Museum Kereta Api Ambarawa: Melihat Sejarah Perkeretaapian Indonesia

Museum Kereta Api Ambarawa, yang terletak di Ambarawa, Jawa Tengah, menawarkan pengalaman yang mendalam dalam mempelajari sejarah perkeretaapian Indonesia. Berlokasi di bekas stasiun kereta api yang telah beralih fungsi, museum ini berhasil memadukan keindahan arsitektur bersejarah dengan kekayaan koleksi artefak yang memukau.

Ketika menginjakkan kaki di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung disambut oleh jajaran lokomotif tua yang menggambarkan evolusi teknologi perkeretaapian dari masa ke masa. Setiap artefak dipresentasikan dengan detail yang mengagumkan, memberikan wawasan yang dalam tentang peran penting kereta api dalam pembangunan dan transformasi sosial di Indonesia.

Pengunjung tidak hanya diberikan kesempatan untuk mengagumi koleksi, tetapi juga untuk belajar dari narasi yang disusun secara cermat di sepanjang ruang pamer. Informasi yang disajikan mencakup aspek teknis, sejarah, dan sosial budaya, menciptakan pengalaman belajar yang menyeluruh bagi semua usia.

Selain itu, Museum Kereta Api Ambarawa secara teratur menyelenggarakan acara khusus dan demonstrasi operasional, memperkaya pengalaman pengunjung dengan interaksi langsung dan pemahaman mendalam tentang teknologi kereta api yang telah berusia.

Dengan demikian, Museum Kereta Api Ambarawa tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menarik, tetapi juga sebuah institusi penting dalam melestarikan dan membagikan warisan sejarah perkeretaapian Indonesia. Pengunjung diberi kesempatan langka untuk menyelami perjalanan waktu melalui lensa kereta api, sambil menghargai peran penting transportasi dalam membentuk identitas dan kemajuan negara ini.

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa

Berikut adalah informasi tentang harga tiket masuk dan jam operasional Museum Kereta Api Ambarawa:

Harga Tiket Masuk:

  • Tiket Masuk Anak (3-12 Tahun) & Pelajar: Rp10.000
  • Tiket Masuk Dewasa: Rp20.000
  • Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara: Rp30.000
  • Tiket Masuk Kereta Wisata Reguler: Rp100.000

Jam Operasional:

  • Hari Operasional: Setiap hari (termasuk hari biasa dan akhir pekan)
  • Jam Buka: 08.00 – 17.00

Dengan harga tiket yang terjangkau dan jam operasional yang luas, Museum Kereta Api Ambarawa menyediakan kesempatan bagi para pengunjung untuk menikmati pengalaman berharga dalam menjelajahi sejarah perkeretaapian Indonesia. Jangan ragu untuk berkunjung dan nikmati koleksi yang menarik di museum ini pada waktu yang sesuai dengan Anda!

Daya Tarik

Museum Kereta Api Indonesia, yang terletak di Ambarawa, Jawa Tengah, bukan sekadar sebuah tempat untuk melihat koleksi-koleksi kereta api yang bersejarah, tetapi juga merupakan sebuah jendela yang membawa kita kembali ke masa lalu yang penuh warna dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Dengan akar yang dalam dan beragam aspek yang ditawarkan, museum ini memperkaya pengalaman wisatawan dengan pencerahan sejarah dan keindahan teknologi.

Pendirian Museum Kereta Api Indonesia bermula dari Stasiun Willem I yang dibangun pada tahun 1873 oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Awalnya, stasiun ini berfungsi sebagai bagian integral dari jaringan kereta api yang menghubungkan wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, dengan fokus utama pada keperluan militer dan ekspor komoditas. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, stasiun ini kemudian dinonaktifkan pada tahun 1976.

Keputusan untuk mengubah Stasiun Willem I menjadi Museum Kereta Api Indonesia adalah langkah berani yang diambil oleh pemerintah daerah, yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah pada saat itu, Supardjo Rustam. Langkah ini terbukti menguntungkan, karena museum ini tidak hanya berhasil memelihara sejarah perkeretaapian, tetapi juga menjadi tujuan wisata yang populer di Jawa Tengah.

Dengan lebih dari 26 lokomotif uap, 4 lokomotif diesel, 5 kereta, dan 6 gerbong dari berbagai daerah yang dipamerkan, pengunjung dapat merasakan keajaiban teknologi masa lalu sambil mengeksplorasi perkembangan perkeretaapian di Indonesia. Setiap artefak memberikan cerita unik tentang masa lalu yang dipenuhi dengan peristiwa penting dan pencapaian teknis yang menakjubkan.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati pengalaman unik dengan menaiki Kereta Api Wisata, yang menawarkan perjalanan yang menarik melalui pemandangan indah dan lokasi bersejarah sekitar Ambarawa. Dari relasi Ambarawa-Tuntang hingga Ambarawa-Jambu-Bedono, setiap perjalanan membawa pengunjung lebih dekat dengan akar budaya dan sejarah yang kaya di sekitar area tersebut.

Selain sebagai tempat wisata sejarah, Museum Kereta Api Indonesia juga menyediakan fasilitas untuk berbagai acara dan kegiatan, termasuk pameran, pertemuan, pesta pernikahan, festival, dan workshop. Dengan demikian, museum ini tidak hanya menjadi pusat pendidikan dan kebudayaan, tetapi juga menjadi pusat kegiatan sosial yang penting bagi masyarakat lokal dan pengunjung dari seluruh dunia.

Museum Kereta Api Indonesia tidak hanya menjadi saksi bisu dari perkembangan perkeretaapian di Indonesia, tetapi juga menjadi simbol penting dari upaya pelestarian warisan sejarah bangsa. Dengan koleksi yang kaya dan berbagai kegiatan yang ditawarkan, museum ini tidak diragukan lagi menjadi salah satu destinasi wisata terdepan di Jawa Tengah, yang cocok untuk semua usia dan minat.

See also  Review Menarik Museum Angkut, Belajar Sejarah Transportasi di Malang

Wisata Edukasi Kereta Api di Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa tidak hanya sekadar destinasi liburan biasa, tetapi juga merupakan tempat wisata edukatif yang memberikan pengalaman yang mendalam tentang sejarah dan perkembangan kereta api di Indonesia. Berlokasi di Ambarawa, Jawa Tengah, museum ini tidak hanya menawarkan koleksi yang mengesankan dari masa lalu, tetapi juga berbagai fasilitas dan objek menarik yang memperkaya pengetahuan pengunjung.

Salah satu hal yang membuat Museum Kereta Api Ambarawa begitu menarik adalah kesempatan untuk mempelajari sejarah kereta api Indonesia secara langsung. Dengan mengeksplorasi koleksi yang dipamerkan, pengunjung dapat mengetahui lebih lanjut tentang perkembangan sistem kereta api, jalur, dan jenis kereta api yang telah digunakan di Indonesia dari masa ke masa. Dari replika kereta api hingga alat pemutar gerbong kereta, setiap artefak memberikan wawasan yang berharga tentang teknologi dan peran penting kereta api dalam pembangunan negara.

Selain itu, Museum Kereta Api Ambarawa juga berfungsi sebagai wadah untuk melestarikan warisan sejarah kereta api Indonesia. Dengan mempertahankan dan merawat berbagai halte kereta api dari berbagai daerah, museum ini berperan penting dalam menjaga kelestarian dan keaslian budaya kereta api di Indonesia. Pengunjung diajak untuk menghargai dan mencintai kereta api Indonesia lebih dari sebelumnya melalui penjagaan halte-halte tua ini.

Tak hanya itu, museum ini juga menawarkan Pengunjung kesempatan untuk mendalami pengetahuan mereka melalui Kereta Api Pustaka, sebuah perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku dari berbagai genre. Dengan suasana yang nyaman dan penuh inspirasi, pengunjung dapat menelusuri berbagai informasi tentang kereta api, sejarah, teknologi, dan topik terkait lainnya.

Dengan semua fasilitas dan objek menarik yang ditawarkan, Museum Kereta Api Ambarawa tidak hanya menjadi tempat liburan yang menyenangkan, tetapi juga destinasi wisata edukatif yang berharga bagi semua kalangan. Melalui pengalaman yang mendalam dan beragam, pengunjung diberi kesempatan untuk memahami, menghargai, dan mencintai warisan sejarah kereta api Indonesia secara lebih baik.

Koleksi Lokomotif Uap

Di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung akan dihadapkan pada keajaiban teknologi masa lalu dalam bentuk lokomotif uap yang memukau. Sebagai salah satu ciri khas museum ini, koleksi lokomotif uap menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin mengenal lebih dekat sejarah dan perkembangan perkeretaapian di Indonesia.

Lokomotif-lokomotif yang dipamerkan di Museum Kereta Api Ambarawa memiliki nilai historis yang tinggi dan memberikan pengunjung kesempatan langka untuk menyaksikan langsung keindahan dan kekuatan mesin-mesin ini yang pernah menggerakkan rel-rel di masa lalu. Salah satu lokomotif yang populer adalah B2502, B2503, dan B5112, yang memiliki cerita unik dan peran penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

Lokomotif seri B, C, D, hingga jenis terbesar yaitu CC, juga menjadi bagian tak terpisahkan dari koleksi yang dipamerkan. Setiap jenis lokomotif memberikan pandangan yang berbeda tentang evolusi teknologi kereta api dari masa ke masa. Dengan melihat secara langsung dan belajar tentang karakteristik dan fungsi masing-masing jenis lokomotif, pengunjung dapat memahami betapa pentingnya peran mereka dalam pembangunan dan transportasi di masa lalu.

Tidak hanya sebagai peninggalan bersejarah, lokomotif-lokomotif ini juga menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang perkeretaapian Indonesia. Dengan keindahan desain dan ketahanan yang luar biasa, mereka menunjukkan betapa majunya teknologi pada zamannya dan tetap menjadi simbol kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Museum Kereta Api Ambarawa tidak hanya menjadi tempat untuk melihat koleksi-koleksi bersejarah ini, tetapi juga menjadi jendela yang membawa kita kembali ke masa lalu yang penuh warna. Melalui pengalaman mendalam ini, pengunjung diberi kesempatan untuk menghargai dan menghormati warisan sejarah kereta api Indonesia, serta merenungkan peran pentingnya dalam pembangunan bangsa.

Benda Antik Perkeretaapian

Di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung akan menemukan berbagai benda antik yang merupakan bagian integral dari sejarah perkeretaapian, mencerminkan evolusi teknologi dan budaya kereta api di Indonesia. Salah satu benda antik yang menarik perhatian adalah mesin pembuat tiket penumpang zaman dahulu, yang bentuknya besar dan mengesankan. Mesin ini diciptakan oleh Thomas Edmunson pada tahun 1840 dan memiliki sejarah penggunaan yang panjang, bahkan digunakan untuk mencetak tiket kereta ekonomi hingga tahun 2009 di Indonesia.

Selain mesin pembuat tiket, pengunjung juga akan menemukan berbagai jenis mesin dan peralatan lainnya yang digunakan dalam operasi kereta api di masa lalu. Mesin penghitung untuk mengetahui kentungan kereta api, telepon dari berbagai masa, telegraf, lonceng kereta, hingga peluit petugas rel merupakan contoh-contoh benda antik yang memberikan gambaran tentang bagaimana sistem kereta api beroperasi pada zaman dahulu.

Salah satu peninggalan bersejarah yang mencolok di museum ini adalah roda kereta bergigi, yang merupakan salah satu dari hanya tiga yang tersisa di dunia. Keunikan ini menarik minat para pengunjung karena roda kereta bergigi menjadi simbol penting dari teknologi transportasi kereta api di masa lampau. Dua roda bergigi lainnya berada di Swiss dan India, membuat roda bergigi di Museum Kereta Api Ambarawa menjadi penanda penting dari warisan sejarah perkeretaapian global.

See also  Pantai Bandengan Jepara: Surga Tepi Laut, Spot Foto Instagramable

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menjumpai rel bergigi, yang merupakan satu-satunya yang masih aktif di Indonesia. Rel bergigi ini menjadi salah satu atraksi utama di museum, karena pengunjung dapat menyaksikan kereta api dari Museum Kereta melintas di atasnya, memberikan pengalaman unik dan langka tentang teknologi kereta api yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Dengan keberadaan berbagai benda antik yang dipamerkan, Museum Kereta Api Ambarawa memberikan pengunjung kesempatan langka untuk merasakan dan memahami sejarah serta teknologi perkeretaapian Indonesia. Dari mesin-mesin tua hingga peninggalan bersejarah yang unik, setiap benda memberikan cerita yang menggugah dan menginspirasi, menjadikan museum ini sebagai destinasi wisata edukatif yang tak terlupakan bagi penggemar sejarah dan budaya kereta api.

Tour Ambarawa-Bendono

Tour Ambarawa-Bendono dengan Kereta Uap Wisata merupakan pengalaman yang tidak boleh dilewatkan bagi para penggemar kereta api dan alam yang indah. Paket perjalanan ini menawarkan perjalanan menarik dengan menggunakan kereta uap antara Ambarawa dan Bedono, serta Ambarawa dan Tuntang, memberikan pengalaman yang tak terlupakan sepanjang perjalanan.

Rute Ambarawa-Bedono (pp) dengan jarak tempuh 35 km dan Ambarawa-Tuntang (pp) dengan jarak tempuh 7 km menawarkan pemandangan alam yang memukau sepanjang perjalanan. Pengunjung akan ditemani oleh keindahan gunung Merbabu, Ungaran, dan Telomoyo yang terlihat jelas dari dalam kereta. Rasakan sensasi berbeda saat menikmati keindahan alam sambil menikmati perjalanan dengan kereta uap yang bersejarah.

Salah satu hal yang menarik dari tour ini adalah penggunaan jalur bergigi, yang menambah kesan petualangan yang unik dan berbeda dari perjalanan kereta api konvensional. Sensasi menaiki kereta uap melintasi jalur bergigi akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi pengunjung.

Untuk memastikan kepergian dalam tour ini, pengunjung disarankan untuk memesan tiket terlebih dahulu, terutama karena tour ini hanya tersedia pada hari libur. Harga tiket pun bervariasi sesuai dengan fasilitas yang disediakan. Dengan memesan tiket terlebih dahulu, pengunjung dapat memastikan tempat mereka dalam perjalanan ini dan menikmati pengalaman wisata yang lancar dan menyenangkan.

Dengan menggabungkan keindahan alam yang menakjubkan dan sensasi bersejarah kereta uap, Tour Ambarawa-Bendono dengan Kereta Uap Wisata adalah pilihan wisata yang sempurna untuk mereka yang mencari pengalaman yang berbeda dan mengesankan. Dapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan alam Jawa Tengah sambil menikmati perjalanan yang penuh petualangan dengan kereta uap yang bersejarah.

Spot Foto Klasik

Di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung akan menemukan banyak spot foto klasik yang menarik untuk diabadikan. Salah satu spot yang paling populer adalah lokomotif C2001, sebuah lokomotif kuno yang menjadi salah satu koleksi utama museum. Lokomotif ini memberikan latar belakang yang sempurna untuk foto yang menggambarkan atmosfer sejarah dan kekuatan mesin-mesin uap zaman dulu.

Selain lokomotif C2001, museum ini juga menawarkan berbagai tempat swafoto dengan desain yang unik. Pengunjung dapat memilih tempat yang paling sesuai dengan gaya dan preferensi mereka, sehingga dapat mengabadikan momen mereka dengan gaya yang paling menarik. Beberapa spot terbaik di museum ini termasuk gerbong kereta api yang terawat dengan baik, rel kereta api yang memberikan kesan autentik, perpustakaan dengan suasana yang nyaman dan penuh buku, serta halte kereta api yang memberikan nuansa sejarah yang klasik.

Dengan berbagai spot foto yang tersedia, pengunjung memiliki banyak pilihan untuk menciptakan gambar-gambar yang indah dan mengesankan. Dari latar belakang yang bersejarah hingga desain yang unik, setiap spot foto di Museum Kereta Api Ambarawa akan membawa pengunjung pada perjalanan visual yang menarik dan mengasyikkan. Jadi, pastikan untuk membawa kamera atau ponsel pintar Anda dan siap-siap untuk mengabadikan momen-momen tak terlupakan di museum ini!

Fasilitas

Museum Kereta Api Ambarawa memang menawarkan fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan dan kebutuhan pengunjungnya. Salah satu fasilitas utama yang tersedia di sini adalah restoran, tempat di mana pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman setelah menjelajahi museum. Restoran ini juga menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat sejenak sambil menikmati suasana sekitar.

Selain restoran, museum ini juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk para pengunjung yang datang dengan mobil atau sepeda motor. Lahan parkir yang luas ini memberikan kenyamanan ekstra bagi para pengunjung dalam menemukan tempat untuk memarkir kendaraan mereka tanpa harus khawatir tentang ketersediaan tempat.

Selain itu, terdapat juga fasilitas mushola bagi pengunjung yang membutuhkan tempat untuk beribadah dan memenuhi kebutuhan spiritual mereka. Keberadaan mushola ini memberikan kemudahan bagi para pengunjung yang ingin menjalankan ibadah di tengah kunjungan mereka ke museum.

Tidak ketinggalan, terdapat juga toilet yang bersih dan nyaman untuk digunakan oleh pengunjung. Toilet yang tersedia di museum ini membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung selama kunjungan mereka. Fasilitas toilet yang memadai ini merupakan hal yang penting dalam memberikan pengalaman kunjungan yang menyenangkan bagi pengunjung.

Dengan fasilitas yang lengkap seperti restoran, lahan parkir yang luas, mushola, dan toilet yang bersih, Museum Kereta Api Ambarawa berusaha memberikan pengalaman kunjungan yang menyenangkan dan nyaman bagi semua pengunjungnya. Dengan demikian, museum ini menjadi destinasi wisata yang populer dan ramah bagi semua kalangan.

See also  Ulasan Lengkap Tumurun Private Museum: Ragam Koleksi Karya Seni Antik di Solo

Belanja Suvenir

Setelah menikmati pengalaman di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan mereka dengan mengunjungi toko oleh-oleh yang terletak di area sekitar museum. Toko oleh-oleh ini adalah tempat yang sempurna untuk membeli suvenir sebagai kenang-kenangan dari kunjungan mereka. Salah satu suvenir yang populer adalah miniatur kereta api, yang merupakan simbol ikonik dari museum ini. Miniatur kereta api ini tidak hanya menjadi kenang-kenangan yang indah, tetapi juga mewakili sejarah dan kebudayaan perkeretaapian Indonesia.

Selain toko oleh-oleh, di sekitar museum juga terdapat berbagai hotel dan penginapan dengan harga yang terjangkau. Ini memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di area sekitar museum, menjelajahi keindahan alam dan daya tarik wisata lainnya yang ditawarkan oleh Ambarawa dan sekitarnya.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Museum Kereta Api Ambarawa juga sering disewakan untuk berbagai kegiatan. Ini termasuk pameran, pertemuan, sesi pemotretan, festival, bazar, dan workshop. Keberadaan fasilitas ini menjadikan museum ini sebagai tempat yang multifungsi dan beragam, yang tidak hanya menarik bagi wisatawan, tetapi juga bagi pelaku bisnis, seniman, dan komunitas lokal.

Dengan berbagai pilihan belanja suvenir, akomodasi yang nyaman, dan kesempatan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan, Museum Kereta Api Ambarawa tidak hanya menjadi tempat wisata yang menarik, tetapi juga pusat kegiatan budaya dan ekonomi yang penting bagi daerah sekitarnya. Dengan demikian, museum ini terus berperan dalam mempromosikan dan melestarikan warisan sejarah serta menjadi sumber inspirasi bagi semua yang mengunjunginya.

Alamat Rute Lokasi

Museum Kereta Api Ambarawa, terletak di Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614, adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Jawa Tengah. Lokasinya yang strategis memudahkan pengunjung untuk mencapainya dari berbagai arah, termasuk dari Jakarta, Surabaya, atau Yogyakarta.

Untuk menuju ke Museum Kereta Api Ambarawa dari pintu tol Bawen, berikut adalah rute yang dapat diikuti:

  1. Keluar pintu tol Bawen dan belok kanan.
  2. Lanjutkan perjalanan dan ambil lajur kiri hingga mencapai Terminal Bawen.
  3. Belok kiri di Terminal Bawen dan terus ikuti jalan tersebut.
  4. Sampai di pertigaan Tugu Palagan Ambarawa, belok kiri.
  5. Ikuti jalan tersebut sampai mencapai Museum Kereta Api Ambarawa.

Dengan mengikuti rute ini, pengunjung dapat dengan mudah mencapai museum dan menikmati berbagai koleksi dan fasilitas yang ditawarkan.

Museum Kereta Api Ambarawa menawarkan pengalaman wisata yang menarik bagi penggemar sejarah kereta api dan bagi siapa pun yang ingin mengeksplorasi warisan budaya Indonesia. Dengan koleksi yang kaya, fasilitas lengkap, dan lokasi yang mudah dijangkau, museum ini menjadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi saat berada di Jawa Tengah.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa:

  1. Jadwalkan Kunjungan: Pastikan untuk menentukan waktu yang tepat untuk berkunjung ke museum. Periksa jadwal operasional dan pastikan museum tidak sedang tutup atau mengalami perubahan jadwal khusus.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Museum ini mungkin melibatkan banyak berjalan kaki, jadi pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca.
  3. Bawa Air Minum: Selalu bawa air minum yang cukup untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi selama kunjungan.
  4. Gunakan Peta atau Panduan: Jika museum ini besar atau memiliki banyak ruang pameran, bawa peta atau panduan untuk membantu Anda menjelajahi koleksi dengan lebih efisien.
  5. Jaga Kebutuhan Pribadi: Pastikan untuk menggunakan fasilitas toilet sebelum mulai menjelajahi museum, dan pastikan untuk membawa perlengkapan pribadi tambahan yang mungkin Anda butuhkan selama kunjungan.
  6. Hormati Aturan Museum: Patuhi aturan dan petunjuk yang ditetapkan oleh museum, termasuk larangan merokok, makan atau minum di area tertentu, dan larangan menyentuh artefak secara langsung.
  7. Manfaatkan Fasilitas yang Tersedia: Gunakan fasilitas seperti restoran, toko suvenir, dan area istirahat yang tersedia di museum untuk membuat pengalaman kunjungan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.
  8. Nikmati Pengalaman: Jangan lupa untuk menikmati setiap momen kunjungan Anda ke Museum Kereta Api Ambarawa. Jelajahi koleksi yang menarik, pelajari sejarah perkeretaapian, dan ambil banyak foto untuk mengabadikan momen-momen berharga selama kunjungan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat memaksimalkan pengalaman kunjungan Anda ke Museum Kereta Api Ambarawa dan membuatnya menjadi pengalaman yang berkesan.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Museum Kereta Api Ambarawa: Melihat Sejarah Perkeretaapian Indonesia.

Your email address will not be published. Required fields are marked *