Wisata Alam Curug Muara Jaya Apuy Majalengka, Pesona Air Terjun Eksotis

Majalengka, sebuah destinasi yang semakin mencuri perhatian para wisatawan dengan keindahan alamnya yang memikat. Salah satu daya tarik utamanya adalah Curug Muara Jaya, sebuah air terjun yang menawarkan pengalaman luar biasa di tengah keindahan alam Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dengan lokasi yang tersembunyi di Desa Argamukti, Curug Muara Jaya tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan tetapi juga pengalaman rekreasi yang menyenangkan untuk seluruh keluarga.

Curug Muara Jaya dikenal karena memiliki tiga tingkat, menjadikannya salah satu air terjun yang unik di wilayah tersebut. Letaknya di tengah lembah memberikan pengalaman yang lebih eksklusif bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam sambil menjauh dari keramaian perkotaan. Meskipun berada di dalam hutan, Curug Muara Jaya tetap ramah bagi anak-anak dan cocok untuk rekreasi keluarga. Hal ini membuatnya menjadi destinasi yang populer di kalangan warga lokal, serta semakin banyak dikenal oleh wisatawan dari luar daerah.

Salah satu hal yang menarik dari Curug Muara Jaya adalah atmosfernya yang damai dan tenang. Suara gemericik air yang jatuh dari tiga tingkat air terjun menambah keindahan alam yang ada di sekitarnya. Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan tanaman tropis, tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau untuk sekadar menikmati momen santai sendiri. Tidak hanya itu, suasana sejuk di sekitar air terjun membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat dan bersantai.

Bagi para pengunjung yang ingin lebih mendalami keindahan alam sekitar Curug Muara Jaya, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar area tersebut. Salah satunya adalah trekking atau hiking melalui jalur-jalur yang telah disediakan. Dengan melakukan trekking, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar air terjun sambil merasakan petualangan yang menyenangkan. Jalur-jalur trekking tersebut juga dilengkapi dengan papan penunjuk arah dan informasi mengenai flora dan fauna yang ada di sekitar.

Selain Curug Muara Jaya, Majalengka juga menawarkan destinasi wisata bahari yang menarik di kaki Gunung Ciremai. Salah satu obyek wisata yang sedang hits dan populer adalah Curug Muara Jaya Argapura Majalengka. Letaknya yang berada di area pegunungan memberikan pengalaman yang berbeda dan menarik bagi para pengunjung. Panorama alam yang indah, udara segar, dan nuansa asri membuat wisatawan merasa terhubung dengan alam sekitar secara langsung.

Keberadaan Curug Muara Jaya Argapura Majalengka di sekitar pegunungan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alam sambil merasakan ketenangan dan kedamaian yang jarang ditemui di tengah keramaian perkotaan. Para wisatawan juga dapat menikmati kegiatan seperti berenang atau bermain air di sekitar curug untuk menyegarkan diri dari rutinitas sehari-hari.

Dalam perjalanannya menuju Curug Muara Jaya Argapura Majalengka, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan. Mulai dari hamparan sawah yang hijau, perbukitan yang menghijau, hingga keindahan alam pegunungan yang memukau. Hal ini membuat perjalanan menuju Curug Muara Jaya Argapura Majalengka juga menjadi bagian dari pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Curug Muara Jaya

Harga tiket masuk dan informasi jam operasional sangat penting untuk dipahami sebelum berkunjung ke Curug Muara Jaya di Majalengka, Jawa Barat. Berikut adalah detail lengkapnya:

Harga Tiket Masuk Curug Muara Jaya:

  • Tiket Masuk Anak: Rp5.000
  • Tiket Masuk Dewasa: Rp15.000
  • Parkir Motor: Rp3.000
  • Parkir Mobil: Rp10.000
  • Tiket Camping: Rp20.000

Catatan: Terdapat dua jenis tiket, yaitu tiket untuk kunjungan biasa dan tiket untuk kegiatan camping. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung.

Jam Operasional Curug Muara Jaya:

  • Buka: Pukul 08.00 pagi
  • Tutup: Pukul 05.00 sore

Waktu Terbaik untuk Berkunjung: Saat musim kemarau, yaitu ketika air mengalir sangat jernih dan kondisi lingkungan tidak berlumpur, adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Muara Jaya. Namun, pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca sebelum pergi.

Dengan memahami harga tiket masuk, jam operasional, dan waktu terbaik untuk berkunjung, Anda dapat merencanakan kunjungan Anda dengan lebih baik dan memastikan pengalaman wisata yang memuaskan di Curug Muara Jaya.

Daya Tarik

Curug Muara Jaya, sebuah oasis alami yang terletak di kawasan lereng Gunung Ciremai, telah menjadi salah satu magnet utama bagi para wisatawan yang mengunjungi Majalengka. Mengalir sebagai bagian dari Sungai Muara Jaya, keindahan air terjun ini menarik perhatian dengan aliran airnya yang deras dan panorama alam sekitarnya yang menawan. Terletak hanya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Majalengka, Curug Muara Jaya memberikan pengalaman piknik yang menyegarkan di tengah alam yang masih alami.

Meskipun memerlukan sedikit usaha ekstra untuk mencapainya karena berada di lembah, Curug Muara Jaya tetap menjadi destinasi yang diminati oleh banyak orang. Pengunjung dapat menikmati trekking yang menantang menuju lokasi air terjun, dengan pemandangan alam yang mempesona sepanjang perjalanan. Ketika tiba di Curug Muara Jaya, kelelahan dari perjalanan akan terbayar dengan panorama yang luar biasa.

Salah satu daya tarik utama Curug Muara Jaya adalah aliran airnya yang deras dan memukau. Air yang meluncur di permukaan batu-batu besar menciptakan lekukan yang indah dan mengagumkan. Suara gemericik air yang terus mengalir memberikan suasana yang menenangkan dan menyegarkan bagi pengunjung. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai, bermain air, atau sekadar menikmati keindahan alam sekitarnya.

Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, Curug Muara Jaya juga menjadi tempat piknik favorit di Majalengka. Pengunjung dapat membawa bekal dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman di area sekitar air terjun. Beberapa spot piknik yang nyaman telah disediakan, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan yang indah.

Bagi pecinta petualangan, Curug Muara Jaya juga menawarkan kegiatan lain seperti berenang atau mandi di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun. Air yang jernih dan segar membuat pengalaman berenang di Curug Muara Jaya menjadi sangat menyenangkan. Selain itu, para pengunjung juga dapat menjelajahi sekitar air terjun untuk menikmati keindahan alam yang lebih luas.

Dengan lokasi yang mudah dijangkau dari Kota Majalengka dan berbagai kegiatan menarik yang ditawarkannya, tidak mengherankan jika Curug Muara Jaya menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di daerah tersebut. Pengalaman yang unik dan memikat yang ditawarkan oleh air terjun ini membuatnya layak untuk dikunjungi oleh siapa pun yang mencari ketenangan, keindahan alam, dan pengalaman liburan yang tak terlupakan di Majalengka.

Eksplorasi Curug Muara Jaya di Balik Ratusan Anak Tangga

Dikelilingi oleh hutan yang menghijau, Curug Muara Jaya bukan sekadar air terjun biasa. Terletak di tengah lembah yang asri, keindahannya memikat para wisatawan dari Majalengka dan sekitarnya. Salah satu daya tarik utamanya adalah akses yang relatif mudah meski berada di dalam hutan yang rimbun.

Ratusan anak tangga telah dipersiapkan oleh pengelola sebagai akses utama menuju air terjun ini. Ini memastikan bahwa meskipun harus menembus hutan, pengunjung tidak akan kesulitan melintasi medan yang curam. Tidak kurang dari 350 anak tangga harus dilalui untuk mencapai lembah yang berada di bawah, di mana Curug Muara Jaya menjulang anggun.

Di tengah perjalanan menuruni anak tangga, pengunjung akan menemukan sebuah pelataran yang menawarkan berbagai fasilitas. Pada akhir pekan atau hari libur, hiburan seringkali ditampilkan di panggung yang tersedia di sana. Fasilitas lain seperti toilet, musala, area bermain, dan tempat istirahat juga disediakan untuk kenyamanan pengunjung.

Keindahan Curug Muara Jaya tidak hanya terbatas pada air terjun itu sendiri. Panorama alam yang menawan juga menjadi daya tarik utama. Mata akan dimanjakan dengan hamparan hutan Gunung Ciremai yang hijau menyatu dengan udara sejuk pegunungan. Perjalanan menuruni anak tangga, meskipun memerlukan tenaga, akan memberikan pengalaman yang memuaskan dan menyegarkan.

Perasaan segar dan tenang akan menyelimuti pengunjung saat mereka melihat aliran sungai dari atas air terjun yang tersembunyi di balik dedaunan. Semua rasa lelah dan pegal akan tergantikan dengan kedamaian dan kebahagiaan saat menikmati keindahan alam yang alami ini. Curug Muara Jaya bukan hanya tempat untuk berlibur, tetapi juga merupakan pelarian dari kesibukan kota yang menuntut.

Dengan semua alasan ini, tidak mengherankan bahwa Curug Muara Jaya menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Majalengka dan sekitarnya. Keindahannya yang tersembunyi di balik ratusan anak tangga memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan mendalam bagi siapa pun yang berani menjelajahinya.

Eksplorasi Ketinggian: Keindahan Air Terjun Bertingkat di Curug Muara Jaya

Saat mendekati Curug Muara Jaya, suara gemericik air yang deras sudah terdengar jauh sebelum pengunjung tiba di lokasi air terjun. Melintasi ratusan anak tangga, panorama alam yang menawan mulai terungkap di antara pepohonan yang rimbun. Curug setinggi sekitar 70 meter tersebut, dengan jatuhannya yang spektakuler, menjadi fokus utama yang memukau dari sekitar air terjun.

Ketika akhirnya sampai di lokasi, suasana sejuk dan segar segera menyambut pengunjung. Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter mengalir membentuk telaga dan sungai yang dikelilingi oleh bebatuan sungai yang unik. Keindahan alami ini menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin merasakan kedamaian alam dan keajaiban alam yang luar biasa.

Air terjun ini merupakan tingkat paling bawah dari keseluruhan Curug Muara Jaya. Namun, petualangan belum berakhir di sini. Pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan yang lebih tinggi dapat melanjutkan perjalanan menyusuri setapak yang mengarah ke loket lainnya. Di sini, tiket terusan dijual bagi mereka yang ingin menikmati air terjun di tingkat teratas.

Air terjun di tingkat teratas mengalir dari tebing yang lebih tinggi, menciptakan pemandangan yang lebih dramatis dan menakjubkan. Meskipun telaganya dangkal, ini membuatnya menjadi tempat yang aman bagi pengunjung yang ingin bermain air atau sekadar merendam kaki sambil menikmati keindahan alam yang mengelilingi.

Selama menjelajahi Curug Muara Jaya, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam yang luar biasa. Dari suara gemericik air yang menenangkan hingga hiasan bebatuan sungai yang mempercantik, setiap detil di sekitar air terjun ini menambah pesona dan keunikan destinasi wisata ini.

Dengan segala keindahan dan petualangan yang ditawarkannya, Curug Muara Jaya tidak hanya menjadi tempat untuk berlibur tetapi juga menjadi tempat yang memikat hati para pengunjung dengan keajaiban alamnya.

Rekreasi Alam yang Menyegarkan di Curug Muara Jaya

Di lingkungan Curug Muara Jaya, petualangan tidak hanya berhenti pada keindahan alamnya yang menakjubkan tetapi juga meliputi rekreasi alam yang menyenangkan dan menenangkan. Bagian terbawah dari air terjun ini menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

Saat memasuki area sekitar air terjun tingkat terbawah, pengunjung akan menemukan sebuah area terbuka yang kering. Area ini ideal sebagai tempat piknik, di mana pengunjung dapat duduk bersantai sambil menikmati bekal yang mereka bawa sambil menyaksikan keindahan air terjun dari dekat. Suara gemericik air yang menenangkan akan menambah suasana rekreasi yang menyegarkan.

Bagi yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Curug Muara Jaya, pengelola telah menyediakan fasilitas berkemah. Dengan membayar biaya yang terjangkau, pengunjung dapat mendirikan tenda dan bermalam di sekitar air terjun. Biaya ini juga mencakup fasilitas dasar seperti toilet dan tempat pembuangan sampah, sehingga pengalaman berkemah di sini menjadi lebih nyaman dan terjamin.

Fasilitas berkemah di Curug Muara Jaya menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjung yang ingin mendekatkan diri dengan alam. Suasana malam yang tenang dan sejuk, di bawah cahaya bintang-bintang, memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat merasakan kegiatan menyenangkan seperti berjalan-jalan malam di sekitar air terjun atau mendengarkan suara alam yang menyegarkan.

Selain piknik dan berkemah, area sekitar Curug Muara Jaya juga cocok untuk berbagai kegiatan rekreasi alam lainnya. Para pengunjung dapat melakukan trekking atau hiking di sekitar air terjun untuk menjelajahi keindahan alam sekitar yang masih alami. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman petualangan yang mendalam dan menarik.

Dengan berbagai fasilitas rekreasi alam yang ditawarkannya, Curug Muara Jaya menjadi destinasi yang sempurna bagi para pecinta alam dan penggemar petualangan. Pengalaman menyegarkan di sekitar air terjun ini tidak hanya memberikan kesenangan tetapi juga memberikan kesempatan untuk terhubung dengan alam dan mendapatkan ketenangan jiwa.

