetap menjaga kelestarian alam dan menghormati aturan setempat, wisatawan dapat menikmati keindahan dan pesona alam yang ditawarkan oleh Curug Cibaliung dengan aman dan nyaman.

Curug Leuwi Ciung

Curug Leuwi Ciung adalah salah satu tempat wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang mempesona dan udara yang sejuk di sekitarnya. Keberadaannya yang masih jarang diketahui oleh banyak orang menjadikannya tempat yang cocok untuk para wisatawan yang mencari suasana yang tenang dan tersembunyi dari keramaian.

Meskipun fasilitas di Curug Leuwi Ciung masih terbatas, namun hal ini tidak mengurangi pesonanya sebagai tempat rekreasi alami. Adanya rencana untuk mengembangkan fasilitas oleh masyarakat setempat menunjukkan upaya mereka untuk menjadikan curug ini semakin ramah bagi para pengunjung.

Dengan suasana pedesaan dan lingkungan yang hijau, Curug Leuwi Ciung memberikan pengalaman yang menenangkan bagi para wisatawan yang datang. Kejernihan air curug yang berwarna hijau kebiruan mengundang minat untuk bermain air dan menikmati suasana alami yang disajikan di sini.

Sebagai curug yang belum banyak diketahui oleh banyak orang, Curug Leuwi Ciung memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mengeksplorasi dan menikmati keindahan alam dengan lebih eksklusif. Dengan tetap menjaga kebersihan dan menghormati lingkungan sekitar, para pengunjung dapat menikmati pesona alami yang ditawarkan oleh Curug Leuwi Ciung dengan damai dan bertanggung jawab.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk mengunjungi Curug Leuwi Hejo dan sekitarnya:

  1. Persiapan Fisik: Karena trekking diperlukan untuk mencapai Curug Leuwi Hejo, pastikan Anda dalam kondisi fisik yang cukup untuk berjalan kaki selama 15-20 menit di medan yang agak menantang. Bawa juga alas kaki yang nyaman dan sesuai untuk trekking.
  2. Perhatikan Cuaca: Pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum pergi, terutama jika Anda mengunjungi selama musim hujan. Jika cuaca buruk, mungkin lebih baik menunda perjalanan Anda untuk menghindari kondisi jalan yang berlumpur atau bahaya banjir.
  3. Bawa Perlengkapan: Selain peralatan trekking seperti alas kaki yang sesuai, Anda juga dapat membawa pakaian ganti, handuk, krim tabir surya, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari yang kuat.
  4. Perhatikan Keamanan: Saat berenang atau melakukan aktivitas lain di sekitar air terjun, selalu berhati-hati dan ikuti peraturan yang ditetapkan. Jangan melakukan kegiatan berbahaya seperti body jumping atau cliff jumping tanpa pengetahuan dan pengawasan yang tepat.
  5. Jaga Kebersihan: Bawa kantong plastik untuk menyimpan sampah Anda dan pastikan untuk membawa kembali semua sampah Anda ke tempat sampah terdekat. Dengan menjaga kebersihan, Anda turut berkontribusi dalam melestarikan keindahan alam Curug Leuwi Hejo.
  6. Bawa Uang Tunai: Beberapa tempat wisata seringkali masih menerima pembayaran dengan uang tunai. Pastikan untuk membawa uang tunai secukupnya untuk membeli tiket masuk, makanan, dan hal-hal lain yang mungkin dibutuhkan selama perjalanan.
  7. Hargai Lingkungan dan Masyarakat Lokal: Hormati lingkungan dan masyarakat setempat. Ikuti aturan dan jangan merusak alam atau fasilitas yang ada di sekitar air terjun.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menikmati perjalanan ke Curug Leuwi Hejo dan wilayah sekitarnya dengan lebih nyaman dan aman.

