Gowa Discovery Park: Destinasi Rekreasi Keluarga Terbaik

Gowa Discovery Park (GDP) adalah salah satu destinasi wisata yang memikat di Gowa, Indonesia, tidak hanya karena keindahan alamnya tetapi juga karena penggabungan yang unik antara sejarah dan rekreasi keluarga. Terletak dekat dengan Benteng Somba Opu, sebuah situs bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Gowa melawan penjajah, GDP menawarkan pengalaman yang mendalam dan beragam bagi setiap pengunjung, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pertama-tama, kedekatan GDP dengan Benteng Somba Opu menambah nilai sejarah bagi destinasi ini. Wisatawan memiliki kesempatan untuk menggali lebih dalam tentang sejarah dan budaya lokal dengan mengunjungi Benteng Somba Opu sebelum atau setelah menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh GDP. Hal ini memberikan dimensi tambahan pada liburan keluarga, memungkinkan para pengunjung untuk tidak hanya bersenang-senang tetapi juga belajar dan menghargai warisan sejarah yang berharga.

Salah satu keunggulan utama dari GDP adalah ragam fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan. Tidak hanya terbatas pada wahana permainan air, GDP juga menawarkan pengalaman lain seperti taman burung dan kegiatan outbound. Ini membuat destinasi ini sesuai untuk seluruh anggota keluarga, dari anak-anak yang energik hingga orang dewasa yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Sebagai taman rekreasi yang luas, GDP memberikan banyak pilihan untuk setiap anggota keluarga untuk mengeksplorasi minat dan kegemaran mereka masing-masing.

Selain itu, GDP juga menjadi tempat yang sempurna untuk berkumpul dan berinteraksi dengan keluarga. Dengan lingkungan yang ramah keluarga dan beragam aktivitas yang ditawarkan, GDP memungkinkan para pengunjung untuk menciptakan kenangan yang berharga bersama orang-orang terkasih. Tidak hanya itu, keindahan alam sekitar yang mempesona juga menambah kenyamanan dan keasyikan liburan keluarga di GDP.

Kualitas layanan dan fasilitas di GDP juga patut dipuji. Pengelola tempat ini berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada setiap pengunjung, mulai dari kebersihan hingga keamanan. Staf yang ramah dan profesional siap membantu pengunjung untuk memastikan mereka mendapatkan yang terbaik dari kunjungan mereka ke GDP.

Gowa Discovery Park adalah destinasi wisata yang luar biasa untuk liburan keluarga. Dengan kombinasi yang unik antara sejarah dan rekreasi, GDP menawarkan pengalaman yang memuaskan dan berkesan bagi setiap pengunjung. Dari keindahan alamnya hingga fasilitas yang lengkap, GDP memiliki semua yang diperlukan untuk menjadi tujuan liburan keluarga yang sempurna.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park menawarkan berbagai jenis tiket masuk dengan harga yang wajar untuk sebuah objek wisata keluarga yang lengkap. Berikut adalah detail harga tiket masuk untuk Gowa Discovery Park:

  • Tiket Masuk Waterboom, Taman Satwa, dan Berfoto dengan 2 Burung Primadona Gowa Discovery Park:
    • Weekday: Rp60.000
    • Weekend dan Hari Libur: Rp70.000
  • Tiket Masuk Taman Satwa:
    • Weekday: Rp30.000
    • Weekend dan Hari Libur: Rp35.000
  • Tiket Masuk Treetop Outbound:
    • Weekday: Rp35.000
    • Weekend dan Hari Libur: Rp40.000
  • Tiket Masuk All in (Termasuk semua fasilitas di dalamnya):
    • Weekday: Rp80.000
    • Weekend dan Hari Libur: Rp95.000

Gowa Discovery Park beroperasi setiap hari dengan jam operasional sebagai berikut:

  • Selasa hingga Jumat: 09.00 – 17.30 WITA
  • Sabtu, Minggu, dan Hari Libur: 08.30 – 17.30 WITA

Pengunjung dapat mengunjungi Gowa Discovery Park kapan saja sesuai dengan jadwal operasional yang telah ditentukan. Harap diperhatikan bahwa saat ini Gowa Discovery Park masih tutup sementara sampai ada pemberitahuan selanjutnya. Sebelum mengunjungi, pastikan untuk memperbarui informasi terbaru tentang jam operasional dan ketersediaan fasilitas.

Daya Tarik

Gowa Discovery Park (GDP) adalah salah satu destinasi wisata terbaru di Makassar, namun telah mampu mencuri perhatian banyak pengunjung sejak pertama kali dibuka pada tahun 2013. Dengan luas mencapai 7,2 hektar, tempat wisata ini menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang mencari pengalaman menyenangkan di tengah-tengah keindahan alam dan budaya yang kaya di daerah tersebut.

Awal mula berdirinya GDP pada tahun 2011 adalah berkat inisiatif dari seorang pengusaha bernama Zainal Tayeb. Pengusaha asal Bali ini memulai dengan membangun sebuah taman burung yang menampilkan ratusan ekor burung dari berbagai spesies, termasuk burung langka dari berbagai belahan dunia. Kehadiran taman burung ini telah menjadi daya tarik pertama GDP dan menarik minat banyak pengunjung.

Namun, pengelola tidak berhenti di situ. Mereka terus mengembangkan konsep taman rekreasi ini dengan menambahkan wahana permainan air yang menarik. Kombinasi unik antara taman burung dan wahana permainan air ternyata menjadi kunci kesuksesan GDP dalam menarik perhatian pengunjung. Lokasi strategis GDP yang berada tepat di depan Benteng Somba Opu juga menjadi nilai tambah tersendiri, memudahkan wisatawan untuk menggabungkan kunjungan mereka ke dua destinasi sekaligus.

See also  Eksplor Umbul Sidomukti: Pesona Alam dan Aktivitas Seru di Kaki Gunung Ungaran

Salah satu hal yang patut diacungi jempol adalah konsep pengembangan GDP yang tetap mempertahankan keaslian alam sekitar. Meskipun telah menjadi taman rekreasi modern dengan beragam fasilitas, GDP masih menjaga kehijauan dan keasrian alamnya. Hal ini terbukti dari keberadaan vegetasi yang melimpah di sekitar area taman, menciptakan udara segar dan bebas polusi yang menyegarkan bagi pengunjung.

Selain memberikan manfaat bagi pengunjung, keberadaan vegetasi juga memberikan lingkungan yang kondusif bagi ratusan ekor burung yang berkeliaran di taman burung GDP. Dengan kualitas udara yang optimal, para pengunjung tidak hanya menikmati keindahan alam, tetapi juga merasa terhubung dengan lingkungan sekitar.

Dengan berbagai daya tarik dan fasilitas yang lengkap, tidak mengherankan jika GDP menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Makassar. Kehadirannya telah memberikan kontribusi positif bagi industri pariwisata setempat dan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Berenang dan Bermain Air

Waterboom di Gowa Discovery Park merupakan salah satu wahana yang paling diminati oleh pengunjung, dan bukan tanpa alasan. Wahana ini menawarkan berbagai kolam dan permainan air yang menyenangkan, menarik ribuan pengunjung setiap harinya. Kolam-kolam yang tersedia, seperti kolam arus, kolam family, kolam balita, kolam bak tumpah, dan kolam sliding, memastikan bahwa setiap anggota keluarga dapat menemukan sesuatu yang sesuai dengan preferensi mereka.

Salah satu keunggulan Waterboom di Gowa Discovery Park adalah lokasi kolam yang berdekatan satu sama lain, memudahkan pengunjung untuk mengeksplorasi semua wahana tanpa harus berjalan jauh. Hal ini membuat pengalaman bermain air menjadi lebih praktis dan efisien bagi pengunjung.

Namun, sebelum menuju ke Waterboom, pengunjung perlu memperhatikan aturan berpakaian yang berlaku. Celana jeans tidak diperbolehkan digunakan saat bermain di wahana ini. Oleh karena itu, disarankan bagi pengunjung untuk mempersiapkan pakaian renang dari rumah agar dapat menikmati wahana air tanpa kendala.

Tidak hanya itu, pengelola juga telah menyediakan gazebo yang dapat disewa untuk menyimpan barang bawaan pengunjung. Gazebo-gazebo ini terletak di bawah pohon rindang, menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman bagi pengunjung yang ingin istirahat sejenak dari bermain air. Biaya sewa gazebo ini cukup terjangkau, yaitu Rp 100.000 untuk sewa selama satu hari penuh. Dengan adanya gazebo ini, pengunjung dapat bermain dengan lebih nyaman tanpa perlu khawatir tentang keamanan barang bawaan mereka.

Waterboom di Gowa Discovery Park tidak hanya menawarkan keseruan bermain air, tetapi juga memberikan pengalaman yang nyaman dan praktis bagi pengunjung. Dengan berbagai kolam dan wahana permainan air yang menarik serta fasilitas yang disediakan, tidak mengherankan jika Waterboom menjadi salah satu wahana favorit di tempat wisata ini.

Wahana Outbound

Di Gowa Discovery Park, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keseruan di Waterboom, tetapi juga memiliki kesempatan untuk menguji adrenalin mereka melalui wahana outbound yang tersedia. Wahana outbound ini menawarkan pengalaman yang menarik dan memacu adrenalin, memberikan alternatif yang seru sebelum memasuki keasyikan bermain air di Waterboom.

Salah satu keuntungan utama dari wahana outbound di GDP adalah keberadaan area khusus yang dirancang untuk aktivitas tersebut. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati setiap permainan dan tantangan yang ditawarkan dalam lingkungan yang aman dan terkontrol. Bagi pengunjung yang mencari pengalaman luar ruangan yang menantang, wahana outbound di GDP menjadi pilihan yang tepat.

Lebih menyenangkan lagi, pengalaman ini dapat dinikmati bersama rombongan. Dengan mengajak teman-teman atau keluarga, pengunjung dapat meningkatkan keseruan dan memperkuat ikatan sosial melalui berbagai permainan dan tantangan yang ada dalam kegiatan outbound ini.

Tidak hanya itu, beragam permainan dan tantangan tersedia untuk dipilih, mulai dari flying fox, treetop, hingga permainan yang dirancang khusus untuk melatih leadership dan kerjasama tim. Dengan demikian, setiap pengunjung dapat menemukan sesuatu yang sesuai dengan minat dan tingkat keberanian mereka.

Untuk memaksimalkan pengalaman outbound ini, pengunjung juga dapat memanfaatkan paket-paket yang disediakan oleh travel organizer terpercaya seperti Salsa Wisata. Dengan paket-paket tersebut, pengunjung dapat mendapatkan dukungan fasilitas terbaik serta pengalaman yang tak terlupakan dalam kegiatan outbound mereka. Salsa Wisata telah terbukti berpengalaman dalam mengakomodasi berbagai jenis perjalanan wisata, termasuk kegiatan keluarga, company gathering, dan outbound.

Dengan demikian, wahana outbound di Gowa Discovery Park menjanjikan pengalaman yang seru dan berkesan bagi setiap pengunjung. Dengan berbagai permainan dan tantangan yang ditawarkan, serta dukungan dari travel organizer terpercaya, kegiatan outbound di GDP menjadi salah satu atraksi yang tak boleh dilewatkan bagi para pencinta petualangan dan tantangan.

Taman Burung

Taman Burung di Gowa Discovery Park adalah salah satu wahana yang menghadirkan pengalaman yang unik dan memikat bagi para pengunjung. Begitu memasuki area taman burung, pengunjung akan segera disambut oleh suasana yang rindang dan nyaman. Pepohonan yang tumbuh subur memberikan teduh bagi flora dan fauna yang hidup di bawahnya, menciptakan lingkungan yang mirip dengan habitat asli para burung.

See also  Columbus Waterpark, Wisata Air Bernuansa Pelaut Caribia di Bekasi

Untuk memasuki wahana ini, pengunjung akan ditandai dengan stempel berwarna merah, memberikan akses eksklusif untuk menikmati keindahan alam dan keunikan burung-burung yang dipamerkan di sana. Terdapat sekitar 16 kandang burung dengan berbagai ukuran, masing-masing memamerkan spesies burung yang beragam. Mulai dari burung kepodang, jalak bali, nuri, elang paria dan elang laut, hingga cendrawasih, setiap kandang menjadi rumah bagi berbagai jenis burung yang menakjubkan.

Pohon-pohon yang rindang di sekitar area taman burung telah menjadi bagian dari tempat tersebut sejak lama. Kehadiran pepohonan yang eksis sejak dulu memberikan kesan alami dan memberikan perlindungan bagi beragam satwa yang hidup di zona taman burung ini. Seiring dengan itu, ada enam belas sangkar burung yang tersedia di dalamnya, dengan ukuran yang bervariasi. Pengunjung dapat menyaksikan berbagai jenis burung, mulai dari yang paling umum hingga yang langka, secara langsung di sini.

Salah satu hal yang menarik adalah pengunjung juga dapat berinteraksi secara dekat dengan burung-burung di dalam taman burung ini. Dengan memasuki area sangkar yang besar, pengunjung memiliki kesempatan untuk berdekatan dengan burung-burung dan mengamati perilaku mereka dengan lebih intim. Pihak pengelola taman burung ini telah merawat burung-burung tersebut di dalam sangkar yang besar dan tinggi, menciptakan suasana yang menyerupai habitat asli para burung.

Taman Burung di Gowa Discovery Park bukan hanya sekedar wahana untuk melihat burung-burung eksotis, tetapi juga merupakan tempat yang memungkinkan pengunjung untuk terhubung dengan alam dan menghargai keindahan serta keragaman satwa burung. Dengan suasana yang alami dan fasilitas yang terawat dengan baik, pengalaman di taman burung ini pastinya akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Gowa Discovery Park (GDP) mencakup berbagai kebutuhan pengunjung untuk kenyamanan dan kepuasan selama berada di taman rekreasi tersebut. Berikut adalah gambaran lengkap mengenai fasilitas-fasilitas yang tersedia di GDP:

  1. Area Parkir: GDP menyediakan area parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung, memastikan bahwa pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat parkir yang aman dan nyaman.
  2. Mushola: Pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah dapat menggunakan mushola yang tersedia di dalam kompleks GDP.
  3. Toilet dan Kamar Mandi: Toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat tersedia di berbagai lokasi di dalam taman rekreasi, memungkinkan pengunjung untuk bersiap-siap sebelum atau setelah beraktivitas di dalam GDP.
  4. Kamar Bilas: Selain toilet dan kamar mandi, kamar bilas juga tersedia untuk memudahkan pengunjung yang ingin bersiap-siap atau membersihkan diri.
  5. Aula: Adanya aula di dalam kompleks GDP memungkinkan penyelenggaraan berbagai acara atau kegiatan, seperti seminar, rapat, atau acara spesial lainnya.
  6. Gazebo: Pengunjung dapat menemukan gazebo di sekitar area taman rekreasi, yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat atau untuk menyimpan barang bawaan mereka selama bermain di Waterboom atau menikmati atraksi lainnya di GDP.
  7. Foodcourt: Di dalam GDP terdapat foodcourt yang menyediakan berbagai macam pilihan kuliner, termasuk menu khas Makassar dan hidangan khas Indonesia lainnya. Pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman yang lezat dengan pemandangan yang menyenangkan di sekitar taman rekreasi.
  8. Toko Souvenir: Toko souvenir di area kompleks GDP memungkinkan pengunjung untuk membeli oleh-oleh khas Makassar sebagai kenang-kenangan dari kunjungan mereka ke taman rekreasi ini.

Dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap dan berkualitas tersebut, GDP menjadi destinasi wisata yang sempurna untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga dan teman-teman. Pengunjung dapat merasa nyaman dan terlayani dengan baik selama berada di dalam taman rekreasi ini.

Wisata Kuliner

Setelah menikmati berbagai wahana dan atraksi yang ditawarkan oleh Gowa Discovery Park, pengunjung tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi kelezatan kuliner khas Makassar yang tersedia di foodcourt yang terdapat di dalam taman rekreasi ini. Foodcourt tersebut menawarkan beragam pilihan menu makanan dan minuman enak, dengan fokus utama pada aneka kuliner khas Makassar yang menjadi daya tarik utama.

Namun, selain kuliner khas Makassar, pengunjung juga dapat menemukan pilihan menu lainnya, termasuk menu-menu Nusantara yang terkenal, yang disajikan dengan tampilan yang sangat menggiurkan. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, pengunjung dapat memuaskan selera mereka dan menikmati berbagai hidangan lezat selama berada di taman rekreasi ini.

Tidak hanya itu, di area yang sama, pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan pusat oleh-oleh khas Makassar yang menyediakan berbagai macam produk lokal. Mulai dari camilan manis, asin-gurih, hingga camilan basah yang lezat dan menggugah selera, pengunjung dapat memilih berbagai oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan khas dari kunjungan mereka ke Makassar. Camilan-camilan ini juga merupakan pilihan yang sempurna untuk dinikmati saat bersantai sambil membaca buku, menonton film, atau sekedar bercengkrama dengan keluarga dan teman.

See also  18 Ulasan Cikao Park Taman Wisata Favorit di Purwakarta

Yang membuat pengalaman ini semakin unik adalah kesempatan untuk berinteraksi dengan burung-burung dari jarak yang sangat dekat. Dengan masuk ke dalam kandang raksasa yang dikelilingi oleh berbagai jenis burung yang terbang bebas, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan indahnya suara burung yang seperti musik alam yang menyenangkan. Namun, meskipun dapat berinteraksi dengan burung, pengunjung diingatkan untuk tetap berhati-hati dan tidak menyakiti atau mengganggu burung-burung tersebut, menjaga keamanan dan kenyamanan mereka serta hewan-hewan lainnya di dalam taman rekreasi ini.

Dengan kombinasi antara kelezatan kuliner khas Makassar, pilihan oleh-oleh yang beragam, dan pengalaman unik berinteraksi dengan burung-burung, Gowa Discovery Park tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menyenangkan untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, tetapi juga tempat yang sempurna untuk menciptakan kenangan yang tak terlupakan selama berlibur di Makassar.

Alamat Rute Lokasi

Gowa Discovery Park terletak di Jalan Tumanurung, Benteng Somba Opu, Barombong, Makassar. Lokasinya strategis dan tidak terlalu jauh dari pusat kota, membuatnya mudah diakses oleh pengunjung dari berbagai area di Kota Makassar.

Tempat ini memiliki keunggulan karena dekat dengan beberapa area vital di Kota Makassar, seperti Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan Trans Studio Makassar. Dari pusat Kota Makassar, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit berkendara untuk mencapai GDP. Rute perjalanan dapat dilakukan dengan mengikuti jalan Veteran Selatan dan kemudian berbelok ke jalan Abdul Kadir. Selanjutnya, pengunjung akan melewati kanal bendungan yang tidak jauh dari UIT sebagai patokan. Setelah melewati rumah-rumah kampung adat, pengunjung akan tiba di depan GDP.

Rute dari Pusat Kota Makassar:

  1. Mulailah perjalanan dari pusat Kota Makassar.
  2. Arahkan kendaraan Anda ke selatan menuju jalan Veteran Selatan.
  3. Lanjutkan perjalanan di jalan Veteran Selatan dan teruskan ke jalan Abdul Kadir.
  4. Anda akan melewati kanal bendungan yang terletak tidak jauh dari Universitas Islam Negeri (UIT). Gunakan kanal bendungan sebagai patokan.
  5. Setelah melintasi kanal bendungan, Anda akan melihat rumah-rumah kampung adat.
  6. Gowa Discovery Park akan terletak di seberang jalan setelah Anda melewati rumah-rumah kampung adat.

Penggunaan aplikasi navigasi seperti Google Maps sangat disarankan untuk memudahkan Anda menemukan lokasi tepat dari Gowa Discovery Park. Dengan mengikuti petunjuk di atas, Anda akan dapat mencapai tujuan Anda dengan lancar dan menikmati pengalaman yang menyenangkan di taman rekreasi ini.

Tips Berkunjung

  1. Periksa Jam Operasional: Sebelum mengunjungi Gowa Discovery Park, pastikan untuk memeriksa jam operasionalnya. Hal ini akan membantu Anda merencanakan kunjungan Anda dengan baik dan memastikan bahwa taman rekreasi tersebut buka pada saat Anda ingin mengunjunginya.
  2. Datang Lebih Awal di Hari Akhir Pekan: Jika Anda berencana mengunjungi Gowa Discovery Park pada hari Sabtu, Minggu, atau hari libur, disarankan untuk datang lebih awal. Hal ini akan membantu Anda menghindari kerumunan pengunjung dan memaksimalkan waktu Anda untuk menikmati semua fasilitas yang ditawarkan.
  3. Kenakan Pakaian yang Tepat: Pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang Anda rencanakan. Jika Anda berencana untuk bermain air di Waterboom, bawa pakaian renang dan perlengkapan yang sesuai. Jika Anda ingin mencoba wahana treetop outbound, pastikan untuk mengenakan pakaian yang cocok untuk kegiatan luar ruangan.
  4. Bawa Perlengkapan Tambahan: Siapkan perlengkapan tambahan seperti handuk, kacamata renang, dan tabir surya. Perlengkapan ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman selama berada di taman rekreasi dan melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.
  5. Perhatikan Aturan dan Petunjuk: Sebelum menggunakan fasilitas di Gowa Discovery Park, pastikan untuk membaca aturan dan petunjuk yang terpampang di area tersebut. Ini akan membantu menjaga keamanan Anda dan pengunjung lainnya, serta memastikan pengalaman berwisata yang menyenangkan bagi semua orang.
  6. Jelajahi Semua Fasilitas: Luangkan waktu untuk menjelajahi semua fasilitas yang ditawarkan di Gowa Discovery Park. Mulai dari Waterboom hingga Taman Satwa dan wahana treetop outbound, pastikan Anda menikmati semua pengalaman yang ditawarkan oleh taman rekreasi ini.
  7. Bersantai dan Nikmati Suasana: Terakhir, jangan lupa untuk bersantai dan menikmati suasana di Gowa Discovery Park. Luangkan waktu untuk menikmati keindahan alam sekitar, berinteraksi dengan burung-burung di taman burung, dan menikmati makanan lezat di foodcourt. Liburan adalah waktu untuk bersantai dan menikmati momen bersama keluarga dan teman-teman.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan dapat merencanakan kunjungan yang menyenangkan dan memuaskan ke Gowa Discovery Park. Selamat berlibur!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Gowa Discovery Park: Destinasi Rekreasi Keluarga Terbaik.

Your email address will not be published. Required fields are marked *