Review Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta, Hanya Ada Dua di Dunia

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan sebuah bukit pasir yang berada di bibir pantai selatan Yogyakarta. Bukit pasir ini memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. juga sering menjadi lokasi untuk kegiatan olahraga ekstrem, seperti selancar pasir, paralayang, dan sepeda gunung.

Gumuk Pasir Parangkusumo, Hanya Ada Dua di Dunia
@basecampjeepjogja

Selain itu, di Gumuk Pasir Parangkusumo juga terdapat beberapa wahana yang menarik, seperti ATV, perahu karet, dan kereta kuda. Ada juga beberapa penjual makanan dan minuman di sekitar objek wisata ini.

Untuk memasuki area Gumuk Pasir Parangkusumo, wisatawan harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Selain itu, pengunjung juga diwajibkan untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mematuhi peraturan yang berlaku di objek wisata ini.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Dengan pemandangan yang indah dan berbagai wahana yang menarik, menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Sejarah

Tidak banyak informasi mengenai sejarah Gumuk Pasir Parangkusumo yang bisa saya temukan, namun objek wisata ini diyakini sudah ada sejak lama dan telah menjadi salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta.

Beberapa sumber menyebutkan Gumuk Pasir Parangkusumo sudah menjadi objek wisata sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia. Pada saat itu, digunakan sebagai tempat untuk aktivitas olahraga ekstrem, seperti balap sepeda dan balap mobil.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Gumuk Pasir Parangkusumo semakin dikenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta. Objek wisata ini pun semakin berkembang dan menjadi tempat yang menarik untuk berbagai kegiatan wisata, seperti selancar pasir, paralayang, sepeda gunung, dan sebagainya.

Seiring dengan perkembangan pariwisata di Yogyakarta, pemerintah dan masyarakat setempat berusaha untuk menjaga kelestarian dan keaslian. Saat ini, objek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini menjadi salah satu ikon wisata Yogyakarta yang sangat diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Meskipun tidak banyak informasi mengenai sejarah Gumuk Pasir Parangkusumo yang bisa diketahui, namun nilai sejarah dan keberadaannya sebagai salah satu ikon wisata Yogyakarta tetap menjadi hal yang penting untuk dilestarikan dan dijaga keberadaannya.

Alamat Akses Lokasi

Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Objek wisata ini berada di bibir pantai selatan Yogyakarta dan dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor atau angkutan umum.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih sekitar 30 km atau dapat ditempuh selama sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Untuk menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo dari pusat kota Yogyakarta, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan seperti mobil atau motor. Selain itu, terdapat juga angkutan umum seperti bus atau taksi yang dapat membawa wisatawan ke objek wisata ini.

Rute

Berikut adalah beberapa rute yang dapat diambil untuk menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo:

  1. Dari Pusat Kota Yogyakarta
  • Berangkat dari pusat kota Yogyakarta, menuju selatan melalui Jalan Imogiri Timur atau Jalan Parangtritis.
  • Teruskan perjalanan hingga tiba di pertigaan Parangkusumo.
  • Dari pertigaan tersebut, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan ojek.
  1. Dari Bandara Internasional Yogyakarta
  • Keluar dari bandara menuju ke Jalan Solo-Yogyakarta.
  • Belok kanan di bundaran Maguwoharjo dan teruskan perjalanan ke arah selatan.
  • Menuju Jalan Parangtritis dan teruskan perjalanan hingga tiba di pertigaan Parangkusumo.
  • Dari pertigaan tersebut, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan ojek.
  1. Dari Stasiun Yogyakarta
  • Keluar dari stasiun dan menuju ke Jalan Kusumanegara.
  • Belok kanan ke arah selatan menuju Jalan Parangtritis.
  • Teruskan perjalanan hingga tiba di pertigaan Parangkusumo.
  • Dari pertigaan tersebut, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan ojek.

Catatan: Untuk wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau taksi untuk mencapai lokasi. Namun, wisatawan perlu menyesuaikan jadwal dan rute angkutan umum yang tersedia.

Dari Malioboro

Jarak antara kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo dengan Jalan Malioboro, pusat kota Yogyakarta, sekitar 25 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit – 1 jam tergantung dari kondisi lalu lintas.

Ada beberapa opsi transportasi yang dapat digunakan dari Malioboro, antara lain:

  1. Kendaraan pribadi atau rental Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di sekitar Malioboro untuk menuju ke kawasan wisata. Terdapat beberapa jalur yang dapat ditempuh untuk menuju ke kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini, antara lain melalui Jalan Parangtritis atau Jalan Wonosari.
  2. Ojek atau taxi Pengunjung juga dapat menggunakan jasa ojek atau taxi yang tersedia di sekitar Malioboro untuk menuju ke kawasan wisata. Namun, sebaiknya negosiasi terlebih dahulu harga yang akan dikenakan sebelum menggunakan jasa ini.
  3. Angkutan umum Pengunjung dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel yang melayani rute Yogyakarta – Wonosari atau Yogyakarta – Parangtritis. Setelah sampai di kawasan Parangtritis atau Wonosari, pengunjung dapat menggunakan ojek atau taxi untuk menuju ke kawasan wisata.

Perlu diingat bahwa akses cukup terbatas, sehingga disarankan untuk datang sebelum jam buka atau membawa kendaraan pribadi untuk memudahkan perjalanan.

Jam Buka

Kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo buka setiap hari dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Namun, untuk aktivitas sandboarding, pengunjung dapat memulainya mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore.

Namun, jam buka tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pemerintah atau kondisi tertentu seperti cuaca yang tidak mendukung atau kondisi pasir yang tidak stabil. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum datang ke kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, pengunjung dapat memastikan terlebih dahulu informasi terbaru mengenai jam buka dan kondisi kawasan wisata tersebut.

Aktivitas

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah tempat yang populer untuk melakukan berbagai aktivitas wisata di Yogyakarta. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan:

  1. Bermain sandboarding Sandboarding adalah olahraga yang mirip dengan snowboarding, namun dilakukan di atas pasir. wisatawan dapat menyewa papan sandboarding dan mencoba bermain sandboarding di atas bukit pasir yang tinggi dan curam. Wisatawan akan merasakan sensasi seru dan menantang saat meluncur di atas pasir.
  2. Bermain ATV Wisatawan juga dapat menyewa ATV (all-terrain vehicle) untuk menjelajahi kawasan. ATV adalah kendaraan roda empat yang dirancang khusus untuk digunakan di medan off-road. Dengan naik ATV, wisatawan dapat menjelajahi bukit pasir, pantai, dan hutan yang ada di sekitar kawasan.
  3. Menikmati pemandangan sunset Pemandangan sunset sangatlah indah. Wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler di atas pantai dan bukit pasir. Pemandangan sunset yang indah ini menjadi salah satu daya tarik utama.
  4. Berjalan-jalan di sekitar kawasan Untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan santai, dapat berjalan-jalan di sekitar kawasan. Wisatawan dapat menikmati panorama alam yang menakjubkan, melihat burung-burung yang terbang di sekitar kawasan, atau sekadar beristirahat dan menikmati keindahan alam.
  5. Bermain kitesurfing juga menjadi tempat yang populer untuk bermain kitesurfing. Kitesurfing adalah olahraga yang dilakukan di atas air dengan menggunakan papan seluncur dan layangan. Di sekitar kawasan, wisatawan dapat menemukan beberapa penyedia jasa yang menyediakan peralatan kitesurfing dan juga mengajar kitesurfing bagi pemula.
  6. Berfoto Wisatawan juga dapat berfoto di berbagai spot menarik yang adadi Gumuk Pasir Parangkusumo. Beberapa spot yang populer untuk berfoto adalah di atas bukit pasir, di pinggir pantai, atau di sekitar hutan. Wisatawan dapat mengabadikan momen indah mereka dengan latar belakang keindahan alam yang menakjubkan.
See also  Pantai Bali Lestari Destinasi Wisata Alam Favorit di Medan

Itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Namun, perlu diingat bahwa wisatawan perlu memperhatikan keselamatan dan kesehatan mereka selama melakukan aktivitas wisata tersebut.

