Gunung Dago Wisata Favorit Camping di Parung Panjang Bogor

Bukit indah Gunung Dago Parung Panjang Bogor menjadi salah satu daya tarik alam yang menarik di kota ini. Terletak di Desa Dago, Cikuda Wanaherang, Parung Panjang, Bogor, bukit ini menawarkan panorama yang menakjubkan.

Pesona Wisata Alam Gunung Dago Bikin Wisatawan Betah

Meskipun relatif baru, tempat wisata Gunung Dago telah menjadi favorit di Bogor sejak diresmikan pada tahun 2019. Awalnya berada di lahan milik Perhutani, kawasan ini kemudian dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa dan Rimba (LMDH) sebagai kawasan wisata. Dengan luas wilayah sekitar 10 hektar, ekosistem alam di Gunung Dago tetap terjaga dengan baik.

Tempat wisata ini cocok bagi keluarga dan teman yang ingin menikmati suasana alam yang segar. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, termasuk villa, saung, kampung adat, wahana ATV, sepeda ontel, dan area bermain anak-anak. Salah satu hal yang sangat direkomendasikan adalah mengambil foto di spot-spot indah yang memiliki latar belakang pegunungan hijau. Hal ini akan membuat foto Anda semakin menarik.

Tidak hanya keindahan alam, Gunung Dago juga menawarkan pengalaman budaya dengan adanya kampung kebiasaan yang dapat dikunjungi. Konsep wisata budaya di sekitar kampung ini memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari tempat lain.

Jika Anda mencintai alam dan ingin merasakan petualangan lebih dekat, Anda juga dapat mencoba camping di tempat ini. Fasilitas sewa alat camping disediakan, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki perlengkapan sendiri. Dengan berbagai daya tarik alam dan budaya, Gunung Dago Parung Panjang Bogor menawarkan pengalaman liburan yang beragam dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Gunung Dago Bogor

Wisata alam di Bogor memang memiliki beragam pilihan, dan salah satunya adalah kawasan Gunung Dago. Meskipun disebut “gunung,” sebenarnya tempat ini lebih mirip bukit daripada gunung sejati. Kawasan ini tidak terlalu tinggi dan lebih cocok dijadikan tujuan rekreasi daripada pendakian.

Di Gunung Dago, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam perbukitan yang indah. Selain itu, terdapat banyak wahana yang bisa dinikmati di objek wisata ini, seperti ATV, motor trail, outbound, dan perkampungan adat lengkap dengan rumah tradisional. Tempat ini sangat cocok untuk keluarga, karena menawarkan berbagai kegiatan yang sesuai untuk segala usia.

Harga tiket masuk Gunung Dago juga sangat terjangkau, dan terdapat beberapa wahana yang memiliki tarif tambahan di luar tiket masuk. Bagi yang tertarik untuk camping, ada pilihan tiket camping reguler maupun paket camping keluarga yang bisa dipilih. Selain itu, tarif parkir kendaraan juga cukup terjangkau.

Berikut adalah daftar harga tiket masuk dan berbagai fasilitas di Wisata Alam Gunung Dago Parung Panjang:

Harga Tiket Masuk:

  • Paket Masuk: Rp. 15.000,- per orang
  • Tiket Masuk: Rp. 10.000,- per orang
  • Tiket Selfie: Rp. 5.000,- per orang

Parkir:

  • Parkir Motor: Rp. 5.000,- per unit
  • Parkir Mobil: Rp. 20.000,- per unit

Wahana:

  • Mobil Offroad: Rp. 10.000,- per perjalanan pulang pergi
  • Sepeda Gantung: Rp. 15.000,- per orang
  • Becak: Rp. 15.000,- per orang
  • Ayunan: Rp. 10.000,- per orang
  • Kereta Anak: Rp. 10.000,- per 30 menit
  • Motor ATV: Rp. 20.000,- per 15 menit
  • Flying Fox: Rp. 25.000,- per orang
  • Wahana Selfie (Sarang Burung, Jembatan, Matahari, Perahu, Menara, Bulan, Bintang): Rp. 5.000,- per wahana per orang
See also  Tirtania WaterPark Wisata Air Populer dan Asri di Bogor

Fasilitas Tambahan:

  • Sewa Tenda: Rp. 100.000,- per tenda
  • Camping: Rp. 25.000,- per orang

Pilihan Paket Masuk:

  1. Paket Masuk: Rp. 15.000,-
    • Tiket Masuk
    • Gratis 8 spot Selfie
  2. Paket Masuk + Mobil Offroad: Rp. 25.000,-
    • Tiket Masuk
    • Gratis 8 spot Selfie
    • Mobil Offroad (pulang pergi)
  3. Paket Prewedding: Rp. 250.000,-
    • Tiket Masuk
    • Gratis semua spot foto
    • Maksimal 6 orang
    • Kamar Ganti
  4. Paket Aula: Rp. 500.000,-
    • Kapasitas 50 orang
    • Sistem suara
    • *Tidak termasuk Tiket Masuk
  5. Paket Konsumsi: Rp. 250.000,-
    • Nasi Liwet / 10 orang
    • Nasi box
    • Prasmanan
  6. Paket Sewa Lahan:
    • Sewa Lahan Cafe:
      • Siang (08:00 – 17:00): Rp. 1.500.000,-
      • Malam (19:00 – 06:00): Rp. 1.000.000,-
    • Sewa Lahan Kampung Adat:
      • Sewa Malam (06:00 – 06:00 WIB): Rp. 5.000.000,-

Dengan keindahan alam dan berbagai wahana menarik, Gunung Dago Bogor menjadi pilihan yang baik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Jam Buka

Gunung Dago Bogor merupakan objek wisata yang buka setiap hari, dari pagi hingga sore. Namun, perlu diingat bahwa jam buka dapat berbeda antara hari biasa dan hari libur, dengan waktu operasional yang lebih panjang pada hari libur.

Jam Operasional: Senin – Minggu: 07:00 – 17:00

Jadi, jika Anda berencana untuk mengunjungi Gunung Dago Bogor, pastikan Anda datang antara jam operasional yang telah ditentukan. Hal ini akan memastikan Anda dapat menikmati seluruh pengalaman wisata dengan baik.

Sekilas Tentang Daya Tarik Wisata Gunung Dago Bogor

Gunung Dago merupakan destinasi wisata alam yang menarik di Bogor, selain kawasan Puncak yang sudah dikenal secara luas. Keindahan alam yang masih alami bukanlah satu-satunya daya tarik yang ditawarkan oleh Gunung Dago, karena fasilitas dan wahana wisata yang lengkap juga turut menyempurnakan pengalaman kunjungan Anda bersama keluarga.

Gunung Dago tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau, tetapi juga menyediakan beragam fasilitas dan wahana yang akan membuat kunjungan Anda menjadi lebih nyaman dan tak terlupakan. Inilah salah satu alasan mengapa Gunung Dago menjadi salah satu tujuan wisata populer di Bogor, selain kawasan Puncak.

Tempat wisata Gunung Dago Bogor adalah salah satu destinasi baru yang resmi dibuka untuk umum pada tahun 2019. Sebelumnya, area seluas 10 hektar ini dikelola oleh Perhutani. Namun, kemudian pengelolaannya diserahkan kepada Lembaga Masyarakat Desa dan Hutan, dengan tujuan untuk mengembangkan kawasan ini menjadi destinasi wisata.

Walaupun telah diubah menjadi destinasi wisata, kelestarian alam di Gunung Dago tetap terjaga. Pengunjung dapat menikmati suasana sejuk pegunungan sambil berpartisipasi dalam berbagai aktivitas rekreasi yang seru. Fasilitas yang tersedia di lokasi ini sangat lengkap, memberikan kenyamanan kepada para pengunjung. Sehingga, pengalaman di Gunung Dago tidak kalah menarik dengan destinasi lainnya seperti Embun Lawu di Tawangmangu.

Spot Foto

Berfoto di berbagai spot menarik menjadi salah satu daya tarik utama dari tempat wisata ini. Keindahan panorama alam sekitarnya yang masih alami memberikan latar yang sempurna untuk mengabadikan momen berharga Anda.

Pihak pengelola telah dengan teliti menyiapkan sejumlah spot foto menarik yang dapat dipilih oleh para pengunjung. Setiap spot memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri. Misalnya, spot sayap yang menghadirkan kesan unik dengan jam kayu yang juga menjadi salah satu pilihan menarik. Tidak hanya itu, spot bulan yang cantik juga menjadi pilihan favorit para pengunjung.

Selain spot-spot tersebut, tersedia pula spot berupa rumah kayu atau sarang burung yang dibuat dari ranting-ranting. Keberadaan batu-batu besar dan gardu pandang juga turut menambah pesona tempat ini. Dengan pemandangan yang menakjubkan, spot-spot ini menjadi tempat ideal untuk berfoto dan mendapatkan hasil yang memukau.

See also  Mandapa Kirana Resort, Penginapan Ala Bali Eropa di Bogor

Wahana Ekstrem

Tidak hanya menyediakan spot-spot foto yang menarik, tetapi tempat ini juga menawarkan wahana-wahana yang dapat menguji adrenalin Anda. Salah satunya adalah sepeda gantung yang terletak di ketinggian sekitar belasan meter dari permukaan tanah, atau yang dikenal dengan sebutan flying fox.

Sensasi berada di atas ketinggian dan meluncur dengan cepat melalui udara tentu akan membuat detak jantung Anda berdegup lebih kencang. Terutama ketika angin menghembus dengan lembut saat Anda meluncur. Selain itu, terdapat juga wahana ayunan jurang yang mirip dengan salah satu wahana terkenal di Tegalalang Rice Terrace.

Namun, meskipun terlihat menantang, Anda tidak perlu khawatir. Wahana-wahana ini telah dilengkapi dengan standar keselamatan yang tinggi. Perlengkapan yang baik dan prosedur keselamatan yang ketat akan memastikan bahwa Anda dan pengunjung lainnya dapat menjalani wahana-wahana ini dengan aman dan menyenangkan.

Camping

Selain menyediakan fasilitas untuk berfoto dan mengeksplorasi wahana-wahana seru, tempat ini juga menawarkan kemungkinan bermalam yang menarik. Terdapat area khusus yang berupa lapangan yang dapat digunakan untuk camping bersama teman atau keluarga.

Selama acara camping, Anda akan memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan Gunung Dago secara lebih mendalam selama 24 jam. Anda dapat merasakan romantisme matahari terbenam, menikmati suasana malam dengan api unggun yang hangat, dan merasakan kesegaran udara pagi yang menyegarkan.

Bagi mereka yang tidak ingin repot dengan perkemahan, tersedia juga opsi penyewaan villa atau penginapan di Gunung Dago ini. Dengan pilihan ini, Anda dan keluarga dapat tetap merasakan kenyamanan selama menginap di tengah lingkungan alam yang masih alami dan indah ini.

Piknik

Selain menyediakan opsi bermalam, keindahan wisata alam ini juga bisa dinikmati tanpa perlu menginap. Tidak sedikit wisatawan yang memilih kawasan sekitar tempat ini sebagai destinasi piknik mereka bersama keluarga.

Anda dapat memilih gazebo sebagai tempat piknik yang nyaman, dan gazebo-gazebo ini tersebar di beberapa titik di sekitar area. Gazebo-gazebo ini memiliki desain yang unik, menyerupai saung dengan bentuk segitiga yang menjulang tinggi.

Jika Anda tidak membawa bekal makanan, tidak perlu khawatir karena tersedia warung di lokasi ini. Meskipun tidak menyajikan makanan khas Bogor yang terkenal seperti Soto Bogor, tetapi hidangan yang tersedia sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan makan Anda.

Bersepeda

Bersepeda menjadi salah satu aktivitas favorit yang populer di Gunung Dago. Pagi atau sore hari, rombongan pesepeda dari Bogor dan sekitarnya sering berkumpul untuk menjelajahi bukit ini.

Mereka biasanya melakukan perjalanan keliling melalui desa-desa dan mencapai puncak dengan melewati medan yang berat. Sebagian besar jalur sepeda ini masih berupa tanah berbatu dan dapat menjadi licin saat hujan, menambah tantangan dan keasyikan dalam bersepeda.

Jika Anda tertarik untuk mencoba aktivitas ini tetapi tidak membawa sepeda, Anda dapat menyewa sepeda ontel yang tersedia di lokasi. Meskipun berbeda dengan sepeda gunung pribadi, pengalaman bersepeda di lingkungan bukit yang alami tetap akan memberikan kenangan yang berharga.

Wisata Edukasi

Destinasi wisata Gunung Dago juga menyediakan berbagai permainan menarik yang cocok untuk anak-anak. Beberapa di antaranya adalah permainan tradisional seperti egrang atau ayunan, serta berbagai permainan taman kanak-kanak lainnya.

Selain itu, di tempat ini Anda bisa menemukan permainan becak mini yang bisa dinikmati bersama anak-anak. Mengelilingi area dengan becak ini tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk Anda dan buah hati.

See also  19 Review Menarik Puncak Segoro Wisata Viral di Yogyakarta

Tidak hanya sekedar bermain, Anda juga dapat mengajak anak-anak untuk belajar dan mencoba berkebun. Selain mendapatkan kesenangan dari bermain, anak-anak juga akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang bermanfaat.

Kampung Adat

Salah satu daya tarik yang membuat Gunung Dago Bogor begitu menarik adalah kehadiran kampung adatnya. Di kawasan ini, para wisatawan dapat menjumpai sebuah kampung dengan rumah-rumah yang memiliki desain yang unik dan khas. Rumah-rumah ini memiliki bentuk segitiga dengan penyangga tiang kayu yang kuat. Atapnya yang terbuat dari bambu dan jerami tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dari cuaca, tetapi juga menjadi dinding rumah.

Rumah-rumah tersebut tidak memiliki tembok di sisi kanan dan kiri, karena atap yang melengkung juga berfungsi sebagai tembok alami. Tidak ada pintu di bagian depan dan belakang rumah, namun rumah dengan atap jerami ini memberikan kesejukan yang nyaman. Angin segar dari gunung dapat langsung mengalir melalui ruangan di dalam rumah.

Wisatawan juga diperbolehkan untuk duduk dan bersantai di dalam rumah-rumah ini, sembari menikmati keindahan alam Gunung Dago. Dari jendela rumah, pemandangan yang terbentang mengarah ke bawah, seakan seluruh Kota Bogor terlihat dari ketinggian tempat ini. Inilah salah satu pengalaman unik yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Gunung Dago Bogor.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Kawasan Gunung Dago Bogor sangat lengkap meskipun tempat ini relatif baru. Di antaranya adalah akomodasi seperti penginapan dan villa, yang dapat disesuaikan dengan ukuran rombongan yang datang, mirip dengan konsep glamping di beberapa tempat wisata terkenal.

Fasilitas umum seperti mushola dan toilet juga telah disediakan untuk kenyamanan pengunjung. Anda tidak perlu khawatir lagi mencari tempat untuk keperluan tersebut.

Untuk tempat bersantai, terdapat banyak gazebo yang terbuat dari bambu dengan atap daun nipah atau kelapa, menciptakan suasana yang alami dan tenang.

Pengunjung yang datang dengan mobil, motor, atau rombongan juga akan dimudahkan dengan lahan parkir yang luas. Untuk memudahkan akses dari tempat parkir menuju lokasi, tersedia angkutan wisata yang dapat digunakan.

Sebelum meninggalkan kawasan, Anda juga dapat mampir ke toko oleh-oleh khas Bogor yang telah disiapkan oleh pengelola. Dengan fasilitas yang komprehensif seperti ini, pastinya Anda akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di Gunung Dago Bogor.

Alamat Lokasi Rute

Lokasi Wisata Gunung Dago Bogor terletak di Jl. Raya Dago, Cikuda, Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat mengikuti beberapa rute yang tersedia. Namun, penggunaan aplikasi seperti Google Maps akan membantu Anda menemukan rute terbaik dari lokasi Anda. Jaraknya sekitar 30 kilometer lebih dari Bogor, Depok, atau Tangerang Selatan, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Pastikan untuk mempersiapkan petunjuk navigasi dan mengikuti jalur terbaik yang diberikan oleh aplikasi, agar Anda sampai dengan lancar di Wisata Gunung Dago Bogor.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Gunung Dago Wisata Favorit Camping di Parung Panjang Bogor.

Your email address will not be published. Required fields are marked *