Pelita Desa Wisata Edukasi 3 Wahana Outbound Favorit di Bogor

Pelita Desa telah ada sejak tahun 2002 dan merupakan bagian dari Yayasan Pelita Ilmu yang fokus pada kegiatan di pedesaan. Tempat wisata ini menekankan kegiatan outbond yang menghibur.

Tempat Wisata Outbound Pelita Desa Ciseeng

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak desa telah diubah menjadi destinasi wisata. Mereka menggabungkan keindahan alam yang menakjubkan dengan berbagai aktivitas menarik. Pelita Desa di Ciseeng, Bogor, adalah salah satu contoh desa yang telah berubah menjadi destinasi wisata edukatif yang menyenangkan.

Dahulu hanyalah desa biasa, kini Pelita Desa telah bertransformasi menjadi destinasi wisata edukasi yang ramah anak-anak. Bahkan, dapat dikatakan bahwa desa wisata ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk tujuan wisata edukatif di Kota Bogor.

Sekarang, Bogor tidak hanya memiliki Taman Safari Indonesia sebagai destinasi wisata anak-anak yang populer. Pelita Desa telah menjadi alternatif yang menyenangkan untuk mengisi hari libur anak-anak dengan warna-warni yang berbeda.

Sejarah Tentang Pelita Desa

Pelita Desa, sebuah destinasi wisata edukatif yang terletak di Desa Ciseeng, Kabupaten Bogor, telah menebar pesonanya sejak tahun 2002. Menjadi bagian dari Yayasan Pelita Ilmu, tempat ini memiliki fokus pada kegiatan outbond yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan pembelajaran berharga.

Dulu hanyalah sebuah desa biasa, Pelita Desa telah bermetamorfosis menjadi sebuah destinasi wisata yang ramah anak. Di tengah keindahan alam dan suasana pedesaan yang masih asri, Pelita Desa menawarkan pengalaman edukatif yang tak terlupakan bagi keluarga dan anak-anak.

Salah satu daya tarik utama Pelita Desa adalah berbagai permainan outdoor yang tidak hanya mengasyikkan, tetapi juga mendidik. Dalam rangkaian kegiatan outbond, para peserta tidak hanya mengasah keberanian mereka, tetapi juga memperkuat keterampilan kepemimpinan dan kerja sama tim. Kegiatan ini dirancang dengan sangat baik, memberikan pengalaman yang bermanfaat sambil tetap menghibur.

Selain itu, kekayaan alam desa yang melimpah turut dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan. Mulai dari berinteraksi dengan sawah hingga kebun, pengunjung diajak untuk merasakan kehidupan pedesaan secara langsung. Suasana sejuk dan alami, jauh dari hiruk pikuk kota, memberikan ketenangan dan kenyamanan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Tak hanya menyuguhkan pengalaman belajar yang berharga, Pelita Desa juga mengajak pengunjung untuk menikmati pesona alam dan kesejukan udara Bogor. Bagi para orang tua yang ingin memberikan pengalaman edukatif dan seru bagi anak-anak, Pelita Desa adalah pilihan yang tepat. Suasana pedesaan yang menenangkan dan berbagai aktivitas menarik dijamin akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Harga Tiket Masuk Pelita Desa

Harga tiket masuk Pelita Desa Ciseeng cukup terjangkau. Berikut adalah beberapa pilihan tiket masuk yang tersedia:

  1. Tiket Masuk Paket Wisata Edu 1/Edu 2: Rp150.000
  2. Paket Camping Anak & Dewasa: Rp300.000

Dengan tiket masuk ini, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas dan pengalaman edukatif yang ditawarkan oleh Pelita Desa. Jadi, Anda bisa merencanakan liburan yang menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman di tempat ini.

See also  Wisata Pantai Sedari: Menikmati Keajaiban Alam di Ujung Jawa Barat


Sebelum Anda berkunjung ke Pelita Desa, ada beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan:

  1. Jumlah Pengunjung: Kunjungan rombongan minimal harus terdiri dari 30 orang.
  2. Harga Tiket Masuk: Harga tiket masuk meliputi beberapa fasilitas, seperti Welcome Drink, kegiatan Outbound, satu kali Snack Baso, satu kali Makan Siang, dan juga Suvenir Ikan untuk anak-anak yang berada dalam rentang usia TK-SD.

Dengan informasi ini, Anda bisa merencanakan kunjungan ke Pelita Desa dengan lebih baik, terutama jika Anda ingin datang dengan rombongan atau keluarga besar. Pastikan untuk memeriksa ketersediaan fasilitas dan aktivitas yang ditawarkan oleh Pelita Desa sebelum perjalanan Anda.

Jam Buka

Pelita Desa Bogor memiliki jadwal jam buka yang dapat diperhatikan sebelum Anda berkunjung:

  • Hari Operasional: Pelita Desa Bogor buka setiap hari dari Senin hingga Jumat.
  • Jam Buka: Pukul 08.00 pagi.
  • Jam Tutup: Pukul 17.00 sore.

Dengan jam operasional ini, Anda dapat mengatur waktu kunjungan Anda dengan baik agar dapat menikmati semua kegiatan dan fasilitas yang ditawarkan oleh Pelita Desa Bogor.

Alamat Rute Lokasi

Pelita Desa adalah destinasi wisata yang menarik di Bogor. Berikut adalah alamat dan rute untuk mencapai lokasi Pelita Desa:

Alamat: Jalan H. Miing RT 01, RW 03, Rawa Bangsa, Desa Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Rute:

  1. Jika Anda berangkat dari pusat kota Bogor, Anda dapat menggunakan rute melalui Jalan Sholeh Iskandar atau Jalan Atang Senjaya.
  2. Gunakan aplikasi peta atau navigasi untuk memandu Anda menuju alamat yang telah disebutkan di atas.
  3. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari pusat kota Bogor sekitar 1 jam 10 menit, tergantung dari lalu lintas dan kondisi jalan.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, mobil sewa, atau bus untuk mencapai lokasi ini. Pastikan untuk mengikuti petunjuk arah dan peta yang tersedia agar Anda tidak kesulitan menemukan Pelita Desa. Jika Anda berencana mengunjungi objek wisata lain seperti Lembah Tepus, Anda juga dapat menggabungkan kunjungan Anda untuk mengoptimalkan liburan Anda di Bogor.

Fasilitas

Kawasan wisata Pelita Desa menawarkan beragam fasilitas yang telah diatur dengan baik oleh pihak pengelola. Fasilitas-fasilitas ini dirawat dengan baik agar tetap berfungsi optimal. Kebersihan, kelayakan, dan kualitas fasilitas tetap menjadi prioritas utama.

Fasilitas parkir kendaraan merupakan salah satu fasilitas yang disediakan dengan luas area yang cukup besar. Area parkir untuk sepeda motor, mobil, dan bus terpisah secara terorganisir, memudahkan pengunjung dalam melakukan parkir.

Fasilitas makan berupa warung makan atau restoran juga tersedia di kawasan ini. Pengunjung tidak perlu khawatir mencari tempat makan di luar area wisata karena semua kebutuhan kuliner dapat terpenuhi di sini.

Fasilitas sanitasi seperti toilet umum, kamar mandi, dan ruang ganti juga tersedia dan dijaga kebersihannya. Fasilitas ini memberikan kenyamanan kepada pengunjung selama berada di kawasan wisata.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, tersedia fasilitas penginapan di Edu 4 dengan tarif sewa yang terjangkau. Penginapan ini menjadi pilihan bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman menginap di dalam kawasan wisata.

See also  Curug Rahong: Pesona Air Terjun Alami di Hutan Bogor

Selain itu, terdapat juga toko souvenir yang menjual berbagai produk souvenir lokal buatan warga setempat. Souvenir-souvenir ini umumnya merupakan karya kreatif seperti gantungan kunci dan lainnya, yang bisa menjadi kenang-kenangan bagi para pengunjung.

Daya Tarik

Pelita Desa merupakan destinasi wisata yang terletak di Desa Putat Nutug, Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata ini telah beroperasi sejak tahun 2002. Salah satu keunggulan utama Pelita Desa adalah kegiatan outbond dan pemanfaatan sumber daya alam di desa sebagai bagian dari pendekatan edukatif.

Desa ini memancarkan keasrian alam dengan pepohonan yang rindang dan udara yang segar. Suasana ini bebas dari polusi asap dan kebisingan kendaraan bermotor, memberikan ketenangan dan keheningan. Suara alam seperti dedaunan yang bergerak dan gemericik air menciptakan harmoni yang menenangkan.

Lingkungan alam pedesaan di Pelita Desa menjadi area wisata yang menarik. Edukasi yang melibatkan aktivitas di sawah dan kebun memberikan pengalaman mendalam tentang kehidupan pedesaan. Selain itu, terdapat kegiatan edukatif lainnya yang bermanfaat. Area outbond juga hadir di tengah alam pedesaan yang cantik, memberikan pengalaman unik dan seru.

Outbond Anak-anak

Area Edu 1 Pelita Desa didedikasikan khusus untuk kegiatan outbond yang ditujukan untuk anak-anak TK dan SD. Luas area ini mencapai 3 hektar, dan pelaksanaannya melibatkan partisipasi warga setempat. Dalam konteks ini, warga desa berperan sebagai pelatih, pemandu, penyedia konsumsi, dan memenuhi semua kebutuhan para wisatawan.

Pengunjung memiliki pilihan untuk memilih paket-paket yang telah disediakan. Selain itu, mereka juga dapat memilih jenis permainan yang ingin diikuti selama kegiatan outbond. Harga paket yang ditawarkan sudah mencakup tiket masuk, kegiatan outbond, makanan ringan (snack), makan siang, serta suvenir.

Terdapat beragam jenis permainan yang bisa dinikmati di area Edu 1. Beberapa contohnya adalah permainan “Polisi VS Maling,” “Kambing Guling,” “Vampir China,” “Pipa Bocor,” dan lain-lain. Semua permainan ini dirancang agar anak-anak dapat bermain secara aktif tanpa keterlibatan gadget.

Area Outbond Remaja

Edu 2 adalah area lain di Pelita Desa yang terletak tidak jauh dari Edu 1. Area ini berlokasi di tepi Sungai Cisadane. Konsepnya masih seputar kegiatan outbound, namun kali ini ditujukan untuk anak-anak yang lebih besar, seperti remaja SMA. Permainan yang disajikan di Edu 2 lebih menantang dan sesuai dengan usia yang lebih matang.

Beberapa kegiatan yang dapat dinikmati di sini termasuk Happy Rafting, Tarik Pipa, Berang – berang, serta kegiatan membatik. Paket Edu 2 juga mencakup manfaat yang serupa dengan Edu 1, yakni tiket masuk, minuman selamat datang, camilan, makan siang, dan suvenir.

Kegiatan di area Edu 2 membutuhkan banyak aktivitas fisik dan aksi, sehingga penting untuk membawa baju ganti dan peralatan mandi. Karena kemungkinan besar pengunjung akan kotor saat berpartisipasi dalam kegiatan outbound yang penuh aksi.

Taman Edukasi Minapark Ciseeng

Edu 3 Minapark, terletak dalam jarak 7 kilometer dari Edu 1, menyajikan pengalaman yang berbeda. Di sini, fokusnya adalah pada kegiatan outbound dan edukasi perikanan. Pengunjung akan mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan perikanan menggunakan teknologi modern.

See also  Lembah Cilengkrang: Surga Tersembunyi di Tengah Hutan Kuningan

Selain itu, Edu 3 juga dikenal sebagai Bazaar Syariah. Di area ini, terdapat beragam pondok kuliner yang menawarkan berbagai macam menu makanan. Hal ini memberikan pengunjung pengalaman kuliner yang beragam dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Outbond Telaga Rusa Ciseeng

Telaga Rusa, yang mencakup lahan seluas sekitar 7,8 hektar, merupakan destinasi belajar berkebun yang terletak dekat dengan Edu 3. Di sini, tidak hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa dapat belajar berkebun.

Selain kegiatan berkebun, Edu 4 juga menawarkan paket outbound. Selain itu, tersedia opsi untuk menginap bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman menginap di objek wisata ini. Dengan berbagai pilihan kegiatan dan fasilitas yang ditawarkan, Edu 4 menjadi tempat yang menarik untuk belajar, bermain, dan beristirahat.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat berkunjung ke Pelita Desa di Bogor:

  1. Perencanaan Awal: Sebaiknya Anda merencanakan kunjungan Anda terlebih dahulu, termasuk memilih paket atau kegiatan yang ingin Anda ikuti di Pelita Desa. Ini akan membantu Anda mengatur waktu dan menghindari keterlambatan.
  2. Kunjungan Rombongan: Jika Anda berencana datang dengan rombongan, pastikan jumlah peserta mencukupi untuk memenuhi syarat kunjungan rombongan, yaitu minimal 30 orang.
  3. Pakaian dan Perlengkapan: Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan yang akan Anda lakukan, terutama jika Anda berpartisipasi dalam kegiatan outbound. Jangan lupa untuk membawa baju ganti, handuk, dan perlengkapan mandi jika bermain outbound.
  4. Aktivitas Fisik: Beberapa kegiatan di Pelita Desa, terutama outbound, melibatkan aktivitas fisik. Pastikan Anda dan rombongan dalam kondisi kesehatan yang baik untuk mengikuti aktivitas tersebut.
  5. Fasilitas Mandi dan Ganti: Ada fasilitas toilet, kamar mandi, dan ruang ganti di lokasi. Pastikan Anda membawa perlengkapan mandi dan baju ganti.
  6. Kebersihan: Selalu menjaga kebersihan dan kerapihan selama Anda berada di lokasi wisata. Pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya.
  7. Mengabadikan Momen: Siapkan kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen seru Anda di Pelita Desa. Ada banyak sudut menarik yang layak diabadikan.
  8. Waktu Berkunjung: Datanglah di waktu yang tepat, seperti di pagi hari, untuk memaksimalkan waktu kunjungan Anda. Hindari waktu-waktu sibuk atau cuaca yang tidak menguntungkan.
  9. Mengikuti Instruksi: Saat mengikuti kegiatan atau permainan, dengarkan dengan seksama instruksi dari pemandu atau instruktur. Ini akan membantu Anda menjalani aktivitas dengan aman dan menyenangkan.
  10. Mematuhi Aturan: Patuhi aturan yang ada di lokasi, termasuk aturan keselamatan dan kebersihan. Ini akan membantu menjaga kenyamanan dan keselamatan Anda serta pengunjung lainnya.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat merencanakan kunjungan yang menyenangkan dan bermanfaat di Pelita Desa di Bogor.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Pelita Desa Wisata Edukasi 3 Wahana Outbound Favorit di Bogor.

Your email address will not be published. Required fields are marked *