Ranca Upas Ciwidey: Pesona Alam Asli Bandung Selatan

Ranca Upas Ciwidey Bandung adalah permata tersembunyi di kawasan Bandung Selatan yang menawarkan pengalaman wisata alam yang memikat. Dikelola oleh Perhutani, kawasan ini menyajikan gabungan yang sempurna antara keindahan alam yang asri dan berbagai fasilitas rekreasi yang menarik bagi pengunjung dari berbagai kalangan.

Pertama-tama, keindahan alam Ranca Upas adalah sesuatu yang tak terbantahkan. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun, udara segar dan suasana tenang menjadi jaminan bagi pengunjung yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Kemudian, keberadaan kawanan rusa yang ramah di kawasan ini menambah pesona tersendiri. Pengunjung dapat berinteraksi dengan rusa, memberi makan, atau sekadar menikmati momen berharga dengan hewan-hewan tersebut, menjadikan pengalaman wisata semakin berkesan terutama bagi keluarga dengan anak-anak.

Selain itu, Ranca Upas juga menawarkan berbagai fasilitas rekreasi yang menarik. Water park yang tersedia memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bersenang-senang dengan berbagai wahana air yang tersedia. Hal ini menjadikan destinasi ini ideal untuk keluarga yang mencari liburan yang menyenangkan dan menghibur. Tak hanya itu, sumber air panas alami di sekitar kawasan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bersantai dan menyegarkan diri setelah seharian beraktivitas.

Lebih jauh lagi, Ranca Upas juga merupakan titik awal yang sempurna untuk menjelajahi keindahan alam sekitarnya. Tak jauh dari sana terdapat Kawah Putih yang terkenal dengan keindahan danau kawahnya yang memukau. Pengunjung juga dapat mengunjungi Kolam Cimanggu dan Situ Patenggang yang merupakan tempat wisata populer, menambah ragam pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Ranca Upas Ciwidey Bandung adalah destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi bagi mereka yang mencari pengalaman liburan yang menyenangkan di tengah alam yang indah dan fasilitas rekreasi yang lengkap. Kombinasi antara keindahan alam yang memukau dan beragam aktivitas yang ditawarkan membuat menjadi tempat yang tak boleh dilewatkan bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Bandung Selatan.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas Ciwidey, sebuah destinasi wisata alam yang menawan di Bandung Selatan, menawarkan pengalaman liburan yang menarik bagi pengunjung dari dalam dan luar kota. Sebelum Anda merencanakan perjalanan, penting untuk memahami harga tiket masuk serta informasi penting lainnya yang dapat memengaruhi pengalaman liburan Anda.

Harga Tiket Masuk

Ranca Upas menawarkan harga tiket masuk yang terjangkau, memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya dengan biaya yang bersahabat. Berikut adalah daftar harga tiket masuk untuk pengunjung:

  • Tiket Masuk Wisatawan Domestik: Rp25.000
  • Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara: Rp44.000
  • Tiket Camping Wisatawan Domestik: Rp40.000
  • Tiket Camping Wisatawan Mancanegara: Rp59.000

Selain itu, terdapat biaya tambahan untuk wahana permainan yang berkisar antara Rp10.000 hingga Rp160.000, serta fasilitas Onsen Reguler / VIP dengan harga Rp28.000 untuk reguler dan Rp300.000 untuk VIP.

Informasi Penting Sebelum Berkunjung

Sebelum Anda mengunjungi Ranca Upas, ada beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan:

  1. Reservasi Online: Disarankan untuk melakukan reservasi secara online ke nomor pengelola Ranca Upas untuk memastikan ketersediaan tempat berkemah dan menghindari keterbatasan kapasitas.
  2. Pembayaran Non Tunai: Mendorong penggunaan metode pembayaran non tunai untuk mengurangi kontak fisik dan memastikan keamanan transaksi.
  3. Protokol Kesehatan: Selama kunjungan, penting untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, termasuk penggunaan masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan secara teratur.
  4. Jam Operasional: Kawasan camping dan bumi perkemahan Ranca Upas buka 24 jam setiap hari, sementara jam operasional untuk kunjungan wisata adalah dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Dengan memperhatikan informasi ini sebelumnya, Anda dapat merencanakan kunjungan Anda dengan lebih baik dan menikmati pengalaman liburan yang menyenangkan.