Daya Tarik

Memiliki banyak daya tarik wisata yang dapat membuat pengunjung terpesona. Berikut ini adalah beberapa daya tarik Gumuk Pasir Parangkusumo yang patut untuk diketahui:

  1. Keindahan alam merupakan kawasan wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Terdapat hamparan bukit pasir yang luas, pantai yang indah, serta hutan yang rimbun. Wisatawan dapat menikmati panorama alam yang mempesona dan menenangkan di kawasan ini.
  2. Sandboarding Sandboarding adalah aktivitas yang menjadi daya tarik utama. Pengunjung dapat merasakan sensasi bermain papan seluncur di atas pasir di bukit-bukit pasir yang curam dan tinggi. Sandboarding menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan bagi para pengunjung.
  3. ATV Adventure ATV Adventure adalah salah satu aktivitas wisata yang populer. Dengan naik ATV, pengunjung dapat menjelajahi kawasan yang beragam, mulai dari bukit pasir, hutan, hingga pantai. Pengalaman menjelajahi kawasan dengan ATV sangatlah seru dan menantang.
  4. Kitesurfing juga menjadi tempat yang populer untuk bermain kitesurfing. Pengunjung dapat merasakan sensasi mengarungi ombak dengan papan seluncur dan layangan. Kitesurfing di kawasan menjadi pengalaman yang menarik bagi para pengunjung yang menyukai olahraga air.
  5. Menikmati sunset Pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset yang spektakuler di atas pantai dan bukit pasir. Pemandangan matahari terbenam sangatlah indah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di kawasan tersebut.
  6. Berfoto-foto memiliki banyak spot menarik yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Beberapa spot yang populer adalah di atas bukit pasir, di pinggir pantai, atau di sekitar hutan. Pengunjung dapat mengabadikan momen indah mereka dengan latar belakang keindahan alam yang memukau.

Itulah beberapa daya tarik wisata yang dapat ditemukan di Gumuk Pasir Parangkusumo. Semua daya tarik tersebut dapat memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Fasilitas

Gumuk Pasir Parangkusumo telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini:

  1. Area Parkir Tersedia lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi maupun bus wisata.
  2. Toilet Toilet yang bersih dan nyaman tersedia di beberapa titik di sekitar kawasan wisata.
  3. Warung Makan Di kawasan terdapat banyak warung makan dan kafe yang menyajikan berbagai hidangan lokal dan internasional.
  4. Tempat Istirahat Terdapat banyak area tempat istirahat dan beristirahat yang nyaman dan teduh di kawasan wisata.
  5. Area Bermain Anak Terdapat area bermain anak di sekitar kawasan wisata yang dapat digunakan untuk menghibur anak-anak.
  6. Penginapan Di sekitar kawasan wisata terdapat beberapa penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menginap di kawasan ini.
  7. Sewa ATV Pengunjung dapat menyewa ATV untuk menjelajahi kawasan.
  8. Sandboarding Pengunjung dapat menyewa peralatan sandboarding untuk merasakan sensasi bermain sandboarding di bukit-bukit pasir yang curam dan tinggi.
  9. Kitesurfing Pengunjung dapat menyewa peralatan kitesurfing untuk merasakan sensasi mengarungi ombak dengan papan seluncur dan layangan.

Itulah beberapa fasilitas yang dapat ditemukan di kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo. Semua fasilitas tersebut dapat memenuhi kebutuhan pengunjung dan membuat pengalaman wisata di kawasan ini menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan wisata, pengunjung diwajibkan membeli tiket masuk. Harga tiket masuk ke kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo tergantung pada kategori pengunjungnya, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
    • Dewasa: Rp 15.000,-
    • Anak-anak (usia 3-12 tahun): Rp 7.500,-
  2. Warga Negara Asing (WNA)
    • Dewasa: Rp 50.000,-
    • Anak-anak (usia 3-12 tahun): Rp 25.000,-

Selain tiket masuk, pengunjung yang ingin menyewa peralatan sandboarding, ATV, atau kitesurfing di kawasan wisata ini juga akan dikenakan biaya tambahan. Harga sewa peralatan tersebut bervariasi tergantung pada jenis dan lama waktu penyewaan.

Pengunjung dapat membeli tiket masuk di loket tiket yang tersedia di pintu masuk kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo. Adapun untuk penyewaan peralatan sandboarding, ATV, atau kitesurfing, pengunjung dapat mencari penyedia jasa sewa di sekitar kawasan wisata.

Sunset

Sunset merupakan salah satu momen yang sangat dinanti-nanti oleh pengunjung. Saat matahari mulai terbenam, cahaya matahari memberikan sentuhan warna keemasan pada pasir-pasir yang bergelombang, dan menciptakan pemandangan yang sangat indah dan dramatis. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen tersebut dengan kamera mereka.

Selain menikmati pemandangan sunset di Gumuk Pasir Parangkusumo, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas menarik lainnya, seperti menaiki bukit pasir, bermain sandboarding, atau mengelilingi kawasan wisata menggunakan ATV. Selain itu, kawasan wisata juga menyediakan berbagai pilihan tempat untuk bersantap atau minum-minum yang sangat nyaman untuk menikmati sunset.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan sunset di Gumuk Pasir Parangkusumo, disarankan untuk datang sekitar 1-2 jam sebelum matahari terbenam, sehingga dapat menikmati keindahan kawasan wisata ini sebelum matahari benar-benar terbenam.

Sandboarding

Sandboarding merupakan salah satu aktivitas yang sangat populer di kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo. Aktivitas ini melibatkan pengunjung untuk meluncur dengan papan seluncur diatas pasir yang bergelombang.

Untuk melakukan sandboarding, pengunjung dapat menyewa peralatan sandboarding yang tersedia di sekitar kawasan wisata. Pengunjung akan diberikan papan seluncur dan juga perlengkapan keselamatan seperti helm dan pelindung lutut.

Saat melakukan sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, pengunjung akan merasakan sensasi berbeda dari kegiatan seluncur lainnya seperti snowboarding atau skateboarding. Selain itu, pemandangan yang indah akan semakin memperkaya pengalaman sandboarding ini.

Namun, perlu diingat bahwa sandboarding membutuhkan tingkat keterampilan dan keberanian yang cukup tinggi, sehingga disarankan untuk memperhatikan petunjuk dan keselamatan saat melakukan aktivitas ini.

Camping

Kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu tempat yang populer untuk melakukan camping di Yogyakarta. Terdapat beberapa area di kawasan ini yang disediakan untuk kegiatan camping, seperti di sekitar bukit pasir atau di pinggir pantai.

Untuk melakukan camping di kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, pengunjung harus membawa peralatan camping seperti tenda, sleeping bag, dan alat masak. Namun, bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan camping, terdapat juga beberapa penyedia jasa sewa peralatan camping di sekitar kawasan wisata ini.

Selain itu, terdapat juga beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung yang melakukan camping di kawasan wisata, seperti area parkir, toilet, dan tempat pembuangan sampah. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pemandangan Gumuk Pasir Parangkusumo dan pantai Parangkusumo yang indah.

Namun, sebelum melakukan camping di kawasan wisata, pengunjung disarankan untuk memperhatikan peraturan dan keselamatan yang berlaku di kawasan tersebut serta mempersiapkan diri dengan baik agar dapat menikmati pengalaman camping yang menyenangkan dan aman.

Spot Mancing

Kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo juga merupakan tempat yang populer untuk memancing. Terdapat beberapa spot mancing yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin mencoba memancing di kawasan ini, seperti di sekitar sungai atau di sekitar pantai.

Untuk memancing, pengunjung harus membawa peralatan mancing sendiri, seperti joran, reel, kail, umpan, dan lain sebagainya. Selain itu, pengunjung juga harus memperhatikan peraturan yang berlaku di kawasan wisata ini, seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak lingkungan sekitar, serta menjaga kebersihan kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

Terlebih lagi, pengunjung disarankan untuk tidak memancing di tempat yang berbahaya, seperti di sekitar ombak yang besar atau di sekitar aliran sungai yang deras. Oleh karena itu, sebaiknya pengunjung memilih spot mancing yang aman dan memperhatikan kondisi cuaca dan keadaan sekitar sebelum memulai kegiatan memancing.

Penginapan

Di sekitar kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo terdapat beberapa pilihan penginapan untuk para wisatawan yang ingin menginap di dekat kawasan tersebut. Beberapa pilihan penginapan yang tersedia antara lain hotel, villa, homestay, dan penginapan lainnya.

Beberapa hotel yang terletak dekat dengan kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo antara lain Grand Tjokro Yogyakarta, The Rich Jogja Hotel, dan Ocean View Resort Parangtritis. Selain itu, terdapat juga beberapa villa dan homestay yang bisa menjadi pilihan, seperti Villa Wijaya, Parang Kusumo Villa, dan Villa Puspa.

See also  Review Tumpeng Menoreh, Resto yang Sajikan Keindahan Alam

Harga penginapan di sekitar kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo bervariasi tergantung pada fasilitas dan jenis penginapan yang dipilih. Untuk penginapan dengan fasilitas lengkap seperti hotel atau villa, tarif per malamnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung pada kelas dan fasilitas yang disediakan. Namun, untuk homestay atau penginapan sederhana lainnya, tarifnya lebih terjangkau dan dapat dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki oleh pengunjung.

Hotel Dekat

Beberapa hotel yang terletak dekat dengan kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo diantaranya:

  1. Grand Tjokro Yogyakarta – Hotel ini terletak sekitar 6 km. Hotel bintang 4 ini menawarkan fasilitas kolam renang, restoran, spa, dan pusat kebugaran. Tarif menginap di hotel ini mulai dari sekitar Rp600.000 per malam.
  2. The Rich Jogja Hotel – Terletak sekitar 7 km, hotel ini menawarkan fasilitas kolam renang outdoor, restoran, dan pusat kebugaran. Harga menginap di hotel ini mulai dari sekitar Rp500.000 per malam.
  3. Ocean View Resort Parangtritis – Terletak sekitar 8 km, hotel ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan akses langsung ke Pantai Parangtritis. Harga menginap di hotel ini mulai dari sekitar Rp600.000 per malam.
  4. Villa Puspa – Terletak sekitar 6 km, villa ini menawarkan fasilitas kolam renang outdoor dan akses mudah ke Pantai Parangtritis. Harga menginap di villa ini mulai dari sekitar Rp1.500.000 per malam.
  5. Villa Wijaya – Terletak sekitar 7 km, villa ini menawarkan fasilitas kolam renang outdoor, taman, dan akses mudah ke Pantai Parangtritis. Harga menginap di villa ini mulai dari sekitar Rp1.500.000 per malam.
  6. RedDoorz Plus @ Parangtritis Beach – Terletak sekitar 6 km, hotel ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Harga menginap di hotel ini mulai dari sekitar Rp300.000 per malam.
  7. OYO 671 Sejahtera Family Residence – Terletak sekitar 7 km, hotel ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Harga menginap di hotel ini mulai dari sekitar Rp200.000 per malam.
  8. Rumah Mertua Boutique Hotel & Resto – Terletak sekitar 5 kmo, hotel ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Harga menginap di hotel ini mulai dari sekitar Rp500.000 per malam.
  9. Samudera Pari Cottage – Terletak sekitar 8 km, penginapan ini menawarkan kamar dengan pemandangan laut yang indah dan akses mudah ke Pantai Parangtritis. Harga menginap di penginapan ini mulai dari sekitar Rp400.000 per malam.
  10. Omah Konco Yogyakarta – Terletak sekitar 6 km, homestay ini menawarkan kamar yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Harga menginap di homestay ini mulai dari sekitar Rp250.000 per malam.
  11. Penginapan Ayodya Guesthouse – Terletak sekitar 7 km, penginapan ini menawarkan kamar yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Harga menginap di penginapan ini mulai dari sekitar Rp200.000 per malam.
  12. Homestay Istana Batik – Terletak sekitar 6 km, homestay ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Harga menginap di homestay ini mulai dari sekitar Rp300.000 per malam.
  13. The Grojogan Sewu Homestay – Terletak sekitar 8 km, homestay ini menawarkan kamar yang nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Harga menginap di homestay ini mulai dari sekitar Rp200.000 per malam.
  14. Puri Artha Hotel – Terletak sekitar 5 km, hotel ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Harga menginap di hotel ini mulai dari sekitar Rp400.000 per malam.

Namun, jika Anda ingin menginap di hotel atau homestay yang lebih eksklusif, Anda bisa memilih beberapa pilihan di kawasan Pantai Parangtritis yang juga dekat dengan Gumuk Pasir Parangkusumo, seperti Amanjiwo Resort, The Phoenix Hotel Yogyakarta, Hotel Tentrem Yogyakarta, dan lain-lain. Harga menginap di hotel-hotel tersebut bisa mencapai puluhan juta rupiah per malamnya.

