20 Review Menarik Gunung Putri Lembang Tempatnya Camping yang Instagramable

Bosan dengan kegiatan wisata yang biasa-biasa saja di Bandung? Gunung Putri Lembang adalah pilihan yang benar-benar unik. Gunung ini sangat ramah bagi para pendaki pemula. Treknya berupa tangga yang teratur dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai puncak. Di puncaknya, terdapat sebuah tugu yang terkenal dengan nama Tugu Sespim.

Wisata Alam Gunung Putri Lembang, Tujuan Favorit Pecinta Camping di Bandung
Wisata Alam Gunung Putri Lembang, Tujuan Favorit Pecinta Camping di Bandung

Gunung ini memiliki ikatan mitos dengan Legenda Sangkuriang yang tak terelakkan. Konon, tempat ini menjadi tempat persembunyian Dayang Sumbi yang melarikan diri dari Sangkuriang. Dari Gunung Putri, Sangkuriang menendang perahu yang berubah menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

Bandung, yang dulunya merupakan ibukota Jawa Barat, terletak sekitar 120 kilometer dari Jakarta. Kota ini terkenal dengan suasana dan udaranya yang sejuk, menjadikannya tujuan favorit para wisatawan dari seluruh Indonesia. Jika kamu mengunjungi Bandung, pastikan untuk menjelajahi berbagai tempat wisata yang ada di kota ini, termasuk Gunung Putri Lembang.

Gunung Putri adalah salah satu wilayah pegunungan di Lembang yang sering disebut sebagai “Negeri di Atas Awan”. Jika kamu datang pada pagi hari, kamu akan melihat lapisan awan yang terlihat seperti negeri dongeng.

Gunung Putri Lembang adalah destinasi wajib yang harus kamu kunjungi di Bandung. Wisata ke Gunung Putri dapat menjadi pilihan rekreasi yang berbeda di Bandung.

Wisata ke Gunung Putri Bandung sangat cocok untuk pendaki pemula, karena hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai puncak. Treknya cenderung mudah dilalui, sehingga memudahkan pendaki pemula dalam mendaki hingga Tugu Sespim.

Tugu Sespim adalah penanda puncak yang menjadi spot foto favorit para pengunjung. Gunung ini juga memiliki mitos terkait legenda Dayang Sumbi yang konon kabur dari Sangkuriang menuju gunung ini.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Berikut adalah alamat lengkap dan rute akses untuk menuju Gunung Putri Lembang:

Alamat: Gunung Putri Lembang Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia

Rute Akses:

  1. Dari Bandung, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi menuju Lembang. Perjalanan dari Bandung ke Lembang biasanya memakan waktu sekitar 30-45 menit tergantung kondisi lalu lintas.
  2. Setelah sampai di Lembang, ikuti Jl. Raya Lembang menuju arah utara.
  3. Kemudian, setelah melewati Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, belok kanan ke Jl. Sersan Bajuri.
  4. Ikuti jalan tersebut terus hingga mencapai Jl. Jayagiri.
  5. Belok kiri ke Jl. Jayagiri dan terus ikuti jalan tersebut.
  6. Setelah beberapa waktu, kamu akan menemukan Jl. Gunung Putri di sebelah kanan. Belok kanan ke Jl. Gunung Putri.
  7. Terus ikuti jalan tersebut hingga kamu mencapai lokasi Gunung Putri Lembang.

Pastikan selalu memperhatikan petunjuk arah dan menggunakan aplikasi peta atau navigasi jika diperlukan.

Tiket Masuk

Biaya masuk ke Wisata Alam Gunung Putri Lembang sangat terjangkau bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan tempat ini. Berikut adalah rincian harga tiket masuk dan tarif parkir yang berlaku:

  1. Tiket Masuk Hiking:
    • Biaya tiket masuk hiking sebesar Rp. 10.000 per orang.
  2. Tiket Masuk Camping:
    • Biaya tiket masuk camping sebesar Rp. 22.000 per orang.
  3. Tarif Parkir Kendaraan untuk Hiking:
    • Parkir motor: Rp. 5.000
    • Parkir mobil: Rp. 10.000
  4. Tarif Parkir Kendaraan untuk Camping:
    • Parkir motor: Rp. 10.000
    • Parkir mobil: Rp. 20.000

Harap dicatat bahwa harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola Wisata Alam Gunung Putri Lembang. Pastikan untuk mengonfirmasi harga yang terkini sebelum mengunjungi tempat ini.

Biaya yang terjangkau ini memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk menikmati keindahan alam tanpa memberatkan budget perjalanan.

Untuk kunjungan ke Gunung Putri Lembang, terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan:

  1. Membawa kartu identitas diri: Pastikan kamu membawa kartu identitas diri, seperti KTP atau SIM, dan menunjukkannya kepada petugas di lokasi guna pendataan dan verifikasi identitas.
  2. Mematuhi protokol kesehatan: Selama kunjungan, wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini termasuk penggunaan masker wajah yang menutupi hidung dan mulut, menjaga jarak fisik minimal 1 meter dengan pengunjung lain, serta menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara teratur atau menggunakan hand sanitizer.

Selalu periksa kebijakan terbaru terkait protokol kesehatan yang berlaku di lokasi tersebut sebelum melakukan kunjungan, karena persyaratan dapat berubah sesuai dengan situasi dan kebijakan pemerintah setempat. Pastikan untuk mematuhi semua persyaratan yang ditetapkan agar kunjungan kamu berjalan lancar dan aman.

Kawasan wisata Gunung Putri Lembang memiliki jam operasional yang berlaku selama 24 jam setiap harinya. Artinya, pengunjung dapat mengakses dan mengunjungi kapan saja sepanjang hari, tanpa ada batasan waktu tertentu. Namun, perlu diingat bahwa meskipun kawasan wisata buka 24 jam, tetap penting untuk memperhatikan keselamatan dan keamanan saat melakukan kunjungan, terutama jika mengunjungi pada malam hari. Pastikan untuk melakukan perencanaan dan persiapan yang tepat sebelum mengunjungi.

Fasilitas

Gunung Putri Lembang memang memiliki kemiripan dengan Bukit Alas Bandawasa di Bogor dalam hal keindahan alam yang menakjubkan. Keduanya menawarkan pemandangan yang mempesona dan memberikan ketenangan serta kebebasan dari stres sehari-hari. Bagi para pecinta alam dan pendaki gunung, Wisata Gunung Putri Lembang adalah pilihan yang tepat untuk merasakan sensasi yang berbeda dan pengalaman baru.

Panorama alam yang menakjubkan menjadi daya tarik utama dari Wisata Gunung Putri Lembang. Dengan ketinggian puncaknya mencapai 1587 mdpl, tempat ini menjadi spot favorit untuk menikmati pemandangan Kota Bandung yang memukau. Trekking menuju puncak juga memberikan pengalaman menarik dengan kabut tipis yang mengalir di antara pepohonan pinus, menciptakan pemandangan yang indah. Tempat ini juga sangat cocok untuk berfoto, terutama saat siang hari dan senja ketika matahari terbenam.

Selain berfoto selfie, salah satu aktivitas lainnya yang paling berkesan adalah berkemah atau camping di puncaknya . Oleh karena itu, tidak mengherankan jika wisata ini juga menjadi salah satu destinasi favorit untuk berkemah di Lembang. Dengan membayar tiket masuk, pengunjung dapat menikmati fasilitas yang disediakan dan menciptakan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.

Gunung Putri Lembang menyajikan keindahan alam yang menakjubkan dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung. Dengan berbagai kegiatan dan fasilitas yang tersedia, tempat ini menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam di tengah kehidupan perkotaan.

Gunung Putri Lembang menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di sana:

  1. Area Parkir: Terdapat area parkir yang cukup luas untuk memudahkan pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
  2. Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat tersedia di lokasi Gunung Putri untuk kenyamanan pengunjung.
  3. Warung Makan: Terdapat warung makan atau restoran di sekitar area Gunung Putri, di mana pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan lokal atau makanan ringan.
  4. Mushola: Terdapat mushola atau tempat ibadah bagi pengunjung yang ingin melaksanakan sholat atau beribadah.
  5. Villa & Penginapan: Di sekitar Gunung Putri, terdapat villa atau penginapan yang dapat disewa oleh pengunjung yang ingin menginap dan menikmati lebih banyak waktu di kawasan ini.
  6. Camping Ground: Terdapat area camping ground di Gunung Putri, tempat pengunjung dapat mendirikan tenda dan berkemah di tengah alam yang indah.
  7. Spot Foto: Kawasan Gunung Putri menyediakan spot-spot foto menarik yang bisa menjadi latar belakang yang cantik untuk mengabadikan momen liburanmu. Pepohonan pinus, pemandangan alam, atau objek-objek menarik lainnya akan menjadi daya tarik untuk berfoto.
See also  29 Review Menarik Curug Bugbrug, Wisata Alam Natural Di Bandung

Dengan adanya fasilitas ini, pengunjung dapat menikmati kunjungan mereka dengan lebih nyaman dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi.

Sejarah Mitos Legenda Misteri

Gunung Putri di Lembang, Bandung memiliki sejarah dan legenda yang masih melegenda hingga saat ini. Awalnya, di puncak Gunung Putri terdapat sebuah benteng peninggalan zaman kolonial Belanda. Meskipun saat ini benteng tersebut tidak terawat dengan baik dan tertutup oleh rumput ilalang dan tanah, bangunan tersebut masih kokoh dan kuat.

Benteng Gunung Putri, atau sering disebut juga sebagai Benteng Jayagiri oleh warga sekitar, konon dibangun antara tahun 1913 hingga 1917 oleh pemerintah Belanda, pada masa Perang Dunia Pertama. Meskipun sudah lama berdiri, benteng ini masih menyimpan cerita sejarah yang menarik bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, Gunung Putri Lembang Bandung juga terkait dengan legenda yang terkenal, yaitu Legenda Sangkuriang. Menurut cerita yang dikenal di Jawa Barat, tempat ini dikaitkan dengan kisah persembunyian Dayang Sumbi, yang sedang dikejar oleh anaknya, Sangkuriang. Sangkuriang sangat mengagumi dan mencintai ibunya, sehingga ingin menikahinya. Namun, Dayang Sumbi menolak dan memutuskan untuk melarikan diri dari anaknya.

Legenda Sangkuriang dan keberadaan Gunung Putri Lembang Bandung memiliki ikatan yang kuat dalam cerita rakyat setempat. Hal ini menambah nuansa mistis dan sejarah yang menarik bagi para pengunjung yang tertarik dengan aspek budaya dan mitos setempat.

Dengan mengetahui sejarah dan legenda di balik Gunung Putri Lembang, pengunjung dapat lebih menghargai dan memahami keunikan tempat ini, sambil menikmati keindahan alamnya yang mempesona.

Terdapat cerita menarik lainnya terkait Gunung Putri Lembang di Bandung. Konon, dalam legenda Sangkuriang, Sangkuriang memukul perahu yang sedang dikerjakan oleh Dayang Sumbi menjadi Gunung Tangkuban Parahu. Gunung Tangkuban Parahu kemudian menjadi gunung yang memiliki kawah yang terkenal dan menjadi tujuan wisata populer di kawasan tersebut.

Selain itu, Gunung Putri Lembang juga memiliki nama lain yang terkenal, yaitu “Negeri di Atas Awan”. Nama ini menggambarkan kondisi cuaca di puncak Gunung Putri yang sering kali diselimuti oleh kabut tebal, menciptakan pemandangan yang magis dan eksotis.

Wisatawan yang mengunjungi Gunung Putri Lembang dapat menikmati keindahan alam yang memukau sambil merasakan atmosfer mistis dan misterius yang dipercaya terkait dengan sejarah dan legenda tempat tersebut. Hal ini membuat pengalaman menjadi lebih berkesan dan mendalam.

Dengan menjelajahi sejarah, mitos, dan legenda Gunung Putri Lembang, pengunjung dapat mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang tempat ini dan memperkaya perjalanan wisata mereka. Selain menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga dapat merasakan keunikan budaya dan kearifan lokal yang terkait dengan tempat tersebut.

Larangan Dan Aturan

Ketika mengunjungi Gunung Putri Lembang, terdapat beberapa larangan dan aturan yang perlu diikuti demi menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan. Berikut ini adalah beberapa larangan dan aturan yang berlaku:

  1. Larangan Merusak Alam: Dilarang merusak atau mengambil tanaman, hewan, batu, atau benda-benda alam lainnya. Jaga kelestarian alam dan jangan meninggalkan sampah di area wisata.
  2. Larangan Memasuki Area Terlarang: Ada beberapa area yang mungkin dilarang untuk dimasuki atau ditandai sebagai zona terlarang. Pastikan untuk menghormati tanda-tanda dan peringatan yang ada.
  3. Larangan Membakar Api: Dalam rangka menjaga keamanan dan mencegah kebakaran, dilarang membuat api unggun atau melakukan kegiatan yang dapat memicu kebakaran di area
  4. Aturan Tentang Tenda: Jika berkemah, pastikan untuk memasang tenda hanya di area yang ditentukan dan mematuhi aturan yang berlaku terkait berkemah.
  5. Aturan Tentang Pembuangan Sampah: Jaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Pastikan untuk membawa kantong sampah sendiri dan membawa pulang semua sampah yang dihasilkan.
  6. Aturan Tentang Hewan Peliharaan: Beberapa tempat wisata mungkin memiliki aturan tentang membawa hewan peliharaan. Pastikan untuk mengetahui kebijakan terkait membawa hewan peliharaan sebelum mengunjungi.
  7. Aturan Tentang Jam Malam: Terdapat aturan terkait jam malam di area camping. Pastikan untuk mematuhi aturan tersebut dan menjaga ketenangan lingkungan saat malam hari.
  8. Patuhi Protokol Kesehatan: Terutama dalam masa pandemi Covid-19, patuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti menjaga jarak sosial, mengenakan masker, dan mencuci tangan secara teratur.

Pastikan untuk membaca dan mematuhi semua larangan dan aturan yang berlaku demi menjaga kelestarian alam dan keamanan bersama. Dengan menjadi wisatawan yang bertanggung jawab, kita dapat menikmati pengalaman wisata yang menyenangkan sambil menjaga lingkungan yang indah.

Aktivitas

Wisata Gunung Putri di Lembang Bandung menawarkan pengalaman wisata alam yang mempesona dan menawan. Tempat ini menjadi incaran wisatawan karena keindahan pemandangan alamnya. Bukit Gunung Putri terkenal dengan pemandangan alam yang indah dan memanjakan mata. Tempat ini sangat cocok bagi traveler dan pecinta alam.

Saat mengunjungi Gunung Putri, wisatawan akan merasakan suasana yang romantis dengan perpaduan alam asri dan pemandangan hamparan rumah-rumah penduduk di sekitarnya. Puncak bukit Gunung Putri, atau yang sering disebut puncak bintang, merupakan tempat yang menawarkan pemandangan indah dan menjadi tempat yang sangat instagramable. Keindahannya menjadikannya tempat wisata favorit di Lembang.

Pastikan untuk menikmati setiap momen di Wisata Gunung Putri dan menjaga kebersihan serta kelestariannya. Nikmati keindahan alam yang memukau dan buatlah kenangan yang tak terlupakan selama berlibur di Lembang Bandung.

Kawasan wisata Gunung Putri Lembang menawarkan berbagai aktivitas yang terkait dengan kegiatan alam dan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan wisata ini:

Trekking

Bagi kamu yang mencari pengalaman petualangan yang unik di Lembang Bandung, jangan lewatkan Gunung Putri sebagai tujuan wisata alam yang menakjubkan. Trekking menuju puncaknya hanya membutuhkan sekitar 30 menit, dengan waktu yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi fisik masing-masing.

Jalur trekking yang akan kamu lalui menuju puncak sangat ramah bagi pendaki, terutama bagi pemula. Meskipun medannya cukup menanjak, kamu tidak akan menghadapi kesulitan yang berarti. Namun, disarankan untuk tidak melakukan pendakian terlalu siang, karena ketika sampai di puncak, sinar matahari akan tepat di atas dan tidak ada pepohonan yang bisa memberikan teduh.

Dengan menapaki jalur ini, kamu akan menemukan keindahan alam yang memukau dan pemandangan yang tak terlupakan. Gunung Putri Lembang menawarkan pengalaman trekking yang memacu adrenalin, sambil menikmati keindahan alam yang memanjakan mata.

Selalu ingat untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan trekking, termasuk membawa perlengkapan yang sesuai dan memperhatikan kondisi cuaca. Nikmati setiap langkahmu dalam petualangan ini dan buat kenangan tak terlupakan.

Menikmati Pemandangan City Light Bandung Malam Hari

Menikmati City Light, kegemerlapan lampu perkotaan Kota Bandung, merupakan salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan di kawasan wisata Gunung Putri Lembang. Dari ketinggian, kamu dapat melihat pancaran lampu warna-warni yang memperindah malam dan memberikan suasana romantis. Bagi mereka yang berkemah di sini, pemandangan City Light kota Bandung menjadi hiburan yang menyenangkan pada malam hari.

Namun, pengalaman ini sangat tergantung pada kondisi cuaca. Saat cuaca cerah, keindahan cahaya lampu kota akan terlihat jelas. Namun, jika kurang beruntung, lampu-lampu kota mungkin akan tertutup oleh kabut atau kondisi cuaca yang kurang baik. Namun, jangan khawatir, pemandangan alam lainnya juga tetap menawarkan pesonanya yang tak tergantikan.

Pastikan untuk memilih waktu yang tepat dan memperhatikan perkiraan cuaca saat merencanakan kunjungan agar kamu dapat menikmati keindahan City Light secara maksimal.

See also  Wisata Gunung Tidar: Sejarah, Tiket Masuk, Daya Tarik

Spot Foto

Aktivitas hunting foto di setiap sudut Gunung Putri Lembang merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Ada begitu banyak momen indah yang dapat diabadikan selama kunjungan, dan kamu bisa menggunakan kamera atau ponselmu untuk mengambil foto-foto tersebut.

Setiap sudut di Gunung Putri Lembang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang patut diabadikan. Mulai dari pemandangan alam yang memukau, hutan pinus yang hijau, puncak dengan panorama luar biasa, hingga detail-detail kecil yang menarik perhatian. Kamu dapat mengambil foto-foto yang mencerminkan keindahan alam, momen berharga bersama teman atau keluarga, atau bahkan karya seni fotografi yang kreatif.

Pastikan untuk menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan saat hunting foto, serta mematuhi aturan yang berlaku di kawasan tersebut. Dengan memanfaatkan kamera atau ponselmu, kamu dapat mengabadikan momen-momen tak terlupakan selama berada dan mengenangnya selamanya.

Camping

Wisata Alam Gunung Putri Lembang yang Makin Ngehits
Wisata Alam Gunung Putri Lembang yang Makin Ngehits

Jika kamu mencari pengalaman camping yang tak terlupakan di Lembang, Gunung Putri adalah tempat yang tepat. Kawasan ini menyediakan area camping di puncak atau di kaki gunung yang bisa kamu nikmati. Suasana hutan yang sejuk dan udara segar di ketinggian 1.587 meter di atas permukaan laut akan menjadi teman setiamu selama kamu berkemah. Pastikan untuk membawa peralatan camping seperti tenda, lampu, dan peralatan masak agar kamu lebih nyaman selama berkemah.

Berkemah di Gunung Putri memberikan pengalaman yang menakjubkan, terutama bagi pecinta alam. Kamu akan terpesona oleh panorama alam yang memukau dan udara yang segar di sekitarmu. Selama berkemah, kamu bisa menikmati semburat cahaya matahari saat matahari terbit dan tenggelam yang memberikan pemandangan yang indah.

Di pagi hari setelah matahari terbit, kamu dapat menjelajahi alam sekitar atau mencari tempat yang unik untuk berfoto sebagai latar belakang yang menarik. Selain keberadaan hutan pinus yang memukau, terdapat juga sebuah benteng kuno yang disebut Jayagiri yang akan memberikan nuansa yang unik untuk foto-foto kamu.

Namun, sayangnya, di kawasan camping ini tidak ada jasa sewa tenda dan perlengkapan lainnya, sehingga mungkin sedikit sulit bagi wisatawan yang tidak membawa perlengkapan sendiri. Pastikan untuk mempersiapkan semua perlengkapan camping yang kamu butuhkan sebelum berkunjung ke Gunung Putri agar kamu dapat mengoptimalkan pengalaman berkemahmu di sana.

Keunikan Daya Tarik

Gunung Putri di Lembang merupakan salah satu daya tarik utama di kota Bandung, terutama di kecamatan Lembang, karena banyaknya wisata alam yang indah.

Selain wisata kuliner yang terkenal, wisata alam ketinggian seperti Gunung Putri juga sangat populer di daerah ini.

Gunung Putri Lembang memiliki ketinggian sekitar 1.580 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Menurut legenda, Gunung Putri memiliki kaitan erat dengan cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbi, dan lokasinya juga berdekatan dengan Gunung Tangkuban Perahu. Oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati wisata sejarah di tempat ini.

Selain memiliki ketinggian yang sedang, jalur pendakian ke puncaknya juga relatif mudah. Hanya butuh sekitar 30 menit untuk mencapai puncak Gunung Putri.

Saat berada di puncak, pengunjung dapat menikmati pemandangan eksotis dan pemandangan pepohonan hijau yang menenangkan.

Inilah salah satu alasan utama mengapa Gunung Putri menjadi favorit bagi para pendaki pemula. Oleh karena itu, Gunung Putri menjadi destinasi wisata yang populer di Bandung, terutama bagi pendaki pemula.