Daya Tarik

Ranca Upas, sebuah kawasan wisata alam yang menawarkan keindahan bukit dan pesona alam yang memikat, telah menjadi tujuan favorit piknik dan penyembuhan bagi warga Bandung dan para pengunjung dari luar kota.

Salah satu daya tarik utama tempat ini adalah panorama bukit yang asri, menjadi magnet bagi para pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Di sini, Anda dapat dengan nyaman berkemah dan menikmati berbagai aktivitas outdoor yang menyenangkan.

Namun, yang membuat Ranca Upas semakin istimewa adalah keberadaan penangkaran rusa. Di tempat ini, Anda memiliki kesempatan langka untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan rusa yang telah jinak. Pengalaman ini tak hanya memberikan hiburan, tetapi juga menyentuh hati dengan keanggunan dan kelembutan hewan-hewan tersebut.

Tak hanya itu, Ranca Upas juga menawarkan beragam fasilitas lengkap yang membuat momen liburan semakin berkesan. Mulai dari glamping yang nyaman, area camping untuk para petualang, hingga pemandian air panas yang menyejukkan, serta berbagai wahana bermain yang menyenangkan, semuanya ada di sini untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda.

Menariknya, kawasan seluas 215 hektar ini dulunya merupakan lokasi latihan bagi anggota Koppasus. Namun, kini telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang sangat populer dan sayang untuk Anda lewatkan. Ranca Upas adalah tempat yang sempurna untuk beristirahat, menyegarkan pikiran, dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk liburan Anda selanjutnya.

Camping

Ranca Upas Ciwidey merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat terkenal di kawasan Bandung Selatan, Jawa Barat. Kawasan ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memikat, tetapi juga menjadi surga bagi para pecinta alam yang mencari pengalaman berkemah yang tak terlupakan. Aktivitas berkemah telah menjadi inti dari keberadaan Ranca Upas, yang secara khusus ditujukan sebagai bumi perkemahan. Di sini, pengunjung dari berbagai kalangan, tanpa memandang usia atau status sosial, dapat menikmati suasana berkemah yang mengasyikkan.

See also  Nangkula Park: Eksplorasi Seni dan Keajaiban Taman Rekreasi di Tulungagung

Salah satu hal yang membuat Ranca Upas begitu populer adalah luasnya area berkemah yang tersedia. Dengan luas kawasan seluas 215 hektar, Ranca Upas mampu menampung banyak peserta sekaligus tanpa merasa sesak. Bahkan, kawasan ini sering menjadi tuan rumah untuk acara jambore tingkat nasional dari berbagai organisasi di Indonesia. Keindahan alam yang masih terlindungi di sekitar kawasan tersebut menambah daya tarik tersendiri bagi para penggemar berkemah. Suasana yang tenang dan sejuk dengan pepohonan hijau yang rimbun menjadikan sebagai tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kebisingan kota dan menyatu dengan alam.

Bagi pengunjung yang tidak membawa peralatan berkemah, tidak perlu khawatir. Ranca Upas menyediakan fasilitas penyewaan berbagai macam peralatan berkemah seperti tenda, sleeping bag, dan peralatan lainnya. Harga sewa peralatan berkemah pun cukup bersaing, sehingga membuat pengalaman berkemah menjadi lebih mudah diakses dan menyenangkan bagi semua pengunjung. Dengan begitu, pengunjung yang ingin mencoba berkemah untuk pertama kalinya atau yang hanya ingin mencicipi pengalaman berkemah tanpa harus membawa peralatan sendiri tetap dapat menikmati semua yang ditawarkan Ranca Upas.

Tak hanya itu, Ranca Upas juga menawarkan berbagai macam aktivitas outdoor lainnya selain berkemah. Pengunjung dapat menjelajahi alam sekitar dengan trekking atau hiking, menikmati udara segar sambil bersepeda, atau bahkan hanya duduk bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Kawasan ini juga menjadi tempat yang ideal untuk melakukan kegiatan keluarga seperti piknik atau barbekyu, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Dengan suasana alam yang memikat dan fasilitas yang lengkap, berkemah memberikan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan bagi siapa pun yang memilih untuk menghabiskan waktu di sana. Keindahan alam yang memukau, luasnya area berkemah, serta beragam aktivitas outdoor yang ditawarkan menjadikan Ranca Upas sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan penggemar petualangan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pesona Ranca Upas dan buatlah kenangan indah dalam setiap momen petualangan Anda di sana.

Penangkaran Rusa

Selain aktivitas berkemah, Ranca Upas Ciwidey juga menawarkan pengalaman yang unik dan tak terlupakan melalui interaksi langsung dengan rusa di penangkaran yang ada di dalam kawasan wisata. Pengalaman ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berdekatan dengan rusa-rusa cantik dan bahkan memberi mereka makan sambil berfoto bersama.

Salah satu atraksi utama adalah penangkaran rusa yang memungkinkan pengunjung untuk mendekati dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Uniknya, di sini tidak ada batasan pagar antara pengunjung dan rusa, sehingga pengunjung benar-benar dapat merasakan keintiman dengan hewan-hewan yang ada. Hal ini menambah keistimewaan pengalaman, karena pengunjung dapat merasakan kedekatan yang langka dengan alam dan satwa liar.

Saat berada di lokasi penangkaran rusa, pengunjung akan didampingi oleh seorang pawang yang akan membimbing dan menjaga keamanan selama interaksi dengan rusa. Pawang ini juga akan membantu pengunjung dalam memberi makan kepada rusa dengan aman dan bertanggung jawab. Makanan untuk rusa biasanya tersedia di counter yang disediakan di area penangkaran. Pengunjung dapat membeli wortel yang sudah terikat, yang merupakan makanan favorit rusa.

Interaksi langsung dengan rusa ini menjadi pengalaman yang menarik dan mengesankan, terutama bagi anak-anak dan keluarga. Melalui kegiatan ini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alam Ranca Upas, tetapi juga belajar lebih banyak tentang satwa liar dan pentingnya perlindungan lingkungan. Selain itu, momen berfoto bersama rusa-rusa cantik juga akan menjadi kenangan indah yang dapat dibagikan dengan keluarga dan teman-teman.

Dengan begitu, Ranca Upas Ciwidey tidak hanya menawarkan pengalaman berkemah yang mengasyikkan, tetapi juga berbagai aktivitas menarik lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia. Interaksi langsung dengan rusa di penangkaran merupakan salah satu daya tarik utama yang menjadikan sebagai destinasi wisata yang unik dan layak untuk dikunjungi.

Kegiatan Outbond

Ranca Upas Ciwidey terus berinovasi dengan menambahkan beragam aktivitas outbond sebagai bagian dari pengalaman wisata yang ditawarkan. Aktivitas ini menjadi alternatif menarik bagi pengunjung yang ingin mengadakan kegiatan di alam terbuka sambil menikmati keindahan alam yang terbuka dan alami.

Dengan latar alam yang memikat, Ranca Upas Ciwidey menjadi tempat yang ideal untuk aktivitas outbond yang menyenangkan dan seru. Berbagai permainan yang tersedia di sini mencakup berbagai tingkat kesulitan dan memberikan tantangan yang menarik bagi semua peserta. Beberapa permainan yang populer termasuk flying fox, Elvis bridge, jembatan goyang, dan masih banyak lagi.

Flying fox merupakan permainan yang menegangkan di mana peserta akan meluncur melintasi kabel yang terbentang tinggi di atas tanah, memberikan sensasi terbang dan kecepatan yang menyenangkan. Sedangkan Elvis bridge adalah permainan yang melibatkan melewati jembatan gantung yang bergetar, menantang keseimbangan dan keberanian peserta. Selain itu, jembatan goyang juga menjadi favorit di mana peserta harus melintasi jembatan yang bergoyang dengan keseimbangan yang tepat.

Aktivitas outbond di Ranca Upas Ciwidey tidak hanya menyenangkan untuk kelompok kecil atau wisatawan individu, tetapi juga sering digunakan untuk acara gathering perusahaan atau sekolah. Kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk membangun kerjasama tim, tetapi juga menjadi momen yang menyenangkan untuk bersenang-senang bersama dan meningkatkan keakraban antar anggota kelompok.

See also  50 Review Menarik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Wisata Alam Di Bogor

Dengan adanya berbagai permainan outbond yang menarik dan latar alam yang spektakuler, Ranca Upas Ciwidey menjadi destinasi yang sempurna untuk mengadakan aktivitas outbond yang berkesan dan bermanfaat. Kombinasi antara keindahan alam dan tantangan permainan outbond akan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap peserta, baik itu keluarga, teman, atau rekan kerja. Jadi, jangan ragu untuk mencoba aktivitas outbond dan rasakan sensasi petualangan yang menyenangkan di tengah alam yang alami dan memikat.

Spot Foto

Ranca Upas Ciwidey menawarkan latar alam yang alami dan mempesona, yang membuatnya menjadi destinasi yang populer untuk kegiatan berfoto. Dengan kombinasi padang rumput yang luas, penangkaran rusa yang menarik, serta hutan yang rimbun, kawasan ini memberikan berbagai pemandangan yang menakjubkan dan menawarkan beragam potensi fotografi.

Di era digital saat ini, aktivitas berfoto telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman wisata. Hampir semua orang memiliki akses ke gadget pribadi mereka, sehingga memungkinkan mereka untuk mengabadikan momen-momen berharga dengan mudah. Dengan latar belakang alam yang menakjubkan, banyak foto yang diambil memiliki nilai seni dan jual yang tinggi.

Salah satu jenis kegiatan foto yang sering dilakukan di bumi perkemahan ini adalah sesi foto prewedding. Dengan keindahan alam yang menakjubkan dan alami sebagai latar belakangnya, Ranca Upas Ciwidey memberikan suasana romantis yang sempurna untuk sesi foto prewedding. Pasangan yang akan menikah dapat menikmati momen berharga mereka sambil mengabadikan kenangan indah di tengah keindahan alam yang mempesona. Foto-foto prewedding yang dihasilkan di sini seringkali terlihat sangat memukau, karena mereka berhasil menangkap keindahan alam dan keintiman antara pasangan dengan sangat baik.

Namun, tidak hanya foto prewedding yang populer. Pengunjung juga sering mengambil foto-foto lain seperti potret diri, foto keluarga, atau bahkan foto kreatif dengan latar belakang alam yang menakjubkan. Beberapa pengunjung bahkan mengambil kesempatan untuk melakukan sesi foto profesiona, karena keindahan alamnya yang tidak dapat disangkal.

Dengan semua potensi fotografi yang dimilikinya, Ranca Upas Ciwidey menjadi tempat yang ideal bagi para pecinta fotografi untuk mengeksplorasi kreativitas mereka. Tak heran jika kawasan ini sering menjadi pilihan favorit untuk kegiatan berfoto, baik itu untuk tujuan pribadi maupun profesional. Jadi, jangan lupa membawa kamera atau ponsel cerdas Anda saat mengunjungi Ranca Upas, dan abadikan momen-momen indah Anda di tengah alam yang memukau ini.

Waterboom dan Kolam Renang Air Panas

Pengelola Ranca Upas Ciwidey terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai wahana baru demi meningkatkan pengalaman wisata para pengunjung. Salah satu wahana terbaru yang ditambahkan adalah waterbom, sebuah tempat bermain air yang menawarkan keseruan dan kesegaran tersendiri bagi para pengunjung.

Waterbom Ranca Upas Bandung memiliki daya tarik yang unik karena suhu udara yang dingin di kawasan tersebut. Bermain air di kolam renang dan waterbom dengan udara sejuk memberikan pengalaman yang berbeda dan menyegarkan bagi pengunjung. Sensasi menyelam dan bermain air sambil merasakan angin sejuk dari pegunungan membuat pengalaman berenang semakin menarik.

Selain waterbom, Ranca Upas juga menyediakan fasilitas kolam pemandian air panas di kampung Cai. Kolam pemandian air panas ini menjadi tempat yang ideal bagi pengunjung untuk memulihkan suhu tubuh setelah bermain air di kolam renang dan waterbom. Berendam di air panas di tengah udara yang dingin akan memberikan sensasi relaksasi dan menyegarkan bagi pengunjung. Hal ini juga merupakan pengalaman yang unik dan menarik, karena jarang terdapat tempat wisata yang menawarkan kombinasi antara bermain air dingin dan berendam di air panas dalam satu lokasi.

Dengan adanya fasilitas waterbom dan kolam pemandian air panas di Ranca Upas Ciwidey, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas rekreasi yang menyenangkan sambil menikmati keindahan alam yang alami. Kombinasi antara kesegaran bermain air dan relaksasi berendam di air panas menjadikan sebagai destinasi wisata yang lengkap dan cocok untuk dikunjungi oleh semua kalangan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman berenang dan berendam yang unik di Ranca Upas saat berkunjung ke Bandung Selatan.

Mitos

Di balik keindahan alamnya, Ranca Upas ternyata menyimpan mitos dan sejarah yang unik, terutama terkait dengan asal-usul namanya. Dalam bahasa Sunda, “ranca” menggambarkan kondisi tempat yang dulunya merupakan rawa atau daerah berawa-rawa.

Sementara itu, “Upas” memiliki kisah yang menarik. Menurut beberapa sumber, Upas adalah nama seorang ranger atau polisi hutan Belanda yang bertugas di kawasan ini. Namun, kisah yang muncul adalah tentang nasib tragis sang ranger di rawa tersebut. Konon, Upas adalah sosok polisi hutan yang baik hati, namun harus menghadapi ajalnya di dalam rawa tersebut.

Legenda menceritakan bahwa arwah Upas masih menghuni dan menjaga kawasan ini. Warga sekitar percaya bahwa arwahnya sering muncul di sekitar kawasan, terutama kepada mereka yang mencari kayu bakar. Dipercaya bahwa Upas muncul dalam penampilan yang sama seperti pada masa hidupnya, mengenakan topi koboi dan seragam polisi hutan khas zaman dulu.

Selain mitos tentang Upas, ada juga cerita tentang batu berbentuk macan tidur yang konon tersembunyi di kawasan ini. Meskipun hingga saat ini belum ada yang berhasil menemukannya, cerita ini menjadi bagian dari daya tarik dan misteri Ranca Upas. Mitos-mitos seperti ini memberikan warna tersendiri pada keindahan alam Ranca Upas, menambah kesan magis dan penuh misteri bagi para pengunjung.

See also  Wisata Posong Temanggung, Spot Favorit Golden Sunrie dan Sunset

Walaupun sebagian besar mitos hanya menjadi cerita rakyat, namun cerita-cerita ini menjadi bagian dari warisan budaya dan menambah daya tarik Ranca Upas sebagai tempat wisata. Mereka mengajarkan kepada pengunjung tentang kekayaan budaya dan sejarah lokal, serta menambah nuansa mistis yang memperkaya pengalaman berkunjung ke Ranca Upas. Jadi, selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat merasakan pesona magis dan misteri yang tersembunyi di balik kecantikan Ranca Upas Ciwidey.

Fasilitas

Ranca Upas merupakan destinasi wisata yang menyediakan beragam fasilitas lengkap untuk kenyamanan dan kebutuhan pengunjungnya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di dalam kawasan Ranca Upas:

  1. Tempat Ibadah: Untuk memenuhi kebutuhan spiritual pengunjung, tersedia tempat ibadah yang dapat digunakan untuk melaksanakan ritual keagamaan.
  2. Toilet Umum: Fasilitas toilet umum disediakan di berbagai lokasi strategis di dalam kawasan Ranca Upas untuk memastikan kenyamanan pengunjung.
  3. Area Parkir: Ranca Upas dilengkapi dengan area parkir yang luas dan aman untuk memudahkan pengunjung dalam menempatkan kendaraan mereka.
  4. Warung Makanan Khas Bandung: Terdapat berbagai warung makanan yang menyajikan hidangan khas Bandung dan hidangan lokal lainnya untuk memenuhi kebutuhan kuliner pengunjung.
  5. Camping Ground: Bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam terbuka, tersedia area camping ground yang luas dengan fasilitas yang memadai.
  6. Glamping dan Penginapan: Selain camping ground, Ranca Upas juga menyediakan fasilitas glamping (glamorous camping) dan penginapan untuk pengunjung yang menginginkan kenyamanan yang lebih.
  7. Pusat Oleh-oleh: Terdapat pusat oleh-oleh di dalam kawasan Ranca Upas yang menjual berbagai macam produk lokal dan suvenir sebagai kenang-kenangan bagi pengunjung.
  8. Spot Foto: Ranca Upas menawarkan berbagai spot foto menarik dengan latar belakang alam yang indah dan pemandangan yang menakjubkan untuk para pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka.
  9. Penangkaran Rusa: Salah satu daya tarik utama Ranca Upas adalah penangkaran rusa yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang jinak.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, Ranca Upas berusaha memberikan pengalaman wisata yang lengkap dan memuaskan bagi para pengunjungnya, sehingga menjadikan destinasi ini sebagai pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Alamat Rute Lokasi

Alamat dan rute menuju Ranca Upas adalah sebagai berikut:

Alamat: Jalan Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973.

Rute dari pusat kota Bandung:

  1. Mulailah perjalanan dari pusat kota Bandung menuju arah selatan.
  2. Gunakan rute menuju jalan tol Soreang.
  3. Masuk ke jalan tol Soreang dan terus ikuti jalur tol tersebut.
  4. Lanjutkan perjalanan di jalan tol Soreang hingga mencapai pertigaan menuju Ciwidey.
  5. Di pertigaan tersebut, ambil arah ke kanan menuju Ciwidey.
  6. Terus ikuti jalan utama (Jalan Raya Ciwidey – Patengan) hingga mencapai Ranca Upas.
  7. Anda akan melihat petunjuk arah atau tanda-tanda kecil yang mengarahkan menuju lokasi Ranca Upas di sepanjang perjalanan.

Waktu tempuh perkiraan: Perjalanan dari pusat kota Bandung hingga Ranca Upas memakan waktu sekitar 1,5 jam, tergantung dari kondisi lalu lintas dan kecepatan berkendara.

Saat berkendara, pastikan untuk memperhatikan petunjuk arah dan tanda-tanda yang mengarahkan ke lokasi Ranca Upas. Selalu perhatikan kondisi jalan dan patuhi peraturan lalu lintas untuk memastikan perjalanan yang aman dan menyenangkan.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk berkunjung ke Ranca Upas:

  1. Rencanakan Perjalanan Anda: Sebelum berangkat, pastikan Anda merencanakan perjalanan Anda dengan baik. Tentukan waktu yang tepat untuk berkunjung, siapkan perlengkapan yang diperlukan seperti pakaian yang sesuai dengan cuaca, dan pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik.
  2. Datanglah Pagi: Untuk menghindari kerumunan dan menikmati suasana yang tenang, disarankan untuk datang pagi-pagi saat taman masih sepi dari pengunjung.
  3. Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan: Pastikan Anda membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti kamera, topi/selimut untuk melindungi diri dari matahari, dan air minum.
  4. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang akan Anda lakukan di Ranca Upas. Jika Anda berencana untuk berkemah, pastikan Anda membawa pakaian yang cocok untuk tidur di alam terbuka.
  5. Hormati Alam: Selalu jaga kebersihan dan kelestarian alam selama Anda berada di Ranca Upas. Jangan meninggalkan sampah di mana pun Anda berada dan hindari merusak lingkungan sekitar.
  6. Ikuti Aturan dan Petunjuk: Patuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh petugas Ranca Upas untuk keselamatan dan kenyamanan Anda sendiri, serta untuk menjaga keamanan lingkungan.
  7. Nikmati Setiap Momen: Selama Anda berada di Ranca Upas, nikmatilah setiap momen dan nikmati keindahan alamnya. Jangan lupa untuk berfoto dan membuat kenangan yang tak terlupakan bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memaksimalkan pengalaman berkunjung Anda ke Ranca Upas dan menikmati semua yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini.

Review Video

Follow Tiketmasuk.com Info Wisata Terbaru di Google News

Review Ranca Upas Ciwidey: Pesona Alam Asli Bandung Selatan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *