41 Review Menarik Pantai Amed Spot Diving Favorit Di Bali

Pantai Amed merupakan salah satu objek wisata yang menarik di Bali Timur. Pantai ini masih tergolong tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh banyak orang. Keindahan pantai yang masih alami dan belum terjamah membuatnya menjadi daya tarik bagi wisatawan, terutama bagi para penyelam. Terkenal sebagai lokasi diving favorit di Bali. Wisatawan mancanegara sangat tertarik dengan kegiatan snorkeling dan diving di pantai ini. Keindahan bawah laut diakui sebagai surga dunia bawah laut Bali. Bagi mereka yang belum mengenal Indonesia, Pantai Amed adalah destinasi yang harus dikunjungi untuk melihat keindahan bawah laut yang luar biasa.

Pantai Amed Karangasem
Pantai Amed Karangasem

Selain itu, juga telah mengalami pertumbuhan yang pesat sebagai destinasi pariwisata di Kabupaten Karangasem. Pada awalnya, pantai ini lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, tetapi sekarang semakin diminati oleh wisatawan domestik dan penduduk setempat yang ingin menikmati suasana alam yang berbeda pada akhir pekan. Fenomena ini menandakan perkembangan yang signifikan bagi Amed sebagai kawasan tujuan wisata yang semakin populer dan mendapatkan perhatian yang lebih luas.

Daya tarik objek wisata di sekitar Pantai Amed sangat beragam, membuatnya menjadi tujuan wisata wajib di kawasan pariwisata Bali Timur. Keindahan pantai yang alami, kegiatan snorkeling dan diving yang menarik, serta suasana alam yang menenangkan adalah beberapa faktor yang membuat semakin diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Alamat Lengkap Akses Rute

Alamat lengkap dan akses rute ke Pantai Amed adalah sebagai berikut:

Pantai Amed terletak di Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Untuk mencapai Pantai Amed, terdapat beberapa rute yang dapat diakses:

Rute Dari Bandara Ngurah Rai Bali

Terletak sekitar 98 kilometer dari Bandara Ngurah Rai, Bali. Perjalanan dari Bandara Ngurah Rai ke Pantai Amed membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam. Perlu diingat bahwa jarak ini dapat bervariasi tergantung pada lalu lintas dan kondisi jalan. Selama perjalanan, Anda akan melewati jalan berkelok-liku yang merupakan ciri khas wilayah tersebut.

Tdak ada angkutan umum langsung dari Bandara Ngurah Rai ke daerah Amed Karangasem. Oleh karena itu, menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil adalah pilihan transportasi terbaik.

Jika Anda hanya membawa ransel, menggunakan sepeda motor bisa menjadi opsi yang nyaman. Anda dapat mencari jasa sewa sepeda motor di Bali melalui Google yang menyediakan pengiriman sepeda motor ke bandara. Namun, pastikan Anda memiliki lisensi mengemudi yang valid dan memahami aturan lalu lintas di Bali.

Jika Anda membawa koper besar, Anda dapat mengatur penjemputan di bandara melalui hotel tempat Anda menginap. Harga penjemputan di bandara dapat ditanyakan langsung ke hotel.

Taksi juga merupakan opsi, meskipun bisa menjadi pilihan yang lebih mahal. Anda dapat menemukan taksi di gerbang keluar terminal kedatangan bandara.

Namun, pilihan transportasi terbaik adalah menyewa mobil dengan sopir dan bahan bakar di Bali. Menemukan penyedia sewa mobil dengan sopir di Bali cukup mudah melalui pencarian Google dengan kata kunci “sewa mobil sopir bbm murah di Bali”. Dengan menggunakan layanan sewa mobil seperti itu, Anda dapat memiliki kenyamanan dan kemudahan dalam perjalanan menuju Amed dari Bandara Ngurah Rai.

Rute Dari Ubud

Jika Anda berangkat dari objek wisata Ubud Monkey Forest menuju Pantai Amed di Karangasem, waktu perjalanan yang diperlukan sekitar 2 jam 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 72 kilometer. Harap diingat bahwa waktu perjalanan dapat berbeda tergantung pada lalu lintas dan kondisi jalan saat itu. Selama perjalanan, Anda akan melewati daerah yang luas dengan pemandangan yang indah di sekitar Ubud sebelum mencapai destinasi akhir Anda.

Jika menggunakan transportasi umum, disarankan untuk mengambil bus dari Terminal Denpasar menuju Terminal Batuluban. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan kendaraan lain menuju Amlapura. Setibanya di Amlapura, Anda dapat menggunakan angkot menuju kawasan Amed. Waktu perjalanan total sekitar 45 menit. Transportasi umum di Bali biasanya ramah dan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi wisatawan.

Bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, jarak perjalanan dari Kota Denpasar sekitar 78 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Disarankan untuk menggunakan aplikasi peta yang tersedia di smartphone karena jalan menuju Pantai Amed memiliki banyak tikungan dan sedikit sulit dijangkau.

Dari Pantai Amed Ke Kepulauan Gili

Untuk perjalanan menuju pulau Gili Trawangan di Lombok, Anda dapat mencari penyedia kapal cepat di Pelabuhan Padang Bai. Anda dapat menggunakan mesin pencari Google untuk mencari penyedia jasa fast boat ke Gili Trawangan dari Padang Bai. Salah satu perusahaan kapal cepat yang populer adalah Eka Jaya Fast Boat.

Pastikan Anda memesan tiket Eka Jaya Fast Boat dan juga transportasi penjemputan di hotel Anda. Harga tiket Eka Jaya Fast Boat sekitar Rp 350.000 per orang untuk rute satu arah. Sedangkan harga penjemputan ke Pelabuhan Padang Bai sekitar Rp 350.000 per mobil.

Dengan mengatur transportasi dan tiket kapal cepat sebelumnya, Anda dapat memastikan perjalanan yang lancar dan nyaman dari Amed ke pulau Gili Trawangan.


Harga sewa mobil di Bali dengan supir dan bahan bakar dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil yang Anda pilih dan lamanya waktu penyewaan. Namun, sebagai referensi, berikut adalah perkiraan harga sewa mobil Avanza plus supir di Bali + BBM untuk perjalanan dari Bandara Ngurah Rai menuju Amed Karangasem:

  • Sewa mobil Avanza plus supir di Bali + BBM (one way): Sekitar Rp 650.000

Perlu dicatat bahwa harga sewa mobil dapat berbeda tergantung pada musim, waktu penyewaan, dan negosiasi dengan penyedia jasa sewa mobil. Jadi, pastikan untuk menghubungi beberapa penyedia sewa mobil di Bali untuk mendapatkan penawaran terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin menggunakan mobil Toyota Innova Reborn, harga sewa mobil kemungkinan akan lebih tinggi. Untuk mengetahui harga sewa Toyota Innova Reborn di Bali dengan supir dan bahan bakar, disarankan untuk menghubungi penyedia jasa sewa mobil yang dapat memberikan informasi yang lebih akurat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perlu diingat bahwa harga sewa mobil di Bali dapat berbeda antara satu penyedia dengan yang lain. Penting untuk melakukan penelitian dan membandingkan harga serta layanan yang ditawarkan sebelum memutuskan sewa mobil di Bali.

Setelah tiba di Pantai Amed Karangasem, Anda akan membutuhkan sarana transportasi untuk menjelajahi daerah tersebut. Akses jalan menuju Desa Amed Karangasem dapat dilalui dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Pilihan transportasi terbaik selama liburan adalah menggunakan sepeda motor. Menemukan penyedia jasa sewa sepeda motor sangatlah mudah, karena banyaknya penyedia jasa sewa motor yang tersedia di sepanjang jalan di kawasan Pantai Amed Karangasem. Harga sewa motor bervariasi, dengan kisaran sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per motor untuk sewa selama 24 jam.

Dengan menggunakan sepeda motor, Anda akan memiliki fleksibilitas yang lebih besar untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitar Amed, seperti pantai-pantai indah, tempat menyelam, dan objek wisata lainnya. Namun, pastikan Anda memiliki lisensi mengemudi yang valid dan memahami aturan lalu lintas di Bali sebelum menggunakan sepeda motor.

Selain menggunakan sepeda motor, Anda juga dapat menggunakan taksi atau ojek daring (seperti Grab atau Gojek) sebagai alternatif transportasi. Namun, perlu diingat bahwa ketersediaan taksi mungkin terbatas di daerah ini, terutama di luar jam sibuk. Jadi, pastikan Anda mengatur transportasi sebelumnya atau mengecek ketersediaan taksi atau ojek daring di daerah tersebut.

Fasilitas

Pantai Amed Karangasem menyediakan fasilitas umum yang memadai untuk para wisatawan. Di sana, Anda dapat menemukan area makan yang menyajikan berbagai pilihan kuliner untuk memenuhi kebutuhan makan Anda selama berkunjung. Selain itu, tersedia juga tempat penyewaan peralatan menyelam, memudahkan Anda yang ingin melakukan aktivitas menyelam di perairan sekitar pantai.

Bagi para wisatawan yang ingin menginap, terdapat banyak pilihan penginapan di sekitar Pantai Amed Karangasem. Anda dapat menemukan berbagai macam akomodasi mulai dari hotel murah yang terkenal di Bali hingga resort mewah dengan fasilitas lengkap. Kualitas dan fasilitas penginapan di daerah ini tidak kalah dengan tempat-tempat lain di Bali.

Selain itu, untuk membeli oleh-oleh atau souvenir khas Bali, Anda juga tidak perlu khawatir. Terdapat banyak toko souvenir di sekitar kawasan pantai ini yang menawarkan beragam produk khas Bali yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Kuliner

Di sekitar kawasan Pantai Amed, Anda akan menemukan beragam pilihan kuliner dan penginapan yang menarik. Berikut beberapa informasi mengenai kuliner dan penginapan:

  1. Warung Tradisional: Terdapat warung-warung tradisional yang menyajikan makanan tradisional Bali dan juga menu western. Anda dapat menikmati hidangan lezat dengan harga yang terjangkau, mulai dari sekitar 50 ribu rupiah. Rasanya yang enak dan cita rasanya yang khas akan memuaskan lidah Anda.
  2. Restoran dengan Cita Rasa Menyenangkan: Ada beberapa restoran di sekitar kawasan ini yang menawarkan cita rasa yang memukau. Anda dapat menemukan berbagai macam hidangan internasional dan lokal yang lezat. Rasanya yang nikmat akan membuat Anda ingin terus mencicipi hidangan mereka.

Tempat Makan

Di kawasan Pantai Amed Karangasem, Anda akan menemukan bahwa mencari tempat makan sangatlah mudah. Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar warung makan lebih cenderung menyajikan masakan Barat daripada masakan lokal. Jika Anda tidak terbiasa dengan masakan Barat, Anda dapat meminta pelayan di tempat makan untuk menyajikan masakan Indonesia khusus untuk Anda.

Sebagian besar tempat makan berupa warung dengan harga makanan yang terjangkau. Kisaran harga makanan biasanya berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 50.000 per porsi. Namun, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, Anda juga dapat menemukan beberapa restoran di kawasan Pantai Amed jika Anda mencari pengalaman makan yang lebih formal.

Selama berada di Pantai Amed, disarankan untuk mencoba makanan laut segar yang merupakan spesialisasi kawasan ini. Anda dapat menikmati hidangan ikan atau makanan laut lainnya dengan cita rasa lezat yang dipersiapkan dengan cara khas Bali. Selain itu, jangan lewatkan pula untuk mencicipi hidangan tradisional Indonesia lainnya yang tersedia di beberapa tempat makan.

Dalam mencari tempat makan, Anda dapat bertanya kepada penduduk setempat atau staf di tempat Anda menginap untuk rekomendasi tempat makan yang populer dan memiliki masakan yang sesuai dengan selera Anda.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Amed Karangasem memang sangat terjangkau. Untuk masuk ke pantai ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp5.000,00. Dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam pantai ini.

Namun, jika Anda ingin menyewa peralatan snorkeling atau diving, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp50.000,00. Biaya ini untuk menyewa peralatan yang diperlukan agar Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling atau diving di perairan sekitar Pantai Amed.

Selain itu, untuk parkir kendaraan, terdapat tarif yang berlaku. Untuk parkir motor, biayanya sekitar Rp3.000,00, sedangkan untuk parkir mobil, biayanya sekitar Rp10.000,00.

Pastikan Anda menyiapkan uang tunai dengan nominal yang sesuai untuk membayar tiket masuk, sewa peralatan, dan parkir kendaraan saat mengunjungi Pantai Amed Karangasem. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memperoleh informasi terbaru sebelum pergi ke pantai ini.

Sejarah

Sejarah Pantai Amed tidak dapat dipastikan dengan akurat, namun terdapat beberapa legenda dan cerita yang berkaitan dengan asal-usul pantai ini. Sebuah legenda lokal mengatakan bahwa nama “Amed” berasal dari kata dalam bahasa Bali yang berarti “tidak bosan” atau “sangat menyenangkan”, menunjukkan betapa menariknya pantai ini bagi penduduk setempat dan wisatawan.

Dalam sejarahnya, Pantai Amed juga memiliki hubungan dengan penjajahan Belanda di Bali. Dikatakan bahwa Belanda pernah membangun pelabuhan internasional, yang menarik kapal-kapal dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan negara-negara seperti Singapura dan Hong Kong. Hal ini membuat nama Amed semakin dikenal, baik di dalam maupun di luar negeri. Namun, pelabuhan tersebut akhirnya menghilang tanpa bekas, dan hanya sisa-sisa area bea cukai yang masih dapat ditemukan.

Pantai Amed juga memiliki nilai spiritual dan budaya yang penting bagi masyarakat Hindu di sekitarnya. Tempat ini digunakan untuk berbagai upacara keagamaan, seperti upacara Dewa Yadnya, melasti ngiring Ida Betara, dan upacara Ngaben. Masyarakat Hindu setempat juga sering mengunjungi Pantai Amed pada hari Kajeng Kliwon untuk melukat, yaitu membersihkan diri secara fisik dan spiritual.

Selain itu, seiring waktu, Pantai Amed telah berkembang menjadi destinasi wisata yang populer di Bali Timur. Keindahan alamnya, kegiatan snorkeling dan menyelam, serta keberadaan akomodasi dan restoran telah menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Meskipun sejarah yang pasti mengenai Pantai Amed mungkin sulit ditelusuri, pesona alamnya, kehidupan bawah laut yang memukau, dan nilai budaya yang terkait dengannya menjadikannya tujuan wisata yang menarik di Pulau Bali.

Larangan Dan Aturan

Ketika mengunjungi Pantai Amed atau destinasi wisata lainnya, penting untuk mematuhi larangan dan aturan yang berlaku. Berikut adalah beberapa larangan umum dan aturan yang perlu diingat:

  1. Jaga Kebersihan: Selalu menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya. Hindari membuang sampah sembarangan di pantai atau di laut.
  2. Larangan Merusak Terumbu Karang: Terumbu karang adalah ekosistem yang sensitif dan penting. Dilarang untuk merusak atau mengambil terumbu karang. Hindari menyentuh, menginjak, atau merusak terumbu karang dengan apa pun.
  3. Larangan Mengganggu Satwa Laut: Jangan mengganggu atau mengusik satwa laut seperti ikan, penyu, atau biota laut lainnya. Hindari memberi makan ikan atau mencoba menangkapnya secara tidak etis.
  4. Patuhi Tanda-tanda dan Petunjuk: Ikuti tanda-tanda dan petunjuk yang terpasang di pantai. Mereka memberikan informasi tentang larangan khusus, keamanan, atau aturan yang harus diikuti.
  5. Tidak Membawa Barang Terlarang: Pastikan Anda tidak membawa barang terlarang seperti senjata, narkoba, atau benda-benda ilegal lainnya ke pantai atau dalam perjalanan wisata.
  6. Hindari Kerusakan Lingkungan: Jaga kelestarian lingkungan sekitar. Hindari merusak tanaman, mengambil flora atau fauna yang dilindungi, atau melakukan tindakan yang dapat merusak ekosistem.
  7. Patuhi Aturan Penyelaman: Jika Anda ingin melakukan penyelaman, patuhi aturan dan panduan yang diberikan oleh penyelam profesional atau penyedia layanan penyelaman. Pastikan Anda memiliki izin, pengalaman yang memadai, dan mengikuti langkah-langkah keamanan yang ditentukan.
  8. Menghormati Budaya dan Tradisi Lokal: Jaga sopan santun dan hormati budaya serta tradisi lokal. Ikuti adat istiadat yang berlaku di tempat wisata tersebut.
  9. Tidak Mengganggu Ketentraman Pengunjung Lain: Hindari melakukan tindakan yang mengganggu ketentraman pengunjung lain. Jaga suara dan kebersihan di sekitar Anda.
  10. Patuhi Peraturan Lalu Lintas: Jika Anda berkendara atau menggunakan transportasi umum, patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Gunakan helm jika berkendara sepeda motor dan patuhi rambu-rambu lalu lintas.
See also  Petualangan Seru di Keramas Park, Destinasi Wisata Outbond Terbaik di Bali

Selalu penting untuk mematuhi larangan dan aturan yang berlaku agar dapat menikmati wisata dengan aman dan menghargai lingkungan serta komunitas setempat.

Aktivitas

Objek wisata sekitar Amed serta seputaran Bali Timur
Objek wisata sekitar Amed serta seputaran Bali Timur

Pantai di Amed terkenal dengan pasir hitamnya yang unik. Perbedaan warna pasir memberikan daya tarik yang menarik bagi para wisatawan. Pantai pasir hitam menambah keindahan alamnya yang khas.

Seperti yang Anda sebutkan, daya tarik utama terletak pada keindahan pemandangan bawah lautnya. Dengan air yang jernih dan kehidupan laut yang beragam, Pantai Amed menjadi tempat yang populer untuk aktivitas snorkeling dan menyelam. Anda dapat mengeksplorasi terumbu karang yang indah, melihat ikan-ikan tropis yang berwarna-warni, serta menemukan kehidupan laut lainnya yang menakjubkan.

Pemandangan bawah laut yang menakjubkan menjadi daya tarik bagi para penggemar snorkeling dan menyelam, baik bagi pemula maupun bagi mereka yang memiliki pengalaman lebih dalam dalam olahraga tersebut. Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di sekitar pantai atau bergabung dengan tur penyelaman yang dipandu oleh instruktur berlisensi untuk mendapatkan pengalaman yang lebih terarah dan aman.

Freediving

Freediving merupakan aktivitas penyelaman bawah air yang mengandalkan kemampuan menahan napas untuk mendapatkan oksigen. Dalam freediving, penyelam tidak menggunakan peralatan pernapasan seperti selam tradisional, melainkan mengandalkan kapasitas paru-paru mereka sendiri.

Pantai Tulamben dan Pantai Amed di Bali terkenal sebagai destinasi freediving yang populer. Setiap hari, banyak penyelam freediving datang ke daerah ini untuk menikmati pengalaman menyelam. Salah satu lokasi freediving yang terkenal adalah Teluk Jemeluk, yang memiliki arus laut yang relatif tenang dan dinding karang yang dalam.

Di Tulamben dan Amed, terdapat banyak sekolah freediving yang menawarkan pelatihan dan kursus untuk berbagai tingkatan, mulai dari pemula hingga tingkat mahir. Salah satu perusahaan yang terkenal untuk pelatihan freediving adalah Apneista Freediving.

Apneista Freediving adalah salah satu pelopor dalam penyediaan pelatihan freediving. Mereka memiliki fasilitas pelatihan yang memadai dan menawarkan kursus untuk semua tingkatan, mulai dari pemula hingga tingkat mahir. Jika Anda tertarik untuk memulai atau meningkatkan kemampuan freediving Anda, Anda dapat menghubungi Apneista Freediving atau sekolah freediving lainnya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pelatihan yang mereka tawarkan.

Japanese Ship Wreck

Bangkai kapal Jepang yang tenggelam ribuan tahun yang lalu di Pantai Amed memang menjadi salah satu daya tarik utama bagi para penyelam. Lokasi ini menawarkan pengalaman diving yang memukau dengan pemandangan karang-karang yang tumbuh di sekitar bangkai kapal, serta beragam kehidupan laut yang bersemayam di sana.

Para penyelam dapat menjelajahi bangkai kapal tersebut dan melihat bagaimana alam telah mengambil alih kapal yang pernah menjadi saksi sejarah. Keberadaan karang, spons, dan makhluk laut lainnya yang hidup di sekitar bangkai kapal menciptakan suasana yang magis dan memukau di bawah permukaan laut.

Panduan profesional sangat dianjurkan bagi para penyelam yang ingin mengunjungi lokasi ini. Mereka akan memberikan arahan yang tepat dan memastikan keselamatan selama penyelaman. Selain itu, mereka juga dapat memberikan informasi mengenai sejarah kapal tersebut serta memberi tahu tentang kehidupan laut yang menarik di sekitarnya.

Bagi para penggemar diving, menjelajahi bangkai kapal Jepang di Pantai Amed adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Anda akan terpesona dengan keunikan dan keindahan bawah laut yang ditawarkan, serta merasakan sentuhan sejarah yang mendalam. Selalu pastikan untuk mengikuti aturan keselamatan dan menghormati lingkungan saat menjelajahi lokasi ini.

Jemeluk Bay

Jemeluk Bay di Pantai Amed menawarkan pengalaman menyelam yang menakjubkan dengan pemandangan pura terendam dan kehidupan bawah laut yang beragam. Di kedalaman sekitar 5 hingga 25 meter, Anda akan menemukan pura-pura yang terkubur di bawah permukaan laut, menciptakan suasana spiritual yang unik di dalam air.

Pura-pura tersebut menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis ikan dan makhluk laut lainnya. Anda akan melihat ikan-ikan berenang di sekitar pura, mencari makanan atau bersembunyi di antara reruntuhan. Udang, kepiting, penyu, dan kuda laut juga dapat ditemui di lokasi ini, menambah keindahan dan keunikan pengalaman menyelam Anda.

Selain itu, Jemeluk Bay juga menjadi rumah bagi hiu ujung putih. Menyelam di titik diving bawah laut Pantai Amed memberi Anda kesempatan langka untuk melihat hiu ujung putih secara langsung. Meskipun hiu ini cenderung tidak berbahaya bagi manusia, tetap diperlukan kehati-hatian dan mengikuti panduan dari instruktur atau pemandu menyelam yang berpengalaman.

Dengan keindahan pura terendam, kehidupan laut yang beragam, dan kesempatan melihat hiu ujung putih, Jemeluk Bay menjadi tujuan menyelam yang populer di Bali. Selalu pastikan Anda memiliki lisensi dan pengalaman yang memadai dalam menyelam, serta menghormati lingkungan laut dan makhluk-makhluk yang ada di dalamnya.

Bunutan

Bunutan adalah salah satu titik diving favorit di Pantai Amed dengan kedalaman antara 10 hingga 40 meter. Di sini, Anda akan menyaksikan fenomena menakjubkan yaitu ribuan belut yang bermunculan dari pasir dasar laut. Pemandangan ini sangat mengagumkan dan menjadi daya tarik utama bagi para penyelam.

Selain belut, Anda akan menemui berbagai jenis ikan yang hidup di perairan Bunutan. Tuna, kuda laut, dan Giant Trevally adalah contoh beberapa spesies ikan yang dapat Anda lihat saat menyelam di area ini. Keberagaman ikan-ikan ini menambah keindahan dan keunikan pengalaman diving Anda.

Selain itu, Bunutan juga merupakan tempat di mana Anda dapat melihat beberapa spesies hiu berenang di sekitar area menyelam. Menyaksikan hiu di habitat alaminya adalah pengalaman yang mengagumkan dan menarik bagi para penyelam.

Namun, perlu diingat bahwa saat berinteraksi dengan makhluk laut, penting untuk menghormati dan menjaga jarak yang aman. Hindari mengganggu atau mengancam hiu dan hewan lainnya, dan ikuti panduan dari instruktur atau pemandu menyelam yang berpengalaman.

Bunutan menawarkan pengalaman menyelam yang memikat dengan kehadiran ribuan belut, keindahan ikan-ikan yang beragam, dan kesempatan melihat hiu. Pastikan Anda memiliki lisensi dan keterampilan menyelam yang memadai sebelum menjelajahi area ini, serta selalu mematuhi prinsip-prinsip keselamatan dan konservasi lingkungan laut.

Di kedalaman sekitar 50 meter di sekitar Pantai Amed, Anda akan menemukan taman karang yang indah dan berwarna-warni. Kumpulan karang ini menciptakan ekosistem yang kaya dan menjadi rumah bagi berbagai spesies hewan laut.

Anda akan menjumpai beragam jenis karang seperti karang batu, karang api, dan karang bulu yang tumbuh subur dan memberikan pemandangan yang menakjubkan. Karang-karang ini memberikan tempat berlindung bagi berbagai spesies hewan laut, seperti anemon laut yang menarik dengan tentakelnya yang berwarna-warni, kuda laut yang menggemaskan, dan berbagai jenis ikan kecil yang berenang di antara terumbu karang.

Taman karang ini merupakan habitat yang penting bagi kehidupan bawah laut, karena memberikan makanan, tempat bersembunyi, dan tempat berkembang biak bagi berbagai organisme laut. Keindahan dan keragaman karang membuatnya menjadi tujuan menyelam yang sangat menarik bagi para penyelam dan pecinta kehidupan bawah laut.

Penting untuk menjaga kelestarian dan kebersihan taman karang ini dengan tidak merusak atau menyentuh karang serta mengikuti prinsip-prinsip penyelaman bertanggung jawab. Dengan menjaga ekosistem karang yang sehat, kita dapat terus menikmati keindahan alam bawah laut yang menakjubkan dan menjaga keberlanjutannya bagi generasi mendatang.

Pyramids

Pyramids merupakan salah satu titik diving yang terkenal di Pantai Amed. Untuk mencapai Pyramids, Anda perlu menggunakan kapal dari Pantai Jemeluk. Di sini, Anda akan menemukan situs menyelam yang menakjubkan dengan beragam kehidupan bawah laut yang memukau.

Di bawah laut Pantai Amed, Anda dapat menjumpai berbagai spesies kura-kura, napoleon wrasse, hiu, dan beragam jenis ikan lainnya. Keindahan dan keanekaragaman hayati yang ada di area ini akan memikat para penyelam. Pyramids menawarkan pengalaman diving yang luar biasa dengan pemandangan yang spektakuler.

Selain Pyramids, ada juga titik diving lainnya yang patut dijelajahi, seperti Jetty Cliff dan Gili Selang. Setiap titik diving memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Para penyelam akan menemukan pengalaman yang berbeda di setiap lokasi, tergantung pada kondisi perairan, terumbu karang, dan kehidupan laut yang ada di sekitarnya.

Pengalaman menyelam memberikan kesempatan untuk menjelajahi keindahan bawah laut Bali Timur, melihat keanekaragaman hayati yang menakjubkan, dan menikmati panorama bawah laut yang spektakuler. Pastikan Anda memiliki keterampilan menyelam yang memadai dan mengikuti panduan dari instruktur atau pemandu yang berpengalaman untuk menjelajahi setiap titik diving dengan aman dan bertanggung jawab.

Snorkeling

Menawarkan banyak lokasi snorkeling yang menarik. Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk snorkeling di sepanjang pantai Amed:

  1. Garis pantai di depan Kembali Beach Bungalows: Anda dapat langsung snorkeling di depan area Kembali Beach Bungalows. Airnya jernih dan terumbu karangnya indah.
  2. Teluk Jemeluk: Teluk Jemeluk merupakan salah satu lokasi yang populer untuk snorkeling. Anda akan menemukan terumbu karang yang indah dan kehidupan laut yang beragam di sini.
  3. Pantai Lipah Amed: Pantai Lipah terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Snorkeling di sini akan memungkinkan Anda melihat ikan berwarna-warni dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.
  4. Pantai Selang Amed: Pantai Selang juga merupakan tempat yang bagus untuk snorkeling. Anda dapat menemukan terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan di perairan sekitarnya.

Untuk kegiatan snorkeling, disarankan untuk membawa peralatan snorkeling sendiri. Namun, jika Anda tidak memiliki peralatan snorkeling, Anda dapat menyewanya di Pantai Amed dengan mudah.

Selama snorkeling, ingatlah untuk menjaga kelestarian lingkungan bawah laut. Jangan menyentuh atau merusak terumbu karang, dan hindari menggunakan tabir surya yang berbahaya bagi ekosistem terumbu karang. Nikmati keindahan bawah laut Pantai Amed dengan bertanggung jawab.

Menyelam

Menawarkan pengalaman menyelam yang luar biasa dengan keindahan bawah lautnya yang kaya. Berikut adalah beberapa informasi tambahan tentang menyelam di Amed:

  1. Kapal Jepang yang Karam: Kerangka kapal patroli Jepang yang karam selama Perang Dunia II menjadi daya tarik utama bagi penyelam. Lokasi ini terletak di desa Banyuning dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan terumbu karang yang indah dan kehidupan laut yang beragam.
  2. Kursus Scuba Diving: Jika Anda belum memiliki lisensi scuba diving, Anda dapat mengikuti kursus scuba diving di Bali. Banyak pusat penyelaman dan sekitarnya yang menawarkan berbagai kursus, mulai dari pemula hingga tingkat lanjutan. Dengan lisensi scuba diving, Anda dapat menjelajahi berbagai lokasi menyelam di sekitar Pantai Amed.
  3. Basis Scuba Diving: Juga merupakan basis yang strategis bagi para penyelam yang ingin menjelajahi lokasi menyelam terdekat, seperti Tulamben, Padang Bai, Candidasa, Nusa Penida, dan Nusa Lembongan. Dengan tinggal di Pantai Amed, Anda dapat dengan mudah mengatur perjalanan menyelam ke lokasi-lokasi menarik ini.

Sebelum melakukan penyelaman, pastikan Anda mengikuti panduan dan prosedur keselamatan yang disediakan oleh penyedia penyelaman dan memperhatikan kondisi cuaca dan arus laut. Keselamatan Anda adalah yang utama ketika menjelajahi keindahan bawah laut Pantai Amed.

Aktivitas intro scuba dive di pantai Tanjung Benoa merupakan pilihan yang bagus bagi wisatawan yang ingin mencoba menyelam namun tidak memiliki lisensi scuba diving. Berikut beberapa informasi tambahan mengenai aktivitas tersebut:

  1. Intro Scuba Dive: Intro scuba dive adalah sesi singkat penyelaman bagi pemula yang dilakukan di bawah pengawasan instruktur yang berpengalaman. Peserta akan diperkenalkan dengan peralatan scuba diving dan diajak untuk menyelam hingga kedalaman maksimum 6 meter. Ini memberikan kesempatan bagi pemula untuk merasakan sensasi menyelam tanpa harus mengikuti kursus scuba diving penuh.
  2. Tanjung Benoa Water Sports: Selain intro scuba dive, di pantai Tanjung Benoa terdapat berbagai aktivitas water sports lainnya yang dapat dinikmati, seperti parasailing, banana boat, tadem parasailing adventure, dan naik perahu donat. Pengunjung dapat menikmati kegembiraan dan sensasi air di tempat ini.
  3. Odyssey Submarine Bali: Bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan bawah laut tanpa melakukan aktivitas menyelam, wisatawan dapat mencoba kapal selam Odyssey Submarine Bali. Ini adalah pengalaman unik di mana Anda dapat menyaksikan keindahan terumbu karang dan kehidupan laut melalui jendela kapal selam.

Selain aktivitas menyelam, Bali juga menawarkan aktivitas wisata yang menarik seperti rafting. Rafting di Bali memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk merasakan sensasi menyusuri sungai-sungai yang indah sambil menikmati pemandangan alam yang spektakuler.

Pastikan untuk menggunakan jasa penyedia resmi dan berlisensi untuk aktivitas water sports dan rafting, dan selalu mengikuti petunjuk keselamatan yang diberikan oleh instruktur atau pemandu. Keselamatan dan kesenangan Anda adalah yang terpenting saat menjalani aktivitas wisata di Bali.

Mengunjungi Pura Di Bawah Laut

Pura di bawah laut di Pantai Amed memang merupakan salah satu atraksi unik yang menarik perhatian para penyelam. Meskipun sebenarnya bukan pura asli, bangunan kotak pos yang ditenggelamkan oleh PT Pos Indonesia memberikan pengalaman menarik bagi para penyelam yang melihatnya.

Kotak pos tersebut memiliki papan bertuliskan “Submarine Mailbox” yang melekat di badan kotak pos. Keberadaan kotak pos ini telah menciptakan ekosistem baru di bawah laut, menjadi tempat tinggal bagi ikan-ikan dan terumbu karang. Bagian tubuh kotak pos yang kosong juga menjadi tempat ikan berlindung dan bermain-main di sekitarnya.

Para penyelam dapat menikmati keindahan bawah laut yang unik ini dan melihat ikan-ikan serta terumbu karang yang menghiasi kotak pos tersebut. Meskipun bukan pura asli, keberadaan kotak pos di bawah laut ini memberikan tambahan daya tarik dan pengalaman yang berbeda bagi para penyelam yang mengunjungi Pantai Amed.

Spot Selfie

Meskipun bibir pantai di kawasan Pantai Amed tidak memiliki pasir putih yang elok seperti beberapa pantai lain di Bali, tetapi keberadaannya menawarkan daya tarik dan pengalaman yang unik bagi wisatawan.

Pantai dengan pasir hitam kecoklatan memiliki pesonanya sendiri. Pemandangan ini memberikan nuansa yang berbeda dan menarik untuk dieksplorasi. Selain itu, pantai-pantai menawarkan keindahan bawah laut yang mempesona, terumbu karang yang indah, dan kehidupan laut yang kaya. Aktivitas snorkeling dan menyelam di kawasan ini sangat direkomendasikan bagi pecinta kegiatan bawah laut.

Tentu saja, salah satu daya tarik utama adalah kerangka kapal patroli Jepang yang tenggelam pada Perang Dunia II. Spot ini menjadi tempat populer bagi wisatawan untuk berfoto dan mengenal lebih dekat sejarah kapal tersebut. Keberadaan kerangka kapal ini menambah nilai eksotis dan sejarah kawasan Pantai Amed.

Selain itu, tidak ada yang bisa mengalahkan keindahan matahari terbit. Saat pagi hari, wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang memukau, cahaya warna-warni yang memancar di langit dan laut, serta suasana yang tenang dan menenangkan. Pengalaman ini akan menjadi momen yang tak terlupakan selama liburan.

Jadi, meskipun bibir pantai tidak ramai seperti beberapa pantai di Bali, tetapi kawasan ini menawarkan pesona alam yang khas dan keunikan tersendiri. Wisatawan yang mengunjungi Pantai Amed akan dapat menikmati pengalaman yang berbeda dan menyaksikan keindahan alam yang autentik di tengah ketenangan dan kedamaian.

See also  Wisata Pantai Kondang Merak, Panorama Alam Eksotis Di Malang

Spot Mancing

Jika Anda menyukai kegiatan memancing, Pantai Amed juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati pengalaman memancing di tengah laut. Anda dapat menyewa salah satu perahu tradisional dan meminta bantuan nelayan setempat untuk mengantar Anda ke lokasi memancing yang baik.

Kegiatan memancing umumnya dimulai pada pagi hari, karena itu merupakan waktu yang baik untuk menangkap ikan. Anda dapat mengatur jadwal dengan nelayan atau penyedia perahu sebelumnya untuk memastikan ketersediaan dan kesesuaian waktu.

Selain menyewa perahu, Anda juga dapat menyewa peralatan memancing seperti tongkat pancing, reel, dan umpan dari pemilik kapal atau penyedia jasa. Harga sewa peralatan memancing biasanya sekitar Rp 50.000.

Pastikan untuk membawa perlengkapan dan perlindungan yang sesuai seperti topi, kacamata hitam, tabir surya, dan air minum yang cukup selama kegiatan memancing. Juga, penting untuk mematuhi aturan dan regulasi memancing setempat untuk menjaga kelestarian lingkungan laut dan menjaga keberlanjutan sumber daya ikan.

Dengan menyewa perahu tradisional dan memancing di tengah laut, Anda dapat menggabungkan hobi memancing dengan menikmati pemandangan indah laut dan mendapatkan pengalaman yang unik di destinasi wisata ini.

Keunikan Daya Tarik

Keindahan Pantai Amed dan Lokasi Diving Favorit
Keindahan Pantai Amed dan Lokasi Diving Favorit

Objek wisata Pantai Amed di Karangasem memang menawarkan pantai yang luas dan indah. Terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang memukau, terutama jika Anda mengunjunginya di pagi hari.

Salah satu daya tarik utama di Pantai Amed adalah keindahan kehidupan bawah laut yang terjaga di perairan lautnya. Aktivitas snorkeling dan menyelam menjadi prioritas bagi sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Amed. Anda dapat menikmati pemandangan terumbu karang yang indah dan beragam spesies ikan yang hidup di sekitarnya. Kegiatan snorkeling dan menyelam di Amed menawarkan pengalaman yang luar biasa dan akan memperkaya liburan Anda.

Saat berjalan menyusuri pantai Amed, Anda akan mencapai Desa Jemeluk yang terkenal dengan keindahan taman karang kecilnya. Jika Anda tidak ingin berjalan kaki, Anda dapat menyewa perahu untuk mencapai Desa Jemeluk dengan lebih cepat dan nyaman.

Di sepanjang pantai Amed, Anda dapat menemukan kolam-kolam atau area yang disediakan khusus untuk latihan menyelam. Biasanya, kolam ini digunakan untuk memberikan pelatihan dan sesi latihan kepada para pemula sebelum mereka memulai penyelaman di laut yang sebenarnya. Kolam latihan menyelam ini memberikan lingkungan yang terkontrol dan aman bagi para pemula untuk belajar teknik dasar menyelam sebelum mereka melangkah ke perairan laut yang lebih dalam.

Beberapa hotel di Pantai Amed juga menyediakan fasilitas dan paket pelatihan menyelam yang lengkap. Mereka menawarkan kursus menyelam untuk berbagai tingkatan, mulai dari pemula hingga tingkat profesional. Dalam kursus ini, Anda akan didampingi oleh instruktur atau pemandu yang terlatih dan berpengalaman dalam menyelam. Mereka akan memberikan penjelasan mengenai teknik-teknik dasar, keselamatan, dan peralatan menyelam yang digunakan. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk melakukan latihan dan menyelam di perairan sekitar Pantai Amed yang indah.

Peralatan menyelam yang disediakan oleh hotel biasanya sudah memenuhi standar internasional. Ini termasuk tabung oksigen, regulator, masker, wetsuit, alat pengukur kedalaman, serta perlengkapan keselamatan lainnya. Anda tidak perlu khawatir tentang persiapan peralatan menyelam, karena hotel akan menyediakannya untuk Anda selama pelatihan dan penyelaman.

Dengan adanya fasilitas belajar menyelam dan pemandu yang berpengalaman, Anda dapat merencanakan dan mengikuti kursus menyelam sesuai dengan minat dan tingkat kemampuan Anda. Ini merupakan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan bagi mereka yang ingin menjelajahi keindahan bawah laut Amed dengan lebih dalam dan lebih aman.

Selama berlibur, jangan ragu untuk menjelajahi keindahan bawah lautnya dan mencoba aktivitas snorkeling atau menyelam. Jangan khawatir jika Anda belum berpengalaman, ada banyak pilihan untuk pemula dan pemandu yang siap membantu Anda menikmati pengalaman menyelam yang aman dan tak terlupakan.

Petani Garam

Pantai Amed dikenal sebagai daerah penghasil garam tradisional di Bali. Di sekitar pantai, Anda akan menemukan petani garam yang melakukan proses pengolahan garam secara tradisional.

Proses produksi garam tradisional dimulai dengan mengumpulkan air laut dalam cekungan garam yang dibuat oleh petani garam. Air laut ini kemudian dibiarkan mengendap di cekungan tersebut. Setelah air menguap, kristal garam terbentuk di dasar cekungan.

Petani garam kemudian akan mengumpulkan garam yang terbentuk dan mengeringkannya di bawah sinar matahari. Biasanya, garam akan dijemur di atas kain atau terpal hitam untuk mempercepat proses pengeringan. Setelah cukup kering, garam akan dikumpulkan dan disimpan.

Proses ini dapat menjadi atraksi menarik bagi wisatawan yang ingin melihat bagaimana garam tradisional diproduksi. Anda dapat menyaksikan secara langsung petani garam melakukan proses pengolahan garam, serta belajar tentang tradisi dan teknik yang digunakan dalam penghasilan garam tradisional.

Melihat proses pembuatan garam tradisional di Pantai Amed dapat memberikan wawasan tentang kegiatan ekonomi lokal dan kehidupan masyarakat setempat. Selain itu, Anda juga dapat membeli garam hasil produksi mereka sebagai oleh-oleh atau untuk digunakan sendiri.

Namun, perlu diingat untuk menghormati petani garam dan tidak mengganggu proses produksi mereka. Pastikan untuk mengikuti instruksi dan petunjuk yang diberikan, serta menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

Sunrise Dan Sunset

Pemandangan matahari terbit di Pantai Amed memang sangat menakjubkan, dan banyak wisatawan yang datang ke sana khusus untuk menikmati momen tersebut. Cara sederhana seperti duduk di garis pantai sudah bisa memberikan pengalaman yang indah saat matahari terbit di langit timur.

Namun, jika Anda ingin mengambil pengalaman yang lebih unik, menyewa perahu nelayan tradisional merupakan pilihan yang menarik. Perahu nelayan tradisional atau “Jukung” akan memberikan Anda perspektif yang berbeda saat menyaksikan matahari terbit di laut. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit sambil mengapung di atas air, merasakan ketenangan dan keindahan alam sekitar.

Harga sewa perahu nelayan tradisional untuk wisata matahari terbit sekitar Rp 350.000 per perahu. Pastikan untuk menanyakan harga dan detail ke penyedia jasa sewa perahu sebelumnya. Aktivitas tour matahari terbit biasanya dimulai sekitar pukul 05:00 pagi, sehingga Anda harus bangun pagi untuk menikmati momen yang indah ini. Durasi tur biasanya sekitar dua setengah jam, sehingga Anda akan kembali sekitar pukul 07:30 pagi.

Dengan menyewa perahu nelayan tradisional, Anda dapat merasakan atmosfer yang berbeda dan menambahkan sentuhan petualangan dalam melihat pemandangan matahari terbit di Pantai Amed.

Penginapan

Mencari tempat menginap sangatlah mudah, dan harga kamar hotel di daerah ini umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan harga kamar hotel di Bali selatan. Kawasan Pantai Amed telah dikembangkan dengan berbagai fasilitas pariwisata seperti hotel, restoran, dan bungalow.

Harga sewa hotel juga bervariasi, tergantung pada fasilitas dan kelas hotel. Berikut adalah beberapa contoh kisaran harga penginapan di Pantai Amed:

  1. Berbagai Macam Pilihan Penginapan: Di sekitar Pantai Amed, terdapat berbagai macam pilihan penginapan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Anda akan menemukan berbagai tipe akomodasi mulai dari hotel, villa, bungalow, hingga penginapan tradisional. Harga penginapan bervariasi tergantung pada fasilitas yang ditawarkan.
  2. Penginapan yang Menawarkan Belajar Menyelam: Beberapa penginapan di sekitar Pantai Amed juga menawarkan layanan untuk belajar menyelam. Anda dapat mengikuti kursus menyelam dengan penyelam profesional yang bekerja sama dengan penginapan tersebut. Namun, perlu diingat bahwa harga penginapan di area hotel mungkin lebih mahal dibandingkan dengan penginapan lainnya.
  3. Kawasan Pantai Amed menawarkan tidak hanya keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, tetapi juga berbagai pilihan kuliner dan penginapan yang memenuhi kebutuhan wisatawan. Dengan begitu, Anda dapat menikmati liburan yang lengkap dan memuaskan di kawasan ini.
  4. Penginapan murah: Harga di bawah Rp 250.000 per malam. Anda dapat menemukan penginapan dengan fasilitas sederhana namun nyaman dengan harga yang terjangkau di kisaran ini.
  5. Penginapan menengah: Harga sekitar Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000 per malam. Anda dapat memilih dari berbagai hotel dan bungalow dengan fasilitas yang lebih lengkap dan kenyamanan yang lebih baik di kisaran harga ini.
  6. Hotel mewah: Harga di atas Rp 1.000.000 per malam. Jika Anda mencari pengalaman menginap yang mewah dan eksklusif, ada juga pilihan hotel mewah dengan fasilitas dan pelayanan yang lebih tinggi dengan harga yang lebih tinggi pula.

Pastikan untuk melakukan penelitian dan membandingkan pilihan penginapan yang tersedia sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda. Booking melalui platform online atau melalui agen perjalanan juga bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel di Amed, Karangasem:

  1. GHamed Sari Villa and Restaurant:
    • Lokasi: Abang, Karangasem
    • Peringkat: 4.4 (Baik)
    • Harga: IDR 225.989 per kamar per malam
  2. Classic Beach Villas:
    • Lokasi: Abang, Karangasem
    • Peringkat: 4.2 (Baik)
    • Harga: IDR 375.000 per kamar per malam
  3. Mejore Beach Hotel:
    • Lokasi: Abang, Karangasem
    • Peringkat: 4.6 (Fantastis)
    • Harga: IDR 436.879 per kamar per malam
  4. Bali Bhuana Beach Cottages:
    • Lokasi: Abang, Karangasem
    • Peringkat: 4.6 (Fantastis)
    • Harga: IDR 405.000 per kamar per malam
  5. Bali Bhuana Villas:
    • Lokasi: Abang, Karangasem
    • Peringkat: 4.4 (Baik)
    • Harga: IDR 525.546 per kamar per malam
  6. Wawa Wewe II Villas:
    • Lokasi: Abang, Karangasem
    • Peringkat: 2.9 (Cukup)
    • Harga: IDR 469.799 per kamar per malam

Pastikan untuk memeriksa ketersediaan kamar dan harga yang dapat berubah tergantung pada tanggal kunjungan Anda. Anda juga dapat mencari opsi penginapan lainnya sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.

Wisata Sekitar

Wisata Pantai Amed Private Beach Bali yang Menenangkan
Wisata Pantai Amed Private Beach Bali yang Menenangkan

Keindahan alam pulau Bali tidak diragukan lagi. Pesona alam dan budaya Bali telah mendunia dan menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun internasional. Namun, bagi Anda yang mencari destinasi yang menawarkan keaslian alam Bali tanpa keramaian, Amed adalah pilihan yang sempurna untuk menjalani liburan Anda. Terletak di timur laut pulau Bali, tepatnya di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Pantai Amed adalah surganya para pecinta alam yang ingin menikmati sisi Bali yang berbeda.

Anda akan menemukan keindahan alam yang masih alami dan tenang, jauh dari keramaian tempat-tempat liburan populer seperti Kuta, Seminyak, atau Canggu yang sering dipadati oleh wisatawan. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam Bali dalam suasana yang damai, tanpa terganggu oleh kebisingan dan keramaian.

Amed menawarkan pesona pantainya yang eksotis dengan pasir hitam yang unik, air laut yang jernih, dan pemandangan yang memukau. Anda bisa menghabiskan waktu di tepi pantai, berenang di air yang tenang, atau hanya bersantai menikmati keindahan sekitar. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi kehidupan bawah laut yang spektakuler dengan menyelam atau snorkeling di terumbu karang yang indah.

Selain pesona pantainya, Juga memiliki kekayaan budaya dan tradisi yang khas. Anda dapat menjelajahi desa-desa tradisional di sekitar Amed, berinteraksi dengan penduduk lokal, dan menikmati kehidupan sehari-hari mereka yang masih mengikuti tradisi Bali. Anda juga dapat mengunjungi pura-pura dan melihat upacara keagamaan yang unik dan menarik.

Jadi, jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang alami dan budaya Bali yang otentik, Pantai Amed adalah tujuan yang sempurna untuk menghabiskan liburan Anda. Jauh dari kebisingan dan keramaian, Anda akan menemukan ketenangan dan kedamaian yang Anda cari, tempat di mana alam dan budaya Bali menyatu dalam harmoni yang indah.

Pantai Jemeluk

Keindahan alam Pantai Jemeluk di Amed, Karangasem, Bali, memang tak dapat diragukan lagi. Pantai ini menawarkan keindahan alami yang memukau dan menjadi tempat yang sangat cocok bagi para penggemar diving. Berikut ini adalah lima tempat wisata indah, dengan tempat keempat yang cocok bagi para hobi menyelam:

Tempat keempat adalah Pantai Jemeluk, sebuah pantai yang alami dan penuh dengan karang yang indah. Pantai ini menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan diving atau snorkeling. Air lautnya sangat jernih dengan warna hijau kebiruan yang mempesona, sehingga mata tak akan bosan menikmati keindahan alam.

Tidak jauh dari Pantai Jemeluk, terdapat Pantai Amed yang juga bisa Anda kunjungi untuk tujuan wisata selanjutnya. Pantai ini memiliki ombak yang tenang, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai dan melepaskan penat.

Pada saat sore hari, ketika matahari mulai terbenam, Anda akan disajikan pemandangan senja yang indah dengan latar belakang Gunung Agung yang menjulang tinggi. Pemandangan ini akan membuat Anda terkagum-kagum dengan keajaiban alam yang ada.

Selain itu, di sekitar Pantai Jemeluk dan Pantai Amed, Anda juga dapat menjumpai warung-warung tradisional yang menjual makanan lezat dengan cita rasa khas Bali. Anda dapat menikmati hidangan lokal sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Jadi, bagi Anda yang menyukai kegiatan diving dan ingin menikmati keindahan alam yang spektakuler, Pantai Jemeluk adalah tempat yang tepat. Nikmati air laut yang jernih, karang yang indah, dan pemandangan alam yang memukau di salah satu destinasi terbaik di Bali ini.

Pantai Lipah

Pantai Lipah, yang terletak di sepanjang garis pantai yang sama dengan Pantai Jemeluk dan Amed, menawarkan pesona unik dengan pasir pantai berwarna gelap. Di pantai ini, Anda dapat merasakan kehidupan masyarakat sekitar dengan melihat jejeran perahu nelayan dan ombak yang tenang.

Salah satu aktivitas yang populer di Pantai Lipah adalah memancing. Anda dapat bergabung dengan para nelayan setempat dan diajak ke tengah laut menggunakan perahu mereka. Di sana, Anda dapat menikmati pengalaman memancing yang seru sambil menikmati keindahan laut di sekitar Pantai Lipah.

Tidak hanya itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan cocok untuk berjalan-jalan santai atau berjemur di tepi pantai. Anda dapat menikmati suasana tenang dan damai sambil menikmati pemandangan laut yang memukau.

Pantai Lipah juga menjadi tempat yang populer bagi para penyelam. Kejernihan air lautnya membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk melakukan snorkeling atau diving. Anda dapat menjelajahi keindahan bawah laut Pantai Lipah yang kaya akan terumbu karang dan kehidupan laut yang beragam.

Tidak hanya aktivitas laut, di sekitar Pantai Lipah juga terdapat warung-warung makanan yang menyajikan hidangan lezat khas Bali. Anda dapat mencicipi makanan tradisional sambil menikmati suasana pantai yang tenang.

Jadi, jika Anda mencari pengalaman yang berbeda di Bali, Pantai Lipah adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi. Nikmati kehidupan pantai yang autentik, aktivitas memancing, keindahan bawah laut, dan kelezatan kuliner lokal di salah satu pantai yang tersembunyi namun menarik ini.

Baruna Dive Bali

Baruna Dive Bali adalah destinasi selam selanjutnya yang patut Anda kunjungi. Di Baruna Dive, Anda akan dibimbing oleh penyelam lokal maupun internasional yang telah bersertifikasi. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali mencoba kegiatan menyelam.

Dengan bantuan tim ahli di Baruna Dive Bali, Anda akan diajak untuk menjelajahi kehidupan bawah laut yang memukau. Pada kedalaman tertentu, Anda akan melihat berbagai macam biota laut, mulai dari ikan-ikan berwarna-warni yang indah hingga tumbuhan laut yang menakjubkan. Keindahan alam bawah laut akan membuat Anda terpesona.

Selain itu, Baruna Dive Bali juga menawarkan berbagai paket dan kursus penyelaman, mulai dari yang sesuai untuk pemula hingga yang lebih canggih untuk penyelam berpengalaman. Anda dapat memilih sesuai dengan tingkat keterampilan dan minat Anda. Tim instruktur yang berpengalaman akan memberikan arahan dan pengawasan selama kegiatan menyelam, sehingga Anda dapat merasa aman dan nyaman.

See also  Review Menarik Pantai Sanur, Destinasi Wisata Pantai Kota Denpasar

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen Anda di bawah air dengan kamera bawah laut atau menyewa fotografer profesional yang akan mengambil foto-foto indah saat Anda menjelajahi keindahan laut.

Baruna Dive Bali akan memberikan pengalaman menyelam yang tak terlupakan bagi Anda. Menjelajahi kehidupan bawah laut yang spektakuler dan dipandu oleh tim yang ahli akan membuat petualangan Anda semakin menarik. Jadilah bagian dari keajaiban bawah laut Amed dengan mengunjungi Baruna Dive Bali.

Pantai Tulamben

Objek wisata Pantai Tulamben, yang terletak di dekat Pantai Amed, adalah destinasi berikutnya yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di sekitar wilayah ini.

Pantai Tulamben menawarkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, dengan air laut yang tenang dan jernih. Hal ini menjadikannya tempat yang populer untuk kegiatan snorkeling dan menyelam di kawasan pariwisata Bali Timur.

Suasana alam di sekitar Pantai Tulamben sangat tenang. Pantainya didominasi oleh batu-batu kecil dan terumbu karang. Pemandangan laut yang luas dengan warna biru yang memukau dan ketenangan pantai menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai. Keberadaan perahu nelayan juga menunjukkan bahwa Tulamben merupakan tempat yang cocok untuk rekreasi memancing.

Selain keindahan alam bawah lautnya, Pantai Tulamben juga terkenal karena adanya bangkai kapal USAT Liberty yang tenggelam pada Perang Dunia II. Bangkai kapal ini menjadi tempat yang menarik untuk diselami oleh para penyelam dan juga menjadi spot fotografi bawah air yang populer.

Bagi Anda yang tidak ingin menyelam, Anda masih dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai, menikmati pemandangan laut yang tenang, dan menikmati matahari terbenam yang spektakuler.

Pantai Tulamben adalah destinasi yang menarik untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah laut dan menikmati ketenangan pantai. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat ini saat Anda berada di sekitar Amed.

Rumah Pohon Batudawa

Objek wisata Rumah Pohon Batudawa, yang terletak di sekitar Bali Timur dan searah dengan Pantai Amed serta dekat dengan Tulamben, adalah destinasi menarik untuk dikunjungi. Tempat ini menjadi pelopor rumah pohon di wilayah Karangasem atau Bali Timur.

Objek wisata ini memiliki keunikan sendiri. Selain adanya rumah-rumah kecil yang terletak di atas pohon, lokasinya yang berada di kaki Gunung Agung dan menghadap ke laut menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan menarik.

Kawasan Rumah Pohon di Batudawa terletak jauh dari pemukiman penduduk, sehingga suasana alam sekitar terasa tenang, damai, dan segar dengan angin pegunungan yang menerpa. Hal ini menjadikan tempat ini ideal untuk bersantai bersama teman, keluarga, dan juga anak-anak.

Jika Anda mengunjungi Amed atau Tulamben, direkomendasikan untuk mengunjungi objek wisata Rumah Pohon Batudawa ini. Anda dapat menikmati waktu bersantai di sana dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Objek wisata ini memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari tempat wisata lainnya di Bali Timur.

Pura Penataran Agung Lempuyang

Pura Penataran Agung Lempuyang, yang terletak di Purwayu, merupakan destinasi wisata yang sangat populer di sekitar Pantai Amed. Pesona alam yang indah di pura ini menjadikannya sebagai tujuan favorit bagi wisatawan. Candi bentar yang menjadi ikon utama objek wisata di Bali Timur ini menjadi spot foto selfie yang sangat instagramable.

Candi tersebut memberikan pandangan yang indah menuju Gunung Agung yang berdiri megah di kejauhan. Pura Penataran Agung Lempuyang sering menjadi tujuan utama tur wisata yang berdekatan dengan Tirta Gangga dan Pantai Amed. Karena popularitasnya, terkadang pengunjung harus bersabar untuk menunggu antrean yang panjang agar dapat mengabadikan kunjungan mereka di pura ini.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan lain di sekitar pura, seperti tangga cantik dengan patung naga yang menjadi spot foto yang populer. Jika Anda berlibur di wilayah Karangasem, mengunjungi pura Lempuyang ini adalah suatu hal yang tidak boleh dilewatkan.

Tirta Gangga

Objek wisata Tirta Gangga adalah salah satu tujuan populer di kawasan pariwisata Bali Timur dan terletak berdekatan dengan Pantai Amed. Jika Anda mengagendakan tour ke Amed, mengunjungi Tirta Gangga adalah suatu keharusan.

Tirta Gangga merupakan sebuah taman air yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Karangasem. Arsitektur taman ini merupakan perpaduan gaya China dan Bali yang indah, dengan latar belakang alam yang masih alami.

Di tempat ini, terdapat dua kolam renang yang dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, ada juga kolam ikan dengan sejumlah patung yang terletak di atas kolam, serta tugu air yang menjadi pusat perhatian di tengah-tengah objek wisata ini, memberikan pemandangan yang indah dan memukau.

Tirta Gangga menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan di wilayah Bali Timur (Karangasem). Tempat ini cocok untuk semua kalangan, baik itu para pemuda, dewasa, maupun anak-anak, sehingga ideal untuk mengisi kegiatan liburan keluarga.

Rumah Pohon Temega

Objek wisata Rumah Pohon Temega adalah destinasi terbaru yang terletak di desa Temega, dekat dengan objek wisata Tirta Gangga dan berada searah dengan Amed. Setelah sukses dengan Rumah Pohon di Batudawa yang berdekatan dengan Tulamben, kini dibuka lagi Rumah Pohon baru ini.

Rumah Pohon Temega ini dirancang sebagai objek wisata, bukan sebagai akomodasi tempat menginap. Di area tersebut, terdapat kedai-kedai yang terletak di atas pohon, sehingga Anda dapat merasakan pengalaman bersantai dengan suasana yang baru dan berbeda. Tempat ini ideal untuk bersantai bersama pasangan, keluarga, maupun anak-anak.

Untuk mencapai lokasi Rumah Pohon Temega, terdapat jembatan gantung yang memberikan sensasi menantang. Selain itu, terdapat jembatan lain yang menuju rumah pohon dengan kemiringan terjal, cocok bagi mereka yang mencari tantangan dan petualangan.

Dengan kombinasi suasana alam yang menakjubkan dan pengalaman unik di atas pohon, Rumah Pohon Temega menawarkan atraksi wisata yang menarik bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi yang berbeda di Bali Timur.

Rumah Pohon Peladung

Rumah Pohon Peladung, terletak berdekatan dengan Rumah Pohon Temega, sekitar 150 meter jaraknya. Meskipun berdekatan, keduanya menawarkan pengalaman yang berbeda. Rumah Pohon Bukit Lemped Peladung memiliki daya tarik tersendiri. Untuk mencapai puncak rumah pohon di sini, Anda harus melewati tangga demi tangga yang menantang, namun sebanding dengan pemandangan alam yang menakjubkan yang dapat Anda nikmati dari ketinggian.

Menuju puncak rumah pohon ini membutuhkan keberanian dan semangat petualangan. Di sana, juga tersedia sejumlah spot untuk foto selfie yang menarik. Lokasinya searah dengan objek wisata Tirta Gangga dan Amed, membuatnya menjadi pilihan yang nyaman untuk dikunjungi sebagai bagian dari tur Anda di kawasan pariwisata Amed.

Tiket masuk ke Rumah Pohon Peladung cukup terjangkau dan lokasinya strategis, sehingga dapat menjadi salah satu tempat singgah yang menarik dalam perjalanan tur Anda di sekitar kawasan pariwisata.

Taman Ujung

Taman Ujung, juga dikenal dengan sebutan Taman Soekasada, merupakan objek wisata di Bali Timur yang memiliki nilai sejarah sebagai warisan dari Kerajaan Karangasem. Taman ini menawarkan pemandangan yang indah, dengan taman-taman yang cantik dan kolam ikan yang luas.

Di dalam taman ini, Anda dapat menemukan bangunan-bangunan tua yang masih terjaga dengan baik, menciptakan suasana yang ideal untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Terdapat juga beberapa pilar monumental yang berdiri tegak di ketinggian taman ini, menjadikannya ikonik.

Selain menjadi objek wisata yang populer di Karangasem, Taman Ujung sering digunakan oleh para fotografer sebagai lokasi pemotretan prewedding di Bali. Lokasinya yang berdekatan dengan pusat kota Karangasem, serta searah dengan perjalanan tour menuju Amed, membuatnya mudah dijangkau dan menjadi bagian yang menarik dalam perjalanan wisata Anda.

Puri Agung Karangasem

Puri Karangasem, juga dikenal sebagai Puri Agung atau Puri Kanginan, merupakan peninggalan sejarah yang telah dijaga dengan baik hingga saat ini. Puri ini merupakan pusat kekuasaan Kerajaan Karangasem di masa lampau.

Arsitektur Puri Karangasem memadukan gaya Eropa pada desain utama bangunan dengan gaya tradisional Bali yang terlihat pada bangunan-bangunan lainnya. Selain itu, pengaruh arsitektur China juga terlihat pada pintu, jendela, dan ornamen-ornamen lainnya. Gabungan ini menciptakan tampilan yang berbeda, unik, dan indah di Puri Karangasem, termasuk dinding puri yang menawan dan patung-patung yang menarik.

Bagi mereka yang tertarik untuk menjelajahi jejak sejarah Bali, Puri Agung Karangasem menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di pusat kota Karangasem, berdekatan dengan Taman Ujung, dan dapat disertakan dalam perjalanan wisata menuju Amed dengan mengemasnya dalam paket searah.

Tips

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda saat mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali Timur, seperti Pantai Amed dan sekitarnya:

  1. Rencanakan dan persiapkan dengan baik: Sebelum pergi, cari tahu informasi mengenai lokasi, transportasi, dan fasilitas yang tersedia di sekitar tempat wisata. Buatlah itinerary agar kunjungan Anda menjadi lebih terorganisir.
  2. Kenakan pakaian yang sesuai: Perhatikan adat dan kebiasaan setempat. Saat mengunjungi pura atau tempat-tempat suci, kenakan pakaian yang sopan dan hindari pakaian yang terlalu terbuka. Juga, bawalah pakaian yang nyaman saat berada di pantai atau melakukan aktivitas air lainnya.
  3. Hormati budaya dan tradisi: Bali adalah pulau yang kaya akan budaya dan tradisi. Hormati adat-istiadat setempat, jangan mengganggu upacara atau kegiatan keagamaan yang sedang berlangsung, dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh pemandu atau pengelola tempat wisata.
  4. Lindungi lingkungan: Jaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar. Jangan buang sampah sembarangan dan hindari merusak terumbu karang atau kehidupan laut saat melakukan snorkeling atau menyelam.
  5. Bersikap ramah dan menghormati penduduk lokal: Bersikap sopan dan menghormati penduduk lokal. Jika Anda ingin mengambil foto mereka, mintalah izin terlebih dahulu. Juga, jangan lupa untuk berterima kasih jika ada bantuan atau pelayanan yang diberikan.
  6. Patuhi peraturan dan larangan: Ikuti aturan dan larangan yang berlaku di tempat wisata. Misalnya, perhatikan petunjuk parkir, jangan merokok di area yang dilarang, atau tidak melakukan aktivitas yang berbahaya atau merusak di tempat-tempat yang sensitif.
  7. Gunakan sunscreen dan perlindungan matahari lainnya: Terutama jika Anda mengunjungi pantai atau melakukan aktivitas di luar ruangan, gunakan sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi, topi, kacamata hitam, dan pakaian yang melindungi dari sinar matahari.
  8. Bawalah uang tunai secukupnya: Meskipun beberapa tempat mungkin menerima pembayaran dengan kartu, tetapi lebih baik membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk membayar tiket masuk, makanan, atau souvenir di tempat-tempat wisata yang mungkin tidak menerima pembayaran non-tunai.
  9. Tetap waspada terhadap barang berharga: Jaga barang berharga Anda dengan baik. Hindari membawa terlalu banyak perhiasan atau barang berharga lainnya yang tidak perlu.
  10. Bersenang-senang dan menikmati: Yang terpenting, nikmati perjalanan Anda dan jangan lupa untuk bersenang-senang. Saksikan keindahan alam, rasakan pengalaman budaya, dan buat kenangan yang berharga selama mengunjungi tempat wisata di Bali Timur.

Pastikan Anda juga mematuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pihak pengelola tempat wisata serta menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Kekurangan

Meskipun Pantai Amed dan sekitarnya memiliki banyak keindahan dan daya tarik, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  1. Jarak dari pusat kota: Terletak di ujung timur Bali, yang berarti jaraknya cukup jauh dari pusat kota Denpasar. Perjalanan menuju Pantai Amed dapat memakan waktu yang cukup lama, terutama jika Anda berencana mengunjungi tempat wisata lain di sekitar pulau.
  2. Infrastruktur yang terbatas: Beberapa area di sekitar Pantai Amed mungkin memiliki infrastruktur yang terbatas, seperti akses jalan yang sempit, kurangnya fasilitas umum, atau jaringan telekomunikasi yang lemah. Hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan kemudahan Anda saat berkunjung.
  3. Kurangnya variasi kegiatan: Meskipun menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan kegiatan snorkeling yang menarik, namun pilihan kegiatan lainnya mungkin terbatas. Jika Anda mencari hiburan malam yang sibuk atau kehidupan malam yang aktif, Anda mungkin tidak menemukannya di Pantai Amed.
  4. Pantai berpasir hitam: Salah satu ciri khas adalah pasir hitamnya. Meskipun ini memberikan keindahan yang unik, beberapa orang mungkin lebih memilih pantai dengan pasir putih. Selain itu, pasir hitam dapat menjadi lebih panas saat terkena sinar matahari.
  5. Kepadatan wisatawan: Terkadang, terutama saat musim liburan atau puncak kunjungan, Pantai Amed dapat menjadi cukup ramai dengan wisatawan. Hal ini dapat mengurangi pengalaman kesunyian dan ketenangan yang diharapkan oleh beberapa pengunjung.

Meskipun demikian, kekurangan-kekurangan tersebut dapat diatasi dengan perencanaan yang baik dan pengelolaan ekspektasi yang realistis. Dengan mempersiapkan diri dengan baik dan menjaga fleksibilitas, Anda masih dapat menikmati kunjungan yang menyenangkan ke Pantai Amed dan sekitarnya.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang Pantai Amed:

  1. Bagaimana cara menuju Pantai Amed? Anda dapat menggunakan transportasi darat dari kota Denpasar. Perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 3 jam tergantung pada lalu lintas. Anda dapat menggunakan mobil pribadi, taksi, atau menyewa mobil dengan sopir. Alternatif lain adalah menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel.
  2. Apa yang membuat Pantai Amed istimewa? Menawarkan kombinasi keindahan alam yang menakjubkan, seperti pemandangan pegunungan yang indah, pantai berpasir hitam, dan terumbu karang yang masih alami. Pantai ini juga terkenal sebagai surga bagi penyelam dengan kehidupan bawah laut yang kaya dan bangkai kapal Belanda yang menarik.
  3. Apakah ada fasilitas penyewaan peralatan snorkeling dan diving? Ya, di sekitar Pantai Amed terdapat banyak tempat penyewaan peralatan snorkeling dan diving. Anda dapat menyewa snorkel, masker, fin, dan peralatan lainnya dari penyedia lokal yang ada di sekitar pantai.
  4. Apakah ada akomodasi di sekitar Pantai Amed? Ya, Terdapat banyak pilihan akomodasi, mulai dari penginapan sederhana hingga resor mewah. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Disarankan untuk memesan akomodasi terlebih dahulu terutama saat musim liburan atau puncak kunjungan.
  5. Apakah ada restoran atau tempat makan? Ya, di sekitar Pantai Amed terdapat banyak restoran dan warung makan yang menawarkan berbagai jenis masakan, termasuk masakan lokal dan internasional. Anda dapat menemukan hidangan laut segar, masakan Indonesia, serta makanan barat dan internasional.
  6. Bisakah saya berenang di Pantai Amed? Ya, Anda dapat berenang. Namun, sebaiknya berhati-hati dan memperhatikan kondisi air dan arus laut. Pastikan untuk mengikuti peringatan atau petunjuk keselamatan yang diberikan oleh otoritas lokal atau penyedia wisata.
  7. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Amed? Waktu terbaik adalah selama musim kemarau antara April dan Oktober. Pada musim ini, cuaca cenderung cerah dan air laut relatif tenang, memungkinkan untuk snorkeling, menyelam, dan menikmati keindahan pantai secara optimal.

Harap dicatat bahwa informasi ini mungkin dapat berubah seiring waktu. Disarankan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum mengunjungi Pantai Amed atau menghubungi otoritas pariwisata setempat untuk mendapatkan panduan dan petunjuk terkini.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review 41 Review Menarik Pantai Amed Spot Diving Favorit Di Bali.

Your email address will not be published. Required fields are marked *