Pesona Embung Manajar: Pemandangan Gunung yang Memukau

Embung Manajar di Boyolali merupakan salah satu proyek strategis pemerintah setempat yang menggabungkan fungsi irigasi pertanian dan pariwisata. Dengan luas mencapai 1602 m2, embung ini tidak hanya memberikan manfaat dalam penyediaan air untuk sawah di sekitarnya dengan kapasitas debit air mencapai 5.592 volume, tetapi juga diwujudkan sebagai destinasi pariwisata yang menarik.

Proyek pembangunan Embung Manajar dilaksanakan mulai bulan Juni 2019 dan berhasil diselesaikan pada Desember 2019. Akses menuju lokasi ini memang terbatas pada penggunaan kendaraan roda dua. Pengunjung yang membawa mobil diharapkan memarkirkan kendaraan di jalan utama Kecamatan Selo dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek.

Daya tarik utama Embung Manajar sebagai destinasi pariwisata terletak pada pemandangan luar biasa yang ditawarkan. Dikelilingi oleh beberapa gunung terkenal seperti Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Gunung Lawu, embung ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Keindahan latar belakang Gunung Merapi, ditambah dengan pesona kesejukan dan keindahan pegunungan, menciptakan suasana yang sayang untuk dilewatkan.

Selain fungsi utamanya sebagai sumber air untuk pertanian, Embung Manajar juga berhasil diintegrasikan ke dalam sektor pariwisata. Keberhasilan ini terutama disumbangkan oleh keindahan alam sekitar yang dijaga dan dikelola dengan baik. Bagi para pengunjung, pengalaman menyaksikan keindahan alam sambil menikmati suasana sejuk pegunungan menjadikan Embung Manajar sebagai destinasi wisata yang unik dan menarik di Boyolali, Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk Embung Manajar

Embung Manajar di Boyolali tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau tetapi juga menyajikan pengalaman wisata yang terjangkau. Berikut adalah informasi lengkap mengenai tarif dan jam operasional untuk para pengunjung:

Harga Tiket Masuk:

  • Tiket Masuk per orang: Rp5.000

Tarif Wahana:

  1. Ojek: Rp15.000 – Rp20.000
  2. Sewa Kuda: Rp30.000
  3. Area Berkemah: Rp15.000
  4. Parkir: Rp3.000

Catatan: Seluruh pendapatan dari tiket masuk akan disumbangkan untuk mendukung kegiatan pembibitan dan penanaman hutan oleh kelompok petani setempat.

Jam Operasional:

  • Embung Manajar buka setiap hari selama 24 jam.

Biaya Tambahan:

  • Pengguna kendaraan pribadi dapat memanfaatkan fasilitas parkir dengan biaya tambahan.
  • Ojek tersedia di pangkalan untuk membantu pengunjung mencapai lokasi dengan kenyamanan.

Saran untuk Pengunjung:

  1. Sebaiknya kunjungi Embung Manajar pada cuaca cerah karena minimnya tempat berteduh di sekitar area.
  2. Hindari kunjungan saat musim hujan untuk mengurangi risiko keamanan dan keselamatan.
  3. Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah pada pagi dan sore hari agar dapat menikmati suasana tanpa terik matahari.

Embung Manajar tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang memikat tetapi juga berkontribusi positif pada upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan masyarakat lokal. Mari nikmati keindahan alam sambil mendukung kegiatan berkelanjutan di destinasi ini.

Alamat Rute Lokasi

Petunjuk Menuju Embung Manajar, Boyolali:

Embung Manajar, yang terletak di Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, menawarkan pesona alam yang menakjubkan namun memerlukan perhatian khusus dalam hal aksesibilitas. Berikut adalah petunjuk menuju Embung Manajar:

  1. Lokasi: Embung Manajar berada di Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah.
  2. Jarak dan Waktu Tempuh: Jarak antara Embung Manajar dan Boyolali adalah sekitar 20 km, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.
  3. Rute Perjalanan:
    • Arahkan kendaraan ke Kecamatan Selo.
    • Lewati Simpang PB VI Selo yang terletak di sebelah barat kantor kecamatan.
    • Teruslah melaju sampai bertemu perempatan kecil dengan plang Petilasan Kabokanigoro dan Alam Sutera di sebelah kiri.
  4. Kondisi Medan Jalan:
    • Jalanan ke Embung Manajar dapat dilalui oleh motor, namun medannya mendaki tajam.
    • Perhatikan kondisi motor sebelum berkunjung, pastikan rem berfungsi dengan baik.
    • Jalanan memiliki kemiringan yang cukup curam, sehingga kondisi motor harus memadai.
    • Pengguna mobil disarankan untuk memarkir kendaraan di dekat Kecamatan Selo dan melanjutkan perjalanan dengan ojek.
  5. Kendaraan Roda 2 dan Ojek:
    • Jalanan menuju Embung Manajar hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda 2.
    • Pengunjung yang menggunakan mobil harus memarkir di dekat Kecamatan Selo dan melanjutkan perjalanan dengan ojek.
  6. Sewa Ojek:
    • Ojek dapat disewa di sekitar area untuk menuju Embung Manajar.
    • Disarankan untuk menyewa ojek jika kurang percaya diri dengan kondisi medan jalan atau kendaraan pribadi tidak memadai.
  7. Persiapan Saat Berkendara:
    • Pastikan kondisi kendaraan sehat, terutama sistem rem.
    • Khusus untuk motor, perhatikan kemampuan motor menanjak dan menurun yang diperlukan di jalanan curam.
  8. Saran:
    • Hindari membawa terlalu banyak barang, terutama jika tidak berniat berkemah, untuk mengurangi beban saat menanjak.
See also  Review Menarik Waduk Dawuhan, Wisata Danau Di Madiun

Dengan persiapan yang baik dan perhatian terhadap kondisi medan, perjalanan menuju Embung Manajar akan menjadi pengalaman yang mengesankan, membalas dengan keindahan alam yang memukau di destinasi ini.

Daya Tarik

Embung Manajar, yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah, kini menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun di kawasan tersebut. Keindahan alam yang ditawarkan menciptakan pengalaman wisata yang tak terlupakan, menjadikannya pilihan utama para wisatawan.

Salah satu daya tarik utama Embung Manajar adalah pemandangannya yang memukau. Dengan latar belakang Gunung Merapi yang gagah, pengunjung dapat menikmati keindahan embung yang mempesona. Pemandangan ini memberikan kesempatan langka untuk menyaksikan harmoni antara keindahan alam dan struktur embung yang dirancang dengan apik.

Berbeda dengan destinasi lainnya, seperti Embung Kledung di Kabupaten Temanggung yang menawarkan latar belakang Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Embung Manajar menghadirkan panorama eksklusif dengan Gunung Merapi sebagai pusat perhatian. Hal ini menjadikan Boyolali sebagai alternatif menarik bagi mereka yang mencari keindahan alam yang unik.

Lokasi Embung Manajar yang terletak di lereng Gunung Merbabu menambah daya tariknya. Perjalanan menuju lokasi dipenuhi dengan pemandangan menakjubkan dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, terutama saat cuaca cerah. Sehingga, perjalanan itu sendiri menjadi pengalaman wisata yang tidak terlupakan.

Bagi para pengunjung, momen berharga dapat diabadikan melalui foto dengan latar belakang pemandangan Embung dan Gunung Merapi. Keindahan panorama Embung Manajar, pada beberapa kesempatan, bahkan dianggap tidak kalah menarik dengan destinasi wisata di Dieng, memberikan pengalaman visual yang luar biasa.

Dengan pesona alamnya yang menawan, Embung Manajar di Boyolali telah membuktikan diri sebagai destinasi wisata berkelas di Jawa Tengah. Suasana yang tenang, pemandangan yang memukau, dan pengalaman yang unik menjadikan tempat ini tak hanya sebagai tujuan wisata populer saat ini, tetapi juga sebagai investasi keindahan alam untuk generasi mendatang.

Panorama 5 Gunung

Pemandangan Spektakuler: Daya Tarik Utama Embung Manajar sebagai Destinasi Pariwisata

Embung Manajar di Boyolali tidak hanya berfungsi sebagai waduk irigasi untuk keperluan pertanian, tetapi juga menjadi destinasi pariwisata yang memukau. Salah satu alasan utama popularitasnya adalah pemandangannya yang luar biasa. Dari kawasan ini, pengunjung dapat menikmati panorama indah dari lima gunung terkenal di Indonesia, menciptakan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Dari sebelah selatan Embung Manajar, saat cuaca cerah, pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dapat terlihat dengan jelas. Gagahnya Gunung Merapi dan pesona alam Gunung Merbabu menjadi daya tarik yang memikat para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan alam yang autentik.

Di sebelah timur, Gunung Lawu menambah pesona pemandangan dengan tampaknya melayang di atas awan. Pemandangan yang dramatis ini memberikan sentuhan magis pada pengalaman wisata di Embung Manajar.

Pada bagian barat, Gunung Sumbing menjulang indah, menciptakan latar belakang yang memukau dan menambah keindahan panorama sekitar waduk. Keanggunan alam yang tergambar dari Gunung Sumbing menjadi tambahan yang tak ternilai pada daya tarik destinasi ini.

Tidak ketinggalan, di bagian barat, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Slamet yang memancarkan kecantikannya. Keberadaan Gunung Slamet menambah kompleksitas dan keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh Embung Manajar.

Gabungan pemandangan waduk yang tenang dengan latar belakang megahnya lima gunung terkenal menciptakan harmoni alam yang mempesona. Pengunjung dapat menikmati momen tenang sambil meresapi keindahan alam yang begitu megah. Sehingga, bukan hanya sebagai sumber air, Embung Manajar di Boyolali juga menjadi saksi bisu dari keindahan alam Indonesia yang memukau.

Pengalaman Seru di Embung Manajar: Berkeliling dan Aktivitas Rekreasi

Selain menikmati keindahan panorama gunung-gunung yang memukau, Embung Manajar di Boyolali menawarkan serangkaian kegiatan seru yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Salah satu kegiatan yang tak kalah asik adalah berkeliling di sekitar area waduk.

Pengunjung dapat memilih untuk menjelajahi sekitar waduk dengan berjalan kaki. Saat melangkah di jalan setapak yang teratur, mereka dapat menikmati semilir angin sejuk sambil memandangi kehijauan pegunungan di sekitarnya. Aktivitas ini menjadi cara yang tenang dan santai untuk meresapi keindahan alam Embung Manajar.

Tak hanya itu, bagi yang ingin pengalaman berbeda, naik kuda sewaan juga menjadi pilihan menarik. Setiap kuda dilengkapi dengan pendamping pawang, sehingga pengunjung yang belum berpengalaman dalam menunggang kuda tidak perlu khawatir. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menjelajahi area waduk sambil merasakan kesejukan dan keindahan alam sekitarnya.

Selain berkeliling, Embung Manajar juga cocok sebagai tempat untuk berolahraga. Jalan setapak yang rapi tidak hanya memberikan keamanan saat berlari tetapi juga menciptakan suasana yang nyaman. Pengunjung dapat menikmati kegiatan olahraga seperti jogging atau bersepeda di tengah pemandangan hijau pepohonan yang menyegarkan. Udara yang segar dan suasana tenang memberikan tambahan nilai pada pengalaman berolahraga di Embung Manajar.

See also  Review Menarik Kolam Renang Waterpark Kenjeran Surabaya

Dengan berbagai kegiatan seru yang ditawarkan, Embung Manajar tidak hanya menjadi destinasi wisata yang indah tetapi juga tempat yang ideal untuk melepas penat, menikmati alam, dan beraktivitas secara aktif. Bagi yang mencari kombinasi antara keindahan alam dan kegiatan rekreasi, Embung Manajar di Boyolali menjadi pilihan yang tepat.

Bersantai

Meskipun Embung Manajar di Boyolali menawarkan pengalaman wisata yang menarik, ada beberapa pembatasan untuk memastikan keselamatan pengunjung dan keberlanjutan lingkungan. Salah satunya adalah larangan untuk melakukan kegiatan memancing atau duduk tepat di tepi waduk. Hal ini disebabkan oleh kedalaman yang mencukupi di area waduk.

Pengelola telah mengambil tindakan pencegahan dengan memasang pagar di sekitar waduk. Langkah ini diambil untuk mencegah terpeleset atau terceburnya pengunjung ke dalam air. Meskipun demikian, pengunjung masih dapat menikmati momen berharga dengan berfoto-foto di area tersebut. Pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar waduk menjadi latar yang sempurna untuk mengabadikan momen berharga.

Meskipun beberapa aktivitas terbatas di sekitar waduk, Embung Manajar masih menawarkan pengunjung suasana santai yang menyenangkan, terutama pada sore hari. Tempat ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai, menikmati suasana senja yang indah sambil mencicipi hidangan lezat.

Warung makan yang tersebar di sekitar waduk menawarkan pengalaman kuliner yang menyenangkan. Pengunjung dapat menikmati berbagai jajanan, seperti roti bakar dan segelas kopi hangat, sambil menikmati pemandangan alam yang menenangkan. Tempat-tempat ini sering digunakan sebagai tempat nongkrong, memungkinkan pengunjung untuk berbincang santai sambil menikmati hidangan lokal.

Dengan pembatasan tertentu yang diberlakukan, Embung Manajar tetap menjadi destinasi yang menarik, menggabungkan keindahan alam, keselamatan pengunjung, dan kesempatan untuk bersantai dan menikmati hidangan lokal.

Camping

Berkemah di area Embung Manajar merupakan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung yang mencari petualangan dan kedamaian alam. Beberapa hal menarik yang dapat dinikmati selama berkemah di sini termasuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan.

Area perkemahan yang disediakan tidak jauh dari waduk dan warung makan, menciptakan suasana berkemah yang nyaman dan aksesible. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil merasakan kesejukan dan ketenangan malam. Sayangnya, area perkemahan ini hanya dibuka pada malam Sabtu dan malam Minggu, menambahkan elemen eksklusivitas pada pengalaman berkemah di Embung Manajar.

Penting untuk diperhatikan bahwa tidak ada tempat penyewaan tenda di lokasi ini, sehingga pengunjung diharapkan untuk membawa peralatan perkemahan mereka sendiri. Biaya penyewaan kemah juga dikenakan sebagai bagian dari pengalaman ini, memberikan fasilitas yang dibutuhkan untuk menjadikan perjalanan berkemah lebih nyaman.

Selama malam, pengunjung akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari lautan cahaya lampu di pedesaan di bawahnya. Pemandangan ini menciptakan suasana magis dan romantis di sekitar area perkemahan. Pada malam yang cerah, kegagahan Gunung Merapi tetap menjadi daya tarik utama, menambah keajaiban alam yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Dengan segala daya tarik alamnya, berkemah di Embung Manajar tidak hanya menyuguhkan pengalaman koneksi yang lebih dalam dengan alam, tetapi juga mempersembahkan pemandangan luar biasa yang akan diingat selamanya. Sebuah pilihan ideal untuk para pencinta alam dan petualang yang menginginkan liburan yang berbeda dan mendalam.

Fasilitas

Embung Manajar di Boyolali tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau tetapi juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para wisatawan. Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola:

  1. Tempat Parkir yang Luas: Area wisata ini dilengkapi dengan tempat parkir yang luas, memberikan kemudahan bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi.
  2. Mushola: Adanya musala di area Embung Manajar memenuhi kebutuhan ibadah dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang ingin melaksanakan aktivitas keagamaan.
  3. Gazebo: Gazebo tersedia di sekitar area wisata, memberikan tempat istirahat yang nyaman dan menawarkan pemandangan yang indah.
  4. Spot Foto: Beberapa spot foto disiapkan untuk memungkinkan pengunjung mengabadikan momen indah mereka dengan latar belakang keindahan alam Embung Manajar.
  5. Toilet Umum: Adanya fasilitas toilet umum memastikan ketersediaan fasilitas sanitasi yang bersih dan nyaman bagi pengunjung.
  6. Warung Makan: Terdapat warung makan di sekitar area, memungkinkan pengunjung untuk menikmati hidangan lokal sambil menikmati keindahan alam sekitar.
  7. Bangku: Adanya bangku-bangku yang menghadap langsung ke waduk memungkinkan pengunjung untuk duduk dan bersantai sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan.
  8. Camping Ground: Bagi yang ingin berkemah, tersedia area khusus untuk mendirikan tenda, menambah pilihan bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di tengah keindahan alam.
See also  Kampoeng Wisata Cinangneng Wisata Edukasi Pedesaan Favorit Di Bogor

Embung Manajar di Boyolali, dengan segala fasilitasnya, tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati keindahan alam tetapi juga menciptakan lingkungan wisata yang nyaman dan ramah bagi para pengunjung. Sebuah destinasi yang lengkap untuk meresapi pesona alam Jawa Tengah yang memukau.

Tips Berkunjung

  1. Perhatikan Kondisi Kendaraan:
    • Pastikan kondisi kendaraan sehat dan siap untuk menempuh medan jalan yang tajam. Rem yang baik sangat penting, terutama untuk perjalanan menanjak.
  2. Pilihan Kendaraan:
    • Jika tidak yakin dengan kemampuan kendaraan pribadi, pertimbangkan untuk menyewa ojek di sekitar area. Ojek dapat membantu mengatasi medan jalan yang sulit.
  3. Sewa Ojek untuk Pengguna Mobil:
    • Jika menggunakan mobil, disarankan untuk memarkir kendaraan di dekat Kecamatan Selo dan melanjutkan perjalanan dengan ojek.
  4. Bawa Peralatan Berkemah:
    • Jika berniat berkemah, pastikan untuk membawa peralatan berkemah sendiri, termasuk tenda. Area camping ground tersedia untuk pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah.
  5. Kurangi Beban saat Menanjak:
    • Jika menggunakan motor, hindari membawa terlalu banyak barang untuk mengurangi beban saat menanjak.
  6. Pakaian dan Perlengkapan:
    • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Bawalah perlengkapan tambahan seperti jaket dan topi.
  7. Perhatikan Cuaca:
    • Perhatikan prakiraan cuaca sebelum pergi. Hindari perjalanan saat hujan karena jalanan dapat menjadi licin dan berbahaya.
  8. Sarapan atau Bawa Bekal:
    • Sebelum pergi, pastikan untuk sarapan atau membawa bekal ringan. Warung makan di sekitar area mungkin tidak selalu tersedia.
  9. Bawa Air Minum:
    • Selalu bawa air minum yang cukup, terutama saat melakukan aktivitas fisik atau berada di area terbuka.
  10. Hormati Lingkungan:
    • Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Bawa pulang sampah Anda dan hindari merusak flora dan fauna di sekitar Embung Manajar.
  11. Waktu Terbaik Berkunjung:
    • Pilih waktu berkunjung pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari yang terlalu menyengat.
  12. Nikmati Keindahan Alam:
    • Luangkan waktu untuk benar-benar menikmati keindahan alam sekitar Embung Manajar. Jangan terburu-buru dan abadikan momen indah Anda.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, perjalanan Anda ke Embung Manajar di Boyolali diharapkan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan aman, memungkinkan Anda menikmati pesona alamnya tanpa hambatan.

Embung Manajar di Boyolali, Jawa Tengah, mewakili harmoni antara fungsi irigasi dan daya tarik pariwisata. Sebagai embung yang dibangun untuk kebutuhan pertanian, Embung Manajar berhasil menarik perhatian sebagai destinasi wisata alam yang menakjubkan. Dengan latar belakang megah Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Lawu, dan Slamet, embung ini menawarkan pemandangan spektakuler yang memukau.

Dengan luas mencapai 1602 m², Embung Manajar bukan hanya tempat untuk aktivitas pertanian dan pengairan, tetapi juga menyediakan beragam kegiatan rekreasi. Pengunjung dapat mengeksplorasi sekitar embung dengan berjalan kaki atau menyewa kuda untuk pengalaman yang berbeda. Selain itu, area berkemah yang tersedia mengundang para wisatawan untuk merasakan keindahan matahari terbit dan terbenam di tengah alam yang damai.

Fasilitas yang lengkap, termasuk toilet umum, musala, gazebo, dan lahan parkir, menambah kenyamanan pengunjung. Tempat ini juga dilengkapi dengan warung makan yang menawarkan hidangan lokal, menciptakan suasana yang ramah dan menyenangkan. Pengelola telah memastikan bahwa fasilitas camping ground tersedia bagi mereka yang ingin merasakan sensasi berkemah di tengah keindahan alam Embung Manajar.

Namun, perlu diperhatikan bahwa akses menuju embung memerlukan kewaspadaan ekstra. Jalanan yang curam dan mendaki membuat kondisi kendaraan penting untuk diperiksa sebelum berkunjung. Pengguna mobil disarankan untuk memarkir kendaraan di dekat Kecamatan Selo dan melanjutkan perjalanan dengan ojek. Sementara itu, para pengunjung yang menggunakan motor harus memastikan bahwa kendaraan mereka memiliki kondisi yang baik, terutama sistem rem yang berfungsi dengan baik.

Dalam rangkaian fasilitas dan pengalaman yang ditawarkan oleh Embung Manajar, kesimpulan dapat diambil bahwa destinasi ini bukan hanya sebagai sumber air dan irigasi, tetapi juga sebagai oase alam yang memukau. Kombinasi keindahan alam, aktivitas rekreasi, dan kenyamanan fasilitas menjadikan Embung Manajar sebagai destinasi yang unik dan menarik di Jawa Tengah.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Pesona Embung Manajar: Pemandangan Gunung yang Memukau.

Your email address will not be published. Required fields are marked *