22 Review Menarik Hutan Kota GBK, Tempat Piknik Favorit di Jakarta

Hutan Kota GBK Gelora Bung Karno telah mengalami perubahan yang sepenuhnya unik setelah dilakukan renovasi menyeluruh. Pada tahun 2018, suasana di kompleks olahraga GBK dipenuhi oleh euforia Asian Games. Renovasi dilakukan untuk mendukung acara olahraga terbesar di Asia ini. Salah satu area yang mengalami perubahan signifikan adalah Hutan Kota GBK, yang juga dikenal sebagai Hutan Kota Senayan.

Hutan Kota GBK, Tempat Piknik Hits di Jakarta
Hutan Kota GBK, Tempat Piknik Hits di Jakarta

Setelah Asian Games berakhir, Hutan Kota GBK ditutup untuk renovasi. Banyak orang penasaran dengan penampilan baru ruang terbuka hijau ini. Setelah dibuka kembali, kawasan ini telah berhasil menjadi tempat rekreasi yang menarik minat banyak pengunjung. Beberapa bahkan menyamakan Hutan Kota GBK ini dengan Central Park di Kota New York, Amerika Serikat.

Salah satu kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan di sini adalah piknik, yang dapat menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari yang membosankan. Jakarta, sebagai Ibu Kota Indonesia, merupakan sebuah pusat perkotaan yang padat dengan populasi penduduk yang besar. Oleh karena itu, beberapa warga Jakarta mungkin merasa jenuh dengan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, menghadapi kemacetan saat pergi atau pulang dari tempat kerja, dan tingkat pencemaran udara di Jakarta yang kadang membuat kita merasa lelah.

Saat ini, Jakarta semakin banyak memiliki taman hijau yang dapat digunakan sebagai tempat rekreasi di tengah kota. Salah satunya adalah taman yang baru-baru ini dibuka di sebelah Restoran Plataran, juga dikenal sebagai Hutan Kota Gelora Bung Karno. Jadi, jika Anda mulai merasa lelah dan jenuh, tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk pergi jauh, Anda dapat mencoba mengunjungi taman ini untuk berekreasi bersama keluarga atau teman-teman Anda. Dan yang terbaik dari semuanya, tempat ini dapat dinikmati secara gratis.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Untuk mengunjungi Hutan Kota GBK, Anda perlu menuju ke Gelanggang Olahraga Bung Karno (GBK) dan masuk melalui Pintu 5. Meskipun pintu lain juga dapat digunakan, akses terdekat ke taman rekreasi ini adalah melalui Pintu 5 GBK.

GBK berlokasi di pusat perkotaan Jakarta, dan Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota. Waktu perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 25 menit, namun dapat berbeda tergantung pada kondisi lalu lintas.

Pastikan untuk menggunakan navigasi atau peta untuk memandu perjalanan Anda agar sampai dengan tepat ke Pintu 5 GBK. Ketika Anda tiba di lokasi, Anda dapat mengikuti petunjuk atau tanda-tanda yang mengarah ke Hutan Kota GBK untuk menikmati waktu rekreasi di taman yang indah ini.

Alamat lengkap dan rute akses ke Hutan Kota GBK adalah sebagai berikut:

Alamat: Hutan Kota GBK (Gelanggang Olahraga Bung Karno) Pintu 5 Senayan, Jl. Jenderal Sudirman, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270, Indonesia

Cara Masuk Hutan Kota GBK

Untuk masuk ke Hutan Kota GBK, ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh:

  1. Kendaraan Pribadi: Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda dapat memarkirkan kendaraan di area parkir sisi selatan GBK. Ikuti petunjuk arah menuju area parkir dan pastikan untuk mematuhi aturan parkir yang berlaku.
  2. Kendaraan Umum (Transjakarta): Hutan Kota GBK juga mudah dijangkau menggunakan transportasi umum, seperti Transjakarta. Turunlah di halte Gelora Bung Karno dan dari sana Anda bisa berjalan kaki menuju Pintu 5 GBK yang berada di seberang mal FX. Setelah melewati pintu 5, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit
  3. MRT: Jika Anda memilih menggunakan MRT, turunlah di Stasiun Istora Mandiri dan keluar melalui pintu yang mengarah ke Istora. Selanjutnya, masuklah ke area Gelora Bung Karno melalui Pintu 7 dan Anda hanya perlu berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit.

Untuk mencapai Hutan Kota GBK menggunakan Busway TransJakarta, terdapat beberapa pilihan rute yang dapat kamu pilih:

  1. Koridor 1, jurusan Blok M – Kota: Turun di Halte Gelora Bung Karno.
  2. Koridor 3F, jurusan Kalideres – Gelora Bung Karno (GBK): Turun di Halte GBK.

Selain itu, terdapat juga rute-rute bus lain yang melewati Halte GBK, seperti:

  • Reguler Bus Rapid Transit (BRT), seperti 4C (Tu Gas – Bundaran Senayan) dan 9C (Pinang Ranti – Bundaran Senayan).
  • Bus Reguler Non-BRT, seperti 1F (Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan) dan 6D (St. Tebet – Bundaran Senayan 1).
  • Bus Gratis, misalnya GR1 (Bundaran Senayan – Harmoni).
  • Royaltrans D32 (Cinere – Bundaran Senayan).
  • Transjabodetabek T11 (Poris Plawad – Bundaran Senayan).

Untuk informasi lebih lengkap mengenai rute bus TransJakarta, kamu dapat mengunjungi situs resmi TransJakarta atau mengakses aplikasi TransJakarta secara langsung.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk arah yang ada di sekitar GBK dan memperhatikan rambu-rambu yang mengarahkan ke Hutan Kota GBK. Dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum yang tersedia, Anda dapat mencapai destinasi tersebut dengan nyaman dan mudah.

Pastikan untuk memperhatikan rambu-rambu dan petunjuk arah yang ada di sekitar area GBK agar sampai dengan tepat ke lokasi Hutan Kota GBK. Jika Anda memiliki kendala dalam menemukan rute atau alamat, Anda juga dapat menghubungi pihak GBK atau menggunakan layanan transportasi umum atau taksi untuk membantu Anda mencapai tujuan dengan lancar.

Tiket Masuk

Hutan Kota GBK adalah salah satu kawasan area hijau yang berada di tengah tengah Kota dki Jakarta yang berfungsi untuk ruang terbuka hujau dan lahan konservasi. Sebelumnya, kawasan ini dikenal sebagai golf driving range atau lapangan golf. Namun, menjelang Asian Games 2018, tempat ini mengalami renovasi menyeluruh untuk mempersiapkan pesta olahraga se-Asia tersebut.

Setelah Asian Games berakhir, area ini berubah menjadi kawasan hijau yang indah dan menarik. Antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap tempat ini menyebabkan pemerintah pusat secara resmi menjadikannya sebagai destinasi wisata baru di Jakarta. Lahan seluas 4 hektar ini memiliki peran penting sebagai paru-paru kota, sebagaimana dijelaskan dalam buku Inovasi Birokrasi oleh Gogor Oko Nurharyoko.

Salah satu hal yang menarik adalah bahwa pengunjung dapat masuk ke area Hutan Kota GBK tanpa dikenakan biaya. Masyarakat dapat menikmati keindahan taman yang hijau dan rindang dengan gratis di sini. Dengan demikian, Hutan Kota GBK menjadi tempat yang menawarkan keindahan alam dan merupakan salah satu alternatif rekreasi yang terjangkau di tengah hiruk-pikuk Kota Jakarta.

Hutan Kota GBK memiliki kebijakan tiket masuk gratis, sehingga Anda dapat mengunjungi tempat ini tanpa harus membayar. Pengunjung dapat datang kapan saja tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Namun, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda perlu membayar tiket parkir di area GBK. Pembayaran parkir hanya dapat dilakukan melalui e-money, jadi pastikan Anda membawa kartu e-money yang dapat digunakan untuk pembayaran tersebut.

Untuk jam operasional, Hutan Kota GBK dibagi menjadi beberapa sesi. Tempat ini buka setiap hari mulai dari hari Senin hingga Minggu. Berikut adalah jadwal sesi yang dapat Anda perhatikan:

  1. 06.00-08.00 WIB
  2. 08.00-10.00 WIB
  3. 10.00-12.00 WIB
  4. 12.00-14.00 WIB
  5. 14.00-16.00 WIB
  6. 16.00-18.00 WIB
  7. 18.00-20.00 WIB

Anda dapat memilih sesi yang paling sesuai dengan jadwal Anda untuk mengunjungi Hutan Kota GBK. Namun, perlu diingat bahwa jadwal tersebut dapat berubah atau disesuaikan dengan kebijakan pihak GBK, jadi disarankan untuk memeriksa informasi terkini sebelum mengunjungi tempat tersebut.

Syarat Masuk

Untuk saat ini, dengan dicabutnya status PPKM, syarat dan peraturan khusus yang sebelumnya diterapkan di Hutan Kota GBK sudah tidak berlaku lagi. Pengunjung hanya diminta untuk tetap tertib dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di area Hutan Kota.