Hutan Pinus

Di kawasan Gunung Putri, terdapat hutan pinus yang mempesona. Hutan ini memberikan pengalaman rekreasi yang menarik bagi pengunjung. Pengunjung dapat bersantai, melakukan trekking, atau hanya sekedar mengambil foto-foto di hutan pinus ini.

Hijau dan rapatnya pepohonan di hutan pinus menambah keindahan alam dan menciptakan suasana yang sejuk. Terutama pada saat tertentu, ketika kabut tebal menyelimuti area hutan, pengunjung dapat menghasilkan foto dengan kesan mistis yang memikat.

Berjalan-jalan di antara pepohonan pinus yang tinggi dan menjulang memberikan sensasi yang menenangkan dan menghadirkan keindahan alam yang alami. Suasana yang tenang dan segar membuat pengunjung merasa terhubung dengan alam.

Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera atau ponselmu untuk mengabadikan keindahan hutan pinus ini. Foto-foto dengan latar belakang pepohonan pinus dan kabut tebal akan menciptakan hasil yang menakjubkan dan misterius.

Nikmati keindahan hutan pinus di Gunung Putri, rasakan kedamaian alamnya, dan buat kenangan indah di tengah pesona hijau hutan yang memikat.

Sunrise Dan Sunset

Menikmati Sunrise di Gunung Putri adalah pengalaman yang tak terlupakan. Saat berada di kawasan wisata ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit yang romantis. Fenomena alam ini menjadi atraksi utama bagi mereka yang melakukan kegiatan outdoor.

Saat berkemah di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan matahari terbit dari puncak gunung ini. Tidak ada pepohonan yang menghalangi pandangan, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan yang terbentang di depan mereka. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat keindahan gunung-gunung lainnya, seperti Gunung Tangkuban Parahu, Rakutak, Burangrang, dan banyak lagi.

Pemandangan matahari terbit di Gunung Putri menawarkan keindahan yang memukau dan memberikan suasana yang romantis. Rasakan pesonanya saat sinar matahari muncul di cakrawala, menyinari sekitar dengan kehangatan dan keindahan alam yang tak ternilai.

Pastikan untuk mengatur waktu dengan baik dan menyiapkan kamera atau perangkat lain untuk mengabadikan momen indah saat matahari terbit di Gunung Putri. Nikmati pengalaman yang menakjubkan ini dan buat kenangan tak terlupakan di alam bebas yang mempesona ini.

Kuliner Tempat Makan

Di Gunung Putri Lembang, terdapat beberapa warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman untuk para pengunjung. Warung makan ini menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat dan mengisi perut setelah menikmati keindahan alam di sekitar Gunung Putri. Pengunjung dapat menemukan makanan seperti nasi goreng, mie goreng, bakso, sate, maupun makanan tradisional Jawa Barat lainnya.

Warung makan biasanya menyajikan makanan dalam suasana yang nyaman dan alami, dengan pemandangan yang menakjubkan sebagai latar belakang. Selain itu, beberapa warung makan juga menyediakan tempat duduk yang terletak di tepi bukit atau hutan pinus, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Namun, perlu diingat bahwa pilihan warung makan mungkin terbatas dan tidak sebanyak di pusat kota. Jadi, disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri jika diperlukan, terutama jika menginginkan variasi menu atau memiliki preferensi makanan tertentu.

Pastikan untuk memperhatikan kebersihan dan keamanan makanan yang disajikan di warung makan. Selalu memilih warung makan yang memiliki reputasi baik dan menjaga kebersihan serta kualitas makanan yang disajikan.

Dengan adanya warung makan, para pengunjung dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati keindahan alam yang memukau di sekitar mereka.

Penginapan Hotel Dekat

Di sekitar Gunung Putri Lembang, terdapat berbagai pilihan villa dan penginapan yang dapat disewa oleh pengunjung yang ingin menginap dan menikmati lebih banyak waktu di kawasan ini. Villa dan penginapan ini biasanya menawarkan akomodasi yang nyaman dengan pemandangan alam yang indah.

Pilihan villa dan penginapan sangat beragam, mulai dari villa yang mewah dengan fasilitas lengkap hingga penginapan sederhana yang cocok untuk budget traveler. Beberapa villa dan penginapan mungkin terletak di sekitar hutan pinus atau dengan pemandangan indah kebun atau perkebunan.

Fasilitas yang ditawarkan oleh villa dan penginapan juga beragam, termasuk kamar tidur yang nyaman, kamar mandi, dapur atau pantry, ruang tamu, balkon atau teras, dan fasilitas lainnya seperti kolam renang, taman, area bermain, atau restoran.

Harga sewa villa dan penginapan bervariasi tergantung pada fasilitas, ukuran villa, dan musim kunjungan. Disarankan untuk melakukan reservasi sebelumnya agar mendapatkan tempat menginap sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

See also  Bukit Holbung Samosir Objek Wisata Nan Eksotis di Sumatera Utara

Dengan menginap di villa atau penginapan, Anda dapat menikmati kenyamanan dan ketenangan sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan di sekitarnya.

Wisata Sekitar

Ada beberapa objek wisata menarik di sekitar Gunung Putri Lembang yang bisa Anda kunjungi:

  1. Tangkuban Perahu: Objek wisata ini terletak sekitar 10 kilometer . Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang terkenal dengan kawahnya yang indah. Anda dapat menikmati pemandangan kawah yang unik dan menarik di sini.
  2. Floating Market Lembang: Terletak sekitar 6 kilometer, Floating Market Lembang adalah tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik berbelanja di perahu-perahu yang mengapung di danau. Anda dapat menikmati berbagai makanan dan minuman, serta berbagai kegiatan rekreasi di sini.
  3. Farm House Lembang: Tempat wisata yang cocok untuk keluarga ini terletak sekitar 5 kilometer. Di Farm House, Anda dapat menikmati suasana pedesaan yang nyaman dengan pemandangan indah dan berinteraksi dengan hewan-hewan seperti domba dan kelinci.
  4. The Lodge Maribaya: Terletak sekitar 10 kilometer, The Lodge Maribaya adalah kompleks wisata alam yang menawarkan pemandangan pegunungan yang indah, air terjun, dan wahana permainan seperti sky bridge dan flying fox.
  5. Kampung Gajah Wonderland: Terletak sekitar 7 kilometer, Kampung Gajah Wonderland adalah taman rekreasi yang menawarkan berbagai wahana dan atraksi, seperti wahana air, permainan anak-anak, dan berbagai spot foto menarik.
  6. Orchid Forest Cikole: Terletak sekitar 8 kilometer, Orchid Forest Cikole adalah taman bunga yang indah dengan berbagai jenis anggrek dan tumbuhan hias lainnya. Anda dapat menikmati keindahan alam dan berjalan-jalan di tengah pepohonan dan bunga-bunga yang cantik di sini.

Selain itu, masih banyak tempat wisata lainnya di sekitar Gunung Putri Lembang seperti Dusun Bambu, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Taman Begonia, dan masih banyak lagi. Setiap tempat wisata menawarkan pengalaman dan keindahan alam yang berbeda. Jadi, Anda memiliki banyak pilihan untuk menjelajahi dan menikmati liburan di daerah tersebut.

Tips

Bagi para wisatawan yang tertarik mengunjungi Gunung Putri Lembang, berikut adalah beberapa tips yang dapat memudahkan perjalananmu:

  1. Persiapkan Perlengkapan: Pastikan untuk membawa perlengkapan hiking atau camping yang lengkap dari rumah, karena tidak ada penyewaan alat di lokasi. Pastikan kamu telah menyiapkan segala perlengkapan yang diperlukan agar perjalananmu berjalan lancar.
  2. Bawa Bekal Makanan dan Minuman: Karena tidak ada penjual di lokasi, penting untuk membawa bekal makanan, jajanan, dan minuman dari rumah. Pastikan kamu membawa cukup makanan dan minuman agar tidak kelaparan selama perjalanan.
  3. Pakai Pakaian yang Aman dan Hangat: Karena suhu sangat dingin, pakailah pakaian yang aman dan hangat saat mendaki. Pastikan kamu membawa jaket, sepatu, dan celana yang nyaman untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan menuju puncak.
  4. Bawa Obat dan Alat P3K: Selalu bawa obat dan alat P3K sebagai tindakan pencegahan jika terjadi luka atau sakit selama perjalanan. Ini akan membantu menjaga keselamatan dan kenyamananmu selama berada.
  5. Pilih Cuaca yang Cerah: Usahakan datang pada saat cuaca cerah agar kamu dapat menikmati semua pemandangan tanpa terhalang kabut atau cuaca buruk. Cuaca yang baik juga memastikan keamanan selama perjalanan.
  6. Waktu Berkemah: Jika kamu memutuskan untuk berkemah, disarankan datang pada pagi atau sore hari. Hindari mendaki saat siang hari ketika cuaca terik, karena dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi. Jika tidak menginap, datang lebih awal sekitar pukul 04.00 agar dapat menikmati matahari terbit yang indah.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu akan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk perjalananmu ke Gunung Putri Lembang dan dapat menikmati pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Kekurangan

Meskipun Gunung Putri Lembang memiliki daya tarik dan keindahan alam yang menarik, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi tempat wisata ini:

  1. Akses Jalan yang Curam: Beberapa rute menuju Gunung Putri Lembang memiliki jalan yang curam dan berliku-liku. Hal ini mungkin membuat perjalanan menjadi sedikit menantang, terutama bagi pengemudi yang kurang berpengalaman atau kendaraan yang kurang handal. Disarankan untuk mengemudi dengan hati-hati dan mempersiapkan kendaraan dengan baik sebelum melakukan perjalanan.
  2. Terbatasnya Fasilitas: Terdapat keterbatasan fasilitas seperti toko, warung makan, atau tempat penyewaan peralatan. Pengunjung disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri, serta perlengkapan yang diperlukan seperti tenda, alat masak, dan peralatan camping lainnya.
  3. Cuaca yang Berubah-ubah: Terletak di daerah pegunungan, sehingga cuaca di sana dapat berubah dengan cepat. Pengunjung perlu memperhatikan perkiraan cuaca sebelum pergi dan mempersiapkan diri dengan pakaian yang sesuai untuk melindungi dari suhu yang dingin atau hujan.
  4. Kemungkinan Keramaian: Terutama pada hari libur atau musim liburan, Gunung Putri Lembang dapat menjadi tujuan populer bagi wisatawan. Hal ini dapat menyebabkan keramaian dan antrian di beberapa area, terutama di tempat parkir atau saat melakukan aktivitas seperti trekking. Disarankan untuk mengunjungi pada hari biasa atau mengatur waktu kunjungan di luar jam sibuk untuk menghindari keramaian.

Meskipun ada beberapa kekurangan, pengunjung masih dapat menikmati keindahan alam dan pengalaman yang berharga dengan persiapan dan perencanaan yang baik.

FAQ

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) mengenai Gunung Putri Lembang:

  1. Apa lokasi Gunung Putri Lembang? Terletak di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.
  2. Berapa harga tiket masuk Gunung Putri Lembang? Harga tiket masuk dapat berbeda tergantung jenis aktivitas. Untuk hiking, tiket masuk sekitar Rp. 10.000 per orang. Sedangkan untuk camping, tiket masuk sekitar Rp. 22.000 per orang. Perlu diperhatikan bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.
  3. Bagaimana cara mencapai puncak Gunung Putri Lembang? Untuk mencapai puncak Gunung Putri, Anda dapat melakukan trekking selama sekitar 30 menit. Jalur trekking yang dilewati cenderung bersahabat dan tidak terlalu sulit. Pastikan untuk memperhatikan kondisi fisik dan membawa perlengkapan yang sesuai.
  4. Apa saja fasilitas yang tersedia di Gunung Putri Lembang? Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain area parkir, toilet, warung makan, mushola, villa dan penginapan, camping ground, serta spot foto.
  5. Apakah di Gunung Putri Lembang terdapat tempat untuk berkemah? Ya, Terdapat area camping ground yang dapat digunakan untuk berkemah. Pastikan untuk mematuhi aturan dan menjaga kebersihan selama berkemah.
  6. Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Gunung Putri Lembang? Anda dapat melakukan trekking, camping, menikmati panorama alam, menikmati sunrise atau sunset, berburu foto di berbagai spot menarik, dan menikmati suasana alam yang tenang.
  7. Apakah ada larangan atau aturan yang perlu diikuti di Gunung Putri Lembang? Ya, ada beberapa larangan dan aturan yang perlu diikuti, seperti tidak merusak alam, mengikuti protokol kesehatan, membuang sampah pada tempatnya, dan mematuhi aturan berkemah serta jam malam.
  8. Apakah ada penginapan di sekitar Gunung Putri Lembang? Ya, Terdapat berbagai pilihan villa dan penginapan yang dapat disewa oleh pengunjung yang ingin menginap dan menikmati lebih banyak waktu di kawasan tersebut.

Harap dicatat bahwa informasi di atas dapat berubah seiring waktu, maka sebaiknya Anda memverifikasi langsung dengan pihak yang berwenang atau pengelola Gunung Putri Lembang untuk mendapatkan informasi terkini sebelum berkunjung.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 20 Review Menarik Gunung Putri Lembang Tempatnya Camping yang Instagramable.

Your email address will not be published. Required fields are marked *