Pantai Rajegwesi, Pesona Keindahan Wisata Alam di Banyuwangi

Pantai Rajegwesi berada di Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur dan masih masuk di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. juga memiliki sejarah Jepang, di mana bunker pengintai dibangun di balik bukit capil yang ada di sebelah barat pantai selama masa kekuasaan Jepang. Peninggalan Jepang yang tersisa kini hanya bunker yang disebut dengan nama goa Jepang oleh penduduk sekitar.

Pesona Keindahan Wisata Pantai Rajegwesi Banyuwangi
Pesona Keindahan Wisata Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Meskipun Pantai Rajegwesi pernah rusak terkena terjangan tsunami pada 3 Juni 1994, namun kini akses pantai telah diperbaiki karena semakin banyaknya wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Pantai ini menawarkan pemandangan yang menawan dengan hamparan pasir yang bersih, tebing bebatuan yang mengandung besi di sisi kanan, dan batuan karang yang cukup tinggi yang menjaga ombak agar tetap tenang. Wisatawan dapat berenang, mandi, atau snorkeling dengan aman di pantai ini. Namun, perlu diingat bahwa batu-batu di sini memiliki kandungan besi yang sangat besar dan harus tetap waspada.

Aktivitas nelayan dan perayaan petik laut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama saat Hari Raya Idul Fitri. Dari Pantai Rajegwesi, wisatawan dapat menuju Teluk Hijau dengan naik perahu atau melalui jalan trekking. Pemandangan yang ada di Pantai Rajegwesi sangat cocok untuk pecinta landscape fotografi, sehingga pantai ini dapat menjadi tujuan liburan yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia.

Alamat Lengkap Akses Rute

Berikut adalah alamat lengkap dan akses menuju Pantai Rajegwesi:

Alamat: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia

Akses:

  1. Dari Banyuwangi: berjarak sekitar 64 km dari pusat Kota Banyuwangi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus atau travel. Rute yang harus ditempuh yaitu Banyuwangi – Pesanggaran – Rajegwesi. Setelah tiba di Desa Sarongan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau menggunakan ojek.
  2. Dari Bandara Blimbingsari Banyuwangi: berjarak sekitar 82 km dari Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti taksi atau travel. Rute yang harus ditempuh yaitu Bandara Blimbingsari – Pesanggaran – Rajegwesi. Setelah tiba di Desa Sarongan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau menggunakan ojek.

Pantai Rajegwesi sendiri terletak dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, sehingga pengunjung harus membayar tiket masuk ke taman nasional tersebut sebesar Rp 10.000,- per orang. Setelah masuk ke kawasan Taman Nasional Meru Betiri, pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk mencapai bibir pantai. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan panorama pantai yang indah dan hutan tropis hijau yang masih asri di sekitarnya.

Fasilitas

Pantai Rajegwesi tidak memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti yang ada di pantai-pantai populer lainnya. Namun, Anda masih bisa menemukan beberapa fasilitas dasar yang memadai untuk menunjang aktivitas wisata Anda di sana. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Area Parkir Di dekat pantai terdapat area parkir yang cukup luas, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan tempat untuk memarkir kendaraan Anda.
  2. Warung Makan Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menjual makanan dan minuman segar. Anda bisa mencicipi hidangan khas lokal seperti ikan bakar, sate ikan, atau nasi goreng.
  3. Toilet Toilet umum tersedia di sekitar area parkir dan pantai.
  4. Area Berkemah juga menyediakan area berkemah bagi wisatawan yang ingin menginap di sana. Namun, fasilitas yang tersedia masih terbatas, jadi pastikan untuk membawa peralatan camping Anda sendiri.
  5. Perahu Nelayan Wisatawan juga bisa menyewa perahu nelayan untuk menjelajahi pantai atau mengunjungi Teluk Hijau yang terkenal indah. Tarif sewa perahu biasanya tergantung pada jarak dan waktu penyewaan.

Namun, perlu diingat bahwa fasilitas yang tersedia di Pantai Rajegwesi mungkin tidak sama dengan pantai-pantai populer lainnya yang lebih ramai dan komersial. Jadi pastikan untuk membawa semua perlengkapan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berkunjung ke sana.

Tiket Masuk

Tiket masuk Pantai Rajegwesi sebesar 7.500 rupiah per orang. Harga tiket tersebut mungkin dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola pantai. Namun, pada umumnya harga tiket masuk ke pantai ini tetap tergolong murah dan terjangkau bagi kebanyakan wisatawan. Selain itu, harga tiket masuk yang relatif terjangkau tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menikmati keindahan alam yang mempesona.

Aktivitas

Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Rajegwesi:

  1. Menikmati panorama pantai dan hutan tropis hijau yang masih asri
  2. Melihat keramaian pelelangan ikan yang dilakukan nelayan di pagi hari
  3. Mengunjungi bunker pengintai Jepang yang menjadi bangunan tua yang disebut dengan nama goa Jepang oleh penduduk sekitar
  4. Berenang, mandi, dan snorkeling di laut yang tenang dengan waspada karena batu-batu di pantai ini memiliki kandungan besi yang sangat besar
  5. Mengikuti perayaan petik laut yang biasanya diadakan saat Hari Raya Idul Fitri
  6. Menuju ke Teluk Hijau dengan naik perahu atau melalui jalan trekking
  7. Menikmati hamparan pasir yang bersih dan juga di sisi kanan terdapat tebing bebatuan yang mengandung besi
  8. Memotret pemandangan dan topografi pantai yang unik untuk pecinta landscape fotografi.
See also  Kediri Waterpark, Objek Wisata Air Terbesar di Jawa Timur

Keunikan Daya Tarik

Pantai Rajegwesi memiliki daya tarik yang cukup unik dan menarik bagi wisatawan. Berikut beberapa keunikan dan daya tarik yang dimilikinya:

  1. Pantai yang terletak di Taman Nasional Meru Betiri Pantai Rajegwesi terletak di Taman Nasional Meru Betiri, yang merupakan kawasan konservasi alam yang dilindungi. Oleh karena itu, panorama pantai ini sangat indah dan masih terjaga keasriannya. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan hutan tropis yang masih asri di sekitar pantai.
  2. Pasir Pantai Berwarna Coklat: memiliki pasir pantai yang berwarna coklat akibat endapan lumpur yang dibawa sungai yang bermuara di pantai ini saat banjir. Keunikan ini memberikan pemandangan yang berbeda dan menarik bagi wisatawan.
  3. Ombak yang Tenang: memiliki ombak yang lebih kecil dibandingkan pantai di laut selatan pada umumnya, sehingga wisatawan dapat berenang, mandi, atau snorkeling dengan aman dan nyaman. Hal ini dikarenakan terdapat batuan karang yang cukup tinggi yang berbentuk menyerupai tembok raksasa yang menghadang besarnya deburan ombak khas Samudera Hindia.
  4. Aktivitas Nelayan dan Pelelangan Ikan: juga dikenal sebagai tempat nelayan berlabuh dan menjual hasil tangkapan ikan mereka melalui keramaian pelelangan ikan yang dilakukan di pagi hari. Wisatawan dapat melihat aktivitas nelayan dan merasakan suasana pantai yang hidup dan sibuk.
  5. Sejarah Jepang : memiliki sejarah yang terkait dengan masa kekuasaan Jepang. Di pantai ini terdapat bunker pengintai yang dibangun oleh tentara Jepang pada masa itu. Wisatawan dapat mengunjungi bunker tersebut yang kini disebut goa Jepang oleh penduduk sekitar.
  6. Pemandangan yang Menawan Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang menawan, dengan hamparan pasir yang bersih dan tebing bebatuan yang mengandung besi di sisi kanan. Warna kemerah-merahan pada batuan karang juga menunjukkan bahwa terdapat karat akibat proses kerosi oleh deburan air laut selama bertahun-tahun lamanya.
  7. Akses ke Teluk Hijau, wisatawan juga dapat menuju ke Teluk Hijau melalui perahu atau jalan trekking. Teluk Hijau merupakan tempat yang indah dengan air laut yang hijau kebiruan dan hutan mangrove yang masih terjaga keasriannya.

Itulah beberapa keunikan dan daya tarik dari Pantai Rajegwesi yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Spot Selfie

Pantai Rajegwesi memiliki beberapa spot yang cocok untuk selfie atau berfoto-foto, di antaranya:

  1. Bukit Capil: Bukit ini terletak di sebelah barat pantai dan dapat diakses melalui jalan setapak. Dari atas bukit, Anda bisa melihat pemandangan dan hutan hijau yang mengelilinginya. Spot ini sangat cocok untuk berfoto-foto dengan latar belakang pantai dan hutan tropis.
  2. Batu Karang: Di sepanjang pantai, terdapat beberapa batu karang yang tinggi dan besar. Batu karang ini berbentuk menyerupai tembok raksasa yang menghadang besarnya deburan ombak. Spot ini cocok untuk berfoto dengan latar belakang batu karang yang mengesankan.
  3. Perahu Nelayan: Di bibir pantai, terdapat jajaran perahu nelayan yang warnanya sangat cerah. Perahu-perahu ini menjadi bagian dari pemandangan yang khas. Spot ini cocok untuk berfoto dengan latar belakang perahu nelayan yang berwarna-warni.
  4. Puncak Bukit: Memiliki beberapa bukit yang tinggi dan dapat diakses melalui jalan setapak. Dari atas bukit, Anda bisa melihat pemandangan pantai dan hutan tropis yang mengelilinginya. Spot ini cocok untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan.
  5. Pasir Pantai: Pasir pantai di Rajegwesi memiliki warna coklat keemasan yang sangat khas. Spot ini cocok untuk berfoto dengan latar belakang pasir pantai yang indah.

Prewedding

Pantai Rajegwesi dapat menjadi lokasi yang indah untuk melakukan foto prewedding. Pasir pantainya yang berwarna coklat, hutan tropis hijau yang mengelilingi pantai, serta gugusan bukit di tepi teluk yang membuat topografi pantai begitu unik bisa menjadi latar yang menawan untuk foto prewedding Anda.

Anda bisa berpose di atas pasir pantai sambil menikmati pemandangan indah, atau berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil memegang tangan pasangan Anda. Selain itu, ada juga goa Jepang yang bisa menjadi latar belakang yang menarik untuk foto prewedding Anda.

See also  Pantai Ngobaran Wisata Alam, Religi, Budaya, dan Toleransi Jadi Satu

Jika Anda ingin foto yang lebih dramatis, Anda bisa memilih untuk melakukan sesi foto saat matahari terbenam atau terbit. Warna-warna langit yang indah saat senja atau saat matahari terbit akan memberikan nuansa yang romantis dan indah pada foto Anda.

Namun, perlu diingat bahwa lokasi Pantai Rajegwesi masih berada dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, sehingga Anda harus memperhatikan dan menjaga kebersihan serta kerapian pantai selama sesi foto berlangsung.

Spot Mancing

Pantai Rajegwesi juga merupakan spot mancing yang populer di Banyuwangi. Banyak nelayan yang memancing di pantai ini untuk mendapatkan ikan seperti ikan kakap, ikan layur, ikan kembung, ikan pari, dan lain sebagainya. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba keberuntungan dalam memancing dengan menyewa perahu dari nelayan setempat. Jangan lupa untuk membawa peralatan memancing sendiri jika ingin memancing di pantai ini. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa area yang terlarang untuk memancing demi menjaga kelestarian alam dan keanekaragaman ikan di pantai ini.

Penginapan Hotel Dekat

Di sekitar Pantai Rajegwesi terdapat beberapa penginapan yang bisa dipilih oleh wisatawan. Berikut adalah beberapa penginapan yang bisa menjadi pilihan:

  1. Pondok Wisata: Penginapan ini terletak di bibir pantai dan menawarkan pemandangan pantai yang indah. Kamar-kamarnya bersih dan nyaman, dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Penginapan ini juga menyediakan restoran yang menyajikan masakan lokal dan internasional.
  2. Laut Biru Homestay: Penginapan ini menawarkan kamar-kamar yang bersih dan nyaman dengan harga yang terjangkau. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, kamar mandi dalam, dan teras dengan pemandangan kebun dan perkebunan.
  3. Wisma: Menawarkan kamar-kamar yang bersih dan nyaman dengan harga yang terjangkau. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, kamar mandi dalam, dan teras dengan pemandangan kebun.
  4. Villa Rajegwesi: Penginapan ini menawarkan kamar-kamar yang luas dan dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, kamar mandi dalam, dan teras dengan pemandangan kebun. Villa ini juga dilengkapi dengan kolam renang yang indah dan restoran yang menyajikan masakan lokal dan internasional.
  5. Rajegwesi Beach House: Menawarkan kamar-kamar yang bersih dan nyaman dengan harga yang terjangkau. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, kamar mandi dalam, dan teras dengan pemandangan kebun dan pantai. Penginapan ini juga dilengkapi dengan restoran yang menyajikan masakan lokal dan internasional.

Kuliner Tempat Makan

Terdapat beberapa tempat makan di sekitar Pantai Rajegwesi yang bisa Anda kunjungi, meskipun tidak terlalu banyak. Sebagian besar warung makan dan kedai kopi terletak di sepanjang jalan menuju pantai dan di sekitar area parkir. Beberapa tempat makan yang direkomendasikan diantaranya:

  1. Warung Makan Purnama menyajikan hidangan seafood yang lezat. Beberapa menu yang populer di sini adalah nasi goreng seafood, cumi goreng tepung, dan ikan bakar. Harga makanan di sini tergolong murah dan porsi cukup besar.
  2. Warung Makan Pak Mursid Warung makan ini terletak di Desa Sarongan, tidak jauh. Mereka menyajikan hidangan seafood yang segar dan lezat dengan harga yang terjangkau. Beberapa menu yang populer di sini adalah kepiting saus padang, ikan bakar, dan cumi goreng tepung.
  3. Kedai Kopi Gunung Mandala Kedai kopi ini terletak di sepanjang jalan. Selain kopi yang nikmat, mereka juga menyajikan makanan ringan seperti pisang goreng dan jagung bakar. Suasana di kedai kopi ini sangat asri dengan pemandangan hijau yang menenangkan.
  4. Warung Makan Bu Yani Warung makan ini terletak di sebelah utara. Mereka menyajikan hidangan nasi campur dengan berbagai pilihan lauk pauk, termasuk seafood. Selain itu, mereka juga memiliki pilihan menu vegetarian. Harga makanan di sini tergolong terjangkau dan porsi cukup besar.

Pantai Dekat

Beberapa pantai yang dekat dengan Pantai Rajegwesi antara lain:

  1. Pantai Pulau Merah: Pantai Pulau Merah merupakan pantai yang terkenal di Banyuwangi dengan pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.
  2. Pantai Sukamade: Pantai Sukamade merupakan tempat peneluran penyu yang masih alami dan asri.
  3. Pantai Teluk Hijau: Pantai Teluk Hijau merupakan pantai yang memiliki air laut berwarna hijau kebiruan dan pasir putih yang halus.
  4. Pantai Grajagan: Pantai Grajagan merupakan pantai yang terkenal sebagai salah satu tempat berselancar terbaik di Indonesia.
  5. Pantai Rajekwesi: Pantai Rajekwesi merupakan pantai yang terletak di sebelah timur dan dapat dicapai dengan berjalan kaki atau naik perahu kecil. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna coklat dan ombak yang cukup kecil.

Wisata Sekitar

Ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di sekitar Pantai Rajegwesi, di antaranya:

  1. Taman Nasional Meru Betiri Pantai Rajegwesi berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, sehingga Anda bisa menjelajahi tempat wisata alam yang lainnya seperti Pantai Teluk Hijau, Pantai Sukamade, dan Pantai Bandealit. Selain itu, di taman nasional ini Anda bisa melihat satwa liar seperti kura-kura, monyet, kancil, dan berbagai jenis burung.
  2. Goa Istana Goa Istana adalah sebuah goa yang terletak di kaki Gunung Raung. Goa ini memiliki keindahan alam yang menawan, di mana Anda bisa melihat air terjun, sungai, dan hutan yang hijau. Selain itu, goa ini juga memiliki sejarah yang menarik, di mana pada masa lalu digunakan sebagai tempat persembunyian raja-raja Jawa dari penjajahan Belanda.
  3. Air Terjun Jagir Air Terjun Jagir terletak di desa Sumberjaya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki kolam air yang jernih. Anda bisa berenang atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar.
  4. Hutan Mangrove Bangsring Hutan Mangrove Bangsring adalah hutan mangrove yang terletak di desa Bangsring. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas seperti naik perahu keliling hutan mangrove, menyaksikan burung-burung, atau sekadar menikmati keindahan alam.
  5. Desa Osing Desa Osing adalah sebuah desa adat yang terletak di lereng Gunung Ijen. Di desa ini, Anda bisa melihat keunikan budaya Osing, seperti rumah-rumah adat, upacara adat, dan kerajinan tangan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar desa, seperti sawah dan perkebunan kopi.
See also  Pesona Pantai Sepanjang, Sensasi Kuta di Yogyakarta

Tips

Tips untuk melakukan perjalanan ke Pantai Rajegwesi:

  1. Persiapkan fisik dan kesehatan Anda sebelum melakukan perjalanan ke Pantai Rajegwesi. Karena beberapa aktivitas yang tersedia di pantai ini membutuhkan fisik yang cukup kuat, seperti hiking atau snorkeling.
  2. Bawa perlengkapan yang sesuai untuk melakukan aktivitas di pantai, seperti pakaian renang, sandal atau sepatu yang nyaman, dan perlengkapan snorkeling jika ingin melakukan snorkeling.
  3. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan pelindung matahari seperti kacamata hitam, topi, dan tabir surya. Karena di pantai ini cukup terik dan terbuka.
  4. Selalu patuhi peraturan yang ada di pantai, seperti jangan membuang sampah sembarangan, jangan merusak lingkungan, dan selalu waspada terhadap bahaya di laut.
  5. Jangan lupa untuk membawa uang tunai secukupnya, karena di sekitar pantai mungkin tidak tersedia mesin ATM atau tempat tukar uang.
  6. Jika Anda ingin menginap di sekitar pantai, sebaiknya memesan akomodasi terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan, karena pilihan akomodasi di sekitar pantai mungkin terbatas.
  7. Untuk menuju ke Pantai Rajegwesi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di kota terdekat, seperti Banyuwangi. Namun jika Anda tidak ingin mengemudi sendiri, Anda juga bisa menggunakan jasa transportasi umum atau travel.
  8. Selalu berkomunikasi dengan penduduk setempat dan meminta informasi terbaru tentang kondisi pantai dan aktivitas yang tersedia di sana. Karena mereka mungkin memiliki informasi yang berguna untuk perjalanan Anda.

Dari sisi sejarah, Pantai Rajegwesi memiliki cerita yang menarik terkait dengan kehadiran tentara Jepang dan bunker pengintai mereka. Meski peninggalan sejarah tersebut sudah tidak ada lagi, namun keberadaannya menjadi bagian penting dari cerita dan daya tarik pantai ini. Dari segi keindahan alam, Menawarkan panorama pantai yang sangat indah. Terdapat pasir pantai berwarna coklat akibat endapan lumpur yang dibawa sungai saat banjir, serta hutan tropis hijau yang masih asri mengelilingi pantai ini. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh gugusan bukit dan batuan karang yang membentuk topografi yang unik dan menarik untuk diabadikan sebagai objek fotografi.

Pantai Rajegwesi juga menawarkan ombak yang lebih tenang dibandingkan pantai di sekitarnya, sehingga aman untuk berenang, mandi, atau snorkeling. Hal ini karena pantai ini dilindungi oleh batuan karang yang tinggi dan kuat yang menghadang deburan ombak Samudera Hindia. Tidak hanya itu, aktivitas nelayan dan perayaan petik laut yang sering diadakan di pantai ini juga menambah daya tarik bagi para wisatawan. Dari pantai ini, wisatawan juga dapat menuju Teluk Hijau dengan naik perahu atau melalui jalan trekking.

Pantai Rajegwesi menawarkan gabungan antara keindahan alam, sejarah, dan aktivitas lokal yang menarik. Pantai ini cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan indah, serta mencari pengalaman baru dan menambah wawasan sejarah.

Review Pantai Rajegwesi, Pesona Keindahan Wisata Alam di Banyuwangi.

Your email address will not be published. Required fields are marked *