Kekurangan

Meskipun Curug Leuwi Hejo dan wilayah sekitarnya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan pengalaman seru, ada beberapa kekurangan yang perlu diingat saat mengunjungi tempat ini:

  1. Akses Sulit: Akses menuju Curug Leuwi Hejo masih cukup sulit dan memerlukan perjalanan melalui jalur perkampungan dan medan yang berbatu. Jalan menuju air terjun mungkin kurang baik, terutama selama musim hujan, yang bisa menyebabkan perjalanan menjadi lebih sulit dan berlumpur.
  2. Fasilitas Terbatas: Meskipun ada beberapa fasilitas di sekitar curug, namun fasilitas tersebut masih terbatas. Tidak banyak penginapan atau tempat makan di dekat curug, sehingga wisatawan mungkin harus melakukan perjalanan lebih jauh untuk mendapatkan akomodasi atau kuliner.
  3. Kepadatan Wisatawan: Terutama selama akhir pekan atau liburan, Curug Leuwi Hejo bisa menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kepadatan wisatawan ini dapat mengurangi kenyamanan dan ketenangan saat menikmati keindahan alamnya.
  4. Keamanan saat Berenang: Meskipun berenang di curug dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi tetap ada risiko keamanan yang harus diperhatikan, terutama jika wisatawan tidak berhati-hati. Wisatawan harus berhati-hati saat berenang atau melakukan body jumping dan selalu mengikuti peraturan yang berlaku untuk menghindari risiko kecelakaan.
  5. Pengelolaan Wisata: Curug Leuwi Hejo saat ini hanya dikelola oleh perkumpulan masyarakat dan belum sepenuhnya dikembangkan sebagai destinasi wisata yang komersial. Pengelolaan yang lebih baik dan pengembangan infrastruktur yang lebih lanjut mungkin dapat meningkatkan kualitas pengalaman wisatawan di tempat ini.

Meskipun ada beberapa kekurangan, Curug Leuwi Hejo dan wilayah sekitarnya tetap menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan pengalaman petualangan yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Dengan persiapan yang matang dan kesadaran akan lingkungan sekitar, wisatawan dapat menikmati perjalanan mereka dengan aman dan menyenangkan.

FAQ

FAQ (Frequently Asked Questions) atau pertanyaan yang sering diajukan adalah kumpulan pertanyaan umum yang sering muncul dari pengunjung atau calon pengunjung tentang suatu tempat wisata, layanan, atau produk. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin sering diajukan tentang Curug Leuwi Hejo:

  1. Bagaimana cara menuju Curug Leuwi Hejo dari Jakarta?
    • Anda bisa menggunakan mobil pribadi dengan rute melalui Tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Citeureup (Cibinong), kemudian ambil arah Sukamakmur. Alternatif lain adalah menggunakan kereta ke Stasiun Cilebut dan melanjutkan dengan angkutan umum.
  2. Apakah ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi Curug Leuwi Hejo?
    • Ya, ada biaya tiket masuk, sekitar Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 15.000 pada akhir pekan.
  3. Bagaimana kondisi jalur trekking menuju curug?
    • Jalur trekking menuju curug awalnya melalui perkampungan rumah warga dan berubah menjadi jalur setapak di antara pemandangan gunung dan pepohonan hijau. Medan cukup landai dengan tanjakan-tanjakan ringan yang relatif aman.
  4. Apakah tersedia penginapan di dekat Curug Leuwi Hejo?
    • Ya, ada beberapa penginapan, seperti Rumah Sawah Sentul dan Paradiso Hut.
  5. Apakah ada fasilitas di Curug Leuwi Hejo?
    • Ya, Terdapat fasilitas parkir, kamar bilas, saung, warung makan, toilet, tempat ibadah, dan lainnya.
  6. Apakah ada aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Leuwi Hejo?
    • Ya, Anda bisa berenang, melakukan body jumping, bermain air, trekking, dan menikmati alam sekitar.
  7. Bagaimana dengan keamanan di Curug Leuwi Hejo?
    • Keamanan tetap menjadi tanggung jawab pengunjung. Pastikan selalu mengikuti aturan dan tanda-tanda keselamatan saat bermain air atau melakukan aktivitas di curug.
  8. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Leuwi Hejo?
    • Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah saat musim kemarau, sekitar April hingga Oktober, karena cuaca lebih cerah dan akses lebih mudah.
  9. Apakah ada curug lain di sekitar Curug Leuwi Hejo?
    • Ya, ada beberapa curug lain, seperti Curug Leuwi Lieuk, Curug Cibaliung, Curug Cakrawardana, dan Curug Leuwi Ciung.
  10. Bagaimana cara memesan tiket atau penginapan di Curug Leuwi Hejo?
    • Tiket atau penginapan dapat dipesan melalui situs booking online atau datang langsung ke lokasi akomodasi.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 35 Info Curug Leuwi Hejo Wisata Air Terjun Natural Sentul.

Your email address will not be published. Required fields are marked *