Kuliner

Jika Anda berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas daerah Yogyakarta yang tersedia di sekitar kawasan wisata. Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner yang bisa Anda coba:

  1. Gudeg – makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Anda bisa menemukan berbagai warung gudeg di sekitar kawasan wisata.
  2. Sate Klathak – sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipanggang dengan menggunakan arang dan disajikan dengan nasi dan sambal.
  3. Bakpia – kue yang terbuat dari kacang hijau yang diisi ke dalam kulit kue dan dipanggang. Anda bisa menemukan bakpia di berbagai toko oleh-oleh di sekitar kawasan wisata.
  4. Soto – sup ayam atau sapi dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Anda bisa menemukan soto di warung-warung makan di sekitar kawasan wisata.
  5. Es Dawet – minuman segar yang terbuat dari santan, gula merah, dan agar-agar yang disajikan dengan es batu. Rasanya sangat nikmat dan cocok untuk menghilangkan dahaga di tengah cuaca panas.
  6. Es Kelapa Muda – minuman segar yang terbuat dari air kelapa muda dan es batu. Anda bisa menemukan es kelapa muda di warung-warung makan di sekitar kawasan wisata.

Selain kuliner-kuliner di atas, Anda juga bisa mencoba berbagai macam hidangan lainnya seperti nasi goreng, mie goreng, sate ayam, dan lain-lain yang tersedia di berbagai warung makan dan restoran di sekitar kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

Tempat Makan

Di sekitar kawasan, terdapat berbagai tempat makan dan warung makan yang menyajikan kuliner khas Yogyakarta dan Indonesia. Beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo antara lain:

  1. Warung Gudeg Bu Tjitro – Warung makan yang menyajikan hidangan gudeg dengan cita rasa yang enak dan autentik. Lokasinya berada di Jl. Wijilan No. 167, Kota Yogyakarta, sekitar 30 km.
  2. Warung Handayani – Warung makan yang menyajikan hidangan sate klathak, sate sapi, dan sate kambing dengan cita rasa yang lezat. Lokasinya berada di Jl. Kaliurang KM 5,5 No. 179, Yogyakarta, sekitar 25 km.
  3. Warung Soto Ayam Pak Mardi – Warung makan yang menyajikan hidangan soto ayam dengan cita rasa yang enak dan khas. Lokasinya berada di Jl. Imogiri Timur No. 14, Yogyakarta, sekitar 10 km.
  4. Warung Bu Ageng – Warung makan yang menyajikan hidangan nasi liwet dan berbagai hidangan khas Jawa lainnya. Lokasinya berada di Jl. Kaliurang KM 7, Yogyakarta, sekitar 20 km.
  5. Warung Makan Bu Wiryo – Warung makan yang menyajikan hidangan nasi goreng, mie goreng, dan berbagai hidangan khas Yogyakarta lainnya. Lokasinya berada di Jl. Parangtritis, Gading, Sewon, Bantul, sekitar 5 km.
  6. Warung Makan Bu Agung – Warung makan yang menyajikan hidangan nasi campur dan berbagai hidangan khas Yogyakarta lainnya. Lokasinya berada di Jl. Bantul KM 6,5, Sewon, Bantul, sekitar 5 km.

Selain tempat-tempat makan di atas, Anda juga bisa menemukan berbagai pilihan kuliner di sepanjang jalan menuju Gumuk Pasir Parangkusumo, seperti warung makan sederhana dan pedagang kaki lima yang menyajikan hidangan lezat dengan harga yang terjangkau.

Spot Foto

Menawarkan berbagai spot foto yang menarik dan indah, dengan latar belakang pasir putih yang membentuk bukit-bukit yang menawan. Beberapa spot foto populer di Gumuk Pasir Parangkusumo antara lain:

  1. Bukit Indah – Bukit Indah merupakan salah satu spot foto yang populer. Dari atas bukit ini, Anda bisa menikmati panorama pasir putih yang indah, dan juga menikmati matahari terbenam di ufuk barat.
  2. Bukit Cemara – Bukit Cemara juga merupakan salah satu spot foto yang populer. Dari atas bukit ini, Anda bisa menikmati panorama Gumuk Pasir yang luas dan indah, dengan pohon cemara yang menjulang tinggi sebagai latar belakang yang menawan.
  3. Spot Bermain Pasir – Di sepanjang kawasan, terdapat banyak spot untuk bermain pasir yang cocok untuk dijadikan tempat foto. Anda bisa bermain pasir di bukit-bukit pasir yang berukuran kecil atau menengah, atau mencoba sandboarding di bukit-bukit pasir yang lebih besar.
  4. Spot Bukit Bulu – Bukit Bulu adalah salah satu bukit pasir yang menarik. Dari atas bukit ini, Anda bisa menikmati panorama pasir putih yang luas, serta menikmati matahari terbenam di ufuk barat.
  5. Spot Pohon Cemara – Di sekitar, terdapat beberapa pohon cemara yang tumbuh tinggi di antara bukit-bukit pasir. Pohon-pohon cemara ini bisa dijadikan latar belakang yang menarik untuk foto.
  6. Spot Pintu Langit – Pintu Langit adalah salah satu tempat yang menawarkan panorama pasir putih yang luas dan indah. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan yang menawan, serta mencoba berbagai aktivitas seperti sandboarding dan menikmati matahari terbenam.
  7. Spot Jalur Sutra – Jalur Sutra adalah jalur yang berada di antara dua bukit pasir yang tinggi. Jalur ini sangat populer di kalangan pengunjung sebagai tempat untuk berfoto. Dari sini, Anda bisa menikmati panorama pasir putih yang indah.
  8. Spot Kincir Angin – Di sekitar, terdapat beberapa kincir angin yang berfungsi sebagai pompa air untuk irigasi sawah. Kincir angin ini bisa dijadikan latar belakang yang menarik untuk foto.
  9. Spot Bukit Teletubbies – Bukit Teletubbies adalah bukit pasir yang kecil, yang terkenal karena bentuknya yang mirip dengan bukit-bukit di acara televisi anak-anak “Teletubbies”. Bukit ini sangat populer di kalangan pengunjung sebagai tempat untuk berfoto.
  10. Spot Taman Hutan Pinus – Taman Hutan Pinus merupakan tempat yang ideal untuk berfoto di sekitar, Di sini, Anda bisa menikmati suasana yang sejuk dan segar, serta menikmati keindahan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi.
  11. Spot Jembatan Kayu – Jembatan kayu di sekitar adalah tempat yang indah untuk berfoto. Dari sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menawan, serta menikmati suasana yang tenang dan damai.
  12. Spot Pantai Parangtritis – Anda juga bisa mengunjungi Pantai Parangtritis yang berada di dekatnya. Pantai ini menawarkan panorama laut yang indah, serta berbagai aktivitas pantai yang menarik seperti surfing dan banana boat.
  13. Spot Hutan Mangrove – Hutan Mangrove yang berada di sekitar juga menawarkan panorama yang menarik untuk dijadikan tempat foto. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan pohon-pohon mangrove yang tumbuh di sepanjang pantai.
  14. Spot Bukit Bintang – Bukit Bintang adalah salah satu bukit pasir yang memiliki ketinggian yang cukup tinggi di sekitar. Dari atas bukit ini, Anda bisa menikmati pemandangan pasir putih yang membentang sejauh mata memandang, serta pemandangan laut yang menakjubkan.
  15. Spot Goa Jepang – Goa Jepang merupakan sebuah goa yang terletak di bawah bukit pasir di sekitar. Goa ini merupakan tempat perlindungan bagi pasukan Jepang pada masa Perang Dunia II. Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, Goa Jepang juga menawarkan panorama yang menarik untuk dijadikan tempat foto.
  16. Spot Air Terjun – Terdapat beberapa air terjun yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Air terjun ini bisa dijadikan latar belakang yang menarik untuk foto, serta tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.
  17. Spot Puncak Bukit – Ada beberapa bukit pasir yang memiliki ketinggian yang cukup tinggi di sekitar. Dari puncak bukit-bukit ini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, serta menikmati suasana yang tenang dan damai.
  18. Spot Pohon Cinta – Pohon Cinta adalah sebuah pohon yang memiliki dua batang yang tumbuh bersama-sama, sehingga terlihat seperti sebuah pohon yang saling berpelukan. Pohon Cinta ini menjadi salah satu tempat foto yang populer.
  19. Spot Monumen Kuda Lumping – Monumen Kuda Lumping adalah sebuah patung kuda lumping yang terletak di sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo. Patung ini merupakan simbol dari kebudayaan Jawa, dan sering dijadikan tempat foto oleh pengunjung.
  20. Spot Batu Perawan – Batu Perawan adalah sebuah batu besar yang berada di sekitar. Batu ini memiliki legenda yang menarik, dan sering dijadikan tempat foto oleh pengunjung.
See also  Pantai Cermin Theme Park: Rekreasi Seru dengan Harga Tiket Terjangkau

