Wisata Pantai Sendiki, Pesona Pantai yang Tersembunyi di Malang

Pantai Sendiki adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini memiliki panjang sekitar 1 kilometer dan terkenal dengan pasir putihnya yang lembut serta ombak yang cukup besar, sehingga cocok untuk berselancar.

Di pantai ini terdapat beberapa fasilitas seperti area parkir yang luas, warung makanan dan minuman, serta toilet umum. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa penginapan dan homestay yang bisa dijadikan tempat menginap bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama.

Memiliki pemandangan alam yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Selain itu, pantai ini juga menjadi habitat bagi berbagai jenis satwa laut seperti kepiting, kelomang, dan udang. Untuk menuju ke Pantai Sendiki, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti angkutan kota.

Memiliki panorama alam yang indah, dengan hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan ombak yang tidak terlalu besar. juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang mempercantik pemandangan alam di sekitarnya.

Pantai ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal, terutama pada musim liburan. Di sini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, bermain pasir, atau hanya sekedar menikmati keindahan alam pantai yang menawan. Selain itu, Pantai Sendiki juga memiliki beberapa spot fotogenik yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

Untuk mencapai Pantai Sendiki, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus atau travel. Dari kota Malang, jaraknya sekitar 45 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Tiket masuk cukup terjangkau, sekitar Rp 5.000 per orang. Di sekitar pantai juga terdapat warung makan dan kios yang menjual makanan dan minuman ringan.

Sejarah Mitos

Sayangnya, saya tidak memiliki informasi sejarah yang cukup terperinci tentang Pantai Sendiki. Namun, pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Memiliki pasir putih yang indah dan ombaknya yang cukup besar, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk berselancar.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa nama Sendiki berasal dari bahasa Jawa yang berarti “bersatu” atau “berpadu”. Namun, saya tidak dapat memastikan keakuratan informasi tersebut.

Meskipun saya tidak memiliki informasi sejarah yang lengkap tentang Pantai Sendiki, pantai ini tetap menjadi tujuan wisata yang menarik di Jawa Timur dan menyajikan pemandangan yang indah bagi para pengunjung.

Terdapat beberapa mitos yang berkaitan dengan Pantai Sendiki, di antaranya:

  1. Mitos tentang asal-usul nama “Sendiki”: Konon katanya, pada zaman dahulu kala terdapat seorang raja yang memiliki seorang putri cantik jelita. Sang putri ini sangat disayangi oleh raja dan seluruh rakyatnya. Suatu ketika, putri tersebut diculik oleh seorang jin yang menyamar menjadi manusia. Setelah berhari-hari mencari, raja dan rakyatnya berhasil menemukan putri tersebut di sebuah pantai yang kini dikenal sebagai Pantai Sendiki. Saat ditemukan, putri tersebut mengatakan bahwa dia diculik oleh “seseorang yang ada di sini” (“sene” dalam bahasa Jawa). Sejak saat itu, pantai tersebut dikenal sebagai Pantai Sendiki.
  2. Mitos tentang kekuatan magis pantai: Konon katanya, Memiliki kekuatan magis yang membuat orang-orang yang berenang di pantai tersebut menjadi sulit untuk pulang. Orang-orang yang terjebak dalam kekuatan magis tersebut diyakini akan merasa kelelahan dan bingung sehingga tidak bisa menemukan jalan pulang.
  3. Mitos tentang makhluk halus: Beberapa orang percaya bahwa dihuni oleh makhluk halus seperti jin atau pocong. Konon katanya, makhluk halus tersebut muncul di malam hari dan sering membuat orang merasa ketakutan.

Namun, perlu diingat bahwa mitos-mitos tersebut tidak memiliki dasar yang jelas dan mungkin hanya cerita-cerita yang berkembang di masyarakat setempat.

Alamat Akses

Alamat akses ke Pantai Sendiki Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Malang, perjalanan bisa ditempuh dengan melewati jalur Turen – Sumbermanjing Wetan. Kemudian, dari Sumbermanjing Wetan, pengunjung bisa mengikuti jalan menuju Pantai Sendiki yang telah dilengkapi dengan petunjuk arah.

Sedangkan jika menggunakan transportasi umum, pengunjung bisa naik angkutan umum seperti bus atau travel dari Kota Malang menuju Terminal Arjosari. Setelah itu, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum seperti mikrolet atau minibus menuju ke Sumbermanjing Wetan. Dari Sumbermanjing Wetan, pengunjung bisa menggunakan kendaraan sewa seperti ojek atau mobil untuk menuju ke Pantai Sendiki.

See also  Ulasan Lengkap Kampoeng Kidz, Wisata Edukasi Anak di Kota Batu

Rute

Untuk mencapai Pantai Sendiki, terdapat beberapa rute yang dapat dilalui, tergantung dari titik awal perjalanan. Berikut adalah beberapa rute yang dapat diambil:

  1. Dari Kota Malang
  • Melalui rute Kota Malang – Kepanjen – Dampit – Turen – Sumbermanjing Wetan
  • Perjalanan sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 49 km
  1. Dari Kota Batu
  • Melalui rute Kota Batu – Junrejo – Sumberpucung – Sumbermanjing Wetan
  • Perjalanan sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 42 km
  1. Dari Kota Surabaya
  • Melalui rute Surabaya – Porong – Pasuruan – Pandaan – Tretes – Prigen – Purwodadi – Lawang – Sumbermanjing Wetan
  • Perjalanan sekitar 3,5 jam dengan jarak sekitar 120 km
  1. Dari Bandara Abdul Rachman Saleh Malang
  • Melalui rute Bandara Abdul Rachman Saleh Malang – Arjosari – Tumpang – Dampit – Turen – Sumbermanjing Wetan
  • Perjalanan sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 43 km

Setelah mencapai Kecamatan Sumbermanjing Wetan, pengunjung dapat mengikuti petunjuk arah ke Pantai Sendiki. Jalan menuju pantai masih cukup terjal dan berliku, namun dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Aktivitas

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Sendiki antara lain:

  1. Berenang dan berjemur: Memiliki ombak yang relatif tenang dan pasir yang lembut, sehingga cocok untuk berenang dan berjemur di pantai.
  2. Bermain air dan bermain pasir: Merupakan tempat yang cocok untuk bermain air dan pasir. Anda dapat membuat bentuk-bentuk unik dengan pasir, bermain bola atau frisbee di pantai, atau sekedar berjalan-jalan di sepanjang pantai.
  3. Snorkeling dan diving Bagi Anda yang menyukai snorkeling dan diving, Menyediakan beberapa spot yang cocok untuk aktivitas tersebut. Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang dan keanekaragaman biota laut di sekitar pantai.
  4. Memancing: Merupakan tempat yang cocok untuk memancing. Anda dapat menikmati pemandangan laut dan menangkap ikan di sekitar pantai.
  5. Menyaksikan matahari terbenam: Menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Anda dapat menikmati keindahan langit senja di sepanjang pantai.
  6. Berwisata kuliner: Di sekitar terdapat berbagai jenis kuliner khas daerah Malang yang dapat Anda coba, seperti sate kambing, nasi pecel, bakso Malang, dan masih banyak lagi.

Daya Tarik

Pantai Sendiki memiliki beberapa daya tarik yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya:

  1. Pemandangan alam yang indah: Memiliki panorama alam yang menawan dengan hamparan pasir putih yang luas, air laut yang jernih, dan tebing-tebing karang yang menjulang tinggi di sekitarnya.
  2. Ombak yang cocok untuk berselancar: Terkenal sebagai salah satu spot surfing yang populer di Jawa Timur. Ombak yang cukup besar dan kuat cocok bagi para peselancar untuk menikmati olahraga surfing.
  3. Suasana tenang dan sepi: Berbeda dengan pantai-pantai lain yang ramai, Masih relatif sepi dan tenang. Hal ini membuat suasana pantai terasa lebih intim dan cocok bagi mereka yang ingin bersantai dan menenangkan diri.
  4. Spot fotografi yang indah: Karena pemandangan alamnya yang indah, Menjadi spot fotografi yang populer. Para pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan laut yang menawan atau menangkap momen indah saat matahari terbenam.
  5. Kegiatan menyelam: Menyajikan kegiatan menyelam bagi para pengunjung yang ingin mengeksplorasi keindahan bawah laut. Air laut yang jernih dan terumbu karang yang masih terjaga membuat kegiatan ini semakin menarik.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Sendiki antara lain:

  1. Area parkir
  2. Toilet umum
  3. Area bermain anak
  4. Kios makanan dan minuman
  5. Warung-warung souvenir
  6. Gazebo
  7. Tempat penginapan atau homestay
  8. Tempat ibadah (mesjid)

Meskipun fasilitas di pantai ini tergolong cukup lengkap, namun tetap disarankan untuk membawa perlengkapan yang cukup, seperti payung, alas duduk, dan perlengkapan mandi untuk menjaga kenyamanan selama berada di pantai.

Tiket Masuk

Tiket masuk Pantai Sendiki Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Weekday (Senin-Jumat): Rp 10.000/orang
  • Weekend (Sabtu-Minggu): Rp 15.000/orang

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Sendiki adalah:

  • Sepeda motor: Rp 5.000
  • Mobil: Rp 10.000
  • Bis: Rp 20.000

Harga tiket masuk dan biaya parkir dapat berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk selalu memeriksa informasi terbaru sebelum berkunjung.

Sunset

Pantai Sendiki sangat terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang indah. Para wisatawan sering datang ke pantai ini untuk menikmati momen indah ini. Waktu terbaik untuk menikmati matahari terbenam di pantai ini adalah antara jam 17:00-18:00 waktu setempat. Di pantai ini terdapat beberapa spot yang cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, seperti di area batu karang atau di tepi pantai yang landai.

Selain itu, saat matahari terbenam, warna langit dan laut di sekitar pantai juga menjadi sangat indah, terutama jika cuaca cerah dan tidak berkabut. Momen ini biasanya menjadi momen yang sangat populer di kalangan pengunjung yang ingin mengambil foto-foto yang indah di pantai ini.

See also  43 Pesona Pantai Legian, Pantai Pasir Putih Kuta Bali

Camping

Pantai Sendiki menyediakan area perkemahan (camping ground) yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menginap di pantai ini. Pengunjung dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di sekitar pantai.

Biaya sewa tenda bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis tenda yang disewa. Harga sewa tenda berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per malam, tergantung pada jenis dan ukuran tenda yang dipilih.

Selain itu, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, dan kantin yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Namun, perlu diingat bahwa jika ingin camping di pantai ini, pastikan untuk membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup, serta perlengkapan camping yang diperlukan seperti matras, sleeping bag, dan lain-lain.

Spot Mancing

Pantai Sendiki juga merupakan tempat yang populer untuk memancing. Beberapa spot mancing yang bisa dijadikan pilihan antara lain di sekitar muara Sungai Tambakrejo atau di bibir pantai.

Biasanya para pengunjung yang ingin memancing membawa peralatan sendiri, seperti joran, reel, dan umpan. Namun, jika Anda tidak membawa peralatan sendiri, Anda dapat menyewanya di sekitar pantai dengan biaya sewa yang terjangkau.

Namun, sebelum memulai aktivitas memancing, pastikan untuk memperhatikan peraturan yang ada di pantai dan memperhatikan faktor keselamatan, terutama jika Anda memancing di sekitar muara Sungai Tambakrejo.

Penginapan

Di sekitar Pantai Sendiki terdapat beberapa pilihan penginapan yang bisa dipilih oleh pengunjung, antara lain:

  1. Villa Sendiki – sebuah villa pribadi yang bisa disewa secara keseluruhan. Villa ini dilengkapi dengan kolam renang, dapur lengkap, ruang tamu, dan taman. Tarif sewa per malam mulai dari sekitar Rp 2.500.000.
  2. Glamping Sendiki – tempat glamping yang menawarkan pengalaman menginap di tenda glamor. Tersedia beberapa jenis tenda yang bisa dipilih, seperti tenda dengan pemandangan pantai atau tenda di atas pohon. Tarif menginap per malam mulai dari sekitar Rp 500.000.
  3. Homestay – terdapat beberapa homestay yang bisa disewa dengan tarif yang bervariasi. Biasanya fasilitas yang disediakan adalah kamar tidur, kamar mandi, dan dapur bersama.
  4. Camping – pengunjung juga bisa melakukan camping. Biaya untuk camping berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per malam tergantung dari fasilitas yang disediakan.

Namun, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan kamar atau tempat camping saat musim liburan atau akhir pekan.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel yang terletak di sekitar Pantai Sendiki:

  1. Aston Inn Batu – Jl. Raya Batu No.1, Batu, Malang. Jarak sekitar 20 km.
  2. Hotel Tugu Malang – Jl. Tugu No. 3, Kauman, Klojen, Malang. Jarak sekitar 38 km.
  3. The Shalimar Boutique Hotel – Jl. Abdul Gani Atas No.3, Klojen, Malang. Jarak sekitar 38 km.
  4. Aria Gajayana Hotel – Jl. Hayam Wuruk No. 5, Klojen, Malang. Jarak sekitar 40 km.
  5. Swiss-Belinn Malang – Jl. Veteran No. 8A, Klojen, Malang. Jarak sekitar 40 km.

Perlu diingat bahwa jarak yang diberikan dapat berubah tergantung pada rute dan kondisi lalu lintas pada saat berkunjung.

Kuliner

Di sekitar Pantai Sendiki, terdapat beberapa warung dan restoran yang menyajikan berbagai jenis kuliner. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Warung Mbah Jenggot: Menyajikan berbagai macam masakan seafood seperti ikan bakar, cumi-cumi goreng, udang goreng, dan lain sebagainya dengan harga yang terjangkau.
  2. RM Dwi Karya: Menyajikan berbagai macam masakan nusantara seperti nasi pecel, ayam goreng, dan sate dengan cita rasa yang enak.
  3. Warung Teras Laut: Tempat makan yang menyediakan seafood segar seperti ikan, udang, kerang, dan cumi-cumi dengan harga yang terjangkau.
  4. Restoran Mang Engking: Restoran yang menyajikan menu seafood dengan gaya khas Sunda, di sini kamu bisa menikmati berbagai menu seafood seperti gurame bakar, kepiting saus padang, dan masih banyak lagi.
  5. Depot Ria: Tempat makan yang terkenal dengan nasi tumpang-nya, selain itu di sini juga menyajikan berbagai macam masakan khas Jawa Timur seperti rawon, soto, dan masih banyak lagi.
  6. Warung Kopi Sendiki: Tempat nongkrong yang asik dengan suasana yang nyaman dan tenang, di sini kamu bisa menikmati kopi dan makanan ringan seperti pisang goreng, tahu goreng, dan lain sebagainya.
  7. Warung Makan Betutu Bali: Menyajikan berbagai macam masakan khas Bali seperti bebek betutu, ayam betutu, dan sate lilit dengan cita rasa yang autentik.

Namun, jika kamu ingin mencari pilihan kuliner yang lebih bervariasi, kamu bisa berkunjung ke kota Malang yang terletak sekitar 1,5 jam dari Pantai Sendiki. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai macam restoran dan warung makan yang menyajikan berbagai jenis kuliner mulai dari masakan tradisional hingga kuliner internasional.

Tempat Makan

Berikut beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Pantai Sendiki yang dapat kamu coba:

  1. Warung Makan Bu Ana: warung makan dengan menu makanan khas Indonesia, terletak sekitar 2 km.
  2. RM. Banyuwangi: restoran dengan suasana outdoor yang menawarkan berbagai macam hidangan seafood, terletak sekitar 5 km.
  3. Warung Bamboo: warung makan dengan konsep bambu yang menawarkan makanan Indonesia dengan harga terjangkau, terletak sekitar 3 km.
  4. Omahe Kedungkandang: restoran dengan nuansa tradisional dan menu khas Jawa Timur, terletak sekitar 8 km.
  5. Taman Laut: restoran dengan pemandangan laut yang menawarkan berbagai macam hidangan seafood, terletak sekitar 10 km.
See also  Review Menarik Pantai Jelangkung, Pesona Alam Eksotis di Malang

Pastikan untuk mencicipi kuliner khas daerah setempat saat berkunjung ke Pantai Sendiki.

Spot Foto

Memiliki banyak spot foto menarik yang bisa menjadi latar belakang yang indah untuk foto Anda. Beberapa spot foto yang populer di Pantai Sendiki antara lain:

  1. Rumah Pohon: Merupakan salah satu spot foto yang paling populer di sini. Rumah pohon yang terletak di atas pohon cemara yang besar ini menawarkan pemandangan pantai yang indah.
  2. Bukit Panorama Bukit Panorama adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan indah. Anda bisa mengambil foto panorama dari atas bukit yang menawarkan pemandangan seluruh pantai dan hamparan laut yang luas.
  3. Batu Pudak Batu Pudak adalah batu besar yang terletak di bibir pantai. Batu ini menawarkan pemandangan pantai yang indah dan menjadi spot foto yang populer.
  4. Jembatan Gantung Jembatan gantung yang melintasi muara sungai yang mengalir juga menjadi spot foto yang populer. Dari jembatan gantung ini, Anda bisa mengambil foto pemandangan pantai yang indah.
  5. Rumah Panggung Rumah panggung yang terletak di dekat pantai juga menjadi spot foto yang menarik. Rumah panggung yang dibangun dari kayu ini menawarkan pemandangan yang indah dan alami.

Pantai Dekat

Beberapa pantai terdekat dari Pantai Sendiki yang bisa dikunjungi antara lain:

  1. Pantai Banyu Anjlok
  2. Pantai Goa Cina
  3. Pantai Sendang Biru
  4. Pantai Ngliyep
  5. Pantai Tamban

Semua pantai ini berada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur dan dapat dicapai dengan berkendara dari Pantai Sendiki dalam waktu sekitar 1 hingga 2 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Wisata Sekitar

Ada beberapa tempat wisata menarik di sekitar Pantai Sendiki yang bisa dikunjungi, di antaranya:

  1. Gunung Bromo: Wisata yang terkenal dan populer di Jawa Timur ini berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dan menawarkan panorama alam yang sangat indah.
  2. Kawah Ijen: Terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, sekitar 4-5 jam perjalanan. Kawah Ijen terkenal dengan fenomena blue fire dan keindahan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan.
  3. Pantai Balekambang: Berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan, Pantai Balekambang menawarkan keindahan pantai yang sangat memukau dengan latar belakang patung-patung Hindu yang megah.
  4. Pantai Kondang Merak: Terletak di Desa Kondang Merak, sekitar 30 menit perjalanan. Pantai Kondang Merak memiliki pesona keindahan pantai yang mirip dengan Pantai Sendiki namun dengan keadaan yang masih asri dan sepi dari keramaian.
  5. Air Terjun Madakaripura: Terletak sekitar 2 jam perjalanan, Air Terjun Madakaripura menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dengan air terjun yang tinggi dan dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang menjulang tinggi.

Pantai Sendiki di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur adalah destinasi wisata pantai yang menawarkan suasana yang tenang dan nyaman untuk menikmati keindahan pantai. Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga menawarkan keindahan alam yang sangat menarik, seperti pemandangan bukit-bukit hijau yang mengelilingi pantai.

Terdapat berbagai kegiatan wisata yang dapat dilakukan, seperti berenang, berjemur di pantai, bermain pasir, menikmati sunset, dan memancing. Pengunjung juga dapat menyewa tempat untuk berkemah dan menikmati keindahan alam di malam hari. Memiliki beberapa fasilitas, seperti tempat parkir, kamar mandi, dan warung makan. Terdapat beberapa penginapan dan hotel di sekitar pantai yang dapat dipilih oleh pengunjung.

Terdapat beberapa rute yang dapat dilalui oleh pengunjung untuk mencapai Pantai Sendiki. Tiket masuk ke Pantai Sendiki sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 15.000 untuk weekend.

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata pantai yang tenang dan nyaman, Pantai Sendiki adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan berbagai kegiatan wisata yang dapat dilakukan. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menikmati liburan dengan budget terbatas.

Review Wisata Pantai Sendiki, Pesona Pantai yang Tersembunyi di Malang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *