Review Menarik Museum Ullen Sentalu, Wisata Sejarah di Sleman

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. Museum ini didirikan oleh keluarga kerajaan Yogyakarta dan menampilkan koleksi seni dan budaya Jawa yang langka dan bersejarah.

Museum Ullen Sentalu dalam Perspektif Seni Budaya
@christoper_jeffrey

Museum Ullen Sentalu dibangun pada tahun 1994 dan diresmikan pada tahun 1997. Nama “Ullen Sentalu” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “memperdalam nilai-nilai budaya”. Museum ini terdiri dari tiga bangunan utama, yaitu Bangunan Pangeran dan Puteri, Bangunan Bapak dan Ibu, dan Bangunan Kebaya.

Bangunan Pangeran dan Puteri menampilkan berbagai koleksi seni dan kerajinan dari zaman kerajaan, seperti perhiasan, kain batik, dan gamelan. Di sini pengunjung dapat melihat gambaran kehidupan kerajaan dan budaya Jawa pada masa lalu. Selain itu, terdapat juga koleksi foto dan benda-benda pribadi dari keluarga kerajaan.

Bangunan Bapak dan Ibu menampilkan sejarah kehidupan keluarga besar Pakualaman dan Surakarta. Di sini pengunjung dapat melihat gambaran tentang tradisi dan budaya Jawa pada masa lalu, seperti upacara pernikahan, perayaan tradisional, dan peran perempuan dalam masyarakat.

Bangunan Kebaya menampilkan koleksi kebaya dari zaman kerajaan hingga zaman modern. Kebaya merupakan salah satu busana tradisional Jawa yang sangat terkenal dan sering digunakan pada berbagai acara penting. Di sini pengunjung dapat melihat keindahan kebaya dan sejarah perkembangannya.

Selain tiga bangunan utama, terdapat juga beberapa paviliun kecil yang menampilkan koleksi seni dan budaya Jawa lainnya. Museum Ullen Sentalu juga dilengkapi dengan ruang teater, ruang konferensi, toko suvenir, dan kafe.

Secara keseluruhan, Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum yang sangat menarik di Yogyakarta karena koleksi seni dan budaya Jawa yang langka dan bersejarah. Museum ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah dan budaya Jawa.

Sejarah

Museum Ullen Sentalu memiliki sejarah yang cukup panjang dan unik. Museum ini didirikan oleh keluarga kerajaan Yogyakarta pada tahun 1994 dengan tujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Jawa kepada masyarakat luas.

Awalnya, museum ini hanya berupa rumah pribadi milik keluarga kerajaan yang digunakan untuk menyimpan koleksi seni dan budaya Jawa mereka. Namun, kemudian keluarga kerajaan memutuskan untuk membuka rumah mereka sebagai museum pada tahun 1997.

Nama “Ullen Sentalu” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “memperdalam nilai-nilai budaya”. Nama ini dipilih untuk menggambarkan tujuan museum dalam melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya Jawa kepada masyarakat.

Museum Ullen Sentalu awalnya hanya terdiri dari dua bangunan utama, yaitu Bangunan Pangeran dan Puteri, serta Bangunan Bapak dan Ibu. Bangunan Pangeran dan Puteri digunakan untuk menyimpan koleksi seni dan kerajinan dari zaman kerajaan, sedangkan Bangunan Bapak dan Ibu digunakan untuk menampilkan sejarah kehidupan keluarga besar Pakualaman dan Surakarta.

Namun, seiring dengan bertambahnya koleksi seni dan budaya Jawa, pada tahun 2010 museum ini mengembangkan bangunan baru yang disebut Bangunan Kebaya. Bangunan ini digunakan untuk menampilkan koleksi kebaya dari zaman kerajaan hingga zaman modern.

Misteri

Terdapat beberapa misteri yang terkait dengan Museum Ullen Sentalu, yang menambah daya tarik museum ini bagi para pengunjung.

Pertama, misteri mengenai asal usul nama “Ullen Sentalu” yang masih belum jelas. Beberapa sumber menyebutkan bahwa nama tersebut diambil dari bahasa Jawa yang berarti “memperdalam nilai-nilai budaya”, namun terdapat juga sumber lain yang menyebutkan bahwa nama tersebut diambil dari bahasa Belanda “Oei Lee San Telo”, yang berarti “tiga rumah di atas bukit”.

Kedua, misteri mengenai koleksi seni dan budaya yang ada di museum ini, yang sebagian besar merupakan milik keluarga kerajaan Yogyakarta dan Surakarta. Beberapa koleksi seni tersebut dianggap sangat langka dan berharga, seperti batik-batik kuno, perhiasan, dan lukisan-lukisan. Namun, terdapat juga koleksi seni yang tidak diketahui asal usulnya dengan jelas, sehingga menimbulkan spekulasi dan misteri bagi pengunjung.

Ketiga, misteri mengenai bangunan dan arsitektur museum yang sangat menarik dan unik. Museum Ullen Sentalu dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Jawa, yang dipadukan dengan konsep modern. Terdapat banyak detail-detail arsitektur yang sangat indah dan artistik, seperti relief-relief dan ukiran-ukiran yang menakjubkan.

Misteri-misteri ini menambah daya tarik Museum Ullen Sentalu bagi para pengunjung, dan membuat museum ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling menarik di Yogyakarta.

Larangan

Beberapa hal yang menjadi larangan di Museum Ullen Sentalu adalah sebagai berikut:

  1. Merokok di dalam area museum.
  2. Makan dan minum di dalam area museum.
  3. Menggunakan kamera dengan flash saat memotret di dalam museum.
  4. Membawa binocular, tas besar, dan barang berbahaya lainnya ke dalam area museum.
  5. Membawa hewan peliharaan ke dalam area museum.
  6. Merusak, mencuri, atau mengganggu koleksi di dalam museum.
  7. Membuat keributan atau berbicara dengan suara keras di dalam area museum yang dapat mengganggu pengunjung lainnya.
  8. Memasuki area museum dengan pakaian yang tidak pantas atau mengenakan pakaian dalam.
  9. Merusak fasilitas dan properti museum.
  10. Tidak mengikuti aturan dan petunjuk yang diberikan oleh petugas museum.
See also  Pantai Watu Lawang: Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Pengunjung diharapkan untuk menghormati aturan dan larangan yang berlaku di Museum Ullen Sentalu agar dapat menjaga keamanan dan kenyamanan bersama selama berkunjung di museum.

Koleksi

Koleksi Museum Ullen Sentalu terdiri dari berbagai jenis seni dan budaya yang berasal dari Kerajaan Kasultanan Yogyakarta dan Pakualaman. Koleksi ini terdiri dari lebih dari 4.000 benda, termasuk lukisan, patung, tekstil, arca, gamelan, dan berbagai artefak budaya lainnya.

Salah satu koleksi paling terkenal di museum ini adalah koleksi batik. memiliki koleksi batik yang sangat kaya dan langka, termasuk beberapa jenis batik kuno dari abad ke-18 dan ke-19. Batik di Indonesia adalah warisan budaya yang sangat penting, dan koleksi memberikan gambaran yang luar biasa tentang sejarah batik di Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu juga memiliki koleksi lukisan kuno, termasuk lukisan-lukisan dari era Kerajaan Mataram dan era kolonial Belanda. Lukisan-lukisan ini sangat penting karena memberikan gambaran yang jelas tentang kehidupan di Yogyakarta selama periode-periode ini. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi patung dan arca yang indah, termasuk beberapa patung dari zaman Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Selain itu, Museum Ullen Sentalu juga memiliki koleksi gamelan yang indah. Gamelan adalah alat musik tradisional yang sangat penting di Jawa, dan koleksi gamelan di museum ini memberikan gambaran yang luar biasa tentang sejarah musik tradisional di Indonesia.

Koleksi tekstil di museum ini juga sangat menarik. Museum Ullen Sentalu memiliki koleksi tekstil kuno yang sangat langka dan indah, termasuk kain batik, songket, dan kain tradisional lainnya. Koleksi tekstil ini memberikan gambaran yang luar biasa tentang sejarah kain tradisional di Yogyakarta.

Keunikan

Museum Ullen Sentalu adalah museum seni dan budaya yang terletak di Kaliurang, Yogyakarta. Museum ini memiliki keunikan karena koleksinya yang terfokus pada kebudayaan Jawa dan keluarga kerajaan di Yogyakarta dan Surakarta.

Beberapa hal yang membuat Museum Ullen Sentalu unik antara lain:

  1. Koleksi yang Langka: memiliki koleksi seni dan budaya yang sangat langka dan berharga, seperti perhiasan, kostum, gamelan, lukisan, dan patung dari era kerajaan Yogyakarta dan Surakarta.
  2. Arsitektur yang Unik: Bangunan memiliki arsitektur yang unik dan indah. Terdapat tiga bangunan utama di dalam kompleks museum, yaitu Gedung Utama, Gedung Tengah, dan Gedung Bawah Tanah.
  3. Konsep Penyajian yang Menarik: menggunakan konsep penyajian yang menarik dan interaktif. Setiap koleksi seni dan budaya dijelaskan dengan detail dan cerita yang menarik, sehingga pengunjung dapat memahami makna dan sejarah di balik setiap artefak.
  4. Lingkungan yang Indah: terletak di daerah yang indah dan alami, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan selama berada di dalam kompleks museum.
  5. Pendidikan dan Penelitian: Selain menjadi tempat wisata, juga digunakan sebagai pusat pendidikan dan penelitian. Museum ini sering menjadi tempat pelatihan dan seminar tentang seni dan budaya Jawa, serta menjadi tempat studi bagi para mahasiswa dan peneliti.

Alamat Akses

Berikut adalah alamat akses Museum Ullen Sentalu:

Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengakses museum ini dengan mengikuti jalan raya Jalan Kaliurang, dan belok kanan di pertigaan sebelum Kaliurang Park. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga Anda sampai.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti taksi atau bus dari Yogyakarta menuju Kaliurang, dan turun di dekat Museum Ullen Sentalu.

Rute

Berikut adalah rute untuk menuju ke Museum Ullen Sentalu dari pusat kota Yogyakarta:

  1. Jika Anda berada di Jalan Malioboro, naiklah taksi atau angkutan umum menuju Terminal Giwangan.
  2. Setelah sampai di Terminal Giwangan, naiklah bus atau angkutan umum menuju Kaliurang.
  3. Setelah sampai di Kaliurang, Anda dapat naik taksi atau ojek yang terletak sekitar 2,5 km dari pusat Kaliurang.
  4. Alternatif lain, jika Anda memiliki kendaraan pribadi, dari pusat kota Yogyakarta, ikuti jalan raya Jalan Kaliurang hingga mencapai Museum Ullen Sentalu di sebelah kiri jalan, sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta.

Pastikan Anda mempersiapkan waktu perjalanan yang cukup karena rute menuju Kaliurang dapat menjadi ramai terutama pada akhir pekan dan liburan.

Aktivitas

Museum ini merupakan museum budaya yang didedikasikan untuk melestarikan dan memamerkan budaya Jawa dan kebudayaan Keraton Yogyakarta.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Museum Ullen Sentalu antara lain:

  1. Menikmati pameran memiliki koleksi seni dan artefak yang unik, seperti batik, pakaian adat, perhiasan, keramik, dan sebagainya. Pengunjung dapat menikmati pameran ini dan mempelajari lebih lanjut tentang budaya Jawa dan kebudayaan Keraton Yogyakarta.
  2. Mengikuti tur juga menyediakan tur yang dipandu oleh pemandu yang ahli dan berpengetahuan luas tentang koleksi museum. Tur ini akan memberikan pengalaman yang lebih mendalam tentang budaya Jawa dan sejarah Keraton Yogyakarta.
  3. Mengikuti workshop juga menyediakan workshop dan kegiatan lainnya, seperti demonstrasi pembuatan batik dan perhiasan tradisional, tari Jawa, dan sebagainya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memperluas pemahaman tentang budaya Jawa.
  4. Bersantai di area taman memiliki taman yang indah dan asri yang cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Taman ini juga memiliki area bermain anak dan fasilitas lainnya.
  5. Makan di restoran juga memiliki restoran yang menyajikan makanan khas Jawa dan hidangan internasional. Restoran ini memiliki pemandangan yang indah dan menawarkan pengalaman bersantap yang unik.
See also  Ulasan Pantai Kukup, Tempat Wisata Favorit di Gunung Kidul

Daya Tarik

Museum Ullen Sentalu memiliki banyak daya tarik bagi pengunjung. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Koleksi seni dan budaya kerajaan Jawa: Museum ini memiliki koleksi seni dan budaya kerajaan Jawa yang sangat kaya dan bervariasi, mulai dari pakaian adat, perhiasan, senjata tradisional, patung-patung, lukisan, dan benda-benda bersejarah lainnya.
  2. Arsitektur bangunan: Bangunan museum ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan khas Jawa. Bangunan ini dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Jawa dengan nuansa modern yang terlihat dari perpaduan bahan bangunan, seperti batu alam, kayu jati, kaca, dan beton.
  3. Ruang pameran yang menarik: memiliki ruang pameran yang menarik dan terorganisir dengan baik. Setiap ruang pameran memiliki tema yang berbeda-beda sehingga pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai aspek kebudayaan Jawa.
  4. Tour guide yang berpengalaman: memiliki tim tour guide yang berpengalaman dan ahli dalam bidang seni dan budaya Jawa. Mereka dapat memberikan informasi dan penjelasan yang detail tentang setiap koleksi dan sejarahnya.
  5. Lokasi yang indah: terletak di kawasan perbukitan dengan pemandangan alam yang indah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang asri dan udara segar yang sejuk di sekitar museum.
  6. Aktivitas interaktif: menyediakan beberapa aktivitas interaktif bagi pengunjung, seperti workshop batik, mengenakan pakaian adat Jawa, dan berfoto dengan latar belakang kerajaan Jawa. Aktivitas-aktivitas ini dapat membuat pengunjung lebih mendalami budaya Jawa.
  7. Cafe yang nyaman: memiliki cafe yang nyaman dan memiliki pemandangan yang indah. Pengunjung dapat menikmati minuman dan makanan ringan sambil menikmati pemandangan yang asri.
  8. Suasana yang tenang: memiliki suasana yang tenang dan damai, cocok untuk mereka yang ingin menenangkan diri dari kepenatan sehari-hari. Pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan santai menikmati keindahan seni dan budaya Jawa.
  9. Lokasi yang strategis: terletak di lokasi yang strategis dan mudah diakses dari berbagai tempat di Yogyakarta. Terdapat juga fasilitas parkir yang luas bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.
  10. Penghargaan museum terbaik: telah meraih berbagai penghargaan sebagai museum terbaik di Indonesia, seperti Museum Terbaik di Indonesia 2013 versi TripAdvisor dan Museum Terbaik Indonesia 2014 versi Indonesian Tourism Awards. Hal ini menunjukkan bahwa museum ini memiliki kualitas dan standar internasional dalam menyajikan koleksi seni dan budaya kerajaan Jawa.

Fasilitas

Museum Ullen Sentalu menyediakan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, antara lain:

  1. Tempat parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pribadi.
  2. Toilet dan fasilitas pencuci tangan yang bersih dan terawat.
  3. Tour guide yang berpengalaman dan ahli dalam bidang seni dan budaya Jawa.
  4. Katalog koleksi museum yang dapat dibeli oleh pengunjung.
  5. Ketersediaan fasilitas penyimpanan tas, jaket, dan barang lainnya yang diizinkan oleh museum.
  6. Cafe yang nyaman dan memiliki pemandangan yang indah.
  7. Aksesibilitas bagi pengunjung difabel, seperti fasilitas ramah difabel dan lift.
  8. Fasilitas pengisian air minum gratis.
  9. Aktivitas interaktif, seperti workshop batik dan mengenakan pakaian adat Jawa.
  10. Souvenir shop yang menjual berbagai produk kerajinan tangan dan benda-benda unik berkaitan dengan seni dan budaya Jawa.
  11. Area parkir untuk bus wisata dan kendaraan besar lainnya.
  12. Wi-Fi gratis.

Dengan adanya fasilitas yang lengkap, pengunjung dapat merasa lebih nyaman dan terlayani dengan baik selama berkunjung ke Museum Ullen Sentalu.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Museum Ullen Sentalu, pengunjung harus membeli tiket masuk yang dapat dibeli di lokasi museum atau melalui website resmi museum. Harga tiket masuk terbaru untuk dewasa adalah Rp 75.000 per orang dan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun adalah Rp 50.000 per orang. Untuk wisatawan asing, harga tiket masuk adalah sebesar USD 15 untuk dewasa dan USD 10 untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Pengunjung juga dapat membeli tiket paket yang mencakup berbagai fasilitas tambahan, seperti tour guide, aktivitas interaktif, dan konsumsi di cafe museum. Harga paket tiket dapat berbeda-beda tergantung pada fasilitas yang disediakan.

Pengunjung dapat membayar tiket masuk menggunakan uang tunai atau kartu kredit. Setelah membeli tiket, pengunjung dapat menikmati semua koleksi dan fasilitas yang tersedia di museum selama jam operasional museum. Jam operasional Museum Ullen Sentalu adalah dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB setiap hari kecuali pada hari Selasa dan tanggal merah nasional.

Penginapan

Terdapat banyak pilihan penginapan yang dapat dipilih oleh pengunjung, mulai dari hotel berbintang hingga guesthouse dengan tarif yang bervariasi.

Beberapa pilihan penginapan di sekitar Museum Ullen Sentalu antara lain:

  1. The Cangkringan Jogja Villas and Spa Alamat: Jl. Raya Merapi Golf, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 5 km
  2. Hyatt Regency Yogyakarta Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 6 km
  3. Joglo Plawang Boutique Villa Alamat: Jl. Kaliurang KM 8,5, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 6 km
  4. Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman Alamat: Jl. Prawirotaman II No.629, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta Jarak sekitar 20 km
  5. ViaVia Jogja Alamat: Jl. Prawirotaman No.30, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta Jarak sekitar 20 km
See also  Review Pantai Sadeng: Surganya Para Pencari Ikan di Gunung Kidul

Pengunjung dapat memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Sebaiknya melakukan reservasi penginapan sebelumnya untuk memastikan ketersediaan kamar dan tarif yang diinginkan.

Tempat Makan

Memiliki cafe yang menyajikan berbagai pilihan menu makanan dan minuman yang lezat dengan nuansa Jawa yang kental. Selain itu, di sekitar museum terdapat berbagai pilihan tempat makan yang dapat dikunjungi oleh pengunjung. Beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Museum Ullen Sentalu antara lain:

  1. Lotus Mio Restaurant Alamat: Jl. Boyong KM. 5,6, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 1 km Menu yang disajikan: masakan Jawa, masakan Indonesia, dan masakan internasional
  2. Bale Raos Alamat: Jl. Magelang KM. 5,3, Kaliurang Utara, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 4 km Menu yang disajikan: masakan tradisional Jawa dan masakan Indonesia
  3. Sate Kambing Gondangdia Alamat: Jl. Gondangdia No.32, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta Jarak sekitar 9 km Menu yang disajikan: sate kambing dan masakan Indonesia
  4. Warung Bu Ageng Alamat: Jl. Pakuningratan No.31, Mantrijeron, Yogyakarta Jarak sekitar 16 km Menu yang disajikan: masakan tradisional Jawa
  5. Gudeg Pawon Alamat: Jl. Janturan No.36, Wijilan, Yogyakarta Jarak sekitar 17 km Menu yang disajikan: gudeg dan masakan tradisional Jawa

Pengunjung dapat memilih tempat makan yang sesuai dengan selera dan budget yang dimiliki. Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, terutama pada tempat makan yang populer, untuk menghindari antrean yang panjang atau kehabisan tempat.

Spot Foto

Museum Ullen Sentalu memiliki banyak spot foto menarik dengan latar belakang bangunan bergaya arsitektur tradisional Jawa yang indah. Beberapa spot foto menarik yang dapat dijadikan pilihan oleh pengunjung antara lain:

  1. Gapura Masuk Gapura masuk museum yang terbuat dari kayu jati dengan ukiran-ukiran yang sangat indah. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang gapura masuk ini.
  2. Area Taman memiliki taman yang asri dengan bunga-bunga yang indah dan pohon-pohon rindang. Area taman ini cocok untuk dijadikan latar belakang foto yang menawan.
  3. Pintu Kuno Di dalam museum terdapat pintu kuno yang terbuat dari kayu jati dengan ukiran-ukiran yang sangat indah. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pintu kuno ini.
  4. Teras museum dengan pemandangan yang indah dan udara segar yang sejuk. Area ini cocok untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.
  5. Ruang Pameran memiliki ruang pameran yang menampilkan berbagai koleksi seni dan artefak dari masa lalu. Ruang pameran ini juga menyediakan banyak spot foto yang menarik dengan latar belakang karya seni dan artefak yang unik.

Pengunjung dapat mengabadikan momen dengan berfoto di berbagai spot menarik di Museum Ullen Sentalu ini. Namun, perlu diingat untuk menghargai kebijakan museum dan tidak mengganggu pengunjung lain dalam pengambilan foto.

Wisata Sekitar

Terdapat banyak destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi di sekitar Museum Ullen Sentalu. Berikut beberapa pilihan wisata yang dapat menjadi alternatif untuk pengunjung:

  1. Kaliurang Kaliurang adalah sebuah kawasan wisata pegunungan yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Terdapat banyak tempat wisata menarik di Kaliurang seperti Kaliadem, Tebing Breksi, dan Air Terjun Kedung Pedut. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dengan melakukan trekking di sekitar kawasan pegunungan Kaliurang.
  2. Candi Prambanan Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kompleks candi ini terdiri dari tiga candi utama yaitu Candi Shiva, Candi Brahma, dan Candi Vishnu. Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur candi dan mengetahui sejarah candi melalui pameran di Museum Candi Prambanan.
  3. Goa Jomblang Goa Jomblang adalah sebuah goa yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan adanya sinar matahari yang masuk melalui lubang di atas goa. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan adventure seperti abseiling dan trekking di sekitar goa.
  4. Malioboro Malioboro adalah sebuah kawasan wisata belanja di pusat kota Yogyakarta yang terkenal dengan jajanan khas Yogyakarta seperti bakpia, gudeg, dan sate klathak. Selain itu, terdapat banyak pusat perbelanjaan dan souvenir yang dapat menjadi pilihan untuk berbelanja oleh pengunjung.
  5. Taman Sari Taman Sari adalah sebuah kompleks bangunan istana yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Kompleks ini dahulunya merupakan tempat mandi dan istirahat keluarga kerajaan Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan dan belajar sejarah tentang kehidupan kerajaan Yogyakarta melalui pameran di Museum Taman Sari.

Demikianlah beberapa destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi di sekitar Museum Ullen Sentalu. Pengunjung dapat memilih destinasi wisata yang sesuai dengan minat dan waktu yang dimiliki.

Review Review Menarik Museum Ullen Sentalu, Wisata Sejarah di Sleman.

Your email address will not be published. Required fields are marked *