Museum Wayang Kekayon Destinasi Wisata Edukasi di Yogyakarta

Museum Wayang Kekayon adalah sebuah museum yang didedikasikan untuk seni pertunjukan tradisional Indonesia yang dikenal dengan nama “wayang”. Wayang adalah bentuk seni boneka tradisional Indonesia yang menggunakan cerita-cerita epik dan mitologi sebagai inspirasi. Museum ini terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan dapat diakses dengan mudah melalui transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Mengenal Berbagai Jenis Wayang di Museum Wayang Kekayon
@dutamuseumdiy

Museum Wayang Kekayon adalah sebuah museum yang didedikasikan untuk melestarikan seni wayang, yaitu seni tradisional Indonesia yang menggunakan boneka kayu atau kulit sebagai media peragaannya. Museum ini berlokasi di daerah Bantul, Yogyakarta, dan didirikan pada tahun 2010.

Nama “Kekayon” dalam Museum Wayang Kekayon merujuk pada salah satu tokoh dalam pertunjukan wayang kulit, yaitu Ki Kekayon. Ki Kekayon adalah seorang dalang (pemimpin pertunjukan wayang kulit) legendaris yang berasal dari Jawa Tengah. Dia dianggap sebagai simbol keberanian dan kebijaksanaan, dan oleh karena itu sering diabadikan dalam pertunjukan wayang kulit.

Museum Wayang Kekayon memiliki koleksi yang cukup lengkap, termasuk berbagai macam jenis boneka wayang dari seluruh Indonesia, mulai dari wayang kulit, wayang golek, hingga wayang klitik. Museum ini juga memiliki berbagai macam perlengkapan pertunjukan wayang, seperti gamelan, kelir, dan layar.

Museum Wayang Kekayon menyimpan lebih dari 5.000 koleksi wayang dari berbagai jenis dan wilayah di Indonesia. Koleksi wayang ini meliputi wayang kulit, wayang golek, wayang beber, dan wayang klitik. Selain itu, museum juga menyimpan berbagai macam aksesoris wayang seperti kereta kencana, topeng, dan kostum wayang.

Salah satu daya tarik utama dari Museum Wayang Kekayon adalah koleksi wayangnya yang sangat lengkap dan beragam. Koleksi wayang ini mencakup berbagai jenis wayang dari berbagai wilayah di Indonesia, termasuk wayang dari Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Selain itu, museum ini juga memiliki ruang pameran yang menampilkan sejarah dan perkembangan seni wayang di Indonesia.

Museum Wayang Kekayon juga menyediakan berbagai fasilitas untuk para pengunjung, seperti area parkir yang luas, toko suvenir, dan kafe. Selain itu, museum ini juga sering mengadakan berbagai acara dan pertunjukan wayang yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Selain koleksi tetap, Museum Wayang Kekayon juga sering mengadakan pameran dan pertunjukan wayang, baik yang dilakukan oleh dalang lokal maupun dari luar negeri. Museum ini juga menyelenggarakan berbagai macam kegiatan edukatif, seperti workshop pembuatan boneka wayang dan kursus tari Jawa.

Secara keseluruhan, Museum Wayang Kekayon adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi mereka yang tertarik dengan seni pertunjukan tradisional Indonesia. Museum ini menawarkan pengalaman yang edukatif dan memikat, serta menjadi pusat pengembangan dan pemeliharaan seni wayang di Indonesia.

Sejarah

Museum Wayang Kekayon didirikan pada tahun 2011 oleh seorang pengusaha bernama H. Wiharsono. Awalnya, koleksi wayang yang dimiliki oleh H. Wiharsono disimpan di kediamannya yang terletak di kawasan Bantul, Yogyakarta. Namun, seiring dengan semakin banyaknya koleksi yang dimilikinya, ia memutuskan untuk membangun sebuah museum yang khusus didedikasikan untuk seni wayang.

Nama “Kekayon” diambil dari salah satu tokoh dalam cerita wayang, yaitu Kekayon yang merupakan seorang panglima perang dalam cerita Ramayana. Kekayon digambarkan sebagai tokoh yang berwibawa, kuat, dan cerdik, sehingga menjadi simbol dari kekuatan dan kebijaksanaan dalam seni wayang.

Sejak dibuka untuk umum, Museum Wayang Kekayon telah menjadi tempat yang sangat populer bagi para pecinta seni wayang dan para wisatawan yang ingin mengetahui lebih banyak tentang seni tradisional Indonesia. Museum ini juga telah berhasil mempromosikan dan melestarikan seni wayang Indonesia, sehingga masyarakat luas dapat lebih menghargai kekayaan seni dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Sebagai tambahan, Museum Wayang Kekayon juga telah menjadi tempat pelatihan bagi para seniman wayang Indonesia yang ingin mengembangkan keterampilan mereka dalam membuat dan memainkan wayang. Melalui program pelatihan dan workshop, museum ini telah membantu meningkatkan kualitas seni wayang di Indonesia dan menjaga keberlanjutan dari seni tradisional yang sangat berharga ini.

Koleksi

Museum Wayang Kekayon memiliki koleksi yang cukup lengkap dan beragam, terutama dalam hal boneka wayang dari seluruh Indonesia. Beberapa jenis koleksi yang bisa ditemukan di Museum Wayang Kekayon adalah:

  1. Wayang Kulit: koleksi boneka wayang kulit yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, dan Lombok. Koleksi ini terdiri dari berbagai jenis tokoh wayang, seperti Pandawa dan Kurawa, Rama dan Sinta, Arjuna, Gatotkaca, dan masih banyak lagi.
  2. Wayang Golek: koleksi boneka wayang golek yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sunda, Cirebon, dan Jawa Tengah. Wayang golek adalah jenis wayang yang dibuat dari kayu dengan bentuk tiga dimensi dan tangan bisa digerakkan.
  3. Wayang Klitik: koleksi boneka wayang klitik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Madura, Bali, dan Jawa Timur. Wayang klitik adalah jenis wayang yang dibuat dari kayu dengan bentuk datar, dan memiliki sistem peragaan yang cukup unik.
  4. Kelir: koleksi kelir atau kain layar yang digunakan sebagai latar belakang dalam pertunjukan wayang kulit.
  5. Gamelan: koleksi alat musik gamelan yang digunakan dalam pertunjukan wayang.

Selain koleksi tetap, Museum Wayang Kekayon juga sering mengadakan pameran khusus untuk menampilkan koleksi-koleksi yang baru, serta pertunjukan wayang yang dilakukan oleh dalang lokal maupun dari luar negeri.

Alamat Akses

Museum Wayang Kekayon berlokasi di Jl. Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55197. Berikut adalah beberapa opsi akses untuk menuju ke Museum Wayang Kekayon:

  1. Kendaraan pribadi: dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Dari pusat Kota Yogyakarta, pengunjung dapat menuju ke selatan menggunakan jalan raya Jogja-Wonosari hingga mencapai Baturetno. berada di sebelah kiri jalan raya, dan terdapat area parkir yang cukup luas di depan museum.
  2. Taksi atau ojek online: Pengunjung juga dapat menggunakan jasa taksi atau ojek online. Sebelum memesan jasa taksi atau ojek online, pastikan untuk memberikan alamat lengkap Jl. Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55197 agar pengemudi dapat mencari alamat dengan mudah.
  3. Angkutan umum: Pengunjung juga dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau mikrolet yang menuju ke Bantul. Setelah tiba di Bantul, pengunjung dapat menggunakan ojek atau taksi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang akses ke Museum Wayang Kekayon, pengunjung dapat menghubungi pihak museum atau mencari informasi di situs web resmi museum.

Rute

Berikut adalah beberapa rute yang dapat ditempuh untuk menuju ke Museum Wayang Kekayon:

  1. Dari Pusat Kota Yogyakarta: Dari pusat kota Yogyakarta, pengunjung dapat menuju ke selatan menggunakan jalan raya Jogja-Wonosari hingga mencapai Baturetno. berada di sebelah kiri jalan raya, dan terdapat area parkir yang cukup luas di depan museum.
  2. Dari Stasiun Tugu: Dari Stasiun Tugu Yogyakarta, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota (trans Jogja) atau taksi. Untuk menggunakan angkutan kota, pengunjung dapat naik jalur 3A atau 4A dan turun di halte Janti. Dari halte Janti, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau taksi.
  3. Dari Terminal Giwangan: Dari Terminal Giwangan, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota (trans Jogja) atau taksi . Untuk menggunakan angkutan kota, pengunjung dapat naik jalur 2A dan turun di halte Janti. Dari halte Janti, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau taksi.
  4. Dari Bandara Internasional Yogyakarta: Dari Bandara Internasional Yogyakarta, pengunjung dapat menggunakan taksi atau ojek online. Pastikan untuk memberikan alamat lengkap Jl. Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55197 agar pengemudi dapat mencari alamat dengan mudah.

Harap diperhatikan bahwa rute dan transportasi di atas mungkin dapat berubah tergantung pada kondisi lalu lintas atau perubahan jadwal angkutan umum. Oleh karena itu, sebaiknya cek terlebih dahulu informasi terkini sebelum melakukan perjalanan ke Museum Wayang Kekayon.

Aktivitas

Menawarkan berbagai macam aktivitas dan pengalaman bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dinikmati di Museum Wayang Kekayon:

  1. Melihat koleksi wayang – memiliki lebih dari 5.000 koleksi wayang dari berbagai jenis dan wilayah di Indonesia. Pengunjung dapat melihat koleksi wayang ini dari dekat dan mempelajari lebih banyak tentang sejarah dan asal-usul seni wayang.
  2. Mengikuti tur museum – menyediakan tur museum dengan pemandu yang akan menjelaskan lebih detail tentang koleksi-koleksi yang ada di museum.
  3. Menonton pertunjukan wayang – seringkali menyelenggarakan pertunjukan wayang yang dibawakan oleh para seniman wayang terbaik dari seluruh Indonesia. Pengunjung dapat menonton pertunjukan ini dan menikmati keindahan dari seni wayang.
  4. Membuat wayang – menyediakan workshop untuk membuat wayang, dimana pengunjung dapat belajar membuat wayang dari bahan-bahan tradisional seperti kulit kerbau atau kayu. Workshop ini sangat cocok untuk anak-anak atau keluarga yang ingin mencoba pengalaman baru.
  5. Membeli souvenir – memiliki toko suvenir yang menjual berbagai macam souvenir seperti wayang miniatur, topeng, dan kaos dengan desain wayang. Souvenir ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau kenang-kenangan.
  6. Menikmati hidangan khas Indonesia di kafe museum – juga memiliki kafe yang menyajikan hidangan khas Indonesia, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan atau minuman sambil menikmati suasana yang unik di museum.

Dengan berbagai macam aktivitas dan pengalaman yang ditawarkan, Museum Wayang Kekayon sangat cocok untuk dikunjungi oleh siapa saja yang ingin mengetahui lebih dalam tentang seni wayang dan kebudayaan Indonesia secara umum.

Daya Tarik

Menawarkan banyak daya tarik bagi pengunjung yang tertarik dengan budaya dan seni tradisional Jawa. Berikut adalah beberapa daya tarik dari Museum Wayang Kekayon:

  1. Koleksi wayang yang lengkap: memiliki koleksi wayang yang lengkap, termasuk wayang kulit, wayang golek, dan wayang orang. Koleksi wayang di museum ini mencakup berbagai jenis tokoh, mulai dari pewayangan seperti Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong hingga tokoh-tokoh dalam cerita Ramayana dan Mahabharata.
  2. Seni pertunjukan wayang yang autentik: juga menawarkan pertunjukan wayang kulit yang autentik dengan dalang asli. Pertunjukan ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati seni tradisional Jawa secara langsung dan mengalami atmosfer yang khas dari pertunjukan wayang.
  3. Lingkungan museum yang asri: terletak di lingkungan yang asri dan damai, di antara perbukitan dan sawah yang subur. Hal ini menambah keindahan dan ketenangan dari pengalaman mengunjungi museum ini.
  4. Kegiatan edukatif: juga menawarkan kegiatan edukatif untuk pengunjung, termasuk lokakarya pembuatan wayang dan pelatihan menabuh gamelan. Kegiatan-kegiatan ini memberikan pengalaman yang mendalam tentang budaya dan seni tradisional Jawa.
  5. Fasilitas yang memadai: memiliki fasilitas yang memadai, termasuk area parkir yang luas, toko suvenir, dan kafe. Museum ini juga memiliki staf yang ramah dan terampil yang siap membantu pengunjung dengan segala kebutuhan mereka.

Secara keseluruhan, Museum Wayang Kekayon menawarkan pengalaman yang menarik dan mendalam tentang budaya dan seni tradisional Jawa. Museum ini cocok untuk dikunjungi oleh siapa saja yang tertarik dengan sejarah, seni, dan budaya Indonesia.

Fasilitas

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan pengunjung dalam menikmati pengalaman berkunjung ke museum. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Museum Wayang Kekayon:

  1. Area parkir: menyediakan area parkir yang cukup luas untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Area parkir ini cukup aman dan terjaga dengan baik.
  2. Toko suvenir: Memiliki toko suvenir yang menjual berbagai jenis barang dan pernak-pernik yang terkait dengan wayang dan seni tradisional Jawa. Pengunjung dapat membeli wayang miniatur, lukisan, kerajinan tangan, dan lain-lain sebagai kenang-kenangan.
  3. Kafe: memiliki kafe yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman. Kafe ini menyediakan tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung untuk bersantai dan menikmati hidangan.
  4. Area bermain: memiliki area bermain untuk anak-anak yang dilengkapi dengan berbagai jenis mainan. Area bermain ini sangat cocok bagi keluarga yang ingin berkunjung bersama anak-anak.
  5. Toilet: memiliki toilet yang bersih dan terawat dengan baik. Toilet ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti air bersih, sabun, dan kertas toilet.
  6. Aksesibilitas: juga memiliki aksesibilitas yang baik bagi pengunjung dengan berbagai kebutuhan khusus, seperti pengunjung dengan kursi roda. Museum ini dilengkapi dengan ram dan lift untuk memudahkan akses bagi pengunjung yang membutuhkan.

Fasilitas yang tersedia di Museum Wayang Kekayon memudahkan pengunjung untuk menikmati pengalaman berkunjung ke museum dengan nyaman dan menyenangkan. Semua fasilitas tersebut dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dan menjadikan pengalaman berkunjung lebih berkesan.

Tiket Masuk

Untuk masuk, pengunjung harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Berikut adalah informasi mengenai harga tiket masuk Museum Wayang Kekayon:

  1. Dewasa: Rp 30.000/orang
  2. Anak-anak (usia 3-12 tahun): Rp 20.000/orang
  3. Pelajar/mahasiswa (dengan menunjukkan kartu pelajar/mahasiswa): Rp 25.000/orang

Pengunjung juga dapat membeli tiket masuk dengan paket keluarga yang terdiri dari 2 dewasa dan 2 anak-anak dengan harga Rp 80.000.

Harga tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga disarankan untuk memeriksa informasi terbaru mengenai harga tiket sebelum mengunjungi museum. Tiket masuk Museum Wayang Kekayon dapat dibeli di loket tiket yang tersedia di depan pintu masuk museum.

Penginapan

Terdapat beberapa pilihan akomodasi yang dapat ditemukan di sekitar area Museum Wayang Kekayon, baik itu hotel, homestay, atau hostel. Berikut adalah beberapa pilihan akomodasi yang dapat dijadikan referensi:

  1. OYO 1719 YKTP Residence (1,8 km dari museum) Alamat: Jl. Wonosari KM.6,5 No.223, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta Telp: +62 813-2892-0422
  2. OYO 1959 Family Guesthouse (2,3 km dari museum) Alamat: Jl. Piyungan, Piyungan, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta Telp: +62 813-2847-6636
  3. Wijaya Homestay (4,7 km dari museum) Alamat: Jl. Wijaya II No.22, RT.4/RW.4, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta Telp: +62 878-3829-3829
  4. Hotel Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta (10,3 km dari museum) Alamat: Jl. Dagen No.60-64, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta Telp: +62 274-566888
  5. Hotel Santika Premiere Jogja (11,7 km dari museum) Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.19, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta Telp: +62 274-6415555

Pilihan akomodasi tersebut memiliki jarak yang cukup dekat dengan Museum Wayang Kekayon dan dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Selain itu, pengunjung dapat memilih akomodasi sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang terletak dekat dengan Museum Wayang Kekayon:

  1. The Alana Hotel and Convention Center Yogyakarta – hotel bintang 4 yang terletak sekitar 6 km. Hotel ini memiliki fasilitas kolam renang, spa, restoran, dan bar.
  2. Prima In Hotel Malioboro Yogyakarta – hotel bintang 2 yang terletak sekitar 9 km. Hotel ini memiliki fasilitas kamar yang nyaman, restoran, dan akses Wi-Fi gratis.
  3. The Rich Jogja Hotel – hotel bintang 3 yang terletak sekitar 8 km. Hotel ini memiliki fasilitas kolam renang, restoran, dan kamar yang dilengkapi dengan AC, TV, dan kamar mandi dalam.
  4. Cakra Kusuma Hotel – hotel bintang 3 yang terletak sekitar 8 km. Hotel ini memiliki fasilitas kamar yang nyaman, restoran, dan akses Wi-Fi gratis.
  5. Greenhost Boutique Hotel – hotel bintang 3 yang terletak sekitar 10 km. Hotel ini memiliki fasilitas kolam renang, spa, restoran, dan kamar yang dilengkapi dengan AC, TV, dan kamar mandi dalam.

Hotel-hotel tersebut merupakan pilihan yang baik untuk pengunjung yang ingin menginap dekat dengan Museum Wayang Kekayon. Namun, terdapat juga banyak pilihan hotel lain yang terletak di sekitar area tersebut yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.

Tempat Makan

Berikut adalah beberapa pilihan tempat makan di sekitar Museum Wayang Kekayon yang dapat dijadikan referensi untuk pengunjung:

  1. Warung Kopi Klotok Alamat: Jl. Kembang Raya No. 19, Sumberadi, Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta Jam buka: Senin-Minggu, 09.00-22.00 Menu unggulan: Kopi, mie godog, bakso, dan nasi goreng
  2. Depot Setiawan Alamat: Jl. Wonosari KM. 6,8, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta Jam buka: Senin-Minggu, 10.00-22.00 Menu unggulan: Sate klathak, gudeg, ayam goreng, dan soto
  3. Sate Pak Turut Alamat: Jl. Selokan Mataram, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta Jam buka: Senin-Minggu, 11.00-23.00 Menu unggulan: Sate kambing, sate sapi, sate ayam, dan nasi goreng
  4. Ayam Goreng Mbah Cemplung Alamat: Jl. Piyungan-Banguntapan No. 2, Piyungan, Kec. Piyungan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta Jam buka: Senin-Minggu, 10.00-21.00 Menu unggulan: Ayam goreng, tahu tempe goreng, dan sambal korek
  5. Restoran Sederhana Alamat: Jl. Mayor Sunaryo No. 65, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta Jam buka: Senin-Minggu, 09.00-22.00 Menu unggulan: Nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dan es kelapa muda

Pilihan tempat makan tersebut dapat dijangkau dengan mudah dari Museum Wayang Kekayon dan menyajikan berbagai jenis masakan lokal yang dapat memanjakan lidah pengunjung. Selain itu, pilihan harga juga cukup bervariasi sehingga pengunjung dapat memilih tempat makan sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Spot Foto

Berikut adalah beberapa spot foto menarik yang dapat ditemukan di Museum Wayang Kekayon:

  1. Patung Wayang Kekayon Terletak di depan museum, patung wayang Kekayon menjadi spot foto yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Patung ini menggambarkan sosok Kekayon yang merupakan salah satu tokoh dalam cerita pewayangan Jawa.
  2. Diorama Pewayangan Di dalam museum terdapat beberapa diorama yang menggambarkan cerita pewayangan Jawa. Diorama tersebut dilengkapi dengan pencahayaan dan detail yang cukup baik sehingga menjadi spot foto yang menarik.
  3. Wayang Kulit Asli memiliki koleksi wayang kulit asli yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pengunjung dapat mengambil foto dengan background wayang kulit asli yang memiliki detail yang sangat cantik.
  4. Aksesoris Pewayangan Selain koleksi wayang kulit, museum juga memiliki berbagai aksesoris pewayangan seperti topeng, keris, dan baju kostum. Pengunjung dapat mengambil foto dengan menggunakan aksesoris tersebut.
  5. Taman Miniatur Pewayangan Di halaman museum terdapat taman miniatur pewayangan yang menggambarkan beberapa cerita pewayangan seperti Ramayana, Mahabarata, dan Jaka Tarub. Taman ini dilengkapi dengan patung miniatur wayang dan lanskap yang menarik sehingga menjadi spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

Semua spot foto tersebut dapat menjadi pilihan yang menarik untuk diabadikan selama berkunjung ke Museum Wayang Kekayon. Pastikan untuk memperhatikan aturan dan regulasi dari pihak museum terkait pengambilan foto.

Wisata Sekitar

Berikut adalah beberapa tempat wisata menarik di sekitar Museum Wayang Kekayon:

  1. Goa Pindul Goa Pindul merupakan objek wisata yang sangat terkenal di Jogja dan berjarak sekitar 30 km. Di sana pengunjung dapat menyusuri sungai bawah tanah dengan menggunakan ban atau tubing sambil menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang sangat menakjubkan.
  2. Candi Prambanan Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu warisan budaya dunia yang diakui UNESCO. Candi ini berjarak sekitar 25 km dan memiliki arsitektur yang sangat indah.
  3. Pantai Parangtritis Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai terkenal di Jogja yang memiliki pesona keindahan pantai dan juga legenda yang cukup menarik. Pantai ini berjarak sekitar 40 km.
  4. Air Terjun Sri Gethuk Air Terjun Sri Gethuk terletak di daerah Gunungkidul, Yogyakarta dan berjarak sekitar 45 km. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan dan pengunjung dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya.
  5. Taman Sari Taman Sari merupakan sebuah kompleks bangunan istana yang dulunya merupakan tempat untuk beristirahat dan bersantai bagi keluarga kerajaan Jogja. Taman ini berjarak sekitar 15 km dan memiliki bangunan-bangunan yang indah dan eksotik.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi di sekitar Museum Wayang Kekayon. Pastikan untuk memperhatikan jadwal operasional dan tiket masuk dari masing-masing tempat wisata yang ingin dikunjungi.