Itulah beberapa spot foto yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat berfoto dan berlibur di sana.

Pantai Dekat

Terdapat beberapa pantai yang terletak di sekitar daerah Parangkusumo dan dapat dijadikan destinasi wisata yang menarik. Berikut adalah beberapa pantai dekat Gumuk Pasir Parangkusumo:

  1. Pantai Parangtritis – Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling terkenal di Yogyakarta dan hanya berjarak sekitar 5 km. Pantai ini menawarkan keindahan pemandangan pantai, ombak yang besar, serta hamparan pasir putih yang luas.
  2. Pantai Depok – Pantai Depok adalah pantai yang terletak sekitar 10 km. Pantai ini menawarkan suasana yang lebih tenang dan sepi dibandingkan dengan pantai Parangtritis, sehingga cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan pantai.
  3. Pantai Kukup – Pantai Kukup adalah pantai yang terletak sekitar 13 km. Pantai ini menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang tenang, serta keindahan terumbu karang yang bisa dijadikan tempat snorkeling.
  4. Pantai Krakal – Pantai Krakal adalah pantai yang terletak sekitar 26 km. Pantai ini menawarkan keindahan pemandangan pantai yang masih alami, dengan pasir putih dan bebatuan besar di sekitar pantai.
  5. Pantai Baron – Pantai Baron adalah pantai yang terletak sekitar 29 km. Pantai ini menawarkan keindahan pemandangan pantai dengan pasir putih dan bebatuan besar, serta memiliki sebuah air terjun yang menarik untuk dikunjungi.

Itulah beberapa pantai dekat Gumuk Pasir Parangkusumo yang bisa dijadikan destinasi wisata yang menarik. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat berkunjung ke sana.

Wisata Sekitar

Selain Gumuk Pasir Parangkusumo dan pantai-pantai yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat juga beberapa wisata sekitar yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke daerah Parangkusumo. Berikut adalah beberapa wisata sekitar yang bisa menjadi alternatif destinasi wisata:

  1. Goa Pindul – Goa Pindul adalah gua yang terletak sekitar 50 km. Gua ini terkenal dengan aktivitas tubing, yaitu mengarungi sungai di dalam gua menggunakan ban dalam. Selain tubing, Goa Pindul juga menawarkan keindahan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan.
  2. Air Terjun Sri Gethuk – Air Terjun Sri Gethuk adalah air terjun yang terletak sekitar 42 km. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa menikmati olahraga air seperti rafting.
  3. Bukit Bintang – Bukit Bintang adalah bukit yang terletak sekitar 18 km. Bukit ini menawarkan pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Selain menikmati keindahan alam, Bukit Bintang juga menjadi tempat populer untuk para penggemar olahraga paralayang.
  4. Museum Ullen Sentalu – Museum Ullen Sentalu adalah museum yang terletak sekitar 32 km. Museum ini menawarkan koleksi seni dan budaya Jawa yang sangat berharga, seperti wayang, batik, perhiasan, dan lukisan.
  5. Candi Prambanan – Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu yang terletak sekitar 26 km. Candi ini merupakan salah satu keajaiban dunia dan menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta.

Itulah beberapa wisata sekitar yang bisa dijadikan alternatif destinasi wisata saat berkunjung ke daerah Parangkusumo. Selamat berlibur!

Review Review Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta, Hanya Ada Dua di Dunia.

Your email address will not be published. Required fields are marked *