Ulasan Menarik Kampung Wisata Kungkuk, Negeri di Atas Awan Kota Batu

Kampung Wisata Kungkuk adalah sebuah kampung wisata yang terletak di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Kampung wisata ini terletak di kawasan perbukitan dengan panorama alam yang eksotis, serta beberapa sumber mata air yang melimpah terletak di atas bukit dan lereng gunung yang ada di kampung wisata itu. Memiliki luas 14 hektar dengan hutan seluas 125 hektar, ketinggian sekitar 950 meter dan dihuni oleh sekitar 635 penduduk. Kampung ini telah dirancang secara khusus sebagai kampung wisata sejak tahun 2009.

Wana Wisata Kampung Kungkuk
Wana Wisata Kampung Kungkuk

Fasilitas di Kampung Wisata Kungkuk meliputi home stay dan villa dengan lokasi yang strategis dan menyuguhkan pemandangan yang indah, wisata petik buah, wisata berkuda, trail adventure, dan camping ground. Juga menawarkan beragam pilihan paket wisata, mulai dari petik jeruk keprok punten, perah susu, tubing di sungai, ternak kelinci, hingga paket wisata industri makanan oleh-oleh. Saat ini juga ada paket wisata budaya seperti kuda lumping dan tari santar atau tarian halaman. Juga menawarkan homestay dengan harga sekitar Rp 70 ribu per malam dan per orang.

Desa Wisata Kungkuk tidak terlahir dengan cara tiba-tiba, kampung ini dulu merupakan hutan belantara, dan suatu ketika ada beberapa orang memutuskan untuk tinggal dan mendiami tempat ini (dalam tradisi Jawa dikenal istilah babat alas). Kampung yang diapit oleh Gunung Panderman disebelah selatan dan Gunung Arjuno di sebelah utara ini memiliki panorama yang eksotis. Fasilitas di Kampung Wisata Kungkuk terus dikembangkan dengan pembangunan spot swafoto, cafe, dan aula. Fasilitas itu dibangun untuk para wisatawan dan menggunakan bahan yang ramah lingkungan seperti bambu dan jerami. Pembangunan fasilitas tersebut untuk menunjang pengembangan dengan menggunakan anggaran dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018 sebesar Rp 120 juta. Kampung Wisata Kungkuk berjarak 6 km dari pusat Kota Wisata Batu.

Alamat Lengkap Akses

Alamat lengkap Kampung Wisata Kungkuk adalah Jalan Semeru, Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65338.

Untuk mencapai Kampung Wisata Kungkuk, dapat ditempuh dari pusat Kota Wisata Batu dengan jarak sekitar 6 kilometer. Akses transportasi umum yang tersedia antara lain ojek, angkutan kota, dan taksi. Namun, jika ingin lebih mudah, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Rute

Untuk menuju Kampung Wisata Kungkuk, berikut adalah beberapa rute yang bisa diambil:

  1. Dari Bandara Juanda Surabaya:
  • Naik taksi atau rental mobil menuju Kampung Wisata Kungkuk. Waktu tempuh sekitar 2,5 jam tergantung dari lalu lintas.
  • Naik kereta api dari Stasiun Pasar Turi Surabaya ke Stasiun Blitar, lalu naik taksi atau angkutan umum menuju Kampung Wisata Kungkuk. Waktu tempuh sekitar 3,5 jam.
  1. Dari Terminal Arjosari Malang:
  • Naik angkutan umum atau rental mobil menuju Kampung Wisata Kungkuk. Waktu tempuh sekitar 2,5 jam tergantung dari lalu lintas.
  1. Dari Terminal Purabaya Surabaya:
  • Naik bus menuju Terminal Blitar, lalu naik taksi atau angkutan umum menuju Kampung Wisata Kungkuk. Waktu tempuh sekitar 3 jam.

Pastikan untuk menanyakan rute terbaik kepada sopir taksi atau angkutan umum yang Anda gunakan.

Fasilitas

Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Kampung Wisata Kungkuk:

  1. Homestay: Menyediakan homestay untuk para wisatawan yang ingin menginap di sana. Homestay yang disediakan cukup nyaman dan bersih.
  2. Warung Makan: Terdapat beberapa warung makan yang menyajikan berbagai jenis makanan khas Jawa Timur. Wisatawan dapat mencicipi masakan lezat sambil menikmati pemandangan yang indah.
  3. Ruang Pertemuan: Menyediakan ruang pertemuan untuk para pengunjung yang ingin melakukan pertemuan atau acara di sana. Ruang pertemuan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti sound system, layar proyektor, dan Wi-Fi.
  4. Lapangan Sepak Bola: Memiliki lapangan sepak bola yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang ingin bermain bola. Lapangan sepak bola ini cukup luas dan terawat dengan baik.
  5. Tempat Parkir: Terdapat area parkir yang cukup luas yang dapat menampung banyak kendaraan. Parkir di sana cukup aman dan nyaman.
  6. Pemandu Wisata: Untuk memudahkan para wisatawan dalam menjelajahi Kampung Wisata Kungkuk, tersedia pemandu wisata yang siap membantu. Pemandu wisata tersebut dapat memberikan informasi dan menjelaskan sejarah dan budaya.

Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan alam di Kampung Wisata Kungkuk, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 65.000 per orang. Namun, jika ingin menikmati kegiatan lainnya seperti outbond, camping, flying fox, dan lain-lain, Anda perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp 15.000 per pak. Jadi, pastikan Anda membawa cukup uang tunai sebelum berkunjung ke Kampung Wisata Kungkuk.

Sejarah

Kampung Wisata Kungkuk dulunya merupakan hutan belantara di perbukitan Jawa Timur. Kemudian beberapa orang memutuskan untuk tinggal dan mendiami tempat ini, yang dalam tradisi Jawa dikenal dengan istilah babat alas. Kampung Kungkuk terletak di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur dan dikelilingi oleh Gunung Panderman di sebelah selatan dan Gunung Arjuno di sebelah utara. Kampung ini memiliki luas 14 hektar, hutan seluas 125 hektar, ketinggian sekitar 950 meter, dan dihuni oleh sekitar 635 penduduk.

See also  Pantai Mutiara Trenggalek: Hidden Gem di Pesisir Selatan Jawa Timur

Sejak lama, Kampung Kungkuk telah memiliki panorama alam yang eksotis dan pada tahun 2009, kampung ini resmi dirancang sebagai kampung wisata. Selain keindahan alamnya yang luar biasa, terdapat beberapa sumber mata air yang melimpah di atas bukit dan lereng-lereng gunung yang ada di kampung wisata ini. Juga didukung oleh fasilitas yang memadai, seperti homestay dan villa yang strategis dengan pemandangan indah, wisata petik buah, wisata berkuda, trail adventure, dan camping ground.

Kampung Wisata Kungkuk di Dusun Kungkuk Desa Punten Kecamatan Bumiaji juga memiliki beragam pilihan paket wisata, mulai dari petik jeruk keprok punten, perah susu, tubing di sungai, ternak kelinci, hingga paket wisata industri makanan oleh-oleh. Saat ini juga ada paket wisata budaya seperti kuda lumping dan tari santar atau tarian halaman.

Larangan Dan Aturan

Larangan dan aturan merupakan hal yang penting dalam menjaga keberlangsungan Kampung Wisata Kungkuk. Beberapa larangan dan aturan yang berlaku antara lain:

  1. Larangan merusak alam dan lingkungan sekitar, seperti membuang sampah sembarangan dan merusak tumbuhan serta binatang yang ada di sekitar kampung.
  2. Aturan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.
  3. Larangan membawa senjata tajam atau benda-benda yang dapat membahayakan orang lain.
  4. Aturan untuk tidak merusak fasilitas yang ada, seperti homestay, villa, gazebo, dan spot foto.
  5. Larangan merokok di area publik dan tempat yang tidak disediakan khusus untuk merokok.
  6. Aturan untuk menghormati kebiasaan dan budaya masyarakat setempat, seperti tidak berperilaku tidak sopan atau mengganggu ketertiban umum.
  7. Larangan membawa hewan peliharaan ke area publik, kecuali hewan tersebut disertai dengan pengawasan dan diizinkan oleh pengelola kampung.

Aturan dan larangan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban di Kampung Wisata Kungkuk, serta untuk menjaga kenyamanan dan kelestarian lingkungan sekitar. Para wisatawan diharapkan dapat mematuhi aturan dan larangan yang berlaku demi keberlangsungan kampung wisata yang lebih baik.

Aktivitas

Di Dusun Kungkuk, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas edukasi dan rekreasi. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Wisata petik jeruk Pengunjung dapat menikmati pengalaman memetik buah jeruk langsung dari pohonnya dan menikmati segarnya buah jeruk langsung dari kebun.
  2. Edukasi pertanian buah-buahan Pengunjung dapat belajar tentang berbagai jenis tanaman buah dan cara merawatnya. Mereka juga bisa ikut serta dalam aktivitas perawatan tanaman dan memetik buah.
  3. Wisata perah susu Pengunjung dapat mempelajari cara memerah susu sapi dan merasakan langsung segarnya susu sapi yang baru diperas.
  4. Berternak kelinci Pengunjung bisa belajar cara beternak kelinci dan melakukan aktivitas seperti memberi makan, membersihkan kandang, dan berinteraksi dengan kelinci.
  5. Outbound dan tubing Pengunjung dapat melakukan aktivitas outbound seperti flying fox, wall climbing, dan sebagainya, serta tubing di sungai.
  6. Ronda malam Pengunjung bisa mengelilingi dusun di malam hari sambil menikmati suasana pedesaan yang tenang dan sejuk.
  7. Wisata Petik Buah: Terkenal dengan buah jeruk keprok punten. Wisatawan dapat menikmati pengalaman memetik buah segar langsung dari pohonnya.
  8. Wisata Berkuda: Bagi pecinta kuda, Menyediakan wisata berkuda di sekitar kampung wisata yang menawarkan pemandangan pegunungan yang indah.
  9. Trail Adventure: Memiliki rute trekking yang menantang dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Wisatawan dapat mengeksplorasi gunung dan hutan sekitar kampung wisata.
  10. Camping Ground: Memiliki area camping ground untuk para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berkemah di tengah alam.
  11. Wisata Tubing di Sungai: Wisatawan dapat menikmati pengalaman menyusuri sungai dengan tubing, sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.
  12. Wisata Ternak Kelinci: Memiliki peternakan kelinci yang bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat dan mempelajari tentang ternak kelinci.
  13. Paket Wisata Budaya: Menawarkan paket wisata budaya, seperti kuda lumping dan tari santar atau tarian halaman.
  14. Outbound: Memiliki area outbound yang bisa digunakan untuk kegiatan team building atau gathering.
  15. Berfoto di Spot-Spot Instagramable: Memiliki banyak spot foto yang instagramable seperti spot swafoto, gazebo, dan cafe baru yang dibangun menggunakan bahan bambu dan jerami.
  16. Wisata Industri Makanan Oleh-oleh: Menawarkan wisata industri makanan oleh-oleh, di mana wisatawan dapat melihat proses pembuatan makanan tradisional dan membeli oleh-oleh khas dari kampung wisata tersebut.

Selain itu, pengunjung juga dapat beristirahat di homestay yang disediakan oleh sebagian warga. Tarif homestay bervariasi mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 70.000 per orang.

Keunikan Daya Tarik

Kampung Wisata Kungkuk memiliki banyak daya tarik yang unik dan menarik bagi wisatawan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Panorama alam yang eksotis dan memukau dengan lanskap pegunungan yang indah.
  2. Sumber mata air yang melimpah dan terletak di atas bukit dan lereng gunung yang ada di kampung wisata.
  3. Fasilitas yang memadai seperti homestay, villa, tempat petik buah, wisata berkuda, trail adventur, dan camping ground.
  4. Paket wisata yang beragam, mulai dari petik jeruk keprok punten 56, perah susu, tubing di sungai, ternak kelinci, hingga paket wisata industri makanan oleh-oleh.
  5. Paket wisata budaya seperti kuda lumping dan tari santar atau tarian halaman.
  6. Homestay dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 70 ribu per malam dan per orang.
  7. Pembangunan fasilitas baru seperti spot swafoto, cafe, dan aula yang dibangun dengan bahan ramah lingkungan, yaitu bambu dan jerami.
See also  Review Menarik Gunung Argapura, Objek Wisata Alam di Jawa Timur

Semua daya tarik tersebut menjadikan sebagai destinasi wisata yang menarik dan wajib dikunjungi bagi wisatawan yang mencari pengalaman berlibur yang berbeda dan mendapatkan nuansa alam yang indah.

Spot Selfie

Kampung Wisata Kungkuk saat ini telah menambahkan beberapa fasilitas baru untuk menarik lebih banyak wisatawan, salah satunya adalah spot selfie. Spot selfie ini dibangun dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan seperti bambu dan jerami, dan terletak di atas lahan seluas 3.000 meter persegi.

Spot selfie ini menyajikan pemandangan yang indah, dengan latar belakang pegunungan dan hutan yang menakjubkan. Wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang yang menarik dan membagikan momen mereka di media sosial.

Spot selfie ini merupakan salah satu dari beberapa fasilitas baru yang telah ditambahkan di Kampung Wisata Kungkuk, selain aula dan cafe. Semua fasilitas ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke kampung wisata ini.

Camping

Kampung Wisata Kungkuk menawarkan berbagai fasilitas untuk kegiatan camping. Di sini, terdapat area camping ground yang luas dan asri, sehingga cocok untuk liburan keluarga atau bersama teman-teman. Selain itu, kampung wisata ini juga menawarkan kegiatan-kegiatan outdoor seperti trekking dan trail adventure.

Untuk fasilitas camping, kampung wisata ini menyediakan tenda dan perlengkapan camping lainnya seperti sleeping bag dan matras. Selain itu, di sekitar area camping ground juga terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai atau menikmati pemandangan alam yang indah.

Selama camping, pengunjung juga dapat menikmati kegiatan lainnya seperti memasak di atas api unggun atau membakar marshmallow bersama keluarga atau teman-teman. Bagi yang ingin merasakan pengalaman unik, kampung wisata ini juga menyediakan paket camping dan outbound untuk anak-anak sekolah atau kegiatan team building perusahaan.

Namun, saat melakukan camping, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak meninggalkan sampah di sekitar area camping ground. Selalu patuhi aturan dan petunjuk dari pengelola kampung wisata untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan selama liburan.

Penginapan

Menawarkan beberapa penginapan yang bisa dipilih oleh wisatawan, seperti homestay dan villa yang memiliki lokasi strategis dengan pemandangan yang indah. Harga homestay yang ditawarkan sekitar Rp 70 ribu per malam dan per orang. Selain itu, kampung wisata ini juga memiliki fasilitas camping ground yang cocok bagi para pecinta alam yang ingin berkemah. Penginapan-penginapan ini memadai untuk menunjang liburan di Kampung Wisata Kungkuk.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa pilihan hotel yang terletak dekat dengan Kampung Wisata Kungkuk, Batu, Jawa Timur:

  1. Klub Bunga Butik Resort Alamat: Jl. Abdul Gani Atas, Oro-Oro Ombo, Batu, Jawa Timur 65311 Jarak: sekitar 2 km
  2. The Singhasari Resort Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.120, Pandanrejo, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391 sekitar 6 km
  3. Pohon Inn Hotel Alamat: Jl. Abdul Gani Atas, Oro-Oro Ombo, Batu, Jawa Timur 65311 Jarak: sekitar 2 km
  4. Batu Paradise Hotel Alamat: Jl. Raya Oro-Oro Ombo, Batu, Jawa Timur 65315 Jarak: sekitar 3 km
  5. Golden Tulip Holland Resort Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.120, Pandanrejo, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391 Jarak: sekitar 6 km

Saya sarankan Anda untuk mempertimbangkan lokasi, fasilitas, dan harga dari masing-masing hotel sebelum melakukan pemesanan. Semoga membantu!

Kuliner

Kampung Wisata Kungkuk menawarkan beragam kuliner khas Jawa Timur yang lezat dan cocok dijadikan oleh-oleh. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Tempeh Mendoan: Tempeh yang digoreng dengan tepung yang renyah dan gurih.
  2. Bakso Malang: Bakso yang terkenal di Malang, berisi daging sapi halus dan lembut, disajikan dengan mie dan kuah kaldu yang kaya rasa.
  3. Sate Ayam Kampung: Sate ayam yang dibuat dari daging ayam kampung yang empuk dan disajikan dengan bumbu kacang yang khas.
  4. Rujak Cingur: Salad buah dan sayuran yang dicampur dengan irisan cingur (hidung sapi), disajikan dengan bumbu petis yang pedas dan asam.
  5. Pecel: Sayuran segar seperti kangkung, kacang panjang, dan tauge yang disajikan dengan sambal kacang dan krupuk.
  6. Kue Lapis: Kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan dengan warna yang cantik.
  7. Tape Ketan: Tape singkong yang diolah dengan ketan, manis dan sedikit asam, sangat cocok dijadikan oleh-oleh.
  8. Bakpao: Kue bulat berisi daging cincang dan sayuran yang di kukus dengan kulit yang lembut.
  9. Sego Kucing: Nasi yang dihidangkan dalam porsi kecil dengan lauk yang bervariasi.

Jangan lupa mencoba kuliner-kuliner di Kampung Wisata Kungkuk untuk merasakan citarasa khas Jawa Timur yang autentik.

Tempat Makan

Berikut beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Kampung Wisata Kungkuk, Batu, Jawa Timur:

  1. Kedai Bakso Solo – Jl. Ijen Nirwana No. 4, Bumiaji, Kota Batu
  2. Warung Makan Bu Asih – Jl. Flamboyan No. 15, Punten, Bumiaji, Kota Batu
  3. Restoran Ikan Bakar Cianjur – Jl. Raya Punten No. 05, Punten, Bumiaji, Kota Batu
  4. Depot Nasi Campur Nusa Indah – Jl. Raya Bumiaji No. 7, Bumiaji, Kota Batu
  5. Warung Makan Lesehan Pring Pethuk – Jl. Raya Kaliurang No. 14, Bumiaji, Kota Batu
See also  Taman Langit Gunung Banyak: Pesona Alam Di Atas Awan Malang

Wisata Sekitar

Terletak di kota Batu, Jawa Timur, yang terkenal dengan sejumlah tempat wisata menarik di sekitarnya. Beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Kampung Wisata Kungkuk antara lain:

  1. Jatim Park 1: Taman rekreasi yang memiliki berbagai macam wahana dan atraksi, seperti museum satwa, wahana permainan, taman air, dan masih banyak lagi.
  2. Jatim Park 2: Taman rekreasi yang menawarkan pengalaman seru bagi anak-anak maupun dewasa dengan menggabungkan hiburan dan pendidikan, seperti wahana edukasi, taman bunga, dan banyak lagi.
  3. Eco Green Park: Taman wisata yang menawarkan edukasi tentang lingkungan hidup, dengan berbagai macam wahana dan atraksi menarik seperti sky bike, flying fox, dan masih banyak lagi.
  4. Museum Angkut: Museum transportasi yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa ke masa, mulai dari sepeda hingga pesawat terbang.
  5. Batu Night Spectacular (BNS): Tempat rekreasi malam yang menawarkan berbagai macam wahana dan atraksi menarik, seperti taman lampu, teater 4D, wahana permainan, dan masih banyak lagi.
  6. Selecta Park: Taman wisata yang menawarkan keindahan alam dan kebun bunga yang menawan, serta berbagai macam wahana permainan dan atraksi menarik.
  7. Songgoriti: Kawasan wisata yang menawarkan pemandian air panas alami, taman bunga, dan wahana permainan.
  8. Coban Rais: Air Terjun yang indah dan sejuk, cocok untuk tempat piknik dan melepas penat.

Itu hanya beberapa dari banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di sekitar Kampung Wisata Kungkuk. Selamat berlibur!

Tips

Berikut beberapa tips untuk berkunjung ke Kampung Wisata Kungkuk di Kota Batu, Jawa Timur:

  1. Persiapkan fisik dan kesehatan Anda sebelum pergi. Karena kampung wisata ini terletak di daerah pegunungan, Anda mungkin akan merasa sedikit lelah setelah melakukan perjalanan. Pastikan Anda beristirahat dan makan dengan baik sebelum pergi.
  2. Siapkan pakaian yang nyaman dan cocok untuk kegiatan di alam terbuka seperti hiking atau berjalan-jalan. Pastikan Anda memakai sepatu yang nyaman dan dapat menopang kaki dengan baik.
  3. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti botol air minum, sunblock, topi, kacamata hitam, serta kamera atau ponsel untuk mengambil foto.
  4. Jangan lupa membawa uang tunai yang cukup, karena beberapa tempat di kampung wisata ini tidak menerima pembayaran dengan kartu.
  5. Pastikan Anda mematuhi peraturan yang berlaku di kampung wisata ini, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak alam sekitar.
  6. Jangan lupa menghargai masyarakat lokal dan budaya mereka. Cobalah untuk menghormati adat istiadat dan norma yang berlaku di sana, dan jangan mengambil foto tanpa izin.
  7. Cari informasi tentang tempat wisata di sekitar kampung wisata Kungkuk seperti Air Terjun Coban Rondo dan Museum Angkut, sehingga Anda dapat merencanakan perjalanan Anda dengan lebih baik.
  8. Pastikan Anda mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker dan menjaga jarak fisik.

Terletak di Jalan Semeru, Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65338. Awalnya, daerah perbukitan ini adalah hutan belantara yang kemudian dihuni oleh beberapa orang dalam tradisi Jawa yang dikenal sebagai “babat alas”. Kampung ini terletak di antara Gunung Panderman di selatan dan Gunung Arjuno di utara, dengan luas 14 Ha dan hutan 125Ha serta ketinggian ±950 m. Saat ini, Kampung Wisata Kungkuk dihuni oleh sekitar 635 penduduk dan terletak sekitar 6 km dari pusat Kota Wisata Batu.

Kampung Wisata Kungkuk telah dirancang sebagai kampung wisata sejak 2009, dengan panorama yang eksotis dan pesona alam yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh kampung wisata lain. Selain itu, terdapat beberapa sumber mata air yang melimpah terletak di atas bukit dan lereng-lereng gunung yang ada di kampung wisata ini. Fasilitas yang memadai, seperti home stay, villa, wisata petik buah, wisata berkuda, trail adventure, dan camp ground juga tersedia di kampung ini.

Kampung Wisata Kungkuk memiliki beragam pilihan paket wisata, seperti petik jeruk keprok punten 56, perah susu, tubing di sungai, ternak kelinci, hingga paket wisata industri makanan oleh-oleh. Saat ini juga ada paket wisata budaya seperti kuda lumping dan tari santar atau tarian halaman. Homestay juga tersedia dengan harga Rp 70 ribu per malam dan per orang. Kampung ini terus mengembangkan fasilitasnya, dengan pembangunan spot swafoto, cafe, dan aula dengan menggunakan anggaran dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018 sebesar Rp 120 juta.

Diharapkan dengan penambahan fasilitas tersebut, dapat menarik lebih banyak wisatawan. Saat ini, di tempat wisata itu sudah terdapat beberapa gazebo, lahan area outbound, dan camping ground. Kampung Wisata Kungkuk menonjolkan potensi alam hutan dan pemandangan pegunungan sebagai keunggulan yang dimiliki di Dusun Kungkuk ini.

Review Ulasan Menarik Kampung Wisata Kungkuk, Negeri di Atas Awan Kota Batu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *