18 Review Menarik Lapangan Puputan Rekreasi Sejarah Di Badung

Di tengah keramaian kota Denpasar yang penuh dengan aktivitas dan kehidupan manusia, terdapat beberapa ruang hijau di pusat kota yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai bagi penduduk kota dan sekitarnya. Salah satunya adalah Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, yang juga dikenal dengan nama Lapangan Puputan Badung. Lokasinya berada tepat di pusat kota, tepatnya di tanda nol kilometer Denpasar. Lapangan ini menjadi salah satu tempat wisata dan rekreasi yang populer bagi penduduk kota Denpasar.

Tempat Wisata Lapangan Puputan Badung
Tempat Wisata Lapangan Puputan Badung

Nama I Gusti Ngurah Made Agung diambil untuk mengenang jasa patriotisme beliau dalam melawan penjajah Belanda, terutama melalui perlawanan puputan Badung. Peristiwa heroik ini terjadi pada tanggal 20 September 1906. Sebagai penghormatan atas perang Puputan Badung tersebut, Raja Badung ke VII pada saat itu memerintahkan pembangunan monumen puputan Badung di sisi utara Lapangan Puputan. Monumen ini dikelilingi oleh kolam ikan di bagian bawahnya.

Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung terletak strategis di pusat keramaian dan dapat diakses dengan mudah dari segala penjuru, sehingga menjadi tujuan yang ideal bagi mereka yang ingin bersantai bersama keluarga atau anak-anak.

Nama Lapangan Puputan Badung memang cukup populer di kalangan penduduk setempat, meskipun tidak begitu terkenal di kalangan wisatawan. Namun, sejumlah tempat menarik di sekitarnya menjadi objek wisata yang populer, termasuk Museum Bali yang terletak di seberang jalan Lapangan Puputan Badung. Bahkan, dapat dikatakan bahwa museum ini berada dalam satu kawasan dengan lapangan tersebut.

Sehingga para wisatawan yang mengunjungi Museum Bali juga dapat menikmati keindahan lapangan hijau dengan taman-taman yang tersebar di berbagai sudut lapangan, dan dapat dengan mudah diakses dari Museum Bali. Di kawasan ini juga terdapat Pura Jagatnatha, yang merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu warga Denpasar. Di seberang jalan, di pojok Barat Laut, terdapat patung Catur Muka yang menjadi salah satu ikon kota Denpasar. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa Lapangan Puputan Badung ini menjadi populer di kalangan wisatawan.

Alamat Lengkap Akses Lokasi Rute

Alamat lengkap Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung di Denpasar, Bali adalah sebagai berikut:

Jalan: Jl. Puputan, Pemecutan, Denpasar Barat Kecamatan: Denpasar Barat Kota: Denpasar Provinsi: Bali Kode Pos: 80119

Akses ke Lapangan Puputan Badung dapat dilakukan dengan berbagai rute tergantung dari titik awal perjalanan. Berikut adalah salah satu rute umum yang dapat digunakan:

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai:

  1. Keluar dari bandara dan ikuti jalan tol ke arah timur menuju Kota Denpasar.
  2. Ambil Jalan Bypass Ngurah Rai menuju Simpang Siur.
  3. Di Simpang Siur, ambil jalan ke arah utara menuju Jalan Imam Bonjol.
  4. Ikuti Jalan Imam Bonjol hingga tiba di pertigaan Lapangan Puputan Badung.
  5. Belok kanan di pertigaan tersebut, dan Anda akan tiba di Lapangan Puputan Badung.

Dari Pusat Kota Denpasar:

  1. Mulai dari titik awal di pusat kota, arahkan kendaraan ke arah Barat menuju Jalan Gajah Mada.
  2. Ikuti Jalan Gajah Mada ke arah barat hingga tiba di pertigaan Jalan Imam Bonjol.
  3. Belok kanan di pertigaan tersebut, dan ikuti Jalan Imam Bonjol.
  4. Terus ikuti Jalan Imam Bonjol hingga tiba di pertigaan Lapangan Puputan Badung.
  5. Belok kiri di pertigaan tersebut, dan Anda akan tiba di Lapangan Puputan Badung.

Pastikan untuk menggunakan navigasi atau peta yang dapat membantu Anda dalam menavigasi perjalanan ke Lapangan Puputan Badung dengan lebih akurat.

Tiket Masuk

Di Kota Denpasar, terdapat sejumlah ruang terbuka hijau dan lapangan yang bisa menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai. Selain Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, ada juga Lapangan Lumintang dan Lapangan Puputan Niti Manda Renon. Di kawasan Niti Mandala ini, terdapat objek wisata yang menarik yaitu Monumen Bajra Sandhi, yang juga dikenal sebagai monumen perjuangan rakyat. Pengunjung dapat menikmati keindahan dan nilai sejarah dari tempat ini tanpa perlu membayar biaya tiket masuk. Kota Denpasar benar-benar menawarkan banyak pilihan ruang terbuka yang indah untuk dinikmati oleh semua orang, tanpa biaya tambahan.

Fasilitas

Dulu, Lapangan Puputan adalah tempat di mana pertempuran sengit berlangsung untuk melawan penjajahan. Namun, sekarang lapangan itu telah berubah menjadi ruang terbuka yang indah untuk rekreasi. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas rekreasi yang disediakan. Para pemuda dapat bersenang-senang dengan skateboard, anak-anak dapat bermain dengan riang, dan orang-orang bisa berjalan-jalan atau jogging di sekitar lapangan.

Ada juga toilet yang tersedia, papan catur raksasa, tempat duduk yang nyaman di bawah naungan pepohonan, serta berbagai peralatan olahraga. Selain itu, lapangan ini juga memiliki panggung terbuka di mana pertunjukan seni sering diadakan. Yang menarik adalah semua fasilitas ini dapat dinikmati tanpa dipungut biaya. Jadi, saat sore hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini dan menikmati semua keindahannya.

Sejarah

Perang habis-habisan atau Puputan merupakan salah satu metode yang digunakan oleh rakyat dan pemimpin di Pulau Bali untuk mempertahankan diri dari penjajah, seperti yang terjadi dalam perang Puputan Badung. Peristiwa-peristiwa tersebut menjadi saksi bisu yang mengingatkan kita akan perjuangan bangsa dalam mempertahankan harga diri dan mengusir penjajahan dari tanah air. Walaupun penjajahan telah berakhir di Nusantara, tetapi sisa-sisa sejarah tersebut tetap menjadi kenangan yang menggugah semangat perjuangan bangsa untuk mempertahankan kedaulatan dan martabat di muka bumi ini.

Pulau Bali menjadi saksi dari sejumlah perlawanan anak bangsa dalam melawan penjajah pada masa itu. Jiwa patriotisme dan peristiwa heroik yang terjadi pada masa tersebut membentuk bagian penting dari sejarah yang tak terlupakan. Untuk menghormati dan mengenang peristiwa bersejarah ini, berbagai tugu dan monumen didirikan di berbagai tempat, termasuk Monumen Puputan Badung. Monumen ini menjadi simbol penghormatan terhadap peristiwa bersejarah tersebut dan mengabadikan semangat perjuangan yang tak terpisahkan dari identitas bangsa.

Monumen Puputan Badung terletak di pusat kota Denpasar, tepatnya di sisi utara Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Lapangan ini adalah sebuah ruang terbuka hijau yang menjadi tempat rekreasi dan tujuan wisata bagi warga kota, terutama bagi keluarga yang ingin bersenang-senang bersama anak-anak mereka.

Lapangan Puputan Badung memang cocok sebagai tempat rekreasi untuk anak-anak dan kawula muda. Di sini, terdapat taman bermain yang menyenangkan bagi anak-anak dan tempat pementasan seni di sebelah selatan lapangan. Bagi kaum dewasa, tersedia tempat duduk yang nyaman untuk bersantai. Lapangan ini juga dilengkapi dengan area khusus untuk bermain skateboard, serta area untuk berolahraga dan jogging mengelilingi lapangan. Dengan beragam fasilitas tersebut, Lapangan Puputan Badung menjadi tempat yang menarik untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan yang menyenangkan.

Monumen Puputan Badung memiliki tinggi sekitar 5 meter. Pada bagian atas monumen, terdapat dua patung dewasa yang memegang tombak dan keris, serta satu patung anak. Di sekitar bagian bawah tugu, terdapat kolam ikan dan juga air mancur yang kadang-kadang dihidupkan untuk menambah keindahan pemandangan. Areal monumen ini juga menjadi tempat bersantai bagi anak-anak, di mana mereka dapat memberi makan ikan yang ada di kolam yang mengelilingi tugu tersebut. Hal ini menambah suasana nyaman dan menarik bagi pengunjung yang datang ke monumen tersebut.

Kawasan lapangan dan monumen Badung yang terletak di pusat kota Denpasar selalu menjadi ramai ketika sore hari tiba dan sinar matahari mulai meredup. Pada saat itu, anak-anak merasa lebih nyaman bermain di tengah lapangan. Meskipun kawasan lapangan ini sudah cukup rindang dengan banyaknya pepohonan yang memberikan tempat berteduh. Kunjungan ke tempat wisata ini cenderung lebih ramai pada akhir pekan. Yang menarik adalah bahwa pengunjung dapat mengakses kawasan ini secara gratis tanpa dikenakan tiket masuk, kecuali hanya biaya parkir yang perlu dibayarkan.

Lapangan Puputan Badung memang sangat populer di kalangan warga, terutama karena terdapat objek wisata seperti Museum Bali dan pura Jagadnatha di seberang lapangan, di sisi timur. Namun, banyak orang mungkin kurang mengetahui latar belakang sejarah di balik berdirinya Monumen Puputan Badung yang terletak di sisi utara lapangan tersebut. Monumen ini bukan hanya sekadar hiasan semata, melainkan memiliki makna yang mendalam tentang perjuangan rakyat Badung dalam mengusir penjajah Belanda. Monumen ini menjadi simbol keberanian dan semangat perlawanan masyarakat Badung terhadap penjajahan, dan memperingati peristiwa bersejarah yang tak terlupakan dalam sejarah bangsa.

Cerita sejarah tentang perlawanan rakyat Bali dimulai dengan perlawanan I Gusti Ngurah Made Agung pada tahun 1906 melawan penjajah Belanda. Peristiwa ini menjadi bagian penting dalam sejarah rakyat Bali yang masih diingat hingga saat ini. Peristiwa tersebut dikenal sebagai Puputan Badung, yang merupakan perang habis-habisan melawan penjajah, di mana para pejuang Bali bertempur dengan gigih dan rela gugur di medan perang untuk mempertahankan kehormatan dan tanah air mereka. Raja Badung saat itu, I Gusti Ngurah Made Agung, turut gugur sebagai seorang ksatria yang berani mempertahankan tanah Bali. Kisah heroik ini tetap menjadi bagian penting dari identitas dan kebanggaan masyarakat Bali.

See also  Wahana Trampolin Indoor Jump O Land: Jam buka, Tiket, Ulasan

Sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap jasa pahlawan yang dipimpin oleh I Gusti Ngurah Made Agung yang gugur di medan perang, dibangunlah Monumen Puputan Badung di tengah kota Denpasar. Monumen ini merupakan simbol peristiwa heroik dan kepahlawanan yang tak terlupakan, mengingat betapa gigihnya perjuangan melawan penjajahan. Tujuannya adalah agar generasi muda dapat mengenang jasa-jasa beliau dan menjaga kelestarian sejarah. I Gusti Ngurah Made Agung sendiri adalah raja Badung ke-7 yang memerintah kerajaan dari tahun 1902 hingga 1906. Dengan adanya monumen ini, semangat perlawanan dan keberanian rakyat Bali dalam mempertahankan kemerdekaan dan kehormatan mereka tetap hidup dalam ingatan dan penghargaan kita.

Pada tanggal 10 September 2009, melalui Surat Keputusan Walikota tahun 2009, lapangan tempat berdirinya Monumen Puputan Badung diberi nama Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Lokasi lapangan ini terletak di Jalan Surapati, Denpasar, di simpang Catur Muka yang berada di tengah kota Denpasar. Alamat lengkapnya adalah Jalan Surapati, Denpasar, Bali, Indonesia. Lapangan ini menjadi simbol penting dalam mengenang perjuangan dan kepahlawanan rakyat Bali dalam perang puputan Badung.

Lapangan Puputan Badung di Denpasar ini memiliki keuntungan karena dekat dengan sejumlah objek wisata populer di kota tersebut. Museum Bali adalah salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi, di mana Anda dapat menemukan berbagai koleksi seni dan budaya Bali yang menakjubkan. Pasar Kumbasari juga merupakan tempat yang bagus untuk berbelanja oleh-oleh khas Bali, di mana Anda dapat menemukan berbagai produk kerajinan tangan dan makanan tradisional.

Taman Budaya Bali, yang juga dikenal sebagai Art Center, adalah tempat yang ideal untuk menikmati pertunjukan seni dan budaya Bali. Anda dapat menyaksikan tarian, musik, dan pertunjukan seni lainnya yang menggambarkan kekayaan budaya Bali. Monumen Bajra Sandhi, di sisi lain, merupakan monumen perjuangan rakyat Bali yang menggambarkan semangat dan kegigihan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat ini, Anda memiliki beberapa pilihan transportasi. Anda dapat menyewa mobil di Bali untuk kenyamanan dan fleksibilitas dalam menjelajahi kota. Alternatif lain adalah ikut tur yang telah disusun oleh agen perjalanan lokal, di mana Anda akan diantar ke tempat-tempat wisata utama dengan panduan yang berpengalaman. Jika Anda ingin menghindari kemacetan, menyewa sepeda motor juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Dengan mengunjungi Lapangan Puputan Badung dan tempat-tempat wisata di sekitarnya, Anda akan dapat mengalami keindahan budaya dan sejarah Bali serta menambah pengalaman wisata Anda di pulau ini.

Larangan Dan Aturan

Larangan dan aturan yang berlaku di Lapangan Puputan Badung atau ruang terbuka lainnya di Kota Denpasar dapat bervariasi, namun umumnya mengikuti peraturan umum dan etika pengunjung. Berikut adalah beberapa larangan dan aturan yang umumnya diterapkan:

  1. Larangan Merokok: Biasanya lapangan terbuka seperti Lapangan Puputan Badung melarang merokok di area tersebut untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung.
  2. Larangan Membawa Hewan Peliharaan: Beberapa lapangan terbuka mungkin melarang membawa hewan peliharaan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung lainnya. Namun, ada lapangan yang memperbolehkan hewan peliharaan dengan syarat mengikuti aturan tertentu, seperti menggunakan tali pengikat.
  3. Aturan Kebersihan: Pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan area lapangan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menggunakan tempat sampah yang disediakan.
  4. Aturan Pakaian Tertentu: Beberapa lapangan mungkin memiliki aturan tentang pakaian yang pantas atau dianjurkan untuk dikenakan, terutama jika ada acara khusus atau peraturan budaya yang berlaku.
  5. Aturan Keselamatan: Pengunjung diharapkan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dengan mengikuti aturan keselamatan yang ditetapkan, seperti tidak berlari di area yang berbahaya atau tidak memanjat struktur yang berpotensi berbahaya.
  6. Aturan Penggunaan Fasilitas: Lapangan terbuka dapat memiliki fasilitas khusus seperti area bermain anak, lapangan olahraga, atau panggung pertunjukan. Pengunjung diharapkan mengikuti aturan penggunaan fasilitas tersebut untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Penting untuk selalu memperhatikan tanda-tanda dan petunjuk yang terpampang di lapangan atau mengikuti instruksi dari petugas yang berwenang untuk mengetahui larangan dan aturan yang berlaku secara spesifik di Lapangan Puputan Badung atau lapangan terbuka lainnya di Kota Denpasar.

Aktivitas

Lapangan Puputan Badung Ruang Publik Asik Denpasar
Lapangan Puputan Badung Ruang Publik Asik Denpasar

Lapangan Puputan Badung merupakan tempat yang ideal untuk liburan keluarga bersama anak-anak, terutama balita. Di sini, mereka dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar dengan lebih bebas. Anak-anak dapat bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya mereka, serta menikmati berbagai permainan anak yang tersedia. Sementara itu, orang tua dapat merasakan kesegaran dan ketenangan sejenak. Lapangan ini menawarkan banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua anggota keluarga, baik itu anak-anak, remaja, maupun orang tua.

Di Lapangan Puputan Badung atau lapangan terbuka lainnya di Kota Denpasar, terdapat beragam aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Beberapa aktivitas yang populer di lapangan tersebut meliputi:

  1. Rekreasi Keluarga: Lapangan ini merupakan tempat yang ideal untuk keluarga menghabiskan waktu bersama. Anak-anak dapat bermain di area bermain yang disediakan, seperti permainan anak-anak, taman bermain, atau bermain layang-layang. Orang tua juga dapat bersantai di bawah rindangnya pepohonan sambil menikmati suasana lapangan.
  2. Olahraga: Lapangan Puputan Badung sering digunakan untuk berbagai aktivitas olahraga seperti jogging, bersepeda, atau bermain bola bersama teman-teman. Terdapat area terbuka yang luas untuk melakukan aktivitas fisik dan menjaga kebugaran tubuh.
  3. Piknik: Lapangan ini adalah tempat yang sempurna untuk piknik keluarga atau bersama teman-teman. Pengunjung dapat membawa bekal makanan dan minuman, kemudian menikmatinya di area yang disediakan. Ada juga tempat duduk yang nyaman di bawah pohon yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati hidangan.
  4. Pertunjukan Kesenian: Lapangan Puputan Badung sering digunakan sebagai lokasi pertunjukan seni dan budaya, seperti tarian tradisional atau konser musik. Panggung terbuka yang tersedia menjadi tempat diadakannya berbagai acara seni yang menarik bagi pengunjung.
  5. Gathering atau Acara Komunitas: Lapangan ini sering menjadi tempat berkumpulnya komunitas atau kelompok tertentu yang mengadakan acara atau gathering. Dengan luasnya area lapangan, pengunjung dapat mengatur aktivitas sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pastikan untuk selalu mengikuti aturan dan petunjuk yang berlaku di lapangan tersebut, serta menjaga kebersihan dan kerapihan area.

Spot Foto

Lapangan Puputan Badung atau lapangan terbuka di Kota Denpasar menawarkan sejumlah spot foto menarik bagi pengunjung. Beberapa spot foto yang dapat menjadi latar belakang yang indah untuk mengabadikan momen di lapangan tersebut antara lain:

  1. Monumen Puputan Badung: Monumen yang didedikasikan untuk mengenang perlawanan puputan Badung menjadi salah satu spot foto yang populer. Dengan latar belakang monumen yang megah, pengunjung dapat mengambil foto yang menggambarkan sejarah dan kekuatan.
  2. Area Taman: Lapangan ini juga dilengkapi dengan sejumlah taman yang rindang dan asri. Pengunjung dapat berpose di antara pepohonan hijau yang menawarkan latar belakang yang indah dan segar.
  3. Papan Catur Raksasa: Terdapat papan catur raksasa di lapangan ini yang bisa menjadi spot menarik untuk berfoto. Pengunjung dapat berpose di dekat papan catur dan menciptakan komposisi yang unik.
  4. Panggung Terbuka: Panggung terbuka yang sering digunakan untuk pertunjukan seni dan budaya juga bisa menjadi latar belakang menarik. Pengunjung dapat berfoto di panggung ini untuk menciptakan kesan dinamis dan artistik.
  5. Kolam Ikan: Di sekitar monumen Puputan Badung terdapat kolam ikan yang mengelilingi bagian bawahnya. Pengunjung dapat memanfaatkan kolam ikan ini sebagai latar belakang yang menarik untuk foto.

Pastikan untuk menghormati lingkungan sekitar dan tidak merusak fasilitas yang ada saat mengambil foto di lapangan tersebut. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan ketertiban area, serta mengikuti aturan yang berlaku di tempat tersebut.

Keunikan Daya Tarik

Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali menawarkan pengalaman wisata yang menarik dan indah. Terletak di Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali, Indonesia, tempat ini menjadi daya tarik bagi wisatawan baik pada hari biasa maupun hari liburan. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dari kegiatan sehari-hari saat mengunjungi objek wisata ini.

Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali memiliki pesona keindahan yang memukau. Tempat ini layak dikunjungi karena keindahannya yang unik dan tak terlupakan. Jika Anda berada di Kota Denpasar, sangat disayangkan jika tidak mengunjungi objek wisata ini yang memiliki keindahan yang tiada duanya.

Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali adalah destinasi yang sempurna untuk mengisi liburan Anda, terutama saat liburan panjang seperti libur nasional atau hari libur lainnya. Keindahan lapangan ini akan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi semua pengunjung, baik yang berada dekat atau jauh dari tempat tersebut.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merapat dan mengunjungi Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali, tempat yang menawarkan keindahan yang luar biasa dan tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Keunikan daya tarik Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali membuatnya menjadi tempat yang istimewa dan menarik untuk dikunjungi. Beberapa keunikan daya tarik dari objek wisata ini antara lain:

  1. Sejarah dan Makna: Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali memiliki nilai sejarah yang penting dalam perjuangan melawan penjajah Belanda. Lapangan ini menjadi tempat perang puputan yang heroik pada tahun 1906. Keberadaan monumen Puputan Badung di lapangan tersebut menjadi simbol perlawanan dan patriotisme.
  2. Ruang Terbuka Hijau: Lapangan ini merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang ada di tengah kota Denpasar. Di antara hiruk pikuk kota, lapangan ini menawarkan area yang luas dengan pepohonan rindang dan taman yang asri. Keunikan ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bersantai dan menikmati suasana alami di tengah kesibukan kota.
  3. Aktivitas Rekreasi: Lapangan Puputan juga menyediakan beragam fasilitas rekreasi yang menarik. Pengunjung dapat bermain skateboard, bermain di area bermain anak-anak, berjoging, atau bermain olahraga lainnya. Terdapat juga panggung terbuka yang digunakan untuk pertunjukan kesenian, menambah daya tarik dan keseruan di lapangan ini.
  4. Spot Foto Menarik: Memiliki beberapa spot foto yang menarik, seperti monumen Puputan Badung, papan catur raksasa, atau kolam ikan. Pengunjung dapat mengabadikan momen mereka di lokasi-lokasi tersebut dengan latar belakang yang unik dan indah.
  5. Keberagaman Aktivitas: Lapangan ini cocok untuk segala usia dan minat. Baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa dapat menikmati berbagai aktivitas yang ditawarkan, mulai dari bermain, bersantai, berolahraga, hingga menikmati pertunjukan seni.
See also  40 Pesona Pantai Nusa Dua, Surga Pulau Dewata yang Spektakuler

Kombinasi sejarah, ruang terbuka hijau, aktivitas rekreasi, spot foto menarik, dan keberagaman aktivitas membuat Objek Wisata di Denpasar Barat Bali memiliki daya tarik yang unik dan berbeda. Pengunjung akan merasakan pengalaman yang berkesan saat mengunjungi tempat ini.

Hijau dan Sejuk

Suasana di Lapangan Puputan Badung sangat hijau dan sejuk, terutama pada pagi dan sore hari. Waktu-waktu ini sangat ideal untuk menikmati piknik bersama keluarga atau teman-teman. Lapangan ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang memberikan rindang dan membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Di pagi hari, banyak masyarakat yang memanfaatkan lapangan ini untuk berolahraga. Mulai dari lari pagi hingga bermain sepak bola, aktivitas-aktivitas tersebut memberikan semangat dan energi positif untuk memulai hari. Selain itu, lapangan ini juga sering digunakan untuk pertandingan dan latihan olahraga, menciptakan suasana yang dinamis dan penuh semangat.

Di sekitar lapangan, terdapat kursi-kursi yang dapat digunakan untuk duduk dan bersantai. Biasanya, para orang tua memanfaatkannya sambil memperhatikan anak-anak mereka bermain di lapangan. Kursi-kursi ini juga sering digunakan untuk bermain catur, menambah keseruan dan interaksi antar pengunjung lapangan.

Dengan suasana hijau dan sejuk yang dimiliki Lapangan Puputan Badung, menghabiskan waktu di sini akan memberikan rasa ketenangan dan relaksasi. Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda. Jangan lupa membawa bekal piknik dan nikmati momen-momen spesial di lapangan ini.

Selalu perhatikan dan patuhi aturan yang berlaku di lapangan, seperti menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas yang ada. Dengan saling menghormati dan merawat lapangan, kita dapat menjaga keindahan dan kenyamanan tempat ini untuk dinikmati oleh semua pengunjung.

Jadi, jika Anda mencari tempat yang hijau, sejuk, dan ramah untuk piknik atau berolahraga, Lapangan Puputan Badung adalah pilihan yang sempurna. Manfaatkan waktu luang Anda untuk mengunjungi lapangan ini dan nikmati suasana yang menyegarkan.

Pentas Seni

Di Lapangan Puputan Badung, Anda dapat menikmati berbagai pentas seni yang diadakan secara teratur, terutama pada hari Sabtu atau Minggu sore. Panggung di lapangan ini menjadi tempat bagi siswa TK dan sanggar-sanggar seni untuk mempertunjukkan bakat mereka.

Pementasan seni yang disajikan mencakup berbagai jenis seni tradisional, mulai dari tarian tradisional Bali hingga permainan musik dan lagu. Anda akan dapat menyaksikan penampilan yang indah dan mengagumkan dari para penari, musisi, dan penyanyi yang tampil di panggung tersebut.

Selain itu, teater juga sering dipentaskan di Lapangan Puputan Badung. Anda bisa menikmati pertunjukan teater yang menghibur dan memikat, di mana para aktor dan aktris akan menghidupkan karakter-karakter menarik di hadapan penonton.

Hal yang menarik adalah, semua pementasan seni ini bisa dinikmati secara gratis. Anda dapat datang ke Lapangan Puputan Badung bersama keluarga atau teman-teman Anda dan menikmati berbagai pertunjukan seni yang menghibur tanpa perlu membayar tiket masuk.

Pentas seni di Lapangan Puputan Badung adalah kesempatan bagus untuk memperluas pengetahuan dan apresiasi terhadap budaya dan seni Bali. Nikmati keindahan dan keberagaman seni yang ditampilkan oleh para talenta muda di panggung ini. Jangan lupa untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada para seniman yang tampil dengan memberikan tepuk tangan dan ungkapan terima kasih setelah pertunjukan selesai.

Datanglah pada hari Sabtu atau Minggu sore dan bergabunglah dengan pengunjung lainnya dalam menikmati pementasan seni yang memukau di lingkungan yang indah dan menyenangkan.

Museum Bali dan Pura Agung Jagatnatha

Untuk pengunjung yang ingin menjelajahi sekitar Lapangan Puputan Badung, ada dua tempat menarik yang dapat dikunjungi, yaitu Museum Bali dan Pura Agung Jagatnatha. Kedua lokasi ini terletak di sebelah timur lapangan.

Museum Bali adalah destinasi yang cocok bagi mereka yang ingin mempelajari sejarah dan kebudayaan Bali. Di dalam museum, pengunjung akan melihat berbagai pameran yang memberikan gambaran tentang kehidupan dan kebudayaan Bali dari masa lampau hingga saat ini. Terdapat koleksi kerajinan tangan dari berbagai daerah di Bali, serta peralatan sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat Bali di masa lalu. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat pakaian tradisional Bali yang digunakan dalam berbagai acara dan upacara, termasuk prosesi pernikahan. Museum Bali memberikan wawasan mendalam tentang kekayaan budaya dan warisan seni Bali.

Di sebelah Museum Bali, terdapat Pura Agung Jagatnatha yang juga layak untuk dikunjungi. Meskipun bukan untuk tujuan beribadah, pengunjung dapat mengalami keindahan dan ketenangan Pura Agung Jagatnatha. Pura ini sering dikunjungi oleh umat Hindu, terutama pada Hari Raya Siwaratri, di mana mereka melaksanakan makemit atau melakukan upacara semalam suntuk. Pura ini memiliki lingkungan yang luas, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang dan merenung di dalam area pura.

Mengunjungi Museum Bali dan Pura Agung Jagatnatha adalah cara yang baik untuk memperluas pengetahuan tentang budaya Bali dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang tradisi dan kehidupan masyarakat Bali. Jelajahi koleksi yang menarik di Museum Bali dan nikmati kedamaian dan keindahan spiritual di Pura Agung Jagatnatha.

Kuliner Tempat Makan

Di sekitar Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali, terdapat sejumlah tempat makan yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati hidangan lezat. Beberapa pilihan tempat makan di sekitar area tersebut antara lain:

  1. Warung Makan Padang: Anda dapat mencoba warung makan Padang yang menyajikan beragam hidangan khas Padang dengan cita rasa autentik. Nikmati nasi rendang, ayam pop, gulai, dan berbagai hidangan lainnya di warung makan ini.
  2. Warung Sate: Jika Anda menyukai sate, ada beberapa warung sate di sekitar yang menawarkan sate ayam, sate babi, atau sate sapi dengan berbagai pilihan bumbu dan saus.
  3. Restoran Makanan Laut: Bali terkenal dengan hidangan lautnya. Anda dapat mencoba restoran makanan laut di sekitar area untuk menikmati hidangan segar seperti ikan bakar, udang goreng, atau kepiting saus Padang.
  4. Warung Nasi Campur: Warung nasi campur adalah tempat yang populer di Bali. Anda dapat menikmati nasi campur dengan berbagai lauk seperti ayam suwir, babi guling, sate lilit, dan sayuran.
  5. Warung Makan Betawi: Jika Anda ingin mencicipi hidangan khas Jakarta, ada beberapa warung makan Betawi di sekitar area tersebut yang menyajikan hidangan seperti nasi uduk, soto Betawi, kerak telor, dan lainnya.

Pastikan untuk mencoba hidangan lokal Bali dan mengeksplorasi kuliner. Selalu periksa ulasan, rekomendasi, dan kecocokan dengan selera Anda sebelum memilih tempat makan yang ingin dikunjungi.

Coffee Shop

Di sekitar Lapangan Puputan Badung, terdapat beberapa coffee shop yang menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi. Beberapa pilihan coffee shop di sekitar area tersebut antara lain:

  1. Kopi Kultur: Terletak di Jalan Hasanuddin No. 7, Denpasar, Kopi Kultur menawarkan suasana yang nyaman dengan dekorasi yang unik. Mereka menawarkan beragam varian kopi, mulai dari espresso, cappuccino, hingga kopi spesial mereka sendiri. Selain itu, mereka juga menyajikan makanan ringan dan kue-kue yang lezat.
  2. Anomali Coffee: Terletak di Jalan Teuku Umar No. 82, Denpasar, Anomali Coffee adalah salah satu coffee shop populer di Denpasar. Mereka menyajikan berbagai macam kopi berkualitas tinggi dari berbagai daerah di Indonesia. Di sini, Anda dapat menikmati suasana yang santai sambil menikmati kopi favorit Anda.
  3. Revolver Espresso: Terletak di Jalan Kayu Aya No. 3, Seminyak, Revolver Espresso adalah coffee shop yang terkenal dengan kualitas kopi mereka. Mereka memiliki berbagai pilihan kopi yang disajikan dengan teknik yang baik. Selain kopi, mereka juga menyajikan makanan ringan dan kue-kue yang lezat.
  4. Stickee Bali Coffee: Terletak di Jalan Raya Kerobokan No. 100X, Stickee Bali Coffee adalah coffee shop yang menawarkan suasana yang nyaman dan ramah. Mereka memiliki berbagai macam kopi dan minuman kreatif, seperti kopi es krim dan kopi shake. Tempat ini juga menyediakan makanan ringan dan hidangan sarapan.
See also  Telaga Madirda: Pesona Alam Destinasi Wisata Gunung Lawu

Pastikan untuk mengecek jam operasional dan fasilitas yang tersedia di masing-masing coffee shop sebelum mengunjunginya. Selamat menikmati kopi yang lezat sambil menikmati waktu di sekitar Lapangan Puputan Badung!

Penginapan

Di sekitar Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali, terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat Anda pertimbangkan untuk menginap selama berada di area tersebut. Berikut adalah beberapa pilihan penginapan yang dapat Anda coba:

  1. Hotel: Di sekitar area, terdapat beberapa hotel dengan berbagai kategori dan fasilitas. Anda dapat memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Beberapa hotel di sekitar Lapangan Puputan yang bisa Anda pertimbangkan antara lain hotel bintang 3, 4, atau 5.
  2. Guesthouse: Jika Anda mencari pilihan akomodasi yang lebih terjangkau, Anda juga dapat mencari guesthouse atau losmen di sekitar area. Guesthouse biasanya menawarkan kamar-kamar sederhana dengan fasilitas dasar yang mencukupi untuk menginap.
  3. Homestay: Jika Anda ingin merasakan pengalaman menginap di lingkungan yang lebih lokal, Anda bisa mencari homestay di sekitar Lapangan Puputan. Homestay biasanya menawarkan kamar-kamar yang terletak di rumah penduduk setempat, sehingga Anda dapat merasakan suasana yang lebih autentik.
  4. Villa atau Apartemen: Jika Anda bepergian dengan keluarga atau rombongan yang lebih besar, memilih villa atau apartemen bisa menjadi pilihan yang baik. Anda dapat mencari villa atau apartemen sewa di sekitar Lapangan Puputan yang menyediakan fasilitas lengkap untuk kebutuhan Anda.

Pastikan untuk memeriksa ulasan, fasilitas, lokasi, dan tarif penginapan sebelum melakukan pemesanan. Juga, perhatikan jarak penginapan dengan Objek Wisata Lapangan Puputan agar memudahkan Anda dalam menjelajahi area sekitar.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang terletak dekat dengan Monumen Bajra Sandhi Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar:

  1. ibis Styles Bali Denpasar, Denpasar:
  • Lokasi: Denpasar Barat, Denpasar
  • Rating: 4.3/5
  • Harga: IDR 415.236 per kamar per malam
  • Deskripsi: Hotel ini terletak di jantung kota Denpasar dan menawarkan 153 kamar kontemporer serta akses mudah ke berbagai objek wisata.
  1. Citadines Berawa Beach Bali, Denpasar:
  • Lokasi: Denpasar Selatan, Denpasar
  • Rating: 4.6/5
  • Harga: IDR 1.179.750 per kamar per malam
  • Deskripsi: Citadines Berawa Beach Bali menawarkan pemandangan laut yang indah dan memiliki 224 unit akomodasi yang terdiri dari berbagai fasilitas.
  1. Four Star by Trans Hotel, Denpasar:
  • Lokasi: Denpasar Selatan, Denpasar
  • Rating: 4.2/5
  • Harga: IDR 488.981 per kamar per malam
  • Deskripsi: Four Star by Trans Hotel adalah penginapan modern di tengah kota Denpasar yang dilengkapi dengan kolam renang.
  1. Mars City Hotel, Denpasar:
  • Lokasi: Denpasar Selatan, Denpasar
  • Rating: 3.7/5
  • Harga: IDR 207.249 per kamar per malam
  • Deskripsi: Mars City Hotel berjarak 11 menit berkendara dari Pantai Sanur dan menawarkan akses mudah ke berbagai fasilitas.
  1. Hotel Grand Santhi, Denpasar:
  • Lokasi: Denpasar Barat, Denpasar
  • Rating: 3.8/5
  • Harga: IDR 306.000 per kamar per malam
  • Deskripsi: Hotel Grand Santhi terletak di pusat keramaian Denpasar dan berjarak 5 menit berjalan kaki dari Level 21 Mall.

Pastikan untuk memeriksa ketersediaan, fasilitas, dan ulasan pengunjung sebelum melakukan pemesanan hotel yang sesuai dengan preferensi Anda.

Wisata Sekitar Pantai Dekat

Ada beberapa objek wisata menarik yang terletak di sekitar Monumen Bajra Sandhi di Denpasar. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Pantai Sanur: Pantai yang indah dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai Sanur juga menawarkan pemandangan matahari terbit yang spektakuler.
  2. Museum Bali: Museum ini merupakan tempat yang bagus untuk mengeksplorasi seni dan budaya Bali. Anda dapat melihat koleksi seni tradisional, arca, kerajinan tangan, dan artefak budaya lainnya.
  3. Taman Budaya Provinsi Bali: Merupakan pusat kegiatan seni dan budaya di Bali. Di sini, Anda dapat menyaksikan pertunjukan tari dan musik tradisional Bali, serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan budaya.
  4. Pura Jagatnatha: Sebuah pura Hindu yang indah yang terletak di pusat kota Denpasar. Pura ini adalah tempat untuk bersembahyang dan mengagumi arsitektur dan ornamen tradisional Bali.
  5. Pasar Badung: Pasar tradisional yang ramai di Denpasar. Anda dapat menjelajahi pasar ini dan membeli berbagai macam produk lokal seperti pakaian, kerajinan tangan, makanan, dan rempah-rempah.
  6. Lapangan Lumintang: Lapangan terbuka yang nyaman untuk bersantai dan bermain di sekitar Denpasar. Lapangan ini dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti lapangan tenis dan lapangan sepak bola.

Pastikan untuk merencanakan waktu dan rute perjalanan Anda dengan baik agar dapat mengunjungi semua objek wisata yang menarik di sekitar Monumen Bajra Sandhi.

Tips

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat mengunjungi Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali:

  1. Kenakan pakaian yang nyaman: Karena Anda akan menghabiskan waktu di luar ruangan, pastikan Anda memakai pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Gunakan pakaian yang ringan dan berlapis agar Anda dapat menyesuaikan diri dengan perubahan suhu.
  2. Bawa perlengkapan yang diperlukan: Pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan, seperti tabir surya, topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik. Juga, bawa air minum yang cukup untuk menjaga diri tetap terhidrasi.
  3. Perhatikan jadwal kunjungan: Lapangan Puputan mungkin menjadi lebih ramai saat akhir pekan atau hari libur. Jika Anda ingin menghindari keramaian, pertimbangkan untuk mengunjungi lapangan pada hari biasa atau di pagi hari.
  4. Jaga kebersihan: Lapangan Puputan adalah tempat umum, jadi pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan sekitar. Bantu menjaga keindahan lapangan dengan tidak merusak atau mencemari lingkungan sekitar.
  5. Patuhi peraturan dan larangan: Pastikan Anda mematuhi aturan dan larangan yang berlaku di Lapangan Puputan. Ini termasuk larangan merokok, larangan membawa hewan peliharaan, atau larangan merusak fasilitas publik. Menghormati aturan akan menjaga keamanan dan kenyamanan bagi semua pengunjung.
  6. Jaga barang berharga: Selalu jaga barang berharga Anda dengan baik. Jangan meninggalkan barang berharga Anda tanpa pengawasan dan pastikan Anda menggunakan tas atau dompet yang aman.
  7. Manfaatkan fasilitas yang tersedia: Menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat duduk, toilet, dan area bermain anak. Manfaatkan fasilitas ini untuk membuat kunjungan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.
  8. Bersikap hormat terhadap lingkungan dan budaya: Bali memiliki budaya yang kaya dan unik. Hormati lingkungan dan budaya setempat dengan menghormati tempat suci, tidak merusak atau mengganggu lingkungan sekitar, dan menghormati adat dan tradisi setempat.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati kunjungan Anda ke Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali dengan lebih lancar dan memastikan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali:

  1. Di mana lokasi Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali? Jawab: Terletak di Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali, Indonesia.
  2. Apa yang membuat Lapangan Puputan menarik untuk dikunjungi? Jawab: Memiliki sejarah dan keunikan sebagai tempat bersejarah yang menjadi saksi perjuangan rakyat Bali melawan penjajahan Belanda. Selain itu, lapangan ini juga menawarkan ruang terbuka hijau yang indah untuk bersantai dan beraktivitas.
  3. Apakah ada biaya masuk? Jawab: Tidak, Lapangan Puputan dapat dikunjungi secara gratis tanpa dikenakan biaya masuk.
  4. Apa saja fasilitas yang tersedia? Jawab: Lapangan Puputan dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat duduk, toilet, area bermain anak, dan area untuk olahraga. Selain itu, terdapat juga panggung terbuka yang sering digunakan untuk pertunjukan kesenian.
  5. Bagaimana jam operasional? Jawab: Lapangan Puputan dapat dikunjungi sepanjang hari, namun disarankan untuk mengunjunginya pada waktu yang ramai seperti sore hari untuk menghindari keramaian.
  6. Apa tempat makan terdekat? Jawab: Di sekitar Lapangan Puputan, terdapat beragam tempat makan dan warung makan yang menyajikan hidangan lokal Bali maupun internasional.
  7. Apa objek wisata terdekat yang bisa dikunjungi setelah mengunjungi Lapangan Puputan? Jawab: Beberapa objek wisata terdekat yang bisa dikunjungi antara lain Museum Bali, Monumen Bajra Sandhi, dan Pura Jagatnatha.
  8. Apakah ada aturan khusus yang harus diperhatikan? Jawab: Saat mengunjungi Lapangan Puputan, penting untuk mematuhi aturan dan larangan yang berlaku, seperti tidak merokok di area lapangan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
  9. Apakah ada acara atau festival tertentu yang sering diadakan? Jawab: Lapangan Puputan sering digunakan untuk mengadakan berbagai acara dan festival, terutama yang berkaitan dengan seni dan budaya Bali. Namun, jadwal acara dapat bervariasi, jadi disarankan untuk memeriksa informasi terkini sebelum mengunjungi.

Harap dicatat bahwa informasi ini berdasarkan pengetahuan saya hingga September 2021, dan dapat berubah seiring berjalannya waktu. Disarankan untuk memperbarui informasi terkini sebelum mengunjungi Objek Wisata Lapangan Puputan di Denpasar Barat Bali.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 18 Review Menarik Lapangan Puputan Rekreasi Sejarah Di Badung.

Your email address will not be published. Required fields are marked *