See also  Surga Alam di eMTe Highland Resort: Petualangan dan Ketenangan di Ciwidey

Namun, masih tetap diberikan imbauan kepada pengunjung untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi mengingat bahwa meskipun status Pandemi Covid-19 telah berkurang, namun masih ada risiko penyebaran virus yang perlu diwaspadai.

Sebagai pengunjung, penting untuk mematuhi imbauan dan tindakan pencegahan yang disarankan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tangan. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Anda dapat menikmati kunjungan Anda dengan lebih aman dan nyaman.

Fasilitas

Di Hutan Kota GBK, pengunjung dapat menggunakan fasilitas jogging track untuk berolahraga sambil menikmati pemandangan hijau sekitar. Fasilitas ini memungkinkan masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuh sambil menikmati suasana alam yang menenangkan.

Selain itu, terdapat juga food court dan kios tenda di dalam area. Pengunjung dapat mencoba berbagai kuliner khas Jakarta yang tersedia di sana. Menikmati makanan sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Hutan Kota GBK juga merupakan tempat yang cocok untuk mengadakan piknik bersama keluarga. Pengunjung dapat membawa makanan dan minuman sendiri, dan menikmatinya di area yang disediakan. Namun, penting untuk tetap menjaga kebersihan taman dengan membuang sampah pada tempatnya dan merawat fasilitas yang ada.

Beberapa sarana pendukung lainnya meliputi amphitheater, kolam ikan, dan plaza utama. Fasilitas-fasilitas ini menambah kenyamanan dan variasi pengalaman bagi pengunjung. Anda dapat menikmati pertunjukan atau acara di amphitheater, menikmati keindahan kolam ikan, atau hanya bersantai di plaza utama.

Dengan berbagai fasilitas dan sarana pendukung yang ada, Hutan Kota GBK menjadi tempat yang menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, berolahraga, menikmati makanan, dan menikmati keindahan alam dalam suasana yang nyaman dan terjaga.

Hutan Kota GBK, yang berlokasi di area Gelora Bung Karno, menyediakan beberapa sarana umum yang memadai, termasuk:

  1. Tempat Parkir: Terdapat area parkir yang disediakan. Tempat parkir ini memungkinkan pengunjung untuk mengamankan kendaraan mereka selama mengunjungi taman.
  2. Toilet: Fasilitas toilet tersedia untuk kenyamanan pengunjung. Toilet ini memungkinkan pengunjung untuk menjaga kebersihan diri mereka saat berada di taman.
  3. Kursi di tempat taman: Taman ini dilengkapi dengan kursi atau bangku-bangku yang tersebar di sekitar area taman. Pengunjung dapat menggunakan kursi ini untuk istirahat sejenak, menikmati suasana, atau menikmati piknik dengan nyaman.
  4. Masjid: Dalam rangka mengakomodasi kebutuhan spiritual pengunjung, Hutan Kota GBK juga menyediakan masjid. Pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah dapat memanfaatkan fasilitas masjid yang tersedia.

Dengan adanya sarana umum seperti tempat parkir, toilet, kursi di tempat taman, dan masjid, Hutan Kota GBK berupaya memberikan fasilitas yang diperlukan agar pengunjung dapat menikmati pengalaman rekreasi yang nyaman dan terorganisir.

Sejarah

Memiliki sejarah yang menarik. Berikut adalah gambaran singkat tentang sejarah Hutan Kota GBK:

  1. Awal Mula: Sebelum menjadi Hutan Kota GBK, area ini dulunya adalah golf driving range atau lapangan golf di Gelanggang Olahraga Bung Karno (GBK). Lapangan golf tersebut merupakan salah satu fasilitas olahraga yang ada di GBK.
  2. Renovasi untuk Asian Games 2018: Menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018, area Hutan Kota GBK menjadi salah satu target renovasi. Renovasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan keindahan area tersebut agar sesuai dengan standar internasional.
  3. Transformasi Menjadi Ruang Terbuka Hijau: Setelah Asian Games berakhir, area Hutan Kota GBK mengalami transformasi menjadi ruang terbuka hijau yang indah. Renovasi dan pengembangan dilakukan untuk menciptakan kawasan yang nyaman, ramah lingkungan, dan dapat dinikmati oleh masyarakat.
  4. Peran sebagai Paru-paru Kota: Hutan Kota GBK memiliki peran penting sebagai paru-paru kota. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, taman ini memberikan ruang hijau yang menyegarkan di tengah kepadatan perkotaan Jakarta. Area ini juga memberikan manfaat ekologis dan membantu menjaga keseimbangan ekosistem.

Dengan transformasinya menjadi Hutan Kota GBK, kawasan ini telah menjadi tujuan rekreasi, tempat piknik, dan ruang terbuka bagi masyarakat Jakarta. Sejarahnya mencerminkan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup melalui pengembangan kawasan hijau di tengah perkotaan.

Larangan Dan Aturan

Saat mengunjungi Hutan Kota GBK, penting untuk mematuhi larangan dan aturan yang ditetapkan guna menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pengunjung lainnya. Berikut adalah beberapa larangan dan aturan yang perlu diperhatikan:

  1. Dilarang membuang sampah sembarangan: Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan taman dengan tidak membuang sampah sembarangan. Gunakan tempat sampah yang telah disediakan atau bawa pulang sampah Anda untuk dibuang di tempat yang sesuai.
  2. Larangan membawa hewan piaraan: Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung lainnya, dilarang membawa hewan piaraan seperti kucing, anjing, kelinci, dan lain sebagainya ke dalam area.
  3. Dilarang mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya: Jangan bawa perlengkapan atau melakukan aktivitas yang dapat mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya. Hormati privasi dan kebutuhan rekreasi mereka.
  4. Larangan merusak sarana dan taman: Dilarang merusak sarana taman seperti bangku, tumbuhan, atau fasilitas lainnya. Jaga kelestarian alam dan fasilitas yang ada agar dapat dinikmati oleh pengunjung lainnya.
  5. Kendaraan motor dan sepeda dilarang masuk: Area tidak memperbolehkan masuknya kendaraan motor dan sepeda. Pengunjung diharapkan untuk berjalan kaki saat menjelajahi taman atau menggunakan moda transportasi yang sesuai.

Pastikan untuk mematuhi aturan-aturan yang berlaku demi menjaga lingkungan yang nyaman dan memastikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua pengunjung.

Aktivitas

Saat Anda merasa lelah dan jenuh dengan aktivitas sehari-hari, ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengurangi kebosanan yang Anda rasakan. Salah satu aktivitas yang bisa Anda coba adalah piknik. Aktivitas rekreasi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, seperti yang dijelaskan dalam situs kesehatan berikut:

Mempertahankan kesehatan mental: Aktivitas rekreasi, seperti piknik, dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda. Menghabiskan waktu di alam terbuka dan menikmati suasana yang tenang dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati.

Mengembalikan pikiran menjadi segar: Piknik adalah cara yang baik untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Melihat pemandangan yang indah, berinteraksi dengan alam, dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman dapat memberikan suasana yang menyegarkan dan menghilangkan kejenuhan.

Meningkatkan kesehatan jantung: Aktivitas fisik yang terlibat dalam piknik, seperti berjalan atau bermain di luar ruangan, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas ini membantu meningkatkan aliran darah, meningkatkan kekuatan otot, dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Meningkatkan semangat hidup: Melakukan kegiatan rekreasi, termasuk piknik, dapat meningkatkan semangat hidup dan energi positif. Menghabiskan waktu di alam terbuka dan menikmati keindahannya dapat memberikan dorongan semangat dan kegembiraan.

Kawasan Hutan Kota GBK merupakan salah satu pilihan tempat piknik yang dapat dinikmati di Jakarta. Saat ini, Jakarta memiliki banyak taman hijau yang dapat digunakan sebagai tempat piknik, sehingga Anda tidak perlu pergi ke luar kota. Anda dapat menikmati waktu berkualitas dengan keluarga atau teman-teman Anda di taman-taman tersebut dan mendapatkan manfaat dari aktivitas rekreasi tersebut.

Piknik

Salah satu destinasi piknik yang sangat ideal adalah Hutan Kota by Plataran yang terletak di tengah Gelanggang Olahraga Bung Karno (GBK). Taman ini sering dikunjungi oleh banyak orang karena kebersihannya dan kenyamanannya, serta tidak ada biaya tiket masuk yang harus dibayar.

Bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan hijau sekitar dan melihat gedung-gedung pencakar langit yang terlihat di antara pepohonan hijau, tidak perlu membawa apa pun kecuali diri sendiri. Namun, bagi mereka yang ingin berekreasi, disarankan untuk membawa peralatan rekreasi sendiri, serta makanan dan minuman.

Di dalam kawasan taman ini, tidak menyediakan tempat sewa alat alat untuk piknik rekreasi warung atau kafe yang sengaja menyediakan berbagai makanan dan minuman. Jika Anda ingin membeli minuman dan makanan ringan, Anda dapat mampir ke Supermarket Grand Lucky SCBD. Lokasinya tidak terlalu jauh dari taman rekreasi di GBK ini.

See also  36 Review Menarik Agrowisata Gunung Mas Puncak Wisata Alam Natural

Selain menyediakan minuman dan makanan ringan, supermarket ini juga menawarkan berbagai pilihan makanan siap saji seperti pizza dan hidangan segar lainnya.

Menonton Pertunjukan Musik

Jika Anda mengunjungi taman ini pada hari Minggu sore, Anda akan menemukan pertunjukan musik live yang berlangsung di tengah taman. Aktivitas santai di taman dengan hiburan live music, sambil dikelilingi oleh pepohonan hijau dan latar belakang gedung pencakar langit, memberikan pengalaman serupa dengan taman-taman di luar negeri seperti Central Park di Manhattan, Amerika Serikat.

Pertunjukan musik live ini menambah suasana yang menyenangkan dan menghibur bagi pengunjung. Anda dapat menikmati musik sambil menikmati pemandangan alam di sekitar dan merasakan atmosfer yang mirip dengan taman terkenal di negara lain.

Ini adalah pengalaman yang menarik untuk dinikmati di tengah kota Jakarta, memberikan kesempatan untuk bersantai, menikmati musik, dan menjauh sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan.

Berolahraga

Kawasan ruang terbuka hijau ini merupakan pilihan alternatif yang nyaman dan layak untuk berolahraga. Pengunjung dapat memilih area yang ingin digunakan untuk berolahraga karena luasnya kawasan ini.

Selain sebagai tempat bersantai, Hutan Kota GBK juga menyediakan fasilitas jogging track khusus untuk berlari. Jogging track tersebut juga dapat digunakan untuk bersepeda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan jogging track tidak diperbolehkan untuk bermain skateboard.

Untuk kenyamanan bersama, pengunjung tidak diizinkan membawa hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, dan lain sebagainya.

Selain berlari atau bersepeda, kamu juga dapat melakukan yoga atau jalan santai di area ini. Hutan Kota GBK menyediakan lingkungan yang tenang dan alami untuk melakukan kegiatan tersebut.

Bersantai

Bersantai memang terdengar sederhana, namun dapat menjadi obat yang efektif untuk mengatasi kejenuhan dan kepenatan akibat rutinitas sehari-hari. Kamu dapat duduk-duduk di atas rumput atau di bangku yang tersedia, sambil menikmati pemandangan gedung pencakar langit di sekitar.

Jika ingin menciptakan pengalaman yang lebih indah, kunjungilah Hutan Kota GBK pada saat senja. Kamu akan bisa menikmati panorama langit yang berubah menjadi warna oranye yang memukau. Untuk mendapatkan momen senja yang indah, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara pukul 15.00 hingga 18.00.

Jika kamu merasa bosan, kamu bisa berjalan santai sambil mengamati berbagai jenis tumbuhan yang unik di sekitar, seperti baobab, kayu ulin atau kayu besi, pohon Tabebuia, dan banyak lagi.

Setelah mengunjungi tempat ini, dijamin pikiran kamu akan merasa segar kembali, sehingga kamu siap untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari dengan semangat yang baru.

Spot Foto

Hutan Kota GBK memiliki beberapa spot foto yang menarik untuk mengabadikan momen Anda. Berikut adalah beberapa spot foto yang populer:

  1. Bangku Taman: Terdapat banyak bangku taman yang tersebar di area. Anda dapat duduk di salah satu bangku tersebut sambil menikmati pemandangan hijau sekitar dan mengambil foto yang natural dan santai.
  2. Jogging Track: Jogging track yang melingkari taman juga merupakan spot foto yang populer. Anda dapat mengambil foto saat berjalan atau berlari di sepanjang jogging track yang dikelilingi oleh pepohonan hijau.
  3. Kolam Trembesi: Area kolam trembesi dengan lantai kayu di atasnya memberikan nuansa yang menarik untuk foto. Anda dapat berpose di dekat kolam atau menggunakan latar belakang kolam untuk foto yang artistik.
  4. Plaza Utama: Plaza utama dengan pemandangan gedung pencakar langit dapat menjadi latar belakang yang menarik untuk foto. Anda dapat berdiri di tengah plaza dan mengambil foto dengan latar belakang gedung-gedung tinggi di sekitar.
  5. Area Hijau dan Pohon: Terdapat beberapa area dengan pepohonan yang rindang. Anda dapat mencari spot yang paling Anda sukai, berpose di antara pepohonan hijau, dan mengambil foto yang menampilkan keindahan alam.

Pastikan untuk menghormati area dan pengunjung lain saat mengambil foto. Selalu ingat untuk tidak merusak tanaman atau fasilitas taman.

Keunikan Daya Tarik

Hutan Kota GBK, Wisata Alternatif Warga Jakarta di Akhir Pekan
Hutan Kota GBK, Wisata Alternatif Warga Jakarta di Akhir Pekan

Sebelum mengalami transformasi menjadi kawasan hijau, area ini dahulu dikenal sebagai Golf Driving Range GBK dengan luas mencapai 4,6 hektar. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi tempat yang sangat cocok untuk bermain golf.

Pada pertengahan tahun 2016, tepatnya pada bulan Mei, dilakukan perubahan fungsi dari lapangan golf menjadi ruang terbuka hijau dan area komersial. Selain Hutan Kota GBK, pembangunan Hotel Plataran juga dilakukan di area ini.

Tujuan dari perubahan ini adalah untuk menciptakan destinasi wisata yang menarik bagi kalangan menengah ke atas dan sebagai tempat rekreasi yang menawan.

Dengan suasana alam yang hijau yang dipadukan dengan gedung pencakar langit yang khas Metropolitan, tempat ini menciptakan suasana yang mirip dengan Central Park di New York. Keindahan tempat ini membuatnya menjadi tempat yang sangat ideal untuk bersantai dan menikmati waktu luang.

Oase Di Taman Pencakar Langit

Hutan Kota GBK merupakan hasil kolaborasi antara pengelola GBK dan pengembang Hotel Plataran. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika terdapat bangunan hotel dan restoran di dalam kawasan ini. Beberapa fasilitas mungkin hanya dapat digunakan oleh tamu hotel atau pengunjung restoran yang telah melakukan reservasi sebelumnya.

Namun, secara umum, area Hutan Kota GBK terbuka untuk masyarakat umum. Tempat ini dirancang sebagai destinasi rekreasi dan wisata alam di tengah kota. Di tengah deretan gedung pencakar langit, taman ini menjadi seperti oase yang menawarkan pengunjung kesempatan untuk melarikan diri sejenak dari polusi jalanan dan menikmati udara segar.

Pengunjung dapat menikmati suasana alami dan hijau, serta menghirup udara segar yang jarang didapatkan di tengah kepadatan perkotaan. Tempat ini menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat dan menikmati momen santai di tengah hiruk-pikuk kota.

Kuliner Tempat Makan

Bagi Anda yang ingin berekreasi namun malas mempersiapkan peralatan rekreasi, serta makanan dan minuman, Anda dapat mencoba mengunjungi kafe atau penyedia taman rekreasi di sekitar kota Jakarta. Beberapa contoh tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Rekreasi Satria Mandala, Coffee Ia, dan The Manor Cafe. Di tempat-tempat tersebut, Anda dapat menikmati fasilitas rekreasi yang disediakan dan juga memesan makanan dan minuman tanpa perlu membawa banyak perlengkapan sendiri.

Taman Rekreasi Satria Mandala adalah salah satu taman rekreasi yang menawarkan berbagai fasilitas dan hiburan di Jakarta. Selain itu, terdapat kafe di sekitar taman yang menyediakan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Coffee Ia adalah kafe yang dapat Anda kunjungi untuk bersantai dan menikmati minuman kopi atau makanan ringan. Anda dapat menikmati suasana yang nyaman dan merasa rileks tanpa perlu membawa perlengkapan rekreasi.

The Manor Cafe juga merupakan salah satu kafe yang menawarkan suasana yang tenang dan menyenangkan. Anda dapat menikmati hidangan lezat dan minuman yang disajikan di kafe ini.

Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, Anda dapat menikmati waktu rekreasi tanpa perlu repot membawa banyak perlengkapan atau makanan dan minuman sendiri. Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan di tempat tersebut dan menikmati pengalaman rekreasi yang menyenangkan di sekitar kota Jakarta.

Penginapan Hotel Dekat

Berikut beberapa hotel yang terletak dekat dengan Hutan Kota GBK di Jakarta:

  1. The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Jakarta Pusat Lokasi: Gelora, Jakarta Pusat Peringkat: 4.5 (Baik) Harga: Mulai dari IDR 1.125.087 per kamar per malam
  2. Hotel Mulia Senayan Jakarta, Jakarta Pusat Lokasi: Gelora, Jakarta Pusat Peringkat: 4.5 (Fantastis) Harga: Mulai dari IDR 2.332.911 per kamar per malam
  3. Aryaduta Suite Semanggi, Jakarta Selatan Lokasi: Setiabudi, Jakarta Selatan Peringkat: 4.3 (Baik) Harga: Mulai dari IDR 863.062 per kamar per malam
  4. Le Meridien Jakarta, Jakarta Pusat Lokasi: Tanah Abang, Jakarta Pusat Peringkat: 4.6 (Fantastis) Harga: Mulai dari IDR 1.875.500 per kamar per malam
  5. Century Park Hotel, Jakarta Selatan Lokasi: Senayan, Jakarta Selatan Peringkat: 4.2 (Baik) Harga: Mulai dari IDR 920.471 per kamar per malam
  6. Oakwood Premier Cozmo, Jakarta Selatan Lokasi: Setiabudi, Jakarta Selatan Peringkat: 4.7 (Fantastis) Harga: Mulai dari IDR 1.846.152 per kamar per malam
  7. Crowne Plaza Jakarta Residences, Jakarta Selatan Lokasi: Setiabudi, Jakarta Selatan Peringkat: 4.5 (Fantastis) Harga: Mulai dari IDR 1.277.475 per kamar per malam
  8. Kartika Chandra Hotel Jakarta, Jakarta Selatan Lokasi: Setiabudi, Jakarta Selatan Peringkat: 3.9 (Baik) Harga: Mulai dari IDR 537.755 per kamar per malam
See also  Eduwisata di Jatim Park 2: Kebun Binatang Terbaik se-Asia

Perlu diingat bahwa harga kamar dapat berubah sesuai dengan tanggal dan ketersediaan. Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, disarankan untuk menghubungi hotel langsung atau menggunakan platform pemesanan online.

Wisata Sekitar

Di sekitar Hutan Kota GBK terdapat beberapa wisata menarik yang bisa kamu kunjungi, antara lain:

  1. Monumen Nasional (Monas): Monas adalah landmark ikonik Jakarta yang menjadi simbol kemerdekaan Indonesia. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian, mengunjungi Museum Nasional, dan melihat patung Pembebasan Irian Barat.
  2. Museum Nasional: Museum ini merupakan salah satu museum terbesar di Asia Tenggara yang menyimpan berbagai koleksi artefak budaya dan sejarah Indonesia. Kamu dapat menjelajahi beragam pameran, seperti pameran arkeologi, etnografi, seni, dan masih banyak lagi.
  3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII): TMII adalah sebuah taman budaya yang menampilkan miniatur dari berbagai suku dan budaya di Indonesia. Di sini, kamu dapat melihat replika rumah adat, pertunjukan seni tradisional, museum-museum, dan taman-taman yang indah.
  4. Ragunan Zoo: Ragunan Zoo adalah kebun binatang terbesar di Jakarta. Kamu dapat melihat berbagai jenis hewan, termasuk satwa langka, serta menikmati fasilitas lain seperti taman bermain, kolam renang, dan area piknik.
  5. Kota Tua Jakarta: Kota Tua Jakarta adalah pusat sejarah dan budaya Kota Jakarta. Di sini, kamu dapat mengunjungi Museum Fatahillah, Menara Syahbandar, Gereja Gereja Sion, dan menikmati suasana kuno dengan arsitektur bangunan peninggalan kolonial Belanda.
  6. Ancol Dreamland: Ancol Dreamland adalah sebuah kompleks rekreasi di pantai utara Jakarta yang menawarkan berbagai atraksi seperti Dufan (Dunia Fantasi), Atlantis Water Adventure, Sea World, pantai, dan wahana lainnya.
  7. Kepulauan Seribu: Jika kamu ingin melarikan diri dari kepenatan kota, kamu bisa mengunjungi Kepulauan Seribu. Dengan menyewa kapal atau menggunakan perjalanan wisata, kamu dapat menikmati keindahan pulau-pulau, snorkeling, diving, atau sekadar bersantai di pantai.

Pastikan untuk melakukan pengecekan terkait jam operasional, harga tiket, dan aturan kunjungan terkini sebelum pergi ke tempat-tempat tersebut.

Tips

Sebelum Anda mengunjungi taman ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui:

  1. Dilarang buang sampah sembarangan: Pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya. Gunakan tempat sampah yang telah disediakan di area taman. Dengan menjaga kebersihan, Anda turut menjaga keindahan taman dan kenyamanan pengunjung lainnya.
  2. Hewan piaraan dilarang masuk: Taman ini mungkin memiliki kebijakan yang melarang masuknya hewan piaraan. Pastikan untuk tidak membawa hewan peliharaan saat berkunjung ke taman ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung lainnya.
  3. Tidak diperbolehkan membawa perlengkapan yang mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya: Hindari membawa peralatan atau barang-barang yang berpotensi mengganggu pengunjung lain, seperti speaker keras, alat musik berisik, atau permainan yang mengganggu ketenangan taman. Utamakan rasa saling menghormati dan menjaga kenyamanan bersama.
  4. Melindungi sarana dan taman: Jangan merusak atau menghancurkan fasilitas atau taman ini. Jagalah keindahan alam dan fasilitas umum dengan tidak melakukan tindakan yang merusak atau merusakkan kelestarian taman.
  5. Kendaraan motor dan sepeda dilarang masuk: Perhatikan aturan yang mungkin melarang masuknya kendaraan motor atau sepeda ke area taman. Pastikan untuk mengikuti aturan tersebut dan parkir kendaraan Anda di tempat yang ditentukan.

Dengan mematuhi aturan dan pedoman ini, Anda akan turut menjaga kebersihan, kenyamanan, dan keindahan taman untuk dinikmati oleh semua pengunjung.

Kekurangan

Hutan Kota GBK, meskipun merupakan tempat yang indah dan menarik untuk dikunjungi, juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  1. Fasilitas Tidak Memadai: Meskipun terdapat fasilitas seperti toilet, kursi, dan tempat parkir, beberapa fasilitas lainnya mungkin tidak memadai. Misalnya, kurangnya tempat sewa peralatan rekreasi atau warung/kafe di dalam taman dapat membuat pengunjung kesulitan dalam memenuhi kebutuhan selama berkunjung.
  2. Kepadatan Pengunjung: Terutama pada hari libur atau akhir pekan, Hutan Kota GBK dapat menjadi sangat ramai dengan pengunjung. Kepadatan ini dapat mengurangi kenyamanan dan kesenangan dalam menikmati fasilitas dan pemandangan di dalam taman.
  3. Terbatasnya Ruang Hijau: Meskipun disebut sebagai hutan kota, sebenarnya area ini lebih banyak terdiri dari lapangan rumput yang luas daripada area dengan pohon dan vegetasi yang lebat. Jumlah pohon dan ruang hijau yang terbatas mungkin tidak memadai untuk menciptakan suasana hutan yang sejati.
  4. Pengaruh Polusi dan Kebisingan: Terletak di tengah kota Jakarta yang padat, Hutan Kota GBK masih dapat terpengaruh oleh polusi udara dan kebisingan dari lalu lintas sekitarnya. Hal ini dapat mengurangi kualitas udara dan membuat suasana tidak sepenuhnya tenang dan damai.
  5. Terbatasnya Waktu Operasional: Hutan Kota GBK memiliki jadwal sesi operasional yang terbagi sepanjang hari. Ini berarti pengunjung harus memperhatikan waktu kunjungan mereka agar sesuai dengan jadwal yang ada.

Penting untuk memperhatikan kekurangan-kekurangan ini ketika berkunjung, namun tetap dapat menikmati pengalaman rekreasi dan keindahan alam yang ditawarkan.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang Hutan Kota GBK:

  1. Apa itu Hutan Kota GBK? Hutan Kota GBK adalah kawasan terbuka hijau yang terletak di tengah Kota Jakarta, di Gelanggang Olahraga Bung Karno (GBK). Area ini dulunya adalah golf driving range dan telah diubah menjadi ruang terbuka yang indah untuk rekreasi dan wisata.
  2. Bagaimana cara menuju Hutan Kota GBK? Dapat dicapai dengan berbagai moda transportasi. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan memarkirkannya di area parkir GBK. Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti Busway TransJakarta dengan turun di Halte Gelora Bung Karno.
  3. Apakah ada biaya masuk untuk mengunjungi Hutan Kota GBK? Tidak, tidak mematok biaya masuk alias gratis. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir di lahan GBK.
  4. Apa saja fasilitas yang tersedia di Hutan Kota GBK? Dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat parkir, toilet, kursi, dan masjid. Ada juga jogging track, area piknik, foodcourt, dan kios tenda di dalam area taman.
  5. Apakah ada jam operasional khusus untuk Hutan Kota GBK? Buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 hingga 20.00 WIB. Jam operasional dibagi menjadi beberapa sesi yang dapat Anda pilih untuk mengunjungi taman.
  6. Apakah hewan peliharaan diperbolehkan masuk ke Hutan Kota GBK? Tidak, hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan kelinci tidak diperbolehkan masuk ke area untuk menjaga kenyamanan pengunjung lainnya.
  7. Apakah ada aturan khusus yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Hutan Kota GBK? Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan taman dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, penting untuk mematuhi aturan dan imbauan terkait penggunaan masker dan menjaga jarak fisik sebagai langkah pencegahan Covid-19.

Harap dicatat bahwa informasi di atas dapat berubah sesuai dengan kebijakan terbaru. Disarankan untuk memeriksa sumber informasi resmi atau menghubungi pihak pengelola GBK untuk mendapatkan informasi terkini sebelum mengunjungi Hutan Kota GBK.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 22 Review Menarik Hutan Kota GBK, Tempat Piknik Favorit di Jakarta.

Your email address will not be published. Required fields are marked *