Nangkula Park: Eksplorasi Seni dan Keajaiban Taman Rekreasi di Tulungagung

Nangkula Park, sebuah taman rekreasi dan sarana olahraga yang terletak di Tulungagung, menjadi oase yang indah di tengah sawah-sawah yang luas di Desa Kendalbulur. Meskipun berdekatan langsung dengan pesona pedesaan, taman ini melampaui kesan ‘desa’. Pengunjung dapat menikmati pengalaman serba-serbi wisata selfie, nikmatnya kuliner, rekreasi keluarga, hingga kegiatan olahraga yang penuh semangat—semuanya dalam satu lokasi.

Bagi pelancong yang ingin berlibur dengan biaya terjangkau, Nangkula Park membuktikan diri sebagai destinasi yang istimewa. Jangan salah sangka, meskipun harganya terjangkau, tempat ini menawarkan beragam wahana rekreasi. Dengan latar belakang keindahan alam dan suasana tradisional, taman ini juga memperkenalkan sisi wisata edukasi. Mulai dari patung Soekarno hingga berbagai karya seni tradisional, pengalaman budaya di sini memikat dan mendidik. Yang menarik, biaya masuknya hanya Rp2.000,00, menjadikan tempat ini ramah di kantong semua orang.

Tulungagung, yang dikenal sebagai kota seribu warung kopi, ternyata memiliki daya tarik lainnya. Dengan tempat wisata seperti Nangkula Park, kota ini menawarkan lebih dari sekadar kuliner. Kota ini membuka diri dengan atraksi edukatif, dan Nangkula Park hanya sebagian kecil dari potensi besar yang ditawarkan. Dengan berbagai keajaiban alam menanti untuk dijelajahi, Tulungagung memanggil sebagai destinasi yang multiaspek, menjanjikan perpaduan harmonis antara pengayaan budaya dan keindahan alam bagi pelancong yang cerdas.

Harga Tiket Masuk Nangkula Park

Harga tiket masuk ke Nangkula Park tergolong sangat terjangkau, memudahkan pengunjung untuk menikmati semua fasilitas yang ditawarkan. Berikut adalah detail tarif tiket masuk dan jam operasional Nangkula Park:

Harga Tiket Masuk:

  • Tiket Masuk Dewasa: Rp5.000
  • Tiket Masuk Anak: Rp2.000

Catatan: Biaya tiket tersebut belum termasuk tiket kendaraan.

Jam Buka: Nangkula Park terbuka untuk umum setiap hari dengan jam operasional yang panjang, memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menyesuaikan waktu kunjungan mereka. Adapun jam operasionalnya sebagai berikut:

Senin – Jumat:

  • Jam 09.00 – 21.00 WIB

Sabtu – Minggu:

  • Jam 07.00 – 21.00 WIB

Taman rekreasi ini memperlihatkan keberagaman jam operasional, dimulai lebih awal pada akhir pekan, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati suasana pagi yang segar. Namun, perlu diperhatikan bahwa Nangkula Park cenderung ramai, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Oleh karena itu, disarankan untuk merencanakan kunjungan dengan baik, terutama pada momen-momen khusus seperti hari libur nasional seperti Idul Fitri.

Alamat Rute Lokasi

Alamat Nangkula Park: Dusun Rongganan, Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, 66235, Indonesia.

Lokasinya hanya sekitar 15 menit perjalanan ke arah selatan dari Aloon-Aloon Tulungagung. Pengunjung dapat memilih rute melalui Jalan Raya Waung atau Jalan Ki Mangun Sarkoro yang melewati Jembatan Boyolangu. Lokasinya sangat mudah diakses karena berada tepat di pinggir jalan raya.

Rute Lokasi: Untuk mencapai Nangkula Park dari Aloon-Aloon Tulungagung, Anda dapat mengikuti petunjuk berikut:

  1. Dari Aloon-Aloon Tulungagung, arahkan kendaraan ke selatan.
  2. Pilih rute melalui Jalan Raya Waung atau Jalan Ki Mangun Sarkoro yang melewati Jembatan Boyolangu.
  3. Ikuti petunjuk jalan menuju Dusun Rongganan, Desa Kendalbulur.
  4. Nangkula Park berada di seberang jalan raya masuk Dusun Rongganan.

Taman wisata ini berada di seberang jalan raya masuk Dusun Rongganan, memberikan kemudahan akses untuk para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi. Baik menggunakan mobil maupun motor, perjalanan menuju Nangkula Park dijamin mudah dilalui.

Dengan rute yang sederhana dan akses yang mudah, tidak ada alasan untuk ragu mengunjungi Nangkula Park. Selain menikmati keindahan alam dan beragam fasilitas yang ditawarkan, perjalanan menuju tempat ini juga memberikan kesempatan untuk mencari oleh-oleh khas Jawa Timur yang dapat dinikmati selama perjalanan.

Daya Tarik

Tempat wisata yang hanya berjarak satu jam dari Pantai Sine ini menawarkan keindahan yang asri dan kesederhanaan yang memikat. Awalnya merupakan sebuah lapangan desa, kini tempat wisata ini telah mengalami transformasi luar biasa berkat inisiatif dari pemerintah Desa Kendalbulur.

Pada awalnya, lapangan desa yang ada di sekitar Pantai Sine menjadi sumber inspirasi bagi pemerintah desa dan warganya. Mereka melihat potensi luar biasa yang dimiliki tempat tersebut untuk menarik perhatian wisatawan dari luar daerah. Tanpa ragu, pemerintah desa memutuskan untuk membangun dan mengembangkan area tersebut menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik.

Proyek pembangunan ini mencapai puncaknya dengan peresmian tempat wisata pada bulan Juli tahun 2020 lalu. Sejak saat itu, tempat ini menjadi magnet bagi pengunjung yang mencari keindahan alam yang tenang dan suasana yang sederhana namun menenangkan.

Seiring dengan perkembangannya, tempat wisata ini menunjukkan perhatian serius terhadap pemeliharaan lingkungan. Meskipun beberapa tempat wisata serupa mungkin kurang terawat, terutama jika biaya masuknya terjangkau, tempat ini memberikan pengalaman yang berbeda. Pemerintah desa beserta warga setempat berkomitmen untuk merawat semua tanaman dan fasilitas dengan baik, menciptakan lingkungan yang indah dan terawat untuk dinikmati oleh para pengunjung. Hal ini mencerminkan upaya bersama untuk menjaga keberlanjutan dan keindahan tempat wisata ini, memberikan dampak positif bagi pariwisata lokal.

Wahana Menarik

Wisata kini tidak hanya menjadi eksklusivitas kota-kota besar atau destinasi terkenal. Semakin banyak daerah kecil yang mulai mengembangkan potensi wisata dari kekayaan alamnya sendiri. Fenomena ini terlihat jelas di Nangkula Park, yang berdiri megah di Tulungagung, Jawa Timur.

Taman rekreasi ini merupakan hasil dari inisiatif pembangunan pariwisata yang berfokus pada potensi alam desa. Sejak diresmikan pada tahun 2020, tempat rekreasi ini telah menarik perhatian yang signifikan, menjadi pusat perhatian wisata lokal. Nangkula Park membuktikan bahwa pesona alam yang dipadukan dengan fasilitas rekreasi modern dapat menjadi daya tarik utama, bahkan di daerah yang relatif kecil.

Uniknya, nama “Nangkula” memiliki makna tersendiri. Gabungan dari ‘Anang’, ‘kuliner’, dan ‘lapangan’, mencerminkan elemen-elemen utama yang ditawarkan oleh tempat ini. ‘Lapangan’ merujuk pada fasilitas olahraga yang menjadi salah satu daya tarik utama. Di sini, pengunjung dapat menikmati kegiatan rekreasi modern di tengah keindahan alam desa. ‘Kuliner’ menandakan peran tempat ini sebagai wadah untuk menikmati kuliner lokal, menambah pengalaman wisata yang lengkap dan autentik. Sementara itu, ‘Anang’ adalah nama kepala desa yang memberikan dorongan dan mengusulkan proyek destinasi wisata ini, menjadi sosok sentral dalam pencapaian kesuksesan Nangkula Park.

Dengan demikian, Nangkula Park tidak hanya menjadi tempat rekreasi biasa, tetapi juga mewakili kreativitas dan kerjasama antara pemerintah desa dan masyarakat setempat dalam menggali potensi wisata yang ada di daerah kecil mereka.

Taman Bunga Celosia

Saat melangkah masuk ke dalam kawasan taman, wisatawan disambut oleh hamparan Bunga Celosia yang memukau. Bunga ‘Jengger Ayam’ dengan warna merah dan kuning dipilih sebagai elemen dekoratif utama di pintu masuk, menambah keindahan taman ini. Bunga Celosia, yang umumnya tumbuh subur di tanah Jawa, menjadi salah satu daya tarik utama yang mempercantik suasana di taman wisata ini.

Di sekitar luar taman, deretan lampion berbentuk bunga tulip dengan berbagai warna menarik mata pengunjung. Sementara itu, lampion berbentuk burung garuda yang dilengkapi dengan simbol-simbol Pancasila di bagian dadanya menyambut pengunjung di pintu masuk. Saat malam tiba, cahaya lembut dari lampion-lampion ini menambah keajaiban visual dan memperindah suasana taman.

Taman Bunga Celosia ini diatur dengan serangkaian gazebo kayu di kedua sisinya, menciptakan tempat-tempat teduh yang nyaman. Jalan setapak yang melintasi area taman menjadi pemandangan menarik yang membagi taman menjadi dua bagian. Jalur setapak ini mengarahkan langkah pengunjung menuju sebuah monumen yang menjadi salah satu daya tarik utama di Nangkula Park.

Monumen yang memikat ini berbentuk keris raksasa dan diberi nama Keris Jangkung Mangkurat. Monumen ini bukan hanya sekadar elemen dekoratif, melainkan juga menjadi ikon utama Nangkula Park. Di balik keberadaannya, tersemat filosofi yang mendalam—Keris Jangkung Mangkurat mewakili peran Nangkula Park sebagai pengayom masyarakat. Dengan begitu, taman ini tidak hanya menawarkan keindahan visual melalui tanaman dan dekorasi, tetapi juga mengandung makna simbolis yang memperkaya pengalaman wisata pengunjungnya.

Rekreasi & Olahraga

Fasilitas utama di taman rekreasi ini secara khusus difokuskan pada lapangan olahraga yang terletak di pusat area. Lapangan ini terbuka untuk digunakan oleh para wisatawan, menawarkan kesempatan bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam berbagai aktivitas olahraga. Tersedia juga jogging track untuk pengunjung yang ingin menikmati kebugaran tubuh sambil menikmati keindahan sekitar. Suasana kegiatan olahraga ini menjadi lebih istimewa karena dikelilingi oleh taman yang indah dan spot-spot selfie yang menarik.

Sebagai pelengkap, taman rekreasi ini menawarkan sejumlah wahana permainan untuk memperkaya pengalaman wisatawan. Saat ini, berbagai wahana seperti istana balon, bianglala, kereta, hingga sepeda air sudah tersedia. Kehadiran wahana-wahana ini memberikan nuansa rekreasi yang seru dan mengingatkan pada suasana pasar malam. Keberagaman pilihan wahana memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk merasakan berbagai bentuk hiburan yang sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing.

Malam hari di taman ini semakin mempesona berkat cahaya dari lampion-lampion cantik yang menghiasi sekitarnya. Keberadaan lampion-lampion ini menambah kesan magis dan meriah pada suasana taman, menciptakan pengalaman rekreasi yang tak terlupakan. Dengan begitu, Nangkula Park menjadi destinasi yang menawarkan kombinasi unik antara kegiatan olahraga, rekreasi keluarga, dan hiburan malam yang menarik bagi pengunjung dari berbagai kalangan.

Spot Foto

Selain menawarkan deretan lampion dan hamparan Bunga Celosia yang memukau, Nangkula Park juga menonjolkan sejumlah spot foto yang dirancang secara kreatif. Instalasi-instalasi kreatif ini tersebar mulai dari pintu masuk hingga sekitar lapangan, memberikan pengunjung banyak pilihan untuk mengabadikan momen-momen indah mereka.

Spot foto yang paling diminati adalah area lampion, terutama saat malam tiba. Cahaya lembut dari lampion-lampion ini menciptakan suasana yang magis dan menawan, menjadi primadona untuk berfoto di malam hari. Sementara itu, di siang hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar Nangkula Park, yang terletak di tanah lapang dengan sawah dan ladang di sekelilingnya.

Di sekitar pinggir lapangan, terdapat kursi dan ayunan dalam berbagai bentuk. Area ini dirancang untuk memberikan pengunjung kesempatan untuk bersantai, menikmati semilir angin, dan sekaligus berfoto sepuasnya. Keberadaan spot ini menambah nuansa kehangatan dan kebersamaan di tengah keindahan alam Nangkula Park.

Selain itu, terdapat instalasi kreatif lainnya seperti perahu dan balon udara bernama Balon Larasati yang menghiasi taman. Spot-spot ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk berfoto, tetapi juga menambah daya tarik visual taman, menciptakan pengalaman yang lebih berkesan bagi para pengunjung. Dengan berbagai spot foto yang menarik, Nangkula Park menjelma menjadi destinasi yang cocok bagi para pecinta seni dan mereka yang ingin mengabadikan momen seru selama berkunjung.

Wisata Seni Tradisional

Meskipun memiliki jumlah terbatas, Nangkula Park menyimpan beberapa artefak seni tradisional yang dapat memperluas wawasan pengunjung, termasuk anak-anak. Saat pertama kali memasuki area, pengunjung disambut oleh restoran dan beberapa tempat lain yang dirancang dengan gaya gubuk. Meskipun tampak sederhana karena terbuat dari bambu dan anyaman kayu, tempat-tempat ini justru menambah kesan tradisional dan alami bagi seluruh tempat wisata.

Seiring melangkah lebih dalam, pengunjung akan menemui patung Ir. Soekarno yang berdiri gagah di depan restoran. Tak jauh dari situ, terdapat lukisan 3D “Urip Iku Urup” dan sebuah dakon berukuran besar. Dakon, permainan tradisional yang berasal dari kebudayaan timur tengah kuno dan diadopsi oleh Keraton, menjadi elemen menarik untuk memperkenalkan kebudayaan tradisional kepada generasi muda yang mungkin kurang familiar dengan permainan ini di era teknologi modern.

Tempat ini juga memilih monumen senjata tradisional sebagai ikonnya. Keris Jangkung Mangkurat menjadi sentral sebagai simbol perlindungan dan pengayoman, berdiri gagah di tengah-tengah taman wisata. Pengunjung dapat menikmati keindahan dan kekuatan filosofis yang terkandung dalam senjata tradisional ini.

Bagian belakang tempat wisata ini menyajikan lebih banyak elemen seni tradisional, termasuk replika candi dan rumah joglo. Rumah joglo ini, dengan kursi-kursi nyaman di tengah-tengah sawah, memberikan pengunjung kesempatan untuk duduk santai dan menikmati suasana pedesaan yang autentik, sesuatu yang mungkin sulit ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yang modern. Ini memberikan pengalaman yang lebih mendalam tentang kekayaan budaya dan tradisional Indonesia.

Fasilitas

Nangkula Park tidak hanya menawarkan keindahan alam dan elemen seni tradisional, tetapi juga didukung oleh fasilitas yang sangat lengkap dan memadai, menciptakan pengalaman wisata yang nyaman dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa fasilitas pendukung yang tersedia di Nangkula Park:

  1. Area Parkir:
    • Terdapat area parkir yang cukup luas, memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
  2. Toilet:
    • Fasilitas toilet yang memadai, memastikan kenyamanan pengunjung selama kunjungan mereka.
  3. Musala:
    • Adanya musala memberikan fasilitas tempat ibadah bagi pengunjung yang membutuhkannya.
  4. Foodcourt:
    • Area foodcourt menyediakan berbagai pilihan kuliner, memungkinkan pengunjung untuk menikmati berbagai hidangan lokal dan suasana bersantap yang menyenangkan.
  5. Spot Foto:
    • Berbagai spot foto menarik dan Instagramable tersebar di seluruh taman, memungkinkan pengunjung untuk mengabadikan momen-momen indah mereka.
  6. Lapangan Olahraga:
    • Lapangan olahraga di tengah taman memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas olahraga.
  7. Ruangan VIP:
    • Tersedia ruangan VIP yang dapat disewa, menawarkan fasilitas eksklusif dan kenyamanan bagi pengunjung yang menginginkan pengalaman yang lebih privat.
  8. Wahana Permainan:
    • Berbagai wahana permainan seperti istana balon, bianglala, kereta, dan sepeda air, menambah keseruan dan variasi pengalaman rekreasi.
  9. Taman Bunga:
    • Taman bunga menjadi daya tarik tersendiri dengan keindahan dan keanekaragaman tanaman hias yang disajikan.
  10. Monumen Keris:
    • Monumen Keris Jangkung Mangkurat sebagai ikon utama, memberikan elemen seni dan filosofi yang mendalam.
  11. Joglo Limas, Jembatan Merah, dan KIP Line:
    • Berbagai elemen arsitektur tradisional seperti joglo limas, jembatan merah, dan KIP Line memberikan nuansa khas Indonesia dan menambah keunikan tempat ini.

Dengan fasilitas yang lengkap dan beragam, Nangkula Park memberikan pengalaman wisata yang holistik dan memuaskan bagi pengunjung dari berbagai kalangan.

Wisata Kuliner

Kegiatan wisata dan rekreasi tak lengkap tanpa kehadiran kuliner yang memikat lidah. Nangkula Park memahami hal ini dengan menyediakan beragam pilihan makanan dan minuman di seluruh area taman. Bahkan, pengunjung langsung disambut oleh deretan kios makanan dan minuman ringan sejak di pintu masuk.

Selain kios-kios yang tersedia di sepanjang jalan, berbagai kuliner juga dapat dinikmati di foodcourt yang menjadi salah satu pusat kuliner di taman ini. Foodcourt bukan hanya menyediakan hidangan lezat, tetapi juga menjadi wadah untuk memperkenalkan produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dari Desa Kendalbulur. Pengunjung berkesempatan mencicipi berbagai cita rasa khas Kendalbulur dengan harga yang terjangkau.

Gazebo yang tersedia di taman ini memberikan pengunjung tempat yang nyaman untuk bersantap. Selain itu, bangku-bangku dengan payung juga tersebar di berbagai penjuru taman, memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menikmati makanan dan minuman di bawah sinar matahari. Spot favorit terletak di area duduk di sekitar ruang VIP, yang terletak tepat di tengah sawah. Dengan suasana yang adem dan menyejukkan, pengunjung dapat menikmati waktu bersantap sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Dengan demikian, Nangkula Park bukan hanya menawarkan pengalaman wisata yang visual, tetapi juga memanjakan selera pengunjung dengan ragam kuliner khas dan suasana bersantap yang nyaman. Ini membuat taman ini menjadi destinasi yang lengkap untuk wisatawan yang menginginkan pengalaman wisata yang holistik.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna saat berkunjung ke Nangkula Park:

  1. Waktu Berkunjung:
    • Pilih waktu berkunjung yang sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda ingin menikmati suasana malam hari dengan lampion-lampion yang indah, kunjungan malam hari mungkin lebih cocok. Namun, jika Anda ingin menikmati keindahan taman dan suasana sekitar, kunjungan siang hari bisa menjadi pilihan.
  2. Kenakan Pakaian Nyaman:
    • Kenakan pakaian yang nyaman, terutama jika Anda berencana untuk berolahraga atau beraktivitas di lapangan olahraga. Pastikan juga membawa jaket atau pakaian hangat jika Anda berkunjung pada malam hari.
  3. Bawa Perlengkapan Fotografi:
    • Jangan lupa membawa kamera atau ponsel pintar untuk mengabadikan momen-momen indah di Nangkula Park. Spot-spot foto yang menarik dan instalasi seni kreatif dapat menjadi kenangan yang berharga.
  4. Cek Cuaca:
    • Periksa perkiraan cuaca sebelum berkunjung. Ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri dengan benar, terutama jika cuaca berpotensi berubah.
  5. Bawa Uang Tunai:
    • Meskipun banyak tempat menerima pembayaran dengan kartu, tetapi selalu lebih baik membawa uang tunai sebagai cadangan, terutama jika Anda berencana membeli makanan atau suvenir.
  6. Perhatikan Jam Operasional:
    • Pastikan untuk memeriksa jam operasional Nangkula Park sebelumnya. Ini membantu Anda mengatur waktu kunjungan Anda dan memastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk menikmati semua fasilitas.
  7. Ajak Keluarga atau Teman:
    • Nangkula Park adalah tempat yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Ajaklah orang-orang terdekat Anda untuk berbagi pengalaman seru ini.
  8. Hormati Aturan Tempat:
    • Selalu patuhi peraturan dan aturan yang berlaku di Nangkula Park untuk menjaga kenyamanan bersama dan kelestarian lingkungan.

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan Anda dapat menikmati kunjungan Anda ke Nangkula Park dengan lebih baik.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News