Curug Maribaya Bandung: Pesona Air Terjun dan Kelezatan Alaminya

Curug Maribaya, yang terletak di Taman Hutan Raya Djuanda, Lembang, Bandung, tidak hanya sekadar air terjun, melainkan sejatinya adalah karya alam yang menakjubkan. Dengan pemandangan yang memesona, hutan alam yang memikat, dan cuaca yang sejuk, Curug Maribaya telah menjelma menjadi persembahan alam yang tak terlupakan.

Berada di tengah Taman Hutan Raya Djuanda, Curug Maribaya memikat hati dengan keasrian hutan alamnya. Pepohonan yang menjulang tinggi dan udara segar yang menusuk hidung mengajak pengunjung untuk membenamkan diri dalam ketenangan alam.

Curug Maribaya sendiri adalah pusat perhatian, dengan air terjunnya yang mengalir mempesona. Suara gemuruh air yang jatuh menciptakan latar belakang yang harmonis, sementara keindahan alami di sekitarnya membuat setiap sudut menjadi layak untuk diabadikan.

Namun, Curug Maribaya tidak hanya memikat dengan air terjunnya. Pengunjung dapat merasakan kehangatan di pemandian air panas yang tersedia, atau melibatkan keluarga dalam serangkaian permainan anak-anak yang menyenangkan.

Menjelajahi area Taman Hutan Raya Djuanda menjadi pengalaman tersendiri. Pengunjung dapat berkeliling sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa, memberikan perasaan ketenangan dan keharmonisan dengan alam sekitar.

Curug Maribaya di Taman Hutan Raya Djuanda, Lembang, Bandung, adalah persembahan alam yang memukau dan melibatkan. Dengan keasrian alam yang dipertahankan dan beragam wisata yang ditawarkan, tempat ini adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari keindahan alam yang tak terlupakan dan rekreasi berkualitas. Curug Maribaya Bandung menawarkan lebih dari sekadar destinasi wisata; ini adalah perjalanan ke dalam keelokan alam yang menyentuh jiwa.

Harga Tiket Masuk Curug Maribaya

Untuk memastikan pengalaman berkesan Anda di Curug Maribaya Hot Spring, berikut adalah daftar harga tiket masuk yang berlaku, dengan perincian yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung:

RetribusiTarif
Tiket MasukRp35.000,00 (Weekday)
Rp45.000,00 (Weekend)
VIP PoolRp90.000,00
Deluxe PoolRp35.000,00
TrampolineRp35.000,00

Catatan Penting:

  • Usia Tiket Masuk: Harga tiket berlaku untuk pengunjung berusia 5 tahun ke atas.
  • Pilihan Fasilitas: Harga tiket bervariasi sesuai dengan fasilitas yang dipilih oleh pengunjung. Pilihan mulai dari tiket masuk reguler hingga pengalaman eksklusif di VIP Pool atau Kamar Rendam.

Penting untuk Diperhatikan:

  • Pastikan untuk memahami jenis tiket yang dibeli dan fasilitas yang termasuk.
  • Harga tiket dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya, jadi disarankan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum kunjungan.

Dengan adanya pilihan tiket yang beragam, Curug Maribaya Hot Spring memberikan fleksibilitas kepada pengunjung untuk menyesuaikan pengalaman mereka sesuai dengan preferensi dan anggaran. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan fasilitas menarik di Curug Maribaya Hot Spring!

Jam Operasional

Berikut adalah informasi jam operasional untuk wisata Curug Maribaya:

HariJam Operasional
Senin – Jumat08.00 – 22.00 WIB
Sabtu – Minggu08.00 – 22.00 WIB
Hari Libur Nasional08.00 – 22.00 WIB

Dengan jam operasional yang luas seperti ini, pengunjung memiliki fleksibilitas yang baik untuk menyesuaikan kunjungan mereka sesuai dengan jadwal dan preferensi pribadi. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Curug Maribaya, baik di pagi hari yang segar maupun malam hari yang mempesona.

Alamat Rute Lokasi

Alamat dan Rute Menuju Curug Maribaya: Memastikan Perjalanan yang Nyaman

Alamat: Jl. Raya Maribaya, Langensari, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Rute Perjalanan:

  1. Lewat Rute Dago Atas:
    • Mulai dari Terminal Dago, arahkan kendaraan ke Dago Giri.
    • Lalu, terus lurus hingga mencapai daerah Lembang dan Maribaya.
    • Ikuti petunjuk arah menuju Curug Maribaya yang sudah terpasang.
  2. Lewat Rute Jalan Setia Budi:
    • Dari daerah Dago, arahkan kendaraan ke Jalan Setia Budi.
    • Lanjutkan perjalanan ke daerah Ledeng dan UPI.
    • Melanjutkan perjalanan ke Lembang dan akhirnya ke Maribaya.
    • Ikuti petunjuk arah yang mengarah ke Curug Maribaya.
  3. Lewat Rute Dago Ciumbeleuit:
    • Dari daerah Dago Ciumbeleuit, arahkan kendaraan menuju Punclut.
    • Di Punclut, ikuti petunjuk arah menuju Lembang.
    • Perjalanan akan lurus dan berakhir di Maribaya.
    • Ikuti petunjuk arah yang mengarah ke Curug Maribaya.

Pastikan untuk memilih rute yang sesuai dengan preferensi dan kenyamanan Anda. Mengikuti petunjuk arah yang ada di sepanjang perjalanan akan memastikan pengunjung sampai dengan mudah dan tanpa kesulitan ke destinasi yang indah, Curug Maribaya.

Daya Tarik

Curug Maribaya, yang terletak di kecamatan Lembang, merupakan salah satu destinasi terkenal di Kabupaten Bandung. Kehadirannya yang berada di kawasan Tahura Djuanda menambahkan sentuhan alam yang menyejukkan dan membawa ketenangan bagi para pengunjung.

Evolusi Pengelolaan Wisata: Dulu, Curug Maribaya hanya dikelola secara sederhana oleh masyarakat sekitar, namun dengan berjalannya waktu, pihak pengelola mulai merenovasi dan meningkatkan kualitas tempat ini. Renovasi tersebut menjadikan Curug Maribaya bukan hanya terkenal dengan air panasnya, melainkan juga kecantikan alaminya, khususnya Curug Maribaya yang menawan.

Daya Tarik Wisata Alam: Kawasan ini menawarkan lebih dari sekadar keindahan air terjun. Pengunjung dapat menikmati pemandian air panas alami yang menenangkan dan berbagai fasilitas permainan anak-anak. Selain itu, keberadaan Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda memberikan kesempatan untuk menjelajahi alam yang asri.

Solusi Liburan yang Ideal: Bagi mereka yang ingin melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan, Curug Maribaya menjadi solusi ideal. Suasana sejuk dan udara bersih di tengah hutan memberikan kontrast yang menyegarkan dari kehidupan kota yang sibuk dan penuh polusi.

Pesona Alam yang Menyegarkan: Pengunjung tidak hanya akan menemukan pepohonan hijau yang lebat, tetapi juga terbebas dari polusi udara. Suasana sejuk dan bersih membuat setiap hirupan udara menjadi begitu menyegarkan. Pemandangan alam yang hijau dan air terjun yang menyejukkan menjadi pelengkap kecantikan tempat ini.

Berpetualang di Curug Maribaya: Curug Maribaya bukan hanya destinasi air terjun, melainkan juga menyuguhkan area pemandian air panas, tempat bermain anak-anak, dan petualangan di Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berpetualang dan bersantai.

Curug Maribaya Bandung tidak hanya sekadar tempat wisata, melainkan pengalaman menyeluruh yang menawarkan kedamaian, keindahan alam, dan kegembiraan. Bagi mereka yang mencari liburan yang menghidupkan kembali keseimbangan dengan alam, Curug Maribaya adalah jawabannya. Sebuah tempat di mana kecantikan alam bersatu dengan ketenangan.

Keindahan Air Terjun Maribaya

Curug Maribaya, sesuai dengan namanya, menghadirkan pesona atraksi alam di Lembang. Destinasi ini menawarkan dua air terjun yang memukau, yaitu Curug Cigulung, Cikawari, dan Curug Cikoleang, masing-masing memberikan keindahan alam Maribaya.

Di kawasan Maribaya, dua sungai, Sungai Cikawari dan Sungai Cigulung, bertemu, menciptakan tempat alami untuk air terjun. Meskipun terdapat tiga pilihan air terjun, hanya satu, Curug Cikawari, yang direkomendasikan karena keamanannya. Maribaya mencakup dua sungai, yaitu Sungai Cigulung dan Cikawari, dengan tiga air terjun—Curug Cikawari, Curug Cigulung, dan Curug Cikoleang. Diantara ini, Curug Cikawari adalah satu-satunya yang memperbolehkan pengunjung turun dan berenang, menambah keceriaan pengalaman tersebut.

Salah satu fitur indah di Maribaya adalah kolam yang menampung air terjun, memberikan tempat yang menyenangkan bagi pengunjung untuk merasakan segarnya udara air terjun. Bagi mereka yang mencari petualangan lebih, jalan kaki ke Curug Omas di kawasan Hutan Raya Djuanda menjadi pilihan yang menarik. Ingatlah bahwa berenang tidak diizinkan di Curug Cigulung dan Curug Cikoleang.

Air terjun Maribaya tidak hanya memamerkan keindahan alam yang alami, tetapi juga menawarkan tempat yang tenang bagi pengunjung. Pengalaman berjalan melalui lanskap hijau dan suara air yang jatuh menciptakan harmoni, menjadikan Maribaya sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi mereka yang mencari ketenangan dan kesegaran.

Trekking di Tahura Djuanda

Bagi pengunjung yang menginginkan pengalaman mendalam di Maribaya, berjalan kaki menjadi pilihan yang sempurna. Suasana asri dan pepohonan yang melingkupi menciptakan ketenangan yang luar biasa.

Berjalan mengelilingi kawasan Maribaya bukan hanya sekadar kegiatan fisik, tetapi juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan kelelahan dan stres. Sambil menikmati keindahan taman, pengunjung dapat menemukan objek wisata menarik seperti Gua Jepang dan Gua Belanda. Kawasan Tahura Djuanda, selain Puncak Bintang, juga dapat dijadikan pilihan terbaik untuk kegiatan trekking, menjadi pengalaman yang menyenangkan, terutama jika dilakukan bersama keluarga tercinta.

Berjalan di jalur trekking yang tersedia memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan sekitar. Udara segar dan suasana yang sejuk akan membuat Anda tetap bugar meskipun menempuh jarak yang cukup jauh.

Aktivitas ini bukan hanya sebagai pelepas penat yang efektif, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memaksimalkan waktu berkualitas bersama pasangan dan keluarga. Maribaya dengan segala keindahan alamnya tidak hanya menawarkan ketenangan bagi pikiran, tetapi juga kesempatan untuk menciptakan kenangan berharga bersama orang-orang tercinta.

Pemandian Air Panas Alami

Di kawasan Curug Maribaya, terdapat sebuah destinasi menarik yang tak kalah memikat, yaitu pemandian air panas alami. Pengunjung diajak untuk menikmati kehangatan berendam di kolam air panas yang memberikan pengalaman penyembuhan dan relaksasi yang luar biasa.

Fasilitas Pemandian Air Panas:

  1. Deluxe Pool: Kolam air hangat dengan fasilitas yang nyaman untuk menenangkan tubuh dan pikiran.
  2. VIP Pool: Sebuah zona eksklusif dengan layanan istimewa dan kenyamanan tak tertandingi.
  3. Foot Spa: Area khusus untuk meremajakan kaki setelah seharian beraktivitas.
  4. Kamar Berendam Privat: Ruang pribadi untuk pengalaman berendam yang lebih personal.

Manfaat Air Panas Alami: Air panas alami di kolam ini mengandung belerang, memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan untuk kulit. Sumber air hangatnya berasal dari mata air pegunungan yang melewati dapur magma, menciptakan suasana hangat yang menyeluruh. Mineral belerang dalam air ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan meredakan pegal-pegal pada tubuh.

Pengalaman yang Menenangkan: Berendam di pemandian air panas ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Setelah merasakan suhu dingin sepanjang hari, pengunjung dapat merasakan kehangatan yang menyelimuti tubuh mereka. Air panas pegunungan ini tidak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberikan rasa rileks yang mendalam.

Zona Pemandian yang Beragam: Spot kolam pemandian air hangat terbagi menjadi beberapa zona, memberikan pilihan sesuai dengan preferensi pengunjung. Dari zona mewah VIP Pool hingga keintiman kolam privat, setiap zona menawarkan pengalaman yang unik dan menarik.

Pemandian air panas di Curug Maribaya tidak hanya menjadi tempat untuk bersantai, tetapi juga menjadi perjalanan penyembuhan bagi tubuh dan jiwa.

Playground

Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, kawasan wisata Maribaya menawarkan wahana playground yang menjadi tempat ideal bagi anak-anak. Anak-anak berusia 3 hingga 7 tahun dapat menikmati berbagai permainan seru seperti papan seluncur, jungkat-jungkit, dan ayunan.

Permainan Anak yang Menyenangkan: Wahana ini dirancang khusus untuk memberikan kesenangan kepada anak-anak. Mereka dapat merasakan kegembiraan melalui berbagai permainan yang tersedia, menjadikan pengalaman berlibur lebih seru dan tak terlupakan.

Interaksi dengan Alam: Tidak hanya permainan, tetapi di sekitar area kids playground juga terdapat kandang kelinci. Anak-anak dapat belajar memberi makan kelinci, meningkatkan empati mereka terhadap makhluk lain. Di dekatnya, terdapat rumah kayu kurcaci ala “Hobbit” yang menjadi spot foto yang menarik.

Pendidikan dan Koneksi dengan Alam: Melalui kegiatan memberi makan kelinci, si kecil tidak hanya bermain tetapi juga belajar tentang tanggung jawab dan empati. Koneksi dengan alam dapat tumbuh secara alami, memberikan pengalaman yang bernilai dan mendalam.

Ajak buah hati Anda untuk menikmati waktu bersama di taman bermain anak di Maribaya. Dengan permainan yang menyenangkan dan interaksi dengan hewan kecil, pengalaman ini tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan nilai pendidikan yang berharga.

Sky Bridge Tapak Halimun

Salah satu pengalaman paling menarik di kawasan wisata Maribaya adalah melihat pemandangan hutan dari ketinggian Sky Bridge Tapak Halimun. Sky Bridge ini adalah sebuah jembatan kayu yang terletak di tengah-tengah keindahan alam Maribaya, menjadi salah satu spot favorit bagi pengunjung.

Spot Selfie yang Menakjubkan: Sky Bridge Tapak Halimun bukan hanya jembatan biasa, tetapi juga merupakan tempat yang sempurna untuk berfoto dan mengabadikan momen bersama keluarga. Dengan latar belakang hutan alami Maribaya, pengunjung dapat menciptakan kenangan indah yang dapat diabadikan melalui foto-foto yang menakjubkan.

Menyatu dengan Keindahan Alam: Skybridge memberikan pengalaman yang unik dengan membentang di atas hutan, menciptakan perasaan menyatu dengan alam. Dari ketinggian ini, pengunjung dapat menyaksikan panorama alam yang memukau dan hijau yang membentang sejauh mata memandang.

Pemandangan Terbaik untuk Selfie: Dengan pemandangan hutan Maribaya yang memukau sebagai latar belakang, Sky Bridge menjadi spot terbaik untuk selfie. Cahaya matahari yang menyinari pohon-pohon hijau dan nuansa alami yang disajikan oleh kawasan wisata menciptakan atmosfer yang luar biasa untuk momen-momen berharga.

Sky Bridge Tapak Halimun di kawasan Maribaya bukan hanya sekadar jembatan, tetapi juga adalah pintu gerbang menuju keindahan alam yang menakjubkan. Menyusuri jembatan kayu ini, pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan yang luar biasa, tetapi juga merasakan keajaiban alam Maribaya secara langsung. Momen berfoto di Sky Bridge akan menjadi kenangan tak terlupakan dari petualangan di kawasan wisata ini.

Amphiteather Bale Pinton

Bagi rombongan keluarga besar atau gathering kantor yang mencari tempat luas dan nyaman untuk melaksanakan acara, Amphitheater Bale Pinton di kawasan wisata Maribaya menjadi pilihan yang sempurna. Dengan luasnya area ini, pengunjung dapat mengadakan berbagai acara seperti reuni keluarga, gathering kantor, atau bahkan pernikahan.

Keindahan Tradisional dan Kayu: Amphitheater Bale Pinton memikat hati dengan desain tradisional yang memperkaya suasana. Bangunannya yang terbuat dari kayu memberikan nuansa hangat dan klasik, menciptakan atmosfer yang unik dan berbeda.

Ideal untuk Acara Besar: Dengan kapasitas yang besar, area ini sangat sesuai untuk acara keluarga besar, reuni, dan family gathering. Rombongan besar dapat dengan nyaman berkumpul di sini sambil menikmati pemandangan sekitar yang indah.

