Review Kenjeran Park, Taman Wisata Modern di Surabaya

Kenjeran Park, atau dikenal juga sebagai Green Kenpark, adalah sebuah destinasi wisata yang menarik di Surabaya, menawarkan kombinasi harmonis antara keindahan alam, rekreasi, dan budaya. Tempat ini merupakan transformasi luar biasa dari kawasan pesisir pantai yang dulu kurang layak menjadi taman yang hijau dan tertata rapi, menjadikannya tujuan liburan yang sempurna, terutama untuk keluarga.

Salah satu aspek yang membuat Kenjeran Park begitu menarik adalah sentuhan arsitektur dan desain yang menghadirkan atmosfer mirip dengan negara Thailand. Pagoda yang megah dan patung Buddha yang anggun menciptakan nuansa spiritual yang unik, memberikan pengalaman serupa seperti berada di negara tetangga. Ini bukan hanya tempat rekreasi biasa; Kenjeran Park membawa pengunjungnya dalam perjalanan budaya yang menarik.

Tidak hanya soal keindahan arsitektur, Kenjeran Park juga menawarkan beragam wahana permainan yang cocok untuk segala usia. Bianglala yang menghiasi langit memberikan pandangan indah kota Surabaya, sementara waterboom menyuguhkan keseruan menyegarkan di bawah sinar matahari tropis. Untuk keluarga dengan anak-anak, ini adalah tempat yang ideal untuk bersenang-senang bersama sambil menikmati suasana alam yang asri.

Penting untuk dicatat bahwa Kenjeran Park bukan sekadar kumpulan wahana dan bangunan menarik. Tempat ini juga mencerminkan upaya serius pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas lingkungan dan menumbuhkan industri pariwisata. Transformasi dari kawasan yang kurang layak menjadi destinasi yang ramah keluarga adalah bukti nyata komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bagi para pelancong yang berkunjung ke Surabaya, Kenjeran Park sekarang menjadi pilihan yang tak boleh terlewatkan. Selain mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, pengalaman di Kenjeran Park akan memberikan sentuhan budaya yang berbeda dan kegembiraan rekreasi yang tak terlupakan. Inilah contoh bagaimana perencanaan dan investasi yang tepat dapat mengubah kawasan yang sebelumnya diabaikan menjadi daya tarik utama dalam industri pariwisata lokal.

Sejarah

Kenjeran Park merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang memiliki sejarah yang panjang. Dahulu, Merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di muara Sungai Mas dan Sungai Brantas. Pulau ini kemudian dihubungkan dengan daratan melalui pembangunan jembatan yang dilakukan pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1900-an.

Pada awalnya, Kenjeran Park dibangun sebagai tempat peristirahatan bagi pejabat-pejabat Belanda. Namun, pada masa penjajahan Jepang, Digunakan sebagai tempat latihan militer dan pabrik pesawat terbang. Setelah Indonesia merdeka, Diubah fungsi menjadi taman rekreasi yang dibuka untuk umum.

Seiring berjalannya waktu, Kenjeran Park mengalami beberapa kali renovasi dan perbaikan. Pada tahun 2011, Kembali direnovasi dan diperluas dengan menambahkan beberapa fasilitas baru seperti wahana permainan air, tempat makan, dan lain sebagainya. Saat ini, Menjadi salah satu tempat wisata populer di Surabaya dan menjadi ikon pariwisata di kota tersebut.

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Taman Kenjeran dikelola oleh pemerintah kota Surabaya. Pada tahun 1970-an, pemerintah kota mulai mengembangkan Taman Kenjeran sebagai tempat wisata dengan menambahkan berbagai fasilitas, seperti kolam renang, panggung hiburan, dan tempat makan.

Pada tahun 1986, Taman Kenjeran diubah namanya menjadi Taman Hiburan Pantai Kenjeran (THPK) dan dikelola oleh PT. Taman Wisata Kenjeran (TWK), sebuah perusahaan yang didirikan oleh Pemerintah Kota Surabaya. TWK memperluas fasilitas taman dengan menambahkan wahana permainan, hotel, restoran, dan tempat perbelanjaan.

Namun, pada tahun 2000-an, THPK mengalami penurunan pengunjung dan kemunduran fasilitas karena terkendala oleh masalah keuangan dan manajemen yang buruk. Pada tahun 2010, Pemerintah Kota Surabaya melakukan renovasi dan perbaikan di Taman Kenjeran, termasuk mengganti manajemen dan pengelolaan taman dengan membentuk perusahaan baru bernama PT. Taman Wisata Kenjeran Beach (TWKB).

Saat ini, Taman Kenjeran menjadi salah satu destinasi wisata utama di Surabaya dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan menarik, seperti wahana permainan, kolam renang, pantai, tempat makan, dan hotel. Taman ini juga sering digunakan untuk acara-acara besar, seperti konser, festival, dan pameran.

Alamat Akses

Alamat akses atau alamat lokasi Kenjeran Park adalah:

Jl. Raya Pantai Lama No.1, RW.2, Tambak Osowilangon, Kec. Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60126, Indonesia.

Anda dapat mencapai Kenjeran Park melalui beberapa opsi transportasi seperti mobil pribadi, taksi, atau transportasi umum seperti bus dan angkutan kota. Dalam perjalanan, Anda akan melewati jembatan Suramadu yang terkenal dan akan melintasi Jalan Raya Pantai Lama yang mengarah ke area pantai.

Rute

Untuk mencapai Kenjeran Park dari pusat kota Surabaya, Anda dapat mengikuti rute sebagai berikut:

  1. Rute Pertama: Dari Tunjungan Plaza
  • Keluar dari Tunjungan Plaza menuju Jalan Pemuda
  • Terus mengikuti Jalan Pemuda hingga mencapai Jembatan Suramadu
  • Setelah melewati Jembatan Suramadu, ambil keluaran Jembatan Waru
  • Belok kanan di pertigaan Jembatan Waru menuju Jalan Raya Kenjeran
  • Ikuti Jalan Raya Kenjeran hingga sampai
  1. Rute Kedua: Dari Stasiun Surabaya Gubeng
  • Keluar dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Jalan Gubeng Masjid
  • Terus mengikuti Jalan Gubeng Masjid hingga bertemu dengan Jalan Mayjen Sungkono
  • Belok kiri di Jalan Mayjen Sungkono hingga bertemu dengan Jalan Raya Kenjeran
  • Belok kanan di Jalan Raya Kenjeran dan ikuti jalan tersebut hingga sampai

Anda juga dapat menggunakan aplikasi peta atau GPS untuk membantu navigasi menuju Kenjeran Park.

Daya Tarik

Grand Kenpark, atau lebih akrab dikenal sebagai Kenjeran Park, merupakan sebuah destinasi wisata yang menghadirkan beragam spot menarik di kota Surabaya. Sering disebut sebagai “Grand Kenpark” oleh masyarakat setempat, tempat ini terletak di Kecamatan Bulak, yang mayoritas penduduknya berasal dari Suku Jawa dan Suku Madura, menambahkan nuansa kultural yang kaya di tempat ini.

Daya tarik utama Kenjeran Park adalah ragam spot wisata yang ditawarkannya, mencakup waterpark, situs bangunan unik, dan pantai yang memikat. Pengunjung memiliki kebebasan untuk memilih destinasi mana yang ingin mereka kunjungi, membuat pengalaman di sini menjadi sangat personal dan dapat disesuaikan.

Pantai Ria, salah satu spot terkenal di Grand Kenpark, menawarkan pesona pantai yang indah dan beragam aktivitas pantai yang dapat dinikmati pengunjung. Di samping itu, ada pula berbagai spot menarik lainnya seperti Atlantis Land, sebuah area dengan beragam wahana permainan air yang menyenangkan, dan Pagoda Tian Ti yang memancarkan keindahan arsitektur budaya.

Patung Naga, Jembatan Suramadu, dan Patung Budha 4 Wajah menjadi elemen budaya yang memperkaya pengalaman wisata di Kenjeran Park. Keberagaman spot wisata ini mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah Surabaya, menciptakan lingkungan yang menarik bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan dan keberagaman kota ini.

Tidak ketinggalan, adanya Kincir Angin dan wisata khas Surabaya yang dapat dieksplorasi menambah keunikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan wawasan tentang warisan budaya dan alam Surabaya.

Grand Kenpark, dengan segala daya tariknya, menjadi destinasi yang cocok untuk berbagai jenis pengunjung, mulai dari keluarga, pasangan, hingga para wisatawan yang mencari pengalaman yang berbeda di Surabaya. Dengan menggabungkan keindahan alam, rekreasi, dan elemen budaya, Kenjeran Park terus memperkuat posisinya sebagai destinasi wisata utama di Surabaya.

See also  Hutan Pinus Kragilan Wisata Alam Eksotis Instagramable di Magelang

Kolam Renang

Kenjeran Park memiliki kolam renang yang luas dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Terdapat kolam renang utama yang berukuran besar dan dalam, serta terdapat pula kolam renang anak yang lebih kecil dan dangkal.

Selain itu, Memiliki beberapa kolam renang dengan tema yang berbeda, seperti kolam renang dengan air terjun buatan, kolam renang dengan arus buatan, dan kolam renang dengan wahana seluncur air. Semua kolam renang ini dijaga oleh tim penjaga kolam renang yang terlatih untuk memastikan keselamatan pengunjung.

Tak hanya itu, Menyediakan layanan sewa perlengkapan renang seperti ban renang, pakaian renang, dan handuk. Jadi, pengunjung yang tidak membawa perlengkapan renang pun masih bisa menikmati fasilitas kolam renang yang ada.

Wahana

Kawasan pesisir Pantai Kenjeran di Kota Surabaya telah mengalami transformasi luar biasa, menjadikannya destinasi wisata yang menarik dan populer di tengah-tengah kota. Dulunya kawasan yang kumuh dan tidak tertata dengan baik, Kenjeran Park sekarang menjadi salah satu ikon wisata Kota Surabaya, menawarkan berbagai wahana rekreasi yang menyenangkan.

Salah satu daya tarik utama di Kenjeran Park adalah kombinasi antara bangunan unik dan keindahan pantai. Bangunan-bangunan unik di sekitar area ini menambahkan sentuhan artistik dan estetika yang membuatnya istimewa. Pantai yang menarik dengan pemandangan yang menakjubkan menciptakan kolaborasi yang memukau dan memberikan pengalaman wisata yang lengkap.

Kenjeran Park juga menjadi surga bagi para pecinta fotografi dengan berbagai ikon menarik yang tersebar di seluruh area. Dari waterboom yang menyegarkan hingga bianglala yang menghiasi langit, setiap sudut Kenjeran Park menawarkan potensi foto yang tak terbatas. Pemandangan matahari terbenam di sore hari menjadi daya tarik tersendiri, menawarkan momen indah dan romantis bagi para penikmat senja.

Selain menikmati keindahan visual, Kenjeran Park juga mengundang para wisatawan untuk menikmati kuliner khas yang tersedia di sekitar area tersebut. Pengunjung dapat merasakan kelezatan hidangan lokal sambil menikmati suasana pantai yang menyenangkan.

Atlantis Land menjadi tambahan seru bagi Kenjeran Park, khususnya bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Dengan berbagai wahana seru, arena kuda, sirkuit balap, hingga area memancing, tempat ini menjadi destinasi one-stop-vacation yang menyenangkan dan cocok untuk seluruh keluarga.

Keseruan di Kenjeran Park memang tidak hanya berhenti pada wahana-wahana dan pemandangan indahnya. Ini juga menciptakan suasana menyenangkan dan rekreasi yang lengkap, mengundang para pengunjung untuk menikmati waktu berkualitas sambil merasakan keindahan alam dan hiburan yang ditawarkan kawasan wisata ini.

Atlantis Land

Atlantis Land, yang terletak di kawasan Kenjeran Park, adalah surga bagi para pecinta wahana permainan air yang mencari pengalaman seru dan menyenangkan. Didesain oleh arsitek Australia, tempat ini mengusung tema istana bawah laut yang nyaman dan menarik, sesuai dengan namanya yang identik dengan keindahan lautan. Bahkan sejak memasuki gerbangnya, pengunjung sudah disambut oleh atmosfer lautan yang khas.

Gerbang Atlantis Land sendiri dirancang dengan bangunan berwarna biru yang dihiasi dengan ornamen ombak di pintu gerbang, menciptakan nuansa lautan yang menyegarkan. Dinding berwarna coklat di kedua sisi bangunan menampilkan ornamen kayu yang menggambarkan sebuah kapal yang sedang dalam proses pembuatannya. Sentuhan artistik ini memberikan kesan eksotis dan misterius sejak awal pengalaman berwisata.

Sebagai bagian dari Kenjeran Park, Atlantis Land juga menampilkan elemen-elemen khas Indonesia. Patung kodok yang membawa trisula di dekat pintu gerbang dan air mancur di belakangnya memberikan sentuhan lokal yang unik. Pengunjung dapat merasakan kombinasi antara pengalaman internasional dan nuansa kearifan lokal dalam satu destinasi wisata.

Di dalam Atlantis Land, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana permainan air yang mendebarkan. Seluncuran raksasa dengan ketinggian 30 meter menjadi daya tarik utama, menawarkan pengalaman seru bagi mereka yang mencari sensasi tinggi. Selain itu, istana patung lilin, Dino Land, dan istana es menambah keberagaman pengalaman, sehingga cocok untuk pengunjung dari berbagai usia.

Tarif tiket sebesar Rp 100.000 bagi wisatawan dengan tinggi di atas 85 cm cukup terjangkau untuk menikmati berbagai wahana dan keseruan di Atlantis Land. Harga tersebut sebanding dengan pengalaman yang ditawarkan, menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang layak dikunjungi untuk keluarga, anak-anak, maupun mereka yang mencari hiburan yang menyenangkan. Dengan kombinasi desain yang menarik, tema yang unik, dan beragam wahana seru, Atlantis Land di Kenjeran Park menjelma menjadi destinasi wisata yang memikat bagi semua kalangan.

Kincir Angin

Kincir angin atau windmill adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mengkonversi energi angin menjadi energi mekanik. Mesin ini terdiri dari baling-baling atau bilah-bilah yang dipasang pada sebuah poros. Ketika angin bertiup, baling-baling akan berputar dan menghasilkan tenaga yang dapat digunakan untuk menggerakkan mesin atau menghasilkan listrik.

Kincir angin biasanya digunakan untuk menghasilkan energi listrik pada pembangkit listrik tenaga angin. Selain itu, kincir angin juga digunakan untuk menggerakkan pompa air atau mesin-mesin lain yang membutuhkan energi mekanik.

Di beberapa tempat di dunia, kincir angin digunakan sebagai simbol kebudayaan atau identitas daerah. Salah satu contohnya adalah di Belanda, di mana kincir angin menjadi ikon yang melambangkan negara tersebut. Di samping itu, kincir angin juga menjadi objek wisata yang populer di beberapa tempat, seperti di Kinderdijk di Belanda atau di Mykonos, Yunani.

Patung Naga

Tempat ini memang menjadi surganya para pecinta fotografi dengan menyuguhkan spot foto yang sangat menarik. Salah satu daya tarik yang tak dapat diabaikan adalah sepasang patung naga yang saling berhadapan. Keberadaan patung-patung ini menciptakan latar belakang yang spektakuler dan memikat untuk hasil foto yang tak terlupakan. Dengan desain yang mencolok dan penuh detail, patung naga ini menjadi salah satu ikon visual yang membedakan Kenjeran Park dari destinasi wisata lainnya.

Di sekitar spot foto patung naga ini, terdapat pula sepasang gerbang yang memiliki nama khas, yaitu Gerbang Dewi Kwan Im. Gerbang ini tidak hanya menjadi elemen arsitektur, tetapi juga menawarkan pemandangan yang indah karena menghadap langsung ke laut lepas. Dengan tinggi sekitar 20 meter, gerbang ini menjadi sebuah landmark yang mencolok di area tersebut. Kedua penjaga di kanan dan kirinya menambah nuansa keagungan dan keberartian gerbang ini.

Mengabadikan momen di depan Gerbang Dewi Kwan Im dengan latar belakang laut yang luas tentu akan memberikan hasil foto yang mengesankan. Terlebih lagi, suasana pantai yang tenang dan keindahan alam sekitarnya turut menambah daya tarik spot ini sebagai lokasi foto yang memuaskan. Bagi pengunjung, berfoto di depan Gerbang Dewi Kwan Im bukan hanya sekadar aktivitas wisata, tetapi juga cara untuk merayakan keindahan alam dan budaya yang ditawarkan oleh Kenjeran Park.

Ketika mengunjungi tempat ini, tidak hanya mendapatkan kesan estetika visual yang luar biasa, tetapi juga dapat merasakan kehadiran elemen spiritual dan budaya yang melibatkan Gerbang Dewi Kwan Im. Spot ini menjadi bukti bahwa Kenjeran Park bukan hanya destinasi wisata biasa, tetapi juga tempat yang memadukan keindahan alam, seni, dan nilai-nilai tradisional untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjungnya.

Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti di Kenjeran Park menjadi salah satu ikon yang sering dijadikan tujuan utama oleh wisatawan yang berkunjung. Arti dari Tian Ti sendiri, yang berarti langit bumi atau sky world, memberikan nuansa spiritual yang mendalam pada pagoda ini. Menariknya, pagoda ini adalah replika dari Pagoda Tian Ti yang asli di Beijing, Cina, namun dengan ukuran yang lebih besar, yaitu 60 m x 58 m.

See also  Gunung Budheg Tulungagung: Tantangan Pendakian yang Menarik

Keunikan dari Pagoda Tian Ti di Kenjeran Park tidak hanya terletak pada replikanya yang besar, tetapi juga pada cerita di balik pembangunannya. Pagoda ini dibangun oleh pemilik Kenjeran Park, Soetiadji Yudho, menambahkan sentuhan personal dan nilai historis pada struktur ini. Lokasinya yang dekat dengan Kya-Kya Seaside, yang terkenal dengan hiasan lampion di setiap sudutnya, menciptakan suasana yang indah dan penuh warna di sekitar pagoda.

Peresmian Pagoda Tian Ti menjadi salah satu momen yang meriah, terutama karena bertepatan dengan Pesta Kue Bulan atau Tiong Chiu. Acara ini menambahkan kebermaknaan khusus pada pagoda, membuatnya menjadi simbol yang lebih dari sekadar struktur fisik. Kombinasi antara arsitektur yang indah, makna spiritual, dan momen peresmian yang bersejarah menjadikan Pagoda Tian Ti sebagai daya tarik utama di Kenjeran Park.

Bagi wisatawan, mengunjungi Pagoda Tian Ti bukan hanya sekadar berfoto di depan struktur megah ini. Lebih dari itu, pengalaman di pagoda ini mencakup nuansa spiritual dan sejarah yang dapat diperoleh dari cerita di balik pembangunannya. Pengunjung dapat merasakan kehadiran Tian Ti tidak hanya sebagai daya tarik visual, tetapi juga sebagai tempat yang sarat dengan makna dan keindahan budaya. Dengan begitu, Pagoda Tian Ti di Kenjeran Park tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menawan, tetapi juga sebuah perjalanan yang memberikan pengalaman yang mendalam dan berkesan.

Suasana Khas Bangkok

Kenjeran Park tidak hanya menawarkan suasana Beijing dengan megahnya Pagoda Tian Ti, tetapi juga membawa nuansa dari negeri Gajah Putih dengan keberadaan patung Budha empat wajahnya. Patung ini menjadi salah satu elemen menarik dalam bangunan semacam stupa, menciptakan atmosfer yang sarat dengan keagungan dan spiritualitas.

Dalam bangunan stupa tersebut, Budha duduk di takhtanya, menghadap ke empat arah dengan keempat wajahnya yang menggambarkan sifat baik Sang Budha: pengasih, murah hati, adil, dan meditasi. Keberadaan empat pilar di sekeliling patung, yang menempati tiap sudut, menambahkan sentuhan estetika yang khas. Keseluruhan struktur, mulai dari bangunan stupa hingga pilarnya, dihiasi dengan warna emas yang dipadukan dengan warna merah, menciptakan tampilan yang megah dan mempesona.

Atap berwarna hijau gelap, hampir tampak seperti hitam, memberikan kontras yang menarik dan membuat bangunan ini semakin mencolok. Tak hanya itu, patung Budha empat wajah ini juga ditempatkan di sebelah patung gajah putih, menciptakan kesan autentik dari negeri Thailand. Seluruhnya memberikan kesan seolah-olah pengunjung berada di sebuah lingkungan yang penuh dengan keindahan dan ketenangan spiritual.

Filosofi di balik keberadaan patung Budha empat wajah tidak hanya menciptakan pengalaman visual yang menakjubkan, tetapi juga memberikan makna mendalam tentang sifat dan ajaran Budha. Inspirasi dari bangunan serupa di Bangkok menambahkan sentuhan internasional yang menghormati warisan budaya dan spiritualitas. Tempat ini tidak hanya menjadi destinasi untuk berwisata, tetapi juga untuk merenung dan menghargai nilai-nilai kehidupan.

Wisatawan seringkali tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto di depan patung Budha empat wajah ini, menjadikan momen tersebut sebagai kenangan yang berharga dari kunjungan mereka ke Kenjeran Park. Dengan adanya elemen-elemen seperti ini, tempat ini tidak hanya menjadi objek wisata biasa, melainkan juga sebuah perjalanan rohaniah yang memberikan kedamaian dan pengalaman mendalam bagi pengunjungnya.

Sunset

Saat sore tiba di Pantai Ria, Kenjeran Park, suasana berubah menjadi magis. Sore adalah waktu favorit bagi banyak wisatawan untuk menjelajahi keindahan pantai, dan di sini, matahari terbenam menjadi momen yang sangat dinanti-nanti. Sinar kuning keemasan yang melimpah dari langit senja menciptakan latar belakang yang memukau untuk momen berharga yang ingin diabadikan.

Pemandangan matahari terbenam di Pantai Ria tidak hanya menawarkan kecantikan visual, tetapi juga kenyamanan yang tak terelakkan. Pada saat itu, sinar matahari tidak lagi begitu terik, menciptakan suasana yang nyaman tanpa perlu berteduh. Ini memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk bersantai, menikmati pemandangan laut yang memukau, dan berfoto ria tanpa harus khawatir dengan panas yang menyengat.

Tepi pantai dihiasi dengan sebuah anjungan yang mengundang perhatian. Terbuat dari kayu, anjungan ini menjadi tempat yang pas untuk menikmati keindahan sekitar. Dilengkapi dengan dua sisi gazebo yang memberikan nuansa tradisional, anjungan ini tidak hanya menambah estetika tetapi juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. Pagar pembatas di kanan dan kiri memberikan rasa aman saat berjalan di atasnya, memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan tanpa kekhawatiran.

Dari puncak anjungan, pengunjung dapat menyaksikan panorama laut yang memukau. Suara ombak yang pelan, angin sepoi-sepoi yang menyentuh wajah, dan warna langit yang bergradasi memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pemandangan saat matahari berada di tengah-tengah antara dua gazebo menciptakan gambaran yang memesona, menghadirkan momen indah yang terpatri dalam ingatan.

Pantai Ria di Kenjeran Park tidak hanya sekadar destinasi wisata, tetapi juga tempat untuk menikmati kedamaian dan keindahan alam. Sore hari di sini memberikan kesempatan untuk melupakan sejenak kehidupan sehari-hari dan meresapi kecantikan alam yang memukau. Bagi para pengunjung, Pantai Ria tidak hanya memberikan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan, tetapi juga sebuah pengalaman spiritual yang membangkitkan kekaguman terhadap kebesaran alam.

Fasilitas

Grand Kenpark, sebagai destinasi wisata yang populer di Surabaya, menyediakan fasilitas parkir yang sangat luas untuk kenyamanan pengunjungnya. Namun, perlu diingat bahwa pada musim liburan dan akhir pekan, area parkir ini dapat menjadi penuh dengan kendaraan wisatawan yang berkunjung. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk menikmati berbagai wahana dan keindahan yang ditawarkan oleh Grand Kenpark.

Selain sebagai destinasi wisata yang ramai selama musim liburan, Grand Kenpark juga menyambut perayaan hari besar agama Budha dan Kepercayaan Konghucu dengan memberikan pemandangan serupa. Ini menunjukkan keserbagunaan tempat ini sebagai tempat perayaan dan refleksi spiritual bagi berbagai komunitas agama.

Grand Kenpark juga memperhatikan kebutuhan spiritual para pengunjung dengan menyediakan fasilitas mushola khusus untuk wisatawan Muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat. Ini adalah inisiatif yang baik untuk memberikan kenyamanan kepada semua pengunjung tanpa memandang latar belakang agama.

Meskipun fasilitas Grand Kenpark sudah cukup lengkap, seperti area parkir yang luas dan fasilitas keagamaan, catatan bahwa belum adanya pusat oleh-oleh yang menjual aneka ragam oleh-oleh khas Surabaya adalah hal yang bisa dijadikan pertimbangan. Namun, bisa jadi dalam pengembangan ke depannya, pihak pengelola akan memperhatikan aspek ini untuk melengkapi pengalaman wisatawan dengan memberikan pilihan oleh-oleh khas daerah.

Sejauh ini, Grand Kenpark terus berusaha meningkatkan kualitas layanan dan fasilitasnya, menciptakan suasana yang menyenangkan dan ramah bagi semua pengunjung. Dengan perhatian terhadap berbagai kebutuhan dan keberagaman masyarakat, Grand Kenpark tetap menjadi destinasi wisata yang menarik di Surabaya.

Harga Tiket Masuk Kenjeran Park

Harga tiket masuk Kenjeran Park sangat terjangkau, membuatnya menjadi destinasi wisata yang ramah di kantong. Berikut adalah daftar harga tiket masuk Kenjeran Park:

  1. Tiket Masuk Weekday (Hari Kerja): Rp10.000
  2. Tiket Masuk Weekend (Sabtu-Minggu): Rp15.000
See also  27 Review Menarik Jawa Timur Park 3 Wahana Keren Zaman Purba

Harga tiket tersebut belum termasuk tarif parkir dan biaya masuk beberapa wahana tertentu di dalam Kenjeran Park. Walaupun demikian, harga tiket masuk ini dapat dikatakan sangat terjangkau, membuatnya menjadi pilihan populer bagi berbagai kalangan masyarakat.

Kenjeran Park membuka pintunya setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Jam operasional yang panjang memberikan fleksibilitas bagi para pengunjung untuk menikmati berbagai wahana dan keindahan taman hiburan ini. Tidak heran banyak wisatawan yang memilih berkunjung pada sore hari untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam di tepi pantai yang memukau.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau dan jam operasional yang luas, Kenjeran Park menjadi destinasi wisata yang ramah keluarga dan cocok untuk dikunjungi baik pada hari kerja maupun akhir pekan. Pengalaman menyaksikan matahari terbenam di pantai Kenjeran yang indah dapat menjadi momen yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Penginapan

Di dalam area Kenjeran Park terdapat penginapan yaitu Aston Inn Pandegiling Surabaya. Penginapan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, spa, restoran, dan fasilitas olahraga lainnya. Selain itu, terdapat juga pilihan penginapan, seperti hotel dan guest house. Beberapa pilihan penginapan di sekitar Kenjeran Park antara lain:

  1. The Sun Hotel Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No.85, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur 60127 Telepon: (031) 3311777
  2. The WIN Hotel Alamat: Jl. Embong Cerme No.19-21, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272 Telepon: (031) 5456000
  3. Mercure Surabaya Alamat: Jl. Raya Darmo No.68 – 78, Kertajaya, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60264 Telepon: (031) 99240000
  4. favehotel MEX Surabaya Alamat: Jl. KH Mas Mansyur No.229, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272 Telepon: (031) 5478999
  5. POP! Hotel Gubeng Surabaya Alamat: Jl. Bangka No.8, Gubeng, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60281 Telepon: (031) 5022200

Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang ke Kenjeran Park, terutama jika Anda berniat untuk menginap di penginapan yang ada di sekitar area tersebut.

Hotel Dekat

Beberapa hotel yang dekat dengan Kenjeran Park antara lain:

  1. Wyndham Surabaya City Centre (berjarak sekitar 6 km) Alamat: Jl. Basuki Rahmat No. 67-73, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271
  2. Hotel Majapahit Surabaya (berjarak sekitar 8 km) Alamat: Jl. Tunjungan No.65, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275
  3. Vasa Hotel Surabaya (berjarak sekitar 10 km) Alamat: Jl. HR. Muhammad No. 139, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60264
  4. Hotel 88 Embong Kenongo Surabaya (berjarak sekitar 6 km) Alamat: Jl. Embong Kenongo No. 14-16, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271
  5. Red Planet Surabaya (berjarak sekitar 9 km) Alamat: Jl. Pemuda No. 25-27, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271

Tempat Makan

Di area Kenjeran Park, terdapat berbagai pilihan kuliner yang bisa dicoba. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kenjeran Seafood Market: Restoran seafood yang menyajikan aneka hidangan laut segar dengan harga terjangkau. Lokasinya hanya berjarak sekitar 5 menit.
  2. Warung Bebek Sinjay: Restoran yang spesialisasi dalam masakan bebek dengan cita rasa yang khas. Warung ini terletak sekitar 2 km.
  3. Depot Jawa Timur: Restoran yang menyajikan aneka masakan khas Jawa Timur, mulai dari soto, rawon, hingga pecel. Lokasinya sekitar 4 km.
  4. Sate Klopo Ondomohen: Tempat makan yang terkenal dengan sate klopo-nya yang enak dan lezat. Terletak sekitar 7 km.
  5. Warung Bu Kris: Restoran yang menyajikan aneka masakan ayam dengan cita rasa yang khas. Lokasinya sekitar 6 km.

Selain itu, di sekitar Kenjeran Park juga banyak ditemukan pedagang kaki lima yang menyajikan makanan ringan dan minuman segar yang dapat dinikmati saat berjalan-jalan di sekitar area tersebut.

Spot Foto

Terdapat banyak spot foto menarik yang bisa menjadi tempat yang bagus untuk mengambil foto selfie ataupun foto keluarga. Beberapa spot foto menarik yang ada di Kenjeran Park antara lain:

  1. Patung Sura dan Baya: patung yang terletak di depan pintu masuk ini merupakan ikon dari Surabaya. Patung ini biasanya menjadi spot foto yang paling banyak dicari oleh pengunjung.
  2. Kincir Angin: Kincir angin yang terletak di area wisata Atlantis Land juga menjadi salah satu spot foto yang bagus. Kincir angin yang besar ini bisa menjadi latar belakang foto yang bagus.
  3. Taman Bunga: Taman bunga yang ada di area juga menawarkan pemandangan yang indah dan bisa menjadi spot foto yang bagus.
  4. Jembatan Timbang: Jembatan yang digunakan untuk menimbang berat kendaraan juga bisa menjadi spot foto yang menarik. Jembatan ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik.
  5. Pantai: Terkenal dengan pantainya yang indah. Pantai ini bisa menjadi spot foto yang bagus, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

Wisata Sekitar

Terdapat beberapa wisata menarik yang berada di sekitar Kenjeran Park, di antaranya:

  1. Pantai Kenjeran – Terletak di sebelah utara, pantai ini menawarkan keindahan pemandangan pantai dan laut yang menakjubkan. Terdapat banyak warung makan dan tempat wisata lainnya di sekitar pantai ini.
  2. Taman Hiburan Surabaya – Terletak sekitar 4 km, taman hiburan ini menawarkan berbagai atraksi dan wahana seru seperti roller coaster, taman air, dan lain-lain.
  3. Monumen Kapal Selam – Terletak sekitar 5 km, monumen ini adalah kapal selam bekas yang diubah menjadi museum. Di dalamnya terdapat berbagai informasi sejarah dan fakta menarik mengenai kapal selam.
  4. Masjid Cheng Ho – Terletak sekitar 6 km, masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan menarik. Di dalamnya terdapat banyak karya seni yang menakjubkan.
  5. Taman Bungkul – Terletak sekitar 7 km, taman ini adalah salah satu taman terbesar di Surabaya. Taman ini menawarkan berbagai fasilitas seperti jogging track, tempat duduk, dan lain-lain.
  6. House of Sampoerna – Terletak sekitar 10 km, House of Sampoerna adalah museum dan pabrik rokok yang menawarkan informasi sejarah dan proses pembuatan rokok yang menarik. Di sini pengunjung juga dapat membeli produk-produk rokok khas Surabaya.

Kenjeran Park merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Surabaya. Taman rekreasi ini menawarkan berbagai macam wahana dan aktivitas, seperti kolam renang, atlantis land, dan kincir angin yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Selain itu, ada juga berbagai fasilitas yang tersedia di tempat ini, seperti area parkir, toilet, dan restoran.

Untuk tiket masuk, harga yang dikenakan terbilang cukup terjangkau, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Jika ingin menginap di dekat Kenjeran Park, terdapat beberapa hotel yang dapat dipilih, seperti Hotel Kenjeran Indah, Hotel Santika Jemursari, dan Best Western Papilio Hotel Surabaya.

Selain mengunjungi Kenjeran Park, terdapat pula beberapa destinasi wisata menarik di sekitar Surabaya yang dapat dikunjungi, seperti Pulau Sempu, Gunung Bromo, dan Kawah Ijen. Dengan demikian, Surabaya merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi di Indonesia.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Review Kenjeran Park, Taman Wisata Modern di Surabaya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *