Purbasari Pancuran Mas Taman Wisata Pendidikan di Purbalingga

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas di Purbalingga adalah sebuah tempat yang sangat menarik dan unik. Dengan slogan “Ayo berwisata sambil bermain,” tempat ini menggabungkan rekreasi dan edukasi dalam satu paket yang memikat. Saya punya kesempatan untuk mengunjungi TWP Purbasari Pancuran Mas dan saya sangat terkesan dengan apa yang ditawarkan oleh tempat ini.

Salah satu hal yang paling mencolok adalah ikonnya, yaitu ikan raksasa Arapaima Gigas dari sungai Amazon. Ikan ini benar-benar “si besar yang lembut” dan menjadi daya tarik utama Taman Rekreasi ini. Pengunjung dapat belajar lebih banyak tentang spesies ikan ini, serta melihatnya secara langsung di habitat yang dibuat mirip dengan sungai Amazon.

Selain itu, saya juga menghargai fokus TWP Purbasari Pancuran Mas pada pariwisata berkelanjutan. Penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) tahun 2018 dari Kementerian Pariwisata adalah bukti bahwa tempat ini serius dalam menjaga lingkungan dan budaya setempat. Dalam era di mana kita semakin sadar akan pentingnya berkontribusi pada pelestarian lingkungan, tempat seperti ini adalah contoh bagus tentang bagaimana pariwisata dapat berjalan seiring dengan keberlanjutan.

Selain itu, TWP Purbasari Pancuran Mas juga menawarkan pengalaman edukasi yang berharga. Pengunjung dapat belajar lebih banyak tentang lingkungan, ekosistem sungai, dan banyak lagi. Hal ini membuat pengalaman wisata di tempat ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberi wawasan yang berharga.

Saya sangat merekomendasikan Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas kepada siapa pun yang mencari tempat yang menghibur dan mendidik sekaligus. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersenang-senang sambil belajar, dan saya yakin pengunjung akan meninggalkan tempat ini dengan pengalaman yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk TWP Purbasari Pancuran Mas

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas adalah destinasi yang menyenangkan dan informatif untuk keluarga dan individu dari segala usia. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau sebesar Rp25.000 per orang, pengunjung dapat mengakses berbagai wahana yang tersedia, kecuali Wisata Perahu dan Film 3D.

Salah satu hal yang membuat TWP Purbasari Pancuran Mas menonjol adalah ikonnya, yaitu ikan raksasa Arapaima Gigas dari sungai Amazon. Ini adalah pengalaman yang unik untuk melihat ikan ini dan belajar lebih banyak tentang spesiesnya. Tempat ini benar-benar menggabungkan rekreasi dan edukasi dengan sempurna.

Selain itu, tempat ini telah mendapatkan penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) pada tahun 2018, menunjukkan komitmen mereka terhadap pariwisata berkelanjutan. Ini adalah langkah positif dalam menjaga lingkungan dan budaya setempat.

Dengan konsep “satu tiket untuk semua,” pengunjung dapat mengeksplorasi seluruh wahana yang ditawarkan, menciptakan pengalaman yang beragam. Namun, perlu diingat bahwa akses ke Wisata Perahu dan Film 3D mungkin memerlukan biaya tambahan.

Purbasari Pancuran Mas adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sambil tetap mendapatkan pengetahuan yang berharga. Keseluruhan, ini adalah destinasi yang menyenangkan, edukatif, dan terjangkau yang layak untuk dikunjungi.

Jam Buka

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas buka setiap hari, mulai dari jam 08.30 pagi hingga jam 04.30 sore. Jam operasional yang luas ini memberi fleksibilitas bagi pengunjung untuk menyesuaikan kunjungan mereka sesuai dengan jadwal mereka. Dengan waktu buka yang panjang, pengunjung dapat merencanakan kunjungan mereka dengan lebih leluasa dan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati semua wahana dan pengalaman yang ditawarkan oleh TWP Purbasari Pancuran Mas.

Alamat Rute Lokasi

Alamat Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas adalah:

Jl. Purbayasa, Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

See also  Kolam Renang Tirta Indah Wisata Air Favorit di Majalengka

Untuk memberikan rute menuju lokasi dari Alun-Alun Purbalingga, berikut adalah panduan umum:

  1. Mulailah dari Alun-Alun Purbalingga.
  2. Menuju Jl. Onje.
  3. Di bundaran jalan, arahkan kendaraan Anda ke Jl. Jend. Sudirman dan teruskan lurus ke Jl. MT. Haryono.
  4. Setelah itu, belok kanan setelah melewati Pasar Padamara.
  5. Belok kanan kembali untuk menuju lokasi Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda seharusnya dapat mencapai tujuan Anda dengan mudah. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi lalu lintas dan memastikan bahwa petunjuk di jalan masih berlaku saat Anda melakukan perjalanan.

Fasilitas

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Purbasari Pancuran Mas adalah:

  1. Parkiran: Area parkir untuk kendaraan pengunjung, memberikan kenyamanan dan kemudahan akses.
  2. Toilet: Fasilitas toilet umum, penting untuk kenyamanan pengunjung selama kunjungan.
  3. Mushola: Tempat ibadah yang disediakan bagi pengunjung yang membutuhkannya.
  4. Area Istirahat: Ruang-ruang istirahat atau tempat duduk yang memungkinkan pengunjung beristirahat sejenak.
  5. Homestay: Akomodasi yang tersedia untuk pengunjung yang ingin menginap dalam j jarak dekat dengan tempat wisata.
  6. Kolam Renang: Kolam renang yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berenang dan bersantai.
  7. Camping Ground: Area khusus untuk berkemah, cocok bagi mereka yang suka camping.
  8. Sewa Tenda: Layanan penyewaan tenda bagi pengunjung yang ingin berkemah.
  9. Wahana Permainan: Berbagai wahana permainan yang menambah keseruan kunjungan, terutama bagi keluarga dan anak-anak.

Fasilitas-fasilitas ini memberikan pengunjung beragam pilihan dan kenyamanan selama kunjungan mereka ke Purbasari Pancuran Mas.

Daya Tarik

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas. Slogan “Ayo berwisata sambil bermain” mencerminkan konsep yang menarik, yaitu penggabungan rekreasi dan edukasi dalam satu tempat. Penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) yang diterima oleh TWP Purbasari Pancuran Mas pada tahun 2018 adalah pengakuan yang pantas atas komitmen mereka terhadap pariwisata berkelanjutan.

Fakta bahwa tempat ini memiliki ikon ikan raksasa Arapaima Gigas dari Sungai Amazon dan berbagai wahana dan atraksi menambah daya tariknya. Dengan sejarah yang dimulai sejak tahun 2001, tempat ini telah berkembang menjadi destinasi yang menarik untuk semua kelompok usia. Kehadiran koleksi ikan yang lengkap dan bird park yang berisi berbagai jenis burung membuat pengunjung memiliki banyak hal untuk dinikmati dan dijelajahi.

Terlebih lagi, fakta bahwa taman ini memadukan alam buatan dengan wahana modern menjadikannya tempat yang cocok untuk berfoto dan berbagi pengalaman melalui media sosial. TWP Purbasari Pancuran Mas tampaknya menjadi tempat yang menawarkan pengalaman yang menarik dan beragam bagi pengunjungnya, membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dipertimbangkan ketika berlibur di Purbalingga atau sekitarnya.

River World

Wahana yang menampilkan banyak jenis ikan air tawar dari seluruh penjuru dunia di Purbasari Pancuran Mas tampaknya sangat menarik. Dengan total dua ratus jenis ikan, tempat ini tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menghibur, tetapi juga sarana edukasi yang luar biasa.

Keberadaan spesies ikan eksotis seperti Arapaima Gigas, Aba-aba Amazon, dan bahkan piranha menambah daya tarik wahana ini. Pengunjung dapat mempelajari dan mengamati berbagai jenis ikan yang mungkin sulit ditemui di tempat lain. Selain itu, kemungkinan penggunaan wahana ini sebagai tempat riset bagi pelajar dan mahasiswa adalah inisiatif yang hebat, karena hal ini dapat mendukung pemahaman lebih dalam tentang ekologi dan keanekaragaman hayati di dunia perairan tawar.

Dengan kombinasi rekreasi dan edukasi seperti ini, Purbasari Pancuran Mas tampaknya telah menciptakan pengalaman yang berharga bagi pengunjungnya dan memberikan manfaat positif dalam mendukung pemahaman dan pelestarian lingkungan air tawar serta spesies ikan yang ada di dalamnya.

Telaga Fulus

Telaga Fulus di Purbasari Pancuran Mas tampaknya menjadi tambahan yang menarik untuk pengunjung setelah mengamati ikan-ikan yang menakjubkan. Telaga buatan ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati berbagai wahana air yang aman dan seru. Beberapa wahana seperti speed boat, kano, perahu dayung, dan sepeda air pasti akan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Kehadiran wahana-wahana ini memungkinkan pengunjung untuk bersantai di atas air, mengeksplorasi telaga, dan menikmati pemandangan sekitar. Selain itu, penting juga untuk menekankan bahwa wahana-wahana ini telah diuji keamanannya, sehingga pengunjung dapat merasa nyaman dan aman saat menikmati aktivitas di Telaga Fulus.

See also  Alun-Alun Gresik Destinasi Wisata Kota Konsep Multifungsi dan Multikultur

Dengan kombinasi antara pengamatan ikan eksotis dan wahana air yang seru, Purbasari Pancuran Mas nampaknya memberikan beragam pengalaman bagi para pengunjungnya, menjadikannya destinasi yang menarik dan cocok untuk keluarga maupun individu yang mencari kesenangan di air.

Area Konservasi Rusa

Mengunjungi area konservasi rusa di Purbasari Pancuran Mas tampaknya menjadi pengalaman yang menarik, terutama bagi mereka yang ingin lebih dekat dengan hewan-hewan yang jinak seperti rusa. Fasilitas ini memberi kesempatan kepada pengunjung untuk berinteraksi dengan hewan-hewan ini dalam lingkungan yang lebih alami.

Melihat banyak rusa di halaman berumput dan memberi makan dengan makanan yang disediakan merupakan pengalaman yang edukatif dan berkesan, terutama bagi keluarga dan anak-anak yang dapat belajar lebih banyak tentang perilaku dan kebiasaan makan rusa. Selain itu, pengembangan terus-menerus dari area konservasi ini menunjukkan komitmen pengelola untuk melestarikan hewan-hewan ini dan memberikan pengalaman yang semakin baik bagi pengunjung.

Ini adalah salah satu fitur yang menambah daya tarik Purbasari Pancuran Mas dan membuatnya menjadi destinasi wisata yang cocok untuk semua usia dan penggemar hewan.

Waterpark dan Waterboom

Wahana waterpark di Purbasari Pancuran Mas tampaknya menjadi daya tarik yang sangat populer bagi pengunjung. Dengan berbagai jenis kolam renang yang tersedia untuk berbagai usia, tempat ini adalah tempat yang sempurna bagi keluarga dan individu untuk bersantai dan bersenang-senang di air. Kolam anak, kolam dewasa, dan waterboom dengan lintasan sepanjang 70 meter menawarkan berbagai pilihan aktivitas air yang seru.

Adanya gazebo di sekitar waterpark juga memberikan tempat yang nyaman untuk bersantai, beristirahat, dan menikmati pemandangan sekitar. Ini adalah tambahan yang bagus, karena pengunjung dapat menikmati waktu mereka di tempat wisata ini dengan lebih nyaman.

Wahana waterpark ini nampaknya menjadi salah satu daya tarik utama yang membuat Purbasari Pancuran Mas menjadi destinasi wisata yang sempurna untuk bersenang-senang di air, terutama dalam cuaca panas.

Spot Foto

Diorama satwa yang memamerkan hewan-hewan yang sudah diawetkan di Purbasari Pancuran Mas merupakan fitur menarik yang memberikan kesempatan untuk mempelajari dan mengamati berbagai jenis satwa. Fakta bahwa hewan-hewan ini dulunya adalah hewan hidup yang kemudian diawetkan untuk tujuan edukasi adalah cara yang baik untuk memahami lebih banyak tentang keanekaragaman hayati.

Dengan koleksi yang mencakup berbagai jenis satwa, termasuk biawak, tupai pohon, musang, berang-berang, ikan buntal, penyu raksasa, dan tentu saja Arapaima gigas, pengunjung memiliki kesempatan untuk mengamati dan memahami bentuk tubuh, morfologi, dan karakteristik unik masing-masing hewan dari dekat. Adanya hewan-hewan yang dihibahkan dari masyarakat juga menunjukkan dukungan dan partisipasi dari komunitas dalam pengembangan tempat ini.

Diorama satwa ini tampaknya menjadi tambahan berharga untuk pengalaman pengunjung di Purbasari Pancuran Mas, memberikan wawasan yang lebih dalam tentang satwa-satwa yang ada di alam dan lingkungan mereka.

Aquarium Toyoshuka

Aquarium Toyoshuka di Purbasari Pancuran Mas tampaknya menjadi tambahan yang menarik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi dunia bawah air. Berbeda dari River World yang menampilkan koleksi ikan dalam lingkungan sungai buatan, aquarium ini menawarkan pengalaman unik dengan menghadirkan ikan-ikan dalam akuarium besar dengan kaca sebesar 25 x 15 meter dan tinggi 8 meter.

Melihat ikan-ikan dalam akuarium ini memberikan pengunjung kesempatan untuk melihat ikan-ikan dalam lingkungan yang lebih alami dan nyaman. Selain itu, adanya miniatur landmark terkenal di dunia yang ditempatkan di akuarium ini menambah elemen hiburan dan edukasi. Ini adalah cara kreatif untuk menyampaikan informasi tentang berbagai landmark dunia sambil menikmati pemandangan ikan yang menakjubkan.

Aquarium Toyoshuka menjadi salah satu wahana yang memperkaya pengalaman pengunjung di Purbasari Pancuran Mas dan menunjukkan beragamnya hal yang bisa dinikmati dan dipelajari di tempat wisata ini.

See also  Review Menarik Bukit Rhema, Pesona Wisata Magelang

Playground

Playground di Purbasari Pancuran Mas adalah tambahan yang bagus untuk pengunjung yang membawa anak-anak ke tempat ini. Ini adalah tempat yang ideal bagi anak-anak untuk bersenang-senang, bermain, dan berinteraksi dengan sesama anak. Selain itu, yang menarik adalah bahwa pendamping dewasa juga dapat ikut bermain dan menikmati waktu dengan anak-anak di playground ini.

Wahana-wahana seperti ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran, dan sepeda wisata memberikan berbagai pilihan aktivitas yang cocok untuk anak-anak dan bahkan bisa menjadi kesempatan bagi orang dewasa untuk ikut berpartisipasi dalam permainan. Bermain di playground juga merupakan cara yang baik untuk anak-anak berinteraksi sosial dan bergerak secara fisik.

Purbasari Pancuran Mas tampaknya telah menciptakan lingkungan yang ramah bagi keluarga dan pengunjung dari berbagai usia, dengan berbagai fasilitas yang menghibur dan mendidik.

Istana Burung

Bird park yang diberi nama Istana Burung di Purbasari Pancuran Mas tampaknya menjadi tambahan menarik bagi pengunjung yang menyukai burung dan ingin menjelajahi keindahan dunia burung. Dengan koleksi yang lengkap, dari unggas lokal hingga burung-burung mancanegara, tempat ini menjadi tempat yang menarik untuk mengamati dan belajar tentang berbagai jenis burung.

Koleksi yang mencakup 75 jenis burung langka dan eksotis, termasuk Lady Peasant, Sedirit Sanghie, Elang Laut, dan Merak, memberikan kesempatan yang luar biasa bagi pengunjung untuk mengamati dan menghargai keindahan serta keragaman dunia burung. Ini adalah cara yang baik untuk memperluas pengetahuan tentang satwa burung dan mendukung pelestarian mereka.

Dengan tambahan bird park ini, Purbasari Pancuran Mas menjadi destinasi yang cocok untuk pengunjung yang memiliki minat dalam pengamatan burung dan ingin menghabiskan waktu dengan alam.

Tips Berkunjung

Berikut beberapa tips yang mungkin berguna saat berkunjung ke Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas:

  1. Periksa Jam Buka: Pastikan Anda mengetahui jam buka dan tutup taman, serta waktu operasional wahana-wahana tertentu yang mungkin Anda ingin nikmati.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Kenakan pakaian yang sesuai dan nyaman untuk aktivitas di luar ruangan, terutama jika Anda berencana untuk bermain di waterpark atau playground.
  3. Bawa Perlengkapan Tambahan: Bawa perlengkapan seperti kacamata renang, pelindung matahari, topi, dan perlengkapan lain yang sesuai dengan aktivitas yang Anda rencanakan.
  4. Bawa Uang Tunai: Pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup untuk pembayaran tiket masuk dan mungkin juga untuk fasilitas tambahan seperti menyewa tenda atau berbelanja di area wisata.
  5. Jaga Kebersihan: Bantu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku di taman.
  6. Perhatikan Keselamatan: Ikuti petunjuk keselamatan dan peraturan yang diberlakukan di wahana-wahana seperti waterpark, untuk memastikan keselamatan Anda sendiri dan orang lain.
  7. Eksplorasi Semua Wahana: Cobalah untuk mengeksplorasi semua wahana yang tersedia, termasuk aquarium, diorama satwa, playground, dan bird park, sehingga Anda dapat mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap.
  8. Ajak Keluarga dan Teman: Taman ini cocok untuk kunjungan keluarga, jadi ajaklah keluarga atau teman-teman Anda untuk bersama-sama menikmati pengalaman di sini.
  9. Dukung Pelestarian: Ketika berkunjung ke aquarium atau bird park, manfaatkan kesempatan untuk belajar tentang pelestarian satwa dan lingkungan, dan mungkin berkontribusi dalam mendukung upaya tersebut.
  10. Nikmati Makanan dan Minuman: Pastikan untuk menikmati makanan dan minuman yang tersedia di area taman untuk menjaga energi selama kunjungan.

Saat Anda mengikuti tips-tips ini, Anda dapat merencanakan kunjungan yang menyenangkan dan berkesan ke Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Purbasari Pancuran Mas Taman Wisata Pendidikan di Purbalingga.

Your email address will not be published. Required fields are marked *