Camping Ground dan Piknik Keluarga di Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga menyediakan ruang luas untuk rekreasi keluarga dan pengalaman camping yang seru. Di sekitar air terjun tingkat bawah, terdapat area terbuka yang luas, yang sering digunakan sebagai tempat piknik atau kawasan camping ground.

Area terbuka ini merupakan tempat ideal untuk keluarga atau kelompok yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam sambil berpiknik. Anda dapat membawa tikar dan beberapa makanan khas Jawa Barat yang terkenal dan enak untuk dinikmati bersama di sekitar wisata ini. Suasana yang tenang dan udara segar di sekitar air terjun akan menambah kenikmatan piknik keluarga Anda.

Selain piknik, Curug Muara Jaya juga menawarkan pengalaman camping yang menyenangkan. Jika Anda ingin berlama-lama menikmati pesona air terjun dan keindahan alam sekitarnya, Anda dapat melakukan staycation dengan mendirikan tenda di camping ground yang tersedia. Namun, untuk menikmati fasilitas ini, Anda harus membayar biaya sewa yang telah ditentukan.

Camping di area sekitar Curug Muara Jaya adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin merasakan petualangan dan kedekatan dengan alam. Suara gemericik air terjun yang menenangkan dan suasana malam yang tenang akan menciptakan pengalaman camping yang tak terlupakan. Dengan melihat bintang-bintang di langit dan mendengarkan alam yang hidup di sekitar, Anda akan merasa terhubung secara mendalam dengan keindahan alam.

Fasilitas camping ground yang disediakan oleh pengelola juga telah mencakup kebutuhan dasar seperti toilet dan tempat pembuangan sampah, sehingga Anda dapat berkemah dengan nyaman dan aman. Namun, pastikan untuk mematuhi aturan dan menjaga kebersihan lingkungan selama Anda berkemah di Curug Muara Jaya agar pengalaman camping Anda menjadi lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Spot Foto Instagramable di Curug Muara Jaya: Menyelami Keindahan Alam dalam Satu Frame

Tak bisa disangkal, Curug Muara Jaya di Majalengka adalah surga bagi penggemar foto Instagramable. Di sini, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan alam secara langsung tetapi juga memiliki banyak kesempatan untuk mengabadikan momen-momen tak terlupakan dengan panorama alam yang menakjubkan sebagai latar belakangnya.

Sudah dari kejauhan, air terjun yang tinggi dengan airnya yang meluncur bebas menjadi daya tarik yang memukau. Berfoto dengan latar belakang air curug yang mengalir indah bisa menjadi salah satu momen paling menarik di Curug Muara Jaya. Anda bisa mencoba berpose dengan gaya yang berbeda untuk menghasilkan foto-foto yang benar-benar istimewa.

Tidak kalah menariknya dengan pemandangan Curug Pelangi Cimahi, Curug Muara Jaya menawarkan keindahan alam yang sama memukau. Pemandangan alam yang luas dengan pepohonan hijau, batu-batu besar, dan aliran air yang deras akan membuat setiap foto Anda terlihat estetik dan menawan.

Selama perjalanan menaiki anak tangga menuju curug, Anda juga akan menemukan beberapa spot menarik untuk berfoto. Mulai dari berfoto di atas jembatan yang melintasi sungai, mengambil potret siluet pegunungan saat matahari terbenam, atau berfoto dengan latar belakang bebatuan eksotis yang tersebar di sekitar curug. Setiap sudut Curug Muara Jaya menawarkan potensi untuk menghasilkan foto-foto yang indah dan berkesan.

Selain itu, suasana alam yang tenang dan segar di sekitar Curug Muara Jaya juga memberikan nuansa yang sempurna untuk sesi foto yang santai dan natural. Anda bisa berpose dengan santai atau menangkap momen-momen spontan yang menggambarkan kebahagiaan dan kedamaian di tengah keindahan alam.

Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan di Curug Muara Jaya memang patut diacungi jempol karena lengkap dan memadai untuk mendukung pengalaman wisata yang menyenangkan. Di antara fasilitas tersebut adalah:

  1. Area Parkir Luas: Pengunjung tidak perlu khawatir tentang parkir kendaraan, karena tersedia area parkir yang luas dan mudah diakses.
  2. Toilet: Keberadaan toilet merupakan hal penting untuk kenyamanan pengunjung selama berada di area wisata. Curug Muara Jaya menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan terawat.
  3. Musala: Bagi pengunjung yang membutuhkan tempat untuk beribadah, tersedia musala yang dapat digunakan untuk kegiatan keagamaan.
  4. Warung Makanan: Pengelola juga menyediakan warung makanan di sekitar area wisata, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman setelah beraktivitas menikmati keindahan alam.
  5. Anak Tangga dengan Pegangan: Untuk memudahkan akses menuju air terjun, telah disediakan anak tangga dengan pegangan yang aman digunakan oleh semua kalangan, termasuk anak-anak dan lansia.
  6. Sarana Bermain Anak: Untuk keluarga yang mengajak anak-anak, tersedia sarana bermain anak yang aman dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat bermain dengan bebas sambil menikmati liburan.
  7. Panggung dan Area Penampilan Kesenian: Pengelola juga menyediakan panggung yang dapat digunakan untuk penampilan kesenian atau kegiatan acara gathering. Hal ini menambah nilai tambah bagi pengunjung yang ingin menikmati hiburan budaya atau acara-acara tertentu di tempat wisata ini.

Dengan fasilitas yang lengkap dan memadai tersebut, Curug Muara Jaya menjadi destinasi wisata yang ramah dan nyaman bagi semua kalangan pengunjung, mulai dari keluarga hingga rombongan wisatawan. Kesempurnaan fasilitas ini turut menambah kualitas pengalaman wisata di Curug Muara Jaya.

Alamat Rute Lokasi

Curug Muara Jaya terletak di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lokasi ini menawarkan keindahan alam yang mempesona namun menghadirkan tantangan aksesibilitas karena minimnya transportasi umum di sekitarnya.

Para pengunjung yang ingin mengunjungi Curug Muara Jaya dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk mencapai lokasi. Akses jalan menuju air terjun ini sudah tersedia, meskipun beberapa bagian mungkin memerlukan usaha ekstra karena medan yang berbatu atau curam di beberapa titik.

Kendaraan pribadi memberikan fleksibilitas kepada pengunjung untuk menjelajahi dan menikmati keindahan alam sekitar Curug Muara Jaya dengan lebih leluasa. Selain itu, area parkir yang luas juga menjadi fasilitas tambahan yang memudahkan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Meskipun aksesnya lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi, pengelola objek wisata tetap memperhatikan kebutuhan pengunjung yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Mereka dapat mencari alternatif transportasi seperti ojek atau taksi lokal untuk mencapai Curug Muara Jaya.

Dengan memperhatikan lokasi yang strategis dan memberikan alternatif akses, Curug Muara Jaya tetap menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam yang eksotis di tengah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Tips Berkunjung

Terikut adalah beberapa tips yang bisa menjadi panduan saat berkunjung ke Curug Muara Jaya di Majalengka:

  1. Persiapkan Transportasi: Karena akses transportasi umum minim, pastikan Anda memiliki kendaraan pribadi atau sudah mengatur transportasi sebelumnya untuk mencapai lokasi Curug Muara Jaya.
  2. Pakaian dan Perlengkapan: Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk aktivitas berjalan-jalan di alam terbuka. Bawalah perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  3. Air dan Bekal: Selalu bawa air minum yang cukup, terutama jika Anda berencana untuk melakukan pendakian atau trekking sebelum mencapai air terjun. Jangan lupa membawa bekal makanan ringan untuk menjaga energi selama perjalanan.
  4. Uang Tunai: Pastikan Anda membawa uang tunai secukupnya, terutama jika Anda berencana untuk membeli makanan atau membayar tiket masuk atau fasilitas lain di sekitar Curug Muara Jaya.
  5. Jaga Kebersihan: Selalu bawa kantong sampah dan pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya. Bantu menjaga kebersihan lingkungan sekitar Curug Muara Jaya agar tetap indah dan lestari.
  6. Patuhi Aturan dan Petunjuk: Ikuti aturan dan petunjuk yang telah ditetapkan oleh pengelola atau petugas di lokasi wisata. Ini termasuk larangan membuang sampah sembarangan, berenang di area yang tidak aman, atau melakukan aktivitas yang merusak alam.
  7. Waspadai Cuaca: Perhatikan perkiraan cuaca sebelum berangkat. Jika cuaca tidak mendukung atau ada peringatan cuaca buruk, pertimbangkan untuk menunda perjalanan Anda ke Curug Muara Jaya untuk keselamatan Anda sendiri.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memaksimalkan pengalaman berkunjung ke Curug Muara Jaya dan menikmati keindahan alamnya tanpa masalah.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News