Pilihan Terbaik untuk Acara Spesial: Amphitheater Bale Pinton juga dapat disewa untuk acara pernikahan, memberikan sentuhan istimewa pada momen bersejarah tersebut. Keindahan alam Maribaya akan menjadi latar yang tak terlupakan untuk perayaan pernikahan yang romantis.

Dengan fasilitas dan keindahan alam yang dimilikinya, Amphitheater Bale Pinton di kawasan wisata Maribaya tidak hanya menjadi tempat untuk berkumpul tetapi juga menjadi tempat untuk merayakan momen berharga bersama orang-orang terkasih.

Fasilitas

Curug Maribaya Lembang tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan pengunjung. Fasilitas-fasilitas ini mencakup:

  1. Area Parkir Luas: Pengunjung dapat dengan nyaman meninggalkan kendaraan mereka di area parkir yang luas dan teratur.
  2. Toilet dan Kamar Bilas: Fasilitas toilet dan kamar bilas tersebar di berbagai titik, memastikan kenyamanan pengunjung selama kunjungan mereka.
  3. Mushola: Dilengkapi dengan tempat wudhu dan perlengkapan sholat, mushola menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah.
  4. Kursi-Kursi Kayu: Di sekitar wilayah Maribaya, tersedia kursi-kursi kayu untuk pengunjung yang ingin beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan.
  5. Tempat Makan: Pengunjung dapat memilih dari beragam pilihan menu di Twig Café, Food Court Langlang Buanam, dan Maribaya Barbeque Riverside setelah menjelajahi area wisata.
  6. Area Foodcourt Luas: Foodcourt menyajikan berbagai hidangan, termasuk makanan khas Bandung, memberikan pengalaman kuliner yang beragam.
  7. Gazebo, Area Pemancingan, Spot Foto, dan Taman: Fasilitas pendukung seperti gazebo, area pemancingan, spot foto menarik, dan taman memberikan variasi kegiatan bagi pengunjung.
  8. Skybridge dan Rabbit Hole: Keberagaman pengalaman diperkaya oleh fasilitas seperti skybridge dan rabbit hole yang menawarkan keindahan dan petualangan tersendiri.

Pengelola Curug Maribaya Lembang memberikan perhatian serius terhadap kualitas kenyamanan dan kepuasan pengunjung, menjadikan destinasi ini sebagai pilihan utama untuk keluarga, rombongan, dan acara-acara khusus. Dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil merasa nyaman dan terlayani dengan baik.

Tips Berkunjung

  1. Cek Kondisi Cuaca: Sebelum berangkat, periksa ramalan cuaca untuk memastikan cuaca mendukung. Pastikan membawa perlengkapan sesuai dengan kondisi cuaca, seperti payung atau jas hujan jika diperlukan.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas outdoor. Pastikan juga membawa pakaian ganti, terutama jika berencana bermain air atau menjelajahi area hutan.
  3. Gunakan Sepatu yang Tepat: Sepatu yang nyaman dan sesuai untuk berjalan di alam terbuka sangat penting. Pilih sepatu yang tahan air jika berencana mengunjungi air terjun atau area yang basah.
  4. Bawa Air Minum dan Camilan: Pastikan membawa cukup air minum untuk menjaga diri tetap terhidrasi. Bawa juga camilan ringan untuk mengisi energi selama perjalanan.
  5. Bawa Perlengkapan Mandi: Jika berencana bermain air di Curug Maribaya, bawa perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, dan perlengkapan pribadi lainnya.
  6. Perhatikan Jam Operasional: Perhatikan jam operasional Curug Maribaya dan datanglah sesuai dengan waktu yang direkomendasikan untuk menikmati pengalaman secara maksimal.
  7. Hindari Hari Libur Ramai: Jika memungkinkan, hindari mengunjungi pada hari libur atau akhir pekan karena biasanya lebih ramai. Pilih hari biasa untuk pengalaman yang lebih tenang.
  8. Ikuti Aturan dan Panduan Lokal: Patuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pengelola atau petugas di Curug Maribaya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.
  9. Bawa Perlengkapan Fotografi: Jangan lupa membawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen-momen indah selama perjalanan. Curug Maribaya menawarkan pemandangan yang menakjubkan.
  10. Berkunjung dengan Kesadaran Lingkungan: Jaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hormati keindahan alam Curug Maribaya dengan menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat menikmati kunjungan ke Curug Maribaya dengan lebih nyaman dan memastikan pengalaman yang menyenangkan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News