Destinasi Wisata Bukit Punthuk Setumbu Sunrise View Candi Borobudur

Magelang, kota yang dikelilingi oleh pesona alam dan keindahan pegunungan. Salah satunya adalah Punthuk Setumbu Magelang, destinasi wisata alam yang menawan di daerah ini. Di kawasan perbukitan ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan suasana yang sejuk, menjadikannya tujuan wisata utama bagi para pencinta matahari terbit.

Punthuk Setumbu Sunrise View Candi Borobudur Di Magelang

Punthuk Setumbu, tempat wisata yang menawarkan pesona keindahan sunrise yang luar biasa, menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan untuk berlibur akhir pekan di Magelang. Keindahan yang disajikan oleh tempat wisata ini mampu menghipnotis siapa saja yang datang berkunjung.

Magelang tidak hanya memiliki Candi Borobudur sebagai daya tariknya, tetapi juga menyediakan berbagai obyek wisata rekomendasi lainnya yang akan memanjakan perjalanan liburan Anda dan keluarga. Golden Sunrise Punthuk Setumbu benar-benar memikat hati dengan beragam spot foto yang begitu instagramable, menghadirkan kesempatan emas bagi pengunjung untuk menyimpan momen indah selama berada di sana. Setiap sudutnya menjadi daya tarik yang menggoda untuk diabadikan dalam bentuk foto-foto yang menawan.

Nikmati pesona alam terbaik dari obyek wisata Punthuk Setumbu Magelang bersama orang-orang tercinta saat menjalani hari libur. Jika Anda berencana mengunjungi obyek wisata, disarankan untuk menyimak informasi dan ulasan mengenai wisata ini agar menjadi referensi yang bermanfaat saat berkunjung.

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu

Berikut adalah informasi harga tiket masuk untuk menyaksikan keindahan pemandangan di Punthuk Setumbu:

  1. Beli Sunrise Tour: Rp572.289
  2. Beli Private Tour: Rp210.843
  3. Beli Private Motorcycle Tour: Rp423.293
  4. Tiket Masuk Wisatawan Domestik: Rp20.000
  5. Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara: Rp50.000

Biaya tiket masuk Punthuk Setumbu sangat terjangkau, sehingga wisatawan dapat menikmati pesona sunrise dan panorama alamnya dengan mudah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Pengunjung dapat memilih opsi tur yang sesuai dengan keinginan dan gaya liburan mereka, apakah ingin bergabung dengan tur grup atau lebih suka menikmati suasana pribadi dengan opsi tur privat.

Bagi wisatawan domestik, tiket masuk Punthuk Setumbu hanya seharga Rp20.000, sementara untuk wisatawan mancanegara, tiket masuknya sedikit lebih tinggi, yaitu Rp50.000. Dengan harga yang bersahabat dan keindahan alam yang luar biasa, Punthuk Setumbu menjadi pilihan wisata yang menarik dan mengesankan bagi para pengunjung dari berbagai kalangan.

Jam Operasional

Punthuk Setumbu menyediakan kesempatan bagi para wisatawan untuk mengunjunginya setiap hari dengan jam operasional yang berlangsung mulai pukul 4 pagi hingga jam 5 sore.

Jam Buka: Setiap Hari: 04.00 – 17.00 WIB

Dengan jam operasional yang dimulai sangat awal pagi, pengunjung memiliki kesempatan untuk menyaksikan keindahan sunrise yang memukau di Punthuk Setumbu. Selain itu, batas waktu operasional hingga sore juga memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan dan mengabadikan momen indah di siang hari sebelum tempat ini ditutup.

Jangan lupa untuk datang dengan waktu yang cukup agar bisa menikmati seluruh pesona alam yang ditawarkan oleh Punthuk Setumbu, dan pastikan untuk mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku di tempat wisata ini agar pengalaman liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Sejarah Tentang Punthuk Setumbu

Sejarah Punthuk Setumbu dimulai sebagai sebuah perbukitan biasa yang sebagian besar digunakan sebagai ladang oleh penduduk sekitar. Namun, semuanya berubah ketika seorang fotografer mengabadikan pemandangan di area ini, terutama Candi Borobudur dengan latar matahari terbit yang memukau.

Foto yang diambil oleh fotografer ini kemudian diunggah dan menarik perhatian banyak orang. Keindahan luar biasa dari pemandangan tersebut menyebar melalui media sosial dan mulai menarik perhatian para wisatawan. Semakin hari, kawasan perbukitan ini menjadi semakin populer sebagai destinasi wisata yang menawarkan pemandangan sunrise yang memukau.

See also  Wisata Religi Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung, kawasan perbukitan ini secara bertahap dikembangkan menjadi objek wisata yang lebih teratur dan nyaman untuk dikunjungi. Pemerintah dan masyarakat sekitar pun ikut berperan dalam mengelola dan merawat Punthuk Setumbu agar tetap mempesona dan menarik bagi para pengunjung.

Hingga saat ini, Punthuk Setumbu menjadi destinasi wisata yang terbuka untuk umum, menawarkan pemandangan matahari terbit yang tak terlupakan serta suasana alam yang menenangkan. Sejarahnya sebagai sebuah perbukitan sederhana yang berubah menjadi tempat wisata yang populer menunjukkan bagaimana keindahan alam bisa mengubah nasib suatu tempat menjadi daya tarik wisata yang menakjubkan.

Punthuk Setumbu Sunrise

Punthuk Setumbu memang menjadi destinasi utama para wisatawan untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Pemandangan sungguh menakjubkan, dan tidak mengherankan banyak wisatawan yang rela datang sejak pagi buta untuk tidak melewatkan momen bahagia ini.

Sebagian besar pengunjung biasanya tiba sebelum pukul 5 pagi, mendekati waktu matahari terbit. Hal ini menyebabkan bukit Punthuk Setumbu ramai oleh para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah ini.

Saat matahari terbit, langit berubah menjadi warna oranye yang indah dan menyinari segala penjuru. Cahayanya menerangi alam sekitar dan pepohonan di sekitarnya, sementara juga menyapu kabut yang telah menyelimuti kawasan ini sejak malam hari. Pemandangan yang spektakuler ini membuat pengunjung terpesona dan berkesan.

Dengan keindahan alam yang luar biasa dan suasana yang magis, tidak heran jika Punthuk Setumbu menjadi tempat favorit para fotografer dan wisatawan yang mencari momen sunrise yang tak terlupakan. Memang, momen sunrise adalah saat-saat istimewa yang layak untuk diabadikan dan dikenang selamanya.

Objek Fotografi Candi Borobudur

Punthuk Setumbu memang menawarkan objek fotografi yang menakjubkan, terutama untuk mengabadikan Candi Borobudur dari kejauhan. Dari puncak bukit, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang memukau ketika pucuk Candi Borobudur mulai terlihat di timur. Pemandangan ini seolah membelah kabut pagi dan menyambut sinar mentari yang terbit.

Perpaduan antara kabut pagi yang menyelimuti sekitar, kemegahan Candi Borobudur, dan rona oranye yang memancar dari matahari saat terbit, menciptakan pemandangan yang begitu indah dan memukau. Keindahan alam yang disajikan membuat momen ini menjadi sangat berharga dan tak boleh terlewatkan.

Untuk mendapatkan hasil foto yang optimal, disarankan untuk menggunakan tripod agar foto tidak blur atau goyah. Dengan bantuan tripod, wisatawan dapat mengambil foto dengan ketajaman yang baik, sehingga momen indah tersebut bisa diabadikan dengan sempurna.

Tak heran jika Punthuk Setumbu menjadi surganya para fotografer dan pecinta keindahan alam, karena pemandangan luar biasa yang menghadirkan Candi Borobudur sebagai salah satu latar belakangnya. Pengalaman unik ini akan menjadi kenangan tak terlupakan yang dapat dinikmati dalam bentuk foto-foto yang indah.

Menikmati Udara yang Sejuk

Berada di ketinggian 1.300 mdpl membuat Punthuk Setumbu memiliki udara yang begitu sejuk dan menyegarkan. Pengunjung akan merasakan kedamaian dan ketenangan saat menikmati suasana sejuk ini.

Di sini, pengunjung akan terbebas dari suara bising kendaraan bermotor yang sering terdengar di perkotaan. Suara alam menjadi musik alami yang menyapa, dengan nyanyian burung dan koor serangga liar yang melodi indah di sekitar tempat ini.

Bagi yang tidak terbiasa dengan suhu dingin, sebaiknya mempersiapkan diri dengan mengenakan jaket tebal. Karena terutama di pagi hari, suhu bisa sangat dingin. Dengan persiapan yang tepat, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah tanpa gangguan kedinginan.

Sensasi kesejukan udara dan keheningan alam akan memberikan pengalaman yang unik dan menyenangkan bagi para pengunjung. Rasakan kesegaran dan ketenangan di tempat ini, serta nikmati momen yang tak terlupakan di tengah suasana alam yang damai dan menenangkan.

Tantangan Mendaki Bukit

Petualangan mendaki bukit di Punthuk Setumbu menawarkan berbagai spot foto menarik yang sengaja disediakan oleh pengelola agar pengunjung dapat mendapatkan foto terbaik dari pengalaman mereka. Namun, persiapan yang matang sangatlah penting sebelum memulai perjalanan mendaki.

See also  31 Review Menarik Sevillage Taman Wisata Alam Glamping di Cianjur

Selain mempersiapkan pakaian tebal untuk menghadapi udara sejuk di ketinggian, pengunjung juga harus memiliki fisik yang kuat. Perjalanan menuju puncak bukit melibatkan jalur trekking yang harus ditempuh. Meskipun jalur trekkingnya tidak terlalu sulit, tetap harus berhati-hati dan berhati-hati selama perjalanan.

Jarak yang ditempuh selama kurang lebih 15 menit adalah tanjakan yang berupa tanah yang menanjak. Untuk menghindari risiko tergelincir, disarankan untuk menggunakan alas kaki yang anti selip dan dapat memberikan cengkeraman yang baik pada tanah.

Saat merencanakan perjalanan, lebih baik datang di musim kemarau karena jalur trekking bisa sangat licin dan berbahaya selama musim hujan. Dengan demikian, perjalanan mendaki akan lebih aman dan menyenangkan.

Dengan persiapan yang matang dan kehati-hatian selama perjalanan mendaki, pengalaman petualangan di Punthuk Setumbu akan menjadi momen berharga dan memberikan hasil foto-foto indah sebagai kenangan tak terlupakan.

Berkemah

Pengunjung yang ingin merasakan petualangan berkemah dapat melakukannya di area Punthuk Setumbu. Di tempat wisata ini, tersedia area berkemah yang telah tertata rapi, sehingga akhir pekan menjadi waktu yang tepat bagi mereka yang ingin bermalam di sini. Keuntungan berkemah adalah dekat dengan spot melihat matahari terbit yang menakjubkan.

Ketika berkemah, pengunjung tidak akan melewatkan momen fenomena matahari terbit yang spektakuler di balik perbukitan. Proses terbitnya matahari dari balik kabut hingga cahayanya menyinari lingkungan berlangsung cukup singkat, hanya sekitar 30 menit saja. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan kamera sebelum waktu matahari terbit agar momen indah tersebut dapat diabadikan dengan baik.

Tak hanya berfoto, pengunjung dapat menikmati kegiatan lain saat berkemah. Menikmati minuman hangat sambil menyaksikan matahari terbit merupakan pengalaman yang tak kalah menarik. Kehangatan minuman tersebut akan semakin memanjakan momen berkesan di pagi hari.

Berkemah di Punthuk Setumbu adalah cara yang menyenangkan untuk merasakan kedamaian alam, menikmati momen matahari terbit yang memukau, dan mengalami petualangan yang tak terlupakan. Dengan persiapan yang tepat dan mengikuti aturan dan tata tertib berkemah, pengalaman ini akan menjadi momen yang indah dan berarti bagi para pengunjung.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan rute lokasi Punthuk Setumbu sangat mudah diakses untuk para pengunjung yang ingin berkunjung ke obyek wisata alam ini di Magelang, Jawa Tengah.

Alamat Punthuk Setumbu: Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Rute Lokasi:

  1. Dari pusat kota Magelang, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 22 km menuju arah utara untuk mencapai Punthuk Setumbu.
  2. Jika Anda berangkat dari pusat kota Jogja, jarak yang harus ditempuh sekitar 43 km menuju arah barat daya untuk mencapai Punthuk Setumbu.

Setibanya di lokasi parkir kendaraan, Anda perlu trekking kurang lebih 20 – 30 menit untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu. Meskipun perjalanan trekking ini memerlukan usaha sedikit, pemandangan sunrise dan panorama alam yang menakjubkan di puncak akan sebanding dengan upaya yang Anda lakukan.

Dengan akses jalan yang baik, pengunjung dapat dengan mudah mencapai lokasi Punthuk Setumbu menggunakan kendaraan. Selain itu, keindahan alam dan momen sunrise yang luar biasa membuat perjalanan ini menjadi pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Fasilitas

Punthuk Setumbu, sebagai salah satu obyek wisata yang populer di Magelang, Jawa Tengah, menyediakan beragam fasilitas untuk kenyamanan dan kepuasan para pengunjung. Berikut beberapa fasilitas wisata yang dapat dinikmati saat berkunjung:

  1. Area Parkir Kendaraan Wisata: Pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat parkir untuk kendaraan pribadi atau kendaraan wisata yang digunakan selama perjalanan.
  2. Warung Wisata: Terdapat warung atau tempat makan, sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan lokal atau membeli makanan dan minuman segar selama kunjungan.
  3. Pusat Souvenir dan Oleh-Oleh: Pengunjung dapat membeli berbagai souvenir atau oleh-oleh khas sebagai kenang-kenangan atau hadiah untuk orang terdekat.
  4. Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat tersedia di lokasi, memastikan kenyamanan selama perjalanan dan kunjungan.
  5. Mushola: Terdapat mushola sebagai tempat ibadah bagi pengunjung yang ingin berdoa atau beribadah selama kunjungan.
  6. Gazebo: Gazebo atau tempat berteduh tersedia di beberapa area, memberikan tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam di sekitar.
  7. Spot Foto Instagenic: Pengunjung dapat menemukan berbagai spot foto yang indah dan instagramable, memungkinkan untuk mengabadikan momen-momen spesial selama perjalanan.
  8. Tempat Duduk (Sunrise Spot): Terdapat tempat duduk khusus di beberapa area, memudahkan pengunjung untuk menikmati keindahan sunrise tanpa harus berdiri.
See also  30 Review Menarik Pantai Gunung Payung, Wisata Alam Primadona Baru Di Bali

Dengan fasilitas yang lengkap, Punthuk Setumbu menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi wisatawan. Nikmati suasana alam yang memukau dan momen sunrise yang tak terlupakan bersama orang tercinta di obyek wisata alam yang menakjubkan ini di Magelang.

Tips Berkunjung

Berikut beberapa tips berkunjung ke Punthuk Setumbu agar perjalanan liburan Anda semakin berkualitas dan menyenangkan:

  1. Pilih Waktu Terbaik: Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah di pagi hari sebelum matahari terbit. Menyaksikan sunrise dari puncak bukit adalah momen yang luar biasa dan tak terlupakan.
  2. Ajak Keluarga dan Teman: Agar suasana liburan semakin seru dan menyenangkan, ajaklah keluarga atau teman untuk berkunjung bersama. Berbagi momen indah dengan orang terdekat akan membuat perjalanan menjadi lebih berarti.
  3. Bawa Kamera: Jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel dengan kualitas foto yang baik. Terdapat banyak spot foto menarik yang anti mainstream yang dapat diabadikan sebagai kenangan indah.
  4. Persiapkan Kondisi Fisik: Karena trekking kurang lebih 20-30 menit diperlukan untuk mencapai puncak bukit, usahakan datang dengan badan yang prima dan fit. Ini akan membuat perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan.
  5. Kenakan Pakaian yang Tepat: Mengingat ketinggian dan suhu yang sejuk, kenakanlah pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Pastikan Anda membawa jaket atau pakaian hangat untuk menghadapi udara sejuk di pagi hari.
  6. Ikuti Aturan dan Tata Tertib: Selalu ikuti aturan dan tata tertib yang berlaku. Pastikan Anda menjaga kebersihan lingkungan dan mematuhi petunjuk pengelola wisata untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Dengan mengikuti tips berkunjung di atas, perjalanan Anda akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan. Nikmati keindahan alam, momen sunrise yang spektakuler, dan suasana damai di tempat wisata alam yang menakjubkan ini di Magelang, Jawa Tengah.

Terima kasih telah membaca informasi wisata Punthuk Setumbu di Magelang, Jawa Tengah. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi yang berguna dan membantu memudahkan perjalanan liburan Anda di daerah tersebut.

Punthuk Setumbu adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan dengan pemandangan sunrise yang indah. Dengan suasana sejuk dan fasilitas yang lengkap, tempat ini menjadi destinasi yang populer bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan momen sunrise yang tak terlupakan.

Nikmati momen liburan yang berkesan bersama keluarga atau teman-teman Anda di Punthuk Setumbu. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga selama perjalanan. Selamat berlibur di Magelang, Jawa Tengah, dan semoga Anda memiliki pengalaman liburan yang menyenangkan dan mengesankan!

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Destinasi Wisata Bukit Punthuk Setumbu Sunrise View Candi Borobudur.

Your email address will not be published. Required fields are marked *