Ulasan Monumen Pancasila Sakti, Saksi Bisu Peristiwa G30S/PKI

Monumen Pancasila Sakti adalah sebuah monumen yang terletak di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Monumen ini didirikan sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965.

Monumen Pancasila Sakti dan Mengenang 7 Pahlawan
@dianyusthikaadiyasta

Monumen Pancasila Sakti dibangun pada tahun 1993 dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1994 oleh Presiden Soeharto. Monumen ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Frederich Silaban dengan gaya arsitektur modern.

Monumen ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan dibangun di atas lahan seluas 80 hektar. Di tengah-tengah monumen terdapat sebuah patung Pancasila yang terbuat dari emas dan memiliki tinggi sekitar 17 meter. Patung ini melambangkan lima asas yang menjadi dasar negara Indonesia yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selain patung Pancasila, di sekitar monumen terdapat pula beberapa bangunan seperti gedung perpustakaan, teater, dan museum. Di museum ini terdapat berbagai macam koleksi yang berkaitan dengan sejarah Indonesia, terutama sejarah peristiwa Gerakan 30 September 1965.

Monumen Pancasila Sakti menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang populer di Jakarta. Selain itu, monumen ini juga menjadi simbol penting bagi bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan dan persatuan negara.

Sejarah

Monumen Pancasila Sakti dibangun untuk mengenang peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, yaitu peristiwa G30S/PKI (Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia) pada tahun 1965. Peristiwa ini melibatkan sekelompok anggota militer dan Partai Komunis Indonesia yang melakukan kudeta terhadap pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Sukarno pada saat itu.

Pada tanggal 30 September 1965, enam jenderal dan beberapa perwira militer diculik dan dibunuh oleh anggota militer dan PKI. Kejadian ini memicu reaksi keras dari pihak militer dan rakyat Indonesia, yang menyebabkan penggulingan Presiden Sukarno dan naiknya Soeharto sebagai Presiden Indonesia.

Monumen Pancasila Sakti sendiri dibangun di atas lokasi di mana jenderal-jenderal yang diculik dan dibunuh tersebut ditemukan, yaitu di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Monumen ini dirancang oleh seorang arsitek terkenal Indonesia, Frederich Silaban, dan diresmikan pada tanggal 12 Juni 1987 oleh Presiden Soeharto.

Monumen ini memiliki bentuk menara setinggi 30 meter yang terdiri dari lima lantai, masing-masing melambangkan nilai-nilai Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Di dalam monumen terdapat ruang pameran yang memajang benda-benda bersejarah dan informasi tentang peristiwa G30S/PKI serta nilai-nilai Pancasila.

Monumen Pancasila Sakti menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang penting di Jakarta dan juga sebagai pusat peringatan dan pengenangan terhadap peristiwa yang sangat bersejarah bagi Indonesia.

Alamat Akses

Monumen Pancasila Sakti berada di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Untuk akses ke monumen ini, terdapat beberapa alternatif transportasi yang bisa digunakan:

  1. Kendaraan pribadi: Monumen ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Dari pusat kota Jakarta, perjalanan menuju monumen dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam tergantung dari kondisi lalu lintas.
  2. Angkutan umum: Terdapat beberapa angkutan umum yang bisa digunakan untuk menuju ke Monumen Pancasila Sakti, seperti bus, mikrolet, dan taksi. Dari terminal atau stasiun terdekat, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum menuju ke monumen dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit.
  3. Online transportation: Saat ini, layanan transportasi online seperti Grab atau Gojek juga bisa digunakan untuk menuju ke monumen. Wisatawan dapat memesan transportasi online dengan memasukkan alamat Monumen Pancasila Sakti sebagai tujuan.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, terdapat area parkir yang tersedia di sekitar monumen. Selain itu, untuk informasi lebih lanjut mengenai akses dan fasilitas di Monumen Pancasila Sakti, Anda dapat mengunjungi situs resmi atau menghubungi pihak pengelola monumen.

Rute

Untuk rute menuju Monumen Pancasila Sakti dari pusat kota Jakarta, terdapat beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

  1. Rute melalui Tol Jagorawi: Dari pusat kota Jakarta, Anda dapat menuju gerbang tol Cawang dan keluar di gerbang tol TMII. Kemudian, ikuti jalan menuju arah Jalan Raya Pondok Gede hingga tiba di Monumen Pancasila Sakti.
  2. Rute melalui Jalan Raya Bogor: Dari pusat kota Jakarta, Anda dapat mengikuti Jalan Raya Bogor menuju arah timur hingga tiba di Jalan Raya Pondok Gede. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga tiba di Monumen Pancasila Sakti.
  3. Rute melalui Jalan Tol Dalam Kota: Dari pusat kota Jakarta, Anda dapat memasuki gerbang tol Dalam Kota dan keluar di gerbang tol Kp. Melayu. Kemudian, ikuti Jalan Raya Bogor menuju arah timur hingga tiba di Jalan Raya Pondok Gede. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga tiba di Monumen Pancasila Sakti.
See also  Taman Ismail Marzuki: Sentra Kreativitas Seni di Jakarta

Alternatif transportasi lainnya yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan angkutan umum seperti bus, mikrolet, atau taksi.

Aktivitas

Di Monumen Pancasila Sakti, terdapat beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung, antara lain:

  1. Berkunjung ke ruang pameran: Di dalam monumen terdapat ruang pameran yang memajang benda-benda bersejarah dan informasi tentang peristiwa G30S/PKI serta nilai-nilai Pancasila. Pengunjung bisa melihat koleksi foto-foto, dokumen, senjata, dan barang-barang yang terkait dengan peristiwa tersebut.
  2. Mengikuti tur sejarah: menyediakan tur sejarah untuk pengunjung yang ingin mendapatkan informasi lebih detail tentang peristiwa G30S/PKI dan sejarah Indonesia pada masa tersebut.
  3. Mengikuti upacara bendera: Setiap hari Senin, menyelenggarakan upacara bendera yang diikuti oleh para siswa dan pelajar. Pengunjung juga bisa menyaksikan upacara bendera ini.
  4. Berfoto-foto: memiliki desain arsitektur yang unik dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Pengunjung bisa berfoto-foto di berbagai sudut monumen dan di sekitar taman yang ada di sekitarnya.
  5. Membeli oleh-oleh: Di sekitar terdapat beberapa toko souvenir yang menjual berbagai macam oleh-oleh dan cendera mata yang terkait dengan sejarah Indonesia.
  6. Berdoa: Di dalam monumen terdapat ruangan untuk berdoa dan berzikir bagi pengunjung yang ingin menghormati dan mengenang para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.
  7. Mengikuti acara spesial: sering menjadi tempat penyelenggaraan acara spesial seperti peringatan hari-hari besar nasional, acara seni budaya, dan lain sebagainya. Pengunjung bisa menyaksikan atau ikut serta dalam acara tersebut.
  8. Berolahraga: Di sekitar terdapat lapangan olahraga yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berolahraga seperti jogging, bermain sepak bola, atau voli.
  9. Piknik: juga memiliki taman yang luas dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat piknik bersama keluarga atau teman-teman. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, tempat duduk, dan toilet.
  10. Membaca buku: Di dalam monumen terdapat perpustakaan yang menyediakan buku-buku tentang sejarah Indonesia, Pancasila, dan topik-topik terkait lainnya. Pengunjung bisa membaca buku di perpustakaan atau meminjamnya untuk dibaca di rumah.

Demikianlah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Dengan adanya berbagai macam aktivitas ini, Monumen Pancasila Sakti menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi dan dipelajari sejarahnya.

Daya Tarik

Berikut adalah beberapa daya tarik Monumen Pancasila Sakti:

  1. Simbol keutuhan dan persatuan bangsa: Monumen ini memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia sebagai simbol keutuhan dan persatuan negara. Di dalamnya terdapat patung Pancasila yang melambangkan lima asas yang menjadi dasar negara Indonesia.
  2. Sejarah peristiwa penting: didirikan sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965. Di sekitar monumen terdapat Museum yang menyajikan berbagai macam koleksi sejarah terkait peristiwa ini.
  3. Arsitektur modern: dirancang dengan gaya arsitektur modern oleh arsitek ternama, Frederich Silaban. Monumen ini memiliki patung Pancasila yang terbuat dari emas dengan ketinggian mencapai 17 meter.
  4. Tempat wisata sejarah: menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang populer di Jakarta. Selain melihat patung Pancasila dan Museum, pengunjung dapat menikmati pemandangan dan fasilitas yang tersedia di sekitar monumen.
  5. Lokasi yang strategis: terletak di Jakarta Timur, dekat dengan beberapa lokasi wisata populer seperti Taman Mini Indonesia Indah dan Puncak. Monumen ini dapat dijangkau dengan berbagai jenis transportasi, termasuk kendaraan pribadi dan angkutan umum.
  6. Taman yang indah: Selain memiliki patung Pancasila dan Museum, juga dikelilingi oleh taman yang indah. Taman ini sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang menenangkan.
  7. Acara peringatan penting: sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara peringatan penting, seperti upacara peringatan Hari Pahlawan dan peristiwa 30 September. Acara-acara tersebut biasanya dihadiri oleh pejabat negara, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum.
  8. Pengalaman belajar sejarah: Museum di dalamnya dapat menjadi sarana untuk belajar sejarah bagi pengunjung. Melalui berbagai macam koleksi sejarah yang dipajang, pengunjung dapat lebih memahami tentang peristiwa penting yang terjadi di Indonesia.
  9. Bersejarah: Monumen Pancasila Sakti telah menjadi bagian dari sejarah Indonesia sebagai pengingat peristiwa penting dalam sejarah negara. Berkunjung ke monumen ini dapat menjadi pengalaman yang berkesan dan memberikan kesempatan untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah bangsa Indonesia.
  10. Fasilitas lengkap: juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap, seperti area parkir, toilet, kios makanan, dan tempat bermain anak. Fasilitas yang lengkap ini membuat pengunjung lebih nyaman untuk berkunjung ke monumen ini.
  11. Aktivitas rekreasi: Selain menikmati keindahan taman, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas rekreasi seperti berolahraga, piknik, atau bermain di area bermain anak. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan bersama keluarga atau teman-teman.
  12. Pengalaman spiritual: Bagi beberapa pengunjung, juga dapat memberikan pengalaman spiritual karena tempat ini merupakan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam peristiwa yang tragis. Pengunjung dapat merenung dan mempersembahkan doa untuk mereka yang telah berjuang demi keutuhan negara.
  13. Tempat berfoto: Patung Pancasila yang terletak di tengah-tengah Monumen Pancasila Sakti sering menjadi spot foto favorit bagi pengunjung. Patung yang megah dan emas tersebut menjadi latar belakang yang menarik untuk berfoto dan meninggalkan kenangan.
  14. Kegiatan edukasi: Selain Museum yang berisi koleksi sejarah, juga sering mengadakan kegiatan edukasi seperti seminar, workshop, atau diskusi. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu pengunjung untuk lebih memahami nilai-nilai Pancasila dan perjuangan para pahlawan.
  15. Suasana yang tenang: Meskipun berada di tengah kota Jakarta yang sibuk, menyediakan suasana yang tenang dan damai. Taman yang asri dan udara yang segar membuat pengunjung merasa jauh dari hiruk-pikuk kota dan dapat menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman dengan lebih tenang dan nyaman.
See also  40 Pesona Pura Tanah Lot, Destinasi Wisata Religi Di Bali

Fasilitas

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Monumen Pancasila Sakti:

  1. Parkir: menyediakan area parkir yang luas dan aman untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Area parkir ini bisa menampung mobil, sepeda motor, dan bis pariwisata.
  2. Toilet: Di sekitar monumen terdapat beberapa lokasi toilet yang bersih dan terawat dengan baik. Toilet juga dilengkapi dengan air bersih dan tempat sampah.
  3. Kafe dan restoran: Terdapat beberapa kafe dan restoran yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Pengunjung bisa menikmati kuliner Indonesia dan internasional di tempat ini.
  4. Area bermain anak: menyediakan area bermain anak yang aman dan nyaman untuk anak-anak. Di area ini terdapat perosotan, ayunan, dan berbagai mainan anak lainnya.
  5. Mushola: juga dilengkapi dengan mushola yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beribadah.
  6. Pusat informasi: Terdapat pusat informasi yang bisa membantu pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang monumen, sejarah G30S/PKI, dan fasilitas yang tersedia di sekitar monumen.
  7. Toko souvenir: Di sekitar monumen terdapat beberapa toko souvenir yang menjual berbagai macam oleh-oleh dan cendera mata yang terkait dengan sejarah Indonesia.
  8. Ruang pertemuan: juga menyediakan ruang pertemuan yang bisa digunakan untuk acara seminar, rapat, atau pertemuan lainnya.
  9. Layanan keamanan: dilengkapi dengan layanan keamanan 24 jam untuk menjaga keamanan pengunjung dan fasilitas yang ada di sekitar monumen.

Itulah beberapa fasilitas yang tersedia. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan pengunjung bisa merasa nyaman dan puas ketika berkunjung ke Monumen Pancasila Sakti.

Tiket Masuk

Untuk masuk pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, jika ingin mengunjungi beberapa tempat di dalam monumen seperti Museum Pahlawan, Panggung G30S/PKI, dan Menara Khatulistiwa, maka pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau.

Berikut adalah harga tiket masuk ke beberapa tempat di dalam Monumen Pancasila Sakti:

  1. Museum Pahlawan: Rp 5.000,- (dewasa) dan Rp 2.000,- (anak-anak)
  2. Panggung G30S/PKI: Rp 5.000,- (dewasa) dan Rp 2.000,- (anak-anak)
  3. Menara Khatulistiwa: Rp 10.000,- (dewasa) dan Rp 5.000,- (anak-anak)

Pembayaran tiket masuk bisa dilakukan dengan menggunakan uang tunai atau kartu elektronik. Pengunjung bisa membeli tiket masuk di loket tiket yang tersedia di pintu masuk.

Namun, untuk grup besar seperti sekolah atau instansi pemerintah, sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu dengan menghubungi pihak pengelola. Dengan begitu, pihak pengelola bisa menyiapkan pengaturan khusus agar kunjungan grup bisa berjalan dengan lancar dan teratur.

Penginapan

Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan di sekitar Monumen Pancasila Sakti:

  1. OYO 2499 Wisma Fatmawati: Jl. Ir. H. Djuanda No.1, Cipayung, Jakarta Timur.
  2. RedDoorz Plus @ Jl. Raya Pasar Rebo: Jl. Raya Pasar Rebo No.12-13, RT.1/RW.1, Pekayon Jaya, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur.
  3. Airy Eco Cipayung Pd. Gede: Jl. Raya Pd. Gede No.61, RT.5/RW.1, Cipayung, Jakarta Timur.
  4. OYO 1483 Cipinang Indah: Jl. Nangka Raya No.5, RT.5/RW.5, Cipinang Melayu, Jakarta Timur.
  5. OYO 1637 Citra Kebon Nanas Residence: Jl. Kebon Nanas Raya No.20, RT.8/RW.4, Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Pengunjung dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Sebelum memesan penginapan, sebaiknya melakukan pengecekan ulang terkait jarak dan akses ke Monumen Pancasila Sakti

Hotel Dekat

Jika Anda mencari hotel yang dekat dengan Monumen Pancasila Sakti, berikut adalah beberapa pilihan hotel yang bisa menjadi referensi:

  1. Hotel Santika TMII: Hotel bintang 3 yang terletak sekitar 2,5 km. Hotel ini dilengkapi dengan kolam renang outdoor, restoran, dan fasilitas pertemuan.
  2. Amaris Hotel Tebet: Hotel bintang 2 yang terletak sekitar 10 km. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti restoran, tempat parkir, dan akses internet gratis.
  3. RedDoorz Plus @ Pulomas: Penginapan yang terletak sekitar 4,7 km. Penginapan ini menyediakan fasilitas seperti kamar yang nyaman, layanan kebersihan harian, dan akses internet gratis.
  4. OYO 2264 Hotel Cipinang Lestari: Penginapan yang terletak sekitar 3,3 km. Penginapan ini menyediakan kamar yang bersih dan nyaman, layanan kebersihan harian, dan akses internet gratis.
  5. Whiz Prime Hotel Darmo Harapan Surabaya: Hotel bintang 3 yang terletak sekitar 2,7 km. Hotel ini dilengkapi dengan kolam renang outdoor, pusat kebugaran, dan restoran.
See also  Destinasi Wisata Candi Sukuh: Aktivitas, Arsitektur Unik, Biaya Wisata

Itulah beberapa pilihan hotel yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menginap dekat dengan Monumen Pancasila Sakti. Pastikan Anda memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Tempat Makan

Monumen Pancasila Sakti memiliki beberapa pilihan tempat makan di sekitar area monumen. Berikut adalah beberapa tempat makan yang dapat dikunjungi:

  1. RM Padang Sederhana: Restoran ini menyajikan menu makanan khas Padang dengan harga yang terjangkau. Restoran ini terletak di Jalan Raya Bogor KM 22, sekitar 2,5 km.
  2. Warung Mak Uwo: Warung makan ini menyajikan menu makanan Indonesia seperti nasi campur dan soto ayam. Warung ini terletak di Jalan Lubang Buaya Raya No. 37, sekitar 800 meter.
  3. RM Pempek Palembang & Es Pisang Ijo: Restoran ini menyajikan menu makanan khas Palembang seperti pempek dan tekwan, serta es pisang ijo. Restoran ini terletak di Jalan Raya Bogor KM 21, sekitar 2,2 km.
  4. McDonald’s Lubang Buaya: Restoran cepat saji ini terletak di Jalan Raya Pd. Gede No. 5, sekitar 1,5 km. Restoran ini menyajikan menu makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan minuman dingin.
  5. Kedai Kopi Kulo: Kedai kopi ini menyajikan berbagai macam kopi dan makanan ringan seperti roti bakar dan pisang goreng. Kedai kopi ini terletak di Jalan Raya Bogor KM 22, sekitar 2,5 km.

Spot Foto

Monumen Pancasila Sakti memiliki beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan spot foto, antara lain:

  1. Area Tugu Pancasila: Di sekitar area tugu Pancasila yang berbentuk bundar dengan patung siluet 7 pahlawan Revolusi, Anda bisa berfoto dengan latar belakang tugu tersebut.
  2. Panggung G30S/PKI: Di Panggung G30S/PKI yang merupakan tempat berlangsungnya peristiwa G30S/PKI, terdapat beberapa sudut yang cocok untuk berfoto seperti di atas panggung dan di area depan panggung.
  3. Area Monumen Nasional (Monas) Mini: Di area miniatur Monas yang terdapat di dalam Monumen Pancasila Sakti, Anda bisa berfoto dengan latar belakang replika Monas yang cukup besar.
  4. Area Museum Pahlawan: Di dalam Museum Pahlawan, terdapat banyak koleksi sejarah dan foto pahlawan yang bisa dijadikan spot foto. Selain itu, terdapat juga patung para pahlawan yang bisa dijadikan latar belakang.
  5. Menara Khatulistiwa: Di Menara Khatulistiwa, Anda bisa berfoto dengan latar belakang kota Jakarta dan lautan di kejauhan. Di menara ini juga terdapat patung Khatulistiwa yang bisa dijadikan spot foto.

Pastikan Anda mematuhi aturan dan petunjuk dari pihak pengelola saat berfoto di dalam Monumen Pancasila Sakti.

Wisata Sekitar

Berikut adalah beberapa wisata sekitar Monumen Pancasila Sakti yang bisa Anda kunjungi:

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII): Terletak sekitar 3 km, TMII merupakan taman wisata budaya Indonesia yang menampilkan berbagai paviliun dan wahana yang menggambarkan keanekaragaman budaya dan adat istiadat di Indonesia.
  2. Museum Sejarah Jakarta: Terletak sekitar 14 km, museum ini menyajikan koleksi yang menceritakan sejarah Jakarta dari zaman prasejarah hingga masa kini.
  3. Ragunan Zoo: Terletak sekitar 12 km, Ragunan Zoo adalah kebun binatang yang memiliki koleksi hewan yang beragam, termasuk hewan langka dan dilindungi.
  4. Taman Impian Jaya Ancol: Terletak sekitar 23 km, Taman Impian Jaya Ancol merupakan taman hiburan terbesar di Jakarta yang menawarkan berbagai atraksi dan wahana seperti pantai, waterpark, dan dunia fantasi.
  5. Kota Tua Jakarta: Terletak sekitar 18 km, Kota Tua Jakarta adalah area yang kaya akan sejarah dan arsitektur kolonial Belanda. Di sini Anda bisa mengunjungi museum, gedung bersejarah, dan menikmati makanan khas Jakarta.
  6. Museum Nasional Indonesia: Terletak sekitar 15 km, Museum Nasional Indonesia adalah museum arkeologi dan etnografi terbesar di Indonesia yang menampilkan koleksi-koleksi benda-benda sejarah dari seluruh Indonesia.

Itulah beberapa wisata sekitar Monumen Pancasila Sakti yang bisa Anda kunjungi. Pastikan Anda mempersiapkan waktu dan anggaran yang cukup untuk mengeksplorasi tempat-tempat tersebut.

Review Ulasan Monumen Pancasila Sakti, Saksi Bisu Peristiwa G30S/PKI.

Your email address will not be published. Required fields are marked *