Desa Wisata Pujon Kidul: Menikmati Keindahan Alam Malang yang Memukau

Jika Anda sedang mencari tempat untuk berlibur di Malang yang menyajikan pemandangan alam yang indah, maka Desa Wisata Pujon Kidul adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, desa wisata ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, dari hamparan sawah hijau, hutan pinus, hingga perbukitan yang menakjubkan.

Desa Wisata Pujon Kidul memiliki banyak objek wisata yang menarik, mulai dari air terjun, taman bunga, hingga agrowisata yang memungkinkan pengunjung untuk memetik buah segar langsung dari kebunnya. Selain itu, desa wisata ini juga memiliki penginapan yang nyaman dan suasana yang tenang, cocok untuk liburan keluarga atau untuk sekadar melepas penat dari kesibukan kota.

Saat berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan Air Terjun Coban Rais, yang terletak di tengah-tengah hutan pinus yang hijau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter, dan di bawahnya terdapat kolam alami yang cocok untuk berenang atau sekadar berendam sambil menikmati panorama alam yang indah.

Jika Anda ingin menikmati keindahan bunga, maka Taman Bunga Pujon Kidul juga patut dikunjungi. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jenis bunga yang menarik, seperti mawar, anggrek, dan banyak lagi. Taman bunga ini juga memiliki area bermain anak-anak, sehingga cocok untuk liburan keluarga.

Untuk mengenal lebih dekat dengan kehidupan petani di Malang, Anda bisa berkunjung ke objek wisata agrowisata yang ada di Desa Wisata Pujon Kidul. Di sini, Anda bisa memetik buah-buahan segar langsung dari kebunnya, seperti apel, strawberry, dan jeruk. Selain itu, Anda juga bisa belajar cara menanam dan merawat tanaman dari petani setempat.

Desa Wisata Pujon Kidul adalah tempat yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam Malang yang masih asri dan alami. Jadi, jika Anda sedang merencanakan liburan ke Malang, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul.

Sejarah

Desa Wisata Pujon Kidul awalnya merupakan sebuah desa yang hanya dikenal sebagai daerah perkebunan teh. Namun pada tahun 2012, desa ini diresmikan menjadi desa wisata oleh Bupati Malang saat itu, Rendra Kresna. Pemerintah kabupaten Malang memberikan dukungan dan bantuan untuk pengembangan desa wisata Pujon Kidul.

Sejak itu, Desa Wisata Pujon Kidul terus mengalami perkembangan dan peningkatan. Banyak fasilitas wisata yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, seperti penginapan, restoran, dan wahana permainan. Selain itu, juga dilakukan berbagai kegiatan promosi dan pemasaran untuk menarik minat wisatawan.

Kini, Desa Wisata Pujon Kidul telah menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Malang Selatan. Selain keindahan alamnya, juga terdapat berbagai kegiatan wisata yang dapat dilakukan seperti outbound, trekking, camping, dan bersepeda. Desa Wisata Pujon Kidul menjadi bukti bahwa dengan dukungan dan kerjasama semua pihak, sebuah daerah yang awalnya hanya dikenal sebagai daerah perkebunan teh dapat berkembang menjadi desa wisata yang sukses.

Mitos Legenda Misteri

Desa Wisata Pujon Kidul di Malang, Jawa Timur memiliki beberapa mitos, legenda, dan misteri yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Legenda Banyu Anget: Konon, air terjun di Desa Wisata Pujon Kidul ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Legenda tersebut bermula dari seorang putri raja yang jatuh sakit parah, namun sembuh setelah mandi di air terjun Banyu Anget.
  2. Misteri Goa Selomangleng: Goa ini dipercaya sebagai tempat tinggal seorang dukun yang sangat kuat. Konon, dukun tersebut memiliki kekuatan gaib yang bisa membuat orang yang datang ke goa ini terkena gangguan mistis.
  3. Legenda Gunung Kawi: Di samping air terjun Banyu Anget, ada sebuah tempat bernama Gunung Kawi yang memiliki legenda yang menarik. Konon, pada zaman dahulu, terdapat seorang raja yang berkuasa di wilayah tersebut dan menyimpan harta karun di gunung tersebut. Namun, harta karun tersebut dikatakan terkubur dalam benda berwujud gunung dan tidak bisa ditemukan.
  4. Mitos Batu Kapal: Di Desa Wisata Pujon Kidul, terdapat sebuah batu besar yang bentuknya menyerupai kapal. Konon, batu tersebut dulunya adalah kapal yang dijadikan batu oleh para dewa karena kejahatan yang dilakukan oleh pemilik kapal tersebut.
  5. Legenda Batu Menangis: Terdapat sebuah batu besar di Desa Wisata Pujon Kidul yang konon mengeluarkan air mata. Konon, batu tersebut menangis karena ditinggalkan oleh pemiliknya yang merupakan seorang pahlawan.

Itulah beberapa mitos, legenda, dan misteri yang terdapat di Desa Wisata Pujon Kidul. Bagi wisatawan yang tertarik dengan hal-hal mistis, tempat ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Namun, tetap diingat untuk tetap menghormati tempat tersebut dan tidak melakukan tindakan yang merugikan atau merusak tempat tersebut.

Larangan Dan Aturan

Sebagai desa wisata, Pujon Kidul memiliki beberapa larangan dan aturan yang harus diikuti oleh pengunjung agar tetap menjaga kelestarian dan kenyamanan desa. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Tidak merusak atau mengambil tanaman dan hewan di sekitar desa wisata.
  2. Tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan desa wisata.
  3. Tidak merokok di area publik desa wisata.
  4. Tidak mengambil foto atau merekam video di area yang dilarang atau sensitif.
  5. Tidak merusak atau mengganggu kehidupan masyarakat setempat.
  6. Menghormati adat dan budaya setempat, serta menghormati tempat ibadah yang ada di desa wisata.

Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk:

  1. Berpakaian sopan dan tidak memakai pakaian yang terlalu terbuka atau minim.
  2. Mengikuti petunjuk dan arahan dari pengelola desa wisata dan masyarakat setempat.
  3. Tidak memakai pengeras suara atau membuat kebisingan yang mengganggu pengunjung lain dan masyarakat setempat.
See also  Ulasan Menarik Kaliwatu Rafting Batu, Wisata Uji Adrenalin Traveler

Dengan mengikuti aturan dan larangan yang ada, diharapkan pengunjung dapat membantu menjaga kelestarian desa wisata Pujon Kidul dan menciptakan suasana yang aman dan nyaman untuk semua pengunjung.

Alamat Akses

Desa Wisata Pujon Kidul terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Desa ini terkenal sebagai salah satu desa wisata yang ada di wilayah Malang Selatan. Desa Wisata Pujon Kidul memiliki potensi wisata alam yang menarik seperti air terjun, hutan pinus, dan perkebunan teh.

Alamat akses menuju Desa Wisata Pujon Kidul adalah sebagai berikut:

  • Dari Kota Malang, Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti angkot atau bus menuju Terminal Arjosari. Setelah itu, naiklah angkot jurusan Pujon atau Singosari dan turun di pasar Pujon. Dari sana, Anda bisa naik ojek atau kendaraan pribadi menuju Desa Wisata Pujon Kidul.
  • Dari Kota Batu, Anda bisa naik angkot jurusan Pujon atau Singosari dan turun di pasar Pujon. Kemudian, lanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi menuju Desa Wisata Pujon Kidul.
  • Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari arah Kota Malang, Anda bisa mengikuti jalan raya Malang-Batu dan belok kanan di pertigaan Pujon. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan Desa Wisata Pujon Kidul dan belok kiri.
  • Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari arah Kota Batu, ikuti jalan raya Batu-Malang dan belok kiri di pertigaan Pujon. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan Desa Wisata Pujon Kidul dan belok kiri.

Perlu diingat bahwa akses jalan menuju Desa Wisata Pujon Kidul cukup terjal dan berkelok-kelok, sehingga disarankan untuk mengendarai kendaraan dengan hati-hati.

Rute

Berikut adalah rute menuju Desa Wisata Pujon Kidul dari Kota Malang:

  1. Melalui Jalan Raya Malang-Pujon
  • Dari Kota Malang, arahkan kendaraan menuju timur melalui Jalan Raya Malang-Pujon.
  • Ikuti jalan tersebut sekitar 17 km hingga sampai di Desa Wisata Pujon Kidul.
  1. Melalui Jalan Raya Tumpang
  • Dari Kota Malang, arahkan kendaraan menuju timur laut melalui Jalan Raya Tumpang.
  • Ikuti jalan tersebut sekitar 13 km hingga sampai di simpang empat Pujon Kidul.
  • Belok kanan dan ikuti jalan tersebut sekitar 1,5 km hingga sampai di Desa Wisata Pujon Kidul.

Untuk kendaraan umum, terdapat angkutan kota (angkot) yang melayani rute Kota Malang-Pujon Kidul dengan tarif sekitar Rp 10.000 per orang.

Aktivitas

Desa Wisata Pujon Kidul menawarkan berbagai aktivitas bagi pengunjung, di antaranya:

  1. Berjalan-jalan dan menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan tenang.
  2. Memanen buah-buahan di kebun buah yang tersedia seperti apel, jeruk, jambu biji, dan strawberry (sesuai musim).
  3. Memancing di kolam ikan yang disediakan.
  4. Bermain dengan hewan ternak seperti kambing, sapi, dan kelinci di peternakan.
  5. Bermain air di air terjun Coban Pelangi yang terletak di sekitar desa wisata.
  6. Menikmati kuliner khas Jawa Timur di warung-warung makan yang tersedia di desa wisata.
  7. Mencoba aktivitas outbound dan hiking di sekitar desa wisata.
  8. Memetik bunga di kebun bunga yang terdapat di desa wisata.
  9. Menyaksikan kegiatan pertanian seperti panen padi, menanam sayuran, dan memelihara lebah.

Aktivitas-aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan membeli tiket masuk dan membayar biaya tambahan untuk beberapa aktivitas seperti memanen buah-buahan dan memancing di kolam ikan.

Keunikan Daya Tarik

Desa Wisata Pujon Kidul memiliki beberapa keunikan daya tarik, antara lain:

  1. Pemandangan alam yang indah: Desa Wisata Pujon Kidul terletak di dataran tinggi, sehingga memiliki pemandangan alam yang indah dan asri. Wisatawan dapat menikmati keindahan hamparan kebun teh, hutan pinus, dan sawah yang hijau.
  2. Budaya Jawa yang kental: Desa Wisata Pujon Kidul juga menyimpan kekayaan budaya Jawa yang kental, seperti tarian Jaran Kepang, wayang kulit, dan kesenian lainnya. Selain itu, wisatawan juga dapat merasakan suasana pedesaan yang tenang dan damai.
  3. Aktivitas wisata yang menarik: Terdapat berbagai macam aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Desa Wisata Pujon Kidul, seperti berkeliling kebun teh, memanen sayuran, berkuda, memancing, dan bermain flying fox. Wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas Jawa Timur yang lezat dan mengenyangkan.
  4. Keunikan arsitektur rumah: Desa Wisata Pujon Kidul juga dikenal dengan rumah-rumah tradisionalnya yang memiliki arsitektur khas Jawa Timur. Rumah-rumah tersebut terbuat dari kayu dan bambu, dengan atap jerami yang khas.
  5. Udara sejuk: Berada di dataran tinggi, udara di Desa Wisata Pujon Kidul sangat sejuk dan segar. Udara yang segar dan asri membuat wisatawan merasa rileks dan nyaman selama berada di sana.

Fasilitas

Sebagai desa wisata, Pujon Kidul memiliki berbagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan para pengunjung, antara lain:

  1. Homestay: Terdapat beberapa homestay di Pujon Kidul yang siap menampung para wisatawan yang ingin menginap di desa wisata ini.
  2. Area parkir: Pujon Kidul menyediakan area parkir yang cukup luas dan aman bagi para pengunjung yang membawa kendaraan.
  3. Toilet: Terdapat beberapa toilet umum yang dapat digunakan oleh para pengunjung.
  4. Restoran: Terdapat beberapa warung dan restoran yang menjual makanan khas daerah dan juga makanan umum yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan.
  5. Tempat Ibadah: Terdapat beberapa tempat ibadah seperti masjid dan gereja bagi wisatawan yang membutuhkan.
  6. Area Bermain: Terdapat area bermain yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak untuk bermain.
  7. Tempat Memancing: Bagi pengunjung yang menyukai hobi memancing, di Pujon Kidul juga tersedia beberapa tempat memancing yang cukup menarik.
  8. Rental Sepeda: Pujon Kidul menyediakan rental sepeda bagi wisatawan yang ingin menjelajahi desa wisata ini dengan sepeda.
  9. Souvenir Shop: Terdapat beberapa toko yang menjual souvenir khas daerah sebagai oleh-oleh bagi para pengunjung.
See also  Review Menarik Pantai Mustika Pancer Banyuwangi, Eloknya Wisata Alam di Bumi Blambangan

Spot Selfie

Desa Wisata Pujon Kidul memiliki banyak spot selfie yang menarik dan Instagramable, di antaranya:

  1. Pintu Gerbang Desa Wisata Pujon Kidul: Di pintu gerbang ini terdapat gapura bertuliskan “Pujon Kidul” yang bisa menjadi latar belakang foto yang bagus.
  2. Pohon Pinus: Di sepanjang jalan menuju desa wisata, terdapat ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang. Spot ini sangat cocok untuk berfoto selfie atau berfoto bersama keluarga atau teman.
  3. Jembatan Kayu: Jembatan kayu yang melintasi aliran sungai di Desa Wisata Pujon Kidul juga menjadi spot selfie yang populer. Di sini pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah.
  4. Rumah Kuno: Di desa wisata ini terdapat beberapa rumah kuno yang masih asli dan dijaga dengan baik. Spot ini sangat cocok bagi para penggemar fotografi yang menyukai nuansa vintage.
  5. Pemandian Air Panas: Spot ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin berendam di kolam air panas sambil berfoto selfie dengan latar belakang pegunungan yang hijau.
  6. Taman Bunga: Taman bunga yang indah dan warna-warni juga menjadi salah satu spot selfie yang sangat populer di Desa Wisata Pujon Kidul.

Prewedding

Desa Wisata Pujon Kidul juga menyediakan fasilitas untuk prewedding. Beberapa spot yang cocok untuk prewedding di antaranya adalah Pohon Asam, Kebun Teh, dan Padang Savana. Selain itu, ada juga spot di sekitar jembatan kayu yang bisa digunakan untuk mengambil foto prewedding dengan latar belakang pegunungan. Fasilitas prewedding di Desa Wisata Pujon Kidul juga sudah dilengkapi dengan wedding planner dan fotografer yang siap membantu mengabadikan momen bahagia Anda.

Tiket Masuk

Tiket masuk wisata di Pujon Malang bisa berbeda-beda tergantung tempat wisata yang akan dikunjungi. Berikut adalah informasi mengenai harga tiket masuk beberapa tempat wisata di Pujon Malang:

  1. Bukit Nirwana: Rp10.000
  2. Desa Wisata Pujon Kidul: Rp10.000
  3. Strawberry Highland Pujon: Rp5.000
  4. Rabbit Park: Rp10.000 – Rp20.000
  5. San Terra Pujon Malang: Rp25.000 untuk orang dewasa dan Rp20.000 untuk anak-anak

Namun, harga tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak tempat wisata. Oleh karena itu, sebaiknya Moms selalu memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung ke tempat wisata di Pujon Malang.

Penginapan

Di Desa Wisata Pujon Kidul sendiri terdapat beberapa penginapan yang bisa dipilih oleh wisatawan yang ingin menginap. Berikut ini beberapa pilihan penginapan yang bisa dipertimbangkan:

  1. Villa Andalan Alamat: Jl. Sulfat No.30, Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65391 Harga mulai dari Rp 600.000/malam
  2. Puri Alam Bali Hotel Alamat: Jalan Bromo, Sumber Brantas, Pujon Kidul, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391 Harga mulai dari Rp 400.000/malam
  3. Agro Wisata Petik Buah Alamat: Jl. Raya Bromo No.5, Pujon Kidul, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65391 Harga mulai dari Rp 400.000/malam
  4. Omahkoe Guest House Alamat: Jl. Sulfat No.47, Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65391 Harga mulai dari Rp 350.000/malam
  5. Alamanda Villa Alamat: Jl. Sulfat No.37, Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65391 Harga mulai dari Rp 500.000/malam

Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan penginapan. Oleh karena itu, sebaiknya memeriksa ulang langsung dengan penginapan terkait terkait harga dan ketersediaan kamar sebelum melakukan reservasi.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang dekat dengan Desa Wisata Pujon Kidul:

  1. Padma Hotel Malang (sekitar 30 km dari Desa Wisata Pujon Kidul) Alamat: Jl. Raya Kesuma No.39, Songgokerto, Batu, Malang, Jawa Timur 65314 Telp: (0341) 410111
  2. The Singhasari Resort (sekitar 20 km dari Desa Wisata Pujon Kidul) Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.120, Desa Tawangsari, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur 65393 Telp: (0341) 4792222
  3. Golden Tulip Holland Resort (sekitar 15 km dari Desa Wisata Pujon Kidul) Alamat: Jl. Kolonel Masturi KM 2.5, Oro-Oro Ombo, Batu, Malang, Jawa Timur 65318 Telp: (0341) 511111
  4. The Shalimar Boutique Hotel (sekitar 30 km dari Desa Wisata Pujon Kidul) Alamat: Jl. Abdul Gani Atas No.38, Oro-Oro Dowo, Klojen, Malang, Jawa Timur 65119 Telp: (0341) 326313
  5. Klub Bunga Butik Resort (sekitar 10 km dari Desa Wisata Pujon Kidul) Alamat: Jl. Abdul Gani Atas, Oro-Oro Ombo, Batu, Malang, Jawa Timur 65316 Telp: (0341) 593888

Pastikan Moms melakukan pengecekan terlebih dahulu terkait fasilitas dan harga kamar di hotel-hotel tersebut sebelum memesan.

Kuliner

Di Desa Wisata Pujon Kidul, Anda dapat menikmati berbagai kuliner khas Jawa Timur dan Indonesia. Berikut beberapa rekomendasi kuliner yang bisa dicoba:

  1. Sate Klatak Pak Pong: Sate Klatak adalah sate khas Jogja yang dibakar dengan api besar sehingga dagingnya matang merata dan empuk. Di Desa Wisata Pujon Kidul, Anda bisa menikmati Sate Klatak dari Pak Pong yang sudah terkenal enaknya.
  2. Nasi Goreng Jancuk: Nasi Goreng Jancuk adalah nasi goreng pedas khas Malang yang sudah terkenal enaknya. Biasanya disajikan dengan telur mata sapi dan kerupuk.
  3. Soto Ayam Pak Marto: Soto Ayam Pak Marto adalah soto ayam khas Malang yang terkenal enak dan gurih. Kuahnya yang kental dan aroma rempahnya yang harum membuat soto ayam ini menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba.
  4. Bakso Malang: Bakso Malang adalah bakso khas Malang yang terbuat dari daging sapi dan tapioka yang kenyal. Biasanya disajikan dengan mie, tahu, bakso ikan, dan kuah kaldu yang gurih.
  5. Es Buah Pak Gito: Es Buah Pak Gito adalah es buah segar yang terdiri dari berbagai potongan buah seperti jeruk, nanas, semangka, melon, dan lain-lain. Es Buah Pak Gito sudah terkenal di Malang dan sangat cocok disantap saat cuaca sedang panas.
See also  Teras Kaca Pantai Nguluran: Keindahan Laut dan Pantai dalam Satu Bingkai

Selain itu, di Desa Wisata Pujon Kidul juga terdapat berbagai gerai makanan dan kafe yang menyediakan berbagai hidangan seperti nasi campur, mie ayam, sate ayam, dan lain-lain.

Tempat Makan

Berikut beberapa rekomendasi tempat makan di Desa Wisata Pujon Kidul dan sekitarnya:

  1. Warung Nasi Bu Tini Alamat: Jl. Raya Pujon Kidul No. 50, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Malang Menu unggulan: Nasi pecel, nasi rawon, sate ayam Harga: mulai dari Rp10.000
  2. Sego Sambel Mak Yeye Alamat: Jl. Raya Tlekung No. 1, Tlekung, Pujon, Malang Menu unggulan: Nasi campur, ayam geprek, tahu tempe bacem Harga: mulai dari Rp10.000
  3. RM Kampoeng Sawah Alamat: Jl. Raya Pujon Kidul No. 66, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Malang Menu unggulan: Ayam bakar, ikan bakar, sate ayam Harga: mulai dari Rp25.000
  4. Bebek Goreng Kremes Bu Kus Alamat: Jl. Raya Tlekung No. 73, Tlekung, Pujon, Malang Menu unggulan: Bebek goreng kremes, nasi campur, sate usus Harga: mulai dari Rp25.000
  5. Rumah Makan Mbah Jingkrak Alamat: Jl. Raya Pujon No. 25, Tawangargo, Kec. Pujon, Malang Menu unggulan: Ayam goreng, bebek goreng, nasi goreng Harga: mulai dari Rp25.000
  6. Warung Iga Bakar Pak Purno Alamat: Jl. Raya Pujon Kidul No. 101, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Malang Menu unggulan: Iga bakar, nasi campur, sate usus Harga: mulai dari Rp30.000

Semoga rekomendasi ini dapat membantu Anda menemukan tempat makan yang enak dan sesuai dengan selera Anda di Desa Wisata Pujon Kidul dan sekitarnya.

Cafe Sawah

Cafe Sawah adalah salah satu tempat makan yang bisa ditemukan di Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur. Cafe ini menawarkan pengalaman makan yang berbeda dengan konsepnya yang berada di tengah sawah. Selain itu, cafe ini juga menyediakan berbagai jenis masakan Indonesia dan Asia, serta minuman yang segar.

Cafe Sawah merupakan salah satu spot yang direkomendasikan untuk para wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang tenang dan sejuk sambil menikmati hidangan yang lezat. Selain itu, cafe ini juga menjadi pilihan yang tepat untuk tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Dengan konsepnya yang unik dan suasana yang tenang, Cafe Sawah menjadi salah satu tempat makan yang cukup populer di Desa Wisata Pujon Kidul. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana, Cafe Sawah dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu santai sambil menikmati pemandangan sawah yang indah.

Wisata Sekitar

Beberapa tempat wisata yang berada di sekitar Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur adalah:

  1. Air Terjun Coban Rondo Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan berada di ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana seperti flying fox, ATV, dan lain-lain.
  2. Jatim Park 2 Taman wisata ini terletak sekitar 15 km dari Desa Wisata Pujon Kidul. Terdapat berbagai macam wahana dan atraksi yang menyenangkan, seperti roller coaster, rumah hantu, dan sebagainya. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang satwa di museum satwa.
  3. Kampung Warna Warni Jodipan Tempat ini berjarak sekitar 20 km dari Desa Wisata Pujon Kidul. Kampung ini terkenal karena dihiasi dengan mural berwarna-warni dan menjadi tempat wisata yang Instagramable.
  4. Gunung Bromo Gunung Bromo terletak sekitar 60 km dari Desa Wisata Pujon Kidul. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sunrise di Bukit Penanjakan dan juga dapat menaiki kuda atau jeep menuju kawah Gunung Bromo.
  5. Kawah Ijen Kawah Ijen terletak sekitar 170 km dari Desa Wisata Pujon Kidul. Pengunjung dapat menikmati keindahan kawah dengan air berwarna biru dan juga melihat penambangan belerang oleh para penambang lokal.
  6. Pantai Balekambang Pantai Balekambang terletak sekitar 40 km dari Desa Wisata Pujon Kidul. Pantai ini terkenal dengan keindahan pemandangannya dan memiliki beberapa spot wisata seperti Pulau Ismoyo dan jembatan gantung.

Berdasarkan informasi yang telah disampaikan, Desa Wisata Pujon Kidul menawarkan daya tarik yang beragam seperti wisata alam, keunikan budaya dan adat, serta kuliner khas daerah. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sana, seperti bermain air, memetik stroberi, melihat keindahan alam dari ketinggian, hingga mengunjungi peternakan kelinci dan pemandian air panas. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari area parkir, tempat makan, area bermain anak, hingga toilet umum. Selain itu, terdapat juga penginapan dan hotel yang dekat dengan lokasi wisata untuk memudahkan pengunjung yang ingin menginap di sekitar lokasi wisata.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa terdapat beberapa aturan dan larangan yang harus diikuti oleh pengunjung, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak atau mengambil benda-benda yang ada di tempat wisata, serta tidak melakukan tindakan yang merugikan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Untuk harga tiket masuk, terdapat beberapa tempat wisata di Pujon Malang yang dapat dikunjungi dengan harga tiket yang bervariasi, mulai dari Rp5.000 hingga Rp25.000. Selain itu, terdapat juga banyak spot selfie dan prewedding yang instagramable di sana.

Jika ingin berwisata ke Pujon Malang, Desa Wisata Pujon Kidul bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat banyak keunikan dan daya tarik yang dapat dinikmati, serta fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung.

Review Desa Wisata Pujon Kidul: Menikmati Keindahan Alam Malang yang Memukau.

Your email address will not be published. Required fields are marked *