Eksplorasi Pesona Eling Bening: Spot Foto Instagramable dan Aktivitas Menarik

Eling Bening, sebuah destinasi wisata yang terletak di Ambarawa, Semarang, telah menjadi pilihan populer bagi para pengunjung yang menghargai keindahan alam dan fasilitas resor yang lengkap. Dengan ketinggian 700 mdpl, tempat ini menawarkan panorama spektakuler yang mencakup pegunungan yang memukau, danau yang menenangkan, persawahan yang hijau, dan keindahan kota Ambarawa.

Resort ini menonjolkan diri dengan menyajikan pengalaman liburan yang unik, menggabungkan pesona alam dengan fasilitas modern. Terletak tidak jauh dari Danau Rawa Pening, Eling Bening diapit oleh deretan delapan pegunungan yang menjadikan lanskapnya sangat memukau. Di sekitar resort, terhampar area persawahan yang menambah keasrian dan ketenangan lingkungan.

Fasilitas yang lengkap, seperti restoran berkualitas tinggi dan kolam renang, menawarkan pengunjung kesempatan untuk merasakan kenyamanan dan kemewahan selama berlibur. Keberagaman aktivitas rekreasi yang disediakan di tempat ini juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para tamu.

Eling Bening menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari ketenangan sambil menikmati keindahan alam, serta untuk mereka yang menginginkan kombinasi sempurna antara relaksasi dan hiburan. Dengan semua keistimewaannya, Eling Bening memperkuat posisinya sebagai destinasi wisata yang menarik dan memikat di kawasan Ambarawa, Semarang.

Harga Tiket Masuk Eling Bening

Berikut adalah informasi terkait harga tiket masuk, syarat dan ketentuan, serta jam operasional Eling Bening dengan gaya penulisan yang lebih formal:

Harga Tiket Masuk Eling Bening:

  • Tiket Masuk Weekday: Rp30.000
  • Tiket Masuk Weekend: Rp35.000
  • Tiket Masuk Kolam Renang: Rp20.000

Syarat dan Ketentuan Masuk:

  1. Tiket masuk berlaku untuk anak usia 5 tahun ke atas.
  2. Semua wahana dan kolam renang beroperasi sesuai jadwal.
  3. Pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan 5M.

Jam Buka Eling Bening:

  • Tempat wisata buka setiap hari.
  • Jam operasional: 7 pagi hingga 8 malam.

Harga tiket masuk yang bersifat terjangkau membuat Eling Bening menjadi opsi menarik bagi berbagai kalangan. Dengan fasilitas yang lengkap dan aktivitas yang beragam, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sepanjang hari, mulai dari pukul 7 pagi hingga 8 malam. Kami menekankan pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

Alamat Rute Lokasi

Alamat dan rute menuju Eling Bening di Semarang adalah sebagai berikut:

Alamat: Jl. Sarjono, Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Rute dari Kota Semarang:

  1. Masuk ke tol Tanjungmas Srondol.
  2. Berjalan menuju selatan melewati Tol Ungaran Bawen.
  3. Keluar dari pintu tol Bawen dan arahkan perjalanan menuju terminal Bawen.
  4. Ikuti petunjuk arah ke Jl. Sarjono.
  5. Ikuti jalan tersebut hingga Anda tiba di lokasi Eling Bening.

Petunjuk Tambahan:

  • Anda dapat menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps untuk memandu perjalanan Anda.
  • Alternatifnya, Anda juga dapat menggunakan jasa sopir dari rental atau biro perjalanan yang dapat mengantar Anda langsung ke lokasi dengan lebih nyaman.

Pastikan selalu memeriksa kondisi lalu lintas dan mengikuti petunjuk arah untuk memastikan perjalanan Anda berjalan dengan lancar.

Fasilitas

Eling Bening memastikan kenyamanan pengunjung dengan menyediakan berbagai fasilitas, termasuk:

  1. Lahan Parkir Luas: Pengunjung dapat dengan mudah parkir kendaraan mereka di lahan parkir yang luas.
  2. Mini Market: Terdapat mini market di kawasan objek wisata ini, memudahkan pengunjung untuk membeli berbagai kebutuhan atau suvenir selama kunjungan mereka.
  3. Toilet: Fasilitas toilet yang memadai disediakan untuk kenyamanan pengunjung.
  4. Tempat Ibadah: Kawasan ini juga menyediakan tempat ibadah, memungkinkan pengunjung untuk melaksanakan aktivitas keagamaan jika dibutuhkan.
  5. Tempat Makan: Adanya tempat makan memungkinkan pengunjung untuk menikmati berbagai hidangan selama berkunjung. Menu-menu yang ditawarkan dapat mencakup makanan khas lokal dan internasional.
  6. Taman Bermain untuk Anak-Anak: Fasilitas taman bermain disediakan khusus untuk anak-anak, menciptakan suasana yang ramah keluarga dan memungkinkan anak-anak untuk bersenang-senang.

Dengan menyediakan fasilitas-fasilitas ini, Eling Bening berusaha memberikan pengalaman yang lengkap dan menyenangkan bagi semua pengunjung, termasuk mereka yang datang bersama keluarga.

Daya Tarik

Eling Bening memasuki panggung publik pada tahun 2015 sebagai sebuah restoran yang menghadirkan kelezatan kuliner khas Semarang. Meskipun masih berusia relatif muda, daya tarik Eling Bening segera mencuri perhatian para wisatawan melalui keunikan dan keindahan yang ditawarkannya.

Dengan luas lahan mencapai 10 hektar, Eling Bening menonjolkan berbagai bangunan yang didesain secara unik dengan dominasi warna putih. Desain bangunan yang istimewa ini bukan hanya memikat para pengunjung secara langsung, tetapi juga menjadi daya tarik yang kuat di dunia maya, terutama melalui platform media sosial.

Pemandangan spektakuler dari ketinggian 700 mdpl semakin menambah pesona lokasi ini. Dengan keunggulan tersebut, apa yang awalnya dimulai sebagai restoran keluarga berkembang pesat dan bermetamorfosis menjadi salah satu destinasi wisata paling diminati di Semarang. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di tengah keindahan alam yang disuguhkan oleh Eling Bening, melibatkan panorama pegunungan Merbabu, Ungaran, danau, serta area persawahan yang menakjubkan.

Kelebihan lainnya adalah nikmatnya berbagai hidangan lezat yang disajikan di restoran ini. Berkunjung ke daerah Ambarawa tanpa merasakan kelezatan menu-menu yang ditawarkan oleh restoran Eling Bening akan menjadi sebuah kehilangan yang disayangkan. Sebuah destinasi yang menggabungkan keindahan alam, arsitektur yang menawan, dan cita rasa kuliner yang istimewa.

Deretan Pegunungan

Eling Bening menawarkan pengunjungnya pengalaman unik menikmati panorama indah yang melibatkan sejumlah puncak gunung yang mencakup pemandangan luar biasa dari 12 puncak gunung. Barisan gunung yang dominan dan dengan kejelasan yang memukau meliputi Gunung Merbabu, Andong, dan Telomoyo.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini dapat merasakan sensasi tersendiri, terutama bagi para pecinta gunung. Pemandangan puncak gunung ini memberikan pengalaman yang menakjubkan, terutama ketika kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan pendakian yang sebenarnya, karena jalur pendakian biasanya tertutup.

Salah satu lokasi yang sering menjadi favorit untuk menikmati keindahan pemandangan ini adalah dari ayunan yang tersedia di Eling Bening. Wisatawan dapat memilih antara ayunan yang menghadap langsung ke Danau Rawa Pening atau yang menghadap puncak gunung. Ayunan ini tidak hanya memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan, tetapi juga menjadi latar belakang yang menakjubkan untuk sesi foto yang tak terlupakan.

Eling Bening memberikan kesempatan bagi pengunjungnya untuk meresapi keelokan alam dengan cara yang unik dan menyegarkan, menghadirkan suasana yang harmonis antara keindahan alam dan rekreasional.

Panorama Malam Hari

Ambarawa menampilkan keindahannya secara eksplisit pada siang hari, terutama dengan pemandangan Rawa Pening yang terlihat dengan jelas. Nuansa hijau alam, dengan perpaduan perkebunan karet dan kopi, menambah daya tarik sendiri pada lanskap ini. Tidak hanya itu, tetapi juga perkebunan yang tersebar, perkampungan yang indah, dan jalan lingkar Ambarawa yang memikat perhatian pengunjung.

Ketika senja menjelang malam, kesan romantis muncul dengan gemerlap lampu kota Ambarawa yang mempercantik lanskap perbukitan. Siluet samar gunung yang terlihat dari kawasan wisata menambah daya tarik panorama. Keindahan ini, terutama saat senja hingga malam, menciptakan suasana yang memukau dan sangat fotogenik, menjadi objek yang sempurna untuk diabadikan sebagai kenang-kenangan liburan.

Selain itu, matahari terbenam di Ambarawa menjadi daya tarik utama bagi banyak pengunjung. Bagi mereka yang menginginkan momen menyaksikan keindahan senja, sore hari menjadi waktu yang ideal. Sambil bersantai menikmati pesona senja, para wisatawan dapat mengabadikan keindahan perpaduan warna kemuning matahari, langit senja, dan hijaunya pemandangan alam Ambarawa. Suasana tenang dan spektakuler ini memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan di Ambarawa.

Lanskap Alam

Lokasi Eling Bening, yang terletak di kaki gunung, mempersembahkan pemandangan alam yang luar biasa. Namun, keunikan objek wisata ini tidak hanya terbatas pada panorama alam saja. Taman bunga yang indah dan kolam renang menjadi tambahan fasilitas yang memperkaya pengalaman pengunjung. Selain menikmati keindahan alam, mereka juga dapat bersantai sambil berenang di kolam renang yang tersedia.

Taman bunga di Eling Bening tidak hanya dikenal karena keindahan variasi bunga yang ditanam, tetapi juga penataan taman yang estetis. Taman ini menjadi pilihan yang sempurna untuk para pengunjung yang ingin mengabadikan momen liburan mereka dengan berbagai foto selfie yang indah.

Salah satu daya tarik yang paling menonjol di Eling Bening adalah anjungan berbentuk naga. Anjungan ini memberikan pengunjung kesempatan untuk menikmati pemandangan alam sekitar, dengan gunung yang memayungi objek wisata ini. Namun, karena popularitasnya, seringkali terjadi antrean untuk menaiki anjungan naga tersebut.

Meskipun harus menunggu, banyak pengunjung yang tidak sabar bahkan memilih untuk mengambil foto dari sisi anjungan. Beberapa pengunjung berdiri di dekat kepala naga untuk mendapatkan foto yang menakjubkan dengan latar belakang anjungan dan pemandangan alam yang mempesona. Semua ini menambah nilai koleksi foto bagi pengunjung yang ingin membawa pulang kenangan indah dari Eling Bening.

Infinity Pool

Eling Bening tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau, tetapi juga pengalaman berenang yang luar biasa di Infinity Pool, sebuah fasilitas mewah yang menjadi favorit pengunjung. Sensasi berenang di atas awan, di kolam renang yang berair jernih, memberikan pengalaman yang unik dan menakjubkan. Selama berenang, pengunjung dapat memanfaatkan momen untuk berfoto selfie dengan latar belakang pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar Ambarawa.

Infinity Pool di Eling Bening menonjol sebagai daya tarik utama, memberikan kesan layaknya melayang di ketinggian dengan pemandangan spektakuler gunung dan pepohonan di bawahnya. Kolam renang yang luas ini memungkinkan pengunjung untuk bebas berenang dan bermain air. Terbagi menjadi dua area, yaitu kolam anak dan kolam dewasa dengan kedalaman yang berbeda, Eling Bening memastikan bahwa semua pengunjung dapat menikmati fasilitas ini sesuai dengan preferensi mereka.

Di kolam anak, terdapat perosotan kecil yang menambah keseruan bagi mereka yang ingin meluncur langsung ke dalam kolam renang. Pengunjung yang tidak membawa perlengkapan keselamatan sendiri dapat menyewa ban atau pelampung di lokasi ini.

Pengalaman berenang di Infinity Pool Eling Bening tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga memberikan kesenangan dan kesegaran bagi tubuh dan pikiran. Kolam renang ini menciptakan suasana layaknya berada di sebuah resor mewah, memungkinkan pengunjung untuk menikmati liburan dengan cara yang istimewa.

Outbound

Eling Bening menyediakan beragam kegiatan outbound yang memungkinkan pengunjung, terutama anak-anak, untuk menikmati petualangan seru. Dari memanjat tali, menyusuri tali, menjaring ikan, hingga flying fox, semua kegiatan ini dirancang untuk merangsang perkembangan motorik dan keberanian anak-anak.

Area outbound di sini juga dilengkapi dengan fasilitas trampoline yang aman dan menyenangkan. Anak-anak dapat melompat-lompat di atas trampoline yang dilengkapi dengan jaring keselamatan, menciptakan pengalaman bermain yang penuh kegembiraan. Selain itu, tersedia pula kesempatan untuk merasakan sensasi menunggang kuda, di mana kuda disewakan untuk pengunjung yang ingin merasakan kegiatan ini secara langsung.

Semua kegiatan di tempat outbound Eling Bening tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik, rasa keberanian, dan kepercayaan diri. Dengan berbagai pilihan kegiatan yang disediakan, tempat ini menjadi destinasi yang ramah keluarga, di mana anak-anak dapat belajar dan bersenang-senang secara bersamaan.

Camping Ground

Eling Bening menyediakan fasilitas camping ground yang memungkinkan pengunjung untuk merasakan pengalaman berkemah yang unik dan menarik. Para pengunjung dapat mendirikan tenda dan mengadakan acara berkemah bersama keluarga atau teman-teman mereka. Sebelum menggunakan fasilitas ini, disarankan untuk menghubungi pengelola untuk melakukan pemesanan tempat dan mendapatkan informasi mengenai peraturan yang harus dipatuhi selama kegiatan berkemah.

Camping ground di Eling Bening memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan menawan Rawa Pening dari sore hingga pagi. Kelebihan lainnya adalah akses yang mudah dicapai, sehingga para pengunjung tidak perlu menghadapi tantangan mendaki yang tinggi.

Berkemah di sini merupakan opsi kegiatan yang ideal, terutama bagi mereka yang ingin merasakan kebersamaan bersama teman atau keluarga. Dengan adanya fasilitas camping ground, pengunjung dapat menghemat biaya penginapan di hotel dan tidak perlu khawatir pulang malam. Cukup dengan mendirikan tenda, para pengunjung dapat bersantai dan menikmati suasana alam yang tenang dan nyaman.

Eling Bening juga menyediakan layanan sewa peralatan berkemah lengkap, mulai dari tenda, selimut, hingga sleeping bag. Dengan cara ini, pengunjung dapat dengan mudah menikmati pengalaman berkemah tanpa harus membawa atau membeli peralatan sendiri. Kesediaan fasilitas ini memudahkan pengunjung dan menambah nilai kenyamanan dalam menjalani kegiatan berkemah di Eling Bening.

Olahraga

Eling Bening menawarkan suasana sejuk dan udara segar yang sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berolahraga, terutama bersepeda. Jalur menuju Eling Bening yang mulus membuatnya menjadi destinasi yang ramah bagi para pesepeda yang ingin menikmati keindahan alam sekitar.

Jalur yang menanjak dan pemandangan yang indah menjadi tantangan sekaligus pengalaman seru bagi para pesepeda. Setelah menikmati perjalanan sepeda hingga mencapai Eling Bening, pengunjung dapat bersantai, istirahat, dan menikmati hidangan serta minuman yang tersedia di lokasi.

Selain bersepeda, aktivitas olahraga lainnya seperti senam di pagi hari juga dapat dinikmati, terutama ketika udara masih segar. Kegiatan ini sering diadakan setiap hari Minggu pagi oleh komunitas senam yang terbuka untuk umum. Bagi pengunjung yang menginap di Eling Bening, mereka dapat bergabung dengan kegiatan senam ini, bangun pagi, dan menikmati pemandangan sekitar.

Melalui kegiatan berolahraga seperti bersepeda dan senam, pengunjung tidak hanya dapat menikmati liburan yang menyenangkan tetapi juga menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Eling Bening memberikan kesempatan untuk bersantai sambil merasakan keindahan alam, menciptakan pengalaman liburan yang holistik dan memuaskan.

Spot Foto

Eling Bening menawarkan banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan oleh para pengunjung. Dengan latar belakang pemandangan Rawa Pening dan pegunungan di sekitarnya, setiap sudut tempat ini menjadi potensi terbaik untuk menciptakan kenangan visual yang tak terlupakan.

Salah satu spot yang menjadi daya tarik utama adalah kapal berbentuk naga Baru Klinting. Kapal putih ini menciptakan latar belakang yang memukau dengan pegunungan Rawa Pening yang indah, menciptakan suasana yang fenomenal untuk diabadikan dalam foto.

Selain itu, ayunan dengan panorama Rawa Pening juga menjadi pilihan populer untuk berfoto. Sambil memacu adrenalin dengan berayun, pengunjung dapat berpose untuk mendapatkan gambar yang menarik dan berkesan.

Banyak wisatawan juga memilih untuk berfoto di area infinity pool sambil bersantai, menciptakan momen santai yang juga dapat diabadikan dalam foto-foto yang indah. Seiirnya tempatnya, kawasan Eling Bening memang telah dikenal memiliki banyak spot Instagramable yang menarik untuk dipilih dan diabadikan, sehingga para pengunjung dapat membawa pulang kenangan visual yang mengesankan dari kunjungan mereka.

Wisata Kuliner

Eling Bening tidak hanya menawarkan pengalaman wisata alam yang memukau, tetapi juga memanjakan pengunjung dengan pilihan makanan lezat ala restoran. Menu yang beragam, dari tradisional hingga modern, dapat dinikmati di sini. Pengunjung dapat memilih tempat bersantap, baik di area indoor maupun outdoor, sambil menikmati suasana yang menyenangkan.

Restoran Eling Bening menyajikan menu khas Nusantara, seperti rawon, ikan bakar, tumis kangkung, dan berbagai hidangan lezat lainnya yang menjadi favorit di tempat ini. Menu-menu ini memberikan pengalaman kuliner yang autentik dan memuaskan bagi para pengunjung.

Bagi mereka yang ingin mengadakan acara outdoor, seperti garden party atau pernikahan, Garden Resto yang tersedia dapat disewa. Dengan pemandangan indah Rawa Pening dan sekitarnya, acara bersantap akan semakin terasa istimewa.

Eling Bening tidak hanya menawarkan hidangan berat, tetapi juga menyediakan es krim dan berbagai kudapan lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir merasa lapar selama berkeliling dan menikmati rekreasi di Eling Bening Ambarawa. Restoran ini menawarkan beragam pilihan makanan, termasuk es krim yang cocok dinikmati saat cuaca panas. Pengunjung dapat memilih untuk menikmati hidangan di dalam atau di luar restoran, sambil menikmati pemandangan sekitar.

Berbagai menu makanan tradisional seperti ikan bakar, rawon, nasi goreng, bihun, soto, baso, sop, dan masih banyak lagi, dapat dinikmati di restoran Eling Bening. Harga makanan yang terjangkau, berkisar antara Rp20.000 hingga Rp40.000, sebanding dengan suasana dan pemandangan yang menawan yang ditawarkan oleh tempat ini.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna saat berkunjung ke Eling Bening:

  1. Cek Cuaca: Sebelum berangkat, periksa perkiraan cuaca agar Anda dapat bersiap dengan baik. Cuaca yang cerah dapat meningkatkan pengalaman liburan Anda.
  2. Kenakan Pakaian Nyaman: Karena Eling Bening terletak di kawasan alam, pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Jika Anda berencana untuk bersepeda atau beraktivitas fisik lainnya, pastikan untuk memilih pakaian yang sesuai.
  3. Bawa Perlengkapan: Bawa perlengkapan yang mungkin Anda butuhkan, seperti kamera untuk mengabadikan momen indah, topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari, dan botol air minum untuk menjaga hidrasi.
  4. Perhatikan Jam Buka: Pastikan untuk memeriksa jam buka dan tutup Eling Bening sebelum pergi agar Anda dapat mengatur rencana kunjungan Anda dengan baik.
  5. Ikuti Aturan dan Protokol Kesehatan: Saat ini, penting untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pastikan untuk menjaga jarak fisik, mencuci tangan secara teratur, dan mengikuti petunjuk keselamatan yang diberikan oleh pihak pengelola tempat wisata.
  6. Nikmati Fasilitas yang Tersedia: Manfaatkan fasilitas yang ada, seperti taman bermain, kolam renang, atau kegiatan outbound, untuk menikmati pengalaman liburan yang lebih berwarna.
  7. Rencanakan Aktivitas: Rencanakan aktivitas Anda sebelumnya agar Anda dapat memanfaatkan waktu Anda dengan optimal. Apakah itu bersepeda, berfoto di spot menarik, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.
  8. Bawa Uang Tunai: Meskipun tempat wisata umumnya menerima pembayaran dengan kartu, selalu baik untuk membawa sejumlah uang tunai untuk berjaga-jaga.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat lebih menikmati kunjungan Anda ke Eling Bening dan menciptakan pengalaman liburan yang berkesan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News