Puthuk Panggang Welut Wisata Alam Natural Eksotis di Mojokerto

Puthuk Panggang Welut memang merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Penanggungan memberikan suasana alam pegunungan yang sejuk dan indah. Keindahan hutan pinus dan berbagai spot foto unik menjadikan tempat ini populer di kalangan wisatawan, terutama para pecinta alam dan penggemar fotografi.

Puthuk Panggang Welut, Menikmati Panorama Alam Hutan Pinus di Mojokerto

Keunikan dari Puthuk Panggang Welut tidak hanya terletak pada keindahan alamnya, tetapi juga pada desain yang dihadirkan oleh kumpulan mahasiswa UNESA. Desain yang unik ini menciptakan atmosfer yang berbeda dan menarik, sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk berkunjung dan mengabadikan momen di tempat ini.

Air terjun yang ada di area wisata ini serta adanya camping ground juga menjadi daya tarik tersendiri. Air terjun menambah nilai estetika dan memberikan suasana yang lebih alami. Sementara itu, adanya camping ground memungkinkan wisatawan untuk merasakan pengalaman berkemah di tengah alam pegunungan yang asri.

Puthuk Panggang Welut juga memiliki sejarah yang menarik, awalnya hanya hutan pinus biasa yang kemudian diubah menjadi destinasi wisata yang luar biasa oleh mahasiswa UNESA. Hal ini menambah nilai keunikan dan keistimewaan dari tempat ini.

Dengan segala daya tariknya, Puthuk Panggang Welut menjadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Keindahan alam, desain unik, spot foto yang menarik, air terjun, dan camping ground semuanya hadir dalam satu paket pengalaman wisata yang lengkap dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Puthuk Panggang Welut

Harga tiket masuk Puthuk Panggang Welut adalah sebesar Rp15.000 per orang. Beberapa spot di dalamnya memiliki kotak kejujuran sebagai pengganti loket tiket, di mana wisatawan diminta untuk memasukkan uang sesuai dengan nominal yang tertera. Ini menunjukkan pendekatan unik dalam sistem pembayaran tiket masuk, yang mengandalkan kejujuran dari pengunjung. Dengan harga yang terjangkau, wisatawan dapat menikmati keindahan alam, spot foto menarik, dan suasana hutan pinus yang menyegarkan di Puthuk Panggang Welut.

Jam Buka

Puthuk Panggang Welut buka setiap hari dengan jam operasional yang berbeda antara hari biasa dan akhir pekan:

  • Senin – Jumat: 08.00 – 16.30
  • Sabtu – Minggu: 08.00 – 17.00

Anda dapat mengunjungi objek wisata hutan pinus ini pada jam-jam tersebut untuk menikmati keindahan alam, berfoto di spot-spot menarik, dan merasakan kesejukan suasana pegunungan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat dan Rute menuju Puthuk Panggang Welut:

Alamat: Desa Nogosari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Untuk mencapai Puthuk Panggang Welut, Anda dapat mengikuti panduan rute berikut:

  1. Dari Surabaya:
    • Mulailah perjalanan dari Surabaya menuju Mojokerto.
    • Dari Mojokerto, arahkan kendaraan Anda ke arah selatan menuju Pacet.
    • Setelah mencapai Pacet, ikuti tanda-tanda arah menuju Puthuk Panggang Welut.
    • Jarak perjalanan dari Surabaya ke Puthuk Panggang Welut kurang lebih 1.5 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.
  2. Dari Pusat Kota Mojokerto:
    • Berangkat dari pusat kota Mojokerto menuju arah Pacet.
    • Setelah mencapai Pacet, lanjutkan perjalanan menuju Desa Nogosari.
    • Ikuti tanda-tanda arah ke Puthuk Panggang Welut.
    • Jarak perjalanan dari pusat kota Mojokerto ke Puthuk Panggang Welut sekitar 35 km.
  3. Gunakan Aplikasi Peta dan Navigasi:
    • Untuk memudahkan perjalanan, Anda dapat menggunakan aplikasi peta dan navigasi seperti Google Maps atau Waze.
    • Cukup masukkan “Puthuk Panggang Welut” atau “Desa Nogosari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto” sebagai tujuan, dan aplikasi akan memberikan petunjuk rute terbaik untuk mencapai lokasi.

Pastikan untuk memeriksa kondisi lalu lintas dan kondisi jalan sebelum berangkat, serta mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk perjalanan. Dengan mengikuti petunjuk rute di atas, Anda akan dapat mencapai Puthuk Panggang Welut dengan mudah dan menikmati liburan yang menyenangkan di tengah keindahan alam hutan pinus.

Daya Tarik

Puthuk Panggang Welut, yang terletak di Pacet, Mojokerto, memang menawarkan daya tarik utama berupa panorama alam yang menakjubkan. Hutan pinus yang megah dan pemandangan alam yang indah adalah daya tarik utamanya. Letaknya di kawasan Gunung Penanggungan juga menambah daya tariknya sebagai tempat untuk bersantai, meremajakan diri, atau menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

See also  39 Review Menarik Kawah Kamojang Garut, Taman Wisata Sauna Natural

Selama empat tahun, pengelola terus mengembangkan tempat ini dengan menambahkan spot foto yang menarik dan unik. Di area seluas 10 hektar, ada banyak kegiatan yang bisa dinikmati, selain sekadar berfoto untuk kenang-kenangan atau berbagi di media sosial. Taman edukasi anak dengan wahana permainan sederhana memberikan hiburan untuk anak-anak. Selain itu, ada opsi camping yang memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan alam dan menjalin kedekatan dengan keluarga.

Air terjun Curah Watu juga menjadi daya tarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Ini bisa menjadi tujuan akhir setelah Anda puas menikmati keindahan hutan pinus. Di sini, Anda dapat mengambil foto yang akan mengabadikan momen Anda. Namun, perlu diingat untuk berhati-hati karena medan yang mungkin licin dan keberadaan air yang dapat merusak peralatan, terutama kamera.

Gerbang Apache

Kesannya seperti Anda mengalami perjalanan yang menakjubkan dan memikat begitu memasuki area wisata Puthuk Panggang Welut. Lingkaran kayu yang menyerupai topi suku Apache memberikan kesan unik dan menarik sejak awal. Ditambah lagi dengan deretan pohon pinus yang berbaris rapi di sepanjang jalan utama, memberikan suasana alam yang tenang dan menenangkan.

Keunikan dari sisi kanan dan kiri pohon pinus yang berbeda tempat kedudukannya memberikan variasi visual yang menarik. Sisi kiri dengan lereng yang tajam memberikan kesan dramatis dan menegangkan, sementara sisi kanan yang landai memberikan kesan yang lebih lembut dan santai. Semua elemen ini sepertinya bekerja bersama untuk memberikan pengalaman yang menarik bagi pengunjung sejak saat pertama kali memasuki lokasi wisata.

Spot Foto Tunggak Ketemu Jodoh

Menjelajahi lebih lanjut dari jalan setapak yang dikelilingi oleh paving, Anda akan menemukan spot menarik yang dikenal dengan nama Tunggak Ketemu Jodoh. Tempat ini menjadi destinasi kedua yang sempurna untuk berfoto selfie atau bersama kelompok Anda.

Meskipun sederhana dalam desainnya, Tunggak Ketemu Jodoh tetap memiliki daya tarik yang kuat. Terdiri dari tumpukan batu yang diperkuat oleh bambu, spot ini dihiasi dengan warna-warna cerah yang mencolok pada batu-batu tersebut. Dengan demikian, spot ini menarik perhatian mata dan sangat cocok untuk diabadikan dalam berbagai foto. Lebih menarik lagi, lokasinya yang terletak di lereng bukit memberikan latar belakang yang menakjubkan, menciptakan kesan harmonis antara elemen manusia dan alam.

Jarak sekitar 50 meter dari pintu masuk, mata Anda akan disuguhkan oleh batu-batu berwarna-warni yang menarik perhatian. Letaknya mengikuti kontur bukit yang semakin menanjak, memberikan dimensi visual yang menarik dan dinamis. Spot Tunggak Ketemu Jodoh ini dirancang dengan tahapan yang berundak dan dibatasi oleh elemen bambu, menciptakan tempat yang cocok untuk berfoto dan menikmati pemandangan sekitar.

Tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang estetis, tetapi juga menghadirkan pengalaman yang kaya akan suasana alam. Kombinasi antara elemen batu, bambu, dan latar belakang alam yang indah memberikan dimensi unik bagi kunjungan Anda di Puthuk Panggang Welut.

Hutan Pinus

Di tengah kesibukan dan hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari, Puthuk Panggang Welut menjadi tempat yang ideal untuk menikmati sejuknya udara hutan pinus yang murni. Mengambil napas dalam udara segar di sini adalah pengalaman yang melepaskan diri dari lingkungan perkotaan dan dekat dengan alam.

Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah udara segar yang begitu khas dari lingkungan hutan pinus. Berlokasi di lereng gunung, Puthuk Panggang Welut menawarkan kesejukan yang menyegarkan dan jauh dari polusi. Udara yang alami dan bersih di sini dapat menjadi penyegar bagi tubuh dan pikiran, memungkinkan pengunjung untuk merasakan ketenangan yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Selain nikmati kesejukan udara, Anda juga bisa menikmati panorama indah yang dihadirkan oleh hutan pinus ini. Dengan pohon pinus yang tumbuh rimbun dan melimpah di sekitar, setiap pandangan yang dilemparkan mata menjadi layaknya lukisan alam yang menghentakkan hati. Menatap jauh ke cakrawala hutan pinus ini memberikan perasaan yang mengingatkan akan keindahan alam yang luar biasa.

See also  Alun-Alun Sragen: Tempat Wisata Terfavorit Tanpa Biaya Tiket

Jadi, luangkan waktu untuk duduk santai, merasakan embusan angin yang segar, dan menikmati indahnya alam hutan pinus di Puthuk Panggang Welut. Pengalaman ini tidak hanya memberikan ketenangan namun juga mengingatkan akan pentingnya terhubung dengan alam dalam hidup yang serba sibuk ini.

Ask Forest

Puthuk Panggang Welut tidak hanya menawarkan spot-spot menarik untuk berfoto, tetapi juga mempersembahkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Aktivitas menjelajahi lereng pegunungan dengan pohon pinus yang menjulang dan formasi tebing yang menawan adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Setelah melalui tanjakan yang mengasyikkan, Anda akan menemukan “Ask Forest” dalam perjalanan dari spot Tunggak Ketemu Jodoh. Saat Anda naik, tebing dan lereng dengan pohon pinus yang teratur menjadikan perjalanan Anda semakin memikat. Tidak hanya menggugah keingintahuan, tetapi juga memberikan pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Jika kelelahan mulai dirasakan, jangan ragu untuk beristirahat di beberapa gazebo yang tersedia di sepanjang jalur. Alternatif lain adalah menggunakan ban yang diletakkan sebagai tempat beristirahat atau bahkan spot foto yang unik. Setiap sudut perjalanan ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kesenangan kepada para pengunjung.

Perjalanan Anda akan memuncak di “Taman Cinta,” sebuah spot yang menghadirkan pesona bunga-bunga yang membentuk hati. Nama tempat ini tidaklah datang begitu saja, karena suasana yang dihadirkan memang penuh dengan kelembutan dan keindahan. Pusat hati yang tercipta dari bunga-bunga ini menjadi tempat sempurna untuk mengambil gambar indah yang penuh makna.

Dengan perjalanan yang memikat dan penuh dengan keindahan alam, Puthuk Panggang Welut mengajak Anda untuk menjelajahi lereng pegunungan dengan cara yang penuh dengan inspirasi dan pesona alam.

Spot Foto Unik

Puthuk Panggang Welut tidak hanya menghadirkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga menawarkan spot-spot foto yang kreatif dan unik. Salah satu contoh yang menarik adalah spot dengan latar belakang tulisan-tulisan lucu dan menggelitik, seperti ‘Kapan Lulus?’, ‘Kapan Skripsi?’, dan ‘Kapan Aku Rabi?’. Semua tulisan ini dibuat dengan menggunakan papan kayu sederhana, namun memiliki daya tarik yang tak terbantahkan.

Spot-spot ini mungkin terlihat sepele, tetapi kesederhanaan dan keunikan dalam penggambaran pesan-pesan humor itulah yang menarik perhatian banyak orang. Dengan gaya yang santai dan ringan, foto-foto di spot ini cocok untuk dibagikan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Anda bisa bermain-main dengan pesan-pesan lucu ini dan mengambil foto yang penuh dengan ekspresi dan kreativitas.

Foto-foto di spot tulisan-tulisan kreatif ini tidak hanya memberikan kesan yang menghibur, tetapi juga dapat menjadi kenang-kenangan yang ceria dari kunjungan Anda ke Puthuk Panggang Welut. Setiap sudut di objek wisata ini memberikan peluang untuk berfoto dengan cara yang unik dan menyenangkan, menjadikan kunjungan Anda semakin berkesan.

Camping

Selain menawarkan berbagai spot foto menarik, Puthuk Panggang Welut juga memiliki area khusus untuk berkemah atau camping. Ini merupakan pilihan aktivitas yang sempurna bagi mereka yang ingin lebih mendekati alam dan merasakan kebersamaan dengan keluarga atau teman-teman dalam suasana alam yang indah.

Area berkemah ini disediakan secara terpisah dari spot-spot foto sehingga tidak bercampur aduk. Hal ini memastikan bahwa pengunjung yang ingin berkemah bisa menikmati suasana tenang dan alami tanpa terganggu oleh aktivitas lain. Lahan yang luas memberikan ruang yang cukup untuk mendirikan tenda dan merasakan sensasi tidur di tengah alam.

Selama berkemah, Anda memiliki kesempatan untuk lebih dekat dengan alam sekitar. Anda dapat merasakan sejuknya udara hutan pinus yang segar, mendengarkan suara angin berbisik di antara pepohonan, dan menikmati pemandangan langit berbintang di malam hari. Jika Anda ingin merasakan tidur yang lebih nyaman, membawa hammock (tempat tidur gantung) bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan. Anda bisa menggantung hammock di antara pohon pinus dan merasakan kenyamanan tidur di tengah alam.

Berkemah di Puthuk Panggang Welut adalah cara yang luar biasa untuk merasakan kedamaian alam dan menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang terkasih. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman yang mendalam, tetapi juga mengajak kita untuk lebih menghargai keindahan alam dan kebersamaan.

See also  Teras Kaca Pantai Nguluran: Keindahan Laut dan Pantai dalam Satu Bingkai

Air Terjun

Setelah mengeksplorasi berbagai spot menarik dan bahkan berkemah di Puthuk Panggang Welut, Anda bisa memilih untuk menutup petualangan dengan mengunjungi dua air terjun yang menakjubkan: Watu Gedheg dan Curah Watu. Aktivitas ini memberikan pengalaman yang menyegarkan dan memperkaya kunjungan Anda dengan nuansa alam yang lebih dalam.

Air terjun pertama, Watu Gedheg, menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan ketinggian sekitar 30 meter. Saat air mengalir turun dari ketinggian, suara gemericiknya menciptakan atmosfer yang menenangkan dan menakjubkan. Pemandangan air yang jatuh di antara hamparan pepohonan lebat memberikan kesan alami yang memukau.

Sementara itu, Curah Watu, meskipun memiliki ketinggian yang lebih rendah sekitar 10 meter, tetap menawarkan pesona yang tak kalah menarik. Keindahan air terjun yang lebih kecil ini juga dapat dinikmati dalam lingkungan alam yang damai dan segar. Saat air mengalir melalui bebatuan dan tanah, Anda dapat merasakan kekuatan alam yang menghasilkan keindahan ini.

Perjalanan menuju kedua air terjun ini juga akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda. Jalan berkelok yang menuruni lereng gunung, dihiasi oleh hamparan pohon lebat, menciptakan suasana petualangan yang menegangkan dan seru. Anda dapat merasakan koneksi yang lebih dalam dengan alam sekitar, sambil menikmati suara aliran air dan aroma segar dari pepohonan.

Selama kunjungan Anda, perlu diingat bahwa debit air dari air terjun sangat tergantung pada curah hujan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengambil informasi terbaru sebelum mengunjungi tempat ini. Aktivitas di dua air terjun ini adalah cara yang sempurna untuk menghabiskan waktu dengan berdekatan dengan keindahan alam dan mengambil momen yang tak terlupakan dalam perjalanan Anda di Puthuk Panggang Welut.

Fasilitas

Puthuk Panggang Welut bukan hanya menawarkan pesona alam yang memukau, tetapi juga menyediakan fasilitas yang membuat kunjungan Anda semakin nyaman dan lengkap. Dengan kapasitas yang dapat menampung sekitar 1000 pengunjung, tempat ini menjaga agar setiap pengunjung dapat menikmati pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas-fasilitas umum seperti toilet yang tersedia di beberapa tempat akan memastikan kenyamanan Anda selama berada di lokasi. Dengan mandi atau sekadar istirahat di toilet, Anda dapat merasa lebih segar dan siap untuk melanjutkan petualangan Anda. Terdapat pula Mushola yang memungkinkan pengunjung yang ingin beribadah dapat melakukannya dengan nyaman.

Area parkir yang luas dan aman menjadi salah satu keunggulan Puthuk Panggang Welut. Anda dapat dengan tenang meninggalkan kendaraan Anda dan menjelajahi lokasi dengan bebas. Fasilitas parkir ini menambah kenyamanan dan kemudahan akses bagi setiap pengunjung.

Saat perut lapar mulai menggerutu setelah menikmati keindahan alam, Anda tidak perlu khawatir. Warung makanan yang berjejer di tempat ini akan memuaskan selera Anda. Menikmati hidangan lokal atau camilan ringan sambil menikmati pemandangan alam akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Bagi yang ingin tetap terhubung dengan dunia maya, fasilitas Wi-Fi gratis yang tersedia di tempat ini akan memastikan Anda tetap terhubung meskipun berada di daerah pegunungan. Anda dapat berbagi momen indah dengan teman dan keluarga atau sekadar mengakses informasi yang Anda butuhkan.

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk kunjungan Anda. Selain itu, perhatikan juga faktor keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan dan di lokasi. Karena popularitasnya, terutama saat hari libur, ada banyak pengunjung yang juga memilih Puthuk Panggang Welut sebagai destinasi wisata alternatif yang menarik. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan kunjungan Anda dan menikmati segala keindahan serta fasilitas yang ditawarkan oleh Puthuk Panggang Welut.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Puthuk Panggang Welut Wisata Alam Natural Eksotis di Mojokerto.

Your email address will not be published. Required fields are marked *