Review Menarik Pantai Nanggelan, Obyek Wisata Alam Di Jember

Berikut adalah cerita pengalaman saya berkunjung ke Pantai Nanggelan di Jember, pantai yang paling spesial di daerah tersebut. Sebelumnya, banyak pantai di Kabupaten Jember yang memiliki potensi wisata yang menakjubkan, namun sayangnya tidak dioptimalkan oleh pemerintah setempat. Pantai Nanggelan, Pantai Watu Ulo, dan Pantai Papuma di Jember merupakan pantai-pantai yang terhubung satu sama lain. Selain keindahan pantainya, lokasi juga terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang mencakup dua kabupaten di Jawa Timur, yakni Jember dan Banyuwangi.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang dihuni oleh masyarakat nelayan, sekitar Pantai Nanggelan hampir tidak ada pemukiman manusia. Di wilayah sekitarnya hanya terdapat hutan alami dan perkebunan pohon jati. Maka tidak heran jika jarang ditemukan orang di sana, kecuali para penebang pohon jati atau masyarakat sekitar yang mencari kayu di hutan. Lokasi Pantai Nanggelan terletak di Jalan Cangak Indah, Curahnongko, Tempurejo, di wilayah hutan Kabupaten Jember. Ada tiga jalur yang dapat digunakan untuk menuju ke tempat parkir terakhir di pantai ini, yakni melalui Curahnongko (jalur lama), Jalur Lintas Selatan, dan menuju arah Pantai Watu Ulo.

Rute melalui Curahnongko merupakan jalur paling awal dan akan melewati pabrik kayu jati di Curahnongko, lalu masuk ke areal perkebunan kopi, pemukiman desa, perkebunan jati, dan seterusnya hingga mencapai tempat parkir. Namun, jalur ini cukup menantang karena jalan yang dilalui adalah jalan makadam yang berkontur tanah berpasir dan berbatu besar, dan dapat menjadi sangat becek saat musim hujan.

Namun, setelah melalui perjalanan yang panjang dan melelahkan, ketika tiba di Pantai Nanggelan akan terbayar oleh pemandangan pantai yang indah dan eksotis. Pantai ini memiliki pasir putih dan birunya air laut yang sangat memukau. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat fasilitas alam yang menarik dan mempesona. Bagi yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, tersedia pula tempat penginapan dengan tarif yang cukup terjangkau di sekitar pantai tersebut.

Alamat Lengkap Akses Rute

Alamat lengkap akses Pantai Nanggelan adalah sebagai berikut:

Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Untuk akses menuju Pantai Nanggelan, terdapat tiga rute yang dapat dilalui, yaitu:

  1. Rute lewat Curahnongko (jalur lama): Dari Curahnongko, masuk ke areal perkebunan kopi dan selanjutnya melalui pemukiman masyarakat desa pertama, kemudian masuk ke perkebunan jati, dan seterusnya hingga jalan habis. Rute ini berupa jalan makadam dengan kontur tanah berpasir dan berbatu besar.
  2. Rute lewat Jalur Lintas Selatan: Dari Jalan Raya Lintas Selatan Jember, melewati Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumberjambe, kemudian masuk ke perkebunan jati, dan seterusnya hingga jalan habis. Rute ini memiliki jalan yang lebih baik daripada rute lewat Curahnongko.
  3. Rute lewat Jalan Menuju Pantai Watu Ulo: Dari Pantai Watu Ulo, melewati perkebunan jati dan hutan, kemudian sampai ke pantai Nanggelan. Rute ini cukup menantang karena melewati hutan dan memiliki medan yang agak terjal.

Setelah sampai di area parkir Pantai Nanggelan, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menaiki ojek menuju pantai tersebut.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Pantai Nanggelan antara lain:

  1. Area Parkir
  2. Kamar Mandi / Toilet
  3. Warung Makan
  4. Tempat Istirahat
  5. Area Berkemah
  6. Area BBQ
  7. Persewaan Alat Snorkeling
  8. Area Bermain Air
  9. Area Bermain Pasir

Namun, untuk fasilitas yang lebih lengkap, Anda bisa mencari penginapan atau resort yang terletak di sekitar pantai. Beberapa penginapan atau resort di sekitar Pantai Nanggelan menyediakan fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan berbagai kegiatan wisata lainnya.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Nanggelan berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang. Harga tersebut tergolong murah dan terjangkau untuk menikmati keindahan pantai yang masih alami dan sepi ini. Namun, harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu, terutama pada hari-hari tertentu seperti saat liburan panjang atau saat musim liburan tiba. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan untuk menanyakan harga tiket masuk terbaru sebelum berkunjung.

Sejarah

Pantai Nanggelan terletak di Dusun Blater, Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Jember karena keindahan alamnya yang masih terjaga.

Tidak banyak informasi mengenai sejarah Pantai Nanggelan, namun diketahui bahwa pantai ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang didirikan pada tahun 1982. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 58.000 hektar yang mencakup wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi.

Dahulu, Pantai Nanggelan dikenal sebagai tempat persinggahan para nelayan yang menggunakan jalur laut selatan Pulau Jawa. Selain itu, pantai ini juga sering dijadikan tempat peristirahatan bagi para raja Jawa yang sedang melakukan perjalanan ke arah selatan. Pada masa penjajahan Belanda, menjadi lokasi pertempuran antara pasukan Belanda dan pemberontak Indonesia pada tahun 1948. Pertempuran ini menyisakan bekas-bekas bunkers dan meriam yang masih dapat dilihat hingga saat ini.

Seiring berjalannya waktu, Pantai Nanggelan semakin terkenal sebagai destinasi wisata pantai di Purworejo. Pemerintah setempat kemudian membangun berbagai fasilitas seperti jalan akses, tempat parkir, warung makan, dan penginapan agar wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan lebih nyaman.

See also  36 Review Menarik Florawisata Santerra De Laponte Batu Malang

Pantai Nanggelan sendiri terletak di wilayah Kabupaten Jember dan memiliki akses yang cukup sulit karena jalan menuju pantai masih berupa jalan setapak dan tidak begitu lebar. Namun, pemandangan yang indah serta suasana yang tenang di pantai ini membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi dan menjadikan sebagai tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Larangan Dan Aturan

Pantai Nanggelan adalah salah satu pantai yang terletak di jember, Indonesia. Seperti kebanyakan pantai lainnya, memiliki beberapa larangan dan aturan yang perlu ditaati oleh pengunjung untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Dilarang merusak atau mengambil flora dan fauna di sekitar pantai.
  2. Dilarang merokok di area pantai.
  3. Dilarang membawa minuman keras dan obat-obatan terlarang.
  4. Dilarang berenang di luar zona aman yang telah ditentukan oleh pengelola pantai.
  5. Dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tidak mengganggu pengunjung lain.
  6. Dianjurkan untuk membawa sampah ke tempat sampah yang disediakan.
  7. Dilarang membuang sampah sembarangan di sekitar pantai.
  8. Dilarang membuat keributan atau merusak ketertiban umum di sekitar pantai.
  9. Dianjurkan untuk mengikuti arahan dari petugas pengelola pantai.
  10. Dilarang melakukan aktivitas yang merugikan lingkungan, seperti membuang limbah sembarangan atau merusak terumbu karang.

Dengan mematuhi larangan dan aturan tersebut, kita dapat membantu menjaga keindahan dan kelestarian Pantai Nanggelan serta memberikan pengalaman yang menyenangkan dan aman bagi pengunjung.

Aktivitas

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Nanggelan antara lain:

  1. Berenang: memiliki air laut yang jernih dan bersih sehingga cocok untuk berenang.
  2. Berjemur: memiliki pasir putih yang luas dan nyaman untuk berjemur sambil menikmati pemandangan laut.
  3. Bermain air: Selain berenang, kamu juga bisa bermain air dengan main bola atau bermain layangan air.
  4. Snorkeling: Untuk kamu yang menyukai olahraga snorkeling, memiliki terumbu karang yang indah dan kaya akan kehidupan laut.
  5. Memancing: Bagi kamu yang suka memancing, juga bisa memancing ikan seperti ikan kakap, layur, dan baronang.
  6. Berwisata kuliner: Tidak hanya menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas daerah seperti seafood yang segar dan lezat.
  7. Mengunjungi pulau-pulau sekitar: Di sekitar terdapat beberapa pulau yang indah seperti Pulau Menjangan Besar dan Pulau Menjangan Kecil yang bisa kamu kunjungi dengan menyewa perahu.

Keunikan Daya Tarik

Memiliki keunikan dan daya tarik yang membedakannya dari pantai-pantai lain di Kabupaten Jember. Berikut adalah beberapa keunikan dan daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Nanggelan:

  1. Keindahan alam yang memukau terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Selain itu, pantai ini masih terjaga keasriannya karena minimnya pemukiman manusia di sekitar pantai.
  2. Lokasi yang terpencil terletak di tengah-tengah hutan dan perkebunan jati, menjadikannya sebagai lokasi yang terpencil dan jauh dari keramaian. Hal ini membuat pantai ini cocok untuk mereka yang ingin menikmati liburan dengan suasana yang tenang dan damai.
  3. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri Pantai Nanggelan masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, yang merupakan habitat dari berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi. Hal ini menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata yang ramah lingkungan.
  4. Beragam aktivitas wisata Selain menikmati keindahan alamnya, juga menawarkan beragam aktivitas wisata seperti snorkeling, diving, dan berjalan-jalan di sekitar pantai. Pengunjung juga dapat melakukan camping atau bermalam di sekitar pantai untuk merasakan suasana yang lebih dekat dengan alam.
  5. Akses yang menantang Akses menuju Pantai Nanggelan yang melewati hutan dan perkebunan jati, serta jalan yang berkontur tanah berpasir dan berbatu besar, menambah keseruan dan tantangan bagi para pengunjung yang ingin menuju ke pantai ini. Namun, akses yang menantang tersebut juga membuat pantai ini menjadi lebih eksklusif dan tidak terlalu ramai.

Spot Selfie

Memiliki spot-spot yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi selfie. Beberapa spot selfie yang bisa kamu kunjungi di Pantai Nanggelan antara lain:

  1. Batu Karang: Di sisi timur terdapat batu karang besar yang menjadi spot favorit para pengunjung untuk berselfie. Di spot ini, kamu bisa mendapatkan foto dengan latar belakang laut yang biru dan deburan ombak yang indah.
  2. Pasir Putih: Memiliki pasir putih yang sangat lembut dan bersih. Spot ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengambil foto dengan latar belakang pasir putih dan laut biru.
  3. Pohon Jati: Di sekitar terdapat hutan jati yang cukup lebat. Spot ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin berselfie dengan latar belakang hutan yang hijau.
  4. Bukit Nanggelan: Di sebelah barat terdapat Bukit Nanggelan yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan pantai yang spektakuler dan dijamin bisa menghasilkan foto yang sangat instagramable.
  5. Bawah Laut: Jika kamu memiliki alat snorkeling, maka kamu bisa mencoba untuk berselfie di bawah laut. Di bawah laut pantai ini terdapat banyak terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni yang bisa menjadi latar belakang selfie kamu.

Sunrise Dan Sunset

Pantai Nanggelan adalah salah satu pantai yang terletak di Yogyakarta, Indonesia, dan memiliki pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah.

Untuk menikmati matahari terbit, disarankan untuk datang pagi-pagi sekali, sekitar pukul 05.00-05.30 WIB. Anda akan melihat langit berubah menjadi oranye keemasan, dengan sinar matahari yang terbit di sebelah timur laut.

Sedangkan untuk melihat matahari terbenam, waktu yang tepat adalah antara pukul 17.30-18.00 WIB. Saat matahari terbenam, warna langit akan berubah menjadi oranye dan merah keunguan yang indah.

See also  Pesona Keindahan Pantai Glagah, Wisata Pantai yang Menawan di Kulon Progo

Namun, perlu diingat bahwa waktu matahari terbit dan terbenam bisa berubah-ubah tergantung pada musim dan cuaca di daerah tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa jadwal matahari terbit dan terbenam sebelum pergi ke Pantai Nanggelan.

Camping

Tentang camping di Pantai Nanggelan, ini adalah tempat yang sangat cocok untuk kegiatan camping atau berkemah. Dengan suasana yang asri dan alami, serta keindahan pantai yang menakjubkan, membuat pengalaman camping di sini sangat berkesan.

Beberapa area yang bisa dijadikan tempat camping adalah di sekitar bibir pantai, di hutan jati yang masih alami, atau di area perbukitan di sekitar pantai. Tersedia juga fasilitas toilet umum dan tempat parkir yang cukup luas di sekitar pantai.

Namun, karena Pantai Nanggelan masih tergolong pantai yang jarang dikunjungi, maka pengunjung yang hendak camping di sini perlu membawa semua perlengkapan sendiri, termasuk tenda, sleeping bag, dan alat masak. Tidak tersedia toko atau warung di sekitar pantai.

Tentunya, bagi para pecinta alam dan petualangan, camping akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Namun, perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Jangan meninggalkan sampah atau merusak lingkungan sekitar pantai.

Spot Mancing

Pantai Nanggelan adalah salah satu pantai di Kabupaten jember, Indonesia yang cukup terkenal sebagai lokasi memancing. Beberapa spot yang populer di pantai ini antara lain:

  1. Perairan Batu Karang: Di sini, Anda dapat menangkap ikan seperti kakap, baronang, kerapu, dan lain sebagainya. Anda bisa memancing dari darat atau naik perahu untuk menjangkau spot yang lebih jauh.
  2. Perairan Tepi Pantai: Jika Anda ingin memancing di dekat pantai, spot ini cocok untuk Anda. Di sini, Anda dapat menangkap ikan seperti bandeng, layur, dan jenis ikan lainnya yang biasa hidup di perairan dangkal.
  3. Perairan Karang Sembilan: Spot ini terletak di sebelah barat dan dapat dijangkau dengan perahu. Anda dapat menangkap ikan seperti tenggiri, ikan mata besar, kerapu, dan lain sebagainya.

Namun, sebelum memancing di Pantai Nanggelan, pastikan untuk memperhatikan peraturan yang berlaku, seperti tidak memancing di zona konservasi atau mengambil ikan yang dilindungi. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan sampah dan tidak merusak lingkungan sekitar.

Penginapan

Untuk saat ini, Pantai Nanggelan masih belum memiliki fasilitas penginapan yang memadai di sekitar pantai. Namun, wisatawan bisa mencari penginapan di kawasan sekitar Desa Curahnongko atau daerah Jember yang berjarak sekitar 2-3 jam. Beberapa jenis penginapan yang tersedia di sekitar Jember antara lain hotel, villa, homestay, dan guesthouse.

Namun, bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berkemah, disarankan untuk membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri. Lokasi camping yang cocok di Pantai Nanggelan adalah di area pantai yang terbuka dengan view sunset yang indah. Meskipun demikian, pastikan untuk mengambil tindakan keamanan yang tepat, seperti mematikan api unggun sebelum tidur, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Selain itu, wisatawan juga disarankan untuk membawa perlengkapan dan bahan makanan sendiri karena minimnya fasilitas di sekitar Pantai Nanggelan. Pastikan untuk membawa bekal yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan selama di pantai.

Hotel Dekat


Meskipun Pantai Nanggelan masih sangat tersembunyi dan minim fasilitas, ada beberapa hotel yang bisa ditemukan di sekitar Jember yang bisa menjadi pilihan untuk menginap, di antaranya:

  1. Aston Jember Hotel & Conference Center: Hotel bintang 4 ini terletak sekitar 2 jam perjalanan. Hotel ini memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, seperti kolam renang, spa, restoran, dan lounge.
  2. Swiss-Belhotel Jember: Hotel bintang 4 ini terletak sekitar 2,5 jam perjalanan. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang modern dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti kolam renang, restoran, dan pusat kebugaran.
  3. Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Jember: Hotel bintang 3 ini terletak sekitar 2 jam perjalanan. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas dasar, seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam.
  4. Hotel Tugu Blitar: Hotel bintang 4 ini terletak sekitar 3 jam perjalanan. Hotel ini memiliki konsep arsitektur yang unik dengan sentuhan budaya lokal. Selain kamar-kamar yang nyaman, hotel ini juga menawarkan fasilitas seperti kolam renang, spa, restoran, dan bar.

Namun, pastikan untuk memperhatikan jarak tempuh dari hotel yang dipilih. Sebaiknya mencari hotel yang memiliki akses transportasi yang mudah atau menyediakan layanan antar-jemput ke Pantai Nanggelan.

Kuliner Tempat Makan

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Pantai Nanggelan, Jember:

  1. Warung Makan Pak Aris Warung Makan Pak Aris terletak di Desa Curahnongko, yang merupakan desa terdekat. Warung makan ini menyajikan menu nasi campur dengan berbagai pilihan lauk seperti ayam goreng, ikan, dan tahu tempe. Selain itu, warung makan ini juga menyediakan menu sarapan seperti bubur ayam dan mie ayam.
  2. Rumah Makan Sari Laut Rumah Makan Sari Laut berlokasi di Desa Pancer, sekitar 10 kilometer. Restoran ini menyajikan berbagai hidangan laut segar seperti ikan, udang, cumi, dan kepiting. Harga menu di restoran ini juga terbilang terjangkau.
  3. Rumah Makan Pondok Jenggala Rumah Makan Pondok Jenggala terletak di kawasan wisata Pantai Watu Ulo, sekitar 8 kilometer. Restoran ini menyajikan berbagai menu makanan khas Jawa Timur seperti nasi goreng, mie goreng, dan sate ayam. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu seafood seperti cumi goreng tepung dan udang goreng.
  4. Cafe Rumah Mertua Cafe Rumah Mertua terletak di kawasan wisata Pantai Papuma, sekitar 20 kilometer. Restoran ini menyajikan berbagai hidangan Indonesia dan Barat seperti nasi goreng, pasta, dan burger. Restoran ini juga menyediakan menu minuman seperti kopi, teh, dan jus buah.
  5. Warung Makan Kepiting Cak Gundul Warung Makan Kepiting Cak Gundul berlokasi di Jalan Raya Puger, sekitar 15 kilometer. Warung makan ini terkenal dengan hidangan kepitingnya yang lezat dan segar. Selain kepiting, warung makan ini juga menyajikan berbagai hidangan laut seperti udang, cumi, dan ikan.
See also  Dira Park: Serunya Wisata Air dan Wahana Menarik di Jember

Pantai Dekat

Di sekitar Pantai Nanggelan, terdapat beberapa pantai lain yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, antara lain:

  1. Pantai Papuma: Terletak sekitar 45 km, pantai ini terkenal dengan pasir putih dan keindahan sunrise-nya. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa fasilitas wisata seperti penginapan dan restoran.
  2. Pantai Watu Ulo: Terletak sekitar 20 km, pantai ini terkenal dengan batu karang besar yang menjulang di tengah pantai. Wisatawan bisa bermain air di sekitar batu karang atau menyaksikan sunset di sore hari.
  3. Pantai Bandealit: Terletak sekitar 35 km, pantai ini terkenal dengan ombak besar yang cocok untuk berselancar. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa penginapan dan restoran.
  4. Pantai Sukamade: Terletak sekitar 40 km, pantai ini terkenal dengan penyu-penyu yang datang untuk bertelur. Wisatawan bisa menyaksikan proses penyu bertelur atau melepaskan anak penyu ke laut.
  5. Pantai Wedi Ireng: Terletak sekitar 55 km, pantai ini terkenal dengan tebing-tebing batu karang yang menjulang tinggi di sekitar pantai. Wisatawan bisa bermain air atau berfoto dengan latar belakang tebing batu karang yang indah.

Wisata Sekitar

Berikut adalah beberapa wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Pantai Nanggelan:

  1. Taman Nasional Meru Betiri Taman Nasional Meru Betiri adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Taman nasional ini terdiri dari hutan hujan tropis, hutan pantai, dan terumbu karang. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan melakukan trekking di hutan atau menyaksikan penyu bertelur di pantai.
  2. Pantai Papuma Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang jernih. Di sini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, atau sekadar menikmati keindahan pantai.
  3. Kawah Ijen Kawah Ijen terletak di Kabupaten Banyuwangi dan menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal di Jawa Timur. Kawah ini terkenal dengan api birunya dan gas beracunnya yang keluar dari dalam kawah. Di sini wisatawan bisa melakukan pendakian ke puncak Gunung Ijen dan menyaksikan keindahan pemandangan serta sunrise.
  4. Pantai Sukamade Pantai Sukamade terletak di Taman Nasional Meru Betiri dan terkenal sebagai habitat penyu hijau. Di sini wisatawan bisa menyaksikan proses penyu bertelur atau sekadar menikmati keindahan pantai yang masih alami.
  5. Air Terjun Tancak Air Terjun Tancak terletak di Desa Tancak, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Air terjun ini terkenal dengan keindahan air terjunnya yang cukup tinggi dan sejuknya air yang jatuh. Di sini wisa

Tips

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengunjungi Pantai Nanggelan di Jember:

  1. Persiapkan diri Anda fisik dan mental sebelum melakukan perjalanan. Karena akses jalannya yang sulit dan medannya yang terjal, persiapkan diri dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Pastikan membawa perlengkapan camping yang cukup dan sesuai kebutuhan seperti tenda, sleeping bag, matras, perlengkapan masak, dan lain sebagainya. Karena tidak terdapat fasilitas penginapan dan Anda harus bersiap untuk bermalam di sana.
  3. Bawa perlengkapan pribadi seperti obat-obatan, sunblock, dan minuman yang cukup. Karena minim akan fasilitas yang memadai.
  4. Jangan lupa untuk membawa kamera atau handphone dengan kamera yang bagus untuk mengabadikan momen indah.
  5. Jangan buang sampah sembarangan dan jaga kebersihan. Karena pantai ini masih alami, menjaga kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama.
  6. Gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca.
  7. Ikuti petunjuk arah dengan baik dan pastikan Anda memilih jalur yang paling aman dan nyaman.
  8. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi alam sekitar dan jangan mengganggu ekosistem di sekitar pantai.
  9. Perhatikan jam buka Taman Nasional Meru Betiri, karena Pantai Nanggelan berada di dalamnya.
  10. Jangan lupa untuk menikmati keindahan alam dengan segala keterbatasannya dan nikmati momen liburan Anda dengan baik.

Pantai Nanggelan merupakan pantai yang masih tersembunyi dan belum banyak dikenal oleh wisatawan. Pantai ini terletak di Kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Jember dan akses jalannya masih terbilang sulit. Namun, keindahan alam yang terjaga dengan baik dan suasana pantai yang sepi dan tenang membuat menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Nanggelan, disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti tenda, matras, dan lain sebagainya jika ingin berkemah. Selain itu, juga disarankan untuk mempersiapkan fisik karena terdapat pendakian bukit yang harus dilalui sebelum mencapai pantai.

Selain Pantai Nanggelan, terdapat beberapa tempat wisata menarik di sekitar Jember seperti Pantai Papuma, Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, dan lain sebagainya. Jadi, bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Jember, ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Namun, selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam agar destinasi wisata di Jember tetap terjaga keindahannya untuk generasi berikutnya.

Review Review Menarik Pantai Nanggelan, Obyek Wisata Alam Di Jember.

Your email address will not be published. Required fields are marked *