33 Ulasan Menarik Karacak Valley Spot Camping Favorit Garut

Karacak Valley, sebuah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Garut, Jawa Barat, menghadirkan pesona keindahan alam yang tak terlupakan. Terletak di Jalan Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Menawarkan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan bagi para pengunjung, baik bersama teman maupun keluarga.

Karacak Valley Garut, Tempat Wisata Baru Di Kota Intan
Karacak Valley Garut, Tempat Wisata Baru Di Kota Intan

Para wisatawan yang datang ke Garut tak boleh melewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona alam yang indah di Karacak Valley. Tempat wisata ini memukau dengan keindahan panoramanya, menampilkan pemandangan Kota Garut yang memikat dari ketinggian. Suasana tenang dan segar dari kawasan hutan pinus membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran.

Lembah Karacak juga menawarkan berbagai kegiatan seru bagi para pengunjung. Mulai dari menikmati pesona alam sekitar dengan berjalan-jalan santai, hingga berfoto ria dengan latar belakang alam yang menawan. Bagi para pecinta petualangan, trekking di hutan pinus atau mengikuti kegiatan outbond yang tersedia akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Selain itu, Karacak Valley juga menjadi magnet bagi wisatawan karena keunikan dan kepopuleran tempat ini di dunia maya. Banyak foto-foto menakjubkan tentang destinasi wisata ini yang beredar luas di berbagai platform sosial media, menjadikannya salah satu tujuan wisata yang viral.

Jadi, bagi Anda yang merindukan liburan yang berbeda dan ingin mengisi waktu bersama keluarga tercinta, Karacak Valley adalah tempat yang sangat direkomendasikan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menciptakan kenangan indah dan tak terlupakan. Simak informasi lebih lanjut seputar destinasi wisata ini melalui artikel wisata Karacak Valley yang tersedia untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar dan menyenangkan.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute ke Karacak Valley, Garut, Jawa Barat:

Terletak di Jalan Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44113.

Karacak Valley tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut dan dapat ditempuh dengan kendaraan selama sekitar 30 menit perjalanan. Lokasinya berada di Kabupaten Garut, tepatnya di Kecamatan Garut Kota, di Jalan Karacak Valley, Margawati, Sukanegla.

Akses menuju lokasi cukup mudah karena terdapat penunjuk jalan yang memudahkan navigasi. Namun, sekitar beberapa ratus meter sebelum lokasi, jalanan masih berupa tanah yang cukup licin saat musim penghujan. Jalanan juga tidak terlalu lebar dan banyak tikungan tajam serta tanjakan. Oleh karena itu, perlu berhati-hati dan menggunakan kendaraan dengan kondisi prima saat berkunjung ke tempat ini.

Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, maupun bus kecil untuk menuju Karacak Valley. Namun, akses jalan tidak dapat dilalui oleh bus besar. Rute perjalanan cukup mudah, Anda dapat mengambil Jalan Bratayudha dan berbelok ke arah Jalan Margawati. Kemudian, ikuti jalan dan petunjuk arah di sepanjang Jalan Margawati hingga sampai di lokasi wisata hutan pinus ini.

Alternatif lainnya adalah menggunakan kendaraan umum. Dari Terminal Guntur, Anda bisa naik angkot jurusan Sukadana atau Sukaregang, kemudian turun di pertigaan jalan Margawati. Dari sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Karacak Valley dengan menggunakan ojek.

Pastikan untuk mempersiapkan kendaraan dan berhati-hati selama perjalanan Anda menjadi lancar dan aman. Nikmati keindahan alam dan pesona hutan pinus di destinasi wisata ini, dan jadikan momen liburan Anda menjadi pengalaman tak terlupakan.

Rute Menuju Karacak Valley:

  1. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Bratayudha.
  2. Dari Jalan Bratayudha, belok ke Jalan Margawati.
  3. Teruslah melaju sepanjang Jalan Margawati hingga mencapai lokasi wisata alam Karacak Valley.

Jika Anda menggunakan transportasi umum:

  1. Naiklah angkot jurusan 01 Terminal Guntur-Sukaregang atau angkot jurusan 02 Terminal Guntur-Sukadana.
  2. Beritahukan sopir angkot untuk berhenti di Margawati.
  3. Dari titik berhenti angkot di Margawati, lanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju Karacak Valley.

Pastikan untuk selalu memperhatikan petunjuk arah dan bertanya kepada penduduk setempat jika membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai rute menuju Karacak Valley.

Tiket Masuk Karacak Valley

Destinasi wisata Karacak Valley di Garut, Jawa Barat, menawarkan pengalaman liburan yang terjangkau dan menyenangkan. Berikut adalah biaya retribusi dan informasi operasional wisata:

  • HTM Harga Tiket Masuk Karacak Valley:
    • Dewasa: Rp10.000
    • Anak-anak: Rp5.000
  • Tiket Parkir:
    • Motor: Rp3.000
    • Mobil: Rp10.000
  • Penyewaan Hammock:
    • Harga: Rp. 10.000/jam
  • Area Camping:
    • Biaya: Rp. 15.000/malam
  • Penyewaan Tenda:
    • Tenda Kecil (kapasitas 4-5 orang): Rp. 50.000/malam
    • Tenda Medium (kapasitas 8 orang): Rp. 90.000/malam
    • Tenda Besar (kapasitas 8 orang): Rp. 120.000/malam

Tarif tiket masuk tersebut tergolong sangat terjangkau, dan Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi jika datang bersama rombongan. Tempat ini seringkali ramai dikunjungi oleh bus-bus rombongan wisatawan dari luar kota yang menggunakan jasa sewa bus pariwisata dengan harga yang terjangkau. Jadi, jika Anda ingin mengunjungi Karacak Valley dengan rombongan, pastikan untuk mencari penyedia jasa sewa bus pariwisata yang menawarkan harga sewa yang murah.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau dan fasilitas penyewaan yang cukup lengkap, Karacak Valley menjadi pilihan yang ideal untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam hutan pinus dan berbagai aktivitas seru dengan biaya yang terjangkau.

Anda dapat menikmati keindahan dan spot wisata bersama keluarga tercinta dengan biaya yang ramah kantong. Selain itu, destinasi ini juga menyediakan layanan camping dengan biaya terjangkau per orang. Pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru mengenai harga tiket masuk dan biaya lainnya, karena bisa berubah dari waktu ke waktu.

Jam Buka

Jam Buka Karacak Valley:

Buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB untuk kunjungan harian.

Namun, bagi mereka yang ingin melakukan camping, Karacak Valley buka selama 24 jam nonstop. Artinya, Anda dapat melakukan kegiatan camping di lokasi ini tanpa harus terbatas pada jam operasional karena layanan camping tersedia sepanjang waktu.

Jadi, jika Anda berencana untuk mengunjungi Karacak Valley, pastikan untuk datang antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB jika hanya ingin berkunjung sehari-hari. Tetapi jika Anda berniat untuk camping, Anda dapat datang kapan saja selama 24 jam setiap hari.

Fasilitas

Karacak Valley sebagai objek wisata telah menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain:

  1. Area Parkir: Terdapat area parkir yang cukup luas bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Harga parkir adalah Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.
  2. Sewa Tenda: Bagi pengunjung yang ingin berkemah, Karacak Valley menyediakan penyewaan tenda dengan harga yang bervariasi tergantung pada kapasitasnya. Harga sewa tenda mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 120.000, tergantung pada ukuran dan kapasitas tenda.
  3. Sewa Hammock: Pengelola juga menyediakan penyewaan hammock, sehingga Anda dapat bersantai di antara pepohonan pinus. Harga sewa hammock adalah Rp 10.000 untuk 1 jam penggunaan.
  4. MCK (Mandi, Cuci, Kakus): Terdapat fasilitas MCK yang dapat digunakan oleh pengunjung.
  5. Musala: Disediakan juga musala bagi pengunjung yang ingin menunaikan salat.
  6. Kios dan Warung Makanan: Jika Anda tidak membawa bekal, Anda dapat membeli makanan dan minuman di kios-kios dan warung makanan yang tersedia di lokasi.
  7. Gazebo: Terdapat banyak gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat atau bersantai.

Dengan fasilitas yang lengkap ini, para pengunjung dapat lebih menikmati waktu liburan. Anda dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman-teman sambil menikmati keindahan alam dan pesona hutan pinus di tempat ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung saat berada di Garut, Jawa Barat, dan nikmati liburan yang menyenangkan di destinasi wisata yang memikat ini.

Larangan Dan Aturan

Untuk menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pengunjung serta pelestarian lingkungan, objek wisata seperti Karacak Valley dan tempat-tempat lainnya di Garut umumnya memiliki beberapa larangan dan aturan yang harus diikuti oleh para pengunjung. Beberapa larangan dan aturan umum yang biasanya berlaku di objek wisata di Garut antara lain:

  1. Larangan membawa sampah: Pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan diwajibkan untuk membawa sampahnya kembali hingga menemukan tempat sampah yang disediakan.
  2. Larangan merusak alam dan lingkungan: Pengunjung tidak diperbolehkan merusak tanaman, pepohonan, atau lingkungan sekitar objek wisata.
  3. Aturan kebersihan: Pengunjung harus menjaga kebersihan dan keindahan objek wisata dengan tidak mencoret-coret, mencabut tanaman, atau merusak fasilitas umum.
  4. Aturan parkir: Pengunjung harus mematuhi aturan parkir dan dilarang memarkirkan kendaraan di tempat yang tidak diperbolehkan.
  5. Aturan camping: Bagi yang berkemah, harus mematuhi aturan yang berlaku untuk camping, termasuk tidak merusak lingkungan sekitar dan membawa kembali seluruh barang bawaan.
  6. Larangan membawa hewan peliharaan: Beberapa objek wisata mungkin melarang membawa hewan peliharaan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung lainnya.
  7. Aturan tentang pemotretan: Pengunjung harus mematuhi aturan tentang pemotretan, terutama jika ada area atau objek wisata yang dilarang untuk difoto atau perlu izin khusus.
  8. Aturan tentang suara dan kebisingan: Pengunjung harus menghormati ketenangan dan kenyamanan pengunjung lain dengan tidak membuat kebisingan yang mengganggu.

Setiap objek wisata mungkin memiliki aturan dan larangan yang berbeda-beda, maka penting bagi pengunjung untuk membaca dan mematuhi tanda-tanda dan petunjuk yang ada di lokasi wisata. Dengan mematuhi aturan dan larangan tersebut, kita dapat membantu menjaga keindahan alam dan kenyamanan tempat wisata untuk dinikmati oleh semua orang.

Aktivitas

Karacak Valley merupakan destinasi wisata yang menarik di Garut, Jawa Barat, terletak di perbukitan hijau yang indah, dihiasi dengan hutan pinus yang memukau serta perkebunan kopi yang menambah pesona alamnya. Berbagai objek wisata menarik dapat Anda temukan di tempat ini, seperti Curug Kembar, Curug Ngebul, camping ground yang luas, dan Puncak Dogar.

Kawasan ini berlokasi di Gunung Karacak, menawarkan panorama alam yang tak kalah menakjubkan dari Puncak Guha Garut. Ketika Anda mengunjungi Karacak Valley, Anda akan merasakan kesejukan dan keasrian alam yang menyejukkan hati siapapun yang datang.

See also  Ulasan 15 Penginapan dan Hotel murah di Kuningan Jawa Barat

Sebagai kawasan yang dikelola oleh Perhutani, pengelolaan Karacak Valley saat ini berada di bawah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jayamandiri. Tempat ini memiliki luas area yang cukup besar, dengan hutan pinus yang memenuhi setiap sudutnya, menciptakan suasana yang menenangkan dan memikat.

Dengan keindahan alam dan beragam objek wisata yang ditawarkan, Karacak Valley menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona alam Garut yang asri. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah selama berlibur di sini dan nikmati pengalaman liburan yang tak terlupakan di Karacak Valley, Garut, Jawa Barat.

Treking

Trekking atau hiking di Karacak Valley menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi para pecinta alam dan petualang. Dengan berbagai jalur trekking yang tersedia, Anda memiliki kesempatan untuk menjelajahi hutan pinus yang indah dan memperoleh pengalaman mendalam di alam liar yang penuh misteri.

Selama trekking, Anda dapat mengenal berbagai hal baru yang mungkin tidak dapat Anda temukan di tempat tinggal Anda. Hutan pinus yang rindang menyajikan panorama alam yang menakjubkan dan beragam kehidupan alami yang bersembunyi di dalamnya. Anda dapat melihat flora dan fauna yang khas dari kawasan hutan ini, serta memahami ekosistem yang unik dan penting bagi lingkungan.

Trekking juga memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai objek wisata menarik di Karacak Valley, seperti Curug Kembar, Curug Ngebul, dan Puncak Dogar. Jalur trekking yang beragam memungkinkan Anda untuk memilih level kesulitan yang sesuai dengan kemampuan fisik dan tingkat petualangan Anda.

Selain memberikan tantangan fisik, trekking juga memungkinkan Anda untuk bersatu dengan alam dan menikmati keheningan serta keindahan alam yang menenangkan. Menjauh dari kesibukan perkotaan, Anda dapat merenungkan keindahan dan keragaman alam di tempat ini, menjadikan trekking sebagai bentuk meditasi alam yang mendalam.

Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan trekking, termasuk membawa air minum, perlengkapan trekking yang sesuai, dan mematuhi petunjuk keselamatan yang diberikan oleh pihak pengelola. Nikmati petualangan dan penemuan baru selama trekking di hutan pinus yang memukau ini, dan jadikan momen tersebut sebagai pengalaman tak terlupakan dalam liburan Anda di Karacak Valley, Garut, Jawa Barat.

Hammocking

Hammocking adalah kegiatan bersantai menggunakan hammock, yaitu tempat tidur gantung yang terbuat dari kain atau bahan serupa yang diikat pada dua titik dukungan, seperti pohon atau tiang. Di Karacak Valley, dengan adanya banyak pepohonan pinus, Anda memiliki kesempatan yang sempurna untuk merasakan pengalaman hammocking yang menakjubkan.

Setelah berkeliling dan mengeksplorasi seluruh kawasan Karacak Valley yang menawarkan keindahan alam hutan pinus, kegiatan hammocking menjadi pilihan yang ideal untuk beristirahat dan bersantai. Menggantung hammock di antara pepohonan pinus memberikan suasana yang tenang dan damai, di mana Anda bisa meresapi keindahan alam sekitar sambil beristirahat dengan nyaman.

Hammocking adalah kegiatan santai yang populer di kalangan para pecinta alam dan para pengunjung yang ingin menikmati suasana hutan dengan cara yang unik dan menyenangkan. Dengan menggunakan hammock, Anda dapat berbaring, duduk, atau tidur dengan nyaman sambil menikmati segarnya udara hutan pinus.

Selama berada di Karacak Valley, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba hammocking dan merasakan sensasi beristirahat di antara pepohonan pinus yang rindang. Pastikan untuk membawa hammock sendiri atau menggunakan fasilitas penyewaan hammock yang telah disediakan oleh pengelola lokasi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Olahraga

Karacak Valley memang menyajikan kesempatan yang sempurna untuk berpartisipasi dalam beberapa kegiatan olahraga alam yang menyenangkan. Beberapa kegiatan olahraga yang populer di tempat ini termasuk hiking dan bersepeda.

  1. Hiking: Kawasan ini menawarkan berbagai jalur hiking yang menarik dan menantang. Anda dapat memulai hiking menuju Curug Ngebul, yang menawarkan pemandangan air terjun yang indah. Jika Anda lebih berpengalaman dan bersemangat untuk tantangan lebih, Anda juga dapat mencoba hiking hingga puncak Gunung Karacak untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan dari ketinggian.
  2. Bersepeda: Karacak Valley juga merupakan tempat yang ideal untuk bersepeda dengan rute yang dapat diakses menggunakan sepeda. Anda bisa menikmati bersepeda di tengah hutan pinus yang rindang, merasakan udara segar, dan menikmati keindahan alam sekitar. Bersepeda adalah cara yang menyenangkan untuk menjelajahi kawasan ini sambil tetap menjaga kebugaran fisik.

Melakukan olahraga di alam terbuka seperti hiking dan bersepeda akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Selain menikmati keindahan alam, Anda juga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan membawa perlengkapan yang sesuai saat berpartisipasi dalam kegiatan olahraga ini.

Spot Foto

Karacak Valley memang merupakan surga bagi para pecinta fotografi dan pengguna media sosial. Keindahan pemandangan alam dan pepohonan pinus yang menghiasi kawasan ini membuatnya menjadi tempat yang bagus untuk spot foto yang menarik.

Ketika Anda menelusuri kawasan Karacak Valley, Anda akan menemukan banyak spot foto menarik dengan latar belakang pemandangan alam yang spektakuler. Hutan pinus yang rindang, air terjun, dan keindahan alam sekitar akan memberikan beragam pilihan untuk foto-foto yang menakjubkan.

Saat berkunjung ke Karacak Valley, disarankan untuk datang bersama keluarga di pagi hari atau menjelang sore di musim kemarau. Pagi hari menawarkan cahaya yang lembut dan suasana yang tenang untuk mengambil foto-foto indah. Sementara itu, menjelang sore di musim kemarau akan memberikan kesempatan untuk menikmati matahari terbenam yang cantik, menciptakan latar belakang yang spektakuler untuk foto-foto dengan langit biru yang cerah.

Jika Anda memutuskan untuk berkemah, jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen indah saat matahari terbit di pagi hari. Latar belakang sunrise akan menambah nilai estetika foto-foto Anda, menciptakan kenangan yang tak terlupakan dari perjalanan Anda.

Karacak Valley memang menawarkan berbagai spot foto yang menarik dan instagramable, sehingga tempat wisata ini menjadi populer di kalangan pengunjung yang mencari kesempatan untuk berfoto yang menakjubkan. Beberapa spot foto menarik antara lain:

  1. Hutan Pinus: Tentu saja, hutan pinus yang menghiasi area ini menjadi salah satu spot foto paling ikonik. Pepohonan pinus yang tinggi dan rindang menciptakan latar belakang yang menakjubkan untuk foto-foto outdoor yang indah.
  2. Pemandangan Gunung Papadayan dan Gunung Guntur: Karacak Valley menawarkan pemandangan indah antara dua gunung yang menakjubkan, Gunung Papadayan dan Gunung Guntur. Sunset di antara gunung-gunung ini adalah momen yang sangat layak untuk diabadikan dalam foto.
  3. Spot Foto yang Disediakan oleh Pengelola: Selain pemandangan alam yang memukau, pihak pengelola Karacak Valley juga menyediakan spot-spot foto khusus yang dirancang untuk menciptakan gambar-gambar menarik dan unik.

Pastikan untuk mengambil banyak foto selama kunjungan Anda dan jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di berbagai spot menarik yang ada. Nikmati momen-momen indah dengan latar belakang keindahan alam yang spektakuler di tempat wisata ini, dan hasilkan kenangan yang tak terlupakan dari perjalanan Anda.

Camping

Sebagai bumi perkemahan, Karacak Valley menawarkan tempat yang luas dan nyaman bagi para pengunjung yang ingin berkemah dan menikmati suasana alam. Destinasi ini menyediakan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk mendukung pengalaman berkemah dan melakukan berbagai aktivitas seru.

Dengan suasana hutan pinus yang menyejukkan dan pemandangan alam yang indah, Karacak Valley menjadi pilihan favorit para pengunjung untuk menghabiskan malam bersama teman dan keluarga. Berkemah di tengah hutan pinus memberikan pengalaman unik dan menyenangkan, di mana Anda dapat merasakan kehangatan api unggun, mendengarkan suara alam di malam hari, dan menghirup udara segar di pagi hari.

Fasilitas yang disediakan oleh Karacak Valley termasuk area perkemahan yang luas, tempat untuk mendirikan tenda, fasilitas sanitasi seperti toilet dan tempat mandi, serta area untuk kegiatan olahraga dan rekreasi. Semua fasilitas ini bertujuan untuk memastikan para pengunjung merasa nyaman dan puas selama berkemah di lokasi ini.

Bermalam di Karacak Valley tidak hanya menawarkan keseruan dalam berkemah, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menjalin kebersamaan dengan orang-orang terdekat dan menciptakan kenangan indah bersama. Oleh karena itu, destinasi wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga, berkumpul bersama teman-teman, atau merayakan momen spesial seperti acara camping dan kegiatan rekreasi alam lainnya.

Melihat Curug

Pengalaman menelusuri Keajaiban Curug di Karacak Valley adalah sesuatu yang tak terlupakan. Saat memulai petualangan dari tempat parkir, Anda akan merasakan hembusan udara segar dan menyusuri jalan setapak yang menantang. Petunjuk arah mengarahkan Anda ke keajaiban alam yang tersembunyi.

Perjalanan menuju curug ini menjadi bagian petualangan yang menarik. Medan menanjak menguji keuletan dan ketangguhan. Namun, saat Anda tiba di pertigaan, kesegaran hutan memeluk Anda dengan lembut.

Kemudian, dengan langkah bersemangat, Anda melanjutkan perjalanan menuju curug. Suara gemericik air semakin mendekat dan mata Anda diberkahi dengan pemandangan curug yang indah. Saung-saung kecil yang terdapat di sekitar curug menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat sambil menikmati keindahan panorama.

Jangan lupa membawa bekal, karena di tengah suasana alam yang menakjubkan, makanan khas Jawa Barat akan semakin lezat. Nikmatilah makanan Anda sambil menyaksikan keajaiban alam yang terhampar di depan mata.

Di Karacak Valley, Anda dapat menjelajahi dua keajaiban curug sekaligus, Curug Ngebul dan Curug Kembar. Kedua curug ini memiliki pesona dan daya tariknya sendiri yang memukau hati Anda. Betapa indahnya memandang air terjun yang menawan dan mendengarkan gemericik air yang menenangkan jiwa.

Kisah perjalanan Anda di Keajaiban Curug Karacak Valley akan menjadi kenangan tak terlupakan sepanjang hidup. Dengan berbagai keajaiban alam dan pengalaman yang unik, tempat ini akan terus memanggil Anda untuk kembali menjelajahi dan menemukan keindahan yang tak tergantikan.

Keunikan Daya Tarik

Karacak Valley adalah sebuah kawasan hutan pinus yang menjadi populer di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Destinasi wisata ini dibuka pada tahun 2016 dan menjadi tren di media sosial. Pengunjung sering mengabadikan momen indah di tempat ini dan membagikannya di platform sosial media seperti Instagram, yang kemudian menarik minat banyak orang untuk datang mengunjungi lokasi tersebut.

Selain menawarkan kesegaran dan pesona hutan pinus yang menakjubkan, Karacak Valley juga merupakan tempat bumi perkemahan di Garut. Lokasinya yang berada di atas bukit memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan kota yang indah, terutama saat malam hari. Hal ini membuat destinasi hutan pinus ini menjadi pilihan populer bagi para traveler yang mencari kegiatan menyenangkan.

Kawasan ini sebenarnya merupakan hutan pinus dan perkebunan kopi milik Perhutani dengan luas sekitar 92 hektar. Meskipun hanya sebagian kecil, yakni seluas 10 hektar saja, yang dibuka sebagai destinasi wisata, Karacak Valley tetap berhasil menarik minat pengunjung. Respons positif juga datang dari masyarakat sekitar.

See also  Wisata Air Terjun Eksotis Curug Tilu Leuwi Opat di Bandung

Meskipun mayoritas pengunjung adalah remaja, Karacak Valley sesungguhnya juga sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga. Dengan luasnya area, terdapat banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi. Keindahan alam dan kesegaran hutan pinus menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung untuk melepaskan kepenatan dan menikmati liburan di lokasi wisata ini.

Area Perbukitan yang Sejuk

Karacak Valley terletak di Garut, sebuah daerah di Jawa Barat, Indonesia. Tempat wisata ini menawarkan nuansa perbukitan yang sejuk dan alam yang asri dengan keberadaan hutan pinus yang rindang. Saat pagi hari, Anda dapat menikmati pemandangan kabut tipis yang menyelimuti hutan, menciptakan suasana yang semakin sejuk dan segar di sekitarnya.

Hutan pinus yang menjulang tinggi menjadi daya tarik utama. Ketika Anda memasuki kawasan hutan ini, Anda akan merasa seperti berada di dalam hutan yang alami dan tenang. Suasana ini menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat dan bersatu dengan alam.

Dengan pemandangan perbukitan yang indah dan hutan pinus yang menyejukkan, Karacak Valley menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pecinta alam dan mereka yang mencari ketenangan dari kesibukan perkotaan. Nikmati pesona alam dan suasana sejuk di kawasan hutan pinus yang menakjubkan ini ketika Anda berkunjung.

Hutan Pinus

Hutan Pinus merupakan ciri khas dan daya tarik utama dari objek wisata Karacak Valley. Destinasi ini terletak di daerah perbukitan yang dikelilingi oleh hutan pinus dan perkebunan kopi. Pepohonan pinus yang menjulang tinggi memberikan pemandangan yang menakjubkan dan menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Untuk mengeksplorasi keindahan hutan pinus ini, terdapat jalan setapak yang bisa diikuti oleh para pengunjung. Jalan setapak ini akan membawa Anda melalui hutan pinus yang menanjak sesuai dengan kontur tanah di perbukitan. Berjalan melalui jalan setapak ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Pepohonan pinus yang rindang menciptakan suasana yang sejuk dan asri, menjadikan sebagai tempat yang ideal untuk bersantai dan melepaskan penat. Selain itu, pepohonan pinus juga memberikan tempat yang cocok untuk berfoto dan mengabadikan momen indah selama perjalanan di hutan pinus ini.

Dengan keindahan hutan pinus yang menakjubkan dan jalan setapak yang menantang, Karacak Valley menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung yang mencari pengalaman alam yang unik dan menyegarkan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi hutan pinus di Karacak Valley, Garut, dan nikmati liburan yang tak terlupakan di tengah keindahan alam pegunungan.

Puncak Dogar

Puncak Dogar adalah salah satu daya tarik utama yang membuat Karacak Valley begitu menarik bagi para pengunjung. Tempat ini menawarkan pemandangan yang memanjakan mata, terletak di atas bukit di kawasan hutan pinus, sehingga menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Banyak pengunjung yang datang ke Puncak Dogar karena tempat ini memberikan pemandangan yang spektakuler. Dari puncak bukit ini, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Garut tanpa ada penghalang. Pemandangan indah ini terutama semakin menakjubkan ketika Anda berkunjung di malam hari dan melihat gemerlap lampu-lampu kota.

Puncak Dogar juga menjadi tempat favorit bagi para pengunjung yang ingin berkemah. Dengan berada di atas bukit dan di tengah hutan pinus, tempat ini menawarkan suasana alam yang tenang dan menyatu dengan keindahan alam sekitar. Berkemah di Puncak Dogar memberikan pengalaman yang unik dan tak terlupakan, di mana Anda dapat merasakan kesejukan malam sambil menikmati pemandangan cahaya kota di kejauhan.

Pemandangan yang indah dan suasana yang tenang di Puncak Dogar menjadikannya tempat yang banyak didatangi oleh pengunjung. Dari sini, Anda dapat mengabadikan momen yang indah dan membuat kenangan tak terlupakan selama berlibur. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Puncak Dogar dan menikmati pemandangan yang memukau di destinasi wisata ini.

Curug Eksotis

Curug Kembar dan Curug Ngebul adalah dua daya tarik menarik lainnya yang dapat Anda nikmati di kawasan Karacak Valley. Kedua curug ini merupakan air terjun kecil dengan telaga di bawahnya, menciptakan pemandangan yang indah dan menenangkan. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang kedua curug ini:

Curug Kembar

Curug Kembar adalah salah satu destinasi menarik di kawasan Karacak Valley yang menawarkan keindahan alam dan air yang bening. Destinasi ini memiliki dua air terjun yang mengalir di antara bebatuan, menciptakan pemandangan yang indah dan menarik untuk dinikmati oleh para pengunjung.

Keindahan alam sekitar Curug Kembar menjadikannya tempat yang sempurna untuk bermain air atau sekadar melepas lelah dari perjalanan. Anda bisa merasakan kesegaran air terjun dan bersenang-senang bermain air di telaga yang ada di bawahnya. Suasana yang tenang dan asri akan membuat Anda merasa rileks dan nyaman di tempat ini.

Selain itu, di sekitar Curug Kembar, terdapat saung-saung atau tempat berteduh yang dapat Anda gunakan untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Spot ini juga menjadi tempat yang ideal untuk beristirahat sambil menikmati keindahan air terjun dan hutan pinus di sekitarnya.

Jika Anda mencari tempat untuk bersantai, bermain air, atau sekadar menikmati keindahan alam, Curug Kembar adalah pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah selama kunjungan Anda ke Curug Kembar di Karacak Valley, Garut, Jawa Barat. Nikmati pengalaman liburan yang tak terlupakan di tengah pesona alam yang menakjubkan di destinasi wisata ini.

Curug Ngebul

Curug Ngebul adalah destinasi menarik lainnya di kawasan Karacak Valley yang menawarkan suasana yang sejuk dan segar. Meskipun tidak memiliki ketinggian yang tinggi, air terjun ini menyajikan pemandangan yang menenangkan dan menawarkan pengalaman alam yang menyegarkan.

Air terjun Curug Ngebul berasal dari Gunung Karacak, sehingga airnya memiliki kesegaran dan kebersihan yang alami. Keberadaan air terjun ini menciptakan suasana yang menenangkan dan menawarkan kesempatan bagi para pengunjung untuk bersantai dan merasakan kesejukan air terjun yang menyegarkan.

Tempat ini cocok untuk melepas penat dan beristirahat sambil menikmati keindahan alam sekitar. Anda bisa duduk di dekat air terjun atau berendam di telaga di bawahnya, merasakan gemericik air yang menenangkan dan menyegarkan. Keindahan dan ketenangan yang ditawarkan oleh Curug Ngebul menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai dan merasakan kedamaian di tengah pesona alam Karacak Valley.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Ngebul dan merasakan suasana sejuk dan segar dari air terjun yang berasal dari Gunung Karacak. Nikmati momen tenang dan menyegarkan di destinasi wisata ini, dan buatlah kenangan indah selama perjalanan Anda.

Untuk mencapai kedua curug ini, Anda dapat menyusuri jalan setapak yang ada di Karacak Valley dan mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan. Meskipun jalannya cukup menanjak, Anda akan menemukan beberapa spot untuk beristirahat sepanjang perjalanan.

Kunjungan ke Curug Kembar dan Curug Ngebul akan memberikan pengalaman alam yang menenangkan dan indah di tengah pesona alam Karacak Valley. Pastikan untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama perjalanan Anda ke kedua curug ini. Nikmati keindahan air terjun dan kesegaran airnya yang berasal dari Gunung Karacak.

Kuliner Tempat Makan

Di Karacak Valley, para pengunjung tidak perlu khawatir akan kekurangan pilihan makanan. Terdapat dua warung atau kantin yang tersedia di lokasi, sehingga Anda dapat dengan mudah membeli makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan selama berlibur di sana.

Warung pertama terletak di dekat tempat pembayaran tiket masuk, sehingga pengunjung bisa langsung membeli makanan setelah memasuki kawasan wisata. Warung ini menyediakan berbagai pilihan makanan, mulai dari makanan ringan seperti kudapan dan camilan hingga makanan berat seperti nasi dan lauk-pauk.

Sementara itu, warung kedua terletak di jalur trekking dekat dengan mushola, sehingga para pengunjung dapat menemukan sumber makanan di tengah perjalanan mereka saat melakukan trekking atau hiking di Karacak Valley. Hal ini tentu sangat membantu, terutama bagi mereka yang ingin menikmati perjalanan tanpa harus membawa bekal makanan dari luar.

Dengan adanya fasilitas warung atau kantin, para pengunjung dapat dengan nyaman mengisi perut dan mendapatkan energi untuk beraktivitas dan menikmati keindahan alam di destinasi wisata ini. Pastikan untuk mencoba makanan lokal dan mencicipi hidangan yang khas dari daerah Garut saat berkunjung ke warung-warung.

Penginapan Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang terletak dekat dengan Karacak Valley, Garut, Jawa Barat:

  1. RedDoorz Syariah @ Sudirman Street Garut, Garut Harga: IDR 161.500 per kamar per malam Lokasi: Berjarak sekitar 1,6 km dari Bunderan Suci.
  2. favehotel Cimanuk, Garut Harga: IDR 476.141 per kamar per malam Lokasi: Memerlukan 11 menit berkendara dari Pemandian Air Panas Cipanas.
  3. Aleyra Hotel and Villa’s Garut, Garut Harga: IDR 388.800 per kamar per malam Lokasi: Terletak di Jalan Pembangunan, No. 159, Jayawaras, Tarogong Kidul, Garut.
  4. Hotel Tiara Rex Garut, Garut Harga: IDR 263.397 per kamar per malam Lokasi: Terletak di Jalan Cimanuk No.311, Pataruman, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.
  5. RedDoorz @ Pataruman Garut, Garut Harga: IDR 168.480 per kamar per malam Lokasi: Terletak di jantung kota Garut.
  6. RedDoorz near Alun-Alun Garut, Garut Harga: IDR 146.012 per kamar per malam Lokasi: Berdekatan dengan Garut City Square.
  7. Hotel Familie Ayu Garut Kota, Garut Harga: IDR 150.822 per kamar per malam Lokasi: Berlokasi di pusat kota Garut dan dekat dengan Alun Alun Garut.

Pastikan untuk memeriksa ketersediaan dan harga terbaru sebelum melakukan pemesanan. Semoga informasi ini membantu Anda dalam mencari akomodasi dekat Karacak Valley, Garut, untuk liburan Anda.

Wisata Sekitar

Garut memang menawarkan beragam objek wisata yang memikat, mulai dari pesona alam hingga edukasi. Beberapa objek wisata yang populer di Garut antara lain:

Curug Rahong Cisewu

Curug Rahong Cisewu memang menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Garut. Dengan keunikan air terjun yang dibatasi oleh dua tebing, memberikan pesona yang indah dan menarik bagi para pengunjung. Letaknya yang asri dan nyaman membuatnya menjadi tempat yang pas untuk bersantai dan merenungkan keindahan alam.

Wisatawan yang datang ke Curug Rahong Cisewu bisa menikmati suasana alam yang menenangkan, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau bahkan mandi di kolam air terjun yang segar. Pemandangan alam yang indah dan keunikan air terjun menjadikan Curug Rahong Cisewu sebagai destinasi liburan yang menarik di Garut.

Leuwi Jurig

Leuwi Jurig memang merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Garut. Meskipun namanya terdengar seram, tempat ini justru menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Sungai yang diapit oleh dua tebing tinggi menciptakan pemandangan yang spektakuler dan memberikan suasana yang tenang dan menenangkan.

See also  Destinasi Ajaib Tlogomas: Antara Sejarah dan Modernitas

Airnya yang berwarna biru kehijauan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sambil berenang atau bermain air di sungai ini. Keasrian alam dan keunikan warna airnya membuat Leuwi Jurig menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat dan bersantai.

Situ Bagendit

Situ Bagendit memang merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Garut, terutama untuk keluarga. Terletak di kecamatan Banyuresmi, tempat ini menawarkan udara yang sejuk dan nyaman, cocok untuk melepas penat dan bersantai bersama keluarga.

Wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan, seperti naik rakit dan perahu bebek di sekitar danau. Aktivitas ini menyuguhkan pengalaman berwisata air yang seru dan menyenangkan. Selain itu, terdapat pula permainan kereta kecil di tepi danau dan cosplay boneka kartun yang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berfoto.

Dengan berbagai fasilitas dan kegiatan yang ada, Situ Bagendit menjadi destinasi liburan yang menyenangkan dan cocok untuk seluruh anggota keluarga. Pengalaman menikmati keindahan alam dan bermain di sekitar danau akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Talaga Bodas

Karacak Valley, Panorama Hutan Pinus & Spot Camping Seru di Garut
Karacak Valley, Panorama Hutan Pinus & Spot Camping Seru di Garut

Talaga Bodas memang merupakan destinasi wisata yang sangat cocok bagi para penggemar berendam sambil menikmati keindahan alam sekitar. Dengan kombinasi gunung, perbukitan, dan danau yang jernih, tempat ini menawarkan pemandangan yang indah dan menarik untuk dijelajahi.

Para pengunjung dapat menikmati bermain air di danau yang tenang sambil menikmati pemandangan alam yang spektakuler. Suasana sejuk dan alami di sekitar Talaga Bodas membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan bersua foto.

Selain itu, keindahan pepohonan yang menjulang tinggi menambah pesona alam Talaga Bodas. Aktivitas berfoto di tengah alam yang memukau akan memberikan pengalaman berlibur yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

Dengan segala daya tarik alaminya, Talaga Bodas menjadi destinasi wisata yang menarik bagi semua kalangan, terutama bagi mereka yang menyukai kegiatan alam dan berendam sambil menikmati pemandangan yang indah.

Curug Sanghyang Taraje

Curug Sang Hyang Taraje memang menawarkan keindahan alam yang menarik dengan dua air terjun kembar yang tinggi dan indah. Wisatawan dapat menikmati keasrian dan kesegaran air terjun, serta berfoto dengan latar belakang pemandangan yang cantik.

Selain itu, mitos yang berkembang di sekitar Curug Sang Hyang Taraje memberikan nuansa mistis dan cerita menarik bagi para pengunjung. Kepercayaan bahwa curug ini merupakan tangga para dewa untuk menuju kayangan menambah daya tarik dan keunikan tempat ini.

Fasilitas yang lengkap di Curug Sang Hyang Taraje, seperti warung makan, bangku, dan gazebo, tentu akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang ingin beristirahat dan menikmati suasana sekitar. Dengan suasana alam yang menenangkan, tempat ini menjadi destinasi yang ideal untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Pantai Santolo

Pantai Santolo memang menawarkan pesona keindahan dengan pasir putih dan air laut yang biru, membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk berlibur dan beristirahat. Fasilitas yang lengkap, seperti tempat penginapan yang nyaman dan bersih, akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai lebih lama.

Keindahan alam Pantai Santolo menjadikannya tempat yang cocok untuk berbagai aktivitas, seperti berjemur di atas pasir putih yang lembut, berenang atau bermain air di laut yang jernih, atau sekadar menikmati pemandangan alam yang indah. Pantai ini juga merupakan tempat yang ideal untuk bersantai sambil menikmati angin laut yang sejuk.

Pengalaman berlibur di Pantai Santolo akan memberikan kesan yang menyenangkan dan mengesankan bagi para pengunjung. Dengan daya tariknya yang memukau, pantai ini layak menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Garut.

Leuwi Korsi

Leuwi Korsi memang menawarkan pengalaman wisata alam yang menarik dengan keindahan air yang jernih dan tebing batu alami yang menghiasi sekitar sungai. Kelebihan dari tempat ini adalah aliran air yang tidak terlalu deras, memungkinkan pengunjung untuk berendam dan bersantai dengan lebih nyaman.

Namun, perlu diingat bahwa akses jalan ke Leuwi Korsi bisa sedikit melelahkan karena harus melewati medan berbatu dan tracking melalui hutan pinus. Meskipun begitu, usaha untuk mencapai tempat wisata ini akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah dan kesegaran aliran sungai yang menyegarkan.

Bagi para pecinta alam dan petualangan, Leuwi Korsi merupakan tempat yang menarik untuk dieksplorasi. Hal ini membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata alam yang direkomendasikan di Garut, terutama bagi mereka yang menyukai keindahan sungai dan alam yang masih alami.

Tips

Tips berkunjung ke Karacak Valley Garut dari :

  1. Waktu Terbaik: Nikmati keindahan dengan datang di pagi hari untuk menikmati suasana segar dan pemandangan kabut tipis yang menyelimuti hutan. Jika Anda berencana untuk camping, datanglah ketika sore hari untuk mempersiapkan tenda dan menikmati suasana malam yang nyaman di bawah pepohonan pinus.
  2. Rencanakan Bersama Keluarga atau Teman: Jadikan liburan semakin menyenangkan dengan datang bersama keluarga, sahabat, atau teman tercinta. Bersama mereka, momen berlibur akan menjadi lebih berarti dan tak terlupakan.
  3. Bawa Kamera: Jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel pintar dengan kualitas kamera baik. Karacak Valley menyuguhkan pemandangan yang memukau dan spot-spot foto yang menarik. Abadikan momen berharga selama liburan di tempat ini agar kenangan tak pernah pudar.
  4. Siapkan Kondisi Badan dan Kebutuhan Liburan: Persiapkan diri sebaik mungkin sebelum berkunjung. Pastikan kondisi fisik Anda prima untuk menjelajahi medan menanjak dan menghadapi petualangan di hutan pinus. Siapkan juga semua kebutuhan logistik, seperti makanan, minuman, dan peralatan camping yang cukup.

Dengan mengikuti tips ini, liburan Anda akan semakin menyenangkan dan tak terlupakan. Nikmati pesona alam dan suasana sejuk hutan pinus, serta rasakan keindahan alam yang menakjubkan di tempat wisata ini.

Kekurangan

Meskipun Karacak Valley adalah destinasi wisata yang menarik dan memiliki banyak daya tarik, seperti halnya setiap tempat wisata, Karacak Valley juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh para pengunjung. Beberapa kekurangan yang mungkin dapat ditemukan adalah sebagai berikut:

  1. Akses Jalan: Beberapa bagian jalan masih berupa tanah dan licin saat musim hujan. Jalan juga tidak terlalu lebar dan terdapat tikungan tajam serta tanjakan, sehingga memerlukan perhatian ekstra bagi pengemudi. Pengunjung harus berhati-hati dan menggunakan kendaraan dengan kondisi yang prima untuk menghindari masalah selama perjalanan.
  2. Kemacetan: Karena popularitasnya yang meningkat, terutama di akhir pekan atau hari libur, Karacak Valley dapat mengalami kemacetan kendaraan di area parkir dan jalur masuk. Sebaiknya datang lebih awal untuk menghindari kemacetan dan mendapatkan tempat parkir yang nyaman.
  3. Waktu Kunjungan: Waktu kunjungan dapat cukup padat, terutama di musim liburan atau hari libur. Hal ini bisa mengurangi ketenangan dan kenyamanan saat menikmati alam dan fasilitas di tempat ini.
  4. Fasilitas Mungkin Terbatas: Meskipun pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas, terkadang fasilitas seperti toilet dan tempat istirahat mungkin terbatas dan tidak mencukupi untuk jumlah pengunjung yang banyak.
  5. Penyewaan Hammock Terbatas: Penggunaan hammock dibatasi waktu, yaitu hanya 1 jam per sewa. Jika Anda ingin bersantai lebih lama di hammock, perlu menyewanya beberapa kali.
  6. Gangguan Lingkungan: Kepadatan pengunjung dan penggunaan area camping dapat menyebabkan dampak negatif pada lingkungan. Penting untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah di area wisata.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Karacak Valley masih menjadi destinasi wisata alam yang menarik dan menyenangkan. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan bertanggung jawab di tempat ini.

FAQ

Pertanyaan Umum tentang Karacak Valley

  1. Apa yang membuat Karacak Valley menarik sebagai destinasi wisata? Menarik sebagai destinasi wisata karena keindahan alamnya yang menakjubkan, terutama keberadaan hutan pinus yang memberikan suasana sejuk dan segar. Selain itu, curug-curug (air terjun) seperti Curug Ngebul dan Curug Kembar menambah daya tarik tempat ini. Kemudian, fasilitas camping, hiking, dan hammocking juga menarik para pengunjung untuk beraktivitas di alam.
  2. Bagaimana cara menuju Karacak Valley? Anda bisa mengakses melalui Jalan Bratayudha dan berbelok ke Jalan Margawati. Terdapat petunjuk arah di sepanjang Jalan Margawati yang memandu Anda menuju lokasi wisata ini. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik angkot jurusan Terminal Guntur-Sukadana atau Sukaregang dari Terminal Guntur, kemudian turun di pertigaan Jalan Margawati dan lanjutkan dengan ojek.
  3. Bagaimana jam operasional Karacak Valley? Buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Untuk yang ingin camping, area camping terbuka selama 24 jam nonstop.
  4. Berapa harga tiket masuk ke Karacak Valley? Harga tiket masuk adalah Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sementara itu, tiket parkir untuk sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000.
  5. Apakah tersedia fasilitas camping di Karacak Valley? Ya, Terdapat area camping yang bisa menampung lebih dari 1000 tenda. Pengunjung dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda dari pengelola dengan harga tergantung pada kapasitasnya.
  6. Apakah disediakan fasilitas makanan di Karacak Valley? Ya, terdapat kantin atau warung di dekat tempat pembayaran tiket dan di jalur trekking dekat mushola. Anda juga bisa membawa bekal sendiri jika ingin makan di tengah alam.
  7. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Karacak Valley? Anda dapat melakukan aktivitas seperti hiking, bersepeda, camping, hammocking, dan menikmati pemandangan alam yang indah. Anda juga bisa mengunjungi curug-curug yang ada di lokasi seperti Curug Ngebul dan Curug Kembar.
  8. Apakah ada batasan penggunaan hammock di Karacak Valley? Ya, penggunaan hammock dibatasi waktu, yaitu hanya boleh disewa selama 1 jam per sekali sewa.
  9. Bagaimana kondisi akses jalan di Karacak Valley? Beberapa ratus meter sebelum lokasi, jalanan masih berupa tanah yang cukup licin saat musim penghujan. Jalanan juga tidak terlalu lebar serta banyak terdapat tikungan tajam dan tanjakan, sehingga perlu berhati-hati dan menggunakan kendaraan yang dalam kondisi baik.
  10. Apakah ramah untuk liburan keluarga? Ya, Karacak Valley adalah tempat yang cocok untuk liburan keluarga. Anda dapat menikmati keindahan alam bersama anggota keluarga dan menikmati berbagai aktivitas menyenangkan yang ditawarkan di lokasi ini.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 33 Ulasan Menarik Karacak Valley Spot Camping Favorit Garut.

Your email address will not be published. Required fields are marked *