35 Review Menarik Kampung Korea Bandung Wisata Unik Favorit

Merayakan liburan di Negeri Ginseng atau Korea Selatan tentu menjadi impian banyak orang. Sayangnya, hanya sedikit yang dapat menggapainya karena kendala biaya. Namun, Anda dapat menemukan solusinya dengan mengunjungi Kampung Korea di Bandung, yang juga dikenal sebagai Little Korea Bandung.

Kampung Korea Bandung, Destinasi Paling Pas Untuk Pecinta Korea
Kampung Korea Bandung, Destinasi Paling Pas Untuk Pecinta Korea

Tempat wisata yang menakjubkan ini didirikan pada masa pemerintahan Bapak Ridwan Kamil saat menjabat sebagai Walikota Bandung. Terdapat beragam bangunan yang memukau dengan sempurna menciptakan atmosfer Korea Selatan di Ibukota Provinsi Jawa Barat ini.

Di kompleks wisata populer ini, terdapat dua area yang berbeda, yaitu area modern dan area tradisional, masing-masing dengan ciri khas arsitektur yang unik. Selain kemiripan bangunan dengan Korea, Little Korea Bandung juga menawarkan kelezatan kuliner khas Negeri Ginseng yang sering kita jumpai dalam drama Korea (K-Drama).

Kampung Korea menjadi ikon wisata yang mirip dengan kota Seoul di Bandung. Estetika yang terpancar dari setiap bangunan membuat suasana seakan-akan berada di Korea secara nyata. Bahkan, kunjungan ke sana menjelang senja hingga malam hari menjadi daya tarik bagi sebagian orang.

Bangunan-bangunan ini sengaja dihiasi dengan corak warna yang mencolok ala Korea. Setiap bangunan juga dilengkapi dengan tulisan-tulisan dalam bahasa Korea untuk menambahkan kesan internasional. Selain rumah-rumahan, terdapat juga jembatan dan tempat duduk yang diberi dekorasi yang memukau.

Bagi wisatawan, mencari spot foto Instagramable adalah kegiatan yang tak terlewatkan. Spot-spot ini memberikan kesempatan untuk menghasilkan foto-foto menarik layaknya di kota Seoul yang menarik perhatian. Ditambah lagi, bangunan-bangunan unik ini diberi hiasan bunga Mugunghwa, menciptakan suasana estetika yang khas Korea.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Kampung Korea Bandung, yang terletak di Jalan Banten, Batununggal, Bandung, Jawa Barat, menawarkan pengalaman yang mirip dengan suasana Korea Selatan. Tempat ini mudah dijangkau karena dekat dengan UNISBA Tamansari dan memiliki akses transportasi umum yang banyak.

Perjalanan dari pusat kota Bandung membutuhkan waktu sekitar 12 menit. Rute tercepat dapat diikuti dengan melewati Jalan Gudang Selatan menuju Jalan A Yani, lalu lurus ke Jalan Jakarta dan berbelok ke Jalan Banten. Selama perjalanan, Anda dapat mengandalkan petunjuk jalan dan menggunakan GPS atau Google Maps untuk memastikan Anda sampai dengan tepat.

Berkendara ke Kampung Korea dengan keluarga atau teman dekat adalah pilihan yang tepat untuk memperkaya pengalaman wisata Anda. Dengan mengikuti rute jalan yang ditentukan dan mengikuti petunjuk yang tersedia, Anda akan sampai dengan cepat dan mudah ke destinasi yang indah ini.

Berikut adalah alamat lengkap dan rute akses ke Kampung Korea Bandung:

Alamat: Kampung Korea Bandung Jl. Banten No.7, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40272

Rute Akses:

  1. Jika Anda berada di pusat Kota Bandung, mulailah perjalanan dari alun-alun kota.
  2. Ikuti Jalan Asia Afrika menuju barat daya.
  3. Teruslah mengikuti Jalan Kebonjati hingga mencapai perempatan Jalan Terusan Jakarta.
  4. Di perempatan tersebut, ambil jalur kanan dan masuk ke Jalan Banten.
  5. Teruslah mengikuti Jalan Banten hingga Anda tiba di Kampung Korea Bandung, yang terletak di sebelah kiri jalan.
  6. Anda akan melihat bangunan-bangunan dengan gaya Korea yang khas.

Untuk mempermudah navigasi, Anda juga dapat menggunakan aplikasi peta atau GPS yang dapat memberikan instruksi langkah demi langkah sesuai dengan lokasi Anda saat ini.

Tiket Masuk

Tiket masuk Kampung Korea Bandung adalah gratis. Pengunjung dapat masuk ke kawasan tersebut tanpa dikenakan biaya. Namun, untuk menaiki bus Bandros dan menikmati suasana Korea Selatan di Kampung Korea, pengunjung perlu membayar sejumlah Rp30.000.

Anda dapat mengunjungi Kampung Korea Bandung pada hari biasa maupun hari libur. Para wisatawan dapat memilih waktu kunjungan, baik pada siang hari yang cerah atau menikmati suasana romantis pada malam hari.

Jam buka Kampung Korea adalah setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Terdapat informasi bahwa Kampung Korea sedang tutup sementara karena dalam proses renovasi. Saat ini, belum ada informasi terbaru mengenai jam operasional Kampung Korea setelah selesai renovasi. Disarankan untuk memeriksa informasi terkini sebelum mengunjungi tempat tersebut.

Fasilitas

Kampung Korea Bandung menyediakan fasilitas yang lengkap dan mendukung kegiatan liburan. Berikut adalah fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung:

  1. Toilet: Toilet di dalam destinasi ini dijaga kebersihannya dan mudah diakses oleh pengunjung.
  2. Loket Masuk dan Tempat Parkir: Loket masuk berada dekat dengan tempat parkir yang luas, sehingga memudahkan pengunjung untuk memasuki kawasan wisata dan menempatkan kendaraan mereka.
  3. Spot Duduk: Terdapat spot-spot duduk di sekitar kawasan wisata, tempat ini cocok untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.
  4. Spot Foto Instagenic: Kampung Korea Bandung menyediakan banyak spot foto yang menarik dan instagramable. Mulai dari taman bunga hingga rumah Korea yang lucu, pengunjung dapat mengambil foto indah sebagai kenang-kenangan.
  5. Toko Sewa Kostum: Terdapat toko yang menyewakan kostum dan aksesoris bergaya Korea di dalam kawasan wisata. Pengunjung dapat memilih kostum yang sesuai dan menambahkan kesan yang bagus dalam foto mereka.
  6. Restoran: Restoran dengan suasana ala luar negeri, seperti dinding dan kursi yang menarik, telah tersedia di Kampung Korea. Pengunjung dapat makan siang atau menikmati hidangan di restoran tersebut.
  7. Mushola: Terdapat mushola untuk umum di kawasan wisata, memudahkan pengunjung untuk beribadah.
  8. Wi-Fi gratis: Menyediakan akses Wi-Fi gratis untuk memudahkan pengunjung dalam berkomunikasi atau mengunggah foto ke media sosial.
  9. Tempat Istirahat: Terdapat beberapa area gazebo atau tempat beristirahat di sekitar Kampung Korea Bandung. Pengunjung dapat duduk dan bersantai sejenak sambil menikmati suasana sekitar.
  10. Tempat Makan: Di dalam kawasan, terdapat berbagai stand makanan yang menjual makanan khas Korea, seperti Toppoki, Eomuk, Kimbap, dan lain-lain. Pengunjung dapat mencicipi kuliner Korea yang lezat saat berada di sana.
  11. Tempat Penyewaan Hanbok: Bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan Hanbok, terdapat tempat penyewaan Hanbok. Anda dapat memilih Hanbok yang sesuai dengan selera dan berfoto dengan gaya ala Korea.
  12. Spot Foto: Kampung Korea Bandung menawarkan banyak spot foto menarik dan instagramable. Dari gerbang utama, bunga Mugunghwa, jembatan kayu, hingga bangunan dengan arsitektur khas Korea. Pengunjung dapat mengambil foto yang indah sebagai kenang-kenangan dari kunjungan mereka.

Nikmati kunjungan Anda dengan berjalan mengelilingi Kampung Korea Bandung sambil menggunakan semua fasilitas yang tersedia. Dengan kecantikan bangunan yang telah dikelola dengan baik, Kampung Korea memberikan nuansa seperti berada di kota Seoul. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman untuk bersama-sama menikmati pengalaman di tempat ini.

Sejarah

Kampung Korea Bandung didirikan sebagai sebuah destinasi wisata dengan tema Korea untuk memberikan pengalaman yang mirip dengan suasana Korea Selatan kepada pengunjungnya.

Namun, secara umum, keberadaan Kampung Korea Bandung dapat dikaitkan dengan popularitas budaya Korea di Indonesia, terutama pengaruh K-Pop dan drama Korea yang semakin meningkat. Minat masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea telah mendorong pembuatan tempat-tempat wisata seperti Kampung Korea yang mengusung konsep dan suasana yang mirip dengan Korea Selatan.

Kampung Korea Bandung juga mencerminkan upaya untuk memperkenalkan budaya Korea kepada masyarakat Indonesia, baik melalui arsitektur bangunan, kuliner khas Korea, maupun kegiatan budaya yang diadakan di dalamnya. Tempat ini juga menjadi pusat kegiatan komunitas pecinta budaya Korea di Indonesia, seperti Hansamo, yang aktif dalam mengadakan berbagai acara budaya Korea.

Meskipun tidak ada informasi spesifik mengenai sejarah Kampung Korea Bandung, dapat diasumsikan bahwa keberadaannya adalah sebagai respons terhadap minat yang tinggi terhadap budaya Korea di Indonesia dan keinginan untuk memberikan pengalaman yang mirip dengan Korea Selatan kepada pengunjungnya.

Larangan Dan Aturan

Sebagai pengunjung Kampung Korea Bandung, ada beberapa larangan dan aturan yang perlu diikuti untuk menjaga keamanan dan kenyamanan semua pengunjung. Berikut ini adalah beberapa larangan dan aturan umum yang mungkin berlaku:

  1. Menjaga Kebersihan: Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan tempat wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Gunakan tempat sampah yang telah disediakan.
  2. Larangan Merokok: Biasanya, tempat wisata menerapkan larangan merokok di area publik. Pastikan untuk mengikuti aturan ini dan hanya merokok di area yang ditunjuk, jika ada.
  3. Menghormati Bangunan dan Aset: Jangan merusak atau merusak bangunan, taman, fasilitas, atau properti lainnya. Hargai dan jaga keindahan serta keutuhan tempat wisata ini.
  4. Tidak Membawa Hewan Peliharaan: Kebanyakan tempat wisata tidak mengizinkan hewan peliharaan masuk ke dalam area wisata. Pastikan untuk mematuhi aturan ini dan meninggalkan hewan peliharaan Anda di tempat yang aman.
  5. Menghormati Pengunjung Lain: Jaga ketertiban dan hargai pengunjung lain. Hindari perilaku yang mengganggu, mengintimidasi, atau merusak pengalaman orang lain.
  6. Mengikuti Petunjuk dan Peraturan: Ikuti petunjuk dan peraturan yang terpampang di tempat wisata. Ini termasuk pembatasan akses ke area tertentu, penggunaan fasilitas, atau peraturan keselamatan lainnya.

Pastikan untuk memperhatikan informasi yang diberikan oleh petugas keamanan atau staf tempat wisata terkait aturan dan larangan spesifik yang berlaku di Kampung Korea Bandung. Dengan mematuhi larangan dan aturan ini, pengunjung dapat menjaga lingkungan yang nyaman dan menyenangkan bagi semua orang yang berkunjung ke tempat wisata ini.

See also  Kolam Renang Ciawitali Cimahi: Destinasi Rekreasi Ideal untuk Keluarga dan Anak-anak

Aktivitas

Kampung Korea Bandung, Tempat Wisata Kekinian yang Populer
Kampung Korea Bandung, Tempat Wisata Kekinian yang Populer

Demam K-Pop yang melanda anak muda saat ini memang membuat mereka terpesona dengan segala hal yang berhubungan dengan Korea Selatan. Bagi mereka yang memiliki cukup uang, mereka bisa pergi langsung ke negeri ginseng tersebut. Namun, jika kamu tidak memiliki cukup uang, ada alternatif yang bisa kamu lakukan.

Tinggal datang saja ke daerah Kebonwaru, Batununggal, Bandung. Di sana terdapat sebuah lokasi yang akan membawamu seakan berada di Korea Selatan. Ketika kamu memasuki gerbangnya, rasanya seperti ter-teleportasi ke Seoul.

Lokasi ini dikenal dengan nama Kampung Korea Bandung, yang dirancang khusus untuk menggambarkan kebudayaan Korea Selatan. Tempat wisata yang sangat Instagramable ini memiliki tema street food ala Korea. Terdiri dari dua area, yaitu area tradisional dan area modern.

Area tradisional di Kampung Korea Bandung ditandai dengan keberadaan Bunga Mugunghwa yang indah dengan warna pink yang mencolok. Selain itu, bangunan-bangunan di sekitarnya juga terbuat dari kayu, menambah nuansa tradisional yang khas. Kamu akan merasa seperti berada di area istana kerajaan di Korea.

Sementara itu, area modern menggambarkan suasana Kota Seoul yang modern. Dengan jendela kaca yang lebar, dinding yang berwarna-warni, bangku taman yang dapat berfungsi sebagai meja makan, serta lampu-lampu yang unik dan cantik.

Di sini, kamu bisa mencicipi jajanan khas yang sering muncul dalam drama-drama Korea, seperti Toppoki, Eomuk, Kimbap, Hottoek, mandu, dan lainnya.

Selain itu, tempat ini dibangun semirip mungkin dengan Seoul. Gaya bangunannya akan membuatmu benar-benar merasa berada di Korea Selatan. Pembangunan Kampung Korea ini merupakan bagian dari kegiatan Sister City antara Bandung dan Seoul.

Ketika kamu berada di Kampung Korea, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Hanbok, pakaian tradisional Korea Selatan. Kamu bisa berfoto selfie dengan mengenakan Hanbok di latar belakang bangunan khas Korea.

Pokoknya, Kampung Korea Bandung ini adalah tempat yang cocok bagi para pecinta Korea. Meskipun berbeda dengan Little Seoul, Kampung Korea memiliki tema yang sama yang akan memuaskan hasrat keinginanmu untuk merasakan Korea Selatan.

Mengenal Budaya Korea

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih memuaskan, kunjungilah stand persewaan pakaian tradisional Korea, Hanbok, di Kampung Korea. Anda dapat memilih Hanbok yang Anda sukai dan berfoto mengenakannya, menciptakan momen yang tak terlupakan.

Tersedia juga jasa fotografi profesional yang akan membantu Anda menghasilkan foto-foto terbaik.

Yang paling menarik adalah bahwa Kampung Korea merupakan basecamp resmi dari sebuah komunitas yang dikenal sebagai Hansamo. Komunitas pecinta Korea ini mendapat dukungan penuh dari Konsulat Jenderal Korea Selatan, menunjukkan pentingnya pengenalan dan apresiasi terhadap budaya Korea di Bandung.

Mencoba Hanbok

Seperti yang telah disebut sebelumnya, di Kampung Korea Bandung, pengunjung memiliki kesempatan untuk menyewa Hanbok, pakaian tradisional Korea Selatan. Dengan biaya sekitar Rp 30.000 per pakaian, pengunjung dapat merasakan pengalaman berpakaian ala Korea Selatan tanpa harus pergi ke negara tersebut.

Harga sewa Hanbok yang terjangkau ini memberikan kesempatan yang lebih mudah dan terjangkau bagi pengunjung untuk mencoba dan mengenakan pakaian tradisional ini. Jangan khawatir jika Anda tidak tahu cara mengenakan Hanbok, karena pihak penyedia sewa akan memberikan bantuan dan panduan dalam memasang dan melepas pakaian tersebut, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman yang autentik dan menikmati momen berfoto yang unik.

Mengelilingi Kawasan Wisata

Setelah tiba di Kampung Korea Bandung, mengelilingi kawasan wisata ini adalah kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan. Dengan berbagai bangunan yang tersebar di setiap sudut, ada banyak hal unik yang dapat ditemui di setiap sisi tempat ini.

Melalui perjalanan mengelilingi kawasan, wisatawan akan terus menemukan kejutan dan keunikan yang berbeda dari satu bangunan ke bangunan lainnya. Desain Kampung Korea ini sengaja dirancang sedemikian rupa agar setiap sudutnya memberikan pengalaman yang berbeda kepada pengunjung, sehingga mereka tidak mudah merasa bosan.

Dengan berjalan-jalan di sekitar Kampung Korea, pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai spot menarik, seperti gerbang utama, jembatan kayu, taman bunga Mugunghwa, dan lain sebagainya. Setiap sudut dan bangunan menawarkan keindahan arsitektur dan nuansa yang kental dengan budaya Korea Selatan.

Melihat Bunga

Taman bunga di Kampung Korea menyajikan pemandangan yang begitu indah. Salah satu daya tarik utamanya adalah keberadaan bunga Mugunghwa yang mekar dengan warna merah muda yang memukau. Bunga ini merupakan salah satu bunga ikonik Korea Selatan, dan pengunjung dapat menikmati keindahannya di dalam wisata ini.

Dengan berjalan-jalan di sekitar taman bunga, pengunjung dapat melihat keindahan bunga Mugunghwa yang tumbuh dengan subur. Tersedia kursi taman yang memungkinkan pengunjung untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan bunga yang mempesona ini. Namun, penting untuk diingat bahwa bunga-bunga ini tidak boleh dipetik, agar semua orang dapat menikmati keindahan alam yang disajikan.

Memilih Oleh-Oleh

Di sekitar area restoran, terdapat pusat belanja oleh-oleh yang selalu ramai dikunjungi oleh para traveler. Di sana, Anda akan menemukan berbagai macam aksesoris dan makanan ala Korea yang masih dalam bentuk mentah. Pilihan oleh-oleh ini sangat cocok bagi para tamu yang ingin membeli buah tangan untuk kerabat di rumah.

Di pusat belanja ini, Anda akan dimanjakan dengan beragam barang kesukaan yang dapat Anda pilih sesuai selera. Dari aksesoris tradisional Korea seperti hanbok miniatur hingga produk makanan seperti ramyeon instan dan camilan khas Korea, semua dapat Anda temukan di sini. Anda bisa memilih barang-barang favorit Anda dan membawanya pulang untuk membuat keluarga di rumah senang.

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi pusat belanja oleh-oleh ini saat berada di Kampung Korea. Anda akan menemukan banyak pilihan yang menarik dan cocok sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Spot Foto

Berbicara tentang kegiatan menarik di Kampung Korea, tak ada yang bisa melebihi kesenangan berfoto di berbagai spot menakjubkan di dalamnya. Kamu akan menemukan banyak spot foto unik dan menarik dengan nuansa Korea yang khas.

Beberapa spot yang paling populer adalah gerbang utama, Bunga Mugunghwa, jembatan kayu, dan masih banyak lagi. Untuk memudahkan pengunjung, Kampung Korea dibagi menjadi dua kawasan, yaitu kawasan tradisional dan kawasan modern, sehingga setiap orang dapat menemukan spot foto yang sesuai dengan selera mereka.

Jangan lupa untuk menyewa Hanbok, pakaian tradisional Korea, agar kamu bisa terlihat seperti sedang berlibur di Korea Selatan. Pastikan kamu mengambil sebanyak mungkin foto saat berada di Kampung Korea Bandung untuk mengabadikan momen indah tersebut.

Selain menikmati kuliner khas Korea, Anda akan dimanjakan dengan spot-spot foto yang menakjubkan di Kampung Korea Bandung. Setiap bangunan di sana dirancang dengan detail yang mencerminkan keindahan gedung-gedung di Korea Selatan, sehingga Anda benar-benar akan merasakan atmosfer Korea secara langsung. Berswafoto akan memberikan kontribusi yang indah bagi tampilan feed Instagram Anda.

Berita baiknya, Anda juga dapat menyewa kostum tradisional Korea yang sering ditemui dalam serial drama dengan tema kerajaan, yaitu hanbok. Berfoto dengan hanbok di spot-spot foto yang bergaya ala Korea akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Hampir semua tempat populer di Korea dapat ditemukan di Kampung Korea Bandung, sehingga suasana di tempat ini benar-benar mirip dengan negara aslinya.

Prewedding

Prewedding atau sesi pemotretan sebelum pernikahan menjadi tren yang populer di kalangan pasangan yang akan menikah. Bagi pasangan yang ingin menciptakan momen yang indah dan romantis sebelum mengikat janji suci, Kampung Korea Bandung dapat menjadi pilihan yang ideal.

Dengan suasana yang mirip dengan Korea Selatan, Kampung Korea menyediakan latar belakang yang indah dan estetik untuk sesi pemotretan prewedding. Anda dan pasangan dapat mengenakan pakaian formal atau tradisional, seperti Hanbok, dan berpose di berbagai spot menarik di sekitar Kampung Korea.

Anda bisa memilih untuk berfoto di gerbang utama dengan latar belakang bangunan tradisional, atau di taman dengan bunga-bunga Mugunghwa yang cantik. Tidak hanya itu, jembatan kayu, tangga berwarna-warni, dan banyak spot lainnya juga akan menambah keindahan foto prewedding Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan jasa fotografer profesional yang sudah berpengalaman dalam pemotretan prewedding. Mereka akan membantu mengarahkan pose dan komposisi foto agar menghasilkan gambar yang indah dan memukau.

Dengan memilih Kampung Korea sebagai lokasi prewedding, Anda akan menciptakan kenangan yang unik dan istimewa sebelum memasuki babak baru dalam kehidupan bersama. Selain itu, suasana Korea Selatan yang terasa di Kampung Korea akan memberikan sentuhan romantis dan magis pada foto-foto prewedding Anda.

Keunikan Daya Tarik

Kampung Korea Bandung adalah sebuah taman tematik yang merupakan hasil dari gagasan pada masa pemerintahan Wali Kota Ridwan Kamil. Terinspirasi oleh Little Bandung di Seoul, Kampung Korea hadir sebagai bentuk apresiasi dan sarana pengenalan budaya Korea di Bandung.

Kampung Korea tidak hanya menjadi tempat untuk saling mengenal kebudayaan kedua kota, tetapi juga menjadi pusat pengembangan pariwisata. Terletak dalam satu kawasan dengan Taman Kiara Artha, tempat wisata ini terbagi menjadi dua area, yaitu area tradisional dan modern. Dengan adanya Kampung Korea, wisatawan memiliki kesempatan untuk merasakan suasana Korea melalui arsitektur, kuliner, dan budaya yang dihadirkan di tempat ini.

Salah satu hal yang paling menarik perhatian saat mengunjungi Kampung Korea adalah desain arsitektur yang memikat. Gerbang masuk ke kawasan wisata ini dirancang dengan menyerupai bangunan tradisional yang khas Korea Selatan yang memukau.

Dengan atap melengkung yang indah dan gerbang kayu yang besar, pintu masuk area wisata ini begitu menarik perhatian sehingga pengunjung tak dapat menahan diri untuk mengabadikannya sebagai latar belakang foto yang ikonik.

See also  Dusun Semilir Eco Park, Wisata Hits Banyak Wahan Seru di Semarang

Setelah melewati gerbang utama, pengunjung akan disambut oleh berbagai pohon Mugunghwa yang memberikan kesan taman tradisional Korea Selatan, walaupun sebenarnya merupakan pohon buatan.

Perjalanan berlanjut dengan melewati jembatan kayu dan jalur berbatu yang menghipnotis pengunjung seolah-olah berjalan di halaman istana di Korea Selatan.

Kampung Korea terbagi menjadi dua area yang unik, yaitu area tradisional dan area modern. Kawasan taman yang dihiasi dengan bunga Mugunghwa terletak dalam area tradisional.

Di area ini, pengunjung akan menemukan sejumlah bangunan dengan fasad khas Korea yang memancarkan nuansa kayu, baik pada pintu, jendela, maupun ornamen-ornamennya.

Sementara itu, area modern dirancang sebagai replika suasana Kota Seoul. Bangunan-bangunannya memiliki fasad yang berhias jendela kaca lebar dengan warna-warna cerah.

Jalanan dipenuhi dengan lampu hias yang unik dan menarik. Tersusun rapi di tengah area, terdapat bangku-bangku taman yang juga berfungsi sebagai tempat makan, menciptakan suasana yang nyaman dan menawan.

Bangunan Ala Korea

Saat memasuki area Kampung Korea, kamu akan disambut dengan pintu kayu yang mengesankan, mirip seperti pintu gerbang sebuah istana Korea dengan warna merah yang dominan.

Setelah memasuki Kampung Korea, kamu akan menemui Bunga Mugunghwa yang berwarna pink yang memberikan nuansa indah dan khas Korea. Selain itu, dekorasi bangunan yang ada juga menghadirkan suasana yang mirip dengan istana-istana kerajaan Korea zaman dulu.

Di Kampung Korea, kamu juga akan merasakan atmosfer yang serupa dengan Kota Seoul. Selama berada di sana, kamu akan seolah-olah berada di negeri asalnya.

Bangunan-bangunan yang ada di Kampung Korea sangat layak untuk diabadikan dalam foto atau video. Setelah kamu membagikannya di media sosial, banyak orang mungkin akan mengira bahwa kamu sedang berada di Seoul, Korea Selatan.

Wisata Budaya

Kampung Korea Bandung memberikan pengalaman wisata budaya yang unik. Salah satu daya tarik utamanya adalah kesempatan untuk menyewa dan berfoto menggunakan hanbok, pakaian tradisional Korea yang indah. Pengunjung dapat menyewa hanbok selama satu jam dan berpose dengan latar belakang yang menawan.

Selain itu, Kampung Korea juga menjadi markas besar komunitas pecinta budaya Korea terbesar di Indonesia yang dikenal dengan nama Hansamo. Komunitas Hansamo dalam Kampung Korea Bandung mendapatkan dukungan penuh dari Konsulat Jenderal Korea Selatan. Hansamo aktif mengadakan berbagai acara budaya Korea, baik yang bersifat tradisional maupun modern. Mereka menyediakan kursus bahasa Korea, les tari tradisional dan K-Pop, serta program pembelajaran huruf Hangul. Pengunjung juga dapat membeli dan mencicipi aneka camilan khas Korea yang tersedia di sana.

Kampung Korea Bandung memberikan pengalaman yang tak hanya mengagumkan dari segi arsitektur dan kuliner, tetapi juga memperkaya pengetahuan dan pemahaman tentang budaya Korea melalui pengenalan hanbok dan kegiatan budaya yang diselenggarakan oleh Hansamo.

Kuliner Tempat Makan

Kampung Korea Bandung tidak hanya menawarkan pengalaman arsitektur yang menakjubkan, tetapi juga berbagai gerai makanan yang menggugah selera. Di food court Kampung Korea, Anda dapat menemukan berbagai gerai makanan Korea dan lokal yang menarik perhatian.

Tidak hanya makanan Korea, tetapi juga makanan lokal dan makanan dari negara-negara Asia Timur lainnya, seperti Jepang, tersedia di sini. Anda dapat menikmati hidangan seperti ramyeon, odeng, dan chikin yang khas. Keberagaman kuliner yang ditawarkan di sini memberikan kesempatan untuk menjelajahi berbagai rasa dan cita rasa yang menggoda.

Selain itu, salah satu gerai yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Joheun Keopi. Gerai kopi ini menyajikan berbagai menu kopi kekinian yang cocok untuk dinikmati oleh berbagai kalangan, baik anak muda maupun kalangan senior. Salah satu menu khasnya adalah naeng, sebuah racikan kopi dengan tambahan madu yang disajikan secara dingin. Melalui menu ini, Anda dapat mencicipi cita rasa kopi dengan sentuhan Korea yang khas.

Penginapan Hotel Dekat

Jika Anda datang dari luar pulau dan membutuhkan tempat menginap di dekat Kampung Korea Bandung, Pastikan untuk memeriksa ketersediaan dan fasilitas yang ditawarkan oleh setiap hotel sebelum melakukan reservasi. Selain itu, sesuaikan pilihan Anda dengan anggaran dan preferensi pribadi Anda. berikut adalah beberapa hotel yang kami rekomendasikan:

Notre Villa Belimbing

Notre Villa Belimbing dapat menjadi pilihan yang nyaman dan luas untuk menginap di sekitar Kampung Korea Bandung. Lokasinya yang dekat dengan tempat wisata tersebut akan memudahkan Anda untuk mengunjungi Kampung Korea dengan lebih cepat.

Notre Villa Belimbing memiliki empat kamar tidur, menjadikannya cocok untuk keluarga atau rombongan yang ingin menginap bersama. Desain rumah lama dengan nuansa khas kota Bandung akan memberikan pengalaman yang unik dan menarik bagi para tamu.

Jika Anda ingin menikmati suasana vintage dan kenyamanan yang ditawarkan oleh villa ini, Notre Villa Belimbing bisa menjadi opsi yang menarik untuk penginapan Anda saat berkunjung ke Bandung. Pastikan untuk melakukan reservasi dan mengkonfirmasi ketersediaan serta fasilitas yang tersedia di Notre Villa Belimbing sebelum kedatangan Anda.

Tiramisu Villa

Tiramisu Villa memang merupakan pilihan yang baik untuk menginap di dekat Kampung Korea Bandung. Terletak di Jl. Karyawani, Tegalrendong, Bandung, villa ini menawarkan pengalaman yang indah dan fasilitas yang lengkap.

Salah satu keunggulan Tiramisu Villa adalah keberadaan taman yang indah, yang akan memberikan pemandangan yang menenangkan dan suasana yang nyaman bagi para tamu. Anda dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya atau hanya bersantai di taman villa.

Selain itu, fasilitas BBQ yang disediakan oleh Tiramisu Villa menjadi tambahan yang menarik. Anda dapat mengadakan pesta BBQ bersama keluarga atau teman-teman di villa ini, menciptakan momen berharga yang menyenangkan.

Dengan lokasi yang dekat dengan Kampung Korea Bandung dan fasilitas yang ditawarkan, Tiramisu Villa dapat menjadi pilihan penginapan yang menyenangkan bagi Anda yang ingin menjelajahi kawasan wisata sekitar. Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dan memastikan ketersediaan fasilitas yang Anda butuhkan sebelum kedatangan Anda.

Mitra Hotel Bandung

Mitra Hotel memang merupakan pilihan yang baik untuk menginap di dekat Kampung Korea Bandung. Terletak di Jalan WR. Supratman Nomor 98, hotel ini menawarkan harga yang terjangkau dan lokasi yang strategis.

Lokasi hotel yang strategis akan memudahkan Anda untuk mengakses berbagai tempat menarik di Bandung. Anda dapat menjelajahi Kampung Korea dan destinasi wisata lainnya dengan mudah dari Mitra Hotel. Selain itu, hotel ini juga menawarkan fasilitas yang menarik dan pelayanan terbaik kepada para tamu.

Mitra Hotel Bandung dikenal sebagai hotel yang nyaman, dan stafnya siap memberikan layanan yang ramah dan profesional kepada para tamu. Anda dapat merasa nyaman dan puas selama menginap di hotel ini.

Dengan harga yang terjangkau, lokasi yang strategis, dan fasilitas yang menarik, Mitra Hotel Bandung adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari penginapan di dekat Kampung Korea Bandung. Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dan memastikan ketersediaan kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hotel Corsia

Hotel Corsia memang menjadi salah satu hotel yang populer dan memiliki lokasi yang sangat strategis. Terletak di Jl. Supratman Nomor 434, hotel ini menawarkan kemudahan akses ke berbagai tempat populer di Bandung, termasuk Kampung Korea Bandung.

Dengan menginap di Hotel Corsia, Anda akan memiliki keuntungan dalam menjelajahi berbagai tempat populer di Bandung. Anda dapat dengan mudah mengakses destinasi wisata, pusat perbelanjaan, tempat makan, dan berbagai atraksi menarik lainnya yang terletak di sekitar hotel ini.

Selain lokasinya yang strategis, Hotel Corsia juga menawarkan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan kepada para tamu. Anda dapat menikmati kenyamanan kamar yang disediakan serta pelayanan yang ramah dan profesional dari staf hotel.

Jika Anda mencari penginapan yang memberikan kemudahan akses ke banyak tempat populer di Bandung, termasuk Kampung Korea Bandung, Hotel Corsia dapat menjadi pilihan yang tepat. Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dan memastikan ketersediaan kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda selama menginap di Bandung.

The Posters Hotel Mice

The Posters Hotel Mice memang menjadi salah satu hotel terbaik di Bandung dan merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin menginap dekat dengan tempat wisata Kampung Korea.

Terletak di Jalan PHH Mustofa Nomor 33 A, Cibeunying, Bandung, hotel ini menawarkan kualitas layanan yang tinggi dan fasilitas yang memadai. Banyak wisatawan yang memberikan ulasan positif dan nilai tinggi untuk hotel ini, mencerminkan kepuasan mereka selama menginap di sana.

The Posters Hotel Mice menawarkan kenyamanan dalam kamar-kamar yang tersedia serta fasilitas yang lengkap, termasuk layanan MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions) yang dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda mengunjungi Bandung untuk kegiatan bisnis atau acara-acara khusus.

Dengan reputasi yang baik dan pelayanan yang memuaskan, The Posters Hotel Mice dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang mencari penginapan di dekat Kampung Korea Bandung. Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dan memastikan ketersediaan kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda selama menginap di Bandung.

Wisata Sekitar

Setelah menikmati kunjunganmu ke Kampung Korea, ada banyak tempat wisata menarik di Bandung Wetan yang layak untuk dikunjungi. Berikut ini dua referensi tempat wisata yang dapat kamu jelajahi:

Trans Studio Bandung

Jangan lupa untuk mengunjungi Trans Studio Bandung saat kamu berada di Kota Kembang. Di sini, kamu dan keluarga atau teman-teman dapat menikmati berbagai wahana seru yang ditawarkan, mulai dari Magic Corner, Lost City, hingga Adventure Zone.

Untuk harga tiket, Pengunjung yang memiliki rekening alloPrime akan mendapatkan diskon khusus sebesar 10%, sehingga harga tiketnya menjadi Rp 270.000 per orang. Sementara itu, untuk tiket reguler, harganya adalah Rp 300.000 per orang.

See also  Surga Alam di eMTe Highland Resort: Petualangan dan Ketenangan di Ciwidey

Jarak antara Kampung Korea dan Trans Studio Bandung relatif dekat, hanya sekitar 3,5 km berdasarkan data dari Google Maps. Jika kamu menggunakan mobil, waktu tempuhnya diperkirakan sekitar 10 menit.

Kiara Artha Park

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kiara Artha Park saat kamu berada di Kampung Korea. Sebab, Kampung Korea dan Kiara Artha Park berada dalam satu kawasan yang sama.

Di Kiara Artha Park, terdapat dua area yang berbeda. Pertama, terdapat jogging track di luar sentral wahana, yang memungkinkan pengunjung untuk berlari atau berjalan-jalan sambil menikmati udara segar di pagi hari. Kemudian, terdapat area dalam yang mengelilingi danau. Untuk masuk ke area dalam, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000 per orang.

Tempat ini menawarkan berbagai aktivitas seru yang dapat kamu lakukan, seperti berjalan-jalan santai, berlari di jogging track, atau sekadar menikmati pemandangan yang indah di sekitar Kiara Artha Park.

Saung Angklung Mang Udjo

Saung Angklung Mang Udjo adalah salah satu objek wisata yang terkenal di kalangan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Di tempat ini, pengunjung dapat belajar memainkan alat musik tradisional khas Jawa Barat, yaitu angklung.

Jarak antara Kampung Korea dan Saung Angklung Mang Udjo cukup dekat, hanya sekitar 4,1 km atau sekitar 15 menit perjalanan dengan mobil. Dengan demikian, dalam satu hari kamu dapat mempelajari dua budaya yang berbeda, yaitu budaya Korea dan budaya Sunda. Nikmati pengalaman unik ini dan leburkan dirimu dalam keindahan musik angklung yang khas.

Centrum Million Balls

Centrum Million Balls adalah salah satu destinasi wisata yang sedang populer di Kota Bandung. Di sini, kamu akan disuguhi pemandangan kolam besar yang dipenuhi dengan jutaan bola berwarna oranye yang dikenal sebagai Big Pool Party.

Jarak antara Kampung Korea dan Centrum Million Balls sangat dekat. Jika dilihat melalui Google Maps, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan dengan kendaraan untuk mencapai tempat tersebut. Jadi, kamu bisa dengan mudah mengunjungi kedua tempat wisata ini dalam waktu yang sama dan menikmati pengalaman seru di Centrum Million Balls.

Taman Lansia

Taman Lansia adalah tempat yang sempurna yang ingin menikmati suasana sejuk Kota Bandung. Taman ini sering menjadi tujuan bagi masyarakat lansia untuk bersantai, rekreasi, dan bersosialisasi.

Taman Lansia terletak sangat dekat dengan Gedung Sate. Dari Kampung Korea, hanya membutuhkan waktu sekitar 8-10 menit perjalanan dengan kendaraan untuk mencapai Taman Lansia. Jadi, setelah mengunjungi Kampung Korea, dapat melanjutkan perjalanan menuju Taman Lansia untuk menikmati keindahan alam dan suasana yang tenang di sana.

This Is Me

This Is Me adalah sebuah destinasi wisata khusus untuk selfie yang menawarkan berbagai spot foto unik dan indah. Tempat ini terletak di Jl. Cihampelas, Tamansari, Bandung Wetan.

Di This Is Me, kamu akan menemukan berbagai spot foto menarik seperti Flamingo Beach, Sunday Mart, Pink Hotel, Pink Theater, Pink Ice Cream, Fly Me Unicorn, Kolam Bola, dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengunjungi tempat ini mulai pukul 10 pagi hingga pukul 8 malam untuk mendapatkan pengalaman foto yang seru dan memukau.

Gedung Sate

Gedung Sate adalah ikon Kota Bandung yang terkenal. Bangunan ini memiliki gaya arsitektur Indo-Eropa yang khas dan dikelilingi oleh taman yang indah. Salah satu ciri khas utamanya adalah ornamen tusuk sate yang terdapat di menara pusat bangunan tersebut, yang menjadi alasan di balik penamaannya sebagai Gedung Sate. Lokasinya berada di Jl. Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan.

Salah satu daya tarik Gedung Sate adalah udara sejuk yang mengelilingi area sekitarnya, karena masih terdapat pepohonan rindang di sekitar lokasi. Kamu dapat menikmati keindahan bangunan ini sambil menikmati suasana yang nyaman dan segar.

Tips

Bagi kamu yang berencana berkunjung ke Kampung Korea Bandung, berikut ini beberapa tips yang dapat menjadi referensi bagimu:

  1. Persiapkan budget yang cukup. Sebagian besar budgetmu akan digunakan untuk mencicipi kuliner dan jajanan khas Korea yang tersedia di sana, serta untuk menyewa pakaian Hanbok.
  2. Perhatikan cuaca. Karena Kampung Korea berada di area terbuka, pastikan cuaca sedang cerah dan tidak hujan saat kamu mengunjunginya. Hal ini akan memastikan kamu bisa menikmati wisata dengan nyaman.
  3. Bawa kamera. Di Kampung Korea terdapat banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk membawa kamera agar kamu bisa mengabadikan momen-momen indahmu di antara bangunan khas Korea dan jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto bersama bunga Mugunghwa yang cantik.
  4. Cari informasi mengenai jam operasional. Pastikan kamu mengetahui jam operasional Kampung Korea sehingga kamu dapat mengatur waktu kunjunganmu dengan baik dan tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati suasana Korea yang disajikan di sana.
  5. Kenali tempat wisata sekitar. Jika waktu kamu memungkinkan, luangkan waktu untuk menjelajahi tempat wisata sekitar Kampung Korea seperti taman bunga atau tempat-tempat menarik lainnya yang dapat melengkapi pengalaman liburanmu.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kunjunganmu ke Kampung Korea Bandung akan menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

Kekurangan

Seperti halnya tempat wisata lainnya, Kampung Korea Bandung juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh pengunjung. Beberapa kekurangan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan adalah sebagai berikut:

  1. Kepadatan dan Keramaian: Terutama pada akhir pekan atau hari libur, Kampung Korea Bandung dapat menjadi sangat ramai dan padat dengan pengunjung. Hal ini dapat mengurangi pengalaman wisata yang tenang dan menyenangkan, terutama jika Anda mencari suasana yang lebih sepi.
  2. Waktu Tunggu: Beberapa spot foto populer di Kampung Korea, seperti gerbang utama atau spot dengan bunga Mugunghwa, mungkin memiliki waktu tunggu yang cukup lama untuk dapat berfoto. Jika Anda ingin menghindari antrian yang panjang, disarankan untuk datang lebih awal atau memilih waktu kunjungan di luar jam sibuk.
  3. Cuaca: Kampung Korea Bandung merupakan tempat wisata terbuka, sehingga cuaca dapat mempengaruhi pengalaman Anda. Jika cuaca sedang buruk, seperti hujan atau terik yang sangat panas, beberapa kegiatan di luar ruangan mungkin terbatas atau tidak dapat dilakukan dengan nyaman.
  4. Biaya Tambahan: Meskipun masuk ke Kampung Korea Bandung gratis, ada biaya tambahan yang perlu diperhatikan, seperti biaya penyewaan Hanbok atau biaya makanan dan minuman di area tersebut. Pastikan Anda memiliki budget yang cukup untuk menikmati pengalaman secara penuh.
  5. Kemiripan dengan Tempat Lain: Meskipun Kampung Korea Bandung didesain untuk memberikan nuansa Korea Selatan, beberapa pengunjung mungkin merasa bahwa suasana dan bangunan di sini mirip dengan tempat wisata lain atau kurang autentik. Jadi, jika Anda mengharapkan pengalaman yang sepenuhnya unik dan otentik, mungkin perlu menyesuaikan ekspektasi.

Namun, kekurangan-kekurangan tersebut tidak dapat menyamarkan keindahan dan daya tarik Kampung Korea Bandung. Dengan persiapan yang baik dan pengaturan waktu kunjungan yang tepat, Anda masih dapat menikmati pengalaman wisata yang menyenangkan dan memukau di tempat ini.

FAQ

Pertanyaan Umum tentang Kampung Korea Bandung (FAQ)

  1. Di mana lokasi Kampung Korea Bandung? Terletak di Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
  2. Bagaimana cara menuju Kampung Korea Bandung? Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti taksi, ojek online, atau angkutan umum menuju lokasi. Alamat lengkapnya adalah Jalan Banten No.7, Kebonwaru, Batununggal, Bandung.
  3. Apa jam operasional Kampung Korea Bandung? Buka setiap hari mulai pukul 10:00 pagi hingga pukul 10:00 malam.
  4. Apakah ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi Kampung Korea Bandung? Tidak ada biaya tiket masuk. Namun, terdapat biaya tambahan untuk menyewa Hanbok atau membeli makanan dan minuman di area tersebut.
  5. Apa saja kegiatan atau atraksi yang dapat dilakukan di Kampung Korea Bandung? Anda dapat menikmati spot foto yang indah, menyewa Hanbok untuk berfoto, mencicipi kuliner khas Korea, mengunjungi toko-toko oleh-oleh, dan mengikuti kegiatan budaya Korea yang diadakan oleh komunitas Hansamo.
  6. Apakah ada area parkir di Kampung Korea Bandung? Ya, Menyediakan area parkir untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Namun, karena popularitas tempat ini, parkir mungkin bisa menjadi terbatas pada hari-hari sibuk.
  7. Apakah Kampung Korea Bandung cocok untuk dikunjungi oleh keluarga dengan anak-anak? Ya, Cocok untuk dikunjungi oleh keluarga dengan anak-anak. Di sini, anak-anak dapat menikmati suasana dan spot foto yang menarik, serta mengenal budaya Korea melalui kegiatan dan atraksi yang disediakan.
  8. Apakah ada aturan atau larangan tertentu yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Kampung Korea Bandung? Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan, menghormati lingkungan sekitar, dan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pengelola tempat. Selain itu, penting juga untuk menghormati privasi pengunjung lain dan tidak merusak fasilitas yang ada.
  9. Apakah ada area makan atau restoran di Kampung Korea Bandung? Ya, Terdapat gerai makanan dan restoran yang menyajikan makanan khas Korea, lokal, dan beberapa masakan Asia Timur lainnya. Anda dapat mencicipi berbagai hidangan yang lezat selama mengunjungi tempat ini.
  10. Apakah Kampung Korea Bandung cocok untuk wisatawan asing? Ya, Cocok untuk wisatawan asing yang ingin merasakan atmosfer Korea Selatan tanpa harus pergi ke negara tersebut. Tempat ini menawarkan pengalaman yang menarik dan menghibur untuk semua pengunjung, termasuk wisatawan asing.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 35 Review Menarik Kampung Korea Bandung Wisata Unik Favorit.

Your email address will not be published. Required fields are marked *