Review Menarik Pantai Watu Leter, Pesona Pantai Virgin Di Malang

Pantai Watu Leter memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lainnya. Pantai ini terkenal dengan batu-batu karang yang ada di sekitarnya, sehingga memberikan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih.

Watu Leter, Pantai Indah di Malang Selatan
@syf_udn054

Keindahan pantai Watu Leter tidak hanya terletak pada keindahan alamnya saja. Di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir yang nyaman, sehingga para pengunjung dapat menikmati waktu mereka dengan tenang. Selain itu, pantai ini juga memiliki beberapa spot yang cocok untuk berfoto, seperti area batu karang yang menjorok ke laut dan juga area pasir putih yang luas.

Untuk menuju ke pantai Watu Leter, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat naik bus atau travel dari terminal Arjosari Malang dan turun di pertigaan Sitiarjo. Setelah itu, pengunjung dapat menggunakan ojek atau kendaraan pribadi untuk menuju ke pantai.

Pantai Watu Leter adalah destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan fasilitas yang nyaman, pantai ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Meskipun agak sulit untuk diakses, keindahan pantai ini sebanding dengan usaha yang diperlukan untuk mencapainya. Jalanan yang sempit dan berkelok-kelok diapit oleh perbukitan dan hamparan sawah yang sangat indah. Selain itu, Pantai Watu Leter juga merupakan tempat pendaratan penyu untuk bertelur dan memiliki hutan bakau serta sungai Sitiarjo yang menambah keindahan alamnya.

Meskipun belum terlalu populer, Pantai Watu Leter sangat cocok untuk menjadi tujuan liburan bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam yang masih alami dan asri. Tidak hanya menawarkan keindahan pantai yang memukau, tetapi juga memiliki suasana yang tenang dan damai, membuat pengunjung bisa merasa lebih dekat dengan alam dan diri mereka sendiri.

Pantai Watu Leter juga menjadi tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbenam. Pemandangan langit di ufuk barat tampak begitu menawan dengan warna-warna yang indah. Selain itu, bagi yang suka memancing, pantai ini juga menjadi tempat yang cocok untuk memancing ikan, terutama ikan kakap merah dan ikan bawal.

Untuk fasilitas, pantai ini masih terbilang minim, hanya terdapat beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa bekal sendiri jika ingin menghabiskan waktu di pantai ini. Meskipun sulit dijangkau dan minim fasilitas, Menyajikan keindahan yang sangat mempesona. Pantai ini cocok untuk menjadi tempat liburan bagi mereka yang mencari ketenangan dan ingin merasakan sensasi berlibur di pantai yang masih asri dan alami.

Sejarah Asal Mula

Pantai Watu Leter memiliki sejarah yang cukup panjang. Konon, pada zaman dahulu, pantai ini merupakan tempat peristirahatan raja-raja dan bangsawan yang datang dari berbagai penjuru Nusantara. Selain itu, pantai ini juga merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal dagang yang membawa berbagai barang kebutuhan pokok dari luar daerah.

Selain itu, pantai ini juga memiliki kisah legenda yang melekat di dalamnya. Menurut cerita, di pantai ini pernah terjadi pertempuran antara putri-putri Kerajaan Majapahit dengan pasukan Jepang pada zaman penjajahan. Legenda tersebut diabadikan dalam bentuk tarian tradisional yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Pada masa kini, Pantai Watu Leter telah menjadi destinasi wisata yang cukup populer di Kabupaten Malang. Karena keindahan alamnya yang memesona, pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Terdapat juga berbagai fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung, seperti penginapan, restoran, dan fasilitas olahraga air.

Meski demikian, Pantai Watu Leter tetap mempertahankan keasrian alamnya. Berbagai upaya pelestarian dilakukan untuk menjaga kelestarian ekosistem pantai, seperti penanaman mangrove, pengendalian sampah, dan pengawasan terhadap aktivitas pengunjung yang merusak lingkungan.

Pantai Watu Leter memiliki sejarah yang cukup panjang dan merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat sekitar. Konon, pantai ini sudah ada sejak zaman dahulu kala dan menjadi tempat yang dianggap sakral oleh penduduk setempat.

Menurut cerita rakyat, ada sebuah batu besar yang disebut Watu Leter yang memiliki kekuatan gaib dan diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat suci. Masyarakat percaya bahwa batu tersebut dapat memberikan perlindungan dan keberuntungan bagi mereka yang memuliakan tempat tersebut.

Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh para nelayan untuk mencari ikan dan hasil laut lainnya. Mereka memanfaatkan kekayaan alam yang ada di sekitar pantai untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Seiring dengan perkembangan waktu, Pantai Watu Leter semakin dikenal oleh masyarakat luas sebagai objek wisata yang menarik. Pemerintah setempat kemudian mengembangkan pantai ini dengan membangun akses jalan, fasilitas, dan sarana prasarana lainnya untuk memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung.

See also  24 Ulasan Pantai Karang Nini Pangandaran Pesona Legenda Cinta Sejati

Alamat Akses

Alamat akses ke Pantai Watu Leter, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176 dapat diakses melalui jalur darat dan jalur laut.

Jalur darat:

  • Dari kota Malang, Anda dapat mengambil jalur ke arah selatan melalui Jl. Raya Sumbermanjing Wetan.
  • Setelah tiba di Desa Rowotrate, Anda bisa mencari petunjuk jalan.

Jalur laut:

  • Jika Anda berangkat dari Bali, Anda bisa naik kapal menuju Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.
  • Setelah tiba di Surabaya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah selatan menggunakan kendaraan umum atau menyewa mobil.
  • Setelah tiba di Desa Rowotrate, Anda bisa mencari petunjuk jalan.

Perlu diketahui bahwa akses ke pantai ini tergolong sulit dan jalan menuju pantai ini masih berupa jalan setapak. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa kendaraan yang kuat dan hati-hati dalam berkendara.

Rute

Untuk menuju Pantai Watu Leter, terdapat beberapa rute yang dapat dilalui, di antaranya:

  1. Rute dari Malang melalui Sumbermanjing Wetan: Dari Kota Malang, Anda dapat mengambil jalur menuju Sumbermanjing Wetan. Kemudian, dari Sumbermanjing Wetan, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pantai Watu Leterdengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa ojek.
  2. Rute dari Surabaya melalui Malang: Dari Kota Surabaya, Anda dapat menggunakan jalur menuju Kota Malang, kemudian melanjutkan perjalanan ke Sumbermanjing Wetan. Setelah itu, Anda dapat mengikuti jalur menuju Pantai Watu Leter.
  3. Rute dari Kediri melalui Pare: Dari Kota Kediri, Anda dapat mengambil jalur menuju Pare, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kepanjen, dan terakhir menuju Sumbermanjing Wetan. Dari Sumbermanjing Wetan, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pantai Watu Leter dengan kendaraan pribadi atau ojek.

Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa kondisi jalan dan cuaca terkini serta membawa barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan.

Aktivitas

Pantai Watu Leter merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Berenang dan Bermain Air Memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berenang dan bermain air. Namun, tetap perlu berhati-hati karena terkadang ombak dapat tiba-tiba membesar.
  2. Menikmati Pemandangan Memiliki pemandangan yang indah dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi di sekelilingnya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai dan laut sambil beristirahat di bawah rindangnya pohon-pohon kelapa.
  3. Bermain Pasir dan Membuat Bangunan Pasir Aktivitas bermain pasir dan membuat bangunan pasir juga dapat dilakukan. Pengunjung dapat bermain pasir sambil menikmati suasana pantai.
  4. Menyewa Perahu Pengunjung dapat menyewa perahu tradisional untuk berkeliling pantai atau memancing di laut. Perahu tersebut biasanya disewakan oleh warga sekitar pantai.
  5. Memancing Menjadi tempat yang populer untuk memancing. Pengunjung dapat memancing di laut atau di muara sungai yang terdapat di sekitar pantai.
  6. Menjelajahi Batu Karang Batu karang yang terdapat di sekitar pantai juga menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung dapat menjelajahi batu karang sambil menikmati pemandangan laut.
  7. Menyaksikan Sunrise dan Sunset Menjadi tempat yang populer untuk menyaksikan sunrise dan sunset. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam di pantai ini.

Keunikan Daya Tarik

Pantai Watu Leter memiliki beberapa keunikan daya tarik yang membuatnya menarik untuk dikunjungi, di antaranya:

  1. Batu-batu raksasa: Memiliki formasi batu-batu raksasa yang terletak di sepanjang pantai. Batu-batu tersebut memiliki bentuk yang unik dan menarik untuk dijadikan latar belakang foto.
  2. Ombak besar: Merupakan salah satu pantai yang cocok untuk berselancar. Ombak yang terdapat di pantai ini cukup besar dan menantang bagi para peselancar.
  3. Keanekaragaman hayati: Di sekitar Terdapat hutan bakau yang cukup luas. Hutan bakau ini merupakan habitat bagi berbagai spesies fauna seperti burung, reptil, dan ikan.
  4. Pemandangan indah: Memiliki pemandangan yang indah dengan kombinasi antara batu-batu besar, pasir putih, dan air laut yang biru jernih. Pemandangan ini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto.
  5. Spot snorkeling: Selain berselancar, pantai ini juga cocok untuk melakukan snorkeling. Terumbu karang yang ada di sekitar pantai ini cukup indah dan menarik untuk dijelajahi.
  6. Tempat yang sepi dan tenang: Masih relatif sepi dan tenang dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Malang. Hal ini membuat pantai ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati pantai tanpa terlalu banyak kerumunan.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Leter antara lain:

  1. Area parkir yang luas
  2. Toilet umum
  3. Warung makan
  4. Musholla
  5. Penginapan
  6. Tempat duduk yang terbuat dari kayu yang menghadap ke laut
  7. Tempat berteduh atau berlindung dari panasnya matahari
  8. Area untuk berkemah
  9. Area untuk memancing

Namun, perlu diingat bahwa fasilitas di Pantai Watu Leter belum terlalu lengkap, sehingga pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan dan persediaan yang cukup selama berada di pantai tersebut.

Spot Foto

Pantai Watu Leter memiliki beberapa spot foto yang menarik untuk diabadikan, di antaranya adalah:

  1. Batu Kapal Batu Kapal adalah batu besar berbentuk kapal yang terdapat di bibir pantai. Spot ini menjadi salah satu yang paling populer untuk berfoto karena bentuk batunya yang unik dan lokasinya yang strategis di bibir pantai.
  2. Bukit Watu Leter Di sisi selatan terdapat bukit kecil bernama Bukit Watu Leter. Dari atas bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dengan latar belakang pegunungan di sekitarnya. Spot ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi foto sunrise atau sunset.
  3. Gazebo Kayu Di sepanjang pantai terdapat beberapa gazebo kayu yang bisa digunakan untuk bersantai atau berfoto. Salah satu gazebo kayu yang paling sering difoto adalah gazebo kayu di dekat Bukit Watu Leter. Gazebo ini terletak di bibir pantai sehingga memberikan pemandangan yang indah di sekitarnya.
  4. Batu Jurit Batu Jurit adalah batu besar yang terletak di sebelah utara. Batu ini memiliki bentuk yang unik dan lokasinya yang dekat dengan bibir pantai, sehingga menjadi spot foto yang populer di kalangan pengunjung.
  5. Area Pasir Putih Tentu saja, tidak boleh melewatkan area pasir putih yang mempesona ini. Dengan latar belakang perbukitan dan laut yang indah, area ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk mengambil foto yang memukau.
See also  Pantai Rembat Kombinasi Wisata Alam dan Edukasi di Indramayu

Tiket Masuk

Tiket masuk Pantai Watu Leter di Kabupaten Malang, Jawa Timur sebesar Rp15.000 per orang. Untuk parkir motor dikenakan biaya Rp15.000, sedangkan untuk parkir mobil dikenakan biaya Rp20.000. Harga tiket dan parkir tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun, informasi tersebut dapat dijadikan sebagai bahan persiapan dan perkiraan biaya sebelum mengunjungi pantai ini.

Sunrise Dan Sunset

Pantai Watu Leter adalah tempat yang cocok untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam. Pemandangan sunrise dan sunset di pantai ini sangat memukau dan sayang untuk dilewatkan.

Untuk menyaksikan sunrise, sebaiknya Anda sudah datang ke pantai sekitar pukul 05.00 pagi. Sedangkan untuk sunset, waktu yang tepat untuk datang adalah sekitar pukul 17.00 sore. Namun, pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu jadwal matahari terbit dan terbenam di daerah ini agar Anda tidak salah waktu.

Menikmati sunrise dan sunset di Pantai Watu Leter adalah pengalaman yang sangat berkesan dan dapat menjadi momen yang sempurna untuk mengabadikan momen indah tersebut.

Camping

Pantai Watu Leter juga menjadi pilihan populer untuk melakukan kegiatan camping. Pemandangan alam yang indah dengan suasana yang tenang dan nyaman membuat pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Untuk melakukan camping, pengunjung harus membawa peralatan sendiri seperti tenda, sleeping bag, matras, dan peralatan memasak. Area camping sudah disediakan dan tersedia juga fasilitas toilet dan kamar mandi yang bersih.

Pengunjung yang ingin melakukan camping, dikenakan biaya tambahan sesuai dengan kebijakan pengelola. Namun, pastikan untuk mematuhi aturan yang sudah ditetapkan dan menjaga kebersihan pantai agar tidak merusak lingkungan sekitar.

Spot Mancing

Pantai Watu Leter juga menyediakan spot memancing yang cukup populer di kalangan para pengunjung. Beberapa jenis ikan yang dapat ditemukan di perairan pantai ini antara lain ikan baronang, layur, kakap merah, dan masih banyak lagi.

Namun, untuk memancing Anda diharuskan membayar biaya tambahan. Biaya yang dikenakan untuk memancing di sini berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000 tergantung pada jenis peralatan yang digunakan dan durasi waktu memancing.

Anda juga disarankan untuk membawa perlengkapan memancing sendiri, karena tidak semua perlengkapan memancing tersedia di lokasi. Selain itu, pastikan juga untuk mematuhi aturan memancing yang berlaku, seperti tidak menggunakan bom ikan atau bahan peledak lainnya.

Penginapan

Di sekitar Pantai Watu Leter, terdapat beberapa pilihan akomodasi yang dapat dipilih untuk menginap. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Penginapan – terletak langsung di pantai dan menyediakan penginapan berupa tenda dan gubuk. Fasilitas yang disediakan cukup sederhana, namun cocok untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman camping di pinggir pantai.
  2. Villa Puri Taman – terletak sekitar 5 km dari pantai dan menyediakan villa dengan pemandangan yang indah. Villa dilengkapi dengan fasilitas modern seperti kolam renang dan Wi-Fi.
  3. Villa Nore – terletak sekitar 6 km dari pantai dan menyediakan villa dengan pemandangan yang indah. Villa dilengkapi dengan fasilitas modern seperti kolam renang dan Wi-Fi.
  4. Pakuwon Guest House – terletak sekitar 6 km dari pantai dan menyediakan penginapan dengan harga yang terjangkau. Fasilitas yang disediakan cukup sederhana, namun cocok untuk Anda yang ingin menginap dengan budget terbatas.
  5. Hotel Santika – terletak sekitar 20 km dari pantai dan merupakan hotel bintang empat yang dilengkapi dengan fasilitas modern seperti kolam renang, spa, dan restoran. Harga yang ditawarkan cukup mahal, namun cocok untuk Anda yang ingin menginap dengan kenyamanan dan fasilitas yang lengkap.

Harga penginapan di sekitar Pantai Watu Leter bervariasi tergantung jenis akomodasi dan fasilitas yang disediakan. Namun, secara umum, harga penginapan mulai dari sekitar Rp 150.000,- hingga Rp 1.000.000,- per malam.

Hotel Dekat

Berikut adalah beberapa hotel atau penginapan yang terletak dekat dengan Pantai Watu Leter:

  1. The Shalimar Boutique Hotel & Restaurant – terletak sekitar 15 km dari pantai. Alamat: Jalan Raya Singosari KM 10, Malang 65153, Indonesia.
  2. The Singhasari Resort – terletak sekitar 19 km dari pantai. Alamat: Jalan Ir. Soekarno No.120, Beji, Junrejo, Batu, Malang 65321, Indonesia.
  3. Pohon Inn Hotel – terletak sekitar 22 km dari pantai. Alamat: Jalan Abdul Gani Atas, Oro Oro Dowo, Klojen, Malang 65119, Indonesia.
  4. Swiss-Belinn Malang – terletak sekitar 23 km dari pantai. Alamat: Jalan Veteran No. 8, Klojen, Malang 65119, Indonesia.
  5. Aria Gajayana Hotel – terletak sekitar 23 km dari pantai. Alamat: Jalan Hayam Wuruk No. 1, Dinoyo, Malang 65119, Indonesia.
See also  Review Pantai Mini, Wisata Alam Eksotis di Malang

Catatan: Jarak dan harga sewaktu-waktu dapat berubah tergantung pada kebijakan hotel.

Tempat Makan

Di sekitar Pantai Watu Leter terdapat beberapa tempat makan yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati makanan lokal khas Jawa Timur, seperti:

  1. Warung Makan Kedai Leter: Warung makan yang menyajikan masakan tradisional dengan harga yang terjangkau.
  2. Resto Barokah: Restoran yang menyajikan menu masakan Indonesia dan seafood dengan harga yang terjangkau.
  3. Soto Ayam Pak Min: Tempat makan yang menyajikan soto ayam dengan cita rasa yang khas dan harga yang terjangkau.
  4. Warung Makan Segoro: Warung makan yang menyajikan makanan khas Jawa Timur dengan harga yang terjangkau.
  5. Warung Makan Bu Karti: Warung makan yang menyajikan masakan nusantara dengan harga yang terjangkau.
  6. Warung Makan Ikan Bakar Pak Edy: Warung makan yang menyajikan ikan bakar dengan cita rasa yang enak dan harga yang terjangkau.
  7. Restoran Pondok Asri: Restoran yang menyajikan masakan seafood dengan harga yang terjangkau dan pemandangan pantai yang indah.

Pastikan untuk mencicipi masakan khas daerah sekitar pantai untuk menambah pengalaman wisata kuliner Anda.

Pantai Dekat

Beberapa pantai terdekat dari Pantai Watu Leter adalah:

  1. Pantai Balekambang: Terletak sekitar 20 km, Pantai Balekambang menjadi salah satu pantai terpopuler di Kabupaten Malang. Pantai ini terkenal dengan sejumlah pura yang terletak di atas pulau batu karang di tengah laut.
  2. Pantai Sipelot: Terletak sekitar 25 km, Pantai Sipelot merupakan pantai yang masih alami dengan suasana tenang dan sepi. Pantai ini cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati pantai dengan suasana yang lebih privat.
  3. Pantai Sendangbiru: Terletak sekitar 30 km Pantai Sendangbiru merupakan pintu gerbang menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pantai ini juga menjadi tempat peluncuran perahu menuju Pulau Sempu.
  4. Pantai Ngliyep: Terletak sekitar 40 km, Pantai Ngliyep menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Di pantai ini juga terdapat pemandian air panas alami yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Wisata Sekitar

Beberapa wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di sekitar Pantai Watu Leter antara lain:

  1. Pantai Sendang Biru: Terletak sekitar 30 km, pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan pemandangan yang indah. Pantai Sendang Biru juga menjadi titik keberangkatan menuju Pulau Sempu yang terkenal dengan keindahan alamnya.
  2. Coban Rondo Waterfall: Terletak sekitar 40 km, Coban Rondo Waterfall menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dengan air terjun setinggi sekitar 84 meter. Di sini juga tersedia beberapa spot foto yang menarik.
  3. Jatim Park 3: Terletak sekitar 30 km dari, Jatim Park 3 adalah taman wisata keluarga dengan berbagai wahana permainan dan atraksi menarik. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman di sini.
  4. Gunung Bromo: Terletak sekitar 100 km, Gunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Jawa Timur. Di sini Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit atau trekking ke puncak gunung.
  5. Goa Tetes: Terletak sekitar 25 km, Goa Tetes adalah sebuah goa yang masih alami dengan stalagtit dan stalagmit yang indah. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas hiking dan trekking.

Itulah beberapa destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi liburan Anda.

Berdasarkan informasi yang telah disampaikan, dapat disimpulkan bahwa Pantai Watu Leter merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Keunikan dari pantai ini adalah terdapat batu-batu besar yang menjorok ke laut, memberikan pemandangan yang eksotis dan cocok untuk spot foto. Selain itu, pantai ini juga memiliki spot mancing dan area camping yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000,- per orang dan tarif parkir sepeda motor sekitar Rp10.000,- dan mobil sekitar Rp20.000,-. Pengunjung juga dapat menikmati sunrise dan sunset yang indah di pantai ini. Terdapat beberapa penginapan dan restoran di sekitar pantai untuk memfasilitasi kebutuhan para pengunjung.

Selain Pantai Watu Leter, terdapat beberapa pantai lain yang dapat dikunjungi di sekitar Malang, seperti Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, dan Pantai Sipelot. Selain pantai, juga terdapat wisata alam lainnya seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Coban Rondo Waterfall, dan Gunung Arjuno.

Review Review Menarik Pantai Watu Leter, Pesona Pantai Virgin Di Malang.

Your email address will not be published. Required